Membuat Perch Sendiri | Drh. Fira Sovica

Cara

membuat perch

/ tangkringan untuk bop atau burung hantu cukup mudah dan murah. Tidak perlu membeli tangkringan burung pemburu, anda cukup mempersiapkan bahan-bahan sederhana berikut untuk membuat perch portable yang bisa dipindahkan. Bagi anda yang mau belajar memelihara celepuk, anda bisa membaca cara memelihara celepuk. Dan bagi anda yang ingin memelihara barn owl, silakan membaca cara memelihara barn owl.
Membuat Perch Sendiri
Image taken from kaskus.co.id
Nah, bagaimana cara membuat perch untuk tangkringan burung hantu? Berikut adalah cara membuat perch sederhana untuk burung hantu atau burung pemburu.
  • Bahan membuat perch sendiri:
    1. pipa pvc berukuran kecil.
    2. penyambung pipa pvc letter T.
    3. penutup pipa pvc berukuran kecil.
    4. kaleng cat bekas ukuran sedang.
    5. adukan semen dan pasir.
    6. tali komando pramuka, bisa dibeli di toko perlengkapan pramuka atau toko buku.
  • Cara membuat perch sendiri:
    1. potong dan susunlah pipa pvc dengan sambungan pipa pvc sehingga membentuk pipa beralur letter T. Anda bisa memberikan sedikit lem power glue di sambungan pipa tersebut. Pasang penutup pipa pvc di kedua ujung "sayap" tangkringan perch, dan lekatkan juga dengan lem power. Setelah pipa tersambung membentuk letter T, sisihkan sambil dijemur agar lem di sambungan pipa mengeras.
    2. setelah lem di sambungan pipa pvc letter T mengeras, siapkan adukan semen dan pasir serta kaleng cat berukuran sedang. Masukkan adukan semen dan cat ke dalam kaleng cat, lalu tancapkan pipa letter T di dalamnya dengan posisi tangkai bawah pipa pvc letter T berada dibawah (bagian yang ditancapkan). Tahan posisi pipa letter T dengan menggunakan 2 buah balok kayu, dan jemur perch setengah jadi tersebut dibawah sinar matahari hingga adukan semen yang digunakan sebagai dasar perch mengeras.
    3. setelah mengeras, uraikan tali komando yang sudah disiapkan lalu lilitkan tali tersebut di kedua sayap tangkringan perch hingga menutupi semua permukaan pipa pvc (lihat gambar). Ikat dengan kencang ujung tali komando dengan kencang agar tidak lepas. Perch untuk bop atau perch untuk burung hantu buatan sendiri siap digunakan.
Demikian adalah

cara membuat perch sederhana

buatan sendiri. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam membuat perlengkapan memelihara bop atau memelihara burung hantu. Saran dan kritik bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

239 Responses to "Membuat Perch Sendiri"

«Oldest   ‹Older   1601 – 239 of 239
«Oldest ‹Older   1601 – 239 of 239   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.