Perbedaan Celepuk Reban dan Celepuk Gunung | Drh. Fira Sovica

Celepuk gunung dengan celepuk reban memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Beberapa diantara poin

bedanya celepuk reban dan celepuk gunung

bisa terlihat secara fisik, beberapa lainnya tidak bisa dilihat secara fisik. Anda bisa membaca artikel saya mengenai cara memelihara celepuk di artikel cara merawat celepuk.


Perbedaan Celepuk Reban dan Celepuk Gunung
Image taken from ibc.lynxeds.com
  1. Bedanya celepuk reban dengan celepuk gunung yang bisa dilihat secara fisik antara lain terletak pada warna matanya. warna mata celepuk gunung lebih merah dibanding celepuk reban, agak kuning kemerahan. Sementara warna mata celepuk reban tidak sekuning itu.
  2. Selain warna matanya, perbedaan celepuk reban dan celepuk gunung adalah dari warna bulunya. Celepuk gunung memiliki warna bulu yang mendekati coklat atau mendekati kehitaman, tergantung habitatnya. Sementara celepuk reban lebih mendekati abu-abu.
Bedanya celepuk reban dan celepuk gunung yang tidak terlihat oleh mata adalah status konservasinya. Populasi celepuk reban masih terbilang aman. IUCN memberikan status konservasi LC (last concern) untuk jenis burung hantu celepuk reban. Sementara, status konservasi celepuk gunung adalah vulnerable (terancam).

Demikian adalah artikel singkat mengenai

bedanya celepuk gunung dan celepuk reban

. Semoga artikel singkat di atas bisa memberikan pemahaman lebih tentang perbedaan burung hantu. Terima kasih. (FS)


62 Responses to "Perbedaan Celepuk Reban dan Celepuk Gunung"

  1. Dok..aku mau tanya kira2 umur berapa celepuk sudah bisa melihat...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, burung hantu sudah bisa melihat sejak dia 'melek'.... CMIIW.,,,

      Delete
    2. Mau tanya lagi dok... untuk Jenis celepuk apakah perlu memberikan vaksin tetelo..semisal perlu kira2 ada merk yg bs direkomendasikan kah ke sy..

      dapet info untuk celepuk apabila di kasih makan jangkrik terus bakal terserang penyakit TTELO..

      terima kasih dok..Sukses terus...

      Delete
    3. yang bilang kalau kasih makan burung hantu terus maka bakal kena tetelo adalah salah karena penyebab tetelo adalah virus, namanya virus newcastle disease. mungkin nanti saya bikinkan artikel teori ngaco bahwa "jangkrik menyebabkan tetelo". silakan mas baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu...

      pemberian vaksin harus dilakukan oleh dokter hewan, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. :)

      Delete
    4. Ada yang bilang..dr Group sosmed pecinta OWL katanya seperti itu..

      Minimal seminggu sekali d kasih daging (mprit/tikus putih) untuk celepuk..

      Delete
    5. nah kalau minimal kasih bayi tikus putih seminggu sekali atau 2 minggu sekali, saya setuju. tapi kalau pendapat jangkrik menyebabkan tetelo, saya tidak setuju... :)

      Delete
    6. Semisal klo dari kecil sampe dewasa nanti sy kasih jangkrik terus..ada efek/dampak lainnya mungkin dok..?

      Delete
    7. selama jangkriknya bersih dan owlnya dipelihara dengan cara yang benar, akan baik2 aja kok... :)

      bagusnya minimal seminggu sekali atau 2 minggu sekali kasih pinkies...

      Delete
    8. Slmat pagi salam sejahtera dan sehat slalu dok.

      Saya mau nanya ini kira2 burhan saya umur brpa ya dok?
      Soalnya baru kmaren beli di pasar burung, apakah masih bisa dijinakkan atau tidak ya dok?

      Mhon di jwab ya dok :) Trimakasih...

      Delete
    9. sayangnya, gambarnya gak muncul mas. masukkan gambarnya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah copas linknya di komentar....

      Delete
  2. Terimakasih Dok..untuk respon dan jawabannya..

    sangat membantu..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Dok..untuk respon dan jawabannya..

    sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tunggu kabar selanjutnya. sehat selalu buat mas dan owlnya... :)

      Delete
  4. Dok mau nanya nih
    Wajar gak sih dok klo buffy tidurnya tengkurep?
    Kalo sepengetahuan saya dia sehat sehat aja dok, makan nya gak masalah, cerewet juga, gak keliatan murung sama sekali
    Dari (maaf) fesesnya juga sesuai sama yg aku liat disini yg tanda tanda burhan sehat
    Cuman masalahnya kalo tidur sering tengkurep, wajar gak dok?
    Fyi: masih brancher awal ke tengah,
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, selama dia sehat dan aktif, kayaknya gak ada masalah, mas. mungkin karena kebiasaan aja kayak gitu, meskipun sebenernya agak kurang enak juga ya diliatnya, hehehehe....

      kasih saya kabar lagi soal owlnya... salam dari padma dan errol.. :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. hehe
      gak masalah kok Dok
      cuman sering agak kuatir aja kalo kenapa kenapa, walaupun selalu tiap malem kalo tidur selalu tengkurep
      tapi Alhamdulillah sehat selalu

      cerewet banget dia waktu aku sampein salam dari errol dan padma :)
      salam balik dari niwa untuk errol dan padma :)
      sehat selalu

      Delete
    4. oh namanya niwa? :)
      errol ama padma lagi ngambek karena ujan mulu akhir2 ini... :)

      Delete
    5. iya dok
      cuacanya lagi gak baik, habis maghrib harus dimasukkin kamar, ya walaupun paginya banyak yg berserakan dilantai hehe
      kalo niwa lagi suka maenan air tiap pagi :)
      sehat selalu untuk errol dan padma, jangan ngambek :)

      Delete
  5. Dok tips supaya burung celepuk bersuara ketika malam hari gimana ? Karena pas awal beli sempat berbunyi. Tapi setelah sudah jinak dan fttf skrg jarang bunyi. Kondisi sejauh ini sehat dan lincah. Usia perkiraan 3 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terpenting adalah dia sehaat aja mas. kalau soal bersuara, sebenernya balik lagi ke karakter owlnya. meski di salahsatu artikel saya pernah menyebutkan bahwa owl yang sehat cenderung berisik, tapi itu tidak melulu terjadi. kadang ada owl yang sehat sempurna tapi dia gak sering bersuara samasekali, karena emang itu tergantung karakter owlnya... :)

      mas tahu kan parameter kesehatan owl apa? :)

      salahsatunya feses. :)

      Delete
    2. Dok nanya lagi ? Cr yg jual pinkies di sekitar depok dmn ya... Coz susah bgt. Ada yg bukan pinkies tikus putih kecil biasa aja. Sorry ganggu aktifitasnya

      Delete
    3. nggak apa2, mas.
      yang jual pingkies atau tikus putih banyak kok daerah depok. coba mas cari aja di grup facebook... :)

      Delete
  6. Dok kok burhan celepuk saya suka merem ya itu knp?

    Dok celepuk di kasih pinkies setiap hari 1x boleh gak ?

    Dok kalo ngasih minum nya pake cara jangkrik nya di celupkan ke air mineral bisa gak ? Celepuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? normal? nafsu makannya?
      kalau nafsu makannya masih bagus dan fesesnya juga masih normal, saya kira dia masih sehat. namun sebaiknya observasi aja dlu. kalau ada apa2 misalnya mendadak dia gak mau makan atau fesesnya berubah jadi mencret dan semacamnya, saya harapkan langsung bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas....

      selama ini dikasih makan apa?

      cek artikel saya cara mengetahuii kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      saya malah seneng kok bisa bantu2 masnya...

      Delete
    2. observasi aja dlu selama beberapa hari... saya sih yakin dia sehat, tapi yah siapa tahu? :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  7. Dok..
    mau tanya carA mengatasi kaki terkilir/patah pada celepuk..

    pulang kerja tau2 my owl terbaring lemas gk bersuara..yg biasanya klo d panggil namanya nyaut.. #gelisah banget dengan keadaan my Owl dok..

    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak tahu dia kenapa?
      soalnya banyak sebab. kalau kakinya mas tekan, apakah dia kesakitan? kalau kesakitan, bisa jadi karena jatuh/insiden. kalau dia gak kesakitan, kemungkinan kurang kalsium atau gejala tetelo....

      jenis owlnya apa?

      mending bawa ke dokter hewan aja mas....

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
  8. Sy baca beberapa artikel..dan berani menyimpulkan sepertinya kakinya patah,sebab :

    1.Jalannya pincang
    2.ada benjolan dipergelangan kaki diantara sendi2

    Kasihan jadi gak mood makan..tp,alhamdulillah setiap sy suapin (jangkrik) dengan cara d buka mulutnya, my Owl mau ngunyah untuk di telan..

    Kasih info/artikel mengenai cara membedakan patah tulang kaki/terkilir dok..klo bisa beserta tata cara penanganannya plus hal2 yg perlu di anjurkan apa saja

    Mohon Pencerahannya..
    Terima kasih Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas yakin emang kakinya patah atau mungkin ada fracture di tulangnya, agak susah juga sebenernya untuk merawat sendiri, mas. benjolan di kakinya seperti apa? dan letaknya diantara sendi2 dimana?

      apakah seperti bumblefoot? silakan baca artikel saya cara mengobati bumblefoot. apakah seperti itu? :)

      sementara ini cukup kasih makan aja dan jaga kebersihan. cuaca juga lagi gak bagus buat owl, jadi keep the owl warm... :)

      Delete
  9. Di sekitar bagian hock/heel pergelangan dekat sendi kaki dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya mending bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas.... takutnya kenapa2... :)

      Delete
  10. Dok mau tanya.. klo celepuk di kasih makan jangkrik terus kira2 pengaruh gak dengan kesehatannya..karena dr sy adopsi umur 2 minggu sampai umur 2 Bulanan belum pernah sy kasih makan selain jangkrik...?

    Gimana Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel cara memelihara burung hantu celepuk dan artikel makanan burung hantu ada kok keterangan mengenai makanan utama burung hantu celepuk. cek aja... :D

      Delete
  11. Iya dong saya paham parameter kesehatannya. Dr feses saya liat tdk ada mslh. Btw owl saya si sirkus udh 1 minggu ini lg moulting. Trus sempat saya mandikan dgn cr spray. Kok dia skrg batting dan agak susah fttf ya dok. Apakah pengaruhnya stress krn dimandikan saat moulting... thanks don

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bisa jadi karena mas mandikan saat moulting itu mas... :)

      Delete
  12. Maaf dok saya mau tanya, celepuk saya kok kelihatannya lemes gitu terus kepalanya miring ke kiri? Tapi saya amati fesesnya normal terus dok? Mohon analisa serta sarannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sedang sakit sekarang. sekarang keadaan owlnya gimana mas? cuaca emang lagi gak bagus buat owl. dia masih bisa berdiri? atau lumpuh? coba cek fesesnya dlu mas, baca dulu artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    2. Fesesnya normal terus dok (hitam & putih) dia masih bisa berdiri, alhamdulillah sekarang udah mendingan dok. Maaf dok di tempat saya tidak ada tulang ikan sotong, alternatif lainnya apa ya dok?

      Delete
    3. beli di toko makanan burung (yang biasa jual jangkrik hidup, mas). biasanya ada. atau di toko makanan ayam. biasanya ada... :) syukurlah kalau emang baikan. saya seneng dengernya... :)

      Delete
  13. Dok saya agak bingung dengan bahasa dokter yang bilang kalo mata celepuk reban tidak sekuning itu. Maksudnya disini sekuning kemerahan gitu apa sekunung emang? Kalo sekuning berarti celepuk reban yang warna matanya kemerahan dong? Sori dok, saya kepo hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      iya, maksudnya matanya kuning atau orange, pokoknya matanya beda dengan celepuk biasa... :D

      agak susah sih menjelaskannya kalau gak liat langsung owlnya, hihihi. mungkin mas bisa chatting sama saya nanti sore jam 4 sampe jam 7 malam... :) kirim gambarnya di sana...

      Delete
    2. Maaf dok baru liat ini malem hehehehehe. Iya dok pusing juga ya, kapan kapan kalo liat dokter online saya kirimin gambarnya deh. Ini, saya pernah liat celepuk di tivi itu matanya merah, sedangkan yang digambar warnanya kuning. Jadi celepuk gunung itu yang kuning atau merah warnanya dok?

      Delete
    3. yang kemerahan biasanya celepuk reban, mas... :)

      Delete
  14. Oh gituu? Oh iya dok, kok saya lihat dibeberapa website itu status konservatori keduanya masih last concern? Apa status konservatori hewan beda ditiap negara?

    ReplyDelete
  15. Ngilangin kutu pake kututox untuk barn owl gimana cara dan takaran yg pas dok ? . sebelumnya saya udah pake air rebusan sirih , tapi gamempan dok . btw padma sma errol masik ada ga dok, klo iyah gimana kabar mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas... :(
      udah ada di kemasannya kok mas... :)

      errol dan padma sehat, padma lagi sebel aja sama si errol karena kemaren dia gak pulang 2 harii.. :)

      Delete
  16. Dokter yang terhormat, saya mempunyai celepuk gunung dua ekor jumlahnya (Plis&Plus). Mereka sudah ganti bulu dan bisa terbang sepanjang 3 m. Saya memiliki dua pertanyaan:

    - Saya lihat bahwa mereka statusnya terancam, apa yang bisa saya bantu untuk membantu populasinya. Apakah saya harus mengkawinkan mereka? Kebetulan jantan dan betina.

    - Si Plis siang ini seperti tidak bisa terbang di tempatnya. Dia selalu duduk di bawah, tidak nafsu makan, dan kelihatannya murung. Feses dan urin-nya saya lihat juga baik-baik saja. Sudah saya kasih obat Oskadon 1/4 2 kali. Dan pada waktu maghrib saya lihat sudah mendingan, kalau dipanggil mau noleh tapi tetap tidak bisa terbang baik-baik. Saya tanya tetangga yang juga sekolah dokter hewan tidak apa apa, stress saja katanya. Apakah tindakan saya itu benar, dok?

    Terima kasih sebelumnya, saya mengharapkan sekali jawaban dan nasihat dari dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update: sudah mau makan namun kepalanya tetap di bawah dan terus diam di tempatnya.

      Delete
    2. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      1. setahu saya sih celepuk gunung tidak termasuk terancam, mas. bisa mas kirim gambarnya kemari?

      2. jangan kasih obat manusia buat burung.
      mas bisa kasih super-n, kasih setetes setiap hari... selebihnya silakan baca artikel saya cara agar burung hantu sehat

      Delete
  17. Dok saya mau tanya saya beli celepuk di pasar jatinegara itu karna saya langsung jatuh hati padahal gag ada niat tapi karna jatuh hati jadi sayang , saya kasih jangkrik gag mau tapi daging ayam fresh saya potong mau ,, ga masahkan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2,. aslkan yang masih fresh ya. :)
      kalau daging ayamnya dari feezer, rendem dulu pake air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi...

      Delete
  18. Dok saya mau nanya, celepuk saya umurnya 5 tahunan, kalau umur segitu masih bisa moulting dan tumbuh bulu nggak ya? Soalnya lumayan banyak bulu yg rontok. Lalu kelopak mata dia seperti lebih merah dari biasanya dan sering terpejam, saya mengira dia stress kalau dilihat dari warna fesesnya lebih dominan ke putih, nafsu makan menurun tapi masih mau makan, sekarang kalau siang dia saya taruh di ruangan yg cukup gelap. Ini gimana ya dok, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lima tahunan? wah, udah agak tua ya...

      kalo moulting/ganti bulu sih rutin mbak, cuma bulu yang berganti biasanya makin sedikit.

      coba mbak besok beli super-n di toko makanan burung, kasih ke celepuknya satu tetes setiap dua hari sekali..

      biasa kasih makan apa mbak? kabari terus...

      Delete
  19. Dok saya mau nanya, celepuk saya umurnya udh 5 tahunan, diumur segitu masih bisa moulting dan tumbuh bulu ngga ya? Soalnya lumayan banyak buku yg rontok dia jadi agak botak gitu :( lalu kelopak mata burung saya agak merah dari biasanya dan sering terpejam, saya mengira dia stress kalau dilihat dadi warna fesesnya yg lebih dominan ke putih, nafsu makan menurun tapi masih mau makan. Sekarang kalau siang dia saya taruh di ruangan yg cukup gelap. Ini gimana ya dok, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lima tahunan? wah, udah agak tua ya...

      kalo moulting/ganti bulu sih rutin mbak, cuma bulu yang berganti biasanya makin sedikit.

      coba mbak besok beli super-n di toko makanan burung, kasih ke celepuknya satu tetes setiap dua hari sekali..

      biasa kasih makan apa mbak? kabari terus...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.