Cara Mengobati Prairie Dog Sakit | Drh. Fira Sovica

Mempelajari

cara mengobati prairie dog yang sakit

dan penanganan prairie dog yang sakit sebaiknya wajib dilakukan bagi anda yang memang ingin memelihara prairie dog. Artikel berikut akan membahas apa saja tanda prairie dog yang sakit, bagaimana mengobati prairie dog yang sedang sakit, serta penanganan apa yang harus dilakukan pada prairie dog yang sakit.
Cara Mengobati Prairie Dog Sakit
Image taken from itwixie.com



  • Seperti halnya cara mengetahui kesehatan hewan lain, cara mengetahui apakah prairie dog sehat atau sakit adalah dari bentuk fesesnya (kotorannya). Prairie dog yang sehat biasanya memiliki feses yang padat, berbentuk mirip feses kucing, dengan warna kehitaman. Prairie dog yang sakit biasanya memiliki feses yang semi padat atau cair, serta berbau lebih busuk daripada feses prairie dog yang sehat.
  • Prairie dog yang sakit juga biasanya tidak banyak bergerak. Hal ini sangat berbeda dengan perilaku prairie dog yang sehat, yang biasanya aktif bergerak dan bermain.
  • Prairie dog sakit juga kerap melakukan perilaku yang tidak semestinya (misalnya: mengeluarkan cairan/ingus dari lubang hidungnya, suka menggaruk-garuk hidungnya, dan lain lain). Dalam beberapa kasus, perilaku aneh prairie dog ini juga tidak berpengaruh kepada bentuk fesesnya, namun lebih kepada nafsu makannya. Contohnya, prairie dog yang pilek. Dalam kasus yang pernah saya tangani, prairie dog pilek biasanya tidak memiliki perubahan pada bentuk fesesnya, namun lebih kepada perilaku dan nafsu makan yang menurun.
  • Ciri lain prairie dog yang sedang sakit adalah nafsu makan yang menurun secara drastis. Namun sebenarnya, nafsu makan prairie dog sendiri cenderung turun naik. Tidak menutup kemungkinan prairie dog yang sehat pun memiliki nafsu makan yang sedikit. Jika nafsu makan prairie dog anda menurun namun dia tetap aktif dan fesesnya tidak berubah, saya yakin prairie dog peliharaan anda tetap sehat.
  • Nah, untuk mengobati prairie dog yang sakit, sebenarnya saya sendiri lebih menyarankan agar prairie dog tersebut dibawa ke dokter hewan terdekat. Dokter hewan yang sudah berpengalaman merawat dan mengobati anjing dan kucing biasanya tahu apa yang harus dilakukan pada prairie dog meski ia tidak pernah melihar prairie dog sebelumnya.
  • Jika tidak ada ciri fisik seperti ingus atau kotoran di mata dan semacamnya, saya sendiri lebih sering menggunakan feses prairie dog sebagai acuan untuk mengetahui apa penyakit pada prairie dog tersebut.
  • Untuk merawat prairie dog yang sakit, saya akan menyarankan untuk memberikan makanan prairie dog yang mudah dicerna atau diblender terlebih dahulu. Saya menyarankan anda untuk memberikan oats atau rumput hay yang diblender. Berikan makanan tersebut 2 atau 3 kali sehari.
Demikian adalah

cara merawat prairie dog yang sakit

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda semua, terutama para pemilik binatang prairie dog. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Mengobati Prairie Dog Sakit"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.