Cara Melatih Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa tahap atau tahapan dalam

cara melatih burung hantu

Burung hantu adalah jenis burung pemburu (bird of prey, BOP) yang aktif di malam hari (nocturnal). Burung ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung hantu karena unik dan memiliki bentuk tubuh yang beraneka.
Setelah mengetahui cara memelihara burung hantu, cara berikutnya adalah mengetahui cara melatih burung hantu. Cara melatih burung hantu harus diketahui oleh para pecinta burung hantu agar burung hantu miliknya tidak manja dan melatih insting berburunya agar tidak hilang. Dan berikut adalah cara training burung hantu.
  • Sebaiknya, perkenalkan diri anda ke burung hantu yang akan dilatih. Perkenalan dengan burung hantu dilakukan dengan FOF alias "feed on fist".
  • melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Melatih burung hantu FOF atau feed on fist
    Image taken from sciencedaily.com
    Training FOF atau "feed on fist" bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan dengan tangan (handsfeed). Taruh burung hantu yang dilatih di tangan anda, kemudian sodorkan makanan ke arahnya sampai ia menyambar pakan tersebut. Lakukan training terus menerus sambil menatap mata burung hantu anda dan mengajaknya ngobrol hingga burung hantu tidak lagi ketakutan dengan diri anda saat diberi makan atau tidak lagi sungkan saat ditenggerkan di lengan anda.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah JTTF alias "jump to the fist".
  • Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu JTTF atau jump to the fist
    Image taken from jpjweblog.blogspot.com 
    Langkah ini bisa dilakukan dengan menaruh burung hantu di tempat yang agak tinggi seperti diatas meja atau di senderan kursi, kemudian anda menaruh pakan di tangan anda atau di lengan anda. Biarkan hingga si burung hantu melompat ke tangan anda, dan ulangi langi lagi hingga latihan JTTF ini benar-benar dikuasai burung hantu anda. Jika langkah kedua dalam melatih burung hantu ini sudah berhasil dan burung hantu tidak lagi sungkan untuk menghampiri pakannya, anda bisa lanjutkan ke cara melatih burung hantu yang ketiga.
  • Cara melatih burung hantu yang kedua adalah FTTF alias "fly to the fist".
  • Setelah langkah kedua dalam melatih burung hantu berhasil dilakukan dan burung hantu tidak lagi sungkan atau takut untuk melompat dan memakan makanannya, langkah ketiga untuk melatih burung hantu adalah FTTF atau "fly to the fist".
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Melatih burung hantu FTTF atau jump to the fist
    Image taken from hawk-conservancy.org 
    Taruh atau tenggerkan burung hantu anda di tempat yang agak tinggi seperti senderan kursi atau meja, lalu buat jarak kira-kira satu setengah meter dari tempat burung hantu tersebut. Taruh makanan burung hantu di telapak tangan anda dan tunjukkan kepada burung hantu tersebut, tunggu hingga burung hantu tersebut terbang ke arah anda, hinggap di tangan anda, dan menyambar makanan di tangan anda. Lakukan hal tersebut terus menerus hingga burung hantu tersebut terbiasa. Kemudian ulangi hal diatas dengan jarak yang lebih jauh, 2,5 meter atau 3,5 meter, dan lakukan terus hingga burung hantu tersebut tidak sungkan dan tidak takut lagi. Ulangi langkah tersebut terus menerus dengan jarak yang terus bertambah hingga akhirnya burung hantu anda bisa nyaman dan percaya dengan anda.
  • Langkah keempat atau langkah terakhir dalam melatih burung hantu adalah FF atau "free flight".
  • Melatih burung hantu FF atau free flight
    Melatih burung hantu FF atau free flight
    Image taken from talon-falconry.co.uk 
    Burung hantu yang dilatih free flight haruslah benar-benar telah melewati 2 latihan burung hantu sebelumnya dan sudah sangat percaya pada ownernya. Burung hantu yang dilatih free flight sudah menganggap pemiliknya sebagai sahabat, sebagai partner, bukan sebagai pemilik, bukan sebagai owner. Latihan free flight bisa dilakukan di lapangan luas. Anda bisa mengajak teman untuk latihan ini. Caranya latihan free flight untuk burung hantu adalah dengan menempatkan burung hantu di ujung lapangan dan anda berdiri di ujung lain dalam jarak kira-kira 30 meter. Panggil burung hantu anda dengan menggunakan peluit atau dipanggil namanya, bisa juga dipancing dengan makanan kesukaan. Jika burung hantu anda terbang menghampiri anda, berarti latihan free flight ini berhasil dilakukan. Sekilas, latihan free flight memang mirip latihan burung hantu yang sebelumnya, yaitu flight to the fist. Bedanya latihan free flight dan latihan fly to the fist pada burung hantu adalah jarak dan tingkat kepatuhan burung hantu tersebut. Makanya, penting untuk melakukan latihan fly to the fist dulu sebelum latihan free flight dilakukan.
Demikian adalah jenis-jenis

cara melatih burung hantu

Inti dari empat poin cara melatih burung hantu tersebut adalah membuat burung hantu anda percaya sepenuhnya kepada anda sebagai partner, sebagai teman, bukan sebagai pemilik ataupun ancaman. Saran, kritik, serta komentar bisa anda ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

485 Responses to "Cara Melatih Burung Hantu"

  1. halo mbak! gimana kabar shadow! :D
    saya juga minta maaf karena baru balas hari ini...

    iya, mungkin pas kasih makan, sambil diliatin juga temboloknya. kalau udah keliatan penuh, stop aja. atau kasih aja makan sedikit2... :)

    rutin kasih super-n? :)

    ReplyDelete
  2. Assallammuallaikum Drh.Fira,Saya mau tanya nih,celepuk saya namanya Gizmo,Kalau mau saya latih gimana ya?dia udah jinak banget tapi kalo saya latih susah banget,Udah bisa terbang,Suka diem di tenggeran. Saya coba ga dikasih makan 1 hari,Pas saya latih saya udah liatin jangkrik ditangan dia malah ngeliatin jangkriknya aja gamau terbang,tapi kalo saya sodorin ke mulutnya dia mau makan,tapi saya coba latih lagi simpen jangkrik di tangan saya dia tetep gamau,padahal itu jarak udah deket banget,Tolong bantuannya dok

    ReplyDelete
  3. Dok mau tanya supaya burhan beda jenis bisa akur gimana yah.
    Soal nya obay saya si wowo udah lumayan jinak bhkan di taro di luar tanpa anklet mau nya masuk rumah. Nah saya baru beli barn owl tapi pas mau di taro deket wowo ko malah pasang posisi defend yah dua"nya.
    Di tambah skill FTTF nya wowo jadi berkurang yamg tadi nya 10m skarang malah cuma 5m apa pengaruh dari burhan baru yg sayang beli.?
    Mnta pencerahan nya dok

    ReplyDelete
  4. Tyto alba kalau di kasih makan ikan laut boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu sebaiknya jangan dikasih makan ikan laut, mas. kurang cocok. :)

      Delete
    2. kalo ikan air tawar, masih bisa. kalo ikan laut, agak kurang cocok karena tekstur dagingnya beda

      Delete
  5. Dok,burhan saya dh jinak dok, malah dh ngerasa sngat nyaman, tapi waktu mau dilatih, dia gk mau nyambar umpan di tangan saya dok, padahal jarak nya dekat. Saran nya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dia sudah sangat nyaman dengan mas, sehingga instingnya tumpul. selama ini mas kasih makan dengan cara disuapi terus ya? bener?
      meski disuapi, harusnya mas usahakan dia mau berusaha mendekati makanannya. jadi makanannya gak bener2 ada di depan paruhnya waktu di sodorkan, tapi mas buat jarak 10 atau 20 cm tiap kasih makan, agar dia mau jalan deketin makanannya...

      tajamkan lagi instingnya.
      silakan baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU MAU MAKAN. di sana ada cara menajamkan insting berburu burung hantu

      Delete
  6. Dok ginii dok saya mau nanyaa , si boy burhan saya udah berubah suaranyaa itu tandanya dia udah dewasa yaa dok dan dia juga lagi belajar terbangg ,sekarang kalo saya deket diaa juga dah gak mode defance dia biasa aja sambil natap mata saya , tapi kalo sama orang lain dia masih galak dok ,perkembangan dia alhamdulialh bagus dok yang tadinya galak jadi biasa aja sama saya , apakah burhan saya tuh sudah bisa di latih dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya mas karena saya baru balas hari ini. sibuk banget kemaren, makanya gak sempet bales... :(

      good. very, very good!
      dia liat mas karena berusaha ngomong sesuatu, atau sedang 'baca' pikiran mas. kalau dia ngeliatin mas, mas liatin balik. liat matanya, sambil ajak ngobrol.

      itu aja dulu latihannya.

      sama mungkin kalo kasih makan, dari jarak 10 atau 20 cm aja, biar dia nyamperin....

      itu aja dulu latihannya.

      oh ya, latih makan pas dia menclok di bahu/tangan mas juga.... :)

      Delete
  7. cara melatih cengkraman burung hantu gimana dok.?
    barn owl saya biasa jttf namun klo cengkram gitu sering gagal. jadi dia malah jatuh.
    ditaruh di tangan pun kadang dia ga pernah nyaman. lebih suka di kepala (mungkin ga perlu mencengkram apapun di atas kepala)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dia lebih seneng di atas kepala mas ya? mirip si errol dulu gitu.... :D

      mungkin mas bisa kasih bayi tikus yang masih merah aja. cukup seminggu sekali atau dua kali, udah cukup....

      Delete
    2. nahh iyaa. lebih seneng bertengger di atas kepala saya.
      tujuan di beri pinkies atau bayi tikus apa ya? manfaatnya apa dok?

      Delete
    3. agar dia bisa belajar mencengkram lagi.
      karena secara naluri, burung hantu menyukai mencengkram mangsa yang keliatan lemah (kayak bayi tikus)...

      Delete
  8. dok maaf owl saya bunyi terus ya padahal udh di kasih makan 10ekor jangkrik..apa di masih lapar atwa malah stres ya padahal udh 2minggu di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jwb,
      Itu owl clepuk ya mas?
      Klo bnyi terus itu tandanya sehat mas, klo diam dan murung mungkin kna pnyakit mas,
      Untuk fases nya normalKah?

      Delete
  9. dok maaf owl saya bunyi terus ya padahal udh di kasih makan 10ekor jangkrik..apa di masih lapar atwa malah stres ya padahal udh 2minggu di rumah

    ReplyDelete
  10. Dok, BO ku udh skill Jttf 20M
    Pas di perch ada tikus liar lewat lgsung di hajar,
    Nah apakah bisa, di bawa ke sawah buat hunting tikus liar di sawah?
    Kira2 bsa respon hunting ga yya?

    ReplyDelete
  11. Halo Dokter Fira, saya mau tanya dan cerita nih

    Owl saya namanya Cello, sudah hampir 3 bulan tinggal di rumah saya. Pelihara dia dari waktu masih chick dok, dan sekarang sudah juve awal. Sejak pertama kali pelihara Cello artikel-artikel di blog Dokter Fira yang selalu menjadi sumber informasi ketika saya bingung. Terima kasih banyak Dok, artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk saya. Hehehe

    Selanjutnya begini dok. ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan ke dokter.
    1. Sekarang ini Cello sudah mulai beranjak dewasa dan sudah ingin pergi terbang keluar rumah dok. Biasanya dia saya taruh di teras, tempat favoritnya dibawah kursi panjang, dan susah sekali kalo disuruh nangkring di perchnya. biasanya cuma sebentar trus dia turun kebawah lagi dok. Pertanyaan saya: Apakah normal jika Cello nggak suka nangkring di perchnya? Haruskah saya latih dia agar mau nangkring?

    2. Cello selama ini gak pernah pakai equipment, dan untuk latihan memberi makan awal-awal selalu saya suapin, setelah itu saya berdiri sekitar 3-5 meter dari dia lalu dia nyamperin saya, sekarang kalau pagi saya nyamperin boxnya, dia udh refleks ngikutin saya dok, dan sudah bisa makan makanan yg saya taruh di pagar/ tempat yg jauh sekitar 5 meter lalu dia terbang nyambar makanannya. Pertanyaan saya: haruskah Cello mulai dilatih pakai equipment, FOF, JTTF, dan FTTF? Karena sejujurnya saya ingin dia bebas tapi jinak dok. Saya takut kalau dikasih anklet dll dia jadi merasa terkekang dok.

    3. Menyambung tentang keinginan saya yg ingin Cello bebas tetapi jinak. Dia sekarang sudah punya keinginan untuk pergi jalan-jalan kalau malam. Awalnya dia hanya ke atap rumah tetangga, dan kembali kalau saya panggil atau saya tunggu di teras. Tapi semalam dia sudah berani pergi jauh dok, saya tunggu sampai jam 10 malam dia tidak kembali, akhirnya saya tinggal tidur. Keesokan paginya sekitar pukul 5.30 tiba-tiba tetangga saya dari blok sebelah datang ke rumah, ternyata Cello ada di teras rumah beliau, dan akhirnya saya ambil. Nah karena kejadian ini saya jadi khawatir dok melepas Cello pergi kalau malam-malam karena saya takut dia lupa jalan pulang dan mengganggu tetangga sekitar (rumah saya di perumahan), dia soalnya selera makannya besar dok, dan kalau lapar dia selalu berisik sekali minta makan, kalau ada orang pasti selalu dikejar-kejar minta makan. Saya takut kalau pagi dia teriak-teriak di rumah tetangga kan jadi mengganggu. Menurut dokter bagaimana? Haruskah saya pakaikan dia leash? Ataukah ada cara supaya dia hafal jalan pulang dan mengerti bahwa dia harus pulang ke rumah ketika lapar?

    3. Mungkinkah burung hantu punya lebih dari 1 master? karena sebenarnya dia ini milik adik saya, tapi baru dipelihara beberapa minggu sudah ditinggal KKN 2 bulan, jadi akhirnya sekarang Cello malah paling jinak sama saya. Hehehe

    Sekian pertanyaan saya dok, maaf ceritanya panjang sekali. Semoga dokter bisa membalas pesan saya jika ada waktu luang.

    Terima kasih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak. saya seneng blog ini bisa menjadi inspirasi buat mbak dan lainnya...

      1. gak apa2, yang penting dia nyaman meski bukan di perch. si errol juga dulu suka nangkring di atas lemari kok. gak melulu di perchnya... :)

      2. gak usah pake equiptment. gak apa2. malah iya, takutnya malah dia jadi berontak. sifat BOP (termasuk owl) itu egonya tinggi. plus keras kepala juga, hehehe. jadi gak apa2 gak pake equipt juga. untuk latihan kayak FoF, FTTF, JTTF, dan FF, bisa dilakukan tanpa equipt kok.
      tapi saya rasa cello udah kenal sama mbak, jadi dilatih FoF, FTTF, JTTF, dan FF juga lebih mudah karena kalian sudah kenal satu samalain.. :)

      3. cerita mbak mengingatkan saya tentang awal2 saya pelihara errol dulu, waktu pertama errol jinak sama saya, heehehehehe. sama persis kayak gitu. dan kekhawatiran kita sama.
      saran saya, sementara latih manning lagi aja di rumah. biar dia lebih kenal lagi sama kita sebagai ownernya. kalau toh emang mbak mau melepas dia ke luar, kuncinya satu: jangan ragu2. karena kalau kita ragu2 dia pulang atau nggak, dia pasti beneran gak akan pulang lagi. makanya tadi saya sarankan untuk latihan manning lagi di rumah.... biar dia lebih kenal lagi sama kita... :)
      cello jarang diajak ngobrol ya mbak? coba ajak ngobrol, sambil kontak mata (liat matanya). anggep aja temen. biar cello bisa imprint sama mbaknya.

      4. teorinya sebenernya, bukan kita yang milih burung hantu. tapi burung hantu yang pilih kita sebagai tuannya. sama, kucing dan anjing juga gitu. semua hewan kayak gitu.
      semua hewan bisa melihat aura kita. energi yang kita pancarkan, apakah negatif atau positif. dan mereka memilih orang yang energinya sama dengan energinya mereka. hewan yang berenergi positif akan memilih master/orang yang memiliki energi positif juga, begitu juga sebaliknya. makanya kadang suka ada yang bilang, orang dan peliharaannya itu sama sifatnya.
      kayak saya sama errol dulu. sama-sama keras kepala, gak mau diatur. kadang iseng. :D
      mungkin adiknya mbak dan mbak memiliki aura yang mirip. energinya mirip. bisa jadi karena satu keluarga. satu didikan orangtua. makanya cello bisa klop sama mbak dan adiknya....

      rutin kasih super-n ke cello ya mbak. setetes aja setiap hari, dengan cara dikasih langsung ke mulutnya... :)

      seneng bisa baca cerita soal cello. dan kabari terus. :D

      Delete
    2. Maaf dokter baru balas, saya nggak nyangka dibales cepet sama dokter. Hihihi

      1.Makasih dok utk sarannya, sepertinya saya juga lelah buat membiasakan Cello utk di perchnya. Dia seneng dibawah dan kalo saya tinggal sendiri malah sering ngikutin masuk ke dalem rumah. Biarkan sebahagianya dia aja ya dok ya :D

      2. Saya masih belum melatih Cello utk FTF karena sy blm punya glove dok. Kadang saya pakai kain saya lilitkan ke pergelangan tangan trus saya taruh dia ke tangan saya, betah sih dia, jd anteng, tp saya yg gak betah lama2 soalnya capek dan kurang nyaman pake kain. Tangan saya kecakar-cakar dan kainnya melenceng kesana kemari. Hehehe setelah ini saya beli glove deh, supaya bisa melatih Cello :D oiya kalau ngobrol saya malah paling seneng dok ngajakin dia ngobrol. Kalau pulang kampus selalu saya sempetin buat duduk bareng dia, elus2, sambil ngajakin dia ngomong.

      3. Ah iya ya, betul dok, saya ragu2 khawatir gitu malam itu. Sampai-sampai saya mimpiin Cello dok, mimpinya buruk dan akhirnya malah dia beneran nggak pulang2 :( tapi entah kenapa setelah malam itu dia jadi gak pergi2 lagi dok. Apa mungkin dia takut gak bisa pulang lagi ya dok...
      Oiya, saya baca cerita errol... Turut berduka cita ya dok. Saya ngerti perasaan dokter, ini saya juga lagi sedih karena kakaknya Cello, si flügel (milik tetangga saya) juga baru meninggal dok.. dia sepertinya stress karena habis nyangkut di layangan diatas pohon kelapa. Padahal sudah diperjuangkan untuk diselamatkan, kita sampai panggil pemadam kebakaran untuk nolongin dia turun dok. Tp apalah daya ternyata Tuhan lebih sayang sama flügel :')

      4. Oohh gitu ya dok, saya kira dia lengketnya sama yg ngasih makan dia aja dok. Hehehe kalo gini gak masalah ya dok, berarti dia bisa dekat dgn saya dan adik saya.

      Maaf jadi cerita panjang lagi dokter fira. Seneng deh bisa curhat disini. Hehehe semoga dokter sehat selalu. Terima kasih

      Delete
    3. dapat salam dari Cello dok, hihi itu dia bilang haloo di profil picture saya :D

      Delete
    4. maaf karena baru balas. :(
      salam balik buat cello. ganteng ya? :D

      2. melatih burung hantu gak usah pake glove gak apa2. emang sih kudu siap baret2 dikit. :D

      3. iya, makasih banyak, mbak. sampe sekarang sebenernya masih belum bisa lupain si errol. tapi ya gimana lagi. kadang banyak burung hantu lain yang datang ke rumah, saya tahu mereka temen-temennya si errol. mungkin sebelum 'pergi', errol nyuruh mereka datang buat hibur... :)

      4. iya. biasanya selama auranya mirip, mereka bisa deket juga sama mereka.... :D

      rutin kasih super-n? makannya gimana sekarang? :D

      kalau mau upload gambar, udah ada di atas bagian ketik komentar... :D

      Delete
    5. Hai lagi dokter fira :D
      Saya belum tau pasti Cello ganteng apa cantik nih dok, mau sexing pake pendulum tapi gak punya. hahaha tapi kalo dilihat dari bulunya sih cewek :D
      Siap dok, ini saya sudah mulai berani taruh Cello di tangan tanpa pakai kain apapun. Tapi dia gak betah lama-lama di tangan dok, dan kalo kasih makan dia juga sulit disuruh stay di tangan, pasti diambil trus dibawa pergi :(
      So sweet banget temen-temennya errol, mungkin mereka juga kangen errol jadi dateng ke rumah dokter fira :(
      Adik saya sudh pulang KKN dok... lucu banget Cello ternyata tetep kenal sama dia, gak takut sama sekali dan langsung berani naik-naik ke pangkuannya, padahal udah gak ketemu dua bulan.. saya nggak nyangka :D

      Nafsu makan Cello Alhamdulillah baik banget dok. Pagi makan DOQ puyuh 6-7, malam 7-8. Kadang kalo gak ada DOQ makan ayam juga lahap banget. Minumnya juga mau banyak. Kalo super n masih belum saya kasih dok, apa itu wajib dok?

      Delete
  12. dok... kalau burung hantu masih defend sama ownernya apa boleh dipasangkan jesse ?? agar proses manning lebih mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mas. biar dia lebih nyaman.
      justru kalau mas pasangin jesse, dia malah makin gak nyaman. dan itu malah mempersulit proses manning...

      Delete
  13. Dok kok biring saya kalau saya deketin geleng2x tpi semakin deket di pegang cuma diam knp y dok.

    Ciri ciri Barn owl strees gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kenapa2. geleng2 kayak tina toon gitu ya? goyang2 kayak penyanyi dangdut india? hihihihi...

      itu wajar kok....

      udah ada artikel ciri burung hantu stress...

      Delete
  14. Dok kok biring saya kalau saya deketin geleng2x tpi semakin deket di pegang cuma diam knp y dok.

    Ciri ciri Barn owl strees gimana ya dok

    ReplyDelete
  15. Untuk melatihnya diwaktu malam atw siang doc

    ReplyDelete
  16. Siang dok saya baru aja melihara celepuk udah saya adaptasiin tapi kok waktu saya handsfeed celepuk saya gak mau makan yg di tangan saya ya dok?? Oh iya saya melihara celepuk saya dari juve tengah.. mohon solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sodorin ke paruhnya, mas? mas kasih makan apa? jangkrik?
      tinggalin aja dulu. 10 atau 15 menit. terus coba lagi....


      opsi lain: kasih daging emprit/puyuh yang sudah dicacah....

      Delete
  17. Malam dok, saya baru memelihara celepuk sudah 5 hari dok, saya kasih nama Kun, dia saya buatin box yg saya kasih tenggeran dan lubang sekaligus. Kun sudah mau bertengger di tangan saya ketika saya elus dadanya langsung merespon menaikan kakinya dan sudah mau makan ditangan saya, tapi, ketika berada di dalam box dan mau saya keluarkan, dia kaya ga kenal sama saya, selalu defend ngeliatin terus goyang goyang, kadang mengangkat sayapnya. Saya pemula dan masih belum ngerti tingkatan Kun sekarang apa, tp sepertinya masih belum juve. Bagaimana menurut dokter selanjutnya? Apa di teruskan seperti itu atau ada sesuatu yg harus dilakukan sebelum meneruskan rutinitas seperti ini?

    ReplyDelete
  18. Malam dok, saya lanjut lagi, jadi baru kemarin saya buatkan tenggeran pake pipa gitu buat si Kun. Sekarang dia saya taruh luar ruangan rumah di depan teras rumah. Tapi pas saya keluarin, dia jd gamau naik ke tangan saya dok, jd saya ngasih makan di tenggeran dan masih saya suapin. Apa mungkin dia mengalami setres karna saya pindahkan dok? Atau memang seperti itu kalo baru dipindahkan ?

    ReplyDelete
  19. Dok, saya punya burung hantu celepuk, nama dia Oliver, saya ga tau umurnya, tapi dia ga bersuara, padahal sudah bisa terbang , terus kalau habis makan kadang kadang tidur, terus kalau malem dia tidur, tengah malem bangun, kaya bangunin saya gitu, terus tidur lagi kalau saya udah bangun, kalau pagi hari dia aktif, itu kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
      selama semua parameter kesehatan di sana ada semua, saya kira dia masih sehat...

      kasih juga suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

      Delete
  20. celepuk saya kenapa ya ini, dan bgaimana cara menyembuhkanya
    matanya sebelah hitam polos, tidak ada warna kuning/oranye dipinggiranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. emang suka ada yang kayak gitu. si errol juga matanya gitu kok...

      Delete
  21. https://i.imgur.com/NKaQWFo.jpg

    burhan saya yang sebelah normal yang sebelah engga, cara biar normal semua gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, itu nggak normal;
      kirain saya beneran item semua. kalo agak abu2 gitu, kemungkinan katarak. kemungkinan loh ya, saya cuma ngira-ngira. tapi secara visual sih saya tebak katarak itu, mas/.///

      Delete
  22. Dok bo usia brp yng cocok untuk di latih skill?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sejak kecil dia bisa dilatih, mas. sejak dia bisa berdiri sendiri. mungkin awal2 dilatih FTTF aja dulu. yang gampang2.

      yang penting sebenernya manning, pengenalan master ke owlnya. tapi sambil dilatih sebenernya udah termasuk proses manning juga. :)

      Delete
  23. Dok klo masih chick bisa langsung ditaruh di perch apa gk takut jatuh

    ReplyDelete
  24. Diatruh di box kardus sampai dewasa gpp kah dok????maaf baru belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. kalo masih bayi sampe chick boleh. tapi kalo udah anakan, pake perch aja...

      Delete
  25. Misi Doc.. cara melatih burung tyto, agar mao makan diruang terbuka gimana y? Soal y burung saya mao makan Klo diruang tertutup (dalam kardus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara mungkin mas ajarin makan dengan cara disuapin aja dulu mas. sodorin aja makanan ke paruhnya. :)

      seberapa sering mas ajak main dia? :)

      maaf baru balas, saya abis dinas kemaren ini

      Delete
  26. Selamat pagi dok.
    Saya mau konsul. Dok, barangkali ada alternatif lain untuk pakan tyto? Skr tyto saya pakannya puyuh juga emprit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pingkies alias bayi tikus putih yang masih merah. taro aja di kandangnya, terus tinggal. jangan diliatin... :)

      Delete
    2. Klo dikasih ikan gimana dok? Bisa gk?

      Delete
    3. ikan agak kurang cocok sih sebenernya. lebih baik jangan, kecuali sangat-amat kepepet...

      Delete
  27. Halo lagi dok >.< dari penyakit pindah kesini >.< btw sekarang mol si celepuk sudah sehat berkat saran dokter ^^ tp timbal baliknya jadi super aktif bgt dok '-_- suka terbang kemana-mana padahal sudah ada perchnya tp dia Sering sekali terbang ke meja makan terus ke dapur ×∆× jadi saya pingin Tanya dok bagaimana Cara melatih mol buat tetap di perchnya karena saya pakaikan anklet di perchnya dia maunya terbang terus-menerus jadinya gak tega terus2-an diiket Dan lagi kalau malam gak dijagain takut2nya kenapa2 ( kelilit dengan talinya ) btw mol saya masih berbulu kapas Dan baru saya pelihara sekitar 2 bulan dok. Kalaupun memang itu sudah biasa, mungkin untuk kedepannya mungkin dok ? Oh 1 lagi untuk pakan jangkriknya lebih baik ditaruh tersembunyi / tidak karena tiap saya bangun dia selalu ada diatas tempat saya menaruh jangkriknya. Dan haruskah perch itu lebih tinggi ? Karena dia kadang terbang ke kursi meja makan lalu ke lemari .... Dan ke tangga *-°....
    Mohon bantuannya dok >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dipaksa pake perch. kalau emang dia nggak mau menclok di perch, ya gak apa2. biar dia percaya sama mbak. :)
      nanti kalau dia udah percaya, dia akan betah kok di perchnya.

      kalau mau cepet dia percaya ke kita, coba deh bawa ke kamar pas mbak mau tidur. terus taro aja di kamar, tinggal tidur. biar dia lihat kita pas tidur. dengan cara itu dia akan lebih percaya ke kita... :)

      untuk pakan jangkrik, sodorin ke mulutnya. jangan dilepas, kecuali emang kalau dia bisa ngambil sendiri jangkriknya... :)

      untuk kotoran yang nempel ke bulu, biarin aja. tunggu kering. nanti kalau udah kering, baru bersihkan pake jari kita. :)

      Delete
    2. Hmm pernah saya baca tuk burhan biar cepat percaya sama kita harus bawa ke kamar kalau kita tidur agar dia tahu kalau kita tidak akan apa2kan ai burhan selama dia tidur jg. Cuma kamar saya ber-ac doc takutnya dia kedinginan Dan juga pernah saya coba tp gak kuat sama suaranya Dan suka terbang2 >.<

      Apa bagus dok kalau mau kita tidur kita kasih makan sampai kenyang biar anteng / diam saja ?

      Dan untuk perchnya selama si burhan sudah percaya dengan kita perch apapun tidak jadi masalah dok ?

      Emm maksud pakan jangkrik yang saya maksud, tempat / kotak saya simpan pakan jangkriknya dok (maaf kurang jelas) >.< lebih baik disembunyikan dari pandangan burhan atau biarkan saja dok ? Tp +Na kalau tidak disembunyikan si burhan nya anteng saja di atas. Meskipun kadang paginya dia lari ke dapur '-,-

      Kalau cara makan jangkriknya sudah sampai phase 2 ^^ tinggal FF ( tp agak ragu sampai sana >.< ) tapi kalau dipanggil ke tangan tanpa makanan kadang2 gak mau ×∆×.

      Ohh ok dok thx buat saran bersihin kotorannya kalau kena bulunya.

      Delete
    3. kecilin aja AC-nya, agar tidak terlalu dingin, mbak. atau mbak bisa tidur di ruangan lain, mungkin? buat semalam aja... :D

      kalau soal suaranya, ya emang agak ganggu buat yang nggak biasa. coba aja pake headset atau penutup kuping... nggak apa2... :)

      bisa juga sih sebelum tidur kasih makan dulu... :)

      iya. kalau dia udah percaya sama kita, bahkan benda apapun bisa aja jadi perchnya dia. dulu si errol paling seneng menclok di atas lemari,...

      oh. kandang jangkriknya maksudnya. :D
      terserah sih. mau diliatin ke owlnya oke, nggak juga nggak apa2. :)

      coba ajak ngobrol sambil liat matanya. dia ngerti kok, cuma nggak bisa balas aja... selebihnya, lanjut manning lagi... ajak main, suapin saat makan, dll... :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Dok obay saya kan blm percaya sama saya. Gmn caranya supaya dia mau bertengger di tangan? Apakah boleh kita maksa mindahin kakinya dari perch ke tangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, boles mbak pindahin ke tangan, terus elus-elus dia. :)
      udah coba taro di kamar mbak saat mbak sedang tidur? coba aja. karena dengan melihat kita tidur, dia akan percaya kalau kita nggak akan menyakiti dia.... dengan begitu, dia akan lebih percaya sama kita....

      taro aja di kamar, jangan diikat. terus mbak tinggal tidur. oh ya, hindari barang pecah belah. amankan dulu. dan barang2 yang berharga mending bungkus pake plastik dulu biar nggak di eek-in. :D

      nggak bakal nyenyak tidurnya, pasti. dan gak usah sepanjang malam sampe pagi. gak perlu. dua atau 3 jam aja. setelah mbak terbangun 3 jam kemudian, baru kandangin lagi... :)

      Delete
    2. Iya dok nanti saya cobain semoga aja dia ngerti :D

      Oh iya dok knp ketika saya ajak main pagi2 kadang badannya goyang2?

      Delete
    3. Dok saya kan ngasih makan dia di tempat dan dgn cara yang berbeda2. Misal burung pipitnya kadang disiangi kadang masih hidup lgsung dikasihkan. Tempat nya juga kadang di kolong kasur kadang di kandangnya. Tergantung kondisi rumah.
      itu mempengaruhi Manning dia ke kita nggk dok?

      Delete
    4. nggak kok.
      kalau yang mempengaruhi manning sebenernya seberapa sering kita main sama dia. itu aja sih. makin sering ajak main, makin bagus manning-nya ke kita...

      maaf karena baru balas. kemarin saya abis sakit. :D

      Delete
    5. Udh sehat lagi dok?

      Oh iya kan obay saya ditaruh dikamar. Ngajak mainnya juga di kamar. Karena terlalu sering berinteraksi sama hewan bisa bikin sakit kitanya nggk dok?

      Delete
    6. mendingan. makasih banyak mbak Ai. :D

      kalau hewannya sehat, nggak kok. saya mah kemaren sakit karena emang cuaca aja lagi gak bagus.. :D

      sekarang gimana obaynya? :D

      Delete
    7. Alhamdulillah dok.. Obaynya sehat Tapi saya nya yg sakit :D masa kata org rumah, saya sakit karena terlalu sering berinteraksi sama obay :( jadinya skrg saya jarang aja main dia dok.. oh iya burung hantu itu bulunya suka jatuh2 kyk kucing gitu nggk dok?

      Delete
    8. nggak ada pengaruhnya. emang cuaca lagi gak bagus akhir2 ini... :D

      semua hewan bisa menyebabkan tokso, gak cuma kucing aja, burung hantu juga. tapi balik lagi ke kitanya sih, bersih atau nggak hewannya. kalo rajin dibersihkan, aman... :D

      Delete
  30. Dokter sekarang masih melihara burung hantu?
    Oh iya bau enggaknya feses owl itu tergantung makanannya kah dok? Si obay feses nya bau banget haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih. si padma. udah beberapa hari dia gak pulang, tapi nggak khawatir. udah sering lebih lama dari ini dia gak pulang. total udah 4 hari ngayap di alam, nanti juga kalo bosen di alam dia udah menclok lagi di balkon... :D

      sejak si errol pergi, agak kesepian dia. :)

      iya, kalau bau feses burung hantu yang makan tikus beda baunya dengan yang makan ayam.... tapi sedikit aja sih bedanya... kalo yang belum terbiasa, nggak akan tahu bedanya...

      Delete
  31. Padma jenis apa dok?

    Kandang owl nya di luar rumah dok?

    Kalau makan burung emprit fesesnya emg bau banget ya dok? Kok Beda sama celepuk yg makannya jangkrik nggk ada baunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. barn owl. sama kayak si errol.
      iya. peliharaan saya sebenernya si errol. tapi terus si errol ngajak burung hantu liar dari alam buat tinggal di rumah kami. kami namain dia padma. :)
      sekarang, si errol udah gak ada, tapi si padma masih ada di sini. meski jarang2 dateng. kadang cuma minta dielus aja, terus pergi lagi. soalnya dia gak suka sama elang. keluarga saya hampir semuanya pelihara BOP: elang, alap2, cuma saya doang yang gak cocok pelihara BOP. cocoknya sama burung hantu.... :)

      iya, dia udah cari makan sendiri. kadang kalo gak dapet, biasanya dia nyelonong masuk kamar, minta makan. :)

      nah, kalo emprit sama jangkrik sebenernya kandungannya sama: protein. tapi jenisnya beda. emang kalo protein dari daging burung emang lebih bau daripada protein dari serangga. ini untuk kasus burung aja. kalo untuk hewan lain kayak mamalia, justru lebih bau protein dari serangga daripada protein dari daging... :)

      sekarang obaynya gimana mbak? :)_

      Delete
  32. Bisa ya ternyata barn owl ngajak temennya pulang ke rumah :D taunya Padma nggk suka elang darimana dok?

    Obay tadi habis mandi dok.. ngebersihin paruhnya yg belepotan darah dan bulu emprit :D

    Oh iya berarti dokter nggk menyediakan kandang buat Padma ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kayak si errol yang seneng main sama elang milik ayah dan kakak saya, si padma malah gak mau main sama mereka... :D

      oh, bagus itu. mau makan emprit, dia? :)

      nggak. dari awal emang nggak saya kandangin. kata ayah saya, pelihara BOP (bird of prey, burung pemburu) mending jangan dikandangin. kayak kucing aja, liar gitu aja di rumah. jadi mereka ngerasa bahwa kehadiran mereka setara dengan manusia.... itu yang ngebuat keluarga saya betah pelihara bop... :D

      Delete
  33. Iya dok dia sukanya emprit sama doq. Pernah saya kasih jangkrik tapi dia muntahin lg. Tapi boleh nggk dok kalau dikasih jangkrik?

    Padma nya suka pup sembarangan? Kalau si obay ya dok setiap saya keluarin dari kandang pasti dia pupnya di luar :( malah kandangnya bersih dok.. apa saya yg waktunya kurang pas ya?

    Dok knp ya obay saya itu males terbang? Waktu itu saya taruh di tangan dan diayunkan cepat ke bawah dia malah ikutan turun juga, bukannya nyari tempat hinggap. Dan dia suka nabrak dok kalau terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali boleh dikasih jangkrik. buat camilannya dia aja. :D

      iya, dulu padma suka banget pup sembarangan. apalagi kalo dia lagi sebel sama saya, misalnya pas hujan badai, terus saya nggak ngizinin dia keluar ke alam. dia bakal uring-uringan terus semaleman. saya pernah di pup-in di muka.
      mungkin obay mbak asti juga sama, hehehehe. atau mungkin ada sesuatu yang dia sebel dari mbak asti. coba cek dulu, kira-kira kenapa.... jarang ajak ngobrol, barangkali? atau mbak masih mengira dia peliharaan? karena burung hantu nggak suka dianggap peliharaan manusia. semua BOP kayak gitu. mereka mau dianggap setara dengan orang yang pelihara mereka, makanya kami sekeluarga nggak pernah kandangin BOP-BOP kami.

      soal terbangnya, biarin aja. sementara focus ke manning aja dulu. kalo latihan, bisa FoF dan FTTF aja dulu. :)

      Delete
  34. Mungkin karena saya masih menganggap dia sebagai peliharaan dok soalnya setiap malam dia saya taruh di kandang kelinci di garasi Sama 1 burung emprit. Tapi dia juga punya kandang sendiri dari kardus yg kadang2 kalau siang tanpa diminta pun dia masuk sendiri buat tidur :)
    Nah tadi ini saya lg ngantuk2nya tiba2 merhatiin muka saya trus langsung nyengkram dan gigit hidung saya sampe berdarah T_T cara ngasih taunya kalau dia lapar kejam juga ya dok hahaha..

    Kalau di taruh di kamar dan ditali kakinya apa dia masih merasa sebagai peliharaan?
    Berapa lama dok sampai padma nggk pup sembarangan? Uring2an nya Padma emng gmn dok? Saya masih blm ngerti sih sama sifat obay saya itu gmn..

    Ternyata gaya mandi nya obay sama celepuk beda ya dok? Obay mah sukanya cuci muka dari kran langsung dok dan jarang mandiin badannya juga berasa di air terjun kali ya haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, maklumin aja ya mbak kalo dicengkram sampe berdarah sedikit. namanya juga punya hewan eksotis. :D

      oh ya, nggak apa2 taro dikamar tapi diiket. karena dulu saya juga gitu kok. :D buat ngenalin dulu sama lingkungannya.
      tapi kalo saya baca ceritanya, obaynya mbak asti sebenernya udah percaya sama mbaknya, cuma kadang mbak astinya yang ragu. :)

      saya dulu naro koran bekas di bawah perchnya. saya lebarin gitu. sekarang dia udah terbiasa kalau liat koran diampar di lantai, dia tahu itu tempatnya dia pup... coba aja kandangnya mbak amparin koran bekas... maksudnya di atas lantainya... :)

      obay sama celepuk relatif sama sih perawatan dan penanganannya. obat agak lebih ribet sedikit karena lebih agresif, tapi nggak begitu jauh bedanya. :)

      soal perilaku mandi, emang suka aneh2. ada yang sukanya disiram air dari keran kayak obaynya mbak asti. :D

      Delete
  35. Dok knp kebanyakan pada pakai barn owl ya buat basmi tikus?
    Apa semua jenis owl itu kalau terbang tanpa suara dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang kebanyakan pake barn owl buat basmi tikus. dari semua jenis owl, emang yang lebih proper buat hunting tikus ya barn owl aja. yang lain bisa juga, cuma lebih efektif pake barn owl. :)

      iya, semua jenis owl bisa terbang tanpa atau minim suara. :)

      Delete
  36. Iya dok saya kadang masih ragu apakah dia udh percaya sama saya atau blm.. soalnya ketika saya pancing pakai umpan di tangan dia merhatiin nya lama banget dan mau lompatnya juga ragu2

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. dok.. bubo saya juval,cara lihat jinak apa tidaknya dari mana. soalnya sering saya elus" gt dia gigit biasa cmn ga sakit di jari apa itu udh termasuk jinak?, oh iya cara lihat si bubo ini marah atau tidaknya dri mana ya...

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.