Alasan Kenapa Musang Tidur Sehabis Makan | Drh. Fira Sovica

Salahsatu pengunjung blog ini bertanya kepada saya:

dok, kenapa ya musang saya kok kalo habis makan langsung tidur?

Artikel ini akan coba menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara musang anakan. Anda juga bisa membaca artikel saya, suplemen agar musang sehat terus.



Alasan Kenapa Musang Tidur Sehabis Makan
Image taken from instagram.com
Ada beberapa alasan kenapa musang tidur setelah makan, yaitu:
  • Musang adalah hewan nocturnal (aktif di malam hari). Pada siang hari, biasanya musang hanya bangun untuk makan atau malas-malasan di kandangnya. Jadi sangat wajar jika musang hanya bangun untuk makan di siang hari, lalu lanjut tidur lagi. Kebiasaan ini lebih sering terjadi pada musang anakan.
  • Kemungkinan kedua yang membuat musang langsung tidur habis makan adalah sakit. Namun ini bisa dikatakan jarang terjadi, karena biasanya musang yang sedang sakit tidak mau makan samasekali. Musang yang sakit juga biasanya memiliki bentuk feses yang berbeda dibandingkan musang sehat. Musang sehat memiliki bentuk feses/tahi yang padat atau semi padat (seperti krim), sementara musang yang sakit biasanya memiliki feses yang mencret dan berbau lebih busuk daripada musang yang sehat.
Itulah

dua penyebab kenapa musang suka tidur habis makan

. Semoga artikel singkat ini bisa membuat pengetahuan anda dalam memelihara musang lebih luas lagi. Jangan lupa share artikel ini di facebook, google+, twitter, dan sosmed lainnya ya. Terima kasih (FS)

20 Responses to "Alasan Kenapa Musang Tidur Sehabis Makan"

  1. Kalo cara mengatasi musang sakit gmana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sakitnya apa... :D
      lebih dijelaskan lagi.

      Delete
  2. Dok kenapa akhir2 ini musang saya aneh ya kelakuannya, seperti menggaruk2 hidung dan kadang menempelkan hidungnya dilantai.. mohon pencerahannya
    Ini contoh fesesnya dok

    https://postimg.org/image/5u4qy8fft/

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa? mas kasih makan pisang?
      dari fesesnya sih lumayan bagus.

      lubang hidungnya keliatan basah banget (ingusan)? :)

      kalau nggak, kayaknya normal2 aja. mungkin pastikan ruangannya gak banyak debu, sama seminggu sekali jemur. tapi jangan sembarangan. cek artikel saya CARA MENJEMUR MUSANG...

      Delete
    2. Terimakasih sebelumnya dok, sudah menjawab pertanyaan saya.. umurnya sekitar 3 bulan, hidungnya berlendir dan kadang suka bersin2..

      Delete
    3. kalau emang suka ingusan, kayaknya sih pilek, mas. coba kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.

      Jaga kebersihan kandang.

      seminggu sekali jemur. tapi jangan sembarangan. karena kalo salah jemur, bisa katarak nanti matanya. cek artikel saya CARA MENJEMUR MUSANG

      Delete
  3. Dok si moci (musang) kok masih ga mau ya di elus" sama saya, kalo saya elus" dia menghindar gitu, deket Sama saya kalo mau makan aja, kira" kenapa ya dok, dia udah 3mingguan sama saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa sering mas ajak main dia?
      masnya merokok? kalau nggak, taro aja kaos bekas pakai mas di kandang. biar dia kenal bau tubuh masnya... :)

      dan lebih sering lagi diajak main. gak usah lama2, cukup 10 menit aja. yang penting lakukan setiap hari. iya, setiap hari. :)

      Delete
  4. Sering dok, hampir 3minggu ini selain kerja saya habiskan waktu dengan moci,udah di kasih baju tapi tetap aja dia pilih sama kucing, kalo ga di deketin bunyi" gelisah ga mau anteng,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah coba naro kaos bekas pakai di kandangnya dia?
      coba aja taro di kandangnya dia. biar dia kenal bau tubuh masnya...

      terus kalo makan, coba handsfeed (disuapin).

      kalau soal berapa lama dia jinak, menurut saya moci udah termasuk jinak. cuma emang belum bonding. kalo udah jinak, tinggal tahap bondingnya aja... caranya seperti yang saya jelaskan di atas: handsfeed dan taro kaos bekas pakai di kandang... :)

      nah berapa lama di bonding? beda2 sih. tergantung karakter musangnya. tapi kalo musangnya masih anakan, dia masih gampang bonding kok...

      Delete
  5. Biasa berapa lama dia bisa jinak? Masih sering kabur kalo lihat saya dan ga mau di pegang

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. permisi dok numpang tnya , saya punya musang, skrg sudah memasuki usia 5 bln an gitu, saya punya sedikit masalh pd musang saya dok , musang saya ini aneh, dia jarang tidur di kandang pada saat pagi - sore, dia lebih suka di bebaskan dan tidur di tempat yg lembab atau gelap, yg jadi permasalahnya dia cuman makan 1 hari sekali saya takut dia jadi kurus, gmana yaa solusinya agar dia tetap di kandang dan asumsi makanannya terjaga dok agar tetap gemuk dan sehat ??
    oh yaa satu lgi dok, kondisi kotoranya itu hitam dok ?
    mohon di jwb yaa dok
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...

      selama fesesnya gak mencret dan nggak terlalu bau (baunya masih normal dan gak terlalu busuk), saya kira dia masih sehat. kalau mas mau dia gemuk, coba mas baca artikel saya CARA MENGGEMUKKAN MUSANG....

      emangnya mas kasih makan dia berapa kali sehari dan kasih makannya gimana?

      Delete
  8. Dok saya punya musang umur 3 bulan. Dia cuma mau minum susu makanpun dia jarang, dikasih multivitamin justru dia gamau minum, tolong solusinya dok kepikiran sempet liat dia lemas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas baru pelihara dia?
      jangan dikasih susu. bahaya buat sistem cernanya. coba mas kasih bubur bayi promina aja... dibuat agak kental...

      taro aja di kandangnya, jangan diliatin...

      Delete
  9. Dok saya punya baby muspan usia 1,5 bulan dia kalo habis makan suka jalan2 sebentar terus tidur, kalo malem juga sama kaya gitu bercanda jalan2 terus tidur, kira2 kalo kaya gitu dia sakit apa ga dok

    ReplyDelete
  10. Selamat siang dokter saya mau tanya nih saya punya musang umur 2bulanan,saya dah rawat musang ini sejak umur 2minggu yang buat saya bingung mulai dari lehernya sampai perutnya tidak berbulu/botak, bisa tumbuh ga dokter bulunya.
    Oh ya dok sampe sekarang belum mau makan sendiri gmn caranya biar bisa makan sendiri
    Terimakasih banyak dokter infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja tari makanannya di kandangnya, buat agak kental. jangan terklalu encer banget.

      untuk bulunya, nanti akan tumbuh sendiri.

      Delete
  11. Maaf saya mau tanya dok saya baru beli musang baby kira2 umurnya 2 bulanan .tapi musangnya mau tiduran terus.solusinya bagaimana ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.