Memelihara Burung Alap-alap | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara burung alap-alap

hampir sama caranya dengan cara memelihara BOP jenis lainnya. Cara memelihara bop secara umum bisa anda baca di artikel cara memelihara BOP.
Sebagai burung pemakan daging, memelihara burung alap-alap sudah barang tentu lebih menantang. Seperti jenis burung pemangsa lainnya, burung alap-alap hendaknya tidak diperlakukan seperti hewan peliharaan. Perlakukan burung alap-alap anda sebagai partner, sehingga ia akan patuh kepada anda.
Memelihara Burung Alap-alap
Alap-alap kawah (Falco peregrinus atau Peregrine Falcon).
Image taken from wikipedia.org
Dan berikut adalah cara memelihara burung alap-alap yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara alap-alap:
  1. Seperti halnya memelihara celepuk dan memelihara barn owl serta memelihara BOP lainnya, alap-alap hendaknya tidak ditaruh di dalam kandang. Gunakan tangkringan khusus burung pemburu yang biasa disebut perch.
  2. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan untuk burung alap-alap anda dengan menggunakan pipa pvc yang dibentuk letter T, kaleng cat bekas, dan adukan semen. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan khusus burung alap-alap dengan membaca artikel cara membuat perch sendiri. Anda juga bisa membaca tentang arti istilah dalam memelihara alap-alap dengan membaca istilah dalam memelihara alap-alap.
  3. Makanan burung alap-alap adalah daging. Anda bisa memberikan potongan daging sapi segar sebagai makanan alap-alap. Anda juga bisa memberikan tikus putih (mencit), bayi tikus putih (pinkies), dan potongan daging ayam sebagai makanan burung alap-alap anda.
  4. Berikan makanan burung alap-alap tersebut setiap pagi, siang, sore, dan malam hari, dan usahakan daging yang diberikan sebagai makanan burung alap-alap adalah daging yang masih segar (masih ada darahnya).
  5. Anda bisa melatih burung alap-alap anda agar terlatih dan patuh terhadap anda. Cara melatih burung alap-alap sama saja caranya dengan melatih BOP atau melatih burung hantu.
  6. Tahapan-tahapan dalam melatih burung pemburu dan tahap-tahap melatih burung hantu bisa anda baca di artikel tahapan dalam melatih BOP dan tahap-tahap melatih burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara alap-alap

. Artikel diatas tentu masih banyak kekurangannya, maka dari itu penulis menunggu saran, kritik, dan saran dari pembaca dan pengunjung sekalian. Terima kasih. (FS)

482 Responses to "Memelihara Burung Alap-alap"

  1. mau tanya dok , saya adopt bwk usia brancher , setiap hari tak kasih tiput tapi
    sehari cuman habis 2 tiput itu wajar apa nggak dok ?
    ni sayap bwknya sebelah kiri agak turun , gimana cara mengatasinya ? pas tak pegang nggak menunjukkan kesakitan
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung usia bwknya. kalau usia brancher, kayaknya masih normal.
      kemungkinan kurang kalsium. makanya saya perlu usia bwknya mas agar lebih tepat perkiraan saya. cek juga fesesnya ya mas... :)

      Delete
  2. mbk saya mau Tanya saya punya BWk tapi kalok di panggil nama kok gk mau respon sama saya ya padahal dulu masih mau respon knp ya
    Dan dia kalok di skill terbang nya kok ragu" itu knp juga ya
    Dan bulu ekor nya rusak bagai mana cara menanganinya beri aku solusi mbk
    maaf masih pemula banyak tanyak teruz
    qw takut partner ku billy kenapa"

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, saya malah seneng kalau ada yang tanya.
      kalau soal respon, sebenernya bwk itu burung yang moodnya naek turun, kadang mau dipanggil dan langsung nyamperin, kadang juga dia malas untuk nyamperin....
      kalo soal skill terbang, harus dilatih dulu. silakan mas baca artikel saya cara melatih bop.
      soal ekornya, biarkan saja, biasanya nanti akan terganti dengan bulu baru... :)

      Delete
  3. malem dok..
    saya memelihara BWK (bernama Owen) sudah 1 bulan ini, awal beli sudah brancher akhir.
    dia masih belajar terbang,

    saya mau tanya apa perlu saya bawa ke lapangan luas agar dia bisa lebih bebas? (tapi masih dengan anglet yang terpasang dengan tali lebih dari 5m)

    dia (BWK) setiap hari jam 6 - 8 pagi saya jemur di panas matahari setelah itu saya kasih makan burung emprit segar masih berdarah dan berbulu 3 ekor dan sesudah itu saya tutup matanya dengan hood sampai jam 6 sore posisi BWK sudah di pindah di kamar keadaan AC mati Fentilasi dan suhu normal, pada jam 6 sore BWK saya beri makan burung emprit lagi 3 ekor (hood dalam keadaan terbuka), lalu saya buka hood sampai jam 9 malam, jam 9 malam kamar saya pakai AC menyala sampai pagi.

    yang saya mau tanya apa sudah benar cara merawat BWK saya?
    dan apa BWK engga perlu minum? (karena di kasih minum selalu di tolak meskipun pakai pipet)
    akhirnya saya mencari alternatif setiap burung emprit yang saya beri saya kasih air mineral dulu baru saya kasih ke BWK,apa itu saya cukup?

    oh iya saya memberi tikus juga setiap sabtu pagi, tapi kata teman di club jangan terlalu sering karena tikus punya penyakit tiluan. apa benar?

    (semua penjelasan pemberian makan di atas saya menerapkan Feed On Hand.)

    Oh iya saya mau bertanya juga,
    pemberian daging sapi di atas yang dokter jelaskan apa itu benar hanya daging sapi saja sampai dia mature?
    yang saya dengar BWK ataupun semua jenis BOP memerlukan asupan gizi dari daging dan tuang hewan, burung emprit misal BOP bulu di makan untuk membersihkan tenggorokan, tulang untuk menambah kekuatan tulang BOP, dan daging melengkapi asupan gizi nya.
    nah jangan khawatir BOP makan bulu atau tulang emprit karena sudah sifat alami nya gitu nanti juga di muntahin.
    oh iya bagi yang ngasih makan puyuh jangan terlalu sering, puyuh terlalu banyak lemak hewani, engga bagus buat BOP, bahkan fases dan bau mulut akan ga enak baunya.
    sedikit sharing aja sih.
    oh iya dok di jawab ya pertanyaan nya.. saya tunggu.. terimakasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, lengkap banget penjelasannya mas.
      saya coba jawab.

      kalau emang dia sudah terbiasa dan sudah mengenal mas dengan baik, bisa mas latih di halaman atau beranda mas dulu.
      maksudnya biar dia gak shocked langsung dibawa ke tempat ramai. lebih bagus sih kalau mas ikutan latihan bersama dengan komunitas pecinta bop di kota mas. bwk biasanya seneng kalau dilatih bareng2 ama bwk lainnya, hihihi...

      cara memelihara bop mas sudah cukup baik. hanya saja soal hood, sebenernya saya kurang setuju. memelihara bop erat kaitannya dengan kepercayaan si bop dengan masternya. kalau pakai hood, takutnya dia kurang percaya kepada mas nantinya. namun sebenernya kembali lagi ke style masing2 dalam memelihara partner. gak apa2 juga pakai hood dengan cara seperti mas tadi... :)

      kalau soal tikus bisa menyebabkan penyakit, sebenernya kembali lagi ke tikusnya. dia bersih atau tidak. makanya saya lebih menyarankan kasih pinkies (bayi tikus). kemungkinan kena penyakit lebih sedikit dibandingkan tikus dewasa. si errol dan padma juga saya latih buat mencari bayi tikus di alam, hanya kalau keadaan terpaksa saja saya suruh mereka makan tikus dwasa. :)

      soal daging sapi, bisa aja sampai mature. namun saya dan keluarga (semua keluarga saya memelihara BOP, cuma saya dan mama aja yang pelihara owl) lebih sering kasih pinkies...

      salam buat owen dari padma dan errol ya. mereka barusan pulang sebentar, mamerin anak tikus ke saya. paling pulang lagi ntar subuh... :)

      Delete
  4. Dokter Yth.
    Saya seminggu lalu adop BWK, usia brancher menuju akhir sepertinya, untuk pakan saya kasi daging ayam non lemak dan emprit. Nafsu makan dan manningnya cukup baik. Yang saya kurang puas, partner saya kok agak males gerak. Pernah waktu saya pindahin ke ruang tamu dia lompat ke meja, tapi saya pancing pake pakan di glove dia gk mw lompat pdhl jaraknya gk jauh (skitar 15cm dari jangkauan lehernya). Kira2 solusi atau tipsnya gimana ya Dok?
    Terus untuk terbang, di usia brp partner bisa terbang? bulu kapasnya udah hampir habis. Apakah BoP akan belajar terbang sendiri atau perlu kita latih? kira2 seperti apa metodenya? Terimakasih sebelumnya, Dokter.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang keadaannya gimana mas? maaf baru bales, saya sibuk sekali akhir2 in i...
      coba pancing insting buasnya. mas beli bayi tikus, taruh BWK mas dan bayi tikusnya di dalem kardus atau box yang agak besar. biarkan aja di dalam sampai si bwk memangsa bayi tikus putihnya. biasanya darah dalam bayi tikus akan membuat instingnya dan si bwk lebih mudah dilatih.

      yang penting jangan putus asa. masing2 bwk punya karakter masing2. ada yang aktif, malas, ceria, usil, dan lain2. jadi kita ownernya harus bisa mengerti.

      semua burung akan bisa terbang sendiri tanpa dilatih. si errol burung hantu saya juga dulu malas terbang. :)

      Delete
  5. dok kan saya baru beli bwk . enak nya di diemin dlu apa langsung di taruh di perc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau benar2 baru sampai rumah, diamkan dulu dalam ruangan kosong yang sepi (minim suara).
      maaf baru balas. saya sibuk banget akhir2 ini... :)

      Delete
  6. Dok kalo melihara chick sama brancher itu mrawatnya susah mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja. masing2 punya tanggung jawab yang besar.
      kalau yang chick mungkin lebih mudah dilatih aja karena sifatnya gampang menerima owner... :)

      Delete
  7. Dok kalo melihara chick sama brancher itu mrawatnya susah mana

    ReplyDelete
  8. Dok merawat chick sama brancher itu susah mana menurut dokter usul ny gimana

    ReplyDelete
  9. Dok,bwk saya usia brancher awal,kmaren pas laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender yg d simpen di kulkas,trus saya rendam air,,tapi lahap banget,,trus besoknya saya kasih daging ayam.potong dari pasar ko ga mau di makan ya? Knapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? daging yang dapet dari pasar mas yakin bebas bahan kimia? soalnya burung hantu atau bwk bisa tahu kalau daging yang diberikan bebas kimia atau tidak. kadang mereka gak mau makan soalnya tahu ada 'bahan aneh' di daging yang diberikan..

      maaf baru balas.. :)

      Delete
  10. Dok,bwk brancer awal saya kmaren saya kasih daging ayam blender dari kulkas trus saya rendam air,tapi lahap banget,,trus besoknya saya kasih daging ayam potong di pasar yg udah bersih dari darah,malah ga mau,,knapa ya dok? Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  11. Dok,bwk brancer awal saya kmaren saya kasih daging ayam blender dari kulkas trus saya rendam air,tapi lahap banget,,trus besoknya saya kasih daging ayam potong di pasar yg udah bersih dari darah,malah ga mau,,knapa ya dok? Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  12. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

    ReplyDelete
  13. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

    ReplyDelete
  14. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

    ReplyDelete
  15. Dok,bwk brancher awal saya kmaren laper triak2 saya kasih makan daging ayam blender beku,tpi saya rendam air dulu,tpi lahap dok,trus besoknya saya kasih daging ayam potong bersih dari darah d pasar,tapi malah kurang doyan,knapa ya dok?

    ReplyDelete
  16. Slmt pagi doc, maaf ganggu aktifitas docter.
    Mau nnya doc,selain dgng spi,tiput,doq, sjenis falcon bsa dksh mkn apa doc buat pkn alternatifnya?? Klo fillet ayam mnrt docter bgus gk doc??

    ReplyDelete
    Replies
    1. fillet ayam boleh aja sesekali. tapi sebaiknya jangan kebanyakan... :)

      Delete
    2. fillet ayam boleh aja sesekali. tapi sebaiknya jangan kebanyakan... :)

      Delete
  17. Boleh tdk alap-alap di beri pakan ikan mentah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ikan sebagai makanan bop dan burung hantu....

      Delete
  18. Alap-alap boleh di beri pakan ikan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ikan sebagai makanan bop dan burung hantu....

      Delete
  19. Alap-alap boleh di beri pakan ikan ya dok?

    ReplyDelete
  20. Boleh tdk alap-alap di beri pakan ikan mentah?

    ReplyDelete
  21. Mbak. Mau nanya
    Alap alap bnyk ngk mkanny kira" brpa kilo per hari...
    Trus mau ngk daging ayam... Pgen melihara...

    ReplyDelete
  22. Mbak mau nanya...
    Alap alap bnyk gk mkanny...
    Trus brpa kilo per hari...

    ReplyDelete
  23. Dok saya kmaren baru beli alap2 saya kasih jangkrik cuma dimakan 2 ajah dikasih ayam juga gadoyam sbnrnya makan apa si alap2 inih dok

    ReplyDelete
  24. Dok alap" saya awalnya mkn lahab bgt kok tiba" langsung lmas ya kakinya ky lumpuh gtu padahal sblmnya sehat" aja

    ReplyDelete
  25. Mbak alap" saya kok hbis mkn tiba" lngsung lmas ya tapi kakinya aja yg ky lumpuh yg lain baik" aja padahal awalnya mkn lahab bgt n sehat" aj

    ReplyDelete
  26. Mbak alap" saya hbis mkn kok tiba" lansung lemas ya tapi cuma kakinya aj ky lumpuh gtu padahal sblmnya baik" aja n mknnya lahab bgt

    ReplyDelete
  27. Dok apakah BWK usia brancher yg masih belajar berdiri boleh ditaruh di perch?

    ReplyDelete
  28. Dok alap" saya kok hbis sya ksh mkn tiba" kakinya lemes ya ky lumpuh gtu padahal sblmnya sehat" aja n lahap bgt mknnya

    ReplyDelete
  29. Dok kalo misal mau periksa saya masih ragu karena ini kan hewan yg dilindungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa telpon langsung ke BKSDA setempat. alamat dan nomor telepon bksda seluruh indonesia ada di salahsatu artikel saya di blog ini. cari aja di bagian cari artikel :)

      Delete
  30. Dok kalo misal mau periksa saya masih ragu karena ini kan hewan yg dilindungi

    ReplyDelete
  31. Dok kalo misal mau periksa saya masih ragu karena ini kan hewan yg dilindungi

    ReplyDelete
  32. Dok, saya mau tanya, kira2 daya tahan tubuh burung hantu dibanding falcon/elang lebih kuat mana dok..... Dan kayaknya paling banyak penyakitnya burung hantu dehh. Mohon dok bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung levelnya. soalnya masing2 burung hantu dan masing2 BOP jga ada level stressnya, mas. ada yang susah dipelihara, ada juga yang mudah. silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya....

      Delete
  33. Bagus mas muhamad rizky pertanyaannya❗

    ReplyDelete
  34. Dok, sekitar 4 bulan yg lalu saya pelihara barn owl hari itu sehat2 aja ga ada apa2. 6 minggu kemudian ada yg aneh, saya kasih makan jam 9 pagi, saya kasih daging sapi segar, setelah itu saya berangkat, maghrib saya pulang istirahat sebentar, jam 7 saya cek. Dia kaya kehilangan keseimbangan gitu dok selang beberapa menit dia jatuh, tubuhnya pada kaku sama kakinya juga, saya pindahkan ke lantai. Kepalanya sih masih gerak dok, sekitar 25 kemudian dia mati dok. Itu kenapa yaaa..... Saya masih bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kena tetelo (NSD). silakan baca artikel saya cara mengobati tetelo pada burung hantu....

      Delete
  35. Dok, sekitar 4 bulan yg lalu saya pelihara barn owl hari itu masih baik2 aja ga ada apa2. Setelah 6 minggu yg lalu saya kasih makan pada jam 9 pagi saya kasih daging sapi segar, habis itu saya berangkat. Setelah saya pulang maghrib dan istirahat sampai jam 7 malam saya cek dia lemes gitu dok ga lama kaya kehilangan keseimbangan gitu, kepalanya sihh masih gerak dan napasnya itu kaya sesak gitu. Badan kaku sama kakinya. Saya pindahkan ke lantai. 25 menit kemudian dia mati dok. Itu kenapa yaa dok❓.... Saya masih bingung.

    ReplyDelete
  36. Kalo peregrine falcon/alap2 kawah mudah terserang penyakit ga dok.... Kaya barn owl contoh NSD (newcastle disease)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua unggas bisa terjangkit tetelo atau NSD mas....
      yang penting sebenernya menjaga kebersihan kandang dan burungnya.

      agak susah sebenernya untuk breeding peregrine. ayah saya pernah berhasil mengawinkan peregrine miliknya, namun sang induk tidak mau mengerami telurnya. ada faktor kepercayaan burung kepada manusia, soalnya secara basic semua BOP menganggap manusia itu tidak bisa dipercaya (makanya mereka kadang gak mau makan makanan yang diberikan manusia kalau masih diliatin, mas)....

      nanti mungkin saya bahas di artikel selanjutnya tentang breeding peregrine... :)

      Delete
  37. Dok, kalau cara breeding peregrin falcon itu gimana dok caranya..... Mohon pencerahannya dok. Meskipun dokter lebih ke owlry. Maaf dok sebelumnya

    ReplyDelete
  38. Okay dok terima kasih atas infonya❗👍. Saya tunggu artikelnya tentang peregrine👌

    ReplyDelete
  39. Dok, kalo vitahawk itu untuk penyakit apa dok yaaah....❓

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitahawk itu bukan obat. dia semacam supplemen untuk menambah daya tahan tubuh BOP... :)

      Delete
  40. Dok, sy pnya BWK umur brancher, q sdh pelihara sktr 3 minggu, tp kalo q taruh d perch kok gak mau ya..?
    Cakar nya gk mau nyengkram,, suka ndeprok gitu.
    Trus kalo tak ksh daging ayam gak suka, suka e daging sapi.
    Tp skg kali d ksh makan kok defent ya, mundur2 gitu smbil buka sayap dan teriak2.. gt, tp kdh mau nyambat daging e jg

    ReplyDelete
  41. Dok, Q pnya BWK umuran brancher, sktr 3 mnggu an q pelihara, tp kalo q taruh d perch kok gak mau ya,, kyk susah berdiri, kyk takut gt, suka e ndeprok gt aja,
    Tp kalo q taruh d tanah trus q ksh makan, ntu mau brdiri dan nyamperin daging yg q ksh lewat tangan q ..
    Kok bisa begitu ya dok,,?
    Trus akhir2 ini BWK q kok kalo q ksh makan malah mundur2 trus teriak2 gt, smbil sayap e d buka,, kyk defent gt dok..
    Klo q ksh makan daging ayam, gk suka,,
    Suka e daging sapi..
    Mohon pencerahannya dok, kok bs gt dan gmn cara ngatasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena dia belum terbiasa ama perch. kalau usia brancher masih normal kok....
      bwk suka defends pas dikasih makan biasanya karena 2 hal: 1. dia belum jinak ama mas, 2. dia udah jinak ama mas, tapi belum percaya 100% sama mas. bwk emang gitu mas, mereka gak mudah percaya ama manusia. dulu ayah saya juga punya bwk, dan sifatnya emang gitu. perlu manning dan penjinakkan yang terus menerus....

      makanannya pakai daging sapi gak apa2 asalkan pastikan daging sapinya fresh (yang masih berdarah, bukan beku, dan bebas bahan kimia)....

      Delete
  42. pengen punya peregrine nih dok, barang kali ada yang mau jual haha maaf keluar jalur

    ReplyDelete
  43. aslm'lkm...salam kenal dokter fira, nama saya tata.
    gini dok td sy beli bwk brancher tengah saya ksh nama paco, langkah pertama sudah sy diamkan di ruangan kosong,,yg sy tanyakan diruang kosong itu dksh anak puyuh hidup smp dia mau makan apa cm beberapa menit sj dok? trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. :)
      silakan mbak baca artikel saya cara karantina burung hantu dan BOP. di sana ada langkah2nya. :)
      sehat terus buat paco...

      Delete
  44. dok.. sy pnya bwk udh bisa ftf 20-30 mter trus cara biar bisa soar bgaimna cranya? n bwk sya klo lht org byk ky tkut gt ..gmna cara biar biasa lht org byk..thank donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas gabung ke komunitas BOP di kota mas. sering2 ikut gathering dan latihan soaring... hal ini biar bwk mas terbiasa dengan orang banyak juga... :)

      intinya komunikasi dengan peliharaan kita biar dia mau soar.... :)

      Delete
  45. dok.. sy pnya bwk udh bisa ftf 20-30 mter trus cara biar bisa soar bgaimna cranya? n bwk sya klo lht org byk ky tkut gt ..gmna cara biar biasa lht org byk..thank donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas gabung ke komunitas BOP di kota mas. sering2 ikut gathering dan latihan soaring... hal ini biar bwk mas terbiasa dengan orang banyak juga... :)

      intinya komunikasi dengan peliharaan kita biar dia mau soar.... :)

      Delete
  46. dok.. sy pnya bwk udh bisa ftf 20-30 mter trus cara biar bisa soar bgaimna cranya? n bwk sya klo lht org byk ky tkut gt ..gmna cara biar biasa lht org byk..thank donk

    ReplyDelete
  47. dok.. sy pnya bwk udh bisa ftf 20-30 mter trus cara biar bisa soar bgaimna cranya? n bwk sya klo lht org byk ky tkut gt ..gmna cara biar biasa lht org byk..thank donk

    ReplyDelete
  48. aslm'lkm...salam kenal dokter, sy tata kemaren sy br aj beli bwk lumayan dah dewasa n kayaknya hasil tangkapan liar karena msh sngt ketakutan kalo lihat org. sy minta saranya dokter, kalo sy ksh anakan puyuh sy dekatkan g mau nyambar tp kl dtruh dibawahnya n sy tinggal 5 menit gt lngsg dimakan. gmn caranya agar bwk sy itu bisa jinak n mau nyambar makananya dr tangan sy dokter? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini gak usah dipaksa makan dari tangan dulu. yang penting dia mau makan. nanti kalau dia udah terbiasa dengan lingkungan barunya, baru mbak bisa coba handsfeed...

      kalau masih baru dateng emang gitu.. :)

      selama dia masih mau makan, masih wajar... :)

      Delete
  49. Dok, Q adop BWK umur sekitar brancher tengah, respon bagus & makan nya rakus, smpek terkadang jari ku ikut di gigit jg kalo sdg ksh makan anakan puyuh, tapi tiba2 skg nih kok jadi gak respon sama sekali ya, pdhl dl kalo liat pakan gitu langsung lari nyamperin krn blm bs terbang,
    Mohon pencerahannya ya dokter, bagaimana cara mengatasi sperti ini, langkah apa yg harus q lakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan BOP dan burung hantu dari fesesnya.

      puyuh yang diberikan, mas yakin bebas bahan kimia? kebersihan dijaga? saya ingin tahu fesesnya ya mas...

      kalau emang keadaannya makin parah, mending langsung bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  50. Dok, sy adopt BWK umur brancher tengah, respon bagus & makan rakus bgt, smpek prnh tangan sy ikutan di makan dan gak di lepasin pas wktu ksh makan anakan puyuh,
    Tapi tiba2 pagi td kok BWK sy gk respon sm skali, pdhl dl kalo liat anakan puyuh lsg lari walopun gk bs trbang, tapi gk defend cm gak mau makan, kalo tak taruh d kebun blkg rmh, ya jln2 gitu dok, smbil trkdg daun2 di cucuk i..
    Mohon pencerahan nya Dok,,
    Langkah apa yg hrs sy lakuin, biar respon nya balik lg kyk dl..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan BOP dan burung hantu dari fesesnya.

      puyuh yang diberikan, mas yakin bebas bahan kimia? kebersihan dijaga? saya ingin tahu fesesnya ya mas...

      kalau emang keadaannya makin parah, mending langsung bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  51. Dok, sy adopt BWK umur sktr brancher tengah, respon bagus& makan rakus, trkadang jari sy ikut di gigit jg kalo sdg ksh makan anakan puyuh.
    Tapi knp pagi td kok tdk respon wktu sy ksh makan anakan puyuh, pdhl sblm nya jgn kan dr dkt , dr jauh aja lsg lari klo liat anakan puyuh,walopun blm bs trbang . Dan skg BWK tak taruh d kebun blkg rmh, dia nya cm jln2 aja ndak mau makan
    Mohon bantuan nya, langkah apa yg sy hrs lakuin agar BWK sy balik sprti dl,,?
    Trima ksh

    ReplyDelete
  52. Dok, kalau peregrine falcon dari umur chick/brancher ditempatkan di perch itu, misalkan terbang jauh kemungkinan bisa balik lagi ke perch nya ga siihh..... Kaya barn owl punya dokter si errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung gimana kedekatan mas dengan si peregrine.
      dulu peregrine milik salahsatu paman saya juga bisa kayak si errol, emang butuh latihan lama, pendekatan secara batin, dan lain sebagainya, termasuk gak putus asa, saya yakin bisa... :)

      Delete
  53. Dok saya punya bwk, di hidungnya kok suka seperti ada upil yg nutupin hidungnya, itu kenapa ya dok? Tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena debu kah?
      mas bisa sering2 bersihkan pakai cotton bud yang dibasahi air hangat... 2x sehari... dan lingkungan sekitar burung juga sebaiknya dijaga dari debu....

      Delete
  54. Dok saya punya bwk, kok dihidungnya ada kayak upil gitu ya? Dibersihin ada lagi ada lagi. Kenapa ya dok? Harus diapain? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  55. Permisi dok, saya punya elanh bk umur chick, uda seminggu ini saya rawat.
    tp kenapa burungnya gk mau berdiri yaa, kayak lemes gitu..padahal uda saya kasih makan burung puyuh yg dicincang..tp tetep aja gk mau berdiri.
    apa seperti itu wajar dok?
    Atau tidak?
    Mohon pencerahannya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah membuat artikelnya cara mengobati burung yang kakinya mengangkang. coba mas cari aja artikelnya di bagian search....

      Delete
  56. Permisi dok, saya punya elang BK umur masih chick, uda seminggu ini saya rawat, tp kok sampe skrang belom bisa berdiri yaa dok?
    Padahal sudah saya kasih makan burung puyuh dicincang tiap hari krn menurut artikel yg prrnah saya baca itu bagus buat kalsium bop, tp kenapa masih belom mau berdiri, apakah itu normal ? Lalu apa yg harus saya lakukan dok?
    Mihon pencerahanya, terimakasih dok

    ReplyDelete
  57. Dok bwk saya kok jalnnya di tekuk terus kakinya knpa ya dok??? Usianya sih baru 1blan dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang kalsium kayaknya. umur segitu emang rentan kurang kalsium. mas bisa baca artikel saya mengobati burung yang kakinya mengangkang. :)

      Delete
  58. ibu dokter sya mw tanya,, Bwk sya ko kyanya ga kenal makanan ya?
    sya kasi umpan hidup g di makan", di suapin jarang" mau,, apa ada mslh sma kesehatanx ya dok? trus dia ga rakus, jadi agak sulit ngelatihx,,, mhon solusinya,, trimakasih, dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih pakan hidupnya apa?
      coba kasih bayi tikus putih. taro aja deket kakinya, kemudian tinggalin. bwk kadang gak mau makan kalau diliatin.... :)

      Delete
  59. Dok mau tnya nig perpindahan umur Alap Bwk Otu brp Minggu/Bulan ? Misal brancher tengah ke akhir... Dan mw tnya lagi Makanan Yang Bagus Buat alap² BWK apa yah dok ? Thanks

    ReplyDelete
  60. Dok sya mw tnya sya mau adopt Alap bwk Brancher awal nih nah takutnya sya pas gedenya respond gak bagus,,, biar dari kecil respond bagus gmna yah dok ? Dan mw tnya lg nih perpindahan umur alap bwk itu brp minggu/bulan ? Misal Brancher awal ke tengah dst... Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk usia perpindahan brancher dll silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara BOP....

      Delete
  61. Dok mw tnya kalau biar respond alap bwk bagus gmna yaah ? Sya pnya brancher tengah nih dok takut saat gede respondnnya jelek,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilatih. silakan baca artikel cara melatih BOP.
      cari dibagian search.. :)

      Delete
  62. dok bwk ane baru sampe rumah masih chick gan, langkah pertama yg harus dilakukan apa ya gan?
    mohon bantuannya ya dok

    ReplyDelete
  63. dok bwk ane baru sampe rumah ni masih chick, langkah awalnya apa ya dok

    ReplyDelete
  64. dok ko alap alap saya merem mulu ya kaya lagi tidur gitu tapi pas di tangan juga gitu kaya ngantui berat kira2 sakit apa engak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama.

      kabari saya mengenai fesesnya ya mas.

      Delete
  65. dok ko alap alap saya merem mulu ya kaya lagi tidur gitu tapi pas di tangan juga gitu kaya ngantui berat kira2 sakit apa engak dok?

    ReplyDelete
  66. dok ko alap alap saya merem mulu ya kaya lagi tidur gitu tapi pas di tangan juga gitu kaya ngantui berat kira2 sakit apa engak dok?

    ReplyDelete
  67. dok makanan apa aja yang ga boleh di makana ama bwk dok mohon pencerahannya ya dok ?

    ReplyDelete
  68. dok makanan apa aja yang ga boleh di makan ama BWK dok ?
    mohon bantuannya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak, mas. daging2 yang gak fresh atau udah kena bahan kimia, daging babi, daging kambing masih boleh tapi jangan banyak2, dlsb..

      Delete
  69. Mbk saya punya bwk juve awal . Cara makan Dan waktu makanya gmn mbak ? Dan minum nya gmn caranya . Mohon batuannya mbak . Saya pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemula tapi mau belajar lebih terhormat daripada expert tapi berenti belajar, mas.

      cara makannya disuapi dulu. kalau dia udah bisa makan sendiri tanpa disuapi, gak apa2 taruh aja dekat kakinya. pastikan makanannya bebas bahan kimia. bagusnya kasih pakan hidup kayak bayi tikus. oh ya, makanannya daging sapi segar (bukan bekuan).

      cara kasih minumnya bisa mas baca artikel cara memberi minum burung hantu. cari dibagian search.

      cek juga artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. kasih saya kabar lagi ya mas. saya tunggu..

      Delete
  70. Ane kasih ikan mas mulu dok gapapa kan ya, punya ane masih chick dok
    kira2 ke branchernya berapa bulan lagi dok ?
    Udah boleh kasih equip ga dok ?
    Maap dok banyak nanya soalnya biar ane bener2 bisa ngerawat si doi ampe gede dok
    dok mohon bantuannya ya, trimaksih dok salam buat errol dari devlin (bwk saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kalau ada yang nanya, mas. :)
      hmm, sebenernya sih kurang bagus kalau bop atau owl dikasih ikan emas (kecuali beberapa jenis bop). namun balik lagi ke ownernya.

      fesesnya gimana mas? masih 3 elemen? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. saya tunggu... :)

      Delete
  71. Dok saya mau nanya saya sudah gagal melihara owl dua kali penyebabnya selalu dibmata saya mau coba melihara bwk mungkin ada perbedaan diantara keduanya dok?? Atau gimana pendapat dokter

    ReplyDelete
  72. Dok mau nanya saya sudah gagal berpartner dengan owl dua kali penyebabnya sama mata nya berair sebelah itu di karenakan kenapa ya? Oiaa saya mau nanya saya mau coba mengenal bwk di banding owl tingkat kesulitan dalam halnkesehatan lebih kuat yg mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibandingkan antara BWK dengan owl, tergantung owl yang mana dulu. namun rata2, bwk lebih susah dibandingkan celepuk, oriental bay owl, dan barn owl. burung hantu yang kesulitannya sama dengan bwk antara lain buffy fish owl. jenis burung hantu yang lebih susah perawatannya dibandingkan bwk antara lain strix seleputo. silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya...

      kalau mata berair itu kemungkinan infeksi di bagian mata. bisa jadi karena debu atau kuman. kelopak matanya sedikit bengkak ya mas? dia sering menggaruk matanya? bener? 2 partner mas yang dulu, mas tempating di tempat yang sama ya? maksudnya, mas taruh di ruangan yang sama....

      rumah mas berada di daerah industri bukan?

      ada banyak sebab soalnya. saya tunggu jawaban dari pertanyaan2 di atas ya mas.. :)

      Delete
  73. Dok mau tanya knap y bwk sya baru dtng dr luar kota bsoknya kyk sesak nafas matanya sebelah merem makan dikit. Tlng kasi solusi

    ReplyDelete
  74. Mbak mau tanya nie sya kan baru dpt bwk nie 3hr lalu awal datang sudah terlihat agak serak bunyinya sya kasi ayam mau bsoknya terlihat tanda2 sesak nafas plus bunyi nguwik2, makan mulai dikit2 krn daging spi susah nyari sya kasi dging babi. Nah gmn tuh mnurt mbk bwk sya apakah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan mas kasih daging babi karena terpaksa saja. daging babi banyakan lemaknya, mas. cek artikel jenis daging yang tidak boleh untuk burung hantu dan bop...

      cek fesesnya. bop yang sehat biasanya fesesnya terdiri dari 3 elemen. kehitaman, bening seperti air, dan putih seperti susu...

      cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama.

      tebakan saya, ada masalah di paru2nya. mungkin selama perjalanan, bopnya kepanasan atau kena polusi/asap. kalau bagusnya sih bawa ke dokter hewan aja, mas...

      Delete
  75. Dok, saya mau tanya, porsi makan alap2 kawah/peregrine falcon sama barn owl lebih banyak mana dok diantara keduanya....❓

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari segi volume perut sih relatif sama, meski sedikit beberapa cc lebih banyak barn owl. tapi kita pukul rata aja sama karena cuma sepersekian cc bedanya...

      maafkan saya, mas. belum sempet. minggu ini aja saya ke 3 pulau berbeda, besok baru pulang.... :(

      silakan baca2 aja dlu mengenai BOP dan burung hantu di blog ini. secara prinsip sama kok... :)

      Delete
  76. Dok, katanya mau share tentang bagaimana cara membreed peregrine falcon.... Saya tunggu lho dok. Soalnya insya allah hari selasa besok baru datang alap2 kawahnya.

    ReplyDelete
  77. Tapi katanya dok, barn owl itu ga pernah merasakan kenyang dok ... Waktu itu saya pernah barn owl saya kasih tikus putih tapi mau lagi-mau lagi dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. barn owl bisa juga kok merasakan kenyang. buktinya mereka bakalan muntah kalau makan kebanyakan....

      kalau soal daya tahan tubuh alap2 lebih kuat dari burung hantu, bisa dikatakan seperti itu. kembali lagi ke kesehatan burung alap2 dan burung hantu itu sebenernya, mas... :)

      Delete
  78. Saya nanya ke penagkarnya juga, katanya alap2 kawah daya tahan tubuhnya lebih kuat dibandingkan barn owl. Memang benarkah dok...

    ReplyDelete
  79. bu dokter nanya lagi ya hehe
    kalau meng-handle bwk yg masih kagetan biar ga kagetan lagi gimana ya? kalau dideketin dia defense buat matuk sih engga bu
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. intiny sebenernya sabar, mas. :)
      dulu juga si errol begitu. gak cuma matuk, dia sampe nyerang muka saya dulu awal2 saya pelihara si errol. kelopak mata saya sempet dijahit karena sobek, untungnya gak kena mata. tapi sekarang liat, si errol bisa bonding ama saya.

      sebenernya kuncinya 1, yaitu sabar. mau segalak apapun bwk, kalau masnya sabar, pasti jinak kok....

      1 lagi kuncinya. jangan takut. karena kalau mas takut, dia makin berani dan makin susah jinaknya sama mas....

      kuncinya sih itu mas... :D

      semangat ya.. :)

      Delete
  80. bu dokter nanya lagi ya hehe
    kalau meng-handle bwk yg masih kagetan biar ga kagetan lagi gimana ya? kalau dideketin dia defense buat matuk sih engga
    terimakasih

    ReplyDelete
  81. Dok saya punya bwk nih baru beli 3 hari yang lalu usianya juve akhir Namanya HORUT nah permasalahan yang pgn saya tanya begini dok, bwk nya kan sering saya handdle nah suka saya elus elus juga dok kalo lagi di gituin mah diem aja dok kalo giliran dibawa jalan jalan langsung kaya pgn kabur berontak gitu dok,trus kalo ada temen saya gak mau makan tapi kalo cuman saya sama si Horut saya dia makan nya mau disuapin kadang kadang cuman digigit doang kalo gak cuman di liatin tapi yang paling sering mah abis di gigit langsung dibuang abis itu feses nya warna nya kaya cream putih,selama saya peliharan pasti feses nya itu mulu trus kalo di deketin orang kabur lah,loncat lah,pokonya pgn kabur,yang bikin saya bingung: 1.dia sakit apa nggak???
    2.Apa mungkin karna baru saya pelihara jadinya kaya pgn kabur gitu ya???
    3.Usia segitu masih bisa di jinakin apa gak?
    4.Kalo feses nya kaya gitu sakit apa gak??
    5.Itu kalo gak nafsu makan di kasih apa biar mau makan di glove dan gak malu malu?

    SEKIAN ITU AJA DOK PERTANYAAN DARI SAYA,Maaf apa bila saya terlalu banyak bertanya kepada anda,Soalnya masih pemula dok

    TOLONG HARAP DI JAWAB DOK←←←←

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mas. saya coba jawab pertanyaannya.
      1 dan 4. di fesesnya, cuma ada bagian putihnya aja? gak ada warna bening air dan kehitamannya? susah untuk tahu dia sehat atau nggak. soalnya saya gak bisa liat si horut langsung. pendapat saya pribadi sih masih sehat kalau di fesesnya masih ada bagian bening dan si horut matanya gak merem (murung).... tapi biar jelas mending bawa ke dokter hewan terdekat aja buat checkup,,,, :)
      2. bisa jadi karena dia masih masa adaptasi, jadinya dia suka kabur2an gitu. dan bisa jadi juga emang karakter si horut gitu, mas: pemberontak dan gak mau diatur, hehehe. emang sifat dasar BOP ya kayak gitu. si errol juga dulu gitu, kok, tapi sekarang bisa jinak ama siapa aja.
      soal dia gak mau makan kalau ada temen2nya juga sama. semua bop menganggap kita, manusia, adalah makhluk yang tidak bisa dipercaya. makanya mas harus berusaha agar si horut percaya sama mas sepenuhnya. bagaimana caranya? sering2 latih aja, sering2 ajak main. cara melatih BOP udah ada artikelnya... :)
      3. saya yakin usia berapapun bop masih bisa dijinakkan. dulu saya dapet si errol waktu dia udah tua banget, tapi sekarang bisa bonding sama saya... intinya sebenernya cuma sabar, gak putus asa, jangan ragu2, jangan takut. itu aja. :)
      5. biar instingnya tajem lagi, coba mas kasih bayi tikus yang masih merah. taruh aja deket dia terus tinggalin. jangan diliatin. nanti instingnya tajem lagi... :)

      moga membantu dan jangan sungkan buat bertanya ya mas...

      Delete
  82. Dok saya pgn tanya bwk saya gak mau makan cuman di liatin doang dok itu kenapa ya???tapi kalo tinggal saya sama bwk dia pasti mau makan dok soalnya saya baru pelihara 3 hari usia nya juve akhir apa karena baru di adopsi dia jadi makan nya malu malu gitu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang emang ada bwk yang kayak gitu mas. ada yang emang antipati banget sama manusia hingga dia gak mau makan kalau ada kita. udah jadi sifat dasar bop menganggap manusia adalah makhluk yang gak bisa dipercaya, maka tugas kita untuk berusaha agar mereka bisa percaya sepenuhnya kepada kita... :)

      moga membantu

      Delete
  83. Mau tnya dok

    Apakah alap-alap CG itu dlindungi?

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Replies
    1. setau saya sih status IUCN cg masih LC, mas. CMIIW.
      atau kalau mas mau tahu lebih lanjut, tanya ke BKSDA aja mas. nomor telepon bksda udah ada artikelnya...

      Delete
  86. Dok saya mau tanya nih,,

    Sy punya Brancher BWK akhir, sudah 2 minggu sy pelihara.
    klo makan bagus dok tapi ada bintik bintik merah di kaki BWK yang muncul, kayak memar gitu dok.
    malah semakin lama semakin banyak bintik atau bercak darah di bagian kaki BWK saya.

    itu parah tidak dok?

    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah mas termasuk daerah yang banyak nyamuk ya? betul? untuk nafsu makannya gimana mas? apa ada perubahan? kabari saya ya... dan maaf baru balas, saya lagi otewe pulang kampung... :)

      Delete
  87. Mba mau nanya, klo bwk saya kasih sayap ayam cincang boleh ga?sama bwk perlu dikasih minum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ayam sebenernya agak kurang bagus karena seratnya terlalu kasar kalau buat bwk. emang, banyak owner bwk yang kasih ayam, tapi itupun bukan sayapnya. kan kalau sayapnya mah dagingnya dikit... :D

      boleh kasih ayam asalkan yang masih anakan, yang ayam muda, karena serat dagingnya bisa dikatakan masih lunak. itupun dagingnya jangan yang udah dibekuin, kalau udah terlanjur dibekuin, diemin dulu di ruangan terbuka sampe gak dingin lagi.

      ribet kan? hehehe. mending kasih bayi tikus putih. praktis. tinggal kasih, terus tinggal. :D

      Delete
  88. Numpang2 nih bwt nanya... Q pny bwk nmae ken kok kdang2 suka nganga gt y mlutx, n klo lg gnt bulu ntah pa istlahnya tu gmn pa da prawatan khsus..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya kenapa burung hantu suka mangap-mangap. secara prinsip sama saja, mas... :)

      Delete
  89. bu saya punya BWK brancher awal (baru belajar berdiri) kalo di kasih baby tikus putih harus di potong potong dulu?dan BWK nya kok matanya sipit sebelah? apakah ketika menginjak dewasa matanya akan normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya?
      terus fesesnya gimana mas? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama.

      coba kasih pinkies (bayi tikus putih) ukuran kecil aja mas. :)

      saya tunggu kabarnya ya...

      Delete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. Dok mohon informasi nya.
    saya punya bwk masih chick , makanan harus selalu di loloh ga makan sendiri, kondisi nya murung trs dok. di tenggorokannya saya lihat ada putih putih gitu dok. obatnya nya apa ya dok? trs cara agar mau makan gimana, klo elangnya gamau makan trs ntar mati dok, makanya saya lolohin. obat biar nafsu makannya tinggi juga apa dok? burung nya jenis Bwk dok. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah saya bahas di artikel cara mengobati frounce pada burung hantu. sekarang keadaan bwknya gimana mas? maaf komentar mas 'kelewatan', baru saya balas sekarang... :(

      Delete
  93. Salaaam,Saya baru dapat partner BOP CG chicks mulus no minus respons bagus, namun 2 hari blkgan jatuh sakit, ciri gejala sakitnya mata sayup lemah lemas nafsu makan hilang hilang focus tidak mampu berdiri tudur tramor pernafasan tdk sehat kepala di sandarkan..fesses terakhir putih saja ada cairan dan ada sedikit warna hijau, tanpa ada fesses hitam..cg saya sekarat..tolong infonya..apa jenis sakit dan bagaimana cara mengobatinya hingga sehat seperti semula :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, saya secara pribadi minta maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaannya, mas? saya cukup yakin kalau CG mas kena tetelo alias NSD (new castle disease). Kalau dia masih ada hingga sekarang, mending mas bawa ke drh terdekat. kalau udah 'nggak ada', buat pelajaran mas aja ke depannya.... udah ada kok artikelnya di blog ini: cara mengobati tetelo... :)

      Delete
  94. Salaaam,Saya baru dapat partner BOP CG chicks mulus no minus respons bagus, namun 2 hari blkgan jatuh sakit, ciri gejala sakitnya mata sayup lemah lemas nafsu makan hilang hilang focus tidak mampu berdiri tudur tramor pernafasan tdk sehat kepala di sandarkan..fesses terakhir putih saja ada cairan dan ada sedikit warna hijau, tanpa ada fesses hitam..cg saya sekarat..tolong infonya..apa jenis sakit dan bagaimana cara mengobatinya hingga sehat seperti semula :(

    ReplyDelete
  95. dok saya mau tanya,saya punya bwk usia brancher tengah,apakah usia segitu udah boleh dipasang angklet apa belum?? terus usia berapa bwk bisa terbang?? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas nanya pendapat saya, mending jangan. :)
      biarkan dia gak pake angklett, biar dia lebih percaya sama masnya... :)

      Delete
  96. Dok kalo jarak waktu ngasih makan bwk bracher berapawktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih 4 hingga 5 kali sehari aja mas. bisa pagi, siang, sore, dan malam.... :)

      Delete
  97. Selamat pagi dr. Fira Sovica maaf mengganggu aktivitasnya ya hehe.. Dok saya punya adopt Spotted Kestrel/ alap alap sapi sekarang usia juvenile awal baru bisa terbang jarak pendek.. skill udh Fttf jarak pendek. alhamdulillah sekarang masih sehat wallafiat, yg saya agak kuatir itu porsi makannya ga menentu, kadang banyak kadang sedikit.. apa ada gejala atau pakan yg salah ? Saya kasih tiap hari daging ayam kadang diselingi sama daging kambing.. feses putih ada sedikit hitam. apakah saya harus mengganti sama daging sapi? Mohon pencerahannya ya dok :) salam buat Errol n Padma ya dari Jill :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, mas. wajar kok. selama dia mau makan (meski sedikit), dan fesesnya normal, kayaknya masih sehat.

      alap-alap yang sehat biasanya bisa dilihat dari fesesnya. coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. sama aja kok.

      selama ini, gak ada masalah dikasih daging kambing? nggak terlalu panas ya buat BOP? keluarga saya kebetulan semuanya pecinta BOP, mas. hehehe. cuma saya aja yang masih 'setia' sama burung hantu.

      saran saya sih boleh aja kasih pakan yang udah mas kasih selama ini, cuma seminggu sekali kasih pakan hidup, kayak bayi tikus putih yang masih merah. gak usah sering2, seminggu sekali atau dua kali aja.

      saya tunggu kabarnya ya mas. salam balik buat jill... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah ga ada masalah dok, cuma kuatir nanti buat jangka panjang aja maksudnya.. ohh gitu ya dok terima kasih sarannya ya dok, kebetulan saya juga pecinta bop versi alap alap hehe tapi baru kesampaian sekarang" dapet bird nya.. :D

      Delete
    3. kasih saya kabar terus ya mas... :)

      Delete
    4. Alhamdulillah dok Jill udah stabil makannya, berkat diganti daging sapi responnya lebih ngotot :D
      Oiya dok Bop juga harusnya di vaksin ga? Atau kasih obat daya tahan tubuh aja? Buat antisipasi aja maksudnya.. hehe mohon pendapatnya yaa dok :) salam lagi dari Jill yg lagi tidur di perchnya buat Erroln Padma :D

      Delete
    5. BOP bisa divaksin, diantaranya vaksin NSD alias tetelo. silakan hubungi mantri sunat terdekat....

      maksudnya, dokter hewan terdekat... :D

      selama kebersihannya dijaga, kayaknya gak perlu divaksin, mas.. :D

      Delete
  98. Selamat pagi dr. Fira Sovica maaf mengganggu aktivitasnya ya hehe.. Dok saya punya adopt Spotted Kestrel/ alap alap sapi sekarang usia juvenile awal baru bisa terbang jarak pendek.. skill udh Fttf jarak pendek. alhamdulillah sekarang masih sehat wallafiat, yg saya agak kuatir itu porsi makannya ga menentu, kadang banyak kadang sedikit.. apa ada gejala atau pakan yg salah ? Saya kasih tiap hari daging ayam kadang diselingi sama daging kambing.. feses putih ada sedikit hitam. apakah saya harus mengganti sama daging sapi? Mohon pencerahannya ya dok :) salam buat Errol n Padma ya dari Jill :D

    ReplyDelete
  99. Wah selera humornya tinggi sekali yaa dok :D
    Iya dok, kasih vita hawk juga udah cukup kali yaa?
    Mau nanya lagi ni dok, di indo ada yg breeding Peregrine ga ya? Atau mbak Fira punya kenalan gitu sama falconer hehe, cuma nanya aja dok soalnya saya kagum banget sama Peregrine sama pengen jadiin partner kelak kalo kecapaian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih belum ada breeder peregrine di indonesia, CMIIW. kenalan falconer? banyak. tiap hari saya dan falconer2 itu ketemu. la wong masih satu keluarga, hehehe. cuma saya aja yang 'murtad' sebagai falconer dan lebih memilih owlry... :)

      Delete
    2. Engga murtad juga kali dok, cuma beda keyakinan lebih halus kayaknya :D
      Wah kebetulan banget klo begitu.. ada keluarga yg berpartner peregrine dok? Klo ada kisaran berapa price nya dok? Hehe
      Oiya satu lagi dok, saya kan baru adopt Jill kurang lebih baru 3mingguan dok sebelum dia bisa terbang, sekarang udah lancar banget terbangnya.. dan sedikit aneh sekaligus bangga sekarang udh skill fttf 10m lebih dan udah hafal banget training nya.. pertanyaannya apa saya terlalu cepat trainingnya, takutnya malah batting gtu dok.. mohon sarannya ya dok, terima kasih udah menjawab pertanyaan saya yg ga penting ini hehe :D

      Delete
    3. dulu ayah dan abang pelihara peregrine. tapi, yah, mati. :D

      kalau soal harga burung peregrine, nanti mungkin saya tanyakan...

      kalau menurut saya, malah bagus kok jill udah menguasai skill tertentu. dan menurut saya, itu masih bisa dikatakan normal. latih aja terus fttf sampe bener2 lancar, mas... :)

      kabari terus

      Delete
  100. Dok mau tanya dong , bwk brancher akhir melatihnya gimana ya? Apa dimulai dengan fof

    ReplyDelete
  101. Malam dok, saya mau ambil partner bop tapi masih newbie. Mau minta saran dong partner yang cukup mudah untuk dirawat antara kestrel, cg dan bwk yang mana ya dok?

    Sekalian plus minesnya ya dok, sama saya ingin yang ukuran bop tidak terlalu besar. Maaf banyak nanya dok hehe, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo betul2 pemula, saran saya mending owl aja dlu. yang mudah dulu. celepuk atau oriental bay owl bisa jadi acuan. ada kok artikel cara memeliharanya...

      kalo udah pernah pelihara celepuk atau bay owl, bisa coba alap2...

      Delete
  102. Oh, gitu ya dok. Saya sudah baca sebelum sebelumnya, katanya secara prinsip merawat alap alap dengan owl hampir mirip. Memang perbedaan signifikan dimananya ya? Soalnya lebih tertarik ambil alap alap hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak mirip. perbedaannya dari segi penanganannya aja, karena kan tiap alap-alap atau owl punya karakter masing2... yang pasti, harus sabar dan telaten :D

      Delete
  103. Oke dok, terimakasih jawabannya :)

    Btw saya juga baca tingkat kesulitan untuk memelihara burhan. Apakah dokter berniat untuk membuat artikel tingkat kesulitan merawat BOP lainnya juga dok? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti akan saya susun tingkat kesulitan BOP diurnal (aktif di siang hari)... :)

      Delete
  104. dok, saya dapet falcon CG 4 hari yang lalu, saya belum tau betul secara detail semua tentang BOP tapi saya ingin belajar mengenal dan menjadi partnernya.
    nah kemarin saya liat CG saya sedikit lemas dan pastinya dehidrasi karena saya tidak mengerti bagaimana cara untuk memberi minum CG saya. dan apakah tidak apa apa jika ngasih pakan hewan(ex.brung pipit) dengan tulangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok artikel cara memberi minum burung hantu. secara prinsip sama.

      gak apa2 kasih burung emprit hidup2, kalo bisa pilih yang bulunya dikit. :)

      coba kasih super-n biar daya tahan tubuhnya bagus. dan agar tahu CG mbak sehat atau nggak, coba baca artikel parameter kesehatan burung hantu. secara prinsip sama kok parameter2 kesehatan CG dengan burung hantu...
      nanti siang jam 1 (21 juli 2016) saya online. kalau mau, kirim gamnbarnya via chatting... saya tunggu..

      Delete
  105. biar tetep sehat kasih suplemen apa? yang bagus yang seperti apa? komposisinya apa aja?

    ReplyDelete
  106. Dok mau nanya, saya punya burung alap-alap, baru 2mingguan saya beli, dan selama itu ya normal2 aja, mau saya kasih makan sambil saya latih, saya kasih makan ayam, kadang sisanya saya masukin kulkas utk nanti dia makan lagi, dan sesekali saya kasih jangkrik krn ayamnya habis.. nah hari ini, dia sama sekali ga mau makan dr pagi dok :( trus agak pendiam bahkan hari ini saya belom denger suara dia.. saya pegang biasanya dia agak berontak sambil teriak, tp hari ini gak dok, kok bisa ya dia jd pendiam gitu dan ga mau makan.. plis dok kasih masukan, saya sedih liat dia murung gitu.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu, secara prinsip sama kok...

      cuaca emang kurang bagus buat bop dan burung akhir2 ini, makanya kemaren selama 3 hari saya gak bisa online karena sibuk di instansi saya bekerja.. keliling ke bonbin satu ke bonbin lain....

      kasih super-n, beli di toko makanan burung....
      jaga agar alap2nya jangan sampe kedinginan... kasih makanan fresh, jangan yang dingin atau beku... kalau makanannya beku, diamkan dulu di luar ruangan sampe gak terasa dingin lagi....

      Delete
  107. Assalamualaikum dok,
    Cara ngobatin alap alap yang kaki nya patah gimana?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa parah patahnya... kalau sampe patah tulang, mending bawa ke dokter hewan terdekat biar bisa di-gips... :)

      Delete
  108. Dok klo buat bwk mau di kasih makan burung pipit/pipit boleh apa ngga?

    ReplyDelete
  109. Dok klo bwk saya di kasih makan burung pipit/gereja itu boleh atau ngga?

    ReplyDelete
  110. Dok saya mau nanya , daging ikan segar apakah baik untuk Bwk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebiasaan, dia terbiasa dikasih ikan atau nggak? optimalnya mending kasih tiput atau bayi tiput, mas... :)

      Delete
  111. Dok mau nny, kalo ngelatih alap2 malam hari (sekitar jam 7) itu nggk apa2? Karena saya kalo pulang sering mendekati maghrib,. Terus kalo alap2 saya taruh luar rumah nggk apa2 dok? Takut bau kalo ditaruh di ruangan, terimakasih utk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udara sekarang lagi kurang bagus, mas. banyak hewan sakit. emang lagi musimnya yang nggak menentu. lagi la-nina, kalau bahasa ilmiahnya, hihihi...

      hmm, untuk latihan malam hari, asalkan tempat latihannya terang, nggak apa2.... cuma kadang respon burungnya yang kurang kalau malam hari. intinya, boleh sih, asalkan jangan lebih dari jam 10 malam... :)

      Delete
  112. assalamualaikum .
    saya mau tanya kok burung alap alap saya tidak mau makan yahhh ?
    kmaren kmaren masih mau saa kasih daging ikan lele terus nggak lama kemudian di muntahin terus udah 2x begitu.kira kira makanya apah ya mba ? apah burung saya sedang sakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sering dikasih lele apa baru kemaren aja? kalau baru kemaren, kasih lelenya gimana? utuh atau dipotong2 dulu? bagusnya sih kasih dagingnya aja, kecil2. kayaknya sih kemaren keselek karena kegedean kasihnya.

      coba mas beli super-n di toko makanan burung, kasih setetes tiap hari. tetep kasih makan. apapun yang terjadi, kudu mas kasih makan. potong2 dulu kecil2 makanannya biar dia gampang makannya..

      Delete
  113. Slamat siang dok..
    Saya ad plihara burung alap" msh ankan yg blm bisa jalan.. stelah saya kasih mkn ko tiba" aj lngsung lmes dan lngsung tidur.. tpi anehnya lgi kpalax tiba" sesekali kpalax geleng" kaget.. itu knp ya dok.. mhon solusix.. trimakasih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah itu, masih bisa bangun lagi gak burungnya?
      saya punya 2 dugaan, kalo gak gejala tetelo (NSD) atau kurang kalsium....
      coba mas kasih super-n aja dua kali sehari masing2 setetes. kalo setelah 3 hari gak baikan juga, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja. mas... :)

      Delete
  114. Dok, kalau alap2 saya pakaikan hood dari jam 6 sampai jam 3 sore apa tidak apa2? Karena saya pada jam segitu di sekolah (senin-kamis), apa sebaiknya di tali biasa? Supaya CG nya nggak berontak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak masalah, selama alap2nya gak berontak dan udah terbiasa pake hood... :)
      begitu juga dengan tali (leash). kalau emang dia udah terbiasa pake leash, ya pakein aja. tapi kalo dipakein leash dia ngerasa gak nyaman (pengen kabur terus atau gigit2in leashnya terus), mending taro di dalam ruangan tertutup aja... :)

      Delete
  115. Maf mba saya mo tanya.
    Sudah 3hari ini perut ank burung elang yg saya pelihara tiba" kembung perutnya membesar kaya balon.
    Itu gmna ya cara mengobatinya..??
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  116. Maf mba saya mo tanya.
    Sudah 3hari ini perut ank burung elang yg saya pelihara tiba" kembung perutnya membesar kaya balon.
    Itu gmna ya cara mengobatinya..??
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya.
      mencret gak fesesnya? warnanya gimana? cek artikel saya: parameter kesehatan burung hantu.

      untuk sementara, coba kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di artikel itu....

      lakukan apa yang saya perintahkan, dan kabari lagi...

      Delete
  117. Dok mau tanya, cara cek umur bwk gimana ya ? Saya baru beli, kata masnya sih juve. Cuma bulunya ada beberapa yang rusak, apa itu hal yg wajat dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih kalo soal umur. bisanya dicek dari rongga bulunya, itupun harus sama orang yang berpengalaman. bisa saya liat fotonya? mas upload aja ke postimage.org, terus linknya ditaro di sini... mungkin bisa saya kira-kira.... ayah saya bisa memperkirakan umur bwk, soalnya beliau juga pelihara.... :)

      saya tunggu, dan maaf karena baru balas...

      kalo soal bulunya, biarin aja. nanti juga terganti sendiri pas mabung

      Delete
  118. Dok mau tanya, cara cek umur bwk gimana ya ? Saya baru beli, kata masnya sih juve. Cuma bulunya ada beberapa yang rusak, apa itu hal yg wajat dok ?

    ReplyDelete
  119. Assalamualaikum dok. Saya mau tanya ,saya baru pelihara alap kaki biting sebutannya disini , masih brancer . buat makannya kira kira selain tiput dan puyuh kecil,apalagi dok makanan hidup yg bisa diberi? , soalnya kalo ikan saya baca kurang bagus kan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak ayam bisa. emprit juga bisa.
      iya, ikan kurang bagus sih. tapi masih boleh diberikan kalau emang terpaksa/gak ada makanan lain. itupun ikan ukuran kecil.

      maaf karena baru balas... :)

      Delete
  120. Dan saya mau tanya juga dok. Saya dirumah ada kucing persia dan ikan koi di kolam . apa gpp dok klo melihara alap alap nya dok? Peliharaan lain ga di serang kan dok? . maaf saya masih newbie dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.