Jenis Genetik Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Jenis genetik pada sugar glider perlu diketahui oleh anda yang memang ingin serius dalam ternak sugar glider. Dengan mengetahui dasar genetik pada sugar glider, anda bisa memperkirakan jenis sugar glider apa yang akan lahir dari indukan tertentu. Misalnya: anda yang ingin punya sugar glider albino tentu akan lebih bagus jika memiliki sepasang sugar glider albino jantan dan sugar glider albino betina, yang kemudian dikawinkan. Maka, kemungkinan besar joey yang akan dilahirkan merupakan sugar glider albino juga. Nah, dasar mengenai genetik sugar glider ini akan membahas lebih lanjut tentang kemungkinan jenis joey sugar glider yang akan dilahirkan. Artikel ini ada kaitannya dengan artikel arti sugar glider het.


Jenis Genetik Sugar Glider
Disclaimer dari artikel ini adalah bahwa saya bukan orang yang kompeten dari pengetahuan genetik sugar glider ini. Artikel ini saya rangkung dari hasil wawancara, riset, dan beberapa buku mengenai genetik sugar glider. Jika anda memang lebih ahli dari saya atau merasa lebih kompeten atau bahkan menemukan kekeliruan dalam artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara ternak sugar glider.
Nah, ada 5 jenis genetik sugar glider: dominan, resesif, heterozigot (het), homozigot, dan codominant. Berikut adalah pembahasan dari masing-masing jenis genetik sugar glider tersebut.
  • Sugar glider dengan genetik dominan adalah jenis genetik yang paling kuat.
  • Hanya diperlukan satu jenis sugar glider (induk jantan atau induk betina) dengan genetik dominan untuk menghasilkan keturunan yang sama jenisnya dengan genetik dominant tersebut. Contoh sugar glider dengan gen dominan adalah sugar glider mosaic. Sugar glider mosaic akan menghasilkan joey atau anakan jenis mosaic juga meski anda mengawinkan sugar glider tersebut dengan jenis sugar glider yang lain. Contoh lain sugar glider gen dominant adalah sugar glider platinum mosaic, sugar glider white mosaic, sugar glider marble dan sugar glider pied.
  • Sugar glider dengan genetik resesif adalah jenis genetik yang lebih lemah dari dominant.
  • Diperlukan sepasang sugar glider dengan genetik resesif 100% agar menghasilkan joey dengan jenis yang sama. Tentu saja, karena lebih lemah dibandingkan sugar glider dominant, jika sugar glider jenis dominan dikawinkan dengan sugar glider resesif, maka akan menghasilkan sugar glider dominan. Adapun jenis sugar glider dengan genetik resesif adalah sugar glider leucistic, sugar glider creamino, sugar glider albino, sugar glider platinum, serta sugar glider caramel.
  • Sugar glider dengan genetik heterozigot disebut juga sugar glider HET adalah jenis sugar glider yang memiliki 2 jenis genetik, yaitu dominan dan resesif, meski secara fisik, sugar glider tersebut terlihat seperti sugar glider dengan gen dominan.
  • Agak susah sebenarnya untuk mengetahui jenis het pada sugar glider, karena secara tampilan, sugar glider dengan genetik heterozigot memiliki tampilan yang mirip dengan sugar glider dominan. Maka penting untuk mengetahui silsilah sugar glider yang akan anda beli, terutama jenis indukannya. Saya sendiri lebih menyarankan agar anda memilih untuk membeli sugar glider dengan genetik dominant, atau bisa juga membeli sugar glider dengan gen heterozigot yang kuat dari genetik resesifnya: misalnya dominant gen 25%, resesif gen 75%.
  • Sugar glider dengan jenis homozigot adalah kebalikan dari jenis heterozigot: sugar glider homozigot memiliki satu jenis genetik, entah itu dominan atau resesif.
  • Sugar glider platinum mosaic jantan yang dikawinkan dengan sugar glider platinum mosaic akan menghasilkan sugar glider homozigot platinum mosaic. Demikian pula halnya dengan sepasang sugar glider genetik resesif yang dikawinkan. Jenis sugar glider homozigot dengan jenis yang sama kemungkinan besar akan menghasilkan jenis sugar glider homozigot dengan jenis yang sama juga dengan jenis orangtuanya.
  • Sugar glider dengan genetik codominant adalah jenis sugar glider genetik dominan yang dikawinkan dengan sugar glider genetik dominan dengan jenis yang lain.
  • Misalnya, sugar glider white mosaic dikawinkan dengan sugar glider pied, maka kemungkinan akan menghasilkan sugar glider codominant white mosaic 50% atau sugar glider pied 50%.
Demikian adalah pembahasan singkat mengenai genetik pada sugar glider. Semoga artikel singkat ini bisa memberi pengetahuan bagi anda, terutama yang ingin ternak sugar glider. Masih ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih banyak. (FS)

24 Responses to "Jenis Genetik Sugar Glider"

  1. Dokter saya mau tanya.. Bubo saya pilek... sudah ke klinik cma ditetesin pengencer dahak dimulutnya dan keluar sedikit lendirnya (Bubonya sekatang masih pilek) dan disuntik antibiotik?

    Burung Bubonya tidak nafsu makan sudah 1hari makannya sedikit... solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes pagi dan setetes sore, langsung tetes ke dalem mulutnya aja....

      tambahan dari saya itu aja sih mas...

      fesesnya gimana?

      Delete
  2. Dok, sg ku sejak beli kaya ga pernah minum deh dok, air udah dikasih madu juga gamau..

    Emang pas awal beli sih si penjualnya bilang gausah minum, bikin aja buburnya agak encer yaudah saya ikutin tapi tetep sediain air tapi ga diminum..

    Apa karena di si penjualnya ga pernah dikasih minum ya jadi gitu? Trus saya mesti gimana dok supaya dia mau minum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin dia minum, tapi mungkin saat masnya lagi gak liat aja. makanya, tetep kasih air minum aja di botol minum hamster, dan airnya kasih madu...

      oh ya. bisa juga sih dia gak mau minum karena tempat minumnya beda. makanya saya sarankan kasih minum pake botol minum haster...

      Delete
  3. Dok musang saya umur 3 bulan makan nya pisang 2 kali sehari apa cukup dok?

    ReplyDelete
  4. Dok punya kenalan orang dalam bksda tidak? Apa bsa di bntu ngurus surat untuk binturong d

    ReplyDelete
  5. Ada solusi untuk buat bksda tidak dok agar di permudah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak coba langsung hubungi aja bksda-nya mas? tanya prosedur resminya... :)

      Delete
  6. Dok, feses Sugar Glider berwarna merah tandanya apa ya? kalo saya gesek2 an anus nya, dia crying sambil poop dan warna poop nya merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih makan apa?
      coba kasih makan buah-buahan. pisang atau pepaya...

      Delete
  7. Dokter.. sya mau tanya nih.. Gimna untuk mendapatkan Sugar glider yang memiliki kelbihan Melamin (sugar glider melanistic?)... perkawinan morph apa aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugar glider melanistic adalah sugar glider kebalikan dari albino. kalo sugar glider albino adalah sugar glider yang kehilangan pigment warna, sementara sugar glider melanistic adalah sugar glider yang kelebihan pigment warna.

      mungkin selengkapnya nanti akan saya buatkan artikel sendiri... :)

      Delete
  8. Dok apa bisa sugar glider dikawinkan dengan resesif yang berbeda dengannya, misal seperti het albino x leu atau het albino x hey leu? Jadi anakan yang dihasilkan seperti apa ya?

    ReplyDelete
  9. Saya coba pakai contoh grey het leu x grey het albino, atau grey het albino x leu, jadi mereka semua resesif

    ReplyDelete
  10. Dok, sg boleh dikasih bubur kacang ijo ga?

    ReplyDelete
  11. Saya baca2 sih kalo 2 resesif dengan jenis yg berbeda misal albino x leucistic hasilnya bakal jadi grey double het. Apa benar dok?

    ReplyDelete
  12. Doc, mau nanya klau sg saya wf n grey hetleu 100% dikawinkan, joeynya akan jd ap ya?

    ReplyDelete
  13. Mw tanya jantan creamino/platinum lha betinanya leucistic nanti anaknya jadi apa?

    ReplyDelete
  14. Selamat Datang,Salam Hoki dan Banyak Rezeki Untuk Player EDENPOKER,Ayo bermain bersama kami dan menangkan JACKPOT terus menerus di EDENPOKER dapatkan juga Promo New Member.

    PROMO TERBARU DARI WEB YANG SUDAH BERDIRI SUDAH 5 TAHUN DEPOSIT HANYA IDR 15.000 DAN WITHDRAW HANYA IDR 15.000:

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-
    # Sistem Transaksi Menggunakan Bank :
    BCA
    Mandiri
    BNI
    BRI
    # Di Dukung Oleh Costemer Service Yang Ramah Dan Siap Melayani 24 Jam Non Stop Setiap Harinya
    # Bonus Cashback Mingguan Dari Total Turn Over
    # Game Kami Di Jamin 100% no Robot Maupun Admin
    # Proses Deposit & Withdraw Aman Dan Cepat

    - Kami Selalu Memberikan Pelayanan Yang Nyaman & Terbaik Untuk Membuat Para Member Kami Merasa Nyaman Dan Senang, Ini Adalah Motto Dari Web Kami Yaitu www.edenpoker.xyz Sebagai Agen Judi Online Terbaik Terpercaya Hingga Sekarang ini.
    Untuk Imformasi Selajutnya Silakan Hubungi LINE, WA & Live Chat CS Kami Di :
    LiveChat : www,edenpoker,xyz
    Pin BBM :EDENPOKER
    facebook :EDENPOKER
    Twitter Official :@EdenPoker
    WA : +855 7863 3569
    WeChat :EDENPOKER
    LINE : edenpoker

    ReplyDelete
  15. Dok sorry agak mlenceng.
    Cara ngeluarin lendir pada burung lovebird gmn,obatnya apa y dok.
    Biar nafasnya gk ngos2an.
    Makasih dok

    ReplyDelete
  16. dok saya mau nanya, secara fisik, warna yang seperti apa yang dapat menentukan bahwa sugar glider tersebut memiliki morph platinum mosaic? dan apakah betul platinum mosaic x leucistic akan menghasilkan anakan wf, grey, atau mozaic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya tergantung bloodlinenya mas. dengan bloodline, kita bisa tau kemungkinan hasilnya seperti aja. ya, saya bilang kemungkinan, kecuali mas tahu 100% bloodline-nya seperti apa...

      begitu juga teori mosaic x leucistic hasilnya wf, grey, atau mosaic, itu tergantung bloodline yang kuat dari mana....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.