Alasan Kenapa Ular Piton Makan Orang | Drh. Fira Sovica

Beberapa waktu yang lalu heboh berita tentang petani yang tewas dimakan ular. Mayat pria tersebut ditemukan di dalam tubuh ular setelah dinyatakan hilang saat bekerja di ladang miliknya. Banyak yang bertanya kepada saya, kenapa kok ular bisa makan manusia?
Alasan Kenapa Ular Piton Makan Orang
Image taken from pixabay.com



Sebenarnya, daging manusia bukan "menu favorit" hewan buas. Ikan hiu misalnya, langsung melepaskan gigitan saat tahu sesuatu yang digigitnya adalah manusia. Begitu pula hewan buas lain.
  • Hewan buas hanya makan manusia saat dia sudah sangat lapar, dan tidak ada makanan lain yang bisa dimakan. Artinya, selama masih ada makanan lain yang bisa dimakan, hewan buas itu pasti makan makanan lain.
  • Nah, sekarang, mari kita renungkan: siapakah yang membuat hewan kehilangan makanannya? Ya manusia juga. Manusia membabat hutan, membakar lahan untuk membuka perkebunan, memburu hewan, membuat ratusan spesies hewan punah, dan secara garis besar menghancurkan alam, membuat hewan yang tersisa kehabisan makanan, lalu terpaksa memangsa manusia karena tidak ada pilihan lain, maka itu salah hewannya?
  • Faktor kedua yang membuat hewan menyerang dan makan orang adalah karena terancam.
  • Tentu kita mafhum dan paham bahwa selemah apapun hewan, dia pasti akan menyerang jika terancam. Tidak ada hewan yang "iseng" saat menyerang manusia. Hewan juga akan makin defensif jika dia sedang hamil, menyusui, atau melindungi anaknya.
  • Sebagai satu-satunya makhluk yang memiliki akal, manusia harusnya paham akan hal ini. Tapi kadang ada saja orang yang "ndableg", malah sengaja mengusik hewan tersebut. Maka tidak ada jalan lain bagi hewan yang diserang itu selain menyerang untuk mempertahankan dirinya.
Demikian adalah alasan kenapa hewan buas makan manusia atau alasan kenapa hewan memangsa manusia. Semoga artikel di atas bisa memberikan pemahaman kepada kita semua untuk terus melestarikan alam.

3 Responses to "Alasan Kenapa Ular Piton Makan Orang"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.