Cara Memelihara Labi-labi | Drh. Fira Sovica

Labi-labi atau bulus (softshell turtle) memang sedang digandrungi sebagai hewan peliharaan, membuat banyak teman saya yang bertanya tentang cara memelihara bulus atau

cara memelihara labi-labi

. Cara memelihara softshell turtle sendiri masih bisa dibilang mudah, meski ada syarat dan prasyarat sama seperti halnya memelihara jenis kura-kura yang lain seperti memelihara kura-kura brazil.
Cara Memelihara Labi-labi
Image taken from theturtlesource.com
Dan berikut adalah cara memelihara labi-labi yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Sifat labi-labi.
  2. Labi-labi adalah hewan full akuatik yang hidup di dasar sungai. Di habitat aslinya, labi-labi biasanya tinggal di dasar sungai berarus sedang hingga deras. Labi-labi adalah hewan teritorial dimana masing-masing mereka biasanya memiliki wilayah kekuasaan sendiri-sendiri di dasar sungai.
  3. Perlengkapan memelihara labi-labi atau bulus.
  4. Dibutuhkan beberapa perlengkapan dalam memelihara labi-labi. Akuarium standart dengan filtrasi dan aksesoris lainnya, pasir sebagai dasar akuarium, dan kebersihan air dalam akuarium tempat memelihara labi-labi yang harus terjaga. Anda juga bisa menambahkan lampu aquarium di atas penutup akuarium sebagai aksesoris tambahan. Labi-labi atau bulus atau softshell turtle adalah hewan full aquatik, tidak seperti kura-kura brazil yang semi-akuatik. Maka dari itu, tidak dibutuhkan basking spot atau tempat berjemur diluar air.
  5. Makanan labi-labi atau bulus.
  6. Labi-labi adalah hewan karnivora sejati. Dia hanya memakan daging atau ikan kecil. Labi-labi sangat suka akan pakan hidup seperti ikan kecil (sesuai dengan ukuran labi-labi), anak udang hidup, cacing darah, dan lain sebagainya.
  7. Cara merawat bulus atau labi-labi.
  8. Berikan makan setiap pagi, sore, dan malam hari, serta usahakan pakan yang diberikan langsung habis alias tidak ada sisa yang tertinggal di akuarium. Hal tersebut untuk menghindari timbulnya penyakit akibat pengumpulan sisa makanan di akuarium. Angkat makanan dari dalam akuarium jika masih ada sisa makanan. Untuk menjaga kebersihan air, akuarium sebaiknya dibersihkan minimal 2 minggu sekali atau jika air sudah terlihat keruh.
Demikian adalah cara memelihara bulus atau

cara memelihara labi-labi

sebagai binatang peliharaan. Anda bisa bertanya langsung kepada saya dengan mengirimkan pesan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

241 Responses to "Cara Memelihara Labi-labi"

«Oldest   ‹Older   1401 – 241 of 241
«Oldest ‹Older   1401 – 241 of 241   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.