Penyebab Utama Kura-kura Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, ada banyak sebab

kenapa kura-kura mogok makan

. Dan pertanyaan mengenai hal ini sudah beberapa kali ditanyakan oleh pecinta hewan peliharaan kepada saya. Artikel ini terkait dengan artikel daftar penyakit pada kura-kura dan artikel cara mengobati pilek pada kura-kura dan artikel cara mengobati kura-kura mogok makan.
Penyebab Utama Kura-kura Mogok Makan
Image taken from http://animalia-life.club



  • Penyebab utama kenapa kura-kura tidak mau makan adalah karena perubahan suhu yang mendadak. Sebagai reptil, yang suhu tubuhnya menyesuaikan dengan suhu disekitarnya, kura-kura bisa mendadak tidak mau makan kalau udaranya tidak stabil atau turun naik. Itulah kenapa banyak kura-kura sakit dan tidak mau makan saat musim penghujan.
  • Suhu udara yang naik turun juga bisa menyebabkan kura-kura kehilangan daya tahan tubuhnya, membuat kura-kura pilek dan sakit. Secara singkat bisa dikatakan, suhu yang tidak stabil adalah biang keladi semua penyakit pada kura-kura.
  • Maka dari itu, penting untuk menjaga agar suhu di kandang atau sekitar kura-kura tetap stabil dan hangat. Suhu ideal untuk kura-kura adalah 24 hingga 27 derajat celcius. Jika anda memelihara kura-kura di luar ruangan, sebaiknya pindahkan kura-kura peliharaan anda ke dalam rumah jika cuaca sedang dingin atau tidak menentu (pancaroba).
  • Setelah dipindahkan ke tempat yang hangat, anda bisa meminumkan air rebusan daun sirih kepada kura-kura anda. Dan, sekali lagi, jaga suhu ruangan agar tetap hangat. Anda bisa menggunakan lampu UVB jika cuaca sedang dingin atau jika malam hari. Harap kondisikan jarak lampu UVB dengan kura-kura anda. Jangan terlalu dekat, karena jika kepanasan, daya tahan tubuh kura-kura malah akan makin drop
Demikian adalah artikel singkat mengenai

apa penyebab kura-kura nggak mau makan

. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dalam memelihara kura-kura. Terima kasih. (FS)

4 Responses to "Penyebab Utama Kura-kura Mogok Makan"

  1. dok egy tdk suka makan sayuran
    dia gemar makan pelet takari khusus ikan hias lahap sekali
    apakah baik dok jika di biasakan makan pelet
    soalnya sudah sempat usaha kasih variasi makanan daging dan sayur dy gak mau makan malah mogok makan takutnya vitaminnya kurang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk cuaca kayak sekarang ini, yang penting dia mau makan aja dulu. kasih aja makanan yang dia mau makan. nanti kalau cuaca udah gak sering ujan kayak sekarang, baru bisa coba kasih sayuran... :)

      Delete
  2. Emys saya kok mogok makan,kepala kalo bernafas seperti mengangguk.
    Biasanya mau makan sayur dan buah terkadang mazuri,tetapi 2 hari ini mogok makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih anakan ya emys-nya?
      fesesnya mencret, mas?
      hidungnya kayak basah, ingusan gitu?
      kalau saya sarankan, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat. dugaan saya sih dia pilek. dia ngguk2 karena susah bernafas itu mas...

      coba mas baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA_KURA dan artikel CARA MENGOBATI PILEK PADA KURA_KURA.

      bagusnya sih bawa ke dokter hewan terdekat aja mas kalau emang udah urgent

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.