Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak | Drh. Fira Sovica

Bagaimana cara mengobati mata kura-kura yang bengkak?

Demikian pertanyaan yang masuk ke kolom komentar beberapa hari yang lalu. Memang, pertanyaan tentang pengobatan mata kura-kura yang bengkak dan merem terus sudah beberapa kali ditanyakan. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara kura-kura.



Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak
Image taken from flickr.com
  • Penyakit mata bengkak kura-kura biasanya lebih sering terjadi pada kura-kura air seperti kura-kura brazil dan semacamnya. Meski penyakit ini lebih sering terjadi pada bayi kura-kura dan anakan kura-kura, namun juga kerap terjadi pada kura-kura yang sudah dewasa.
  • Ada beberapa faktor penyebab kenapa mata kura-kura atau kelopak mata kura-kura bengkak, diantaranya adalah kurangnya vitamin a dan infeksi pada mata. Mari kita telaah kedua penyebab mata kura-kura bengkak tersebut berdasarkan ciri dan tandanya:
    1. Jika mata kura-kura bengkak tanpa adanya ruam kemerahan di bagian yang bengkak, juga kura-kura tersebut tidak sering menggaruk bagian matanya, maka kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya vitamin A. Ciri dan tanda ini biasanya lebih sering terjadi pada anakan kura-kura.
    2. Sebaliknya, jika mata kura-kura yang bengkak juga disertai dengan kemerahan, dan kura-kura yang sakit tersebut juga sering menggaruk bagian mata dengan kakinya, berarti ada rasa gatal yang diakibatkan oleh bakteri dan infeksi di mata tersebut. Oleh karena itu, bengkak pada kelopak mata kura-kura ini bisa terjadi baik pada anakan kura-kura maupun kura-kura dewasa.
  • Sebelum saya memberikan tips cara mengobati mata kura-kura bengkak, saya sebenarnya lebih menganjurkan anda untuk membawa kura-kura yang sakit ke dokter hewan agar dapat dipastikan apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya.
  • Cara mengobati kura-kura yang matanya bengkak akibat kurang vitamin a adalah dengan cara memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin a. Anda bisa memberikan potongan buah-buahan seperti pepaya pepaya matang yang dipotong kecil-kecil, wortel rebus yang dicacah kecil-kecil, serta pellet kura-kura dengan kandungan vitamin a yang tinggi.
  • Untuk kura-kura yang matanya bengkak akibat infeksi bakteri, anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung gentamicin. Ada banyak merk obat tetes mata yang punya kandungan gentamicin, diantaranya obat tetes mata merk Genoint, merk Genta, merk Betagentam, merk Gentamicin, merk Sagestam, dan lain sebagainya.
Demikian adalah

penyebab mata kura-kura bengkak

dan cara mengobati kelopak mata kura-kura bengkak. Semoga artikel singkat kali ini bisa membantu anda semua. Masih ada yang ingin ditanyakan? Silakan tulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

56 Responses to "Mengobati Kura-kura Yang Matanya Bengkak"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.