Kenapa Musang Obesitas Rentan Mati? | Drh. Fira Sovica

Musang obesitas sangat rentan mati!

Sering saya ucapkan kalimat tersebut kepada owner musang yang membawa musangnya ke klinik hewan milik saya, terutama kepada owner yang memiliki musang yang gemuk. Sama halnya seperti manusia, musang yang terlalu gemuk atau musang obesitas sebenarnya bisa menjadi penyebab kematian pada musang itu sendiri.
Musang Obesitas Rentan Mati
Image taken from kaskus.co.id

  • Penyebab kematian pada musang obesitas.
  • Sebenarnya artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Ada banyak kasus kematian musang yang disebabkan oleh gagal jantung akibat musang terlalu gemuk. Penyebab musang gemuk rentan mati lainnya adalah kegagalan organ dalam lain dalam mengolah nutrisi yang masuk, khususnya protein dan lemak yang memang lebih susah untuk dicerna oleh sistem pencernaan musang. Selain jantung, organ musang yang terganggu akibat pengumpulan lemak adalah hati dan ginjal. Pada musang yang sangat gemuk hingga susah berjalan, lemak akan mengumpul di hati, menyebabkan musang mual, mengeluarkan air liur, dan kemudian muntah. Jika tidak ditangani secara cepat, maka kerusakan hati akan memicu kerusakan ginjal.
  • Membuat musang obesitas sama saja dengan menyiksa musang itu sendiri.
  • Saya sebenarnya heran dengan fenomena banyak owner musang yang mati-matian membuat musang miliknya agar obesitas. Banyak yang menganggap bahwa musang gemuk itu lucu, terlihat terurus, dan lain sebagainya. Ada yang masih saja memberikan asupan protein dan lemak berlebih kepada musang obesitas dengan harapan berat badan musang miliknya terus naik, bahkan ada yang sampai menyebabkan musangnya tidak bisa bergerak akibat obesitas. Mereka tidak sadar bagaimana tersiksanya musang yang kegemukan.
  • Usahakan agar musang obesitas tetap sehat.
  • Mengenai cara agar musang obes tetap sehat, saya pernah membahas hal tersebut di artikel cara agar musang obesitas tetap sehat.
Musang adalah makhluk hidup. Hanya karena mereka tidak memiliki akal, bukan berarti mereka tidak punya hak untuk hidup dan sehat. Jangan mengorbankan kesehatan musang anda hanya demi prestige atau kebanggaan semu. Ya, seperti yang pernah diucapkan salahsatu pasien saya, mungkin anda menganggap: "ah, gak apa-apa musang saya mati akibat obesitas, toh saya sudah merawatnya dengan baik." Jika anda menganggap membuat musang obesitas itu adalah tindakan "merawat musang dengan baik", maka anda salah besar. Dengan menjadikan musang obesitas sebenarnya sama dengan menyiksa musang itu sendiri. Saran, komentar, dan kritik serta pertanyaan bisa ditulis dibawah ini. (FS)

83 Responses to "Kenapa Musang Obesitas Rentan Mati?"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.