Burung Hantu Sering Mengangkat Satu Kaki, Kenapa? | Drh. Fira Sovica

"Dok, kenapa burung hantu saya sering mengangkat satu kakinya?"

demikian adalah pertanyaan yang masuk kepada saya via chatting. Karena banyaknya pertanyaan serupa yang masuk, maka menarik untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut ke dalam artikel tersendiri dalam blog ini. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara burung hantu.


Burung Hantu Sering Mengangkat Satu Kaki, Kenapa?
Image taken from letsgetwu-blog.tumblr.com
  1. Sebenarnya, burung hantu sering berdiri di atas satu kaki adalah hal normal selama tidak ada ciri penyakit pada burung hantu seperti berubahnya feses atau perilaku sakit seperti murung dan mata sering merem. Penyebab kenapa burung hantu (dan jenis burung lainnya) sering mengangkat kaki adalah karena mereka mengantuk. Maka dari itu, burung hantu sering melakukan perilaku ini di siang hari karena mereka adalah hewan malam (nocturnal), dan burung yang aktif di siang hari sering mengangkat satu kakinya di siang hari.
  2. Alasan lain kenapa burung hantu sering mengangkat satu kakinya adalah untuk mengistirahatkan kaki tersebut. Hal ini sangat normal dan tidak perlu dikhawatirkan.
Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, parameter kesehatan burung hantu adalah dari fesesnya. Dari tahinya. Feses burung hantu yang sehat dengan yang sakit sangat berbeda, baik dari warnanya, bentuknya, maupun baunya. Akan lebih baik anda membaca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.
Demikian adalah artikel singkat tentang

kenapa burung hantu sering mengangkat kakinya

. Semoga artikel singkat di atas bisa menjadi jawaban atas banyak pertanyaan yang masuk ke saya. Saya masih menerima konsultasi baik melalui chatting jika saya online, ataupun via komentar di blog. Terima kasih banyak. (FS)

34 Responses to "Burung Hantu Sering Mengangkat Satu Kaki, Kenapa?"

  1. dok, mau tanya.. kalo porsi makan barn owl itu sehari berapa ekor anak ayam ya idealnya? mau ngasih makan pake anak ayam aja.. trus kalo pelihara barn owl di kamar kosan yang kecil, beresiko stress tinggi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kamar kosannya gak berisik dan gak banyak asap rokok, aman2 aja mas. tinggal masnya aja jaga kebersihan..

      soal porsi makan barn owl, udah ada kok artikelnya...

      Delete
    2. Di artikel porsi makan tidak disebutkan itu porsi untuk umur berapa.

      Delete
  2. dokter, celupuk saya kok buas bgt, pengen kabur trs, saya baru beli seminggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar, kok. usia celepuknya udah agak tua ya mas?
      emang begitu. resiko memelihara celepuk yang udah juvenile dan mature pasti penjinakkannya lebih lama dibandingkan yang pelihara anakan...

      apalagi baru seminggu pelihara.. :)

      Delete
  3. Maaf dok saya mau tanya, saya baru beli Barn Owl juve awal. Setelah sampai di rumah langsung saya karantina, tapi kok sampai sekarang ngga mau makan sama sekali ya dok? Padahal sudah saya sodorkan ke paruhnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. O iya dok, apa perlu B.O saya dibawa ke dokter hewan untuk diberikan vaksin?

      Delete
    2. sebelumnya maaf karena saya baru balas...

      karantina itu bukan agar dia mau makan. karantina cuma agar dia terbiasa dengan lingkungan barunya. coba kasih pakan hidup kayak bayi tikus yang masih merem (pingkies)...

      bisa jadi dia stress. coba cek fesesnya.
      cek juga artikel saya parameter kesehatan burung hantu....

      Delete
  4. Kok celepuk saya ada beleknya sedikit ya dok, kayak ada putih2nya sedikit d pinggir atas, kira2 ada obatnya tidak ya, atau ntar hilang sendiri, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Dok, Barn Owl saya kok ngga mau makan anakan puyuh? Sementara ini saya kasih hati ayam rebus, bagaimana caranya agar mau makan anakan puyuh dok? Saya cek fesesnya normal-normal saja dok, dia juga aktif. Terima kasih untuk jawabannya dok.

    ReplyDelete
  6. Dok mau tanya, kenapa burung hantu saya sayapnya tiba2 turun? Bagaimana cara mengatasainya... terima kasih dok sebelomnya

    ReplyDelete
  7. Dok, saya mau tanya. Saya baru saja beli burung hantu, dia sudah besar dan sudah jinak. Tapi kenapa dia gak mau makan ya dok? tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya mohon maaf karena baru bisa saya balas hari ini.
      coba karantina dulu, mas. cek artikel saya cara karantina burung hantu...

      Delete
  8. dok burung Celepul bulunya kok apek ya Apalagi saat mengepakkan sayap

    ReplyDelete
  9. dok burung Celepul bulunya kok apek ya Apalagi saat mengepakkan sayap

    ReplyDelete
  10. dok burung Celepul bulunya kok apek ya Apalagi saat mengepakkan sayap

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bau apek gitu mas?
      coba mas baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu. selama parameter2 kesehatan burung hantu di artikel itu terpenuhi, saya kira dia masih sehat.... :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Malam dok, saya mau tanya kok si bruno matanya yg kanan berair ya dok itu kenapa? Terus matanya yg kanan itu suka dimeremin kalo yg kiri normal aja dok sorot matanya juga tajam. Kalo dari feses normal dok. Tk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bruno itu musang atau burung hantu mas?
      lalu berairnya seberapa banyak?

      coba cek mungkin banyak debu di sekitar kandang. masnya merokok? jangan merokok dekat hewan. sama jangan ditaro di luar rumah dulu karena cuaca lagi gak bagus. pindahin aja dlu ke dalam rumah...

      Delete
  13. Alhamdulillah skrg si bruno udah sembuh dok. Oh iya kemarin lupa ngenalin dok bruno ini buffy fish owl dok. Salam buat errol dari bruno dan bob (bubo) dok.
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik untuk hari ini... :)
      saya seneng dengernya...

      kabari lagi ya mas. yang penting sekarang mas tahu kan caranya membedakan owl yang sehat dan nggak itu gimana? :)

      dari fesesnya. itu yang utama.

      kabari terus

      Delete
  14. Dok, saya berdomisili di kabupaten pasuruan. Dimanakah saya bisa menemukan vitahawk? Karena saya sudah berkeliling dan ngga ketemu juga. Kalo dokter punya kenalan atau kontak yg bisa dihubungi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      coba aja cari di kaskus atau di grup2 pecinta burung di facebook, mas. emang agak susah sih untuk di daerah....

      Delete
    2. Dok.. Kenapa ya burung hantu saya sering merem tpi kalo di dekatin agak buka sedikit.. Apa burung hantuku sakit? Trs kakinya bengkang ke gores angklet gimana cara nyembuhinmmya. Thx

      Delete
    3. coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu :)

      Delete
    4. Maaf dok sudah saya cari di kaskus dan grup facebook tapi belum ada dok vitahawknya. Kalo boleh tau dokter biasanta beli vitahawk dimana ya dok?

      Delete
  15. Dok.. Innalilahi wainnalilahi rojiun cimon(B.O )udah terbang bebas :'( ... Jdi ceritanya itu waktu mau saya kasih makan.. Kan saya manning dlu trs pas manning badannya agak kurang seimbang.. Nah itu udah buat saya bimbang

    Akhirnya sama temen saya di kasih 3 puyuh tibit.. 2 puyuh dimakan trs 1 nya g di makan, makannya pun di masukan sendiri pake tangan ku.. Trs di kasih minyak ikan di telan.. Nah besok nya udah tewas itu udah lumpu total dok sampe mau berdiri aja g bisa

    Itu mati nya kenapa ya??
    Apa masalah kalau dri tempat kebersihan? Soalnya cimon ( b.o )kan liar jdi kalo di taruh perch tingkah nya banyak jdi sampe badan nya bahkan mukanya kena feses nya yg di bawah.. Tolong kasih solusinya karna saya mau handle lagi.. Thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesalahannya adalah, waktu dia lagi lumpuh gitu, mas malah kasih minyak ikan. tambah parah deh. :(
      karena minyak ikan malah ganggu sistem cernanya, apalagi kalau lagi sakit kayak gitu. harusnya mas kasih super-n.

      kalau dari awal dikasih super-n, saya kira masih bisa diselamatkan.

      gak apa2, buat pengalaman aja. dan coba mas baca artikel saya tentang burung hantu di blog ini...

      tebakan saya, kena gejala NSD alias tetelo. tapi ini cuma tebakan saya aja loh ya, karena saya juga gak liat sampel fesesnya. :)

      Delete
  16. Dok.. Innalilahi wainnalilahi rojiun cimon(B.O )udah terbang bebas :'( ... Jdi ceritanya itu waktu mau saya kasih makan.. Kan saya manning dlu trs pas manning badannya agak kurang seimbang.. Nah itu udah buat saya bimbang

    Akhirnya sama temen saya di kasih 3 puyuh tibit.. 2 puyuh dimakan trs 1 nya g di makan, makannya pun di masukan sendiri pake tangan ku.. Trs di kasih minyak ikan di telan.. Nah besok nya udah tewas itu udah lumpu total dok sampe mau berdiri aja g bisa

    Itu mati nya kenapa ya??
    Apa masalah kalau dri tempat kebersihan? Soalnya cimon ( b.o )kan liar jdi kalo di taruh perch tingkah nya banyak jdi sampe badan nya bahkan mukanya kena feses nya yg di bawah.. Tolong kasih solusinya karna saya mau handle lagi.. Thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan. itu mas ngasih minyak ikan langsung sebutir bulat-bulat? nggak ditusuk pake jarum dan isinya dikeluarkan?
      pun kalau mas ngasihnya bener (ditusuk kemudian isinya diteteskan ke mulutnya), harusnya kalau burung hantu lagi sakit nggak dikasih minyak ikan, mas. karena ganggu pencernaannya. udah mah lagi sakit, dikasih minyak ikan jadi tambah sakit.... :(

      tapi buat pengalaman aja ya mas... nggak apa2... :)

      Delete
  17. Dok saya mau nanya, burhan saya tiba tiba membaringkan badannya dok. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.