Cara Memelihara Binturong | Drh. Fira Sovica

Binturong adalah hewan dilindungi, dan memelihara binturong, memburu binturong, membunuh binturong, serta menjual binturong dan beli binturong termasuk tindakan ilegal. Di alam sendiri, binturong termasuk hewan yang sangat langka. Data dari wikipedia menyebutkan bahwa binturong sudah termasuk kategori apendix 1 karena maraknya perburuan. Namun, anda tetap bisa memelihara binturong secara sah dan legal dengan membuat surat izin memelihara binturong di BKSDA setempat. Cara membuat surat izin memelihara binturong dari BKSDA bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara binturong.
Cara Memelihara Binturong
Image taken from wikipedia.org
Meskipun demikian, masih banyak orang yang

memelihara binturong

. Meski sudah dinyatakan ilegal dipelihara, binturong masih banyak dipelihara oleh para pecinta musang. Perlu ditekankan bahwa memelihara binturong tanpa izin dari BKSDA setempat adalah ilegal. Untuk dapat memelihara binturong, anda harus mendaftarkan binturong yang dipelihara ke BKSDA setempat. Binturong dapat dipelihara dengan syarat-syarat tertentu.
Memelihara binturong memang susah-susah gampang. Perilaku binturong lebih mirip kucing, itulah kenapa binturong disebut bearcat di barat. Memelihara binturong memiliki tantangan tersendiri.
Dan berikut adalah cara memelihara binturong:
  1. Kebutuhan kandang binturong.
  2. Binturong dapat ditempatkan di kandang kucing 2 tingkat atau kandang anjing 2 tingkat. Kebersihan kandang harus selalu dijaga karena bulu binturong sangat rentan rontok.
  3. Makanan binturong.
  4. Binturong adalah hewan omnivora. Di alam, binturong memakan buah-buahan, daun-daunan, telur, burung, serta hewan pengerat. Anda bisa memberikan kepala ayam rebus dan buah-buahan matang seperti pepaya dan pisang sebagai makanan binturong peliharaan anda.
  5. Cara merawat binturong.
  6. Hal terpenting dalam memelihara binturong adalah menjaga kebersihan kandang dan keseimbangan gizi yang diberikan. Bulu binturong amat rentan rontok. Anda bisa memandikan binturong peliharaan anda setiap minggu sekali dan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Cara memandikan binturong sama dengan cara memandikan musang di artikel cara memandikan musang.
Demikian adalah

cara memelihara binturong

. Artikel diatas diharapkan bisa menambah wawasan bagi anda. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

88 Responses to "Cara Memelihara Binturong"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.