Rahasia Menjinakkan Musang Dengan Cepat | Drh. Fira Sovica

Cara menjinakkan musang

memang sudah pernah dibahas dalam artikel cara menjinakkan musang. Namun kali ini, saya akan membagikan rahasia menjinakkan musang agar cepat jinak. Memang, sebagian dari cara menjinakkan musang dengan cepat berikut masih berada di area abu-abu atau belum jelas keabsahannya dalam menjinakkan musang karena beberapa hal dalam menjinakkan musang berikut masih berupa mitos atau kepercayaan masing-masing.
Rahasia Menjinakkan Musang Dengan Cepat
Image taken from facebook.com
Meski demikian, saya memiliki bukti sendiri atas beberapa teori dan cara menjinakkan musang agar cepat jinak berikut.
Dan inilah beberapa tips cara menjinakkan musang dengan cepat:
  1. Buatlah musang anda imprint dengan anda.
  2. Hal pertama agar musang bisa jinak dengan cepat adalah membuat musang imprint dengan anda. Imprint adalah suatu istilah dimana aura musang sudah terkoneksi atau terhubung dengan aura pemiliknya (ownernya). Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai imprint pada musang dengan membaca artikel imprint pada musang.
  3. Secara teori, musang punya kemampuan bisa membaca perasaan manusia sama seperti kuda bisa membaca perasaan penunggangnya hanya dari sentuhan tangan.
  4. Dan seperti halnya hewan nocturnal (hewan yang aktif di malam hari) lainnya, musang bisa membaca pikiran manusia hanya lewat tatapan mata. Maka dari itu, penting untuk tidak merasa takut terhadap musang yang akan dijinakkan, sebuas apapun musang itu. Jangan pernah merasa takut, dan jangan menyembunyikan rasa takut apapun karena musang pasti tahu, dan karena rasa takut itulah musang menjadi susah jinak karena dia tahu anda takut.
  5. Interaksi, interaksi, dan interaksi.
  6. Hal ketiga yang harus dilakukan agar musang bisa jinak dengan cepat adalah dengan sering-sering berinteraksi. Lakukan terus interaksi dengan musang dengan sering mengajaknya bermain, memberi makan dengan tangan (handsfeed), dan menempatkan kandangnya di keramaian agar ia terbiasa dengan manusia. Semakin sering anda melakukan hal tersebut, makan musang akan semakin cepat jinak.
Dan sebenarnya,

cara menjinakkan musang

diatas akan semakin efektif jika anda satukan dengan artikel cara menjinakkan musang. Dengan demikian, musang akan semakin gampang jinak dalam waktu singkat. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Thank you all. (FS)

35 Responses to "Rahasia Menjinakkan Musang Dengan Cepat"

  1. mohon info apakah ada tempat penitipan musang untuk beberapa hari,daerah jakarta utara.thanks

    ReplyDelete
  2. Dokter, byasanya pling lama brpa lama dok untuk proses penjinakanya..,
    Aku udah sering d gigit mpe kmren jari2ku kaku untuk d gerakkan..,

    Truss klw mw mandiin tiap brpa hari..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter musangnya biasanya mas. kalau musang yang easy going (maksudnya gampang mengenal manusia dan tidak terlalu antipati terhadap manusia), biasanya sekitar 2 hingga 3 bulan dengan latihan dan penjinakkan rutin. rata2 sih biasanya sekitar 4 hingga 6 bulan baru bisa jinak.

      kembali lagi ke keyakinan kita sebenernya. kalau kita yakin musang kita bisa jinak, pasti bisa. musang bisa baca pikiran kita, semua hewan juga gitu. kalau kita ragu2, dia pasti tahu, dan akhirnya malah susah buat menjinakkannya... yakin aja pasti bisa... :)

      Delete
    2. Berarti aku sedang beruntung ya dok.., ini 1minggu musang hasil nemu yang masuk rumah (udah pernah aku ceritain) skrang udah semi jinak..!! Dy udah gk galak lagi ma aku..,
      Apa mungkin krena sering terkena animal magnetism y..?? (ilmu hipnotis yg dtujukan pada hewan dengan menggunakan aura dan chakra) pdhal prtama kali galak bngett..!! Bru dketin aja udah siap nyerang itu musang, tapi skali diliat lgsung tunduk truss diem aj.., cuma klw ma orang lain dy msih galak bngettt

      Delete
    3. soal animal magnetism itu ada hubungannya ama istilah imprint. silakan mas baca artikel saya imprint pada musang. :)

      Delete
    4. Dok minta kontakny laaahh dok.., emailnya atau apa gtu.. klw d blog gini gk bsa kasih lampiran poto koq.., :D krena aku onlinenya pke hp

      Delete
    5. saya lebih sering online via blog ini mas. kalau mau kirim gambar, bisa dipost di facebook (set jadi public).

      Delete
    6. Aku tak tau akun fanspage Drh d Facebook.., jadi ini aku tambahkn teman akun google dokter aj..,

      Delete
  3. Dok maap melenceng,
    Kalo jinakin musang yg suka jumpy2 gimana yah? Dia ga di kandang ga freeroom jumpy2 terus dok?



    Makasih sebelumnnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya cara agar musang anteng

      Delete
  4. Sore dok , mau nanya nih , bgusnya musang yg berumur 1 smpai 2 bln bgusnya di ksh susu apa . Merk apa ? Mksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. gak bagus buat saluran cernanya. mending kasih sari kurma campur air... :)

      Delete
  5. Dok maaf ya saya mengganggu malam ini saya dapat musang liar
    Cara mengetahui umur musang liyar gimana yah dok? Trus umur berapa aja yah yang masih bisa di jinakan 😊
    Maksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      kalau untuk musang liar, mungkin cuma bisa dikira2 aja umurnya. kalau mau beneran yang agak pasti, bisa diliat dari jumlah giginya. itupun butuh bantuan dari dokter hewan.... bisa kirimin saya gambarnya? upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini....

      kabari lagi dan maaf karena baru balas...

      Delete
  6. Maaf, dok mau tanya, saya baru beli musang pandan umur kurang lebih 3 bulan. Dia masih semi dan kalau di elus-elus di tempat tidurnya (saya kasih baskom dan kain didalam nya buat dia tidur) dia tidak menggigit. Tapi kalau dia keluar dari tempat tidurnya, saya elus dia coba gigit-gigit terus. Itu kenapa ya dok ??

    Dia sudah mau saya handsfeed pisang beberapa hari ini, hari pertama dan kedua belum mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      masnya merokok? kalau gak merokok, coba taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin. biar bau tubuh mas bisa kecium sama musangnya.

      lakukan langkah2 penjinakkan musang secara terus menerus. dan kalo musang umur segitu emang masih seneng2nya main dan gigit2an kok. jadi wajar... :)

      fesesnya gak mencret kan?

      Delete
    2. Iya Dok, sudah saya kasih baju saya dari pertama beli, ada yang bilang buat musang nya ingat bau saya

      Feses nya normal, tidak mencret

      Lalu kalau memnadikan hanya disiram air saja, tanpa shampoo, lalu dihanduki dan dijemur tidak apa dok?

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      bagusnya sih pake shampoo mas. sama aja kayak manusia, kulit musang mengeluarkan semacam minyak agar gak kering. nah di minyak ini kadang menempel debu dan kotoran2 lain. kalo gak pake shampoo kan susah untuk menghilangkan minyak yang sudah kotor ini di kulitnya..... dan itulah alasan kenapa kita pake sabun kalo mandi, hehehe... :)

      Delete
  7. Doksaya mau nanyak ,musang saya umur 1 setengah bulan cocoknya di kasih makan apaan ,dan boleh di kasih susu sgm 0 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. pokoknya jangan.
      kasih bubur bayi promina aja mas...

      Delete
  8. Maaf dok mau tanya bagaiman mahu jinak kan musang yang agresif

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya, cara menjinakkan musang.

      Delete
  9. Saya punya musang usia 5 Bulan dok waktu saya mau ngeluarin dia ingin kabur dan agresif banget dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya namanya makhluk hidup, mas... :)
      tapi coba aja mas baca artikel saya: cara agar musang anteng

      Delete
  10. Dok saya mau nanya saya baru adob musang awal nya dia cuma diam dan tiduran aja kok malam nya dia jadi galak gtu dan mondar mandir di kandang ntah knpa saya gak ngerti itu cara mengatasinya gmna ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu.
      kalo siang anteng, kalo malem pecicilan. wajar kok.

      terus gimana caranya biar musangnya anteng baik siang maupun malam? silakan baca artikel CARA AGAR MUSANG ANTENG.

      Delete
  11. dok mau tanya musang saya sebelumnya jinak tapi akhir2 ini jadi suka mengigit tapi bukan gigitan ancaman sih hanya kalau diangkat saja dok dan kadang ketika kita elus mencoba mengigit dok habis itu dia jilat2 dok yang bekas saya elus2 terutama bagian perutnya juka disentuh langsung gigit
    terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara?
      baru?
      kalau mas adopt dalam keadaan dia udah jinak, dan mas baru pelihara dia beberapa bulan saja, emang suka gitu sih...

      kalau emang dia suka nyerang pas disentuh perutnya, ya jangan mas pegang. :D

      Delete
  12. Dok saya mau bertanya saya mempunyai musang umur 2 bln masih semi jinak dan tadi pagi lepas kemungkinan musang saya bisa kembali ke kandangnya gak ya dok, terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Dok saya mau bertanya saya mempunyai musang umur 2 bln masih semi jinak dan tadi pagi lepas kemungkinan musang saya bisa kembali ke kandangnya gak ya dok, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecil sih kemungkinannya, tapi bukan berarti gak mungkin. banyak kasus musang bisa balik lagi ke tuannya. yang saya takutkan dia ditangkep sama orang. itu aja. :)

      Delete
  14. Dok saya kan baru beli muspan betina umur -+ 3,5 bln yg udah semi jinak,sama ownernya yg dulu katanya makan pisang sehari 3-4 kali terus muspannya juga mau dihandsfeed,pas saya beli nafsu makan musangnya jadi menurun sama kalo dihandfeed kadang mau kadang enggak dan cuma sedikit saja makannya kalo dihandfeed terus daripada dia gak mau makan saya kasih potongan pisang tiap malem dikandangnya kalo susu selalu mau muspannya dok,,jadi gimana biar nafsu makan musangnya naik lagi sama mau dihandfeed ya dok??

    ReplyDelete
  15. Mau nanya dok..
    Jadi 3 hari yg lalu saya adopsi musang karakter galak umur 4 bulan dari owner yang udah g kuat karakternya..ntah apa sebabnya.akhirnya saya adopsi musangnya.
    Sampai di rumah,saya karantina untuk ngilangin stressnya karena perjalanan jauh.
    Hari pertama musang mendesis,menggeram dan strike mulu tiap saya tengok dan kasih makan.hari kedua sama saja,malam harinya saya tengok musang lagi tidur,saya gangguin..saya kasih kepalan tangan ga strike,akhirnya saya elus,musang cuman kaget tapi tidur lagi.Kemudian saya angkat musang juga cuma kaget.di pindahin ke sofa jalan2 sebentar lalu saya elus tidur lagi tanpa kaget.
    Dari situ saya ngerasa musang ini ko aneh,saya pikir sakit.
    Pagi hari ketiga saya liat kandangnya,musang aktif,ga ada gejala sakit..saya elus mau.Ko jadi jinak mendadak ya dok?apa karakternya normal seperti itu?tp ke keponakan saya masih galak.padahal kita rawatnya barengan.
    Soalnya pertama kali ini saya rawat musang.
    Mohon penjelasannya..tks

    ReplyDelete
  16. Dok kemaren musang saya tiba2 mau gigit suami saya ( org yg g pernah megang dia), trus mau saya lerai dia malah marah gigit saya trus saya lari dia ngejar. Trus skrg saya jadi takut mau ngeluarin trus mandiin dia. Itu kira2 dia knapa ya dok?

    ReplyDelete
  17. Pdhal selama ini kalo ada org lain dia biasa aja , kcuali klo k suami saya kyak dendam gt. Trus sekarang dia balik biasa aja tak kasih makan pakai tangan lg tp saya takut buat ngeluarin dr kandang

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.