Penyakit Aids Pada Kucing | Drh. Fira Sovica

Ya, anda tidak salah baca. Penyakit Aids memang tidak hanya diidap oleh manusia, kucing juga bisa mengidap Aids. Penyakit aids pada kucing sama halnya pada manusia, yaitu menghancurkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri dan virus bisa leluasa masuk ke dalam tubuh. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara kucing persia.



Penyakit Aids Pada Kucing
  1. Penyakit aids pada kucing disebabkan oleh virus Feline Immunodeficiency Virus (FIV) yang melumpuhkan kekebalan tubuh kucing.
  2. Cara penularan aids pada kucing biasanya menular lewat luka gigitan kucing yang terkena aids, masuknya cairan tubuh kucing yang terkena aids ke dalam tubuh kucing yang sehat dengan cara apapun, dan dari induk kucing yang menderita aids yang menularkan aids ke bayi kucing yang dikandungnya.
  3. Sama seperti penyakit aids pada manusia, belum ada obat atau vaksin yang bisa mengobati Aids pada kucing. Hal yang bisa dilakukan pemilik kucing yang terkena aids adalah memberikan pakan dan kebersihan yang paripurna ke kucing yang menderita aids. Dengan begitu, daya tahan tubuh kucing bisa terjaga. Kucing penderita aids juga sebaiknya dikarantina di suatu ruangan khusus dengan fasilitas dan kondisi yang memadai untuk kucing sehingga kucing terhindar dari stress dan terus merasa nyaman.
  4. Gejala serta ciri penyakit aids pada kucing baru akan terlihat beberapa tahun setelah kucing terinfeksi virus FIV, ditandai dengan sistem imun tubuh kucing yang terus menerus turun dan kucing sering sekali sakit. Lebih lanjut tentang ciri aids pada kucing akan saya tulis di artikel tersendiri.
  5. Kucing yang mengidap penyakit aids biasanya akan hidup maksimal hingga 6 hingga 7 tahun setelah virus FIV menginfeksi tubuhnya.
  6. Berikan suplemen dan rutin berkonsultasi ke dokter hewan terdekat agar kucing yang terkena aids terhindar dari infeksi sekunder dan mencegah penyebaran penyakit.
Demikian adalah ulasan singkat mengenai penyakit aids pada kucing. Semoga artikel singkat ini bisa membuat kita, terutama anda para pecinta kucing, waspada terhadap virus Feline Immunodeficiency Virus. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Penyakit Aids Pada Kucing"

  1. Dok kucing saya lemas selama dua hari dan tidak mau makan minum sama sekali,tidak berak dan buang air kecil dan mengeluarkan air liur yang warna coklat dan baunya menyengat kenapa itu Dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.