Cara Mengobati Kucing Yang Kembung | Drh. Fira Sovica

Penyakit kucing kembung

biasanya ditandai dengan perut kucing yang membesar dan kucing sering kentut (buang angin). Sama halnya dengan manusia yang kembung, kucing yang perutnya kembung akan merasakan rasa tidak nyaman. Artikel berikut akan memberikan solusi dan cara menangani kucing yang kembung. Artikel ini terkait dengan artikel perawatan harian kucing persia.

Cara Mengobati Kucing Yang Kembung
Image takn from https://plus.google.com/+CuteCATS101
Bagaimana tips untuk mengobati kucing yang kembung? Berikut adalah cara menangani kucing yang kena penyakit kembung:
  • Penyebab kucing kembung biasanya karena kedinginan. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pindahkan kucing ke ruangan yang lebih hangat, dan jaga suhu ruangan agar tetap hangat.
  • Minumkan air jahe kepada kucing.
  • Caranya, haluskan satu sendok teh jahe, lalu campur dengan satu cangkir kecil air panas. Aduk hingga rata dan tutup cangkir dengan penutup cangkir hingga air jahe hangat. 
    Setelah air jahe hangat, saring air jahe dan buang ampas jahenya. Siapkan pipet, dan sedot air jahe kedalam pipet dengan dosis 1ml perkilogram berat badan kucing (misalnya: berat kucing 2kg, maka dosis air jahenya cukup 2ml). Minumkan ke kucing 2 kali sehari. 
    Air jahe bisa digunakan berulang pada hari yang sama. Jika sudah lebih dari 24 jam, maka sebaiknya air jahe ganti dengan yang baru (buat ulang). Jika belum melewati hari yang sama, cukup hangatkan lagi air jahenya. Air jahe sebaiknya diberikan beberapa jam setelah kucing makan, idealnya satu atau dua jam setelah kucing makan.
  • Usapkan minyak telon ke bagian perut dan dada kucing, lakukan 3 kali sehari.
  • Berikan makanan lunak (wetfood) agar sistem pencernaannya tidak terbebani dengan makanan keras (dryfood).
  • Untuk mempermudah keluarnya gas dari perut kucing, anda bisa mengompres-kering perut kucing menggunakan handuk hangat.
  • Siapkan handuk kecil, lalu spray handuk tersebut dengan menggunakan spray berisi air mineral sebanyak 3 sampai 5 kali semprotan, dan gosok handuk dengan setrika panas hingga handuk terasa panas. Diamkan beberapa detik hingga handuk terasa hangat dan nyaman di tangan, lalu tempelkan ke perut kucing. 
    Anda juga bisa membungkus kucing dengan handuk hangat seperti pada gambar di atas.
  • Jika kucing yang kembung tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan dalam waktu seminggu setelah mulai diobati, segera bawa ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian adalah

cara mengobati kucing yang kena penyakit kembung

akibat kedinginan. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam menangani kucing yang kembung. Terima kasih. (FS)


220 Responses to "Cara Mengobati Kucing Yang Kembung"

«Oldest   ‹Older   1601 – 220 of 220
«Oldest ‹Older   1601 – 220 of 220   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.