Memelihara Burung Alap-alap | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara burung alap-alap

hampir sama caranya dengan cara memelihara BOP jenis lainnya. Cara memelihara bop secara umum bisa anda baca di artikel cara memelihara BOP.
Sebagai burung pemakan daging, memelihara burung alap-alap sudah barang tentu lebih menantang. Seperti jenis burung pemangsa lainnya, burung alap-alap hendaknya tidak diperlakukan seperti hewan peliharaan. Perlakukan burung alap-alap anda sebagai partner, sehingga ia akan patuh kepada anda.
Memelihara Burung Alap-alap
Alap-alap kawah (Falco peregrinus atau Peregrine Falcon).
Image taken from wikipedia.org
Dan berikut adalah cara memelihara burung alap-alap yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara alap-alap:
  1. Seperti halnya memelihara celepuk dan memelihara barn owl serta memelihara BOP lainnya, alap-alap hendaknya tidak ditaruh di dalam kandang. Gunakan tangkringan khusus burung pemburu yang biasa disebut perch.
  2. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan untuk burung alap-alap anda dengan menggunakan pipa pvc yang dibentuk letter T, kaleng cat bekas, dan adukan semen. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan khusus burung alap-alap dengan membaca artikel cara membuat perch sendiri. Anda juga bisa membaca tentang arti istilah dalam memelihara alap-alap dengan membaca istilah dalam memelihara alap-alap.
  3. Makanan burung alap-alap adalah daging. Anda bisa memberikan potongan daging sapi segar sebagai makanan alap-alap. Anda juga bisa memberikan tikus putih (mencit), bayi tikus putih (pinkies), dan potongan daging ayam sebagai makanan burung alap-alap anda.
  4. Berikan makanan burung alap-alap tersebut setiap pagi, siang, sore, dan malam hari, dan usahakan daging yang diberikan sebagai makanan burung alap-alap adalah daging yang masih segar (masih ada darahnya).
  5. Anda bisa melatih burung alap-alap anda agar terlatih dan patuh terhadap anda. Cara melatih burung alap-alap sama saja caranya dengan melatih BOP atau melatih burung hantu.
  6. Tahapan-tahapan dalam melatih burung pemburu dan tahap-tahap melatih burung hantu bisa anda baca di artikel tahapan dalam melatih BOP dan tahap-tahap melatih burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara alap-alap

. Artikel diatas tentu masih banyak kekurangannya, maka dari itu penulis menunggu saran, kritik, dan saran dari pembaca dan pengunjung sekalian. Terima kasih. (FS)

482 Responses to "Memelihara Burung Alap-alap"

«Oldest   ‹Older   1001 – 482 of 482
«Oldest ‹Older   1001 – 482 of 482   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.