Mengobati Puting Susu Kucing Bengkak | Drh. Fira Sovica

Adakalanya,

puting susu kucing bengkak

karena susu kucing yang tidak tersalurkan, entah karena bayi kucing yang keburu mati sebelum menyusui atau sebab lainnya. Penyebab lain susu kucing bengkak antara lain karena kanker atau tumor pada bagian sekitar puting susu. Artikel kali ini akan membahas sedikit tentang cara mengobati puting susu kucing yang bengkak. Artikel lain mengenai kucing yang bisa anda baca antara lain cara memelihara kucing sphinx.
Mengobati Puting Susu Kucing Bengkak
Image taken from cats.about.com


Untuk mengobati puting susu kucing yang bengkak, akan lebih baik jika anda mengetahui penyebabnya tersebih dahulu dengan cara meraba dan tekan perlahan bagian susu kucing yang bengkak, apakah terasa lunak atau keras. Hal ini penting untuk mengetahui langkah apa yang selanjutnya harus anda lakukan.
  • jika puting susu kucing terasa keras, maka lebih baik anda segera membawa kucing tersebut ke rumah sakit hewan atau klinik hewan terdekat agar dilakukan langkah lebih lanjut. Ada indikasi tumor dan kanker pada kucing anda, namun tentu saja diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk tahu penyebab pastinya.
  • jika puting susu kucing terasa lunak (empuk), kemungkinan 'hanya' terjadi penumpukan air susu. Apakah si kucing harusnya menyusui anak-anaknya? Jika iya, biarkan si induk kucing menyapih kitten-nya. Namun jika ternyata ada hal yang menyebabkan si induk tidak bisa mengeluarkan air susunya misalnya karena bayi-bayinya mati atau sebab lain, sebaiknya anda memerah susu kucing hingga air susunya bisa keluar dan tidak mengendap. Susu kucing yang mengendap terlalu lama bisa menyebabkan infeksi pada bagian dalam tubuh induk kucing. Jika anda tidak bisa melakukan perah susu kucing sendiri, ada baiknya jika anda membawa kucing anda ke klinik hewan terdekat untuk berkonsultasi dan agar dilakukan perah susu kucing.
Demikian adalah

cara mengobati susu kucing yang bengkak

akibat air susu induk kucing yang tidak tersalurkan. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan para pembaca semua, terutama cat lover sekalian. Terima kasih. (FS)

143 Responses to "Mengobati Puting Susu Kucing Bengkak"

  1. Dok, kucing saya beberapa minggu yang lalu kehilangan anaknya sehingga susunya tidak bisa keluar dan bengkak (tapi alhamdulillah sudah kempes dgn sendirinya stlh bbrp hari), berdasarkan saran dokter kan susu tsb harusnya diperah, nah cara memerah susu kucing tsb bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja sih kayak memerah susu kambing, cuma lebih perlahan aja. agak susah buat mempraktekkannya, hihihi. mungkin nanti saya buat artikel khususnya.... :)

      mudahnya, mending minta bantuan dokter hewan terdekat, mbak... :D

      Delete
  2. malam dok, saya punya masalah seperti diatas. yang menjadi pembeda adalah, penderita puting keras ini bukan kucing dewasa, melainkan anak kucing. hal tsb disebabkan oleh apa ya? terusapa yang harus saya lakukan ya dok untuk langkah pertama? ohya, saya diberi oleh teman, sehingga anak kucing tsb skrgtanpa induknya. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik dicek,mas, apakah puting susunya keras karena emang sudah mengandung air susu, ataukah ada sebab lain. menurut saya sih ada sebab lain yang menyebabkan puting susu anak kucingnya membesar dan mengeras.

      kalau boleh saya saran, mending dicek ke dokter hewan terdekat biar jelas, mas..... nafsu makan masih normal?

      Delete
  3. Malam dok..kucing saya sudah masuh hari ke 60 masa kehamilan..dan saya cek puting susunya keliatan kempes dan tidak berbentuk pola kerucut seperti kucing biasa umumnya?? Mksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan induknya kurang gizi? karena kadang induk kucing yang kurang gizi tidak mampu menghasilkan susu yang cukup.

      silakan cek kecukupan gizinya. saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  4. Selamat siang Dok, kucing anggora saya sedang menyusui 8 ekor anak kucing (tujuh anaknya sendiri berusia 3 minggu, dan 1 ekor kucing kampung yang ditinggalkan induknya. Dia nampak sangat bertanggungjawab menyusui ke 8 anaknya dan nampaknya cukup banyak susunya. Hanya saja saya kasihan di sekitar puting susunya nampak iritasi merah-merah. Bagaimana cara menyembuhkannya? Atau adakah obat herbal? Terimakasih banyak atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah dikasih obat apa2 dlu sampai kittennya udah lepas sapih, mbak. biarin aja dlu. :)

      atleast, cukup beri asupan makan bergizi bagi si induk.... :)

      Delete
  5. Dokter kucing saya lagi tahap menyusui juga...sebelumnya ada 4 anakan mati 1 selama kurang lebih 3 mingguan sang ibu baik-baik saja namun beberapa hari ini perutnya mengeras di area sepanjang puting susunya...sie kucing jadi jarang menyusui anaknya,dan hanya tiduran saja dan jika di pegang dia seperti merintih sakit,tapi kalau makan tetap doyan itu kenapa ya dok kasian saya liatnya???

    ReplyDelete
  6. Dok,kucing saya sedang menyusui. anaknya masih umur 2 bulan. dua hari yang lalu anaknya sempat dibuang kemudian saya bawa pulang lagi. selama dua hari ini kelenjar susunya membengkak. Tapi setelah anaknya saya bawa pulang, induknya malah seperti ga kenal dan jadi galak padahal anaknya masih kenal.
    apa yang harus saya lakukan agar keduanya kembali dekat dan untuk kelenjar susunya apakah tidak apa-apa dibiarkan tidak menyusui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dibuang anaknya? :(
      emang kadang ada yang kayak gitu. setelah dipegang manusia, si induk jadi gak mau menyusui anaknya lagi...

      istilahnya di-reject...

      coba aja terus dekatkan. kalau masih tetap gak mau juga, mau gak mau mas harus kasih makan anak2nya sendiri (hand-raises)...

      Delete
  7. Malam dok.. Saya baru aja kehilangan anak kucing 4 ekor krn digigit mati, gak tau siapa pelakunya. Krn dirumahku udh ada bbrp kucing besar yg dr induk yg sama.. Sedih bgt, mpe nangis lama krn gak tega lihat mereka pas lucu2nya dan induknya mencari2.. Dokter, sampai berapa lama biasanya induk kucing mencari anaknya yg mati. Dan brp lama lg kucing ku libido lg biar cepat kawin lg. Terima kasih dok..

    ReplyDelete
  8. Dok, saya mau tanya. Bolehkah mengonpres susu induk kucing dengan air hangat? Anak kucing saya baru saja mati dan susu induknya membengkak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kompres aja. dan praktekkan apa yang saya tulis di artikel di atas... :)

      Delete
  9. Dok, saya mau tanya. Bolehkah mengonpres susu induk kucing dengan air hangat? Anak kucing saya baru saja mati dan susu induknya membengkak

    ReplyDelete
  10. Kalau kita perah susu kucing, tak kena cakar atau kena gigit?

    ReplyDelete
  11. Dok , kucing saya sedang hamil memasuki usia 2 bln . Tapi di setiap putingnya berkerak dan hitam disekitarnya dipencet juga gk keluar susu . Apa kucing saya baik2 saja dan normal? Saya takut dia gk bisa menusui anaknya saat melahirkan nanti. Terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. puting susunya jangan diapa2in. jangan disentuh. biarkan saja. nanti juga dia akan keluar sendiri asinya. :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas...

      Delete
  12. Dokter saya punya kucing sekitar sebulanan ini menyusui anak nya, Namun dia suka menjerit2 gitu pas lagi nyusuin anak nya. Terus pas saya liat ternyata pentil kucing nya memerah seperti luka gitu. itu harus gimana? Soalnya kasian induknya nya kesakitan, takut tidak mau nyusuin lagi kedepannya :( Mohon di jawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya infeksi di puting susunya.
      saya sangat sarankan untuk membawa kucingnya ke dokter hewan biar dapet penanganan langsung....

      Delete
  13. Selamat siang ibu Drh.Vira
    Tolong bantuan nya, kucing saya kawin tgl 28 agustus 2016 lagi hamil tua, tapi kok sejak dari 5 hari lalu payudara nya kelihatan bengkak kemerah2an dan di pinggir2 nya kok agak keras,itu kenapa ya dok,
    Yang bengkak itu cuma di bagian belakang, payudara sebelah nya juga agak bengkak tapi gak sekeras yang satu nya. Apa itu normal dok?
    Tolong penjelasan nya dok,saya jadi panik kalo gini maklum baru pertama kali piara kucing.

    Terus dok, kira2 kapan kucing saya itu lahiran, saya baca artikel di google katanya 60-70 hari, nah kalau dokter sendiri yang kasi penjelasan saya jadi tenang dok.

    Terima kasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      iya, normalnya 60 hingga 70 hari. dan puting susunya normal kok. :)

      kabarin lagi ya mas..

      Delete
  14. Tolong dok beritahu saya, kucing saya puting dan susunya megeras karna anak nya dimakan sama kucing
    Kucing lain , tolong jawab ya dok secepat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa dimakan mas?

      soal puting susunya, udah ada artikelnya di atas. :p

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Malam dokter.
    Saya mau tanya, kucing saya sedang tahap menyusui anaknya 3minggu. Awalnya menyusui saya lihat putingnya biasa saja, namun baru tadi saya lihat putingnya memerah dan terdapat lingkaran hitam disekitar payudaranya. Mungkin karena anak2 kucing yang terlalu aktif dan berebut makanya jadi sering tergigit dan induknya merasa kesakitan. Apa boleh saya memberi susu formula pada anaknya? Hanya selingan, sebab saya tidak tega melihat sang induk yang kesakitan. Terima Kasih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba kasih susu khusus anak kucing aja, mbak. jangan susu formula buat manusia.
      emang si induk merasa kesakitan? sering mengeong2 kalo lagi menyusui?

      kabari lagi

      Delete
  17. Permisi Dokter, mau tanya . saya merawat anak kucing yg dibuang , nah kebetulan saya punya induk kucing yg lagi nyusuin dan dia mau nyusuin anak" yg saya ambil itu, tetapi akhir" ini payudara nya semakin membengkak dan putingnya putus dok :'( . dia gemetaran dan kurang selera makan. kata ibu saya diberi minyak makan . apa boleh dok ? saya bingung mau mengobatinya karena disini gak ada klinik hewan . Tolong Di jawab dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa putus puting susunya? :(
      untuk kasus seurgent ini, kayaknya lebih baik contact dokter hewan terdekat, mbak. soal minyak ikan, sejujurnya saya nggak tahu, karena gak liat kucingnya langsung. bagusnya sih pake nutrigel plus, mbak....

      Delete
    2. Dok, kasus kucing saya juga sama seperti di atas, kucingnya masih remaja tp sudah hamil dan ada 2 anak jarang disusui. 2 hari yg lalu anak2nya mati smua dok lalu kemarin payudara induk memerah dan dia lemas sekali.tadi pagi saya liat seperti ada daging di susunya mau lepas (sepertinya puting) dan ada kayak cairan kental gitu dok gak tau nanah atau sus tapi kucingnya gak lemes dan bisa jalan2 seperti biasa. Kalau dibawa ke klinik harus operasi gak ya dok? Malam ini saya harus kasih apa, perlu dikompres atau penanganan sementara gak dok?

      Delete
    3. segera bawa ke dokter hewan langsung biar bisa mendapatkan antibiotik, mas. kasian soalnya. kenapa gak dari awal dibawa ke dokter hewannya? :(

      kasus2 seperti ini biasanya terjadi pada kucing yang memiliki kadar gula darah tinggi...

      Delete
  18. Dok,tlg tny obat pengganti nonflamin itu apa?
    Susu induk kucing bengkak dan diberi obat amoxciline,nonflamin dan cimetidine oleh dokter.
    Tp skrg nonflamin sdh tdk diproduksi lagi dan sy tdk tau hrs diganti apa?(dokternya menikah dan sy tdk tau pindah kemana). Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nonflamin masih banyak diproduksi, mbak. coba cari di apotik2.

      opsi lain selain nonflamin sebenernya tergantung kondisi kucingnya. jadi kalau toh mau diganti, harus dengan resep dokter hewan lagi (bawa ke dokter hewan lain, dan infokan mengenai obat sebelumnya)....

      semoga membantu :)

      Delete
  19. Asalamualaikum Dok.. Saya mau Tanya saya punya kucing baru melahirkan sekitar 1 Bulan kurang.ada 5 anak srkarang sisa 2 anak..susu induk kucingnya mengeras dan setelah saya perah apa susunya rada2 kental? Dan bila sisa anaknya menyusui Lg apa tidak berbahaya? Terima kasih Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. susunya yang mas perah berbau nggak?
      kalau gak bau atau baunya gak terlalu menyengat, biarin aja mas.

      yang 3 lagi anaknya kemana mas? mati?

      Delete
    2. Susunya yg saya perah berbau Dok kental.. Sisanya mati Dok kerana pada muntah2..jd skarang sisa tinggal 1. Saya takut susu induknya yg bermasalah

      Delete
    3. jujur, saya gak bisa memutuskan karena gak bisa liat kucingnya langsung. lebih baik mas bawa ke dokter hewan terdekat aja mas biar dicek... bener, sayapun takut emang induknya yang bermasalah, tapi ini cuma tebakan saya aja....

      kalau mas bisa handraise sendiri anak kucingnya, sebaiknya handraise aja mas. mas yang ngurusin anak kucingnya sendiri. bisa kasih susu khusus anak kucing... emang kudu telaten sih....

      Delete
    4. Kalo saya kasih susu formula bayi sgm yg low lactose boleh Dok?

      Delete
    5. kalau bisa, pake susu khusus anak kucing.
      bisa sih dicoba pake sgm non lactose, tapi kalau nanti malah mencret, mending langsung stop ya mas....

      Delete
    6. Baik Dok saya coba pake susu pengganti dulu.. Terima kasih banyak ya Dok

      Delete
  20. Assalamualaikum Dr. Fira, saya mau tanya, kucing saya skrg lagi hamil, 2 hari yg lalu dari vaginanya keluar darah dan cairan berwarna kuning. Kucing saya ngeong keras terus, setiap saya elus bagian perutnya dia selalu gemeteran. Terus sempat keluar sesuatu dr vaginanya dan langsung dia makan. saya sudah siapkan tempat untuk dia melahirkan, tapi sampai sekarang blm melahirkan juga. itu kenapa ya dok? Apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. waktu dia keluar sesuatu dari vaginanya, mas gak sempet liat itu apa?
      kayaknya sih keguguran itu. selama hamil sering digendong2 ya?
      untuk kasus seurgent ini, saya sarankan langsung bawa ke dokter hewan aja mas... :(

      Delete
    3. Iya dok lumayan sering digendong-gendong, ga sempet liat dok apa yg dikeluarin soalnya langsung dimakan. Waktu pertama kali hamil dia keguguran juga dok, tapi janinnya keluar. Apa kasus skrg janinnya mati didalam dok?:( Kalo dibawa ke dokter hewan kira-kira harus sampai operasi ga dok? Biayanya kira-kira berapa ya?
      Terima kasih dok, btw aku cewe dok hehe..

      Delete
    4. oh, maaf. hihihi.
      dan maaf juga karena saya baru balas...

      iya, kayaknya sih mati di dalam. buat kedepannya aja, jangan terlalu sering digendong kalau kucing lagi hamil. :(

      checkup aja dulu ke dokter, kira2 apa kudu dioperasi atau tidak. kalau emang janinnya udah keluar sedikit2, kayaknya gak usah dioperasi.... :(

      Delete
  21. Dok, ibu kucing saya kehilangan anak-anaknya, kira-kira seberapa lama / berapa hari ibu kucingnya mengeong mencari-cari anaknya?
    Dan bagaimana dok cara membuat ibu kucingnya ikhlas dengan kehilangan anak-anaknya?
    Sudah dicari-cari tapi ndak ketemu-temu anak-anaknya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya dok, apakah anak kucing yang berumur 8 minggu bisa hidup di lingkungan luar?
      Apakah anak kucing tersebut bisa kabur dari kejaran anjing?
      Aku cemas dok, sdh dua hari tidak ditemukan...

      Delete
    2. awalnya kenapa kok bisa ilang anak kucingnya? ada kemungkinan dicuri orang?
      biasanya sih anak kucing gak akan pergi. kalau toh misalnya main, dia pasti bisa pulang lagi karena si induk kucing punya bau alami yang cuma dikenali sama anaknya. makanya anak kucing akan mengikuti bau induknya itu.....

      saya kira sih dia dicuri, mas..

      Delete
    3. Saya tidak tau juga dok kenapa, tapi kemungkinan anak-anak kucingnya tidur di celah bagian bawah mobil bapak saya, jarak rumah dengan kantor polisi tempat bapak saya kerja jaraknya jauh... sdh dicari-cari disepanjang jalannya tapi ndak ketemu-temu... keluarga saya tidak ada yg suka kucing lagi :'(
      Oh ya dok, apakah anak kucing kalau diem dibawah celah mobil yg bergerak akan langsung turun atau diem terus sampai mobilnya berhenti ya?
      Maaf dok curhat, dok dijawab juga ya pertanyaanku yg sebelumnya :-)

      Delete
    4. biasanya kucing akan langsung menghindar (turun, lari) kalau mobilnya bergerak.
      soal apakah dia bisa melawan/menghindar kalau dikejar anjing, tergantung kucingnya. tapi emang rata2 bisa kok menghindar atau melawan.

      jujur saya sih yakin anak kucingnya kalau gak dicuri orang, ya berarti mati....

      Delete
    5. sedih saya dengernya :'(
      semoga aja dia dirawat sama orang yang bertanggungjawab,
      tapi saya akan tetap mencari anak-anak kucingku yang lucu!
      dok, kalau ibu kucingnya kira-kira berapa hari atau saat kapan dia bisa melupakan kehilangan anaknya?
      (maaf dok pm lagi)

      Delete
    6. tergantung biasanya, bisa beberapa hari, bisa juga seminggu lebih... sabar aja mas, moga dipelihara dengan baik sama yang ambil.. :)

      Delete
    7. makasih dok telah menjawab pertanyaan saya :-)

      Delete
    8. sama-sama, mas. :)
      dari bali, ya mas? :)

      Delete
  22. ya dok, maaf baru balas.
    Dok, apakah pemberian ragi untuk kucingku untuk membuatnya mandul aman? kucingku sudah masa birahi dari 5 hari lalu, kemungkinan sudah pembuahan. Tidak punya uang untuk spaying dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada acuan yang menyebutkan bahwa ragi bisa bikin kucing jadi steril, mas. malah sebaliknya, ragi adalah bahan makanan yang dianggap beracun bagi kucing.....

      spaying murah kok mas. coba aja telepon dulu dokter hewan terdekat... :)

      Delete
    2. oh ya dok, saya hubungi dokter hewannya

      Delete
    3. oke. :)
      kabari terus kalo ada apa2... :)

      Delete
    4. dok, saya sdh cari2 dokter hewan/petshop, tapi ada yg sdh tdk ada dan ada yg tdk melayani spaying/steril, ndak jadi dah steril soalnya ibu kucingnya sdh kelihatan hamilnya

      Delete
    5. oh ya, udah mas.
      emang kenapa kok mas takut dia hamil... :)

      Delete
    6. Cuma males aja dok ngerawat anak kucing, kasian kalau ada apa-apa

      Delete
    7. oh. kalo udah hamil, ya berdoa aja biar kehamilannya lancar. jangan didiamkan di dalam kandang aja mas, sering2 diliarkan biar dia jalan2 di dalam ruangan... tujuannya agar dia bisa melahirkan secara normal... :)

      karena kadang kalo hanya didiamkan di dalam kandang, kucing akan susah untuk melahirkan..

      Delete
  23. dok saya mau tanyak ,kucing saya barusan saja melahirkan awalnya hanya beberapa menit saja dia mau menyusui tapi setelah itu dia tidak mau menyusui lagi sehingga anaknya gak dapet susu dari induknya lagi,kira2 kalau saya kasih susu untuk kucing apakah tidak apa , kenapa kok susu induknya sekarang jadi mengeras ya dok bagaimana mengatasinya agar induknya mau menyusui anaknya lagi ?
    terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? kalau sampe sekarang (waktu mbak baca jawaban saya ini) induknya gak mau menyusui anaknya juga, boleh kasih susu khusus anak kucing....

      sekarang keadaan induknya gimana? dia suka menjilati puting susunya?

      kabari lagi.. :)

      Delete
  24. Kucing betina saya juga sudah 2minggu ini 4payudara yg paling bawah agak turun dibanding yg lain. Kalp saya pegang sih rasanya penuh seperti kalo kita yang perempuan ini mau mens dok. Setau saya dia tidak sedang hamil,usianya 8 bulan. Cuman beberapa saat ini dia jd sering meong meong.. apa payudara nya ini krn efek lg birahi? Atau lg sakit ya dokter? Saya pengen kasih foto kondisi kucing saya. Apa ada email yg bs dituju dok? Barangkali bisa membantu saya dan juga memudahkan dokter untuk melihatnya. Kalo seandainya memang ini wajar,,biar saya juga tenang gitu dok. Payudaranya menggantung n empuk. Putingnya jg tidak keras. Mohon dibantu dokter.. atau bisa email saya di ditya.a33@gmail.com makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau kirim foto, bisa upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini...
      untuk nafsu makannya gimana?
      terus dia suka jilat-jilatin puting susunya gak?
      ada gejala klinis misalnya bintik2 di puting susunya?
      saya tebak sih paling iritasi ringan aja, mungkin dengan pemberian antibiotik khusus kucing juga sembuh. tapi tentu saja, saya di sini hanya nebak aja, kebetulan emang sudah sering menangani kasus seperti ini.
      agar lebih baik sebenarnya saya menyarankan mbak untuk membawa kucingnya ke dokter hewan, agar dilihat langsung oleh dokter hewan. yah, saya kan gak bisa liat kucingnya langsung, jadi bisa saja saya salah...

      udah berapa lama?

      kabari lagi. :)

      Delete
  25. Selamat malm dok ibu kucing sya puting susunya membengkak selepas 1 kematian 4 ekor anaknya .....kenapa begitu dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. anaknya mati semua, atau masih ada anaknya yang hidup?
      terus, apakah anak kucingnya gak ada samasekali yang menyusu sama induknya itu?

      kucingnya sendiri gimana? masih mau makan? sering mengeong? suka jilat2 dan gigit2 putingnya gak?

      saya tunggu kabar selanjutnya, dan kalau emang urgent, mending segera bawa ke dokter hewan aja. mbak. :)

      Delete
  26. Selamat malm dok ibu kucing sya puting susunya membengkak selepas 1 kematian 4 ekor anaknya .....kenapa begitu dok???

    ReplyDelete
  27. Sore dok barusan say usg kucing saya trus dicukur putingnya kena cukur apakah tidak apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :(
      ada lukanya? kalau ada, kasih betadine aja mas. perban kalo lukanya kebuka....

      Delete
  28. assalamualaikum dok,
    dibagian sekeliling puting susu kucing saya terasa keras sepertinya terjadi pembengkakakn dan lama kelamaan berwarna hitam, sempat demam 2 hari saya kasi amoxiline sudah baikan dan mulai makan, kondisi bagian daerah puting yg hitam sekarang semakin mengeras dan mulai terbelah atau terangkat, kondisi kucing skrg kelihatannya tidak kesakitan.
    saya mau tanya dok untuk khasus seperti kucing saya ini selain obat amoxiline obat apa lagi yg harus diberi ? dan kalau untuk obat luar saya harus kasi obat apa dok ?
    untuk anaknya 5 ekor, 2 mati, 1 mati setelah induk sakit, 2 lgi sehat skrg umur 3 minggu saya bantu dgn susu growssy.
    mohon bantuannya dok.
    trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat aja, mas.
      mas kasih amoxicillin dengan resep dokter bukan?
      jangan diberi amoxicillin tanpa resep dokter. karena nantinya malah bikin penyakitnya gak sembuh2, mas... bahkan makin parah...

      Delete
  29. Dok maaf beda topik nih. Anak kucing dirumah (masih disusui induk) kena koreng seperti jamur di hidungnya, lalu saya baca baca artikel yang menyarankan saya gunakan VOCoconut untuk menyembuhkan lukanya. Tapi oleh si ibu kucing, mungkin karna merasa janggal dengan bau si anak, di jilatin hingga korengnya mengelupas. Sekarang si anak kucing sepertinya kesakitan dan tidak bisa menyusu. Anak kucing berumur 2 setengah minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. korengnya udah mengelupas, terus ada lukanya nggak?
      secara prinsip, kalau udah 'ditangani sama induknya', gak apa2. biarin aja. nantinya biasanya dia akan menyusu lagi...

      cuma, hmm, mas nggak tahu kenapa dia korengan? awalnya kenapa? :)

      Delete
  30. Mba dok. Awalnya seperti ada hitamhitam kecil di atas hidung, 2 minggu setelah itu jadi lebar hampir menyentuh dahi. Tapi sekarang udah mendingan dok, udah di tanganin sama induknya. Tapi dok, 2 hari yang lalu, si anak kucing muntah cacing gelang, dan di bersihkan oleh induknya(otomatis dimakan), bolehkah saya memberikan obat cacing kepada keduanya atau hanya si induk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      sementara ini observasi aja fesesnya, mas. cek terus fesesnya, 22nya. induk dan anaknya. cek apakah ada cacing di fesesnya atau tidak.

      keraknya udah sembuh sekarang?

      untuk obat cacing, nanti aja. pastikan ada cacing dulu di fesesnya ya... :)

      Delete
  31. Dok saya mau tanya, kucing saya mmg masih menyusui anaknya, tapi anak" nya diminta sama pacar saya, sudah 2 hari jauh dri anak, pas saya lihat puting susu sebagian bengkak dan ada di sekitar bagian susu juga bengkak, trus warna mata yg tdi nya warna tembaga malah berubah warna jdi seperti hijau muda pucat, kenapa ya dok, minta tolong dong, saya takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas kasih? harusnya nanti saya kalau anaknya udah berhenti menyusui. :(

      kasian sekarang 22nya. anaknya juga butuh ASI, induknya butuh agar air susunya tersalurkan...

      coba kasih pengertian sama pacar masnya. dan coba satuin lagi, semoga induknya mau menerima anak kucingnya itu... dan mau disusui lagi...

      Delete
  32. Dok, ibu kucing saya sdh punya 3 anak dari akhir Maret, 3 hari lalu 1 anak kucingnya mati terserempet mobil bapak saya karena mereka akhir-akhir ini mulai sering tidur dibawah mesin mobilnya. Saya sudah sering-sering memeriksa dan mengeluarkan kucing-kucingnya, tapi bapak saya sering menggunakan mobil dan tidak menentu kapan menggunakannya. Saya sudah memberikan kardus di tempat lain, menaruh glade wangi lemon dibawah mesin mobilnya, dan menyemprotkan campuran cuka, air, dan sabun kebawah mobilnya (http://m.wikihow.com/Make-Homemade-Cat-Repellent), tapi tetap tidak berhasil. Bagaimana solusinya dok? dan apakah memberikan ibu dan anak kucingnya ke teman adik saya akan berjalan mudah? (mengingat kemungkinan kucing saya membenci tempat baru dan kabur dari rumah teman adik saya). Apakah Cat repeller ultrasonic akan membuat suara bising? Soalnya kalau saya membeli barang yang mahal seperti itu hanya untuk kucing, mereka akan membenci dan membuang kucing saya... Maaf mengganggu dok :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing itu suka berdiam diri di bawah mobil karena secara naluri, mereka suka tempat yang hangat. itu udah nalurinya.

      jadi kalau mau, mas bisa sediakan tempat/box dengan penerangan lampu bohlam kecil. mas bisa bikin box dari kayu/triplex, kasih lampu di dalamnya, kemudian taro aja ditempat yang mudah dijangkau sama kucingnya.

      bisa juga mas taro boxnya dii ruangan khusus buat naro kucing. jadi, kucingnya dikurung di situ... kasih mainan juga di dalamnya, kasih litterbox biar kucingnya bisa pup di situ....

      Delete
  33. Sudah dok. Untuk koreng si anak kucing sudah di urus ibunya dan sekarang membaik. Untuk cacingnya pun, karna dari fases sang ibu tidak ada cacing jadi belum saya beri obat cacingnya dok. Terima kasih banyak atas masukan dan sarannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. :D

      kalau mas mau saya analisa lagi kesehatannya, kirim aja foto feses induk dan anak kucingnya... :D
      caranya ada di bagian PERHATIAN

      Delete
  34. Siang Dok, saya mau tanya, 3 hari yang lalu di malam hari kucing saya tiba-tiba lemas dan diam, pdhal siang harinya kucing saya masih sangat aktif sekali. Setelah saya cek ternyata badannya agak panas dan mulutnya mengeluarkan lendir berbau tak sedap. Kemudian saya langsung bawa ke Klinik Hewan, kata Dr yang di klinik itu, dia hanya demam, Dr tersebut menganjurkan jika sudah lebih dari 3 hri segera lakukan opname. Hari ini lah ke 3 harinya kucing saya sakit. tetapi air lendir di mulutnya sudah mulai kering, sekarang malah bagian putingnya berwarna hitam gosong, dan beberapa di area payodaranya juuga berwarna hitam, saya fikir itu kotoran, dan ternyata warna hitam tersebut terdapat di dalam organ kucing saya. Bisa di perjelas Dok mengneai permasalahan kucing saya sepeerti itu?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Dok...tolong di jawab ya...kucing saya sudah melahirkan anaknya 4,,,usia anak kucing saya berumur 1 bulan tetapi sama ayah saya anak kucingnya di buang karna kencingnya dmana",,,dan setlah di tinggal anaknya payudara kucing saya bengkak dan klo saya pegang bagian tengah tengah perutnya kaya kesakitan,,,itu bisa normal lg ga ya dok???dan berapa lama biasanya bisa kembali normal,,,dan apakah payudara kucing bisa pecah jika payudaranya membengkak gtu dan air susunya tdk kluar,,,

    Mohon d jawab dok....terima kasih

    ReplyDelete
  36. Pagi dok. Saya mau tanya. Kucing saya baru tadi malam melahirkan (kemarin sore perutnya masih besar) dan anaknya saya tidak tahu dimakan atau dia taruh mana, tapi saat ini dia sedang mencari tempat untuk mengurus anak kucing saya yang lain yang umurnya 3 bulan. Saya takut puting kucing saya yang baru melahirkan bengkak semua karna tidak menyusui. Bagaimana solusinya ya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
  37. Slmt mlm drh.fira. Saya mau tanya biasa nya harga steril kucing brp ya? Trus bagaiman ya kalau ada penggumpalan air susu yg tdk di keluarkan? Krna anak2 nya udh gamau menyusui dok.. Bls yaaa.. Mksh;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga kebiri kucing biasanya antara 300 hingga 500rbu, mbak. sekitaran segitu.
      penggumpalan air susu di payudara kucingnya? bisa dipompa sih. tapi mending bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  38. Dok, saya mau nanya, ibu kucing saya lagi ndak mau makan, ikan pun tidak dimakan. Saya sudah membeli Nutri Plus Gel, kalau dokter lihat di bungkusnya, pemberiannya 2-4 sendok teh untuk kucing saya. Apakah kucing saya bisa sembuh hanya dengan memberikan itu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan mending mas bawa ke dokter hewan aja, mas.
      fesesnya mencret? atau malah nggak mau pup samasekali?

      dia suka mengeong-ngeong?

      kalau dia suka mengeong-ngeong dan gak mau pup, kayaknya sih dia sembelit....

      ya sih, sementara bisa kasih nutriplus gel, tapi kalo dalam 3 hari belum baikan juga, mending segera bawa ke dokter hewan...

      Delete
  39. Kalau fesesnya saya tidak tau, dia jarang gerak, dia tidak mengeong-ngeong, dia pernah pergi ndak pulang-pulang, datangnya dia kurus kali, sudah pernah ada dokter yang datang, dikasih suntikan antibiotik sama penurun panas

    ReplyDelete
  40. Malam Dok, mau tanya.. kucing saya 2 Bln lalu melahirkan dan sekarang anaknya udah mati semua. Trus kemarin dia kena rhino setelah saya bawa ke dokter sekarang udah baikan. Tp sekarang payudaranya malah bengkak hitam Trus keluar cairan gtu dok. Saya pencet dia gak ngerasain apa2. Itu kenapa ya dok? Mohon pencerahannya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan karena penumpukan air susu. dia suka jilat2 putingnya? suka mengeong-ngeong kayak kesakitan gitu? cairannya kayak warna susu? bisa dicium nggak aroma cairannya?

      sejujurnya agak susah sih kalo gak liat kucingnya langsung, mbak. jadi saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja. karena ada kemungkinan kucingnya stress, terus karena stress daya tahan tubuhnya dia turun, dan menyebabkan dia sakit.....

      oh ya, fesesnya gimana? mencret? nafsu makan gimana?

      Delete
  41. Assalamualaikum dok, kucing saya melahirkan tiga minggu yang lalu, kemarin anaknya mati semua dimakan sama kucing lain, terus sekarang di sekitar payudara kucingku mengeras, kalo saya biarkan apa tidak akan apa" dok? Atau kalo saya kasih koyo disekitaran payudara kucing saya tidak apa" biar air susunya keluar dok? Tolong dibales ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan mending diperah aja. bagusnya mending sama dokter hewan, sekalian minta obat buat anti inflamasinya, mbak....

      dia suka jilat2 puting susunya?

      Delete
  42. selamat pagi dok..
    ini cleo, usia 13hari.
    matanya kenapa ya begitu ya dok.
    yg sebelah normal, tp sebelah lg kaya sakit mata. tiap hari ketutup krn ada belek dan beleknya mengering. jadi ga bisa melek.
    kalo pagi saya bersihin pakai air hangat + tissue, baru bisa melek. tp meleknya ya kecil gitu..

    apa itu normal emng begitu buat baby kucing ? atau sakit mata ? kalo sakit mata obatnya apa ya dok ?

    lalu untuk pemberian obat cacing untuk baby kucing.. sebaiknya dkasi waktu umur brpa ? dosisnya brp ? dan obatnya apa ?
    untuk vaksinnya, usia brpa dikasi vaksin dok ?
    lalu kalo induknya blm pernah divaksin sama sekali, apa bisa dvaksin sekalian dg baby nya ?
    sy baru pertama kali punya kucing yg melahirkan, jd pemula banget ngurus baby kucing.
    mohon sarannya dok.. terima kasih

    gambar cleo :

    https://postimg.org/image/6jeoiqfacr/

    https://postimg.org/image/1pptmm1vm3/

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih nyusu ke induknya?
      kalo saya boleh saran, mending bawa ke dokter hewan aja mbak. biar dapet antibiotik buat kitten-nya.

      saya sebenernya pengen banget kasih dosis antibiotik, tapi sayangnya saya gak bisa ngecek langsung kucingnya....

      atau buat referensi, mbak bisa baca artikel saya DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN...

      soal obat cacing, mbak bisa baca artikel saya, DOSIS OBAT CACING DRONTAL

      Delete
  43. klinik hewan dsini jauh dok hrs ke kota. kalo pake salep terramycin bisa ga dok ? sodaranya jg ketularan soalnya. udah 3 yg sakit mata.

    ReplyDelete
  44. oh iya, dia masih nyusu ke induknya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake obat tetes mata terramycin aja mbak. jangan pake salepnya... :)

      Delete
  45. Dok saya mau tanya, puting susu kucing saya gak mencuat keluar dan rata saja. Anaknya tidak bisa menyusu karena puting susunya tidak bisa dihisap. Mohon sarannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cacat? pernah kecelakaan atau luka yang kemudian membusuk, yang menyebabkan puting susunya copot?

      coba kasih susu khusus anak kucing aja mbak...

      Delete
  46. tetes mata terramycin kaya gimana dok ? sya nyari cm ada salepnya. kalo yg cair yg dlm botol kaca kecil. itu bukan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. betul yang itu. baca aja di kemasannya. bahan aktifnya kalo gak salah gentamycin atau terramycin, gitu. hehehehe...

      Delete
  47. bahan aktifnya tulisannya oksitetrasiklin dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk cendo gentamycin ya mbak? bisa kok itu juga,... :)

      Delete
  48. halo do, kucing saya sedang menyusui, tp disekitar putingnya ada kerak hitam seperti koreng gitu, wkt saya bersihin pake air keraknya gamau hilang dan kucing saya seperti kesakitan gitu wkt keraknya saya pegang2, kerak tsb kira2 apa ya dok? dan gimana cara membersihkannya? apa saya harus bwa ke dokter hewan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending bawa ke dokter hewan aja mbak. saya takutnya itu jamur atau mungkin kutu.... mbak bersihkan pakai air hangat nggak hilang?

      Delete
  49. Maaf dok mau tanya kucing saya kan sudah 1 minggu ubu sakit dan ga mau lagi memyusui anak nya. Sudah dibawa ke dokter hewan jg. Disuntik trs d infua bantar katanya demam sama sariawa terus disuruh kasih larutan sama madu setengah sendok teh sebagai pengganti infus. Tapi sudah 2 hari ini tetep ga mau makan. Kurus banget badan nya. Terus td susunya bengkak tapi cuma 1 aja dok ky benjolan atau gimana kurang tau juga. Itu kenapa ya dok? Bingung supaya kucing saya cepet sembuh dan mau makan seperti dulu. Kucing kampung aja sih dok. Dia klo mencium bau ikan mau mendekat setelah dicium lalu pergi seperti ga nafsu makan. Sudah kasih wiskas junior juga tetep begitu. Umur kucing saya hampir 2 tahun. Mohon penjelasannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah karena saya nggak liat kucingnya langsung. kata dokternya kenapa mas? fesesnya gimana mas? mencret?

      saya takutnya sih kena distemper, mas...

      kenapa nggak dibawa ke dokter hewan lain buat minta second opinion? atau bawa ke rumah sakit hewan aja...

      Delete
  50. Doc mau nanya . Kucing saya anak nya keempat empatnya mati . Jadi putingnya bengkak gitu . Emangnya cara memerahnya gimana yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mas... :(
      baru kali ini memelihara kucing ya? bisa dijelaskan kenapa?

      mungkin untuk memerah puting susunya, mas bisa minta bantuan dokter hewan aja, mas....

      Delete
  51. Dok. Saya bingung, waktu malam tiba2 ada kucing masuk kamarku bwa anaknya, krna gak tega, anaknya aq kasih tempat d kardus dn dikasih alas gombal, dri semalam smpe esok harinya, aq perhatikan induknya kok cuma jilat2 bersihin anaknya aja, tp gak disusui. Klo baru mengalami hal seperti ini harus gmn dok??
    Anaknya boleh dikasih susu sendri / gmn?
    Biar induknya mau nyusui anaknya jg harus bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, biarin aja.. secara naluri nanti disusuin sendiri. jangan diganggu. jangan dipegang2 anaknya...

      Delete
  52. Dokter, saya mau bertanya.. ini kitten kittenya kucing saya umurnya sekitar 4 mng dan mereka sudah mulai makan makanan kucing kusus kitten.. lalu mereka tidak ingin minum susu ibunya lagi, jadi saya berikan dengan memberikan susu bubuk kitten.. nah saya bingung nih dok, dengan ibunya tidak menyusui seperti itu apakah nantinya akan menimbulkan suatu gejala yang kurang baik? Dan apa cara mecegah dan menanganinya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu sih nggak. kalau emang si kitten udah disapih, si induk nggak akan menerima efek apa2... :)

      tapi boleh diobservasi untuk meyakinkan aja.

      Delete
    2. Ok dok trims infonya 😊

      Delete
  53. Dok puting susu induk hitam & mengeras, malah ada yg putus seperti kegigit anakny, induknya sperti kesakitan saat menyusui, padahal usia kitten br 1bln, saya hawatir anakny ga disusui dok, mohon pencerahan tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana mbak keadaannya?
      selama si induk masih mau menyusui, biarin aja...

      maaf karena baru balas. saya abis dinas kemaren ini. kabari lagi ya mbak...

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. siang dok,
    sama seperti kasus di atas, puting induk kucing saya keras, agak merah, dan ada yg putus tp dia msih mau menyusui.
    kira² lbh baik gimana ya dok, apa hrus dibawa ke drh?

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum dok, saya mau tanya.. Kucing saya kan anaknya udah oada gede, tapi masih nyusu..
    Saya tinggal kucing saya di rmh org tua saya selama 1 minggu krna saya ke luar kota.. Nah pas saya kembali, saya lihat ada sesuatu ntah itu pembengkakan atau benjolan saya gk tau, letaknya ada disalah satu susunya dok (yang ditengah) .. Tapi bentuk benjolannya aneh ,kaya segi 4 gitu, saya pencet2 rasanya kaua rada lunak sih, cuman gk terlalu lunak bgt juga, bentuknya persegi lumayan besar, melebar gitu dok, tapi bugak menonjol keluar, cuman pas susunya diegang aja kerasa ada yg rada keras dikit persegi.. Saya pencet lembut sih kucing saya gk kesakitabln, tapi kalo dipencet bener2 bagian itu dia kaya risih dan langsung menjauh..
    Warna bengkakannya gak ada yg anej sih, tetep warna kulitnya yg biasa.. Cuman kalo dia jalan keliatan bgt tuh gumpalan bentuk persegi panjang meleber ke bawah di sisi kanan nya itu.. Dan saya coba susukan ke anaknya, anaknya gk mau nyusu dibagian yg bengkak itu dok, tapi untungnya cuma satu yg bagian susu yg kaya begitu, bagian lainnya gk ada yg kaya gitu, jadi anaknya nyusu diputing susu yg lainnya (yg gk bengkak).. Pdahal anaknya udh lumayan gede sih udh usia 3 bulanan kayaknya dok..
    Menurut dokter itu apa yah yg terjadi pada salaj satu puying susu induk kucing saya? Apakah bahaya? Apa bisa disembuhkan sengan cara alami di rmh?

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum dok, saya mau tanya.. Kucing saya kan anaknya udah pada gede, tapi masih nyusu..
    Saya tinggal kucing saya di rmh org tua saya selama 1 minggu bersama anak2nya krna saya ke luar kota..
    Nah pas saya kembali, saya lihat ada sesuatu ntah itu pembengkakan atau benjolan saya gk tau, letaknya ada disalah satu susunya dok (yang ditengah) .. Tapi bentuk benjolannya aneh ,kaya segi 4 gitu, saya pencet2 rasanya kaya rada lunak sih, cuman gk terlalu lunak bgt juga, bentuknya persegi lumayan besar, melebar gitu dok, tapi pgak menonjol keluar, cuman pas susunya dipegang aja kerasa ada yg rada keras dikit bentuk persegi.. Kalo saya pencet dengan lembut sih kucing saya gk kesakitan alias gk ada reaksi apa2, tapi kalo dipencet bener2 bagian itu dia kaya risih dan langsung menjauh ntah krnasakita tau apa..
    Warna bengkakannya gak ada yg aneh sih dok, tetep warna kulitnya yg biasa..
    Tapi kalo dia jalan keliatan bgt tuh gumpalan bentuk persegi panjang meleber ke bawah di sisi kanan nya itu.. Dan saya coba susukan ke anaknya, anaknya gk mau nyusu dibagian yg bengkak itu dok, tapi untungnya cuma satu yg bagian susu yg kaya begitu, bagian lainnya gk ada yg kaya gitu, jadi anaknya nyusu diputing susu yg lainnya (yg gk bengkak)..
    Anaknya udh lumayan gede sih udh usia 3 bulanan kayaknya dok, tapi masih nyusu, cuman rada jarang, paling pas sore dan mlm aja..
    Menurut dokter itu apa yah yg terjadi pada salah satu puting susu induk kucing saya? Apakah bahaya? Apa bisa disembuhkan sengan cara alami di rmh?

    ReplyDelete
  58. Dok...kucing saya matanya keluar selaput ga sampe menutupi sih... itu kenapa ya dok..??bahaya ga dan obatnya apa...trus d berikaanny berapa kali sehari...?tolong jwb ya dok.

    ReplyDelete
  59. Dok saya punyyaaa kucing indukan tp anaknya udah gak ada semua karena dibawa kucing dari luar dan sekarang kelenjar susu indukannya itu kyk membengkak dan agak keras ,dia sering jilatin kelenjar susunya,dan nafsu makannya sampai sekarang masih baik2 aja
    Menurut dokter itu kenapa ya??

    ReplyDelete
  60. Dok saya mau tanyak dok. Saya punya kucing yang Bru sc dok. Kucing saya usianya 10 bulan. Hari 5 pasca operasi puting nya bengkak dok dan terasa sakit dok waktu saya sentuh. Dan asi kucing yang bengkak tidak ada yang isap dok karena anak kucingnya mati semua dok. Saat ini selain kucing putingnya bengkak dia tidak nafsu makan dok dan badannya agak demam dan lemas dok. Itu gimana ya dok cara mengatasi nya?

    ReplyDelete
  61. Dok, kucing saya sedang masa menyusui anaknya tadinya ada 4, lalu mati 1 sisa 3 ekor dok, anaknya masih berusia 11 hari. 1puting sekitarannya itu membengkak dok, dan agak sedikit keras. Itu harus di apakan ya dok? Soalnya ketika dia menyusui dia kaya nahan sakit, jalan dan duduk pun jd pelan pelan seperti nahan sakit, dipegang pun merintih dok. Makan tetep mau kalo disuapin dok, soalnya kalo makan sendiri mungkin duduknya sakit. Mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
  62. Dokter , saya punya kucing anaknya nyusu terus pad udah dilepas susunya aku liat induknya teriak gitu . Aku cek dong , ternyata daerah puting susunya mulai lebam. Udah aku kompres pakai air hanget dok , tp masih lebam. Selain di kompres pakai air hanget utk antisipasi biar gak luka pakai apa ya dok?

    ReplyDelete
  63. Dok selain di kompres pakai air hangat biar daerah susunya gak bengkak pakai cara apa ya dok utk antisipasi nya?

    ReplyDelete
  64. dok, kucing saya payudara pecah dan berlubang keluar nanah dan darah gitu.
    apa yg harus sya lakukan? disini tdk ada dokter hewan

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Selamat pagi dok,
    Puting induk kucing saya memerah dan diujungnya seperti ada nanahnya. Terus setiap nyusuin anaknya dia teriak teriak seperti kesakitan gitu dok, tapi dia tetep mau nyusuin anaknya. Kira kira induk kucing saya kenapa ya dok, terus solusinya apakah sebaiknya dipisahkan dulu anaknya dan diberi susu khusus khitten atau bagaimana ya dok?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya infeksi. saran saya, mending bawa ke dokter hewan aja mbak, biar bisa dikasih antibiotik.
      udah lama seperti itu? awalnya gimana?

      saya sih sebenernya gak terlalu worried kalo dia tetep mau nyusuin anaknya. tapi kan kasian juga kalau dia kesakitan gitu. jadi, akan lebih bagus kalau mbak bawa dia ke dokter hewan aja....

      gak mahal kok.

      Delete
  67. Selamat pagi dok,
    Puting induk kucing saya memerah dan diujungnya seperti ada nanahnya. Terus setiap nyusuin anaknya dia teriak teriak seperti kesakitan gitu dok, tapi dia tetep mau nyusuin anaknya. Kira kira induk kucing saya kenapa ya dok, terus solusinya apakah sebaiknya dipisahkan dulu anaknya dan diberi susu khusus khitten atau bagaimana ya dok?
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.