Gigi Sugar Glider Bisa Tumbuh Lagi? | Drh. Fira Sovica

Pertanyaan

apakah gigi sugar glider yang dipotong bisa tumbuh lagi

kerap ditanyakan oleh pecinta sugar glider yang sudah kadung membeli sugar glider hasil tangkapan liar yang sudah dipotong giginya. Maka artikel singkat kali ini akan menjawab pertanyaan bisakah gigi sugar glider yang dipotong tumbuh kembali. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara sugar glider.
Gigi Sugar Glider Bisa Tumbuh Lagi?
Image taken from sugarglider.com


  • Sebenarnya, gigi sugar glider yang sudah dipotong bisa tumbuh lagi dengan syarat sugar glider tersebut masih dibawah 5 bulan karena pada usia 5 bulan, sugar glider dikatakan sudah dewasa dan pertumbuhan giginya sudah berhenti. 
  • Pemotongan gigi sugar glider sendiri sangat tidak disarankan dengan alasan apapun. Pemotongan gigi pada sugar glider akan mengakibatkan stress karena kesakitan yang amat sangat pada sugar glider, infeksi pada rahang dan mulut sugar glider, serta penyakit lain yang diakibatkan oleh pemotongan gigi sugar glider.
  • Anda juga sebaiknya tidak membeli sugar glider yang giginya dipotong. Sebaiknya, teliti gigi sugar glider sebelum membeli sugar glider.
Demikian adalah sekelumit tentang apakah

gigi sugar glider yang sudah terlanjur dipotong bisa tumbuh lagi atau tidak

. Semoga artikel sederhana ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan di atas. Terima kasih. (FS)

38 Responses to "Gigi Sugar Glider Bisa Tumbuh Lagi?"

  1. Dok, saya punya sg jantan waktu beli katanya umur 2 mgg oop, kemudian beli sg betina, kata penjual sekitar umur 3 4 bulan. Beda penjual. Ternyata saya bandingkan dengan sg saya yg jantan , yg betina ini gigi bawah nya sekitar setengahnya yg jantan, apa berarti itu di potong? Sg betina saya ini.. Makannya beda dari yg jantan. Yg jantan rakus apa aja di makan, tp yg betina ini makan cuma beberapa jilatan doank... Trus buah atau apapun ga ada yg mau jd cuma bubur bayi itupun encer dan 1 2 jilatan doank.. Saya beli dr tgl 26 desember. Skrg tgl 4 januari, msh sehat dok, cuma pagi siang mlm tidur mulu... Jd harus di ksh makan apa ya dok? Kalo boleh tau dr ada praktek di mana ya? Email saya arvellyn@gmail.com thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya dari penjelasan, susah untuk menentukan apakah gigi sg mbak/mas dipotong atau tidak. namun biasanya sg yang dipotong giginya akan luka di gusinya... coba cek, apakah ada luka di giginya atau tidak...

      Delete
    2. Kasus nya sama kaya saya.. Bedanyanya saya potong sendirii gigi sg nya.. Dan hasilnya dia ga mau makann.. Cuman mau bubur bayi doang.. Dikasih ulet hongkong sama buah ga mauuu.. Sedih liatnyaaa..

      Delete
  2. Dok, saya punya sg jantan waktu beli katanya umur 2 mgg oop, kemudian beli sg betina, kata penjual sekitar umur 3 4 bulan. Beda penjual. Ternyata saya bandingkan dengan sg saya yg jantan , yg betina ini gigi bawah nya sekitar setengahnya yg jantan, apa berarti itu di potong? Sg betina saya ini.. Makannya beda dari yg jantan. Yg jantan rakus apa aja di makan, tp yg betina ini makan cuma beberapa jilatan doank... Trus buah atau apapun ga ada yg mau jd cuma bubur bayi itupun encer dan 1 2 jilatan doank.. Saya beli dr tgl 26 desember. Skrg tgl 4 januari, msh sehat dok, cuma pagi siang mlm tidur mulu... Jd harus di ksh makan apa ya dok? Kalo boleh tau dr ada praktek di mana ya? Email saya arvellyn@gmail.com thanks dok

    ReplyDelete
  3. Kalo luka sih kayanya ga ada dok.. Tp itu loh.. Kok giginya cuma separuhnya Draco (yg jantan) padahal draco lbh kecil badannya sama umurnya. Tp pas di buka mulutnya dikit aja lngsng keliatan gigi bwh..
    Kalo pixie (betina) musti di tarik kebawahin mulut nya baru bisa keliatan giginya.. Apa emng panjang gigi lain2 dok? Thx..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kalau emang nggak keliatan ada bekas luka di gusinya or something, kayaknya bukan bekas pangkur. emang pertumbuhan giginya aja yang lambat. kadang ada kok yang begitu. gak apa2, selagi dia sehat. :)

      sekarang gimana keadaan mereka, mbak? sehat semuanya? :)

      Delete
  4. Kalo luka sih kayanya ga ada dok.. Tp itu loh.. Kok giginya cuma separuhnya Draco (yg jantan) padahal draco lbh kecil badannya sama umurnya. Tp pas di buka mulutnya dikit aja lngsng keliatan gigi bwh..
    Kalo pixie (betina) musti di tarik kebawahin mulut nya baru bisa keliatan giginya.. Apa emng panjang gigi lain2 dok? Thx..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kalau emang nggak keliatan ada bekas luka di gusinya or something, kayaknya bukan bekas pangkur. emang pertumbuhan giginya aja yang lambat. kadang ada kok yang begitu. gak apa2, selagi dia sehat. :)

      sekarang gimana keadaan mereka, mbak? sehat semuanya? :)

      Delete
  5. SGnya sehat dok... Amin.. Tp masalahnya ya itu makannya dikit.. Jd takut sakit.. Sebenarnya kandang burung diameter 22cm tinggi 38 cm cukup ga sih dok buat 2 SG? Sama kalo di ksh cerelac kmadu kurma boleh ga ya dok? Sama 1 lg dok.. Kata anak2 saya pixie sering bersin2... Tp saya sendiri ga pernah denger sih suara bersinnya.. Mungkin suaranya halus... Itu knp dok? Maaf ya dr.. Bolak balik tanya terus.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu2. mbak bisa tanya terus ke mari kalau ada yang ingin ditanyakan.

      kesehatan sugar glider bisa dilihat dari fesesnya kok. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan sugar glider dari fesesnya.

      selama dia masih mau makan, aktif, dan fesesnya normal, dia bisa dikatakan sehat. soal bersin2, selama tidak ada air yang keluar dari lubang hidungnya dan dia gak mogok makan, bisa dikatakan masih sehat....

      kandangnya udah lebih dari cukup kok... :)

      Delete
  6. dok, saya mau tanya. saya baru beli sg di pasar hewan, trus selama 3 hari ini masih terus crabbing kalo di sentuh atau ada sesuatu di luar kandang yang mengikutinya. bahkan sg yg lain di luar kandang seperti di usir dengan crabbing dan berusaha menyerangnya. setelah di perhatikan gigi bawahnya tidak ada. umurnya sudah +-8 bulan menurut penjualnya. lalu bagaimana cara menjinakannya dan bisakah dokter hewan memeriksa apakah di badan sg ini ada penyakit atau tidak. serta kalau terjadi trauma , bagaimana cara mengatasi trauma pada sg tersebut.
    nb: sgnya betina

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk pertanyaannya. bagus sekali.
      teeth trimming atau pemotongan gigi emang sangat menyakitkan bagi sugar glider kalau bukan dilakukan oleh dokter hewan. saran saya buat sg mbak, coba jaga pola makan. kasih makanan yang lembut2 dulu kayak bubur bayi campur sari kurma. mbak juga bisa taro kaus bekas pakai mbak (yang masih bau keringat) di dalam kandang, gunanya biar dia kenal bau tuannya. dengan begitu, dia bisa lebih tenang. biarin aja dia menyelusup ke dalamnya...

      hal lain, coba baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider.

      yang pasti, sabar, itu intinya. dan terima dia seperti apa adanya. jaga kesehatannya.

      coba cek fesesnya, tahinya. apakah mencret? chat aja kalau saya sedang online... :)

      Delete
    2. halo dokter, sgnya udah di satuin nih. sempet deg-degan sih pas nyatuinnya takut mereka berantem. untung saja mereka ga berantem. malah saling menerima dan beradaptasi. si betinanya juga jadi lebih tenang dan ga crabbing terus. feses si betina sudah bagus dok. warnanya hitam dan padat. tetapi masih ada 1 yang mencret dan berwarna coklat agak gelap. sisanya sih ok dok. apakah kalo udah di satuin, sg betinanya akan lebih mudah di jinakkan? lalu asupan apa yang di butuhkan agar mereka tidak kekurangan protein? sedangkan kalau di kasi jangrik atau yang agak padat , bisakah si betina yang giginya di potong ini mencerna atau memakannya ?

      Delete
  7. maaf dok saya ralat fesesnya si betina sih teksturnya lembek agak berair tetapi tidak berceceran . warnanya coklat seperti warna milk chocolate. apahak itu termasuk diare dok? lalu makanan apa yang cocok untuk si betina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru bisa balas sekarang. saya sedang sakit, maklum mbak kandungan lemah kayak begini... doakan ya biar saya cepat sehat... :)

      saya kira sih si betina masih sehat. untuk jangkrik coba aja kasih. gak apa2 kok.. :)

      sekarang keadaan sgnya gimana? kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  8. halo dokter yang cantik! cepat sembuh ya , semoga dapat kembali beraktifitas dengan normal :) God Bless !

    sg betinanya ga mau di kasih jangkrik dok. saya sudah coba. tapi syukur skrng dia udah agak gendutan hehehe. kmaren saya kasih buah ara yang di lembutkan bersama air dan diberi madu serta putih telur rebus. kemudian bubur bayinya saya kasih tambahan HPW

    kemarin saya coba untuk memegang dia, tapi seperti orang trauma. sikapnya mirip seperti pertama kali dia datang yang mencari tempat sembunyi di bawah tempat tidurnya. agak susah sih dok. saya takut sgnya malah mati stress :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak udah coba taruh kaus bekas pakai di dalam kandangnya? maksudnya biar da kenal bau tubuh mbak. jadi bisa lebih tenang...

      coba baca artikel cara menjinakkan sugar glider dan artikel lainnya...

      saya tunggu kabarnya.. :D

      Delete
  9. sudah dok, bukan di dalamnya sih tapi menutupi kandang. mungkin butuh waktu yang agak lama untuk dia inget baunya. kemarin coba di pegang sama papa karna saya juga jadi agak takut untuk memegangnya hehehe. kalau bicara progress sih ada dok. gigitannya ga sesering waktu pertama kali saya pegang.
    oia dok, saya mau tanya juga nih. kan sg saya yang jantan obesitas, mohon tipsnya dong dok untuk menguruskan badan sg.
    terima kasih dok :)

    ReplyDelete
  10. malam dok, saya mau update tentang sg saya nih yang betina kemarin. sekarang sgnya sudah mau di pegang , tapi masih di dalam batoknya belum bisa di ambil. cuma bisa di elus-elus saja. hehehe
    on progres nih buat bener-bener jinak.
    thank you banget atas saran yang selama ini dokter kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng ada peningkatan.. :D
      coba baca artikel saya bedanya jinak dan bonding. namun sebenernya sih yang penting sehat... :D

      Delete
  11. halo dokter, hari ini saya baru ketemu sg saya yang betina. sekarang keadaannya makin gendut dan sudah mau diberi makan jangkrik. entah kenapa dia ga mau minum dari tempat minumnya, malah dari air yang keluar dari bubur susunya atau sari-sari buah yang diberikan. tapi over all sih sehat dok hehehe . pantatnya jadi lebih lebar dari pada badan atasnya. saya perhatikan lubang kantungnya agak melebar. apakah itu sedang hamil ? saya baca-baca dari internet kalau mau cek pastinya dia hamil apa enggak harus di raba kantongnya, sedangkan dia masih belum mau di gendong. apahak secara fisik ada ciri-cirinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi saya ga pernah liat mereka lagi kimpoy dok. pernah liat si cowo coba naikin si cewe tapi cewenya nolak. trus saya denger dari teman saya , kalau mau cepet di kasih obat birahi unutk kucing. apa itu benar dok?
      tadi pagi saya mainin si cowo, pupnya bececeran ga kayak biasa yang padat, itu kenapa ya dok? baunya sih ga biasa, bau banget. tapi napsu makan masih biasa, apa ada efek samping dari pemberian hpw ya dok? malam ini sih makanannya saya kasih pepaya di bejek di cambur sedikit air dan madu. apa itu sudah benar dok?
      oia dok, si cewe kalo saya perhatikan bbonya matanya melek. kalau ada bayangan orang di depan kandangnya , pasti dia lansung bangun, tapi cuman melek sambil bboan di batoknya. apa itu artinya dia masih trauma sama manusia dok? masalah crabbing sih udah ga terlalu, kemudian apakah posisi ekor ikut menentukan mood dari sg tersebut?
      pas si cewe ini dateng pertama kali, buntutnya menegang sekali sampai bengkok. kayak kalo manusia tuh ngeden mulu. tapi sekarang udah kayak biasa dok, seperti sg jantannya yang sudah saya rawat dari 1 bulan. apa itu pengaruh dok?

      Delete
    2. untuk memastikan dia hamil atau nggak, mending tunggu waktu aja. nanti juga ketahuan sendiri. jangan dipegang2 dlu, apalagi di awal2 kehamilan. biarin aja... tauk2 udah ada joeynya kan seru... :)

      soal obat birahi buat hewan, saya sendiri tidak menyarankan. saya kita (maaf) agak keji juga memaksakan kehendak kita kepada hewan peliharaan kita. biarkan mereka tumbuh dan bereproduksi dengan sendirinya secara alami. biarkan mereka tumbuh dan sehat dengan bahagia tanpa adanya unsur2 keinginan manusia, mbak... :)

      kalau soal fesesnya yang bau banget, kan hewan kalo dikasih makan yang berprotein tinggi emang cenderung lebih bau fesesnya. 2 hingga 4x lebih bau. wajar kok. kalau mau nggak bau sih sebenernya cukup kasih buah aja.

      mbak taruh kaus bekas pakai di kandangnya nggak? coba aja taruh biar dia kenal bau tubuh mbak. dan sg sama aja kok kayak manusia, ada yang bisa tetap 'awas' saat tidur, ada juga yang kalau udah tidur, mirip kayak mati. hehehehe. dulu si Moran, sg saya, kalau tidur mau ada musik sekenceng apapun tetep aja tidur... :D

      kalau soal ekornya, kayaknya nggak masalah. mungkin lebih ke karakternya aja.

      kabari saya terus ya mbak...

      Delete
  12. halo dokter fira , saya mau update kabar 2 sg dewasa saya nih.
    Puji Tuhan yang cewe udah lumayan jinak dok hehehe, udah mau di pegang dan udah bisa di potong juga kukunya dok. trus hari minggu kmaren saya coba latih pake travel pouch, dan dia mau meskipun masih sering crabbing sih dok pas di bawa.
    sekarang dia ga pernah gigit yang niat buat nyakitin manusia lagi. saya hansfeed udah ga crabbig dan ga gigit hehehe makin gendut lagi.
    sekarang dia udah aktif banget dok. kalau lagi bangun dia suka joging di rodanya. pokoknya bagus deh dok perkembangannya. ga lupa juga bbnya naik, makin gendut hihihi.
    oia dok , si betina ini udah saya mandiin. saya takutnya dia bawa kutu dari pasar tempat dia dibeli kmaren. sg tuh bisa kutuan ga sih dok?

    sikapnya agak aneh kalau cowonya di keluarin, si betinanya ini jadi agak kurang pd , jadi sensitif . itu knapa yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya ikut senang sgnya sehat. :D
      sg bisa kutuan, tapi biasanya keliatan kalo kutuan. sg yang kutuan biasanya sering menggaruk badan dan bulunya. sering banget. kadang juga disertai dengan rontoknya bulu.

      kasih nama, mbak, sgnya. soal memandikannya, mending baca dlu artikel cara memandikan sugar glider. secara umum sih sebenernya sg gak usah dimandikan, cukup dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. soalnya sg juga kan bisa grooming. kayak kucing. dia suka menjilati badan dan bulunya kalau lagi merasa nggak bersih...

      soal sg cowoknya, itu masih dikatakan normal. mereka disatukan dalam satu kandang? :)

      saya tunggu kabar selanjutnya ya mbak...

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. sg saya yg betina dewasa namanya jesslyn dok dan yg jantan namanya jeansen.

    bulu mereka ga rontok sih dok hehehe, cuman was" aja takut kena kutu.

    oia dok, si jeansen kan sering manjat badan saya. trus kok kakinya selalu basah ya dok? itu wajar ga sih kalo tangannya selalu lembab?

    jesslyn sama jeansen di satuin dok kandangnya. seminggu sekali saya bersihkan kandang + batu tempat piss dan pupnya .

    dok kan di kosan saya banyak cicak, kadang cicaknya itu nebeng makan di kandang sg saya yg joey (jill dan gab) itu bahaya ga sih dok? padahal saya udah kasi kapur ajaib di sekitar kandang.

    kira-kira nih dok kalau kandang sg sebaiknya di kasih temat tidur gantung yg dari kain ga sih dok? soalnya dulu waktu jordan(alm) dan jenasen kecil ada yang bilang sama saya , jangan kasi yg kain-kain ke mereka , soalnya nanti bulunya kotor dan berubah warna. gimana kalau pendapat dokter fira? real lifenya sih saya kasian liat mereka di kain itu soalnya kukunya pada nyangkut, tapi kalau memang di butuhkan , saya akan mengadakan lagi untuk mereka.

    dok saya kemaren kepepet belom bikinin makanan jill n gab, jadi saya kasih biskuit regal di kasih aer. deg-degan juga sih dok , taktunya ga boleh dan berujung keracunan sampe mati. sebenernya boleh ga sih dok sg d kasih biskuit regal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal apakah bulunya rontok atau nggak, ya saya nggak tahu. hehehe. asal dijaga kebersihan kandangnya, aman kok.

      soal kaki sgnya selalu basah, mbak kasih minumnya gimana? kasih minum sg jangan ditaruh di wadah, tapi pake botol minum hamster... kadang kalau pake wadah, sgnya suka nyemplung ke situ... :)

      cicaknya nyerang sgnya? kalau nggak nyerang, aman aja. bagusnya sih dijauhkan. tiap kali ada cicak, usir aja... :)

      bagusnya sih pake tempat tidur dari kotak tisu. kasih kain2 di dalamnya. seminggu sekali dibersihkan...

      boleh aja sg dikasih biskuit regal+air. tapi minimal seminggu sekali kasih buah... :)

      Delete
  15. Kalo d kasih ulat hongkong atau jangkrik itu usia brp ya ? Sg saya 1 bln kmaren pnya yg dua bln d jual soalnya galak bgt gigit mulu saakit sekali gigitannya

    ReplyDelete
  16. Dok mau nanya
    kalau habis ngelahirin atau setelah OOP sg bakal jadi galak/liar lagi ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lebih galak sih iya. mungkin lebih dikatakan protektif. paling lebih sering crabbing aja. soal galak, sebenernya tergantung sgnya...

      Delete
  17. Hallo dokter, saya baru beli sg kmren, awalnya diam2 aja, beberapa jam kemudian di kluarin dari kandang dia lompat2 ksana kmari, gak mau di kekep di tangan, mwnya lompat2 terus, apa itu normal, sg nya udah umur 4 bulan, jantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsung dikekep di tangan, mas. kasian. malah stress nanti. sementara ini suapin aja makan pake tangan. bubur bayi mas cuil pake ujung jari, terus sodorin ke dia. sementara gitu aja dulu proses penjinakannya.
      kalau dia udah mulai anteng dan udah berkurang crabbingnya, baru mas bisa kekep. itupun jangan dipaksa.... :)

      Delete
  18. Halo dokter saya mau tanya makanan yang bagus buat pertumbuhan gigi sugar glider apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup pastikan asupan kalsium buat sgnya bagus, mas...
      itu aja sih... :)

      Delete
  19. Jadi apakah aman membeli sg yg giginya sudah dipotong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibilang aman atau nggak, tergantung sebenernya. seberapa parah luka di gusi sgnya. kalau mau aman, mending jangan. beli yang giginya masih utuh....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.