Jadwal Jawab Pertanyaan Konsultasi Drh. Fira | Drh. Fira Sovica

Banyak yang bertanya mengenai kapan saya menjawab pertanyaan

konsultasi kesehatan hewan di website

, meski keterangan mengenai jam berapa saja saya online di blog sebenarnya sudah saya ungkap sedikit di artikel Kenapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab. Maka artikel ini akan mengulang sekali lagi mengenai kapan Drh. Fira online di web.
Jadwal Jawab Pertanyaan Konsultasi Drh. Fira
Image taken from k9companion.co.uk


Biasanya, saya menjadwalkan untuk menjawab pertanyaan yang masuk di blog adalah sebanyak 2 kali sehari: sebelum saya memulai aktifitas, dan sesudah saya selesai beraktifitas. Kadangkala, jika sangat-amat sibuk, saya hanya mampu online sekali sehari, entah pada pagi hari atau sore hari.
Namun ini jarang terjadi.
Sesibuk apapun saya akan menyempatkan diri untuk online di blog agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan konsultasi kesehatan hewan yang masuk. Ini dikarenakan banyaknya pertanyaan yang masuk ke blog ini tiap hari. Tidak kurang dari 80 pertanyaan yang masuk ke blog saya tiap sesi online, dan saya senang bisa menjawab satu persatu pertanyaan itu. Banyak kenalan baru, pengetahuan baru, serta pengalaman yang di-share oleh pengunjung blog ini, baik pengunjung lama maupun pengunjung baru.
Saya harap kehadiran blog ini bisa terus membantu para animal lover yang di seluruh indonesia, malaysia, brunei, dan pengunjung blog ini darimanapun itu. Saya harap suatu saat kita bisa bertemu muka di real life. :)

Pertanyaan konsultasi kesehatan hewan

masih saya tunggu. Jangan sungkan untuk bertanya. Pertanyaan konsultasi kesehatan hewan dari anda pasti saya jawab. Terima kasih sudah berkunjung. (FS)

33 Responses to "Jadwal Jawab Pertanyaan Konsultasi Drh. Fira"

  1. Dok mau tanya ko owel saya kdang suka makan pupnya sndiri knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu? kasus unik sih, tapi kadang ada yang kayak gini. masing2 burung hantu punya karakter unik sendiri2.

      selama ini sehat2 aja, mas?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya senang mas bertindak cepat dengan membawa si celepuk ke rs hewan terdekat. senang sekali. sementara ini cukup berikan obat saja sambil terus diawasi. kalau soal kakinya, jika sudah digips, saya yakin dia bisa kembali pulih nantinya.

      yang paling menyenangkan, dia mau makan. itu sangat bagus sekali.

      dikasih jadwal check up gak ama dokter di rsh? kalau dikasih, rutin bawa ke rsh aja buat check up... kalau bisa, ke dokter yang sama biar bisa dipantau terus perkembangannya... :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru jadikan kejadian kemaren sebagai pengalaman, mas. yah, saya juga pernah ngerasain punya partner yang mati dlu... feel so bad, emang... tapi justru mas harus belajar dr kejadian kemaren... jangan sampe terulang lagi...

      Delete
  4. Malam dok..saya putri.mau tnya dan konsultasi.saya punya sg bru 1 mnggu saya beli dan hari ini tba2 sg sya lemes dan gak bsa jalan.kalaupun jalan dia sperti tersret2..slama ini dia hnya makan bubur dan gak mau minum.tpi ini tdi say cobaksih air madu dan bubur nya saya ksih masu juga..lumayan dia mau makan..penyebabny apa yaa sg sya bsa sperti itu?? Apa slah makanato kekurangan gizi.trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur sgnya berapa? masih sangat bayi atau dibawah umur 3 bulan? bener?

      coba cek artikel saya jangan beli sugar glider umur 1 bulan. di sana ada penjelasannya.

      kemungkinan lain kena hind leg paralysis. sudah saya buat juga artikelnya: cara mengobati hind leg paralysis pada sugar glider.

      kasih saya kabar secepatnya... :)

      Delete
  5. Dok,Bisa gak sih ngejemur owl pake alat sinar ultraviolet ? Soalnya ane sibuk kola takut gak sempet ke urus sekolah dari jam 7-3 Sore

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, mas.
      minimal seminggu sekali jemur owl. mas minggu libur kan? minggu aja jemurnya...

      Delete
  6. Sya punya barn owl juvenille nma.a Badut..
    Klo 4 emprit sehari kurang nggak dok?
    Kan dia maaih di kandang besar polier...
    Nah pas mau dipasangi rantai dia tuh terbang terus susah bgt nangkapnya...
    Klo pake obat bius bisa nggak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia nggak mau dipasangi angklett, jangan dipaksa. malah stress nantinya. dan jangan dipasangi rantai. kasian mas... dikira kapal kali dirantai... :(

      soal porsi makannya, silakan baca artikel saya porsi makan burung hantu...

      Delete
  7. Maksutd saya equiptment dok...Anklet jesse...
    Klo dibius bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibius mas, kasian. yang ada malah stress nantinya. :)

      Delete
  8. Dok, musang rase sy kuku nya putus. Gmn nanganin nya ya dok? Takutnya infeksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lukanya nggak? kalau ada lukanya, cukup totol2 pake cotton bud dibasahi betadine dikit... kalau nggak ada lukanya, biarin aja... :)

      Delete
  9. Sy pencet keluar cairan kuning gitu trus berdarah trus sy totol2 tisu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar cairan kuning? kayak nanah gitu?
      dia sering menggigit2 dan menggaruk bagian yang keluar cairan kuning itu nggak?
      kalau iya, mending sering2 dibersihkan, ditotol pake betadine, dan diperban aja. kalau mau sih mending bawa ke dokter hewan biar sekalian dikasih antibiotik.... :)

      Delete
  10. Ya seperti itu lah dok. Kalo garuk2 ga pernah dok. Sampe malam ini dia normal2 kayak biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang gak garuk2, hmm, sering2 dibersihkan aja dan kasih betadine. observasi terus, kalau ada yang mas khawatirkan, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin ya.. :)

      Delete
  11. Dok, malam ini rase sy muntah putih. Tadi sih abis sy kasih air putih.
    Kalo makannya hari ini bubur sun (pagi), pepaya (siang&malam). Fesesnya normal2 aja dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan kasih air putihnya. jangan kebanyakan juga, mas. :)

      Delete
  12. Dok saya baru pelihara elang CG brancher nah cara menjinakannya gmn dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan bop atau cara menjinakkan burung hantu. secara prinsip sama... :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum bu dokter, saya punya musang pandan umur ± 6 bulan, kemarin baru mati mendadak dok, saya mau tanya kira2 mati kenapa ya dok?

    Kondisi musang kayanya sehat, bulu rontok sedikit, bulu di kakinya botak ± sudah 3 hari sebelum mati, saya kasih diet senin - sabtu pepaya minggu kepala ayam rebus, dimandikan tiap sabtu, kondisi feses normal, jingga karena pepaya, sehat kan dok? tapi sehari sebelum mati kayanya emang dia manja banget dok, biasanya gigit2 sebelum digendong/diajak jalan2. Tapi ini ga gigit sama sekali, dan matanya beda, kaya berair nangis dok. Sebelum mati dia lemas dok, posisi tidur memanjang, pas saya gendong dia kejang2, saya coba kasih air+madu pake pipet, tetep lemes, akhirnya saya biarin di kandang, karna kondisi udah jam 11 malam ga mungkin dibawa ke dokter hewan, jam 2 dini hari saya cek badannya udah kaku dan keluar cairan bening putih dari duburnya.
    Kira2 kenapa ya dok?

    Biar jadi pengalaman untuk besok2 dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat pengalaman aja nantinya.
      ada masalah di sistem pencernaannya. dia matinya kapan mas? gak jauh2 dari hari minggu ya? bener? hari minggu? senin atau selasa mungkin?

      tebakan saya, ada bahan kimia di kepala ayamnya (formalin atau sejenisnya)...... itu hanya tebakan saya aja....

      mas memperhatikan fesesnya sebelum dia meninggal gak? mungkin sempet berak dulu dianya? :)

      Delete
  15. Dia mati hari rabu dok, hari senin emang saya perhatikan fesesnya entah feses atau muntah, cairan bening ada putih2nya dok, disitu juga saya sadar kakinya botak. Tapi hari rabu malam sebelum mati fesesnya normal, jingga.

    Kalo soal ayam formalin kayanya sih ngga dok, tapi ga ada yg tau juga sih, saya beli di alf*mart.

    Intinya pas rabu malam itu masih sehat jam 8an, saya pergi, dan jam 10an pulang dia udah lemes.

    Kondisi ruangan tertutup ngaruh ga sih dok, cuaca juga lagi musim hujan apa berpengaruh juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti sih ada masalah di sistem pencernaannya. soal cuaca dan iklim, bisa jadi juga. ditambah sistem pencernaannya yg lagi gak bagus + cuaca yang buruk.

      gak mas kasih sari kurma ya? harusnya saat masuk musim hujan atau udara dingin, kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya bagus.

      silakan baca dlu artikel saya cara menjaga kesehatan musang saat musim hujan... :)

      Delete
  16. Dok mau tanya,kok owl saya si smithy kok kalo makan harus disuapi ya ?ya masih bulu kapas sih.meskipun dia udh seharian gak makan dia maunya disuapi gak mau gak disuapi tp kalo handsfeed gitu masih mau sih gak terlalu disodorin kedeket paruhnya tap kok dia kayak gak mau kalo makanan gak dideketin ke deket dia,itu caranya biar dia deketin makanannya gimana ya dok tanpa disodorin kemukany?

    ReplyDelete
  17. Referensi layanan Jasa Buat Website untuk segala bidang usaha ! Info selengkapnya di : www.buatwebseomurah.com Sudah ".COM" Plus Design Professional berkualitas dan ramah Search Engine

    ReplyDelete
  18. Selamat Siang Dokter, say mau bertanya apa burung hantu dilindungi dan tidak boleh dipelihara? Khusus nya celepuk dan javan owlet

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum🙏
    Dok mau tanya kalo otter gigit bulunya terus gimana cara mengatasinya? Soalnya bulunya sampe habis sebagian.
    Mohon pencerahannya dok🙏
    Terimakasih!

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.