Cara Memelihara Musang Bulan | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

memelihara musang bulan

sama saja caranya dengan memelihara musang pandan yang pernah penulis tulis di cara memelihara musang pandan. Namun, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memelihara musang bulan.
Cara Memelihara Musang Bulan
Image taken from tempo.co

Dan berikut adalah cara memelihara musang bulan yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Musang bulan yang dipelihara biasanya diberi makan buah-buahan (pepaya, pisang), nasi + kecap, catfood/dogfood. Namun kebanyakan owner musang bulan memberikan nasi + kecap sebagai makanan utama atau kepala ayam rebus. Untuk minuman sendiri, anda bisa memberi air mineral atau air gula pasir kepada musang bulan anda.
  2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang bulan tetap terjaga.
  3. Musang bulan juga wajib dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang bulan kotor karena bisa menyebabkan bulu musang bulan anda menjadi rontok, musang bulan sakit, dan menimbulkan penyakit kulit. Cara memandikan musang bulan bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.
  4. Jika sudah panjang, kuku musang juga hendaknya dipotong. Anda bisa membaca tentang cara memotong kuku musang di artikel cara memotong kuku musang.
  5. Musang bulan hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang bulan yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung. Jika musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang cara menggemukkan musang.
Demikian adalah cara merawat musang bulan atau cara

memelihara musang bulan

. Artikel cara memelihara musang bulan diatas semoga bisa membantu anda dalam memelihara musang bulan. Terima kasih. (FS)

48 Responses to "Cara Memelihara Musang Bulan"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.