Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok | Drh. Fira Sovica

Burung hantu paruh kodok adalah jenis burung hantu yang memiliki paruh berbentuk pendek, pipih, dan melebar ke samping. Bentuk paruhnya membuatnya disebut frogmouth atau paruh kodok. Di Indonesia, jenis burung hantu ini diketahui memiliki habitat asli di pulau kalimantan.

Cara memelihara burung hantu paruh kodok

agak mirip seperti memelihara celepuk, tentu dengan beberapa kekhasan yang diketahui hanya dimiliki oleh burung hantu paruh kodok.



Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok
Image taken from wikimedia.org
Nah, bagaimana cara merawat burung hantu paruh kodok? Berikut adalah trik perawatan burung hantu frogmouth atau paruh kodok:
  1. Makanan burung hantu paruh kodok adalah serangga.
  2. Seperti halnya jenis burung hantu lain, burung hantu paruh kodok adalah burung karnivora. Anda bisa memberikan jangkrik berukuran kecil sebagai makanan sehari-hari, dan ulat hongkong sebagai makanan mingguan. Porsi makan burung hantu paruh kodok adalah 3 kali sehari. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel saya, porsi makan burung hantu. Porsi makan burung hantu paruh kodok relatif sama dengan porsi makan celepuk.
  3. Burung hantu paruh kodok sebaiknya tidak dikandangkan di kandang jeruji. Anda bisa membuat owlbox dari kardus yang cara membuatnya sudah saya tulis di artikel cara membuat owlbox sederhana dari kardus. Selain itu, jika anda punya waktu lebih, anda juga bisa membuat owlbox dari kayu atau papan. Cara membuat owlbox dari kayu sudah saya tulis di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
  4. Berikan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh burung hantu. Silakan baca artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. Berikan suplemen yang saya tulis di artikel itu sehari sekali.
  5. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung hantu paruh kodok adalah bahwa tingkat stress burung hantu jenis ini relatif lebih tinggi daripada burung hantu celepuk. Hindari suara-suara keras, dan beri makan secara rutin. Dan jangan sampai telat memberi makan, karena fatal akibatnya. Kesehatan burung hantu paruh kodok bisa diketahui berdasarkan tanda-tanda tertentu. Anda bisa membaca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
  6. Burung hantu paruh kodok bisa dilatih dan di-bonding-kan. Kunci utama penjinakkan burung hantu adalah sabar, sabar, dan sabar. Untuk referensi, silakan baca artikel-artikel saya di blog ini yang berkaitan dengan burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara burung hantu paruh kodok

yang saya tulis berdasarkan pengalaman memelihara burung hantu paruh kodok. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara jenis burung hantu paruh kodok. Terima kasih. (FS)

61 Responses to "Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.