Hal-hal Yang Salah Dalam Menjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Musang adalah hewan buas yang memiliki karakter unik. Maka dari itu, ada beberapa langkah penting dalam

menjinakkan musang

. Dan ada beberapa hal yang salah dalam menjinakkan musang yang masih banyak dilakukan orang. Cara berikut ini bisa anda satukan dengan cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
Hal yang salah dalam menjinakkan musang adalah sebagai berikut. Hendaknya anda tidak melakukan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang jika sedang dalam proses menjinakkan musang:
Hal-hal Yang Salah Dalam Menjinakkan Musang
Image taken from a-z-animals.com
  1. Memegang musang dengan tangan tanpa penutup tangan.
  2. Memegang musang yang akan dijinakkan adalah salahsatu syarat yang harus dilakukan dalam langkah menjinakkan musang. Namun bagi musang yang masih sangat buas, sebagai langkah awal anda bisa menggunakan sarung tangan (glove) tebal berbahan wol berwarna putih yang biasa digunakan tukang bangunan sebagai penutup tangan. Jika si musang sudah berhasil anda angkat ke gendongan anda, anda bisa memegang musang tanpa penutup tangan dan membiasakan diri digigit.
  3. Memegang musang dari bagian atas tubuhnya.
  4. Hal kedua yang salah dalam menjinakkan musang adalah memegang musang dari bagian atas tubuhnya. Cara memegang musang galak bisa anda baca di artikel cara memegang musang galak.
  5. Takut kepada musang.
  6. Hal ketiga yang salah dalam menjinakkan musang adalah takut kepada musang yang akan dijinakkan. Sebagai hewan buas, musang akan membuat dirinya lebih dominan saat menghadapi manusia. Makin anda takut kepadanya, si musang akan semakin menunjukkan dominasinya. Jangan biarkan ini terjadi, jangan tunjukkan rasa takut kepada si musang. Biasakan diri digigit oleh si musang sehingga anda tidak takut lagi akan gigitannya karena sudah terbiasa.
  7. Menjinakkan musang bisa dilakukan dalam waktu singkat.
  8. Hal terakhir yang salah dalam menjinakkan musang adalah anggapan bahwa menjinakkan musang membutuh waktu yang singkat. Hal ini tentu saja salah. Seperti yang saya kemukakan di awal artikel, musang adalah hewan buas yang memiliki karakter unik. Tiap-tiap musang memiliki sifatnya masih-masing, ada yang mudah menerima kehadiran manusia, ada pula yang ‘agak keras kepala’ dalam menghadapi manusia. Namun sebuas apapun musang, dia pasti bisa dijinakkan. Anda hanya perlu waktu lebih untuk bermain dan berinteraksi dengan si musang. Rata-rata, seekor musang liar bisa dijinakkan dalam waktu 3 sampai 4 minggu dengan interaksi yang cukup. Artinya, anda harus mengajaknya bermain minimal 40 menit setiap harinya agar si musang mengenal anda dan jinak kepada anda.
Demikian adalah beberapa hal salah dalam

menjinakkan musang

. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
Saran, kritik, dan komentar atas artikel ini bisa anda tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

40 Responses to "Hal-hal Yang Salah Dalam Menjinakkan Musang"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.