Cara Agar Porosus Peliharaan Tetap Sehat | Drh. Fira Sovica

Langsung saja: kestabilan suhu, kebersihan air, dan ketersediaan pakan adalah

hal terpenting dalam memelihara buaya muara

atau porosus, baik memelihara porosus yang sudah dewasa maupun buaya muara yang masih anakan (baby porosus). Artikel mengenai apa makanan baby porosus pernah saya bahas di artikel jadwal pemberian makan porosus.


Cara Agar Porosus Peliharaan Tetap Sehat
Image taken from kaskus.co.id
Iya, 3 poin yang saya tulis di awal artikel ini adalah kunci keberhasilan memelihara porosus.
  • Kestabilan suhu, jelas, bahwa porosus adalah hewan berdarah dingin. Saya pernah membahas mengenai hewan berdarah panas dan berdarah dingin di artikel cara menjaga agar ular peliharaan tetap sehat. Untuk itu, sebaiknya anda menempatkan akuarium tempat memelihara porosus di dalam ruangan.
  • Selanjutnya, kebersihan air. Sebagai hewan yang menghabiskan banyak waktunya di air, kebersihan air jelas hal yang penting agar bakteri dan penyakit akibat kotornya air tidak berkembang dan menyebabkan porosus anda sakit. Umumnya, porosus yang masih baby lebih rentan terkena penyakit akibat air pemeliharaannya yang kotor dibanding buaya muara yang sudah dewasa.
  • Ketersediaan pakan adalah hal terakhir untuk menjaga kesehatan porosus peliharaan anda. Pemberian makanan yang teratur akan membuat daya tahan tubuh porosus tetap kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

cara agar porosus tetep sehat

. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara porosus. Terima kasih. (FS)

13 Responses to "Cara Agar Porosus Peliharaan Tetap Sehat"

  1. Dok. baby Porosus saya kalo Pop keluarnya Cairan berwarna Putih. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      makannya gimana mas? masih mau makan?

      kayaknya sih makanannya ada bahan kimianya. mas yakin makanannya gak ada formalin?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Dok gmana caranya mengobati poro yg jamuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa cara.
      pertama, pake antiseptik dettol (yang cairannya kayak teh). dettolnya ditetesin ke kapas, porosusnya diangkat, terus diusapkan ke badan porosusnya. diamkan selama 5 atau 10 menit, kemudian siram dengan air yang mengalir.
      kedua, pake obat yang namanya Acrivlafin Plus.
      ketiga, bisa pake garam ikan. larutkan garam ikan di air akuariumnya, terus naikkan sedikit suhu di air akuariumnya.... :)

      nanti mungkin saya tulis juga artikel lengkapnya, mas... :)

      Delete
  4. Dok cara supaya nafsu makan porosus bagus dan tidak malu malu bagaimana ya dok?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      fesesnya gimana? panjang dan putih?

      mending cek dulu kualitas airnya... dan coba kasih ikan kecil atau potongan/cacahan daging emprit...

      Delete
  5. dok si cody (porosus) saya ga mau makan knapa ya dia masih baby panjang 40cm an , badannya kurus ksian takut mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mas cek? mungkin airnya?
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      banyak sebab sih. tapi coba mas kasih air jahe. tapi baca dulu artikel saya, obat alami untuk kura-kura. di sana ada cara buat air jahenya...

      Delete
  6. Dok porosus saya ko nafsu makan nya berkurang yah sama jadi malu malu biar jadi kaya dulu lagi harus gmn yah porosus saya uk 60 cm kandang nya saya pake box container 100

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret? maaf karena baru balas.

      selama ini dikasih makan apa?

      banyak sebab sih mas. makanya saya perlu tahu fesesnya gimana.

      sementara itu, mungkin mas bisa kasih air jahe. Cek artikel saya, obat alami untuk kura-kura. di sana ada resep tentang air jahe untuk reptil. wajib kudu baca dulu ya mas. :)

      Delete
  7. Dok saya mau tanya mohon di balas:( Pororus saya baru saja jatuh dari atas rumah saya kelantai dasar. Itu kejadian nya lg saya lepasin Freerom eh trs tbtb dia lari. Saya gasempet ngejar, dia jatuh kebawah. Tapi alhamdullilah nya dia gpp.. apakah tidak menyebabkan apa2 dok? Saya takut kenapa'napa.. Trmksh.

    ReplyDelete
  8. Dok poro saya kok makannya jadi jelek, padahal dari owner sebelumnya makannya bagus. Kenapa itu ya Dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.