Cara Memelihara Tupai Terbang | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai terbang

bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun tentu saja, seperti halnya memelihara hewan lain, memelihara tupai terbang membutuhkan beberapa persiapan baik berupa kandang dan pengetahuan tentang cara memelihara tupai terbang. Bagi anda yang berniat breeding tupai terbang, ada baiknya anda membaca artikel saya tentang siklus hidup tupai terbang.
Cara Memelihara Tupai Terbang
Image taken from merdeka.com
Hal pertama dalam memelihara tupai terbang adalah memastikan bahwa hewan yang anda pelihara adalah memang benar-benar tupai terbang, bukan sugar glider. Karena meski secara prinsip ada persamaan antara memelihara tupai terbang dan memelihara sugar glider, keduanya adalah hewan yang samasekali berbeda. Cara membedakan tupai terbang dengan sugar glider bisa anda baca di artikel bedanya tupai terbang dan sugar glider.
Ada beberapa persiapan yang harus dipenuhi oleh anda yang ingin merawat tupai terbang sebagai hewan peliharaan. Dan inilah beberapa persiapan yang harus anda persiapkan.
  • Perlengkapan Memelihara Tupai Terbang.
  • Ada beberapa persiapan dari segi perlengkapan memelihara tupai terbang yang harus anda persiapkan. Berikut adalah perlengkapan memelihara tupai terbang.
    1. Kandang tupai terbang.
    2. Tupai terbang memiliki kebiasaan meloncat dari dahan satu ke dahan yang lain. Kandang yang bagus untuk tupai terbang adalah kandang yang lumayan tinggi. Namun anda bisa menggunakan kandang yang biasa digunakan untuk kandang kucing berjeruji agak jarang, sekira tupai anda tidak bisa meloloskan diri dari jeruji kandang tersebut. Alas kandang tupai terbang sebaiknya ditutup oleh koran bekas agar mudah dibersihkan. Ganti kertas koran tersebut minimal satu minggu sekali.
    3. Makanan tupai terbang.
    4. Meski tupai terbang termasuk hewan omnivora, anda bisa menggunakan bubur bayi sebagai makanan tupai terbang peliharaan anda. Anda juga bisa meracik makanan tupai terbang sendiri dengan membuatnya sendiri. Resepnya sama saja seperti membuat sugar glider diet. Buah-buahan berasa manis seperti kelengkeng dan pepaya matang bisa diberikan satu minggu dua kali. Anda juga membutuhkan suplemen kalsium bubuk sebagai makanan tambahan, terutama untuk bayi tupai terbang. Pastikan agar kandang selalu hangat namun tidak panas (bersuhu ruangan).
    5. Aksesoris kandang tupai terbang.
    6. Untuk aksesoris kandang, anda bisa menggunakan box kayu, box plastik, atau hanging pouch sebagai sarang tupai terbang anda. Hanging pouch yang dimaksud sama seperti yang digunakan untuk sugar glider. Selain sarang, anda membutuhkan wheel atau putaran agar tupai terbang anda bisa bermain di dalamnya. Aksesoris lain bisa anda tambahkan di dalam kandang seperti rantai dari plastik dan lain sebagainya. Untuk tempat minum tupai terbang, anda bisa menggunakan botol minum hamster.
    Sama halnya seperti sugar glider, tupai terbang biasanya memiliki keterikatan dengan ownernya yang disebut bonding. Tupai terbang yang sudah bonding biasanya akan sering merayap di tubuh atau di sekeliling pakaian anda. Kadang, dia akan tidur di kantung pakaian anda. Tentunya, hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah.
  • Cara Memelihara Tupai Terbang.
  • Cara memelihara tupai terbang adalah sebagai berikut:
    1. Dalam satu kandang sebaiknya tidak lebih dihuni oleh sepasang tupai terbang. Seperti yang saya tulis di artikel siklus hidup tupai terbang, tupai terbang adalah hewan soliter yang biasa hidup sendiri. Tidak seperti sugar glider yang hidup berkoloni.
    2. Saat pertama kali tupai terbang tiba di rumah, pindahkan kandang ke ruangan sepi dan biarkan agar dia beradaptasi dulu. Beri air madu dan buah-buahan selama 2 hari pertamanya.
    3. Setelah masa adaptasi selesai, berikan pakan 3 kali sehari. Pagi, siang, dan malam. Porsi makanan disesuaikan dengan jumlah tupai yang dipelihara dan nafsu makan tupainya. Selama 2 minggu pertama, sebaiknya berikan makanan secara handsfeed (disuapi dengan tangan) agar tupai terbang peliharaan anda mengenai anda sebagai ownernya.
    4. Agar pencernaan tupai terbang tetap sehat, beri asupan buah dua kali selama seminggu.
Demikian adalah

cara merawat tupai terbang

yang penulis rangkum dari beberapa buku dan riset saya. Semoga anda terbantu dengan artikel memelihara tupai terbang ini. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

137 Responses to "Cara Memelihara Tupai Terbang"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.