Melatih Burung Hantu Berburu Sendiri | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

melatih burung hantu cari makan sendiri

di alam bukan perkara gampang, khususnya burung hantu yang sudah nyaman dimanjakan oleh manusia. Burung hantu yang akan dilatih mencari makan sendiri di alam lalu kembali lagi ke perchnya harus sudah menjalani tahapan melatih burung hantu yang sudah saya tulis di artikel cara melatih burung hantu. Oh ya, artikel melatih burung hantu agar bisa berburu sendiri di luar kemudian balik lagi ke perch-nya ini terinspirasi oleh burung hantu barn owl milik saya, Errol, yang sudah bisa berburu mencari mangsa sendiri di alam. Saya pernah menuliskan mengenai si Errol di artikel cara menjinakkan burung hantu.


Melatih Burung Hantu Berburu Sendiri
Image taken from vineetpost.wordpress.com
  • Saya ulang sekali lagi bahwa burung hantu yang akan diajari mencari makan sendiri di alam wajib hukumnya sudah lancar dilatih dalam skill dasar burung hantu dan BOP. Jangan sesekali melatih burung hantu berburu sendiri di alam tanpa latihan skill dasar sebelumnya.
  • Syarat lain dalam melatih burung hantu agar bisa cari makan sendiri di alam adalah burung hantu dan ownernya sudah imprint secara kuat. Hal ini mutlak dibutuhkan agar burung hantu tidak escape (kabur) saat dilepas ke alam untuk cari makan sendiri. Anda bisa membaca artikel saya tentang imprint pada burung hantu.
  • Syarat lainnya untuk mengajarkan burung hantu agar bisa cari mangsa sendiri adalah dilatih mengenali mana mangsa yang sehat dan bebas racun dan mana yang tidak. Sebenarnya, syarat yang satu ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya imprint. Dengan imprint yang kuat, biasanya burung hantu akan lebih mudah memahami apa yang diinginkan ownernya. Untuk melatih burung hantu agar mengenai mangsa yang sehat dan bebas racun atau tidak, akan saya publish di artikel tersendiri. 
  • Syarat terakhir agar burung hantu bisa dilatih cari makan sendiri di alam adalah sabar. Ya. Kesabaran mutlak dibutuhkan agar burung hantu sukses dilatih untuk berburu sendiri di alam. Kadang, meski sudah bertahun-tahun dilatih, burung hantu tetap tidak bisa berburu sendiri di alam. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah burung hantu kabur. Burung hantu yang kabur kecil kemungkinan bisa balik lagi kecuali burung hantu tersebut sudah imprint ke pemiliknya.
Demikian adalah beberapa syarat

melatih burung hantu berburu sendiri

. Saya tekankan sekali lagi, jangan pernah melepaskan burung hantu ke alam untuk berburu sendiri kalau burung hantu anda belum memenuhi syarat di atas. Yah, kecuali jika anda memang berniat melepaskan burung hantu peliharaan anda ke alam, tentunya. Saran, komentar, dan kritik bisa anda sampaikan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

92 Responses to "Melatih Burung Hantu Berburu Sendiri"

  1. Apakah CG dari usia juve bisa jinak total dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan usia mature pun masih bisa jinak kalau mas tahu caranya... :)

      Delete
  2. 1. kira kira gimana dok, kalo pelihara eagle dan owl dalam 1 rumah? apa oel ga ganggu tidur malamnya eagle?

    2. dok, minta list daftar obat/vitamin BOP dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. akan saya coba jawab...
      1. gak kok, gak ganggu. kecuali kalau si owl iseng, kayak si errol ke elang peliharaan kakak saya (keluarga saya semuanya pecinta falcons, hanya saya saja yang fokus ke owlry). si errol suka godain burung bop kakak dan ayah saya kalau malem, hehehe.... kalau owlnya gak iseng sih aman2 aja....
      2. oh ya. kebetulan sudah saya tulis artikel mengenai vitamin untuk BOP. tinggal nunggu terbit. tunggu saja... :)

      Delete
    2. makasih replynya, di tunggu ya dok. kegiatan saya jadi rajin ke empang, biasanya ke loakan di merdeka. asik amat serumah falconry :D

      Delete
    3. yah asik gak asik mas.... berisik, apalagi kalo lagi ngumpul sekeluarga kalo lebaran... :D

      Delete
    4. ya asik nya bisa curhat soal burung,apalagi ada dokter nya, jadi pengen tetanggaan ama dokter hewan :D

      tadi pagi CSE saya ajak main ke lapangn sempat lompat dari ketinggian kurang 1 mtr ke tanah lunak, trus lompat2 dan kehilangan keseimbangan mungkin ngilu atau capek, akhirnya kaki nya kayak lemes ga bisa berdiri, setelahnya saya kasih makan, dan nafsu makannya cukup baik menghabiskan lele mentah segar 1 ekor besar, sampai 1 jam berikutnya masih tiduran aja. umur kurang dari 4 bulan, biasanya lompat jarak pendek tidak masalah. kl saya pijit2 paha kaki nya diam aja tidak ada reaksi kayak sakit

      kira kira masih aman ga, Dok?

      Delete
    5. sebelumnya emang sering dikasih ikan mas? fesesnya gimana?
      kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan saja agar penanganannya lebih tepat.....

      Delete
    6. feses normal seperti gambar itu, putih, bening dan hitam/coklat tua padat, tidak menyengat, udah biasa lele sejak kecil, sesekali daging sapi, baru sekali kemarin daging ayam, belum nemu yg jual ayam aman (saya kok ga yakin daging ayam yg ternak itu). selama ini cukup sehat, hanya saja kejadian tadi sempat jatuh (dia lompat tp ga terlalu tinggi)

      dokter hewan d bogor dimana yg di referensikan? dokter Fira apa buka praktek di bogor juga? saya nunggu besok pagi kondisi nya, tadi sore masih semangat kepakan sayapnya

      Delete
    7. oh ya. mas bisa search daftar alamat dokter hewan di blog ini... bisa telepon juga.. saya sampai akhir mei ada di luar kota mas. :)

      Delete
  3. Dok, saya baru membeli celepuk. ketika membeli menurut penjual blm bisa apa2.
    ketika di rumah saya beri jangkrik tapi malah saya yang diserang terus, lalu setelah saya diamkan semalam, subuh saya coba elus2 dan sepertinya dia nyaman.
    tapi setelah itu dia tiba2 langsung loncat2 dan terbang2 kecil, yang saya tanyakan kira2 itu usia brp bulan ya dok? apa sudah bisa di beri bayi tikus? lalu untuk mulai di latih butuh waktu sampai usia brp bulan dok? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya tidak lihat sendiri sepertinya rada susah mas. mas bisa ganti foto profil mas pake fotonya dia atau mas bisa cek artikel istilah dalam memelihara burung hantu... :)

      Delete
  4. ok sudah saya ganti dok, atau saya kirim lewat G+ kalau masih kurang detail dok.

    ReplyDelete
  5. waktu saya elus tiba2 ada sejenis kutu sepertinya warna kuning yang loncat dari burung ke tangan saya dok. itu cara menghilangkan kutu di burung bgmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur pastinya saya kurang tau. perkiraan saya sih gak lebih dari 5 bulan. 3 atau 4 bulan tepatnya, tapi gak lebih dari 5 bulan...

      kalau mas emang yakin itu kutu, mas bisa coba mandikan. memandikan burung hantu tidak bisa dilakukan sembarangan. cara memandikan burung hantu bisa mas baca di artikel cara memandikan burung hantu....

      Delete
    2. ok, terima kasih dok.
      di usia itu wajar kalau sudah loncat2 dan terbang2 kecil ya dok? apa sudah bisa di beri makan bayi tikus dok? lalu untuk mulai di latih butuh waktu sampai usia brp bulan dok?

      Delete
    3. dok, saya gak nemu artikel tentang cara memandikan burung di blog ini, mgkn dokter salah rekomendasi judul artikel.

      Delete
    4. oh sorry. ternyata belum jadwal release. :D
      caranya bisa dengan menyemprot burung hantu dengan spray air yang biasa digunakan untuk memandikan burung. semprot hingga agak basah, lalu lap hingga bulunya kering. ulangi 3 - 4 kali, lalu jemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi... :)

      Delete
  6. Oia dok, bisa buat satu artikel khusus tentang pengalaman dokter merawat errol dari awal sampai bisa berburu sendiri di luar? Saya penasaran dan kagum krna blm prnah ketemu pecinta bop khususnya owl yg bisa punya ikatan dan melatih owlnya sampai menganggap rumah pemiliknya sperti rmhnya sendiri.

    ReplyDelete
  7. Oia dok, bisa buat satu artikel khusus tentang pengalaman dokter merawat errol dari awal sampai bisa berburu sendiri di luar? Saya penasaran dan kagum krna blm prnah ketemu pecinta bop khususnya owl yg bisa punya ikatan dan melatih owlnya sampai menganggap rumah pemiliknya sperti rmhnya sendiri.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik lepaskan saja dulu angkletnya. yang penting owlnya sehat dan nurut dulu. jangan lupa latih juga mbak. kalau sudah terlatih dan ada koneksi antara mbak dengan owlnya, mbak bisa pasang angklettnya... :)
      oh ya, soal koneksi tadi, maksudnya keterikatan antara owl dan ownernya. selengkapnya bisa mbak baca di artikel imprint pada burung hantu, cara melatih burung hantu, dan cara melatih burung hantu.
      semoga membantu... :)

      Delete
  9. Dok...saya pmya bondol drumah...kutunya banyak , gmna ya caranya ilangin kutunya...pdhl tempatnya udh 3hr sekali saya cleaning...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang udah parah banget kutunya, mending bawa ke dokter hewan agar dapet penanganan yang tepat. mas juga bisa beli semprotan kutu khusus burung. kayak semacam obat spray khusus kutu gitu mas. bisa dibeli di toko peralatan hewan yang besar.... disemprotkan saat dijemur...

      Delete
  10. Dok pa kabar massih ingat saya dan owel ?
    Apa kabar padma and erol ?

    Dok owel celepukku Dah bisa ff jarak 6 meter ...tp klo tanpa jangkrik .ga mau datang dok ? Apa emang bgitu ?

    Owel kadang saya taruh Di r tamu tanpa ankle jesse ..knp y Dia masi suka bab sembarangan ?bgmm melatihnya dock ?

    Yg dimaksud sdh jinak batasannya apa ya dock ? Klo sdh bs ffkah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat, alhamdulillah. owel gimana?? :D
      wah itu bagus. kalau menurut saya sih, gak apa2 pakai jangkrik aja. tetep sesekali kasih bayi tikus putih, gak digunakan sebagai tidbits juga gak apa2. untuk tahu apa itu tidbits, silakan baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu....

      coba taruh lembaran koran di bawah perchnya. sesekali ngomong juga ke dia kalau mau pup, di koran aja. bilang aja kayak gitu, dia sebenernya ngerti kok. sering-sering aja ngomongnya... :)
      nanti saya buatkan artikel selengkapnya.... :)

      yang pasti, burung hantu bisa dikatakan jinak jika dia sudah tidak defends atau jarang defends dengan ownernya (meski masih suka gigit) dan tenang kalau dielus. :)

      Delete
    2. Terkmakasih dok sebelumnya ...klo ada artikel lbh enak ya dok ...maaf lama balesnya dok ...owel sih sudah .ga defend sama sekali tp dia itu suka .ga mau lama2 klo tengger Di tangan saya ...langsung terbang ke tmp lain ..tp klo saya dekati saya tangkep dia .ga melawan ..knp ya dok ? Pernah suatu hari dia terbang ke teralis atap rumah, .ga mau turun..didekatin pake tangga ..kabur menjauh trus walau akhirnya ketangkep juga ..fiuhhh ...gmn spy dia makin imprint ma saya ya dok ?

      Delete
    3. kedekatan emosi, itu yang harus dilakukan agar burung hantu kita bisa imprint, mas... :)
      kalau udah gak defens menurut saya sudah mulai ada kemajuan. pelan pelan aja, saya juga menjinakkan errol butuh waktu lama, hehehe. nikmati setiap prosesnya mas.... dah baca artikel saya imprint pada burung hantu? :)

      Delete
    4. Maap dok baru balas ...sudah baca dok .....Dok ...smp skrg owel masi suka bab dmn2..sy taruh owel Di ruang keluarga ...sofa ..meja ..tv ..sdh habis Di bab in ...anggota keluarga sy yg lain mulai protes ...suru pake kurungan ...katanya takut babnya bikin sumber penyakit krn terhirup nafas ...bgmn jalan keluarnya baiknnya y dok ?

      Delete
  11. Dok saya mau nanya, semisal BO dibiarkan lepas cari makan sendiri (sudah imprint tentunya) dan posisi saat itu kita tidak tahu jika ternyata BO dalam kondisi birahi, apakah ada jaminan BO itu tidak escape dalam kondisi tersebut? dan biasanya BO mulai birahi itu mulai usia apa ya? terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah bonding banget (hard bonding), biasanya meskipun birahi dia akan tetap balik. kalau masih soft bonding, kemungkinannya 50%. biasanya sih dia akan pergi untuk kawin saja (kalau di rumah tidak ada pasangannya). dan setelah awin dia akan balik....

      kecuali kalau dia punya pasangan di rumah. biasanya dia akan pulang...

      Delete
  12. Dok.Fira.. salam kenal..
    saya handle WBSE, baru datang 2 weeks,
    Juve AWAL (bawah masih bulu kapas).
    awal datang Jinak Total . Lalu krn Sy pergi keluar kota, jd saya titip sodara saya (dia juga pernah handle CHE dari Chick ). Lalu pas saya Ambil si Jack, dia Jadi Galak..
    * skrg. bertahap jinak lagi.



    Baru adopsi WBSE..

    PROBLEM :
    1. Manteling (kalo dikasih makan) .dia ngerasa 'rebutan makanan' sm saya.
    2. kadang Kalo lg kumat, defense banget. Dari gigit2 becanda - TIBA-TIBA marah/nyerang gak jelas.
    3. Insting liar hidup banget gannas betul liat daging Mentah Segar (hidup belom coba)
    4. Dipanggil BELOM mau. Kalo dipancing makanan, nyambernya Langsung ke Makanan-nya doang.
    5. Becandanya Lama2 Beneran !!!.. mulai dari gigit2 kecil.. tiba2 Marah nyerang.. !


    Skill
    - Pada dasarnya Jack tidak takut sama orang, dia kenal demgan Manusia ( tapi kadang Kumat OFFENSE, bukan deffense )
    - dideketin gak deffense ( kadang Kumat ) *tp dielus tenang lagi.
    - makan depan org. Mau


    GOAL
    - insting Buruan (Tetap) Hidup..
    - HARD BONDING & TIDAK akan menyerang kita !
    ( kadang suka Kumat Nyerang gak jelas dok )
    - Tdk. ngerasa rebutan makanan.
    - dipanggil mau ! (Dipanggil mau nyamperin, Tapi Bukan Menganggap Kita sebagai Pemberi Makanan. Karena biar dia tetap bisa Hunting saat di relase nanti )
    - tetap bisa Menangkap Makannya sendiri !

    tolong Penjelasaanya & step2 ala saja yg harus sy lakukan dahulu.

    Thx Dok..

    Chandra
    521FAA79

    ReplyDelete
  13. Nama Inggris : WBSE
    Nama Latin: Haliaeetus leucogaster,J.M.Gmelin, 1788.
    Nama PANGGILAN : " Jack !! "

    Phylum : Chordata
    Class : Aves
    Order : Falconiformes
    Family : Accipitridae
    Genus : Haliaeetus ( J.M.Gmelin, 1788)

    USIA : Juve AWAL (bagian bawah masih buku kapas)

    TAHAP : Baru naik "pearch"

    PAKAN Harian : Lele , puyuh , emprit. (dominan lele)

    FASES :
    color : primer putih , (+ sedikit : hijau gelap/coklat muda/ kehitaman.
    Viscosity : cair
    odor : tidak menyengat
    Daya sembur : 1 sampai 3 meter.

    SIFAT :
    - kenal dengan Manusia.
    - Kadang Tempramental & Offense !! (dari Becanda tiba2 marah beneran ) ; namun dielus perlahan jinak lagi.
    - Mantling.

    QUESTUONS ??? :
    - Gmn caranya biar gak Tempramental ??? (kadang lg dielus2 eh tiba2 marah nyerang ??? )
    - mantling (Suka merasa "rebutan" dengan saya / ketakutan makanannya saya ambil )

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen wbse milik paman saya. :D
      sifatnya sama kayak jack. emang sifat dasar wbse kayak gitu, mas.

      biar gak temprament? hmm, agak susah emang, tapi coba manning terus. mas gak sering ngobrol ama dia sambil liat matanya dia ya? wbse bisa agak anteng kalau sering2 diajak ngobrol sambil liat matanya dia. ngaruh, soalnya semua bop dasarnya bisa lihat kepribadian kita... :)

      coba bawa juga ke kamar mas kalau malem, taruh di kamar, biarkan dia liat mas tidur... ngaruh juga biar si jack anteng.. :)

      salam buat jack dari errol dan padma.. :)

      Delete
  14. dok saya mau beli burung hantu celepuk yang masih berumur 1 bulan dok trus klo umur segitu sudah bisa apa blum di kirim keluar kota dok soalnya perjalanan dari banjarmasin ke sampit itu sekitar 8 jam dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikirim via apa mas? bis?
      kalau dikirim pakai bus, usahakan taruh di dalam aja. jangan ditaruh di bagasi bus. lalu usahakan sebelum dibawa, kasih makan dlu.

      opsi lain, kalau ada yang jual dalam satu kota, mending pilih aja yang satu kota, mas. jangan dikirim2. kasian.

      di sampit gak ada jasa pengiriman hewan ya mas? :)

      Delete
  15. Nggak ada dok. Oke dok ntar pas saya kebanjarmasin liburan tahun baru ini aja belinya jadinya di jalan bisa saya jaga dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bagus. :)
      silakan baca2 dlu artikel mengenai burung hantu agar nanti pas pelihara, mas udah mahir dalam memelihara burung hantu. :)

      Delete
  16. Nggak ada dok. Oke dok ntar pas saya kebanjarmasin liburan tahun baru ini aja belinya jadinya di jalan bisa saya jaga dok.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca lagi. hafalin. minggu depan maju satu-satu ke depan kelas. :D

      Delete
  18. Dok mau nanya. Burhan saya susah makan nya, berkutu, pilek dan tidur angkat kaki 1 dok. Kasih solusinya Dong Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini namanya penyakit paket komplit pada burung hantu...

      fesesnya gimana? coba mas cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      Delete
  19. permisi ka mau nanya kalo artikel cara melatih burung hantunya agar tau mana yang beracun mana yang sehat dimana? sudah ada kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya udah ada, hanya masih pending buat publish karena saya masih sibuk... diusahakan minggu2 ini udah publish... :)

      Delete
  20. apa kabar dok....
    lagi2 ane mau konsultasi nich dok...
    celepuk ane usia brancher tengah, awalnya di taruh dikurungan mau makan sendiri,
    sekarang ane taruh di tankringan tapi malah ga mau makan sendiri, kalau disodorin makan pakai tangan juga sedikit banget makannya...
    kenapa ya dok...
    dan gimana solusinya...?
    mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikurungin lagi, dia mau makan lagi?
      kayaknya emang insting berburunya dah mulai tumpul. coba mas kasih bayi tikus dengan cara dikurungin bareng ama owlnya. nanti dia makan sendiri.

      opsi lain, bisa aja kasih bayi tikus di perch. taruh aja di bawah perchnya, lalu tinggalin. jangan diliatin.

      cara lain, biarin aja kalau makan tetep dikandangin (makan sendiri). tapi dengan cara ini instingnya akan makin tumpul.. :)

      Delete
  21. Iya dok...
    Dah dicoba dikurungin lg jg ga mau makan sdr...
    Sekarang lebih parah dok, kalau mau dikasih makan mesti dipegang dulu, pas dipegang dia berontak dan mau gigit makanan (jangkrik) yg disodorin...
    Kalau ga kaya gitu ga makan dok kasihan...
    Boleh tanya dok, kalau karantina fi dalam kardus dan dikasih jangkrik didalamnya kira 2 bisa ga dok...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina di dalam kardus bisa, tapi tetep kalau mau dikasih makan tetep harus disuapi. harus seperti itu....

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  22. Masih blm mau makan dok...
    Kalau makan masih harus di pegang dulu, sampai dia spt berontak trus mau gigit jari, saat itulah ane sodorin jangkrik, jadi dia gigit jangkrik, baru ditelen mau makan...
    Ane sampai bingung dok harus bagaimana...
    Kalau ga digituin kasihan ga makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya. warna fesesnya gimana. owl yang sehat biasanya warna fesesnya terdiri dari 3 elemen: bening spt air, putih seperti susu, dan kehitaman/kecoklatan....

      tebakan saya sih stress...

      kalau disodorin jangkriknya ke arah mulutnya?? gimana? mau? :)

      Delete
    2. fesesnya masih normal sperti yg dokter sebutkan...
      kalau di sodorin jangkrik ke mulutnya ga mau makan dok...
      makanya kadang ane paksa dengan cara ane tangkap/dipegang, saat dia berontak dan mau menggigit ane sodorin jangkrik, dari situlah dia mau makan jangkrik di telen...
      kalau ga dipaksa begitu ga makan dok...

      Delete
    3. hmm, gimana kalau sesekali kasih bayi tikus yang masih merah (pingkies)? 2 minggu sekali aja... :)

      agar insting berburunya tajam lagi...

      cara kasihnya, taruh aja bayi tikusnya di deket owlnya, terus tinggalin. jangan diliatin. :)

      kabari saya terus...

      Delete
  23. Dok kira2 gimana caranya melatih BO berburu sendiri tetapi tidak sampai berburu/mencari makan didalam rumah walet,kebetulan belakang rumah saya terdapat rumah walet. apalagi konon katanya kalau burhan sampai masuk dlm rumah walet dan buang kotoran didalam maka walet yang didalam bisa kabur semua :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, insting wallet emang gitu. kalau ada burung predator yang masuk ke sarangnya, mereka bisa kabur.

      hmm, meski saya yakin bisa, tapi emang dibutuhkan kesabaran dan tinggal imprint yang tinggi biar si owl ngerti apa yang dimau masternya. soalnya si errol juga gitu, mas. dia udah saya larang masuk ruang tamu, tapi tetep aja bandel. sekarang sih agak berkurang, dia mulai ngerti kalau saya larang, tapi emang butuh kerja keras buat mencapai ini... :)

      Delete
  24. terima kasih jawabanya dok.. cuman BO saya kyknya terlalu jinak kalo sama orang,terakhir karena kaget dia kabur dan besoknya dengan santainya bertengger dipagar rumah orang. sampai seminggu baru ketemu,itu pun udah 2 kali ganti orang dan tau2 kakinya pincang :(

    ReplyDelete
  25. Dok,saya ada bbrp hal yg perlu saya sharing sama dokter krn kelihatanya jalan buntu nih dok :(

    Burhan saya sudah jinak sama saya,dia biasa tinggal di dalam ruang tamu ( perch nya juga ada di ruang tamu ) sudah bbrp hari ini saya lepas ikatan kaki nya dan coba saya lepas di halaman rumah dan dia selalu terbang masuk rumah dan hinggap dicperch nya lagi.yg jadi masalah skrg,istri saya sedang hamil dok dan kata orang jgn bunuh binatang selama hamil,nanti kualat.sementara burhan saya tiap hari makan tikus putih yg hidup.gimana jalan keluarnya ya dok?saya juga buatkan rumah untuk burhan saya,rencananya mau saya pindah ke teras rumah perch nya dan kalau malam dia bisa masuk rumahnya tp dia ndak mau masuk rmhnya,malah stress krn perch nya tidak ada di dalam ruang tamu lg.mohon di balas dok..terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan itu yang bunuh hewannya si burung hantunya, mas. bukan masnya atau istrinya mas. setau saya sih mitosnya gitu, kalo bukan kita yang bunuh gak apa2... :)

      lagian, itu kan cuma mitos aja mas. saya waktu hamil kemaren aman2 aja kasih makan si errol.. :)

      Delete
    2. Gitu ya dok.. Coba saya kasih pengertian sama ortu saya dulu.hehehe.. Makasih bnyk ya dok atas sarannya.o iya,gimana ya cara latihnya spy burhan mau cari makan sendiri?dan ga bergantung sama kita.thank you dok.ini ada salam dari si oi oi ( nama burhan saya ) hehehe

      Delete
    3. coba kasih makan pakan hidup, kayak bayi tikus putih. dan jangan diliatin, taro aja bayi tikus di deketnya, terus tinggal... jangan diliatin... :)

      fesesnya gimana mas? :)

      Delete
    4. Sudah dok kl seperti itu dia sudah bisa,mau terbang ke tangan saya untuk ambil tikus putih krlbh jarak 10 meter.mksd saya dia bisa terbang cari makan sendiri di tmpt lain seperti burhannya dokter Fira.krn gini dok,saya terpaksa hrs lepaskan oi oi ke alam bebas krn istri takut kualat nih.sementara saya kepikiran kl dia ga bisa mkn di alam bebas.saya sbtlnya sayang sama burhan saya.. Saya takut kl di lepaskan nanti ga bisa mkn atau di tangkap sama orang yg ga bertanggung jawab.malah mati nanti si oi oi.mksd saya kl dia bisa cari mkn sendiri di luar lalu kl pulang ya ke rumah saya.tp kl ga bisa ya hrs saya lepas ke alam bebas spy bisa cari mkn sendiri.kl umpama saya lepas di kebun binatang gimana ya dok mnrt dokter?atau kasih saran dok,saya bener bener galau mikirin nasib oi oi.makasih bnyk ya dok atas sarannya.. GBU

      Delete
    5. kalau emang mas mau melepaskan oi ke alam bebas, mending cari tempat yang emang banyak makanannya. mas tinggal di daerah mana? gak ada hutan, ladang, atau kebun yang lumayan luas di daerah situ?

      jujur saya juga dulu pernah ada di keadaan mas sekarang. dulu si errol pernah dibuang, suami saya takut kehamilan saya kenapa2. dibawa si errol ke kaki gunung pangrango, emang hobi naik gunung dia, terus dia lepas errol di sana. 2 hari kemudian, errol udah balik lagi ke rumah... :D

      opsi lain, mungkin mas bisa jual si oi? jual aja di grup jual beli burung hantu di facebook, cari owner yang emang ngerti ngurusnya, diutamakan yang udah punya burung hantu....

      Delete
    6. Saya tinggal di surabaya dok,nggak ada ladang atau perkebunan di sini.waduh si erol bisa balik rumah ya,hebat lho bisa tau jalan pulang,pdhl kan jauh itu.kalau di jual,saya kasian dok krn belum tentu ownernya mau rawat oi oi dgn baik krn biayanya untuk pelihaa burhan tidak sedikit dok belum lagi kl di ikat terus2an ya kasian,sementara di rumah saya sudah semi semi bebas krn lbh sering di lepas sabuk kaki nya.seumpama di lepas di bonbin gimana ya dok?kan ga ada yg berani ambil binatang di dalam bonbin kan?jadi dia bisa terbang bebas tnp di ambil orang.bukan saya kasihkan ke bonbin untuk di rawat,tp biar dia bebas di daerah bonbin di sby.mnrt dokter fira gimana ya?

      Delete
    7. oh ya. bener juga sih gak ada hutan atau kebun di surabaya. saya juga dulu di sana.

      hmm, kalau dilepaskan saja di daerah deket bonbin, agak riskan juga mas. bisa sih, tapi do at your own risk. :D

      kalau dilepas di sekitar rumah? riskan gak?

      Delete
  26. Syarat lainnya untuk mengajarkan burung hantu agar bisa cari mangsa sendiri adalah dilatih mengenali mana mangsa yang sehat dan bebas racun dan mana yang tidak. Sebenarnya, syarat yang satu ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya imprint. Dengan imprint yang kuat, biasanya burung hantu akan lebih mudah memahami apa yang diinginkan ownernya.

    **Untuk melatih burung hantu agar mengenai mangsa yang sehat dan bebas racun atau tidak, akan saya publish di artikel tersendiri**

    Nah point saya kasih * belum di bikin artikel ya dok.. Biar lebih jelas pengunjungnyaa..klo aku sih jelass hehehe . Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, emang belum saya publish sih artikelnya. makasih banyak atas koreksinya mas. mungkin nanti saya riset aja sekalian, biar lebih tajam lagi maksudnya... :D

      Delete
    2. Akhirnyaa maksud juga dokter hehe
      Nah mksdku iitu dok..
      Ok sayaa tunggu dok artikelnya 😁😁

      Delete
    3. masih saya riset, hihihi. agak sibuk juga buat persiapan ke india minggu depan, tapi bisa disambil. :D

      kabar owlnya gimana, mas?

      Delete
    4. Ya gpp dok,namanya jg pkerjaan hehee
      Smngat dok, bwat ngsih ilmu ke semua org hehe
      ,,
      Kaarnya lmyan bagus, dopi lgi mabung dok..skillnya kok kurang yah? Pdhal udah ff
      Apa krna mabung,stres,lupa ingatan sdkit ya dok?? Tp klo ak lg tdur suka gigit haluss jari n tangan... Kdang2 gigit rambut
      Gmna ya dokk???

      Delete
    5. itu biasanya emang moodnya aja lagi kurang bagus, mas. sama aja kayak cewek lagi pms, hihihi. lagi kesakitan, makanya moodnya jadi jelek... :)

      Delete
    6. Haha gitu yah dok.. Kasihan di pegang njerit2 teruss
      Bagusnya diapain ya dok?
      Di taro perch kasih makan, atau di dalem kerdus ajah??
      Baru nanganin bop mabung😂
      Atau di latih kmbli dri fOf smpe ff?
      Pdhall dulu udh anteng di tangan, skrg trbang2 ga mau ke tangan lagii

      Delete
    7. biarin aja dulu sampe mabungnya selesai. mas bisa kasih super-n setetes tiap hari biar daya tahan tubuhnya bagus. kasih makan rutin. :)
      jangan dilatih dulu, jangan dipegang2 dulu. biarin aja di perch/kandangnya... :)

      Delete
    8. Oohh kira2 brpa hari dok? Msa mabungnya??
      Klo ga di ksih super n gpp kan dok?
      Okehh dok,siap !
      ..
      ..
      Oya dok? Gmna artikell tentang yg nglatih Bopbiar berburu di alam untuk memilih makanan yg sehat atau tidaknya?? Hehe

      Delete
    9. udah mulai riset sih, cuma belum full. parameter risetnya belum sempurna, masih banyak kerjaan juga di kantor. jadi masih diselang seling, hiks.... :(

      iya, kasih super-n boleh kok. makannya gimana? :)

      Delete
    10. Oohh iya syukur dok hehe
      Ya gpp lahh . Smngat dok buat brbagi ilmu hehe juga untuk krjaan

      Okeh dokk.. Lahap bnget hehe
      Smpe aku mau tidur di ikutin smpe kasurr haha

      Delete
  27. Dok saya ingin beli Burhan Celepuk Nah waktu beli Nya pas sudah besar Apakah itu gampang dijinakkan? Kalau burung hantu yg masih bullu kapas itu Bisa terbang" an pendek &suka melompat"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk pemula, mending pilih yang anakan/bulu kapas. leboih mudah dijinakkan dibandingkan burung hantu yang dewasa.

      dan coba baca2 dulu artikel mengenai burung hantu di blog ini...

      Delete
  28. Dok, saya mau minta penjelasannya sedikit nih,
    Tahun lalu saya beli burhan Buffy Fish Owl. Dia udah dewasa dok, yah sepertinya usia 1 - 2 tahun lah,. Namanya Blue ( terinspirasi dari Jurassic World). Dia udah bisa cari makan sendiri. Pernah waktu malam dia nangkap tikus curut di rumah ��.
    Nah tapi waktu malam kalo dia belum dikasih makan ikan sampe kenyang pasti dia bunyi terus dok, tau kan kayamana suara buffy fish kalo teriak itu kaya mana, suaranya berisik betul hehe. Itu memang udah jadi kebiasaan burungnya atau kalo kelaparan dia teriak begitu dok?
    Kalo jenis burhan yang lain apa juga sama suka teriak teriak kalo kelaparan dok?

    Sorry kalo kepanjangan curhatnya dok, hehe.

    ReplyDelete
  29. Ka , gimana caranya biar Burhan pup ditempat yg kita sediakan. (Tidak sembarangan)

    ReplyDelete
  30. malam dok kalau feses burung hantu warnanya hitam semua itu normal ndak ya? terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang baik sih. nggak mas kasih minum ya?
      kasih minum air mineral. caranya, ada di artikel cara memberi minum burung hantu

      Delete
  31. maaf dok mau tanya, apakah artikel di atas juga berlaku untuk alap2 kawah? makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mbak. meski agak lama, tapi ayah saya punya alap-alap yang bisa berburu sendiri di alam... :)

      Delete
  32. Misi dok mau nanya , gimana caranya biar celepuk saya bisa makan sendiri , jadi makanannya di taro gtu , soalnya walaupun liat jangkrik di depan mata dia gak respond buat di makan , tapi kalo di hands feed dia respond banget , rakus lah gtu , mohon penjelasannya yah dok , makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makanan yang ada aroma darahnya. misalnya, daging puyuh mentah yang udah dipotong2 kecil2. taro aja deket dia, terus tinggal.. :)

      5 menit sekali cek...

      tapi di sekitar kandangnya dikasih kapur semut dulu. biar gak disemutin dagingnya...

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
  33. Misi dok mau nanya , gimana caranya biar celepuk saya bisa makan sendiri , jadi makanannya di taro gtu , soalnya walaupun liat jangkrik di depan mata dia gak respond buat di makan , tapi kalo di hands feed dia respond banget , rakus lah gtu , mohon penjelasannya yah dok , makasih

    ReplyDelete
  34. Dok apakah barn owl bisa dilatih untuk makan voer?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.