Tuesday, February 3, 2015

Cara Agar Musang Anteng | Drh. Fira Sovica

Cara agar musang tidak kabur

saat dikeluarkan dari kandang memang banyak ditanyakan kepada saya oleh para owner musang. Banyak orang yang memelihara musang menginginkan agar musangnya anteng, atau tidak kabur-kaburan saat dikeluarkan dari kandang. Hal tersebut sebenarnya mudah saja dilakukan dengan trik-trik tertentu. Kali ini, saya akan menjabarkan lebih lanjut tentang cara agar musang anteng saat dikeluarkan dari kandang. Bagi anda yang baru saja nimbrung di blog saya, saya ucapkan selamat datang. Bagi anda yang ingin memelihara musang bulan, anda bisa membaca cara memelihara musang bulan dengan membaca cara merawat musang bulan. Bagi anda yang memelihara musang pandan, anda bisa membaca cara memelihara musang pandan. Cara merawat musang rase juga bisa anda baca di artikel cara memelihara rase.
Cara Agar Musang Anteng
Image taken from http://www.kaskus.co.id

Cara agar musang anteng di luar kandang

sebenarnya tergantung kepada musang itu sendiri. Seperti yang saya tulis di artikel musang bisa jinak sendiri tanpa dilatih, ada faktor x yang tidak diketahui dalam hal menjinakkan musang. Hal ini karena musang memiliki karakter yang unik, seperti halnya manusia. Ada yang mudah menerima manusia, dan ada pula yang sangat galak kepada manusia. Namun seperti saya tulis di artikel cara menjinakkan musang, pada prinsipnya semua musang bisa dijinakkan. Berhasil atau tidaknya, balik lagi ke usaha anda dalam menjinakkan musang itu sendiri.
Dari paragraf di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cara agar musang anteng adalah sebagai berikut:
  • Sering-sering berinteraksi kepada musang.
  • Semakin sering anda berinteraksi dan mengajak main, maka semakin dia mengenal anda. Hal tersebut penting agar terjadinya ikatan antara anda dan musang anda. Musang yang mengenal tuannya akan anteng jika dikeluarkan dari kandang. Makin sering anda berinteraksi dengan musang anda, maka makin terikat dia dengan anda. Anda juga bisa menggendong musang anda di pundak dan membiarkannya berjalan di seantero pundak anda. Sebagai referensi, anda juga bisa membaca artikel cara agar musang bonding.
  • Sering mengelus badan dan sering memberikan makanan dengan cara disuapi (handsfeed).
  • Cara kedua agar musang tidak kabur saat diajak main adalah dengan cara sering mengelus bulu musang. Saya selalu percaya bahwa musang sebenarnya bisa membaca pikiran kita. Semua hewan bisa melakukan hal yang sama. Hal ini pernah saya tulis di artikel imprint pada musang dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang. Tanamkan cinta kepada musang, jangan takut, lalu biarkan musang menatap mata anda sambil anda mengusap bulu musang. Cara tersebut efektif untuk membuat musang anteng saat dikeluarkan dari kandangnya.
  • Jangan melakukan hal-hal yang tidak dilakukan dalam menjinakkan musang.
  • Ada beberapa hal yang hendaknya tidak dilakukan dalam menjinakkan musang. Hal tersebut pernah saya bahas di artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang yang linknya sudah saya cantumkan di poin kedua.
  • Buat musang senyaman mungkin dengan lingkungannya.
  • Melepaskan musang di ruangan rumah (freeroom) dan membiarkannya berkeliling di sekitar rumah adalah cara ketiga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Dengan sering melepaskannya di dalam rumah, dia akan merasa bahwa rumah anda sebagai rumahnya. Dengan begitu dia akan cepat jinak.
  • Sabar.
Hal terpenting dalam menjinakkan hewan buas termasuk musang adalah kesabaran yang tinggi, begitu juga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Kesabaran mutlak diperlukan untuk menjalankan beberapa poin di atas.
Demikian adalah artikel

cara agar musang anteng

. Dari poin-poin cara agar musang tidak kabur di atas, poin yang terpenting adalah kesabaran. Terutama saat anda luka digigit musang. Digigit adalah jamak dalam memelihara musang, maka hendaknya jangan mengeluh saat digigit musang. Kadang saya suka tertawa sendiri saat melihat status owner musang yang mengeluh tangannya terluka digigit musang, kadang disertai dengan foto tangan atau jari yang luka. Lebay banget. Saat digigit musang, anda cukup membersihkan luka dengan larutan air mineral (70%) dan cairan antiseptik (30%), lalu dibalut dengan kain kasa jika darah terus mengucur. Digigit musang gak sefatal digigit ular kobra. Salahsatu kenalan saya koma selama 3 minggu akibat digigit ular kobra peliharaannya, tapi tak sedikitpun dia mengeluh karena dia sadar bahwa itulah resiko memelihara ular kobra. Sekian mengenai cara agar musang tenang saat dikeluarkan dari kandang ini. Terima kasih. (FS)

235 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»

Selain poin" di atas,Mungkin pernah dengar mitos dgn memberi air liur kita kepada hewan peliharaan bisa membuat hewan itu cepat jinak.tapi saya punya cara lain lg,yaitu dg "mencelupkan" (maaf) kelamin kita ke air minumnya.memang cara ini terbilang "konyol" tapi menurut saya ini sangat efektif,karna peliharaan" yg baru saya beli gak sampe seminggu bisa jinak.... :)

iya, saya sempet denger juga mengenai cara itu. :D
iya, betul, memang rada konyol. da unlogic sekali. tapi banyak yang masih percaya dengan cara itu.

dok. kok baby musang saya kalo dikasih dot bayi gx mau ya... tapi malah milih gigitin jari saya.. jadi agak kewalahan kalo dia laper kudu korban jari.. hehehe.. ada tips gx dok.. biar dia mau minumnya k dot langsung.. tanpa harus ngemut jari

coba berikan pakai pipet atau suntikan yang ada selang kecilnya (biasa dijual ama abang2 tukang mainan di depan sd), sedikit2 aja berikan makanannya.... jangan sampai tersedak...

Owh bgitu ya dok.. terimakasih atas infonya :)

Dok, balik lagi nih hehe
Musang kan hewan nokturnal tuh
Kalo musang di kluarin (di ajak main) dari kandang pas malem, apa musangnya bakal lebih agresif ?
Maap ya dok banyak nanya. Pemula hehe

gak, kalau memang jinak ya biasanya tetep jinak, mau siang atau malam... :)

dok musang saya berumur 2 bulan, 2 minggu ini saya melihat perbedaan pada mata sebelah kananya, awalnya berwana abu" tapi sekarang sudah kelihatan semakin putih, apa musang saya terkena katarak dok, saya sudah mencoba memulihkannya dengan cara menempatkan dia ditempat yg gelap atw tidak terlalu sialu, namun tidak ada perubahannya, asupannya pun saya ganti dengan wortel serta buah"an lain, bagaiman cara menyembuhkannya dok, terimkasih

sementara ini, coba seperti itu dulu. batasi makanan, cukup hanya buah2an saja. gak usah ditaruh di tempat gelap, di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung saja. kalau toh mau dijemur, jangan kena sinar matahari langsung. dikasih kain di atas kandangnya agar sinar matahari tidak langsung kena matanya... diobservasi dulu selama 2 minggu ke depan, nanti kemari lagi setelah 2 minggu ya mbak... :)

terimkasih dok, atas sarannya. saya akan konsultasikan kembali,

Dok kenapa ya musang saya kejang2 trus kepalanya gemeteran disertai mulut berlendir ky liur. Apa gejala musang sy?

sebelumnya dikasih makan apa? musangnya umur berapa??
coba kasih air kelapa dan makanannya ganti dengan buah2an saja. kalau belum bisa makanan padat, buahnya bisa diblender dulu... :)

Sebelomnya saya kasih susu sgm+bubursun pisang. Umur 1,5 bulan.
tpi kemaren sudah saya kasih air kelapa tp ga ada perubahan terus saya bawa kedok.hewan dan disitu musangnya disuntik selang beberapa jam musangnya agak mendingan tp sekarang masih lemes, gimana biar pulih kembali musangnya dok??

terus kata dokternya gimana mas?
sementara ini ikutin aja instruksi dari dokternya. soalnya beliau yang tahu keadaan pasti musangnya... :)

Kata dokternya ada gangguan saraf pada musangnya tpi ga terlalu parah, hanya saja harus lebih diperhatiin lg pola makannya. dan dianjurin sama dokter beli recovery "royal canin" kaleng+pipet dan madu buat penambah tenaga, alhamdulilahnya sekarang musang saya sudah sehat walaupun sempet panik kemaren. :D makasih dok udah beri kesempatan buat konsultasi :)

Coba ushakan diberi minum air gula merah/gula aren tiap 1 mnggu skali..

This comment has been removed by the author.

bu dokter gimn kalau muspan saya di kasi rantai apa dia bisa stres..?

makanya jangan dkasih rantai mas. pakein harness aja... :)

kalau herness nya dibuka pas dimandiin gpp tu bu..?
memang blm saya kasi rantai sih karena mau makeinya aja si betsie udah lasak kesana kemari gigit2 jdnya blm saya kasi rantai..
kalau di biarin di kandang terus ggp bu..?
maaf ni banyak nanya..:)

iya, pas mandi dilepas aja. :)
lebih baik jangan ditaruh di kandang terus, mas. kasian. sesekali ajak main juga. kalau masih galak, ya wajar. musang memang dasarnya hewan buas. hehehe... silakan baca cara menjinakkan musang...

salam buat betsie ya mas... :)

masih ragu sih bu kalau ngluarin betsie dr kandang takut lepas ga' balik lg..:(
paling saya ngajak dia main di dalam kandangnya aja belai2nya..:D

baik bu saya sampaikan salamnya sama betsie..:)

coba lepaskan di ruangan tertutup saja. yang kira2 gampang ditangkap... :)
triknya jangan takut, mas. soalnya mereka (musang) biasanya selalu tau kalau kita takut. sama kayak menghadapi hantu: kalau kita takut, mereka makin berani. kan emang musang auranya lebih kuat. :)

coba usahain berani. bebat tangan mas pakai kain. angkat/pegang pangkal ekornya, pakai tangan kanan, terus sorongkan tangan kiri mas ke bagian perutnya, kemudian coba angkat... :)

This comment has been removed by the author.

kira2 kalau di lepaskan di ruangan tertutup berapa X dlm seminggu dn berapa lama dok estimasi waktunya..?

maaf kalau banyak pertanyaan bu dokter..:)

gak usah lama2. sehari 5 hingga 10 menit aja sudah cukup. elus aja di luar kandang, atau pakein harness lalu ajak jalan di dalam ruangan. intnya berinteraksi... :)

emang musangnya masih galak banget ya mas? namanya siapa? :)

baru 4 hari sama saya bu', namanya betsie..:)
masih suasana adaptasi kalau saya baca di blog bu doker..:)

iya, sepertinya masih adaptasi. lanjutkan saja mas perawatannya... :)
salam buat betsie..

thanks ia bu dokter, saran dn blognya membantu bgt..:)

dok, mata musang saya belum ada perubahan, malah main outih dan terlihat titik putih.. apa memang benar" sudah katarak,, jikalaupun begitu, langkah apa yg harus saya ambil, yang saya khawatirkan mata sebelahnyapun akan terkena juga, terimakasih dok, mohon sarannya

yakin makanannya sudah dijauhi dr asupan protein? hanya buah2an?? gak dikasih daging2an samasekali??
kalau memang semua pertanyaan saya di atas jawabannya YA tapi tetap putih, saya sarankan lebih baik ke drh segera.... takutnya ada masalah di bagian lain matanya....

1 lagi dok. igo sekarang tidurnya aga ngorok. hidungnya basah terus, dan matanya sedikit berair, dan saat buang air pun sedikit encer, apa dia sakit ya dok. diwilayah saya sulit menemukan dokter hewan dok, terimakasih

gak sering dijemur ya mbak? coba lebih sering dijemur. untuk obat, bisa mbak coba beli amoxicillin. satu tablet dipotong jadi 4 bagian, lalu satu bagian ditumbuk dan ditambah 6 sendok makan air mineral. minumkan ke musangnya.....
jaga kebersihan kandang, makanan rutin. hanya buah saja, JANGAN YANG LAIN.

saya memberinya buah"an tapi kemarin saya memberi dia ayam, kandangnyapun dibersihakn, krna kbanyakan dia saya lepas , oh jadi bisa dikasih obat ya bu dokter, tidak terlalu sering saya jemur, krna diwilayah saya hujan terus, mkasi bu dokter, diwilayah saya sulit mencari dokter hewan,

Haduuh, kenapa masih diberi protein sih mbak? :)
apalagi dikasih ayam. kadang sedikit juga ngaruh bagi mata yang katarak....

gtu ya dok, soalnya saya awam banget buat pelihara musang. klo sudah begitu apabisa diobati?? apa menular, ke mata yg sebelahnya

gtu ya dok, soalnya saya awam banget buat pelihara musang. klo sudah begitu apabisa diobati?? apa menular, ke mata yg sebelahnya

saya memberinya buah"an tapi kemarin saya memberi dia ayam, kandangnyapun dibersihakn, krna kbanyakan dia saya lepas , oh jadi bisa dikasih obat ya bu dokter, tidak terlalu sering saya jemur, krna diwilayah saya hujan terus, mkasi bu dokter, diwilayah saya sulit mencari dokter hewan,

1 lagi dok. igo sekarang tidurnya aga ngorok. hidungnya basah terus, dan matanya sedikit berair, dan saat buang air pun sedikit encer, apa dia sakit ya dok. diwilayah saya sulit menemukan dokter hewan dok, terimakasih

dok, mata musang saya belum ada perubahan, malah main outih dan terlihat titik putih.. apa memang benar" sudah katarak,, jikalaupun begitu, langkah apa yg harus saya ambil, yang saya khawatirkan mata sebelahnyapun akan terkena juga, terimakasih dok, mohon sarannya

coba kasih pepaya matang. kalau setelah dikasih pepaya warna pupnya sama seperti warna pepaya, kemungkinan memang sakit.... saran saya sih kasih pepaya saja.... :)

setau saya, katarak tidak menular ke mata sebelahnya.... langkah2nya sudah saya kasih tau: jangan kasih makan protein...

hanya warna putih saja atau kadang ada beleknya mbak? saran saya tetap bawa ke drh terdekat...

apa kalau musang warna pupnya sama dengan makanannya itu tandanya sakit dok?

justru sebaliknya. kalau warna pupnya sama dengan warna makanannya, dia sehat. terutama kalo makanannya buah pepaya. kalau makanan lain, sepertinya tidak bisa jadi indikator... :)

dok, mau tanya mengenai musang milik saya. belum lama ini kaki kiri depannya tiba-tiba pincang, dua kemudian kaki kanan belakangnya juga ikut pincang. kira-kira musang milik saya kenapa dan bagaimana cara mengobatinya dok?

usianya masih bayi? betul mas??
silakan baca artikel cara mengobati anak musang yang berjalan mundur.... :)

usiany sudah hampir 1 tahun dok..

sekarang masih seperti itu??
kata penjualnya gmn katanya? emang dari penjualnya seperti itu atau tidak?
kalau tidak, kemungkinan besar ada insiden dalam pengiriman. biasanya disertai stress akibat perlakuan yang buruk. coba mas cek fesesnya, bentuknya seperti apa. sementara ini, kasih makan pepaya aja mas. nanti liat fesesnya, apakah warnanya sama seperti pepaya yang ia makan atau tidak.... :)

saya tunggu kabarnya... :)

Dok musang saya klo dluar kandang pngene kabur trus n klo mau dkluarin dr kndng gak mau.itu knp dok?trus klo dtmpat rame masih takut,tolong ya dok solusinya ak pemula nie hehe..mksih ya sblumnya dok.

perlu dibiasakan dengan kehadiran manusia. mas bisa taruh kandangnya di tempat yang banyak dilalui manusia agar dia terbiasa. proses penjinakkan musang juga wajib dilakukan. silakan baca artikel cara menjinakkan musang... :)

Maaf bu dokter aq mau tanya,,
Aq punya muspan jantan 2-3blnan,sehat,gemuk,lincah (lincah bgt malahan)...
Dia g strike,g defend,jitot,tp pecicilan pakai bgt,,,,ngajak bercanda terus,klo dah bercanda apa2 di gigitin,,,g sakit sih,tp g mau diem,,,
Aq handel dia udah sesering mngkin,min 2-4 jm/hari,,,
Cara nya biar anteng gmn y dok?
Mohon bantuannya,terimakasih bu dokter...

kalau menurut saya sih dihandle gak usah selama itu. :)
yang penting kedekatannya dengan dia. kalau mas ajak main selama 2-3 jam sehari tapi selebihnya dia dibiarkan sendiri di kandang juga sama aja. :)

kedekatan harus dilakukan agar dia kenal dengan mas dan akhirnya anteng. kalau saya dulu musang bulan saya saya bawa kemana2. kebetulan saat itu saya masih kuliah. kemana2 saya bawa. ke kampus, nongkrong ama temen2, ke mall pun pernah saya bawa (sampe diusir satpam juga, hihihihi). dia juga saya lepas liarkan di dalam ruangan saya. saya makan, dia ikut makan. kadang saya mandi juga dia saya mandikan. saya juga gak pernah menaruh dia dikandang meski dia (waktu itu) galaknya ampun2an.... pernah saya waktu tidur digigit sampe kuku kaki saya copot mas, hehehe. namanya juga hewan buas. :D
tapi hasilnya musang bulan saya itu bisa jinak total dengan pendekatan seperti itu. tadinya galak banget, maklum musang bulan liar hasil tangkapan dan udah tua banget (1 tahunan lebih).

nah, pendekatan seperti itulah yang saya maksud. biar dia gak merasa bahwa dia musang sendiri di rumah itu. hewan yang sudah sangat jinak akan menganggap semua manusia di rumah itu musang. sama seperti kucing yang menganggap tuannya "kucing besar yang baik yang suka memberiku makan"

coba dengan pendekatan seperti itu..... semoga sukses... :D

Dok mau tanya... musang saya umur 1 bulan ko saya kasih susu dencow yg 1+ madu dia ko ga mau ya.... pas saya coba kasih susu kental manis bendra dia lahap bener.... klo makan nya sun beras merah cuman selingan aj.... gmn ya dok caranya biar pindah susu ke dncow?
mohon pencerahan nya dok,,,, trimakasih....

Pencerahan nya dok.... trimakasih dok...

sebenarnya, baik susu dancow atau susu kental manis itu kurang bagus untuk musang karena bisa menyebabkan musang mncret. mas bisa kasih susu non laktosa seperti SGM llm dan semacamnya... cara agar dia mau minum susu bisa diberi sedikit madu murni di susunya... :)

dok, biar musang gk berontak saat mau d gendong gmna ya? musang saya musang bulan, mhin infonya dok

dok, biar musang gk berontak saat mau d gendong gmna ya? musang saya musang bulan, mhin infonya dok

bisa dipraktekkan cara di atas. sering2 digendong juga dan dibawa ke keramaian. ikutan gathering pecinta musang misalnya.... semuanya bisa anteng. asal kitanya juga sabar... :)

dok musang saya tadi kabur apakah musang saya bisa balik ke rumah lg?

kalau dia sudah bonding dengan mas, bisa saja dia balik lagi. tapi kalau belum, kayaknya kecil kemungkinan, mas.... :(

alhamdulillah dok musang saya udah balik lg padahal dia blm bonding,,,baru saya adopsi 1 minggu

oh... syukurlah... jangan sampe kabur lagi ya mas... :)

dok musang saya suka jilat2tin tangan saya itu normal gk sih dok?

MLm dok selamat berbuka puasa dok, mau tanya sebenanya cara ngehandle yg bener itu kaya apa ya dok? Saya dirumah ada muspan adopt dr baby skrg kira2 Udh umur 4blnan, nah saya cuma semept ajak maen cuma pas mlm aja, saya ajak keluar sambil tro dipundak kadang2 saya kasih harnes dan saya taro dibawah apa itu gpp dok, makasih dok

malah bagus kalau menurut saya... itu artinya si musang ingin mengenal mas lebih dekat lagi.... masih anakan ya musangnya??
cukup pastikan tangan mas bersih...

cara menghandle musang yang paling baik adalah mengenal karakter musangnya dan buat koneksi dengan si musangnya. silakan mas baca artikel tentang imprint pada musang.....

intinya sih sebenernya sering2 di ajak main, itu aja. dan kalau saya liat, cara mas sudah cukup baik.... sering2 diajak ngobrol aja musangnya.... ngaruh loh, karena semua hewan bisa tahu kalau kita ngajak ngomong dia.... si errol burung hantu saya juga dia ngedip kalau saya ngobrol ama dia... :)

Wahh makasih ya dok, oiya klo saya tro pundak kadang2 suka gigit2 kuping apa itu normal kira2 sampe gede bgitu juga ya dok

itu termasuk perilaku unik musang. sebenernya hampir sama dengan burung hantu, yang gigit kuping untuk bilang makasih sama tuannya. biasanya gak sampe gede kok.. :)

Dok musangku ak kasih pisang ga dimakan,pepaya ga dimakan gmna itu dok maunya nasi kecap mix telur puyuh rebus ,mohon solusinya dok :(

silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja

dok knpa ya musang saya kalo ditaro dilantai suka kabur/lari trus?

doct..
ni musangq 4blnan, tapi semakin hari semakin susah nyari makanan buat dia
cz gk tau kenapa yg namaxa buah" susah banget di makannya...
tapi malah milih pentol, itupun jarang dimakannya, latrus kalo susu hampir tiap 5 jam sekali habis...
solusinya biar mau makan buah"an dan makanan pd umumnya gymna??

pentol itu apa ya? sejenis cilok gitu ya mas? :)
silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

dok aq mau mulai belajar piara musang kira 2,enakan betina/jantan..,klau yg betina suka ms,kyk mens gitu tiba galak2...masa brpa lama ,sblm ya makacih dok😊

musang betina mulai mens saat berusia 7 bulan ke atas, mas. :)
sebenernya sih sama aja mau betina atau jantan juga. gimana kita pdkt ama dianya aja, hehehe... :)

dok apakah bermain dengan musang saya 1jam perhari bisa bikin dia jinak atau anteng ?

kl waktu aku ada dirumah pasti freeroom
kalo makan malem jg selalu handsfeed
pelihara dr usia 2 bulan ini udah 5 bulan masih pecicilan ga karu2an
kalo aku bawa makanan dipanggil kadang mau kadang ga?
kalo aku ga bawa makanan jgankan dateng, ditoleh aja nggak
apa memang karakternya ya?

This comment has been removed by the author.

yang penting tuuh bukan lamanya, tapi seringnya. gak usah sampe selama 1 jam sehari. cukup 10 atau 20 menit sehari tapi dilakukan setiap hari... kalau satu jam sehari tapi tidak dilakukan tiap hari ya sama aja.. :)

kemungkinan emang karakternya kayak gitu. tapi saya sih optimis dia masih bisa nurut, bahkan bonding ama mas.

masnya kali yang masih ragu2 atau takut dia gak bisa jinak ya? karena kadang ngaruh juga.

musang itu selalu tahu kalau kita takut atau ragu. dan itu malah ngebuat mereka malah makin susah nurut dan susah jinak.

Sore dok...saya punya musang umur 2 bln,udh jinak bgt.Saya lepas diruangan biar dia bisa main bebas,jalan/lari kesana kesini,tp ternyata musang saya sukanya main dikolong2,seperti dikolong tmpt tdr,kolong rak piring,sama selah2 yg agak gelap.Udh gitu dia ga mau keluar klo sdh dikolong,kadang malah tidur disana.Yang saya mau tanya,musangnya saya paksa keluar atau dibiarin aja dok,biar nanti dia keluar sendiri?padahal saya udh tungguin agak lama,tp dia ga mau keluar2,malah sampe tidur dikolong.Saya takutnya musang saya jd betah tnggl dikolong & nanti bisa berubah jd galak

mas baru pelihara dia ya? bener? atau udah lama?

kalau baru pelihara, emang begitu. mending gini aja. selama 2 hingga 3 bulan ke depan, mas taruh aja di kandang kalau siang. nah pas malem, bisa mas lepas di dalam kamar. jadi hanya di lingkungan kamar aja. gak sampe keluar rumah. kabur nanti soalnya.. :D

coba kabari saya soal fesesnya, mas. biar saya cek kesehatannya. saya tunggu. :)

Misi dok maaf malem" ganggu. . .saya baru pelihara musang baru 3 hari ini. . .cara ngerubah musang agar gak kencing dan buang kotoran sembarang tempat gimana ya dok. . .dan kalo laper sama gak bisa keluar dari suatu tempat pasti musangnya bunyi dok. . .tolong masukan nya dok. . . .terima kasih. . .

sayangnya mas gak ngasih tau umur musangnya berapa.
kalau masih bayi atau anakan, masih bisa diajari berak di toilet. saya udah buat artikelnya cara agar musang bisa berak di toilet. search aja di bagian search... :)

musang biasanya emang gitu, dia akan berisik kalau lapar. ya emang naluriahnya begitu. :)

Asalamualaikum dok ......
Mau minta saran.a dok ... Musang saya umur 5 bulanan ..... Kalo pertama d ambil dari kandang.a dia suka galak terus tpi klo udah aga lama d tangan langsung aga jinak ....... Selalu seperti itu terus ..... Terus klo d lepasin d dalem rumah langsung kabur ngumpet .... Klo mau d ambil langsung nyerang ....
Minta saran.a dok
Makasih

silakan baca artikel di atas dan artikel cara agar musang tidak defends. :)

Dok ...
gmn caranya meracik maknanan Musang yg berbntuk Kering

yang instan? gak ada.
kalau mau yang instan, mas sesekali bisa kasih catfood atau dogfood. makanan kucing buatan pabrikan. tapi ingat, buat sesekali aja. karena kalau terlalu sering malah bikin kanker./..

Selamat malam, dok..
Saya punya musang umurnya kira" 2 bulan, baru 3 hari sama saya dan masih agak agresif sihh, tp udah mau mengenal saya. Nah, inikan mau saya kasih harnes biar gk ribet kalo diajakin jalan", tp kok dia susah banget ya dok, kaya makin agresif aja.. gimana ya dok cara menenangkannya ??
Makasih dok,

dok mau nanya . 2 bulan lalu musang saya masih jinak masih mau di bonding. tapi akhir akhir ni dia kurang jinak ke saya agak liar padahal sebelumnya jinak, sekarang dia udah susah anteng suka larilarian trus makin kurus, padahal dosis saya kasih makan dari dulu sampai sekarang masih sama , susu plus buah"an dok. solusinya gmn dok? mohon bantuannya yah.

biar pasti, coba cek fesesnya.
karena kesehatan musang yang pasti bisa dilihat dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

soal jinaknya, saya mending nanya ke mas: mas takut ya sama dia? atau mulai muncul rasa takut? karena musang biasanya mulai pecicilan kalau tuannya takut...

atau barangkali, jarang mas ajak main? :)

Maaf,aku pny muspan -+4 bln.waktu gath dia suka lari2an trus
Cara gmn nya,supaya biar lemot?

namanya makhluk hidup, selama mereka hidup pasti mereka akan banyak gerak mas. dan kalau ditanya kenapa musang mas aktif banget, itu sebenernya balik lagi ke karakter musangnya. ada musang yang emang pecicilan (gak bisa diem), ada juga yang kalem....
\

nah gimana cara agar musang anteng? caranya silakan baca di artikel di atas... :D

mau tanya dok,
adakah cara memberi hukuman ke musang kita jika dia melakukan hal yang mungkin menurut kita keterlaluan. soalnya musang sy itu tergolong hyper aktif didalam/diluar kandang, suka becanda gigit" makin lama makin keras. mohon solusinya dok, terima kasih.

sama aja kayak anak2, kalau mas sering menghukum dia, dia malah makin keras kepala nantinya. jangan menghukum, cukup bilangin aja baik2. ya, dia sebenernya ngerti kok, cuma gak bisa jawab aja... :)

pelihara musang sama aja kayak kita menghadapi sifat buruk kita atau kayak kita menghadapi anak kecil. :)

kalo bentuk hukumannya spt membiarkannya didalam kandang seharian ini, apa bs dibenarkan dok? krn klo scr fisik jg saya ga tega. sebenernya musang sy itu udah semi bonding, cuma yg saya & keluarga agak ga nahan petakilannya yg luar biasa, smua benda yg diliatnya bs digigit" ampe rusak :D
o iya apa ada saran utk setidaknya mengurangi kebiasaan mengigitnya itu dok, apalagi belakangan klo gigit biar becanda mulai dalem jg :D

musang itu ngegigit karena dia tahu kita takut atau kaget kalau dia gigit kita, mas. :)
jadi lebih baik hilangkan rasa takut dan kaget dlu... itu aja...

soal hukumannya, boleh aja ditaruh di dalam kandang seharian, tapi mas juga harus sesekali ngelus2 dia di dalam kandangnya. sambil dibilangin aja gak boleh nakal... ajak ngobrol sambil liat matanya biar dia tahu gimana sifat mas sesungguhnya... :)

sekali lagi, jangan takut dan jangan ragu2... itu aja.. :)

klo rasa takut untuk kegigit Insya Allah udah ga ada, soalnya sy keep dia dr msh ompong. cuma agak ngeri klo udah ngacak" barang dirumah, ga enak sama orang tua aja yg udah mulai suka, jd ngeri buat ngajak maennya :D
Sekali lg trima kasih untuk masukannya dok, dicoba deh buat lbh sabar lg :)

iya, coba aja lebih sabar... :)

kabar-kabarin aja...

Selamat pagi dok . Saya mau nanya dok kemaren saya kan adopsi muspan nah sama owtner yg lama jinak dok tapi sama saya galak . Sampai sekarang jga masih galak dok . Saya gak terlalu takut sih di gigit . Tapi yg sudah digigit di gigit lagi tentu sakit dok hehe 😁. Itu sarannya gmna dok . Padahal pas hari pertama sudah saya kasih baju bekas saya pakai biar jinak . Tolong solusinya dok .
Terimakasih

kalau masnya takut, dia malah makin berani sama mas. hilangkan rasa takut dan kaget.

waktu beli, mas ketemuan ama yang punya sebelumnya? dimaenin di depan mas gak musangnya waktu ketemuan sama mas? sama owner lamanya gimana, jinak?

agak susah sebenernya kalau mas gak liat langsung, si musang jinak ama owner lamanya atau nggak...

Aku gak takut dok . Cuman keseringan digigit tentunya sakit donk dok .apalagi di gigit di bekas gigitannya wah sakit :( iya dok saya langsung ketemuan dgn owner sblumnya dan mainin muspannya di depan saya . Sama owner lamanya jinak bnget .
Makasi dok

bisa jadi musangnya one man dengan owner lamanya. coba baca2 mengenai musang one man di blog ini....

makannya lancar? fesesnya gimana? saya tunggu kabar selanjutnya... :)

Saya sudah baca dok. Iya dok tetap galak sama saya kadang kadang saya pegang dgn sarung tanga trus saya tarok di badan saya aman kok tapi pas di pegang lagi kembali nyerang . Makannya aman kok fasenya juga sama dgn yg di makannya padat kok . Jadi menurut dokter solusinya gmna ? Soalnya setiap digigit jari2 saya berdarah terus :(

sebenernya balik lagi ke masnya. saya sendiri berpendapat si musang one-man, atau musangnya emang lagi ngetes keberanian masnya. dan dia seneng mas takut, makanya dia nakut2in mas terus...

pelihara aja terus mas. lakukan langkah penjinakkan lagi. saya sih yakin dia bisa jinak sama mas....

opsi lain? kalau bisa dikembalikan ke ownernya yang lama, kembalikan aja. tapi saya nggak menyarankan loh ya. cuma kasih usul. :)

kalo soal digigit, kayaknya wajar deh mas. namanya juga hewan buas. pelihara musang ya harus terima resikonya... dulu malah saya sampe dijahit tangan saya karena dicoak sama si bruno...

dok, mau tanya gimana biar caranya musang mau di keluarin dari kandang n mau di gendong soalnya tiap saya mau angkat keluar kandang dia gk mau , selalu gigit dan berontak, di pancing maknan pun gk mau, prnh sya freeroom tpi dianya lari terus pas aku mau pegang ,mohon infonya dok trims :)

Iya dok saya ngerti . Emang harus extra sabar biar jinak hehe 😁. Soalnya kendala saya kalau dia kayak gini buat ngebersihin badannya jadi susah . Dok apa dia sering gigit saya akan jadi kebiasaan gak nantiknya ? Soalnya ntah kenapa kalau saya liat dia agak merasa gimana gitu . Emang suka jahilin saya musang nyaa. Makasi infonya ya dok . Salam buat bruno .
Salam wangi dok

caranya silakan baca artikel di atas... :D
dan artikel2 lain tentang musang di blog ini...

kuncinya cuma 1: sabar dan terus interaksi...

bruno udah dipelihara sama paman saya. :)
kalau masnya takut, dia akan kebiasaan gigitin mas. kalau masnya berani dan gak menunjukkan rasa takut dan kaget saat digigit, dia akan berhenti... ;)

Oke terimakasih ya dok fira sovica

Dok gimana cara agar musang mau tidur di pundak atau dipangkuan? Terus maksud jinak jumpy itu apa ya ?? Musang sy umur 5 bulan jenis pandan.. Terimakasih✌

maksudnya jinak jumpy itu jinak tapi gak kalem. suka kagetan kalau baru dipegang. wajar kok.

caranya agar musang mau tidur dipundak atau dipangkuan ya mas harus sering2 main sama dia. sesering mungkin. kenalin juga bau tubuh mas kepada si musang....

Dok saya mau nanya saya kan baru nangkep muspan baru sehari terus belum mau makan solusinya gimana terus Makanan apa yang cocok buat umuran kira-kira 3 sampai 4 bulan tolong pencerahannya ya terima kasih

silakan baca artikel saya cara memelihara musang pandan... :)

Dok si moci muspan saya, jinak, tp sering gigit becanda, tp bai ukuran manusia lumayn sakit, gmn tuh cra nganggulanginya? Supay gigitnya itu gigit cantik, he

udah ada artikelnya, cara agar musang nggak gigit... :D

cara musang bonding bagai mana mba? saya sudah baca artikel mba yang "cara musang bonding" musang umur 2 bulanboleh di kasih pala ayam mba?

tinggal praktekkan apa yang tertulis di artikel itu, mas... :)

Dok musang sya udh jitot bgt ga pernah gigit di freeroom tiap hr jg ga kabur2an... Tp knp setiap freerooom dia ngeluarin suara geraman dan ekornya mekar ya? Apa itu sdh jd sifatnya?

kadang emang ada yang kayak gitu. mereka kan emang hewan teritorial. jadi kalau ada hewan lain atau manusia lain selain ownernya, biasanya suka galak...

sama kayak si bruno dulu, mas. musang bulan saya. dia jadi semacam satpam di kamar saya. kalau gak ada saya, dia menclok di atas kandang di kamar saya. kalau ada yang masuk selain saya, suka diserang, hihihi

Iya dok bgitu... Ade sya suka di serang klo deket dia... Tp itu bkn pertanda klo dia msh galak kn?

nggak. bahkan menurut saya bagus, artinya dia udah mengenali mas sebagai masternya. jarang ada musang yang ketemu orang bisa langsung imprint.... coba baca artikel saya tentang musang imprint.... :)

Tp dok, musang sya klo udh kelamaan freeroom dan sya ga liatin pas mau di ambil lg dia ngacir dan ngegerem... Tp ga gigit si... Apakah waktu bermain sya yg kurang? Soalnya br bsa ajak main dr jam 6 mlm smpe jam 7 doang dan itu freeroom sya tinggalin

soal kenapa dia menggeram kalau mas deketin, saya kira wajar. soalnya mereka masih ada insting defensifnya. dengan perkembangan musang mas saat ini, udah cukup lumayan...

kalau bisa, mas tambah waktu bermainnya. mas ikut komunitas? coba gabung komunitas dan sering2 diajak gathering... biar musang mas lebih 'nerima' kehadiran manusia... :)

Dok ciri musang one man apa ya? Soalnya pas sya msk tangan ke kandang si musang dia malah becanda tp giliran pas tangan ade sya yg msk malah digigit... Dan ketika sya dan ade sya msk tangannya berdua eh malah tangan ade sya doang yg disosor

udah ada kok artikelnya. cari aja di bagian cari artikel di atas.. musang one man :)

dok, mau nanya ni
muspan saya usianya 6 bulanan dok, sejak dimasukan ke kandang baru muspanya suka panikan dok dan nafsu makanya berkurang trus jadi semijinak lagi.dan suka kabur2 gitu dok klo ngak di peratiin.
sebelumnya muspan tu saya tarok di petkargo dok,
saya hanya bisa menghandlenya kurang 1 jam dok itu saya lepas di dlam rumah dok bersama musang lainya,soalnya klo ngak saya lepas sma musang lainya,musang ni nyari2 jalan untuk kabur dok,
trus saya sibuk kuliah sambil kerja dok,
apa solusinya dok dalam penanganannya.
terimakasih

Dok maaf saya mau tanya saya pnya musang rase 4 bulan , saya ingin memberikan kalung tpi kenapa dia susah diam, pas saya pegang dia malah mau menggigit saya padahal dia udh jinak, apa engga suka ya klo saya berikan kalung

jangan dikasih kalung, mas. karena bulu musang gampang rontok. kadang kegesek kalung dikit, langsung rontok. :)

This comment has been removed by the author.

dok saya mau nanya, sama baru pertama kali melihara musang baru beli 5 hari yg lalu, nah pertanyaan saya kan saya sekolah tuh dari senin/jumat berangkat pagi pulang sore. jadi waktu mainnya itu cuma malem dan belum pernah saya ajak keluar soalnya masih ngacir takut kabur.. apakah bisa jinak dengan waktu 1 jam/hari dan selebihnya di kandang? tolong di jawab :)

gak apa2, bahkan 30 menit sehari di malam hari gak apa2. yang penting terus menerus...

jangan lupa kasih makan ya mas. pagi, sore, dan malem aja... :)

dok musang saya kurus umurnya 3nan, makannya pepaya, pisang sama kentang. apakah musang bisa gemuk dengan makanan itu dan apakah sudah boleh di beri daging atau sosis? soalnya taring bagian bawah di potong dari owner sebelumnya

musangnya umur berapa? masih anakan?
kalau masih dibawah 3 bulan, mending kasih aja yang dia mau dulu. nanti setelah 4 bulan ke atas, baru bisa digemukkan. :)

bukannya apa2, kalau masih anakan tapi udah digemukkin, rentan mati. bisa gagal jantung dan gagal ginjal. musang dewasa aja kalo gemuk rentan mati, apalagi yang anakan....

kalau mau gemukkin musang, silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang

engga gemuk juga sih dok maksud saya biar badannya keker aja :D berisi ga kerempeng umur 3bulan jalan

oh ya udah, mas. kasih aja asupan protein kayak daging rebus yang dicacah, bisa juga kasih kepala ayam rebus yang dicacah kecil2.... :)

dok kalau waktu main sama musangnya cuma 1 jam/hari selebihnya di kandang, bisa jinak dalam berapa hari yahh? sama kalau musangnya ga mau diem waktu dibawah kita harus halusin dia apa gimana?

tergantung karakter musangnya.
soal gampang atau susahnya jinak, tergantung sama karakter musangnya. ada yang emang susah jinak, ada yang gampang.

kuncinya cuma 1 sebenernya, sabar dan lakukan terus. gak usah sejam tiap hari, 10 atau 20 menit aja tiap hari, tapi lakukan terus menerus. mau segalak apapun musangnya, pasti jinak kok.

namanya makluk hidup, ya pasti gak mau diem, mas. saran saya, lepas aja di ruangan tertutup, misalnya kamarnya mas. mas maen sama dia di situ, tiap hari 20 menit. gitu aja. :)

Permisi dok musang rase saya klok malam saya taruh di kandang nya selalu bunyi terus dan setelah di kluar kan dia diam apakah ada tips nya dok agar musang nya diam di kandang tanpa mengeluarkan nya

musangnya masih anakan ya mas? bener?
itu dia kesepian, makannya dia suka mengeluarkan suara kalau di dalam kandang. kenapa gak mas taro di kardus yang agak besar aja? mas taro deket mas..... itu juga kalau masnya gak merokok... kalau masnya merokok, mending jauh2in dulu...

Selamat malam dok saya pemula memelihara musang, musangku umur sekitar 5 bulan bolehkah sering di beri makan jangkrik,dok terima kasih..

Selamat malam dok saya pemula memelihara musang, musangku umur sekitar 5 bulan bolehkah sering di beri makan jangkrik,dok terima kasih..

hah? musang dikasih jangkrik?
dia suka, mas?

saran saya kasih buah aja. pepaya atau pisang. seminggu sekali boleh kasih makan jangkrik atau kepala ayam rebus

Dok musang saya sehat gemuk, lincah tapi kenapa ya dok musang saya ada benjolan kaya kudisan.. dan pas d pegang dia kaya kesakitan dok.. solusinya gmana ? Musang saya blm pernah d mandikan umur 1 bulan dok

emang jangan dimandikan dulu, dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat.
benjolannya kerasa lunak gak? kayak ada 'cairannya' di dalamnya? atau keras aja?
kebersihan kandangnya gimana?
dan udah berapa lama?
agak susah sih kalau gak liat musangnya langsung. kalau boleh, saya minta fotoin. upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini...

Dok mau tanya saya punya muspan umur 4 bln....dia aktif sekali dok...bahkan dia kagetan ke orang lain...tapi kalau ditaruh di pundak saya jadi anteng dok bahkan sampai tidur di pundak saya.... solusinya bagaimana agar di tidak takut ke orang lain. Sama jumpy ......saya ingin dibawa ke gath tapi aman nggak ya dok??... please jawabannya hehehe

iya, betul. dia belum terbiasa sama orang lain. ada kemungkinan dia juga bakalan one-man sama masnya.

coba aja bawa ke gathering. kalau dia mulai takut, mas bisa gendong dia di pundak. :)

Berarti kalau musang nya dipegang orang lain jadi galak dokk??

iya.
makanya caranya agar dia gak one-man, biasakan dengan keramaian dulu. jangan langsung dipegang sama orang lain. langkah pertamanya, tentu membiasakan dengan keramaian, abis itu baru mulai interaksi dengan orang lain... :)

Ngacir itu sih apa ya dokk??...belum tahu

ngacir itu lari menjauh dari mas./
kabur. :)

Asslamu'alaikum dok.. Saya baru melihara musang pandan sekitar 4 hari. Dihari kedua saya taru musang dipundak saya. Dan musang gemar menjilati wajah dan telinga saya, serta lengan saya. Itu tandanya apa dok. Terimakasih.

Dok musang saya pergi main ke atap rumah ....pergi nya jam 2 siang sampai jam 4 sore belum balik.....apa musangnya bisa balik lagi ya dokkk... please jawab

apa emang udah biasa dibiarkan pergi begitu mas?
kalau udah biasa, musangnya juga sudah dewasa, dan dia biasanya balik lagi namun kali ini dia nggak balik lagi, saya khawatir sih dia 'kenapa2'. kalau emang dia usah terbiasa di freeroom dan biasanya balik, saya khawatir dia ada kejadian yang ngebuat dia nggak balik... misalnya ditangkep orang...

dok musang saya berisik kalo di kandangin kaya mendesis sama guguguk gitu.. pas udh di keluarin lari lari ga jelas sambil gigit beneran ke kaki atau tangan.. ga mau diem deh pokok nya lari lari. tadinya anteng diem suka tidur bareng tapi sekarang ga tau kenapa jadi gitu.. minta solusinya dok biar dia jadi anteng lagi. oh ya fesesnya juga warna item udah lebih dari seminggu agak bau asem gitu tapi kering. sama kan dia betina suka ada kaya upil kering gitu di bagian alat kelaminnya, tapi sama saya suka di bersihin di lap atau di cabut

mohon untuk di jawab dok :)

musangnya udah berumur lebih dari 6 atau 7 bulan, mas?
atau masih anakan?
kalau dia masih anakan, kemungkinan emang dia lagi iseng aja. dia tahu masnya suka kaget atau takut kalau dia gigit, makanya dia makin seneng ngisengin masnya... :D

kalo dia udah dewasa, lebih dari 6 bulan keatas, bisa jadi dia lagi birahi. cari aja pasangannya. kali aja mas berhasil breeding musang...

untuk fesesnya, biar sistem pencernaannya bagus lagi, coba mas kasih pepaya matang... minimal seminggu 2x kasih pepaya matang...

umur4 bulan dok, tapi sering gigit gigit nya malem.
makanan dia ga mau selain pisang saya kasih pepaya ga mau, dia itu bonding cuma ya gitu ngikutin alo udah dapet di gigit.. saya juga kalo lagi jalan ke temu dia pasti dikejar tapi gigit atau langsung manjat dan naik ke pundak mana baret" lagi kena cakarannya.

mas gak mau digigit dan dicakar ya? gampang.
jual aja musangnya. :D

udah resikonya digigit dan dicakar kalo pelihara musang, mas... mas bisa coba baca artikel di atas biar dia anteng dan jinak, tapi sejinak2nya musang, pasti dia akan tetap gigit....

Maaf dok mau tanya,apa kalau baru digigit musang apa dia masih bisa galak/awal perkenalan dengan saya ?,
Maaf dok pemula ��

sebelumnya maaf karena baru balas. saya juga ini masih jetlag setelah perjalanan 14 jam dari indonesia, hehehe.

wajar kok musang gigit. karena musang sejinak apapun pasti dia gigit. coba mas hilangkan rasa takut. mungkin karena masnya takut, dan musangnya tahu mas takut, makanya dia gigit mas terus....

musang bisa tahu apa yang kita rasakan loh mas... :)

coba mas baca artikel saya cara menjinakkan musang. :)
umur musangnya berapa?

Maaf dok mau tanya memandikan musang itu gimana ya dokter,sama pemakaian shampoo nya harus yg seperti apa

silakan mas baca artikel saya CARA MEMANDIKAN MUSANG.
cari aja di bagian search :)

Mau nanya dok. Muskar saya awal nya jitot, namun beberapa hari ini jdi penakut ,dikasih makan lewat handfeed masih mau mkn ,tapi kalo di pegang dibadan nya sering teriak" lalu mau strike" gitu ,apa penyebabnya ya dok ?

dia belum kenal sama masnya.
gak apa2, wajar kok. terus aja ajak main. kalo masnya gak merokok, taro kaos bekas pakai mas di kandangnya. biar dia kenal bau tubuh mas.

terus ajak main, minimal 10 atau 20 menit sehari. kabari terus...

This comment has been removed by the author.

Dok mau nanya klo muspan semi di pakein harnes bolh gk?

mending jangan dulu mas.
kalau musang masih semi dipasangin harness, biasanya harnessnya kegesek2 ke bulunya. nantinya malah bikin bulunya rontok karena kegesek2 harness..

Oh iyh dok mksih.si milo(muspan saya)klo mkan pepaya dia gk mau trus klo dikasih pisang mkannya sdikit gmn ya solusinya.. Maklum pemula hehehe

Dia lbih lahap mkan nasi kecap

Iyh dok satu lg klo musang dikasih air gula bolh gk.. Maaf bnyk nanya pemula soalnya. 😀

sebelumnya maaf karena baru balas.
umur musangnya berapa mas?
kalau masih dibawah 3 bulan, kasih aja yang dia mau makan dulu. kalau lebih lahap nasi kecap, gak apa2 kasih nasi kecap dulu. nanti setelah umurnya diatas 4 bulan, mas bisa praktekkan artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA.

mendingan jangan dikasih air gula. air mineral + sari kurma aja, mas. kalo air gula kadang malah bikin musangnya mencret

Dok, musang saya baru saya berusia sekitar 3bulan,saya ingin tanya.
tadi dia keliatan kaya garuk garuk gitu terus pas dia tidur di pangku saya cek bulunya, ada seperti Hewan kecil sekali nyaris gak keliatan warnanya putih di tangan saya gerak muter2 gt. Menurut saya itu yg bikin dia gatal.. Apa itu dok? Gimana cara ngilang nya? Apa itu bisa nular ke saya soalnya mochi suka main di pundak sama atas kepala, meski saya pake Hijab??

sebelumnya maaf karena baru balas...
mbak bisa sering2 lap mochi pake tisu basah non alkohol.
seminggu sekali bisa dimandikan pakai air hangat yang dicampur dengan dettol cair (yang cairannya kayak teh)...

Dokk saya punya musang umur -+3 bulanan baru 2 hari saya beli , musangnya saya taruh dikandang dikamar saya, setiap kali ditinggal dia pasti gigitin kandangnya sampe besinya pada bengkok, tapi kalo ditungguin dia pasti anteng2 aja dikandangnya, kemaren juga sempet lepas gara2 tali yg buat iket pintu kandangnya digigit sama dia, apalagi kalo saya tidur terus lampunya saya matikan, dia malah makin berisik, tolong anjurannya dokk..

musang umur segitu emang lagi aktif2nya. kenapa kandangnya gak mas taro di kamar masnya? :)
dan lebih baik, ruangannya jangan digelapin kalo malam.

mas sesering apa ajak dia main? coba lebih sering main lagi... :)

Ooh iya makasih dokk :) satu lagi dokk, musangnya jarang banget mau makan, kira2 waktu yg baik buat ngasih makannya jam berapa aja yaa dok??

kalau waktunya, bebas. tapi biasanya musang lebih aktif (pecicilan) di malam hari. jadi kalau makan, pas lagi dia anteng aja: siang hari. pagi sekali, siang sekali, sore sekali, malam bisa taro aja makanannya di kandnagnya dia.... kalau gak bisa kasih makan 4 kali sehari, 3 kali juga oke... :)

fesesnya gimana? karena cara tahu musang sakit atau nggak ya dari fesesnya... mencret nggak fesesnya? kabari lagi

Warna fesesnya kuning agak encer dok, beda sama kemaren warnanya hitam agak keras, kalo siang saya kasih makan pisang itu juga maunya disuapin, kalo malem saya kasih bubur sun rasa pisang..

tapi gak pernah mencret banget (kayak air) kan fesesnya?
musang yang sakit juga fesesnya bau banget, pokoknya busuk banget, beda sama musang yang sehat....

bagusnya malah kalau musang disuapin aja, mas... :)

kabari terus

Engga dokk, engga mencrett alhamdulillah :) baunya juga engga begitu menyengat dokk, musangnya tidur mulu :D, mau dibangunin kalo siang kasian, kalo dimandiin setiap hari bagus engga dok buat kesehatannya?? Dia saya mandiin terus kalo pagii supaya cepet jinak :D

coba mas baca artikel saya "Memandikan Bisa Membuat Musang Jinak? Ngaco!" :)

alhamdulillah, saya ikut senang. mungkin lebih sering lagi diajak main... :)

Buu dokterrr, musangnya mencrettt fesesnya juga bauu :( gimana nihh dokk..

kasih air kelapa muda + sari kurma. biar sistem pencernaannya bagus.

mas nggak tahu kenapa dia jadi mencret?
gak dikasih susu, kan?

Udah saya kasih kelapa muda dokk, terus sekarang makanannya saya kasih buah salak..
Engga saya kasih susu dokk, apa gara2 bubur sun yaa dokk??

bisa jadi karena bubur sun-nya kelamaan. kalo udah 4 jam, langsung buang aja. :)

setelah dikasih salak gimana? :)

Oohh iyaa dokk :) dia belum pup lagii dokk, malah sering tiduran mulu, makannya masih susah..

stop aja salaknya. jangan dikasih salak lagi. :)
kasih makanan biasa aja.

mas bisa kasih kurma tahniq seperti yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

Okee makasih buanyakk ibuu dokter atas saran dan anjurannya hehehehe :-)

Maaf dokk musangnya seharian engga pup sekalinya pup pas saya masukin kain yg biasa buat dia tidur dia langsung pup di atsanya tapi pas saya liat yg keluar itu busa warna putih, engga tau ini fesesnya atu air kencingnya dia, itu juga udah saya kasih sari kurma yg dokter bilang, siang ini dia engga mau makan sama sekali, moho. Anjurannya lagi dokk :')

coba kasih buah pepaya. selama 3 hari ini kasih buah pepaya dulu sebagai makanannya. jangan dikasih makanan lain selain pepaya. :)

kalau dalam 3 hari gak pup juga, beli aja sirup obat sembelit buat anak merk Dulcolactol Lactulosa, dosisnya 3ml, sehari 2x... :)

kabari terus...

Pepayanya saya cekokin dokk, dia masih tetep engga mau makan, tiduran terus, semalem malahan dia muntah2 dokk, saya takut musangnya matii dokk :( lemes banget dia kayanya..

sekarang gimana keadaan musangnya?
udah mau makan?

kasih air kelapa, atau kalau emang urgent, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas...

maaf karena saya baru balas... :(

Belom mau makan dokk, udah saya kasih air kelapa, sekarang saya kasih pocari sweat, untuk makannya masih saya spett dokk, dia masih lemess dokk..

Assalamualaikum dok, knpa musang saya ga bsa diam saat d taro d pundak mohon masukan nya dok
Terima ksih

udah mau pup (berak)?
mending kasih air kelapa aja, jangan dikasih pocari, mas...


coba kasih jus pepaya, airnya dikit aja.

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 235   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.