Mengobati Burung Yang Kena Snot | Drh. Fira Sovica

Penyebab penyakit snot pada burung adalah karena adanya infeksi pernafasan atas pada sistem pernafasan burung. Infeksi ini membuat adanya cairan yang mendesak ke arah mata burung, membuat mata burung jadi berair dan bengkak, atau adanya bercak putih pada mata burung. Jika tidak ditangani secara cepat, snot bisa menyebabkan kematian. Itulah ciri burung yang kena snot. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara lovebird.
Mengobati Burung Yang Kena Snot



Nah, bagaimana

cara mengobati burung yang kena snot

? Berikut adalah cara mengobati burung yang kena snot.
  • Pisahkan burung yang kena snot di kandang tersendiri (dikarantina), kemudian tutup kandang dengan kain kerodong, serta beri lampu di dalamnya agar kondisi kandang hangat.
  • Ingat, jangan pernah mencampur burung yang kena snot dengan yang sehat.
  • Jaga pola makan agar kondisi burung tetap fit.
  • Berikan obat khusus untuk mengobati snot.
  • Ada banyak merk obat untuk mengobati snot, diantaranya obat tetes merk Bio-snot, obat tetes merk StopSnot, dan tablet obat snot Trimezyn. Obat diberikan satu atau dua tetes setiap hari, dengan cara diteteskan langsung ke dalam paruh burung. Sementara obat tablet Trimezyn diberikan sebanyak 1/4 tablet setiap hari. Obat tablet Trimezyn bisa anda beli di toko makanan burung terdekat, dan saya cenderung lebih menyarankan agar anda menggunakan obat ini. 1/4 tablet Trimezyn di tumbuk halus, diberikan air sebanyak 2 sendok teh, kemudian diminumkan ke burung yang menderita snot. StopSnot bisa anda beli di toko makanan burung terdekat, atau bisa pula dengan membelinya secara online di website omkicau.com. Silakan klik di sini untuk membeli produk StopSnot.
  • Untuk merawat mata burung yang bengkak dan berair, anda bisa memberikan obat tetes untuk burung.
  • Ada banyak pula jenis dan merk obat tetes mata untuk burung, diantaranya merk Kitolod Plus, OTM-B, dan semacamnya. Cara memberikan obat mata untuk burung adalah dengan cara diteteskan langsung ke matanya sebanyak setetes, dengan pemberian setiap pagi dan sore hari. Setelah diteteskan ke matanya, area sekitar mata burung dilap menggunakan tisu yang dibasahi air hangat. Obat merk Kitolod Plus adalah produk keluaran dari omkicau.com, yang bisa anda beli secara online di website omkicau.com.
Demikian adalah artikel tentang

mengobati snot

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam menyembuhkan burung yang kena snot. Ada saran atau pertanyaan? Silakan tulis pertanyaan anda dibawah ini. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Mengobati Burung Yang Kena Snot"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.