Cara Memelihara Trenggiling | Drh. Fira Sovica

Trenggiling merupakan hewan yang dilindungi menurut hukum Indonesia. Segala bentuk pemburuan trenggiling, pemeliharaan trenggiling, pembunuhan trenggiling, dan penjualan trenggiling adalah terlarang. Untuk dapat memelihara trenggiling, anda membutuhkan izin dari BKSDA setempat. Itupun sebenarnya belum tentu diizinkan karena trenggiling termasuk hewan yang amat sangat dilindungi dan keberadaannya sudah sangat jarang. Syarat dan cara membuat surat izin memelihara trenggiling bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara trenggiling.
Cara Memelihara Trenggiling
Image taken from berani.co.id

Cara memelihara trenggiling berikut ini ditujukan untuk para pemelihara trenggiling di kebun binatang. Sebagai kru dokter hewan di salahsatu rumah sakit hewan di jakarta dan kru dokter hewan di salahsatu kebun binatang, penulis memiliki pengalaman dalam memelihara trenggiling. Artikel cara memelihara trenggiling berikut juga bisa menjadi penambah wawasan bagi pembaca.
Nah bagaimana

cara memelihara trenggiling?

Berikut adalah cara memelihara trenggiling yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman merawat trenggiling di salahsatu rumah sakit hewan.
  1. Trenggiling adalah hewan malam (nocturnal) pemakan semut. Trenggiling hidup di hutan-hutan dan membangun sarang di lubang dibawah tanah dan dibalik batu.
  2. Dalam keadaan terancam, seekor trenggiling biasanya menggulung tubuhnya membentuk bola, melindungi diri dari musuh yang menyerang dengan sisiknya yang keras.
  3. Di kandang memelihara trenggiling di kebun binatang, pakan berupa kroto diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari, sedangkan wadah minum ditempatkan di pojok kandang.
  4. Masih banyaknya kegiatan memburu trenggiling, kegiatan jual beli trenggiling, dan kegiatan pembunuhan trenggiling, dan penggunaan organ tubuh trenggiling sebagai bahan obat membuat pemburuan trenggiling makin gencar dan membuat trenggiling makin langka.
  5. Tentu saja, trenggiling makin jarang ditemui di habitat aslinya dikarenakan banyaknya permintaan di pasar akan hewan trenggiling, baik untuk hewan peliharaan maupun untuk tujuan pengobatan. Hal ini tentu saja membuat aktivitas perburuan trenggiling makin gencar dilakukan oleh para pemburu trenggiling. Anda bisa ikut menyelamatkan trenggiling dari kepunahan dengan tidak membeli trenggiling yang dijual di pasar hewan, tidak membeli trenggiling baik dalam keadaan hidup maupun mati, dan tidak membeli aksesoris apapun yang bahan bakunya berasal dari hewan trenggiling.
Demikian adalah

cara memelihara trenggiling

yang penulis tulis hanya untuk tujuan wawasan bagi pembaca sekalian. Penulis sangat tidak menyarankan untuk membeli trenggiling atau menggunakan sesuatu barang yang bahan bakunya berasal dari hewan trenggiling. Saran, komentar, dan kritik bisa disampaikan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

14 Responses to "Cara Memelihara Trenggiling"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.