Burung Hantu Diberi Makan Tahu? Ngaco! | Drh. Fira Sovica

Ada teori ngaco lagi yang kerap dilakukan oleh orang yang pemula dalam memelihara burung hantu, yaitu

memberi makan burung hantu peliharaan mereka dengan tahu

. Artikel ini sedikit banyak berkaitan artikel menghilangkan lem pulut pada bulu burung.

Burung Hantu Diberi Makan Tahu? Ngaco!
Image taken from makibird.deviantart.com
  • Sebagai hewan karnivora, burung hantu jelas tidak bisa diberi makan tahu. Saya sendiri tidak tahu siapa yang pertama kali menyebarkan info sesat mengenai burung hantu diberi makan tahu ini.
  • Mengenai apa akibat buruk dari pemberian tahu untuk burung hantu ini, tentu akan menganggu sistem pencernaan burung hantu tersebut. Partikel-partikel tahu akan menempel dan menumpuk pada dinding usus dan menyebabkan terganggunya sistem cerna burung hantu.

Penting untuk tidak 'menelan mentah-mentah' pendapat orang tentang cara memelihara burung hantu. Sebaiknya, anda mencari pendapat lain yang bisa dipercaya tentang cara merawat burung hantu yang benar. Anda bisa bertanya kepada saya lewat komentar di blog ini atau bisa pula via chatting dengan saya bila saya sedang online. Terima kasih. (FS)


56 Responses to "Burung Hantu Diberi Makan Tahu? Ngaco!"

  1. dok saya punya oriental bay,setiap dikasih jangkrik sllu di buang trs,itu knp ya dok ? trs solusinya gmn supaya mau makan? trima ksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu....

      dan coba kasih makanan lain, misalnya ulat hongkong. bagusnya sih kasih bayi tikus putih yang masih merah (pingkies)....

      kabari saya terus

      Delete
  2. kotorannya msh tergolong normal dok,
    trnyata mau makan,cuman ga langsung di telan,kaya yg di gigit2 dulu trs di lepas lg,aga lama dok proses di makannya,
    itu knp sampe kaya gt ya,apakah msh normal?
    emang boleh ya klo di kasih ulet hongkong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikasih makan ulat hongkong, asalkan jangan keseringan. istilahnya, buat camilan aja... :)

      normal kok kayak gitu. sama aja sih kayak anak-anak, kadang ada yang bosen sama makanannya, makanya dimaenin dulu... selama fesesnya normal, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  3. pagi dok mau nanya dok  .. kan saya baru pertama beli burhan dok  . udh karantina berjalan 2 hari dok knpa dia setiap mau kasih makan dia defens mulu dok dan mata melotot dan pertama juga dia klo di pegang elus" defens juga dok .. dan waktu dia selama karantina saya mau kasih makan dia tiba udh   kluar dri kardus dok dan itu di biarin apa di taro kardus lagi waktu itu saya taro lagi dok di kardus tertutup dan gelap dan masib kedngran suara berisik dok  .. dan stlh lwt karantina hari 1 saya kasih makan dia tetep defens dan mau kasih makan ketkutan dok waktu saya kaget tiba dia nyrang dan terbang dok .. tpi dia elus kepala nya mau dan merem tapi klo elus sayap nya malah melek ketakutan dok .. .minta solusi nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina itu bukan agar dia jinak atau gak defends lagi, mas. karantina cuma buat penyesuaian burung hantunya dengan tempat baru. kalau mau jinak ya harus dijinakkan dulu...

      sayangnya mas gak ngasih tau umur owlnya berapa. masih anakan atau sudah tua. tapi lanjutkan langkah2 penjinakkan. sekali lagi, karantina pada burung hantu itu bukan agar dia jinak...

      silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
  4. umur nya kurng tau dok celepuk tpi udh gk bulu kapas dok udh bisa terbang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karantina cukup dua atau 3 hari aja di ruangan yang tenang (jangan ada suara2 mengagetkan)....

      masih bisa jinak kok.... dulu saya aja dapet si errol pas dia usia tua... setahun lebih.. :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. jinakin lumayan susah dok .. skrng sih saya udh taro di perch dok tpi dia merem dok selama karantina dia sih gk merem dok itu solusi nya gmn dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mikir jinakinnya susah, nanti beneran susah loh jinakin dia. burung hantu bisa baca pikiran kita. kalau kita mikirnya jelek, ya dia akan seperti yang kita pikirkan....

      coba baca artikel saya hal yang salah dalam memelihara burung hantu...

      gak usah dipasangi equipt dulu kalau emang belum jinak karena bisa2 stress. saya aja dari awal pelihara si errol gak pernah dipakein equipt, biar dia lebih percaya sama kita. dengan begitu dia bisa lebih cepat jina....

      mending tempatkan si ucok di ruangan yang bebas suara2 mengagetkan....

      Delete
    2. kita harus sabar yah dok dalam latih burhan .. tapi klo gk pasangin equitment dia terbangan dok .. apalagi rmh saya klurga saya klo pelihara hewan pasti di pegang di dektin terus dom di panggil kluarga saya klo sama hwan suka dok di ajak ngmng terus dan manggil nya juga gk kira dok apa itu buat stress dok dan saya ada ruang kosong tapi terbuka dan banyak barang dan masih terdngar suara dok

      Delete
    3. yang penting gak ada suara2 yang mengagetkan. itu aja. kalau sekedar ada suara, boleh2 aja....
      justru bagus kalau owl mas banyak ketemu orang rumah. dia jadi kenal lingkungannya. cuma jauhkan dari asap rokok, itu aja. jaga pola makan dan jaga agar owlnya tetap hangat, mas. banyak banget owl yang sakit akhir2 ini karena perubahan cuaca...

      cek fesesnya. tahinya. coba samakan dengan artikel saya parameter kesehatan burung hantu,...

      Delete
    4. pasti nya dok jauh dari asep rokok dok. tpi skrng udh saya lepasin equiment dok dan saya taro kamar saya dok dan dia nangkring di atas kabel ngegantung .. tpi saya takut dia nanti kena kipas angin dokk .. dia udh ada" bisa klo saya taro di tangan saya saya tu njukin ke perch nya dia langsung terbang ke perch nha dok dan dia klo lgi laper saya taro jangkrik di lantai di dpn dia 10 or 5 cm dia terkam dok tpi klo lgi gk laper gk mau dok dan dia aku cara saya taro sih dia ke perch dan jangkrik di tngan saya dia gk mau terkam dok

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. dokter, tyto alba saya yang bernama boy baru saja meninggal padahal semalam dia masih aktif2nya tetapi seketika berubah dia terjatuh (seperti pingsan) terus bergetar kecurigaan saya adalah si boy di beri makan ikan pada sore hari oleh teman saya apakah itu benar dok si boy meninggal karena makan ikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boy umur berapa? :(
      bisa jadi emang karena makanan, tapi bisa jadi juga karena kena tetelo/NSD. coba baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu....

      Delete
  9. Maaf dok, cairan untuk membersihkan perch & angjesse owl yang bagus itu apa ya? Terus bagaimana caranya membersihkan ruangan yang sudah terkontaminasi oleh virus?

    ReplyDelete
  10. maaf dok, mau tanya klo umur buffy yg ideal untuk d latih kira2 dari umur brapa ya..makasih

    ReplyDelete
  11. Dok burung igo (barn owl brancher awal) feses nya selalu berubah warna dok kadang kuning ada gelembung kayak minyak nya kadang normal kadang warna coklt kemerahan kaya hati ayam apakah itu bisa digolong kan feses normal? Padahal makan rakus banget dok gak lesu juga apakah itu penyakit? Dan apa cara penanggulngan nya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mas kasih makan apa?
      nothing to worry, tapi coba mas kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus.

      coba infokan ke saya biasa dikasih makan apa. cuaca lagi gak bagus buat owl, jangan ditaruh di luar kalo cuaca lagi dingin atau kalau malam...

      Delete
  12. Saya biasa kasih doc tapi dipotong kecil atau ga doq di bagi 2 bagian. padahal dia seger dan lahap tapi warna fesses nya berubah2 aja. Super n itu beli dimana dok? Saya taruh di kamar dok say taruh di box hangat. Salam buat errol dan padma dok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. super n bisa dibeli di toko makanan burung. :)
      nothing to worried deh. tapi jaga kebersihan pakan aja. sama jangan sampe lupa makan dan jangan kedinginan....

      salam balik dari errol dan padma.. :)

      Delete
  13. Dok barn owl saya si igo kalau suara nya kaya anak aym citcitcit gt apakah diaa sudah bonding dan menganggap kita orang tuanya dok? Setiap denger suara saya langsung bunyi gitu dok. Maklum saya masih pemula makasih dok sebelum nya:) salam dari igo untuk erol dan padma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti dia udah kenal sama suara mas. lebih sering diajak ngobrol lagi, mas... :)

      kalo soal bonding, hmm, mungkin mas bisa baca artikel bedanya bonding dan jinak... :)

      Delete
  14. Selamat malam dok. Maaf sayaa mau nanya lagi hehe.
    1. Saya beli filet sapi di supermarket apakah itu boleh dikasih ke igo dok? (Barn owl brancher awal)
    2. trs saya beli super-n kok gambarnya burung ocehan ya dok bukan burung hantu?
    3. apakah sama aja untuk owl dan burung ocehan? 4.
    Dosis untuk barn owl brancher awal kaya igo berapa tetes ya dok?
    5. Cara pemakaian nya gmn?
    Thanks before dok salam dari igo untuk errol dan padma:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas. saya seneng bisa bantu jawab pertanyaan mas... :D
      1. boleh asalkan kalau filletnya terasa dingin, dibiarkan dulu di luar ruangan agar gak terasa dingin lagi.
      2 dan 3. gak apa2, super n emang buat burung ocehan, tapi boleh kok buat burung hantu
      4. dosis super n sebenernya mengacu ke berat badan burung hantunya, tapi kalau untuk barn owl, cukup satu atau dua tetes saja....
      5. silakan baca kemasan super n-nya... :D

      Delete
    2. malaem dok, tanya dok apakah boleh bufy makan kodok, soalnya gini kan bufy saya kadang d taruh d luar, nah kadang dia nangkap kodok sendiri, gak apa2 itu dok..makasih

      Delete
    3. kalau malam, mending pindahin ke dalam ruangan, mas. jangan ditaruh di luar. :)

      lebih baik jangan dibiarin kalo dia makan kodok. kita kan gak tahu itu kodok bersih atau nggak, hehehe. tapi kalo udah terlanjur ya gak apa2. coba aja cek fesesnya, tahinya.... cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu

      Delete
  15. permisi dok

    baru pertama beli barn owl sebelum nya pelihara celepuk
    umur jelasnya saya kurang tahu. saya beli masih hampir full bulu kapas, sebagian bulu jarum masih pendek bgt. brdiri pun banyak bersandar, atau ditopang pake lututnya. jarang bersuara desis, kadang bunyinya kayak kicau burung.

    sehari-hari dia merem terus, jarang buka mata, diberi pakan hidup hanya didiamkan, kadang kalau sudah jamnya makan (7-8,3-4 pagi) harus di sodorkan bahkan dipaksa diselipkan di paruhnya.

    apa itu normal dok ? sy agak panik, hari ke-4 owy masih banyak diam :(

    thx before dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih suka menciap-ciap gitu ya? bener?
      coba cek artikel parameter kesehatan burung hantu, cek parameter kesehatan burung hantu lainnya....

      sementara mas bisa kasih super-n setetes tiap hari. beli aja di toko makanan burung....

      saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. Wah dok pagi tadi, dia mati :(

      Minta saran aja buat kedepannya mengenai jam makan dok. Ada yg bilang 4 jam sekali di jam aktifnya (malem), ada yang pagi siang malem, barangkali dokter bisa kadih tau indikasi si burhan mulai laper

      Juga recognizing feses si burhan nya gimana sy masih agak buram setelah baca blog dokter, terutama untuk yang hitam merah coklat itu sy agak pusing

      Tpi ga akan nyerah buat cari partner barn owl,
      Mau minta saran umuran berapa bulan dok, seminim umur tpi ya daya tahan tubuh nya minimal bisa tahan sama cuaca skrg dok
      Maaf banyak brtanya dok, sy tidak mau jdi partner yang ngecewain lagi kedepannya, makasih :)

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru bala... :(
      dan saya ikut sedih denger kabarnya...

      untuk porsi dan jam makannya, sebenernya udah ada kok artikelnya di artikel porsi makan burung hantu. 4 jam sekali? nggak tuh....

      soal fesesnya, coba baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu. di sana udah ada keterangan: selama fesesnya ada 3 elemen (bening kayak air, putih kayak susu, dan kecoklatan/kehitaman) itu bisa dikatakan sehat... :)

      kedepannya mungkin pilih yang bulu kapas aja, sama kasih super-n sekali sehari, dan jangan kepanasan atau kedinginan... selebihnya bisa dibaca di blog ini... :D

      Delete
  16. dok mau nanya
    kalo hati sapi dijadikan makanan utama burung hantu apa nggak papa?
    hati sapi lebih murah dibanding dagingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hati sapi, hmm, sebenernya sih boleh2 aja, cuma kalo bisa jangan tiap hari. buat selingan aja. karena teksturnya agak kurang cocok buat pencernaan burung hantu...

      Delete
  17. Maaf dok tambah pertanyaan

    bagaimana kalo porsinya seperti ini dok

    dalam 1minggu

    senin-selasa daging sapi/tikus, rabu-jumat hati sapi, sabtu minggu lele

    kira2 kalo seperti itu menunya aman gak dok buat burung hantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mungkin hati sapinya 2 hari aja (senin selasa), daging sapi atau tikus atau emprit atau daging ayam boleh 3 hari (rabu, kamis, jumat), selebihnya lele... :)

      Delete
  18. dok idealnya daging ayam boleh diksh burhan perminggu brp kali?
    lalu kalo misal burhan mau saya tinggal 3hari kira2 ada makanan kering yang rekomended? maksudnya makanan yang nggak cepat busuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai saat ini emang belum ada makanan instan untuk burung hantu, mas. setidaknya belum ada di indonesia, kalau di england atau usa, udah ada.

      dan biasanya sih saya kalau mau pergi lama, saya nyuruh orang buat jaga dan kasih makan errol dan padma. gak susah carinya, karena keluarga saya rata2 emang pelihara BOP (burung pemburu), hehehe.

      saya sendiri gak berani meninggalkan errol dan padma tanpa pengawasan.

      daging ayam boleh dikasih seminggu sekali atau 2x. tapi kalo daging ayamnya fresh, maksudnya dikasih anak ayam yang masih hidup, boleh tiap hari.

      Delete
    2. lalu dok klo kayak barn owl Chick dan strix dikasih udang bole dok? dgn kombinasi yg kmrn 2hari hati sapi, 3hari daging sapi 2hari lele?

      yg 3 hari daging sapi ini diselangseling. jd 1x daging sapi. 1x udang 1x daging ayam?

      Delete
    3. sama nama makanan instan untuk owl apa yg dr usa/uk? mungkin jika cocok saya mau coba import

      Delete
    4. kalau udang, mending jangan mas.
      maaf baru balas. kabari saya lagi

      Delete
    5. kalo boleh tahiu kenapa ya dok?
      karena sekalian untuk pakan salvator-salvator saya...

      terkadang lele sedikit males filletnya

      Delete
    6. struktur daging udang gak cocok buat owl.
      dulu pernah kasih sama padma, terus seminggu sakit.

      kenapa masnya gak beli aja sate sapi mentah di abang2 sate? saya dulu gitu waktu masih kuliah, hihihi...

      Delete
    7. kalo dikasih daging kambing atau daging bebek boleh nggak dok

      Delete
  19. oh ya dok klo tulang lele diksh keburung hantu gpp ya?

    ReplyDelete
  20. dok, saya saat itu di tawari BarnOwl dg harga murah 200 rb.
    tapi saya kasihan pada burungnya, klo makan biasanya makan tahu (kata pemilik asli) , terus katanya sempet ga makan 2 hari. burungnya kelihat lesu namun tetap berusaha seperti seakan aktif.
    kira-kira burung seperti itu bertahan brapa lama?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makannya diubah pake daging segar atau bahkan dikasih pingkies (bayi tikus putih yang masih merah), mungkin masih bisa bertahan hidup. tapi kalo tetep dikasih tahu, saya gak bisa jamin berapa lama dia hidup...

      Delete
  21. dok burung hantu di beri kodok boleh gak untuk makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis burung hantunya apa, dan bersih atau nggaknya kodoknya....
      bersihin aja dulu kodoknya, cuci dulu... :)

      Delete
  22. burhan jenis celepuk dok boleh yak di beri kodok

    ReplyDelete
  23. selamat sore, saya baru saja dapat burhan. terbang nyangkut benang layangan dan jatuh. salah satu sayapnya mungkin patah. nah. yang jd pertanyaan saya, bagaimana cara nyembuhinnya. mengingat lokasi runah saya dekat dengan peraawahan. burhan sangat membantu untuk basmi tikus. jd saya cuma pngin nyembuhin saja. selama perawatan bagusnya dikasih makan apa ya? jujur kalau tikus agak risih pegangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih daging emprit atau anakan emprit hidup aja mas...
      untuk sayapnya, ada luka nggak? kalau ada, bebat aja pake perban.

      Delete
  24. Selamat pagi dok, bgini dok.
    1.Saya kan baru membeli burung hantu ya. Nmnya jojo. Begini sudah hampir 1minggu dirumah. Selama itu dia makan nya daging ayam terus tuh. Yg fresh contoh daging tanpa lemak yg seperti di mall jual itu. Hampir setiap hari ku kasih. Itu boleh tidak sih dok ?
    2. Lalu si jojo bulu nya msih blm jdi dibagian kepala nya masih ada bulu kapas bgitu makan dan minum masih saya suapin. Dia tinggal di kardus kadang tuh kardus saya bersihkan terus kadang kalau udh bau itu kaki burung hantu saya sikat jg. Jdi saya takut ada bakteri. Itu boleh gk sih dok sikat kakinya dok lalu cara kasih makan yg benar bgmn dok jika saya salah?
    3. Dan burung hantu saya suara nya keras dan pekik itu wajar dok?
    4. Dirumah saya suka bersuara itu gpp dok ? Karena tidak ada ruangan ksong.
    5. Dan kalau burung hantu nya saya lepas kadang saya jongkok dia mendekati saya senderan di antara paha saya. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  25. Hello Dokter. Mw nanya, owl bsa diberi makan buah gk? Low bsa uahlogin pa ja gy bsa? Kn kemarin saya ngasih buah pisang soalnya mkannnya habis dok. Gimana tu dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.