Musang Bermata Hijau Susah Jinak, Benarkah? | Drh. Fira Sovica

"Dok, benarkah musang yang matanya hijau susah jinak?" Demikian pertanyaan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Artikel kali ini sekaligus mengupas jawaban apakah benar

musang yang matanya hijau itu susah jinak

. Oh ya, bagi anda yang ingin memelihara musang rase, anda bisa membaca artikel saya cara memelihara rase. Bagi anda yang ingin tahu jenis musang apa yang paling gampang dipelihara, anda bisa membaca jenis musang yang pas untuk pemula.
Musang Bermata Hijau Susah Jinak, Benarkah?
Image taken from blog.nus.edu.sg
Kembali lagi ke topik kita, yaitu apakah benar musang bermata hijau susah jinak.
  • Warna hijau pada mata musang disebabkan oleh faktor genetik. Warna hijau pada mata musang ini disebabkan oleh adanya lapisan bernama tapetum lucidum yang membuat musang (dan hewan nocturnal lain) dapat melihat di tempat gelap. Tapetum lucidum sendiri lebih terlihat pada malam hari, saat retina musang meluas sehingga fungsi tapedum lucidum lebih maksimal pada malam hari.
  • Nah, tapetum lucidum sendiri terdiri dari zat besi dan riboflavin, keduanya bertindak sebagai reflektor. Rata-rata, tapetum lucidum pada musang mengandung zat besi. Dan semakin banyak kandungan zat besi dalam tapedum lucidum di mata musang, maka mata musang akan semakin terlihat menyala hijau. Semakin sedikit zat besi dalam tapedum lucidum, maka mata musang akan semakin terlihat kuning. Jika tidak ada zat besi samasekali dalam tapedum lucidum, maka mata musang berwarna merah.
  • Banyak atau sedikitnya zat besi dalam tapedum lucidum di mata musang murni dipengaruhi oleh faktor genetik. Karakter dan sifat musang sendiri dipengaruhi oleh sifat dan karakter musang yang unik, yang tidak ada hubungannya dengan keberadaan warna pada mata musang ini. Seperti yang saya katakan di artikel cara memelihara musang pandan, musang adalah hewan unik yang memiliki karakter unik masing-masing. Ada musang yang memang gampang berbaur dengan manusia, ada yang cenderung defensif, ada yang suka becanda, dan karakter lainnya.
Namun yang pasti, sebuas apapun musang, musang tersebut pasti bisa dijinakkan.
Banyak artikel di blog ini yang berkaitan dengan trik menjinakkan musang. Anda bisa memanfaatkan menu cari artikel untuk mencari cara menjinakkan musang yang tepat bagi musang anda. Pendapat yang mengatakan

musang bermata hijau susah jinak

adalah pendapat yang salah karena warna hijau pada mata musang itu murni karena faktor genetik, dan tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan karakter seekor musang itu sendiri. Terima kasih. (FS)

8 Responses to "Musang Bermata Hijau Susah Jinak, Benarkah?"

  1. Dok saya ingin bertanya
    apa musang umur 1thun up normal bila menggigiti telapak kaki nya terkadang sampai memerah dan terlihat kulit ari nya normal kah atau ada penyebab lain nya
    Trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat normal. musang memang dasarnya hewan buas, jadi sangat normal kalau dia gigit, baik cuma gigit becanda maupun gigit serius. kebanyakan sih becanda mas. dan beda loh gigitan yang artinya "ini bisa dimakan gak ya?" atau gigitan yang artinya "aku isengin ah ownerku.. gigit dikit..." sama gigitan yang artinya: "orang ini bikin aku kesel!!!" :)

      Delete
    2. Dok saya mau nanya ..
      Musang saya mata nya suka berubah-ubah,kadang warna nya HIJAU,BIRU & COKLAT...
      itu kenapa ya dok?

      Delete
  2. Emang iya ya dok susah jinaknya?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Bu klo musang bulu nya rontok gimna ya apa klo saya kasih telur rebus 2 setiap hari ga papa

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikasih telur rebus, tapi mending jangan tiap hari mas. 3 hari sekali aja.

      kalo bulu musang rontok, mas bisa kasih minyak kemiri. dioles ke bulunya. cek artikel saya, cara memberikan minyak kemiri ke musang

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.