Musang Jadi Galak Di Malam Hari, Kenapa? | Drh. Fira Sovica

"Dok, musang saya sudah jinak banget. Tapi kenapa, ya, kalo malam kok dia jadi galak?" demikian pertanyaan yang diajukan salahsatu orangtua asuh musang kepada saya. Artikel ini akan menjawab mengenai pertanyaan tersebut, yaitu

penyebab musang jadi galak kalau malam hari

. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara musang bulan.


Musang Jadi Galak Di Malam Hari
Image taken from http://zipcodezoo.com
  • Seperti yang mungkin anda ketahui, musang adalah hewan yang beraktifitas pada malam hari (nocturnal). Artinya, mereka cenderung lebih pecicilan di malam hari. Meskipun demikian, biasanya musang yang jinak akan tetap jinak meski di malam hari.
  • Lalu bagaimana jika ada musang yang berubah jadi galak di malam hari?
  • Musang yang jinak di siang hari tapi jadi galak di malam hari sebenarnya belum begitu mengenali tuannya. Dengan kata lain, dia belum sepenuhnya jinak. Tetap lakukan langkah-langkah penjinakkan seperti yang saya tulis di artikel cara menjinakkan musang dan artikel cara agar musang anteng.
  • Perlu saya ingatkan bahwa sejinak apapun musang, dia pasti akan tetap gigit. Jangan pernah memaksakan kehendak kita kepada hewan peliharaan kita. Kuncinya adalah menyayangi mereka seperti apa adanya mereka. Mereka punya jiwa, sama halnya seperti kita.
Demikian adalah

penyebab kenapa musang jinak bisa jadi galak pada malam hari

. Bagi anda yang ingin mengajukan pertanyaan, anda bisa menuliskan komentar dibawah post ini atau bisa juga menunggu saya online via chatting. Maaf, untuk chatting offline, saya tidak bisa menjawabnya. Terima kasih. (FS)

156 Responses to "Musang Jadi Galak Di Malam Hari, Kenapa?"

  1. mlm dok bolehkah saya bertanya tentang anak KH?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... silakan... :)

      maaf karena baru balas komentarnya, sibuk sekali minggu2 kemarin... :(

      Delete
  2. Siang dok saya mau nanya nie masalah muspan.. Saya baru adop sekitar seminggu ..saya adop dr tmen saya sebelum sma tmen saya di kasih sosis so nice mulu giliran di kasih buah ga pernah mau.. Yg saya tanyakan bisa musang saya mkan buah lg.. Dan magaimana cara nya.. Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... di sana ada kok caranya... :)

      Delete
  3. Siang dok saya mau nanya nie masalah muspan.. Saya baru adop sekitar seminggu ..saya adop dr tmen saya sebelum sma tmen saya di kasih sosis so nice mulu giliran di kasih buah ga pernah mau.. Yg saya tanyakan bisa musang saya mkan buah lg.. Dan magaimana cara nya.. Makasih dok

    ReplyDelete
  4. Dok muspan saya anusnya merah seperti bengkak gitu gimana caranya biar kemerahannya hilang ya dok? Nanti saya kirim jg fotonya.. Thnks dok.. Tlng dibalas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambeien itu mas. coba mas baca artikel saya mengobati ambeien pada musang.... mas bisa kasih juga ramuan kesehatan musang, ada kok artikelnya...

      Delete
  5. Sudah pernah saya puasakan dok sampe setengah hari.. Tp tetep dok ga mau makan buah paling cma di ciumin aja.. Klo makan sosis so nice mulu kira" bahaya ga ia ka.. Kadang sya selingin sii sma nasi campur kecap

    ReplyDelete
  6. Dok , mau tanya. musang saya jenisnya bulan berumur sekitar 4 bulanan. Pada saat dibawa perjalanan darat dari Bontang ke Samarinda 2 hari yang lalu, dia muntah selama 2x. pas sampai di Bontang lagi, dia jadi tidak nafsu makan, saya paksa kasih susu juga gakmau, makan pisang juga gamau dia juga keliatan lemas. dan hariini habis saya kasih susu dia mau minum sedikit aja terus muntah dok. penanganannya bagaimana ya?

    ReplyDelete
  7. dokter yg cantik saya mau tanya dok.... susu kucing etalac kok bikin mencret musang saya dok? sebelum nya jg saya punya anak kh yg berumur kurang dr 1bln mati gara2 saya ganti dr susu SGM ke etalac... awalnya kh saya sehat waktu diberi susu sgm karena habis sgm nya saya berinisiatif menggantinya dngn susu kucing dan beli susu kucing etalac. 2hari stelah saya beri susu etalac kh saya sehat.. tp tiba2 mati saya pun jd merasa aneh... dan stelah kh sudah mati saya pikir bukan susu nya dan sya berikan ke musang sayA eh musang saya yg usianya 8 bulan mencret... cair banget pup nya.... itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
  8. Siang dokter musang saya uda umut setahun lebih 3 bulan. Sdah beberpa hari ini nggak bisa buang air besar. Kmrn sudah sya bwa ke dokter hewan sudah dkasi obat jga dlam bentuk cair tp msih belm bisa bab jga. Mohon solusinya dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kasih makanan lain selain buah pepaya matang. dan coba kasih ramuan kesehatan musang, ada kok artikelnya.... kabari lagi ya mas... :)

      Delete
  9. dok kok pertanyaan saya g dijawab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, maaf mas. kelewatan. saya jawab sekarang aja ya. sekali lagi mohon maaf... :(

      susu buatan pabrik (buatan manusia) emang bikin sistem pencernaan musang dan kucing terganggu. saya kerap kali ngomong ini ke orang2 yang pelihara musang dan kucing, tapi kadang mereka gak mau denger. hiks....

      kalo untuk musang, saya udah ada alternatif. silakan baca artikel ramuan kesehatan musang. dan untuk kucing (selain kucing hutan), kasih susu khusus aja.... kalau untuk kucing hutan, saran saya sih gak usah dikasih susu, meski ada juga yang kasih susu khusus anak kucing... :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau tanya lg nih dok. Saya punya musang masih oiginal tp sudah jinak total usi 1thnlebih 1bln. Pada saat saya keluarin dr kandang masih jinak dan mau saya gendong... Dielus jg masih anteng.. Kemudian saya biarin lepas dan main dan saya tinggalin nonton tv 2jam . stelah itu aku mau tangkep dan kandangin kok malah jadi galak... Ya dok... Biasanya saya klo saya sodorin bahu langsung naik... Tp skrng bahu saya malah digigit sampai berdarah.... Kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pelihara dia sejak kapan? dari bayi?
      perubahan perilaku pada musang gitu emang kadang terjadi, terutama musang yang belum terlalu bonding sama masternya.

      coba lebih sering diajak main lagi. dan jangan takut kalau dia gigit. kalau kita takut, dia pasti makin seneng ngisengin kita....

      iya, saya bilangnya ngisengin, karena emang musang cuma mau nguji keberanian kita. kalau kita takut, dia makin seneng... :)

      Delete
  12. Dok saya mau tanya lg nih dok. Saya punya musang masih oiginal tp sudah jinak total usi 1thnlebih 1bln. Pada saat saya keluarin dr kandang masih jinak dan mau saya gendong... Dielus jg masih anteng.. Kemudian saya biarin lepas dan main dan saya tinggalin nonton tv 2jam . stelah itu aku mau tangkep dan kandangin kok malah jadi galak... Ya dok... Biasanya saya klo saya sodorin bahu langsung naik... Tp skrng bahu saya malah digigit sampai berdarah.... Kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pelihara dia sejak kapan? dari bayi?
      perubahan perilaku pada musang gitu emang kadang terjadi, terutama musang yang belum terlalu bonding sama masternya.

      coba lebih sering diajak main lagi. dan jangan takut kalau dia gigit. kalau kita takut, dia pasti makin seneng ngisengin kita....

      iya, saya bilangnya ngisengin, karena emang musang cuma mau nguji keberanian kita. kalau kita takut, dia makin seneng... :)

      Delete
  13. Oh itu baru 1 bln dok saya pelihara... Owner sebelm saya g berani pegang ktanya galak tp pas sudah saya beli dan saya bawa pulang kerumah saya lepas didalem rumah ternyata sangat jinak.... Sudah 1bln tp baru kejadian sperti itu.... Musangnya anteng dan lemot tp serem aja karena masih original... No pangkur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat optimis dia masih bisa jinak total di mas. mungkin, kayak sebelumnya saya bilang, mas jangan takut. karena kalau saya baca dari cerita mas, si musang ini gampang baca pikiran kita. yah, ada yang mudah baca pikiran kita, ada juga yang agak lama. nah musang mas ini cenderung yang mudah 'connect' sama pikiran manusia....

      ah, jadi inget si bruno saya, musang saya dulu. sama kayak gitu. nanti jinak total kok mas asalkan mas gak takut sama dia..

      Delete
  14. Oh gitu ya dok... Emang si bruno kemana dok? Saya jg punya musang pandan lain yg umurnya 8bln betina jinak petakilan dan aga susah sih kadang jg strike ke tangan... Dan yg usia 6 bln jantan masih semi tp g pernah strike. Gigit tangan klo diangkat aja... Dan musang akar 5 bln jantan... Galak total dan strike ke tangan waktu masih baru tp pelahan skrng aga tenang cuma kadang masih takut sama tangan biarpun makanya handfeed terus...

    ReplyDelete
  15. Dan pertanyaan saya bisa ga semua musang yg saya punya jinak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. si bruno diurus ama paman saya sekarang. sesekali main sih ke sana, kalau saya mau datang, jauh sebelum saya sampe TKP, biasanya si bruno udah duduk di pekarangan. :)

      saya yakin semua musang mas bisa jinak, pasti. cuma balik lagi ke karakter musangnya. sama aja kayak manusia, definisi jinak dan nurut kan beda2. tapi sebuas apapun musan, bisa nurut dan bonding sama kita. kuncinya cuma 1, sabar dan lakukan terus. :)

      Delete
  16. oh... salam deh buat bruno... Oh ya dok saya masih punya pertanyaan lg nih... saya kan td bilang punya musang akar borneo yg masih galak. makan nya tiap hari handsfeed.. karena saya jg sengaja g ninggalin makanannya dikandang... hansfeed dia mau makan... tp masih blm mau di elus... kadang saya kerjain klo kasih makan tangan saya g masuk kandang tp di luar kandang dan pintu kandang terbuka dan musangnya pun mau menjemput makanan keluar kandang dan pas dia makan aku elus langsung lari. giginya jg masih ori pakai sarung tangan doble 3 pun tembus klo gigit. sering aku keluarin kandang di freeroom tp bareng sama musang pandan. tp ketikan musang pandanya aku kandang musang akr ku langsung kabur tak tentu arah semua ruangan dikelilingi dan loncat dr ketinggina kebawah... biasanya aku tangkep dengan petcargo... usianya 5 bln tp sudah pengen kimpoy aja... musang pandanku yg betina dikejer2 terus... apa normal dok usia 5 bln sudah birahi gitu....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek artikel saya ciri musang birahi.
      bisa jadi musang mas sebenernya lebih dari 5 bulan. :)

      masnya merokok gak? kalau nggak merokok, coba taro kaos bekas pakai mas di atas kandangnya, dilebarin. biar dia kenal bau tubuh masnya,,,:)

      kalo merokok, jangan, takutnya residu rokoknya malah bikin sakit musangnya,,,

      Delete
  17. oh... salam deh buat bruno... Oh ya dok saya masih punya pertanyaan lg nih... saya kan td bilang punya musang akar borneo yg masih galak. makan nya tiap hari handsfeed.. karena saya jg sengaja g ninggalin makanannya dikandang... hansfeed dia mau makan... tp masih blm mau di elus... kadang saya kerjain klo kasih makan tangan saya g masuk kandang tp di luar kandang dan pintu kandang terbuka dan musangnya pun mau menjemput makanan keluar kandang dan pas dia makan aku elus langsung lari. giginya jg masih ori pakai sarung tangan doble 3 pun tembus klo gigit. sering aku keluarin kandang di freeroom tp bareng sama musang pandan. tp ketikan musang pandanya aku kandang musang akr ku langsung kabur tak tentu arah semua ruangan dikelilingi dan loncat dr ketinggina kebawah... biasanya aku tangkep dengan petcargo... usianya 5 bln tp sudah pengen kimpoy aja... musang pandanku yg betina dikejer2 terus... apa normal dok usia 5 bln sudah birahi gitu....?

    ReplyDelete
  18. mungkin jg usianya lebih tp ukuran badanya masih kecil... dan alhamdulillah saya ga merokok... 😊 saya bukan perokok. dan klo masalah baju bekas pake mah sudah sering aku taro diatas kandang. sampai digigit baju nya ditarik kedalam kandang.

    ReplyDelete
  19. dan ada hal yg saya blm mengerti suara muskar saat kena gigit suaranya sperti tikus atau anjing yg kesakitan.. tp melengking keras sekali suaranya.... beda dengan musang pandan yg suaranya lebih mirip tikus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, emang gitu lengkingan suara muskar, agak lebih nyaris dari muspan, mas.... :)

      mau coba breeding musang? coba aja... :)

      Delete
  20. oh gitu... tp memangnya tidak apa2 ya kalo musang pandan di kawinin sama musang akar? memang bisa jadi dok? soalnya saya kan cuma punya jantanya aja musang akarnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat dari family-nya (musang akar dan musang pandan sama2 berasal dari family vevirridae), musang akar dan musang pandan bisa dikawinkan... :)

      Delete
  21. dok saya kan skrng baru beli lg muspan usia 1thn5 bln jantan buat pasangan si denok muspan betina yg usianya 1thn 1bln. baru dateng langsung aku dektkan dan ternyata tidak berantem jd aku satukan kandang. yg jantan wangi sekali... sampai2 wanginya tercium terus... tp yg betina punyaku yg denok itu saat di dektin menggeram. suaranya serem... kan aku adopt baru 2minggu lebih... aku jg blm tau keadaan sebenernya tp yg jelas musangku sidenok itu sedikit obes.. dan klo didekatin musang lain jg sensi. kadang hampir mirip dngn ciri2 musang hamil. bisa tidak ya musang hamil di cek dengan tespek dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. maaf ya mas baru saya balas. sibuk banget 2 hari kemaren, hihi. ngurus dokumen buat next trip ke china. :D

      setau saya sih gak bisa ya musang dicek hamil atau nggak pake tespek (tes kehamilan) manusia. kalau emang mas mau mereka kawin, pindahkan kandangnya ke ruangan yang bebas suara2 mas, biar tenang mereka. kadang kalau ruangannya terlalu rame atau ada asap rokok, mereka gak mau kawin... :)

      usahakan ruangannya setenang mungkin. selengkapnya, mas bisa baca artikel saya cara mengawinkan musang...

      Delete
  22. maaf ya dok saya banyak tanya... 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  23. oh gitu ya dok... soalny musang yg betinanya jngn kan dideketin tp pas musang jantanya makn di dpn yg betina langsung diserang... stiap saya deketin jg menggeram dok.... klo saya kasih makan jg menggeram jd aku pisahin lg sama jantannya... pokoknya sifatnya mirip musang hamil... nafsu makan yg kadang2 terus sensi sama semua musang yv ngedeket. kandang nya skrng saya pisahin di tempat yg sepi tp klo aku bawa musang jantan nya kesitu pasti seakan-akan pengen kabur yg betinanya. jd bingung dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang yang betina emang dulunya galak atau baru2 ini aja? kalau baru2 ini aja, ada kemungkinan emang hamil. coba aja pisahin dulu, pindahkan kandang yang betina ke ruangan yang agak tenang.... kasih makanan cukup.... :)

      kabari lagi ya mas... semoga emang bener hamil.. :)

      Delete
  24. td nya g galak dok.... skrng aja semenjak beli musang jantan jd suka menggeram.

    ReplyDelete
  25. skrng saya jg masih nunggu kepastianya hamil apa kagaknya... mungkin sampai bulan depan dok... klo da perubahan berarati hamil...

    ReplyDelete
  26. skrng saya jg masih nunggu kepastianya hamil apa kagaknya... mungkin sampai bulan depan dok... klo da perubahan berarati hamil...

    ReplyDelete
  27. td nya g galak dok.... skrng aja semenjak beli musang jantan jd suka menggeram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pernah liat mereka kawin? :)
      iya, tunggu aja sampe bulan depan. syukur2 kalo emang hamil. kalo emang gak hamil dan mas mau kawinin lagi, nanti deketin aja kandangnya. yang jantan sama yang betina pisahin di kandang yang beda, kemudian taruh berdekatan. biar mereka kenal dulu. setelah kenal dan gak strike satu sama lain, mas bisa coba kawinkan lagi.... :)

      Delete
  28. saya g pernah liat sih dok mereka kawin... ini saya cobadektin kandangnya dok.. oke deh dok terimakasih atas saran-saranya

    ReplyDelete
  29. Selamat malam buk dokter yg cantik.
    Sedikit perkenalan nih. saya punya temen perempuan yg ikut bergabung di komunitas pecinta musang namanya JAMBI MUSANG LOVERS (JAMUR) nah temen perempuan saya ini punya musang akar umur -+ 7s/d8 bulan sekitar segitu deh pokok nya. Dia bilang selain makan pisang, pepaya dll. Dia juga ngasih makan jangrik. Dia bilang jangkrik itu bagus untuk pangan musang karna ada mengandung protein yg baik untuk pertumbuhannya. Emang sih saya perhatikan musang itu kalau ngeliat kita megang jangkrik dia langsung ngejer ke kita kayak minta suapin & dia makan jangkrik itu lahab sekali.
    Nah pertanyaan saya, bagaimana tanggapan dokter terhadap pangan jangkrik tersebut ?
    Dan kalau bener jangkrik itu baik untuk musang apakah ada batasan umur untuk mengkonsumsi nya ?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ditanya apakah jangkrik bagus atau nggak buat musang, tergantung kebersihannya sebenernya. kalo jangkriknya bersih, jangkrik bagus kok buat musang. :)
      apakah jangkrik sumber protein? ya, bisa dikatakan jangkrik emang tinggi protein.

      yang penting, minimal kasih buah seminggu sekali ke musangnya. biar sistem pencernaannya tetep bagus... :)

      Delete
  30. dok.. maaf mau tanya lg... musang betina saya kok maaf kelaminnya agak menonjol keluar terlihat agak lebar dok apakah normal ya? terus skrng kok g mau diangkat perutnya ya... klo aku pegang perutnya ngegigit ya walaupun ga sakit dan g kenceng.. tp lumayan namanya digigit taring original... lecet2 dikit wajar. kok skrng g mau diangkat perutnya... td aku keluarkan dr kandang dan saya ajak main dan mau naik kepunggung di elus2 diem dan tenang banget tp pas aku angkat perutnya dia gigit... tp yg jd masalah saya g pernah liat musang saya kawin. hanya saja ya pernah saya satukan 2 hr dngn musang jantan. tp kayaknya masih strike jd saya pisahkan lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang betinanya umur berapa, mas? pernah liat dia mens? karena musang juga bisa mens, loh. silakan baca artikel menstruasi pada musang...

      dia masih mau makan? fesesnya normal? kalo dua2nya jawabannya 'iya', tebakan saya sih dia udah siap kawin..... cuma tebakan mentah saya aja....

      atau, ada kemungkinan ambeien nggak mas? tapi kalo ambeien itu yang keluar dan melebar di bagian anus, jadi kayak ada bagian dalam anus yang keluar gitu, warnanya kemerahan.... apakah kayak gitu?

      coba baca juga artikel saya cara mengobati musang ambeien...

      Delete
  31. fesesnya normal sih.. klo makan buah skrng kadang mau kadang ga dok. tp klo dikasih pala ayam atau ceker ga pernah nolak apalagi dikasih minum susu huhhh super doyan. yg keluar bukan bagian anus dok... anus mah normal... cuma bagian kelamin... trlihat jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini kasih makan makanan yang dia mau aja. pala ayam boleh. tapi minimal seminggu sekali kasih buah. minimal, bagusnya lebih... :)

      Delete
  32. fesesnya normal sih.. klo makan buah skrng kadang mau kadang ga dok. tp klo dikasih pala ayam atau ceker ga pernah nolak apalagi dikasih minum susu huhhh super doyan. yg keluar bukan bagian anus dok... anus mah normal... cuma bagian kelamin... trlihat jelas.

    ReplyDelete
  33. dok hari ini sebelum berangkat kerja saya liat musang saya kawin... tp klo stiap mlm saya pisain kandang tp berdekatan... hanya di siang hari saya satukan dikandang yg sama.. karena klo mlm agak berisikjd saya pisahkan klo mlm. menurut dokter gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus, lanjutkan aja mas.
      hmm, kalo mas satukan terus selama beberapa hari ke depan aja gimana?

      kalau malam katanya suka berisik. maksudnya berisik ini karena apa? apakah berantem? kalau berantem, separah apa berantemnya? apakah sampe luka2?

      kalau ada kandang yang agak besar, yang cukup menampung buat sepasang musang di dalamnya, coba aja satuin di kandnag itu. lalu satukan terus selama beberapa hari ke depan... :)

      Delete
  34. sekarang sudah tidak berantem dok... dan ga sampai luka2 sih... cuma klo mlm saya biasanya tinggalin makan sama minumnya dikandang... klo disatuin malah diacak2 semua... yg awalnya kemarin2 strike skrng sudah tidak dok.... tp klo mlm berisik sekali bnyinya... cuma ga enak sama tetangga aja.... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, tetangga mah biarin aja mas kalo gak protes, huehehehe.

      lanjut aja ya mas. semoga cepet hamil.. :D

      kabari terus/./

      Delete
  35. dr kemarin pagi sampai pagi jam 3 td musang udah ada 10 kali kawin dok... luar biasa... suara pekikanya bikin ga bisa tidur dok... tp td pagi jam 7 sudah ga kawin lg... malah kesanya saling cuek... saya jg berharap cepet hamil... hehehe.... kira2 kapan ya dok bisa di pisah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan mas baca artikel saya cara mengawinkan musang untuk tahu langkah selanjutnya, hehehe...

      kalau mau pulkam, iya, titipin aja sama temen. hati2 pas pindahin ya mas, soalnya harusnya sih kalo lagi dikawinin, jangan dipindah2 dulu.... gak bisa gak dipindahin? mas pulang berapa lama....?

      Delete
  36. oh iya dok... besok kan saya mau pulkam nih ceritanya jd kemungkinan musangnya saya titipin keteman saya dok.. sampai hari selasa.... yah mudah2an sihpas saya ambil nanti bisa saya pisahkan dan mudah mudahan sih bisa hamil.

    ReplyDelete
  37. oh iya dok... besok kan saya mau pulkam nih ceritanya jd kemungkinan musangnya saya titipin keteman saya dok.. sampai hari selasa.... yah mudah2an sihpas saya ambil nanti bisa saya pisahkan dan mudah mudahan sih bisa hamil.

    ReplyDelete
  38. Dok Q mau tanya,selayak'y musang yg nokturnal,dia kan lebih dominan galak dimalam hari,maklum muspanku masih semi,nah yg jadi pertanyaanku untuk nge handel muspan yg masih semi itu lebih baik nge hendel'y siang doang atau siang malam ya? Mengingat punyaku kalo malam galak,suka gigit & nyakar,
    Mohon penjelasan'y dok,oh iya muspanku kira2 umur 3-4 bulan,makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang dan malam, gak masalah kalo soal handle. yang penting rutin. sebentar gak apa2, yang penting lakukan terus menerus... :)

      kalo soal gigit dan nyakar, dah jamak. mau tahu rahasianya biar dia gak gigit dan nyakar? jangan takut dan jangan kaget. musang kan bisa tahu gimana pikiran kita, sama kayak kuda dan kucing. kalau mas takut atau kaget pas dia nyerang, dia pasti tahu, dan dia makin seneng ngisengin masnya... :)

      Delete
  39. Iya sih dok untuk awal2 dia gigit ngga Q rasain,tapi lama kelamaan sakit juga,apa lagi kalo Q ajakin becanda,makin kenceng dia nggigit'y,kalo kaget sih ya gimana ga kaget dok,orang Q lagi duduk diem tiba2 digigit jempol kaki'y,soal'y kan kalo Q lagi dirumah suka Q lepasin dia dr kandang,biar dia jalan2 di dalem rumah,tapi ya gitu kalo malem suka jail dia,maka'y Q bingung ini buat nge handel'y lebih baik siang apa mlm gtu,kalo siang emng cenderung anteng sih dia,kalo Q lepasin dia malah ngumpet nyari tempat buat tidur,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia gigit jempol mas, itu emang cuma iseng doang. abis gigit jempol dia ngibrit kan? hahahaha. pas dia ngibrit, dia itu sambil bilang: "rasain lu!!" :D

      malah seru mas kalo punya musang iseng gitu. kalo dia becanda, becandain lagi... :D

      dulu si bruno juga gitu kok...

      Delete
    2. Betul tuh dok disitulah senengnya melihara musang.... Hehe

      Delete
  40. Dok skrng saya pelihara SG jg dok... Dia klo lg di lepas mah ditangkep jg g gigit atau scrabing... Tp klo dia ngumpet kok scrabing ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. crabbing maksudnya? :)

      dia crabbing pas mas ambil waktu dia ngumpet, karena dia kaget aja. wajar kok. :)

      Delete
    2. Iya bunyi gitu dok kaya bunyi lebah dikuping kenceng banget...tp seneng sih dia mainya dipunggung terus. Terus ga saya kandangin jg... Saya bikinin rumah2an dr kardus yg pintunya terbuka... Jd ga saya kandangin. Tp klo dia main di punggung kuping saya digigitin terus dok.... Kenapa ya?

      Delete
    3. itu artinya dia sayang sama mas, intinya sebenernya bilang makasih. kayaknya udah pernah saya bahas di artikel bahasa tubuh sugar glider deh.... :)

      terus ajak main aja mas... :)

      Delete
  41. Dok biar Sg g suka gigit kuping gmn ya dok... Soalnya kan ini rencananya mau buat keponakan saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja, sg sebenernya gak cocok kalo buat anak-anak, mas. permasalahannya, ya karena suka gigit itu. :)

      dan agak susah biar sg gak gigit... apalagi sg suka bagian2 tubuh kita yang berbau khas, kayak kuping dan semacamnya.... :)

      Delete
  42. Dok ini musang saya kan dah beberapa hari disatuin 3 harian... Kapan bisa di pisahin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betinanya masih akur sama si jantan?
      kalau betinanya udah mulai strike (nyerang) yang jantan, pisahin aja jantannya ke kandang lain. terus yang betinanya pindahin ke ruangan yang agak sepi suara... :)

      Delete
  43. Smlm sudah saya pisahin dok ... Karena yg betina sudah strike ke jntan.... Pas jantanya mau kawinin yg btina langsung balik badan sperti g mau kawin lg dok. Stelah saya pisah lumayan tenang yg betina nya.... Tp skrng suka gigit tangan klo saya kasih makan pisang pake hand feed... Jari2 saya digigit satu persatu... Tp pelan gigitnya... Biasanya g pernah dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. :)
      bisa jadi emang karena pengaruh hormon akibat kehamilan. jangan diajak main dulu ya mas. mungkin mas bisa baca artikel saya cara merawat musang hamil...

      Delete
  44. Berarti ga boleh diajak gath dulu ya dok? Td pas saya kasih minum tumben jg ngegigit... Tp dilepas lg trus langsung ngehindar gitu.... Lucu sih kaya ngajak becanda jd nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jangan diajak gath dulu. karena rentan banget. bisa keguguran....

      Delete
  45. Replies
    1. pokoknya jangan dipegang2 dulu, jangan dimandikan juga. soalnya banyak kasus musang keguguran atau melahirkan bayi yang sudah mati karena musangnya banyak dipegang, terutama bagian perut....

      Delete
  46. Oh begitu.... Dok smlm saya liat musang saya yg betina gigitin ujung ekornya sampai ga ada bulunya pas diujung ekornya sampai ekput nya habis. Itu kenapa ya dok dia gigitin ujung ekornya gitu?

    ReplyDelete
  47. Dok gmana cara mencegah semut didlam kandang musang ya dok ?
    Mohon infox

    ReplyDelete
  48. Dok musang betina saya kok jd defense banget.. Setiap tangan saya nempel ke ke kandang langsuns di catok... Tp klo udah ngerasain gigit jari sih dilepas lg... Terus jg ujung ekornya yg tadinya ada warana putihnya skrng ga da bulunya tinggal dagingnya ... Sekitar 2-4cm.. Botak digigitin sendiri... Itu kenapa ya dok.,.? Terus ngobatinya gimana ... Dipegang ekornya dikit aja strike..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah berapa lama pelihara musangnya?
      coba aja terus ajak main. saya kira, dia gigitnya juga gak serius kalau pas gigit langsung dilepas lagi.

      sering mas mandikan nggak? coba mandikan. kalau masih takut2, siram aja di dalam kandangnya, terus mas pake sarung tangan tebal, tarik ekornya pelan2 dari pintu kandangnya dengan tangan kiri, gosok pake tangan kanan yang udah dikasih sampo bayi....

      sebenernya sih intinya kalau mas mau dia jinak, usahakan gak takut. musang bisa baca pikiran kita loh mas, kalau kita takut malah dia makin ngelunjak sama kita... :)

      Delete
    2. Kan kata bu dokter ga boleh diajak main dulu dan jangan dimandikan dulu.... Terus memang sih dok gigitnya cuma ngetes saya doang dan ga sakit... Ini kan baru sekitar 1minggu saya pisah dengan jantannya dok... Ekornya sudah ga ada bulunya sekitar 4cm dok yg saya takutin makin panjang bulubekornya yg ilang.... Jd solusi nya bagaimana?

      Delete
    3. oh ini mas yang musangnya lagi hamil ya? yang lagi dikawinin? bener? saya bingung, abisnya komennya beda tempat. :D
      kalau emang bener dia suka nyantok tangan gitu, mungkin emang lagi hamil mas. biarin dulu, jangan diajak main dulu.... :)
      biarin aja di kandangnya...

      Delete
    4. Iya dok saya biarin... Tp dia suka gigitin ekornya dok sampai hairlos ujung ekornya .... Apa gpp?

      Delete
    5. lanjut aja dulu mas.... sampe positif ketauan dia hamil atau nggak... :)

      Delete
    6. Skrng kan sudah 1minggu nih dok... Makan jg sudah mulai normal... Masih agak defense jg... Tp udah mending... Tp yg masalah buat saya ekornya itu... Jd pada botak....

      Delete
    7. lanjut. :)
      nanti setelah 3 atau 4 minggu, kalau perutnya gak membesar, kita bisa mandikan kok....

      sementara ini biarkan dulu. jaga asupan makanan. :)

      fesesnya gimana? bagus?

      Delete
    8. Feses nya bagus dok. Makan jg sudah mulai agak lumayan. Berarti klo sudah 3-4minggu ga buncit ga hamil boleh dikawinkan lagi dok? Oke deh dok. Always tankyou for your answer.

      Delete
    9. iya, boleh dikawinkan lagi. sekaligus kita fokus ke bulunya yang hairloss.. :)

      sip, sip. lanjut aja observasinya. saya tunggu terus kabarnya. :)

      Delete
    10. Dok sperti nya beneran hamil si denok. Badanya trlihat agak gemuk.... Semoga aja sehat terus aja . dan saya mau tanya dok saya kan punya musang akar yg kata owner sblm saya bilang betina tp organ intim nya tidak sama dengan musang pandan betina saya ya dok... Apa memang beda ya organ intim musang pandan dan akar?

      Delete
    11. alhamdulillah, kabar baik! :D
      jangan dipegang dulu ya mas. jangan diajak kemana2 dulu. diamkan aja di dalam kandang, kalo bisa kasih alas kandang lagi. kain atau semacamnya.... :)

      kasih makan aja ya yang cukup... :)

      iya, emang beda antara muspan dan muskar. bisa mas kirim gambarnya via https://postimage.org/? ntar kirim linknya kemari ya... :)

      Delete
    12. Ini dok Link foto jenis kelamin Musang akar saya.
      https://postimg.org/image/3yu4e84kj/

      Delete
    13. iya, betina itu mas... :)

      makannya bagus? fesesnya gimana?

      Delete
    14. https://postimg.org/image/5p977pp1h/

      Dan ini full nya

      Delete
    15. Makanya lg agak susah dok. Tp fesesnya bagus... Klo makan skrng klo mlm doank dok agak lumayan klo siang paling pisang 1potong. Skrng saya kasih vitamin Nutri+gen ... Bagus ga kira2 dok?

      Delete
    16. oh ini mas yang kemaren chatting ya... :)
      soal nutri+gen udah saya bales kemaren via chatting ya...

      untuk penambah nafsu makan, coba mas kasih ramuan kesehatan musang. cek aja di artikelnya. :)

      Delete
    17. dok boleh tanya klo ciri2 musang yg keguguran gmn ya dok?

      Delete
    18. biasanya dia akan mengeluarkan janinnya yang udah mati, mas... itu juga kalau janinnya udah terbentuk, kalau belum biasanya dia akan mengeluarkan darah dari alat kelaminnya...

      Delete
    19. oh begitu... ok deh dok saya lg pantau terus nih.

      Delete
    20. saya tunggu terus kabarnya. jangan dipegang2 dulu ya mas... :)

      Delete
    21. oh begitu... ok deh dok saya lg pantau terus nih.

      Delete
    22. dok ini kok aneh sekali ya dok karakter muskar saya ini. klo lg diajak gath manisnya minta ampun... digendong2 orang banyak pun g pernah gigit tp klo dirumah saya taro diatas meja sebentar saja mau saya pegang strike. tp klo sudah diangkat dipangku sih diem sampai tidur klo dipangku. klo ditempat gath di obok2 wajh nya dan sekitar kepala g gigit tp klo dirumah baru dielus sebentar aja langsung gigit. yg lebih buat saya bingung ditempat gath itu ada muskar lain dan muskar saya tuh nimbrung ke muskar lain diajakin bercanda sama muskar lain jg diem aja dok cuma bunyi ngik2 gitu doank ga bales becandaan gitu dan klo muskar lain nya pergi mochi (muskar saya) ngikutin tp dgigit bcandaan pun diem aja.... knp ya dok?

      Delete
    23. masnya suka ragu2 atau kaget kalo dia gigit ya? bener?
      jangan kaget, hilangkan rasa kaget mas waktu dia gigit deh. kalau kita kaget, dia malah makin seneng ngisengin kita. :)

      dulu si bruno juga gitu kok. kalo lagi banyak orang rumah, dia kalem. kalo lagi berdua sama saya doang, beringas. tapi wajar, lama2 akhirnya dia jinak sendiri... :)

      Delete
    24. iya dok. giginya masih runcing2 gmn g kaget klo digigit. gigitan becanda aja lecet2. klo dah dpt gigit sambil bunyi dok melengking gitu.

      Delete
    25. iya, hahaha. mirip si bruno. :D

      ngebiasain digigit emang butuh waktu sih. tapi nanti juga bisa kok... :D

      Delete
    26. iya dok duh tp klo udah digendong manis banget... saya yakin dokter jg bisa suka klo sudah liat Mochi nama muskar saya. karena muskar saya bulunya silver ga hitam dok terus hidungnya jg warnanya pink jd banyak banget yg pengen. hihihi. tp klo dirumah haduh bikin lecet tangan.

      Delete
    27. hihihi. :D
      mas ikut komunitas? :)

      emang ngebiasaan diri digigit lumayan penting sih biar dia jinak, biar dia ngerti masternya siapa... :D

      Delete
    28. yap dok. ikut komunitas biar banyak sharing antar owner... hehe klo kata temen2 komunitas mah klo digigit kasihin aja tanganya sambil di mainin jarinya didalam mulutnya... tp sobek2 mah sudah pasti.... jd ngeri....

      Delete
    29. hihihi.
      mas belum 'sah' jadi owner musang kalo tangannya masih mulus, hihihihi. mas masih mending luka2 kecil doang, dulu saya ngejinakin si bruno (musang tangkapan liar umur setahun) sampe dapet 8 jahitan...

      Delete
    30. tangan saya mulus tinggal cerita dok tiap hr barret lecet.. jari pada bolong. huft. ini jg saya ada Musbul usia 6bln masih galak dok tp non Wc cuma dr usia 3 bln kata ownernya sblm saya jarang dimainin jadi gedenya galak. strike klo dideketin. huft Usia 6bln aja ukuranya lebih gede dr musang pandan saya yg usianya 1thn7bln

      Delete
    31. hihihi, emang kudu banyak2 sabar kalo pelihara musang mas. tapi saya aja dulu bisa kok jinakin sampe bonding musang bulan liar, masak masnya gak bisa? :)

      yang penting sebenernya gak ragu2. karena musang bisa baca pikiran kita. kalau kita ragu2, malah susah jinak nantinya...

      Delete
    32. iya sih dok. oh iya dok. muasang saya yg lagi hamil udah mulai terlihat puting susunya mulai bersih...... tp blm begitu menonjol.

      Delete
    33. sip, sip. mudah2an berhasil ya mas. :D

      makanannya dijaga. dan ruangannya jangan terlalu rame/berisik.

      fesesnya gimana?

      Delete
    34. nah fesesnya sih bentuknya normal karena makanya palyam, bubursun campur susu, klo pisang malah jarang dimakan. jd fesesnya sangat bau. sama sperti ayam yg sedang mengeram. huh sekarang sama sekali gak mau disentuh dok. sya sih berdoa semoga semua anaknya nanti sehat.

      Delete
    35. nah klo fesesnya bau itu masalah ga ya dok? karena makanya pala ayam dan bubur sun campur susu. kalo pisang jarang dimakan. fesesnya itu hampir2 mirip dengan ayam yg sedang mengeram.

      Delete
    36. oh gak apa2. yang penting bentuk fesesnya nggak mencret. :)

      sementara kasih aja yang dia mau. kalau maunya makan ayam, kasih aja ayam... :)

      Delete
    37. iya dok kuturuti apa yg dia mau.

      Delete
    38. iya dok kuturuti apa yg dia mau.

      Delete
    39. sip. kabari lagi ya mas.
      maaf karena baru balas

      Delete
    40. dok ini kelamin musang akar temen saya kenapa ya? jantan. nih cek fotonya. https://postimg.org/image/v32xj1u1v/

      Delete
    41. itu lagi sakit atau gimana mas?
      itu umur berapa musangnya?

      jujur saya kurang yakin, tapi kayaknya jantan. cuma tebakan aja loh ya... :)

      Delete
    42. iya itu dok jantan. lg birahi usia 1thn up. cuma biasanya kan stelah tegang selesai masuk kembali. tp ini ga mau masuk lg walaupun ga lg tegang... terus ada hijau2 itu normal ga kirA2?

      Delete
    43. iya, jantan kayaknya.
      bisa mas bersihkan area kelaminnya dengan lap bersih yang dibasahi air hangat?

      maaf karena baru balas, kabari lagi ya mas...

      Delete
    44. dok hari senin pagi musang saya yg hamil melahirkan 1anak tp semalam anaknya mati gara2 digendong induknya sambil muter2 di dlm kandang. awalnya masih hidup dan setelah digendong cukup lama akhirnya mati dan stelah mati induknya trus gendong2 anakny sampai 1jam lebih dan stelah tau anaknya sudah ga hidup akhirnya ditelan sama induknya..... apakah itu normal dok?

      Delete
    45. mas yakin suasana di sekitar kandangnya sepi?
      mas liatin terus ya? bener?
      kayaknya sih itu stress.

      kalau kelahiran pertama emang rata2 gagal, meski ada juga yang berhasil. harusnya jangan diliatin terus, mas. biarin aja. dan jangan berisik area sekitar kandangnya..

      Delete
    46. klo saya sih ga sering liatin terus tp baby usia 2,5bln yg saya free room serng mondar mandir dideket kandang. sebenernya sempat hidup 1 hr. klo aja sama induknya tidak digendong2 sambil mondar mandir dikandang..

      Delete
  49. Assalamual'aikum dokter saya sudah baca hampir semua artikel musang di sini termasuk komentarnya dan saya kurang paham. saya mau konsultasi saya adop musang umur -+4 bulan, hampir sebulan saya adop kalo untuk handle kalo siang gak pernah mungkin malem baru bisa ke handle, untuk handle paling kurang lebih 1 jam aja dok tapi kandang saya tepatkan di kamar tidur saya, untuk makan handfeed tiap hari walaupun cuman satu sampai tiga kali potongan pisang tiap hari pasti saya handfeed untuk mandi 1 minggu 2 kali. Buat free room saya kurang. Sampe saat ini si molly nama musang saya bisa di pegang sewaktu di dalam kandang walaupun masih suka ngacir anteng kalo dia mau tidur aja. Baru hari hari ini saya lebih banyak waktu dan freeroom sama si molly. Saya bingung dok saya sering perhatiin suka lari mondar mandir di tempat yang sama dan arah yang sama dalem kandang pada saat freeroom juga seperti itu gak sebentar tapi sering banget sampe saya pusing lihat sepertu itu tiap hari dan tiap waktu. Dan untuk makan siang hari itu lebih ke orang tua saya yang beri makan. Kalo sudah freeroom takut banget sama saya handfeed mau terkadang . Tiap hari saya taruh di depan reramaian orang. Semua berubah sewaktu saya coba gendong, Berubah galak banget saya tatap matanya timbul hissing gigit kuat banget sampe bolong tangan saya haha masih ori semua saya coba deketin kaget ngacir. Tolong dokter poin pertamanya apa saya katagori gatot atau masih ada peluang buat jitot bonding sama saya ? Apa molly musang saya hasil tangkapan liar karna suka mondar mandir itu ? Awal adop dari seller emang jumpy. Tolong di koreksi dok dan di beri masukkan lagi tentang cara saya di tadi ini mohon bantuannya dokter terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, molly tangkapan liar? :)
      musang emang suka gitu, suka muter2 di kandang. apalagi yang tangkapan liar. karena kadang yang bukan tangkapan liar juga suka begitu. jadi saya kira masih normal selama dia mau makan dan fesesnya/tahinya bagus....

      cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      mas punya hoodie? jaket/sweeter yang ada kupluknya (penutup kepalanya). kalo ada, coba pake, terus gendong musangnya. karena kayaknya masalahnya kenapa dia galak pas digandong karena masnya masih ragu2 atau takut, hehehe. bener nggak? :D maaf kalo salah...

      karena musang itu bisa baca pikiran kita. semua hewan kayak gitu. kalau kita takut atau ragu2, dia malah makin seneng ngisengin....

      selebihnya, tinggal lanjut lagi proses 'manning'nya. proses penjinakkannya. dan coba lebih sering taro di tempat yang banyak dilewati manusia, misalnya depan rumah... :)

      Delete
  50. Terima kasih dokter sudah cukup puas sama jawabannya nanti langsung saya praktekin dokter

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. dok, saya punya musang umur skitar 4 - 5 bulan tangkapan liar, apakah musang ada kemungkinan membawa rabies ? soalny biarpun giginya udah dipangkur bbrp kali sempet luka ketika digigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tangkapan liar, kayaknya untuk musang kemungkinan rabies kecil, kecuali untuk anjing dan kucing. :)

      kabari lagi ya mas/mbak..

      Delete
    2. ada vaksin rabies untuk musang gk dok ? trus musang sy tidur nya telentang apa itu normal dok ?

      Delete
    3. soal vaksin pada musang, udah ada artikelnya. coba aja cari di bagian cari artikel... :D

      kalau soal posisi tidurnya, normal kok... musang saya dulu (si bruno) bahkan gak mau tidur kalo gak ada bantal kesayangannya...

      Delete
    4. oke dok brarti tunggu skitar 11 bulanan ya baru bisa divaksin rabies

      untuk musang yg belum jinak, apa boleh dicoba dilepas sesekali di dalam kamar dok ?

      Delete
    5. tul, mas. :)
      kalau belum jinak dan mas mau lepaskan dia di kamar, kira2 nangkepnya lagi bisa nggak? :)
      kalau emang bisa, ya silakan. tapi menurut pendapat saya mending jinakkan in-cage aja dulu... :)

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  53. Dok mau nanya. Musang saya umur 1thn 3 bulan. Kalau siang kalem. Kalau malem suka gigit. Cuman lagaknya kayak bercanda tapi kadang neken sampek bentol semua kadang berdarah. Saya sudah ajak main tiap malem tapi malam seneng gigit, Saya kira karna birahi. Pas udah di kawinin tetep aja gitu. Minta solusinya dok. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia cuma becanda itu mas. karena kalau gak becanda, pasti lebih parah luka gigitannya.

      mungkin emang karakter musangnya yang pecicilan. dan emang kalau malem, musang lebih aktif karena kan mereka emang hewan malam. jadi wajar kok....

      Delete
  54. dok,,,,sekitar beberapa bulan ini saya baru saja memelihara dua ekor anak musang(saya tidak tahu umurnya karena baru kali ini memelihara musang), selama ini saya beri makan pisang kadang pepaya, beberapa waktu ini musangnya sudah mau makan sendiri,,,lalu salah satu musang sebut saja namanya ponta, kalau makan pisang digigit seperti marah gitu,,,nah dua hari yg lalu si ponti ini tiba2 mati, saya ndak tahu penyebabnya apa,,,setelah si ponti mati,,,kenapa yg satu lagi kok suka gigit tangan ya dok,,,terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada kandang lain, mending mbak pindahkan musang satunya ke kandang itu. kalau gak ada, cuci seluruh perlengkapan, dan jemur sampe kering. setelah itu bisa digunakan lagi.

      soal penyebab kematiannya, sebenernya agak susah, soalnya saya gak liat musangnya langsung. sebelum meninggal, ada gejala2 misalnya fesesnya jadi mencret? atau nggak mau makan? atau jadi kayak lumpuh gitu?

      untuk makanannya, coba kasih bubur bayi promina. buah bisa dikasih seminggu sekali aja. :)

      dan jangan dikasih susu...

      Delete
  55. makasih dok,,,sebelum mati,,,dia suka makan sambil menggigit,,kalau saya kasih makan lewat jari, jari saya juga digigit,,nah sekarang yg masih hidup juga melakukan hal yg sama

    kemarin saya sudah beli bubur bayi merk sun rasa kacang ijo,,tapi bingung cara kasih makannya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seduh bubur bayinya, kasih air, aduk.
      jangan terlalu encer...

      fesesnya gimana? mas bisa kirim gambarnya kemari?
      caranya ada di bagian PERHATIAN, di atas bagian tulis komentar ini

      Delete
  56. https://mbasic.facebook.com/photo.php?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2521976057

    ReplyDelete
  57. https://www.instagram.com/p/BVn02J-nlB3/

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      lebih sering kasih buah, mas.... dan jangan dikasih susu...

      Delete
  58. Seringnya dikasih buah dok..tapi beberapa waktu ini setelah dikasih saran dokter juga saya beri bubur bayi... Ini kok malah betasa makin kurus... Mata nya hari ini sepertinya blelekan juga..wah rasanya kok malah pengen nyerah...
    Oh ya selamat hari raya idul fitri dok..mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  59. Dok saya punya 2 rase betina, mereka akur tapi semalem tiba tiba aja berantem sampe nyaris luka.. akhirnya saya pisahin, kira kira penyebabnya apa ya dok? Terus solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending amannya, pisahkan tapi taro kandangnya sebelahan.jadi mereka masih bisa liat-liatan dan masih bisa interaksi...seminggu sekali bisa ajak main bareng di luar kandang

      Delete
  60. Dok mau tanya gimana caranya muspan tetap diam di malam hari dan gak brtsuara? Muspan saya ribut kali di malam hari biasanya jam 2 udah mulai ribut dia.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.