Cara Agar Musang Anteng | Drh. Fira Sovica

Cara agar musang tidak kabur

saat dikeluarkan dari kandang memang banyak ditanyakan kepada saya oleh para owner musang. Banyak orang yang memelihara musang menginginkan agar musangnya anteng, atau tidak kabur-kaburan saat dikeluarkan dari kandang. Hal tersebut sebenarnya mudah saja dilakukan dengan trik-trik tertentu. Kali ini, saya akan menjabarkan lebih lanjut tentang cara agar musang anteng saat dikeluarkan dari kandang. Bagi anda yang baru saja nimbrung di blog saya, saya ucapkan selamat datang. Bagi anda yang ingin memelihara musang bulan, anda bisa membaca cara memelihara musang bulan dengan membaca cara merawat musang bulan. Bagi anda yang memelihara musang pandan, anda bisa membaca cara memelihara musang pandan. Cara merawat musang rase juga bisa anda baca di artikel cara memelihara rase.
Cara Agar Musang Anteng
Image taken from http://www.kaskus.co.id

Cara agar musang anteng di luar kandang

sebenarnya tergantung kepada musang itu sendiri. Seperti yang saya tulis di artikel musang bisa jinak sendiri tanpa dilatih, ada faktor x yang tidak diketahui dalam hal menjinakkan musang. Hal ini karena musang memiliki karakter yang unik, seperti halnya manusia. Ada yang mudah menerima manusia, dan ada pula yang sangat galak kepada manusia. Namun seperti saya tulis di artikel cara menjinakkan musang, pada prinsipnya semua musang bisa dijinakkan. Berhasil atau tidaknya, balik lagi ke usaha anda dalam menjinakkan musang itu sendiri.
Dari paragraf di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cara agar musang anteng adalah sebagai berikut:
  • Sering-sering berinteraksi kepada musang.
  • Semakin sering anda berinteraksi dan mengajak main, maka semakin dia mengenal anda. Hal tersebut penting agar terjadinya ikatan antara anda dan musang anda. Musang yang mengenal tuannya akan anteng jika dikeluarkan dari kandang. Makin sering anda berinteraksi dengan musang anda, maka makin terikat dia dengan anda. Anda juga bisa menggendong musang anda di pundak dan membiarkannya berjalan di seantero pundak anda. Sebagai referensi, anda juga bisa membaca artikel cara agar musang bonding.
  • Sering mengelus badan dan sering memberikan makanan dengan cara disuapi (handsfeed).
  • Cara kedua agar musang tidak kabur saat diajak main adalah dengan cara sering mengelus bulu musang. Saya selalu percaya bahwa musang sebenarnya bisa membaca pikiran kita. Semua hewan bisa melakukan hal yang sama. Hal ini pernah saya tulis di artikel imprint pada musang dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang. Tanamkan cinta kepada musang, jangan takut, lalu biarkan musang menatap mata anda sambil anda mengusap bulu musang. Cara tersebut efektif untuk membuat musang anteng saat dikeluarkan dari kandangnya.
  • Jangan melakukan hal-hal yang tidak dilakukan dalam menjinakkan musang.
  • Ada beberapa hal yang hendaknya tidak dilakukan dalam menjinakkan musang. Hal tersebut pernah saya bahas di artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang yang linknya sudah saya cantumkan di poin kedua.
  • Buat musang senyaman mungkin dengan lingkungannya.
  • Melepaskan musang di ruangan rumah (freeroom) dan membiarkannya berkeliling di sekitar rumah adalah cara ketiga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Dengan sering melepaskannya di dalam rumah, dia akan merasa bahwa rumah anda sebagai rumahnya. Dengan begitu dia akan cepat jinak.
  • Sabar.
Hal terpenting dalam menjinakkan hewan buas termasuk musang adalah kesabaran yang tinggi, begitu juga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Kesabaran mutlak diperlukan untuk menjalankan beberapa poin di atas.
Demikian adalah artikel

cara agar musang anteng

. Dari poin-poin cara agar musang tidak kabur di atas, poin yang terpenting adalah kesabaran. Terutama saat anda luka digigit musang. Digigit adalah jamak dalam memelihara musang, maka hendaknya jangan mengeluh saat digigit musang. Kadang saya suka tertawa sendiri saat melihat status owner musang yang mengeluh tangannya terluka digigit musang, kadang disertai dengan foto tangan atau jari yang luka. Lebay banget. Saat digigit musang, anda cukup membersihkan luka dengan larutan air mineral (70%) dan cairan antiseptik (30%), lalu dibalut dengan kain kasa jika darah terus mengucur. Digigit musang gak sefatal digigit ular kobra. Salahsatu kenalan saya koma selama 3 minggu akibat digigit ular kobra peliharaannya, tapi tak sedikitpun dia mengeluh karena dia sadar bahwa itulah resiko memelihara ular kobra. Sekian mengenai cara agar musang tenang saat dikeluarkan dari kandang ini. Terima kasih. (FS)

344 Responses to "Cara Agar Musang Anteng"

«Oldest   ‹Older   601 – 344 of 344
«Oldest ‹Older   601 – 344 of 344   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.