Perubahan Perilaku Musang Setelah Pangkur | Drh. Fira Sovica

Musang berubah menjadi galak atau menjadi penakut setelah dipangkur

, hal tersebut bisa saja terjadi. Pangkur adalah istilah yang digunakan untuk proses menumpulkan taring musang. Dalam bahasa inggris, pangkur disebut teeth-trimmer. Saya pernah membuat artikel cara memangkur gigi musang.
Perubahan Perilaku Musang Setelah Pangkur
Image taken from myoops.org


  • Eits! Tunggu dulu. Meski berjudul cara memangkur gigi musang, namun saya samasekali tidak menyarankan gigi musang dipangkur! Tidak samasekali. Jangan terjebak dengan judul. Silakan baca dulu artikel cara potong gigi musang sebelum menjustifikasi.
  • Musang yang dipangkur giginya akan mengalami kesakitan yang amat sangat di rahang dan giginya. Kalau tidak percaya, coba anda potong gigi anda sendiri. Sakit? Ya, kira-kira seperti itulah sakitnya.
  • Karena kesakitan inilah musang yang dipotong giginya akan mengalami stress dan depresi setelah dipangkur. Terkadang, proses pangkur yang asal-asalan membuat musang traumatik berkepanjangan. Inilah yang membuat musang berubah perilakunya pasca dipangkur.
Sekali lagi, dengan amat sangat, jangan pernah memangkur musang. Jika tidak mau digigit, silakan baca artikel saya trik biar musang tidak gigit. Lagipula, musang bukan hewan peliharaan orang manja yang dikit-dikit ngeluh digigit musang di Facebook. Karena kasian juga musangnya bila sampai berubah perilaku musang setelah dipangkur. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

46 Responses to "Perubahan Perilaku Musang Setelah Pangkur"

  1. assalamu'alaikum dok. saya mau bertanya. saya punya musang pandan umur kisaran 4 bln. saya baru beli. sama owner pertama giginya di pangkur. dan kondisi nya sekarang ndak mau makan, tidur terus dan strike. bekas gigitanya itu bau dan gigi nya itu berlubang dan berwarna coklat serta gigi belakang taring nya itu berlubang bahkan ada yang lepas. cara mengobati dan penanganannya supaya mau makan dan sembuh dari sakit nya gimana dok? terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      nanti coba mas kasih makan berupa pepaya matang ke dia. potong2 kecil, taruh di mangkuk. kalau bisa, kasih sari kurma dikit....

      kasih juga ramuan kesehatan musang, ada kok artikelnya. :)

      Delete
  2. dok saya punya musang pandan umur 5 bulan jalan.
    dan kadang kadang gigit tapi tidak selalu terus terusan.
    ada yang menyarankan untuk dipangkur tapi saya takut kalau kalau terjadi apa2 pada si musang.
    menurut dokter bagaimana yang saya lakukan apakah aman dipangkur atau biarkan saja gigi nya seperti itu.
    mohon bimbingan nya dok karna saya masih bingung apa yang saya harus lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja. :)
      dan soal gigit, ya emang resikonya pelihara musang ya gitu. dan jangan dipangkur, kalian... :(

      Delete
  3. Dok saya punya musang umur 4bulanan baru beli 3hri kmarein.jinak jarang gigit,tp susah anteng nya dok.
    Mhon srannya dok.mksh

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok mau numpang nanya ciri" musang setres di lihat dari apanya ya? setelah musang di pangkur apakah dia bisa berubah karakternya? dari yang tadinya jitot jadi semi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. pangkur biasanya bikin musang yang tadinya jinak jadi galak. tapi biasanya gak permanen kalau emang musangnya udah beneran jinak atau udah jinak banget. lebih ke efek sakit di bagian giginya aja biasanya...

      kalau saya boleh saran sih mending jangan dipangkur...

      Delete
  6. Assalamualaikum dok, saya punya musang pandan umur 6 bulan, pas lepas adop dari pemilik lama gigi sudah di pangkur, apakah akan tumbuh lagi ? Terimakasih dok. Assalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih masih bisa, meski agak lama, mas... :)

      Delete
  7. Dok maaf ganggu mau minta solusi nih,kan musang saya umur 8 bulan dia itu kalo malem selalu aktif bahkan ingin keluar kandang terus sampe nyoba buka buka pintu kandang,tah keesokan harinya saya ngasih makan musang saya ternyata taring bawahnya udah gaada satu,gimana itu dok solusinya??apa bakal tumbuh lagi?tolong bales ya dok plis urgent nih saya khawatir takut gimana gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, normal kok. :)
      udah saya bahas di artikel GIGI MUSANG COPOT, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN...

      Delete
  8. Dok kenapa musang saya giginya warna kuning sama coklat gitu yaa ?? Kotor apa gimana ,terus cara membersihlan sama merawat nya tuh gimana.
    Saya bingung kenapa warnanya kaya kotor gt yaa. Tolong dijawab ya dok mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih bisa digosok gigi musang pake pasta gigi untuk anjing/kucing, tapi itu juga buat musang yang emang udah anteng/kalem. alias jinak. kalau belum jinak, gak apa2, biarin aja. :)
      fesesnya gak mencret kan? normal? nafsu makannya juga oke?

      Delete
  9. dok,saya mau nanya dong,saya kan baru dapet musang seminggu yg lalu hari ke 5 saya lihat ekornya botak itu knp yah?klo kata teman saya hairlos (kutuan) tapi setelah mandikan terlihat lagi dibagian kaki depan botak dan ada luka warna putih sperti nanah itu knp?saya mau obati takut dok karna masih galak,niatnya saya mau obati tapi sebelom saya obati pengen saya pangkur dulu giginya biar mengobati nyan lebih aman.
    satu lagi dok,klo sebelom pangkur saya kasih ketamine boleh gak dok biar musang nya gak merasakan sakit saat dipangkur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal ketamine itu udah saya balas kayaknya kemaren... :D
      coba cek...

      soal luka di kakinya, mas gak tahu itu kenapa? coba aja kasih betadine.

      kalau mau dimandikan, mandikan aja. gak kenapa2 kok. abis dimandikan, keringin pake handuk, kemudian jemur sampe kering (15 menit)...

      Delete
    2. gak tau knp luka nya dok,msih galak dok jadi saya belom brani ngasih betadine..
      apa saya harus pangkur gigi nya biar lebih mudah ngobati nya dok?

      Delete
    3. sementara ini biarin aja. dia gak suka gigit2 atau garuk2 kakinya kan?
      jangan dipangkur, mas. kasian. :(

      masnya baru kali ini pelihara musang?
      kenapa gak pilih musang anakan aja yang lebih jinak?

      sementara focus ke penjinakkan aja dulu, mas... :)

      Delete
    4. iya dok untuk saat ini udh gak garuk2 kaki sma gigit2 lagi,iya dok saya baru pertama melihara itu pun musangnya boleh dapet dihalaman rumah,saat saya mau tangkep dia gak lari/gerak apa mungkin karna sakit yg sda ditubuh nya

      Delete
  10. iya dok untuk saat ini sudah tidak garuk/gitit lagi,iya dok saya baru pertama pelihara soalnya itu musang boleh dapet di halaman rumah saat saya mau tangkap musang gak lari/gerak sma sekali,apa karna ada luka sehingga musang gak lari saat mau ditangkap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin iya, karena luka. di kakinya ada luka terbuka? berdarah?

      tapi jalannya normal kan?
      tanpa dipangkur, saya yakin dia bisa jinak mas. saya dulu punya musang bulan hasil tangkapan liar, umur setahun setengah. awalnya galak banget, tapi akhirnya bisa jinak...

      Delete
    2. jalan normal dok,sekarang udh kering lukanya..
      owh iya ciri2 musang yg masih galak sama yg mulai jinak apa yah dok?trus satu lagi dok muspan klo di kawini sma musbul bisa jdi gak yah?

      Delete
    3. soal kawin silang pada musang, udah ada artikelnya. KAWIN SILANG PADA MUSANG.

      ciri musang yang galak dan jinak ya gampang mas. yang masih galak, ya suka nyerang, suka berusaha kabur, dll. sementara yang udah jinak ya sebaliknya... :)

      Delete
  11. dok,baru kemaren saya nanya ciri musang masih galak sma mulai jinak kaya mana?eh tadi pagi tangan adik saya digigit lagi ngasih makan,apa saya harus pangkur aja dok biar gak membahayakan orang lain,masalahnya adik saya sering ngasih makan juga dok dan ngikutin cara saya ngasih makan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya balas, hehehe... :)
      maaf karena baru balas, mas.

      kalau emang mau pangkur, lakukan di dokter hewan, mas. jangan pangkur sendiri. kalo digigit, ya emang resikonya pelihara musang begitu....

      pengen musang yang gak gigit, sama aja kayak pengen ikan yang bisa hidup di darat, hehehehe...

      Delete
  12. Dok saya mau nanya nh kan saya baru beli muspan tdi sore nah kata owner pertama jitot tpi ko di saya mau gigit ya kaget²an cara ngatasin nya gmna ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejinak apapun musang, dia pasti akan tetap gigit kok.
      bisa jadi juga karena musang mas one-man. penjelasan mengenai musang one-man ada di artikel di blog ini...

      Delete
  13. dok, musang saya umur 8 bulan, gigi taring nya patah karena jatuh, apakah bisa tumbuh lagi dok?

    ReplyDelete
  14. Dok saya ada musang jinak, usianya kira" udah 5 bulan, tapi sangkin jinaknya gk pandai makan sendiri, masih terus minum susu plus sereal anak bayi trus disulangi pakai suntik'an gitu, gmana cara ngelatihnya ya dok biar mau makan sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah 5 bulan, mas bisa lakukan saran saya di artikel cara agar musang mau makan apa saja....

      Delete
  15. Dok ap musang bsa mnglami skit gigi?msg sya ggi na brlubang.gmna ya dok pnanganan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kemaren pertanyaan ini sudah saya balas, hehehe.
      bisa mas.
      kalau emang berlubang, mending bawa ke dokter hewan aja. biar dokter hewan kasih penghilang rasa sakit ke musangnya...

      Delete
  16. Dok kan musang aaya umur 5 bulab gigi nya di pabgkur sama inwer sebelumnya nah dok gimana cara numbugun gigi nya lagi sata kesian dok

    ReplyDelete
  17. Dok gimana cara menumbuhkan gigi musang yg di udag di pangkur. Umur musang sata 5 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja. nanti akan tumbuh sendiri. :)

      Delete
    2. Mikum dok mau nanya saya kan melihara musang bru 2 blan gmana y biar jinak...
      Kadang dia suka gigit saya sampai berdarah...
      Apa perlu saya potong gigi ny ke dokter

      Delete
    3. nggak usah. agak susah sih kalau dia gak gigit samasekali.
      karena sejinak apapun musang pasti gigit....

      kalau mas pengen musangnya gak gigit, mas bisa cek artikel cara agar musang tidak gigit

      Delete
  18. Dr.cara jinakin otter itu dikandang apa di taruh luar,kuku saya jebol gara garaga gigit katanya dokter caribyg umur 3 blnblebih mahhh giginya sdhsbesar gmn drd

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cari otter yang mudah dijinakkan ya otter anakan mas. jangan yang bayi banget, tapi yang anakan. umur dibawah 3 bulanan. 2 bulan oke.

      kalau yang diatas 3 bulan juga sebenernya masih bisa dijinakkan. tinggal kitanya aja sabar atau nggak...

      kalau umur dibawah 3 bulan emang mudah dijinakkan, tapi kesehatannya rapuh banget. gampang mati.

      Delete
  19. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  20. dokter, saya punya mungsang pandan, saya beli dari umurnya 2 bln, sekarang umurnya sdh 1th 6bln, dluny jinak banget, semnjak saya hamil, saya jarang maen sama musangny, dan sekarang musangny jd agresif dan galak,, sdh 2 kali saya digigit sampai lukany bolong bgt dan bernanah, kira2 ap boleh giginy saya kikir aj? atau saya masukan ke BKSDA aj dok? saya bingung bgt dok, dan sebenarny saya sayang bgt sama musangny.. gimna ya dok?? mohon solusiny dok....

    ReplyDelete
  21. Dok saya mau tanya dong, musang saya kaya batuk2 gitu, mirip kucing yg mau muntah, kira2 kenapa ya?? Kalau makan sih masih mau dia, fesses nya juga gak cair, msh padet, cuma takutnya kenapa2, soalnya dr owner lamanya giginya kena pangkur juga..
    Mohon sarannya dok, apa cuma lg flu aja dan dikasih minum madu/gula merah aja, atau hrs dibawa ke vet?? Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Dok musang yang di pangkur/copot apakah bisa tumbuh lagi dan berapa lama masa pertumbuhan nya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.