Jenis Makanan untuk Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Artikel kali ini membahas

jenis makanan musang pandan

peliharaan anda. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya memelihara musang. Perlu anda ketahui bahwa musang pandan yang masih bayi atau musang pandan anakan memiliki jenis makanan yang berbeda dengan musang pandan dewasa. Selain musang pandan, anda juga bisa membaca mengenai cara memelihara musang rase.
Jenis Makanan untuk Musang Pandan
Musang bulan sedang makan
Dan berikut adalah jenis makanan terbaik untuk musang pandan peliharaan anda.
  • Makanan untuk bayi musang pandan (umur 0 hingga 2 bulan)
  • Musang pandan yang masih bayi sangat tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang masih pemula dalam memelihara musang. Ini karena musang yang masih bayi sangat rentan cacat karena kurang gizi dan sangat rentan mati karena kedinginan. Cara memelihara musang yang masih bayi bisa dibaca di cara memelihara musang yang masih merem. Makanan terbaik untuk musang yang masih bayi adalah susu non laktosa, bubur bayi sebagai makanan utama, dan sesekali diberi buah yang diblender. Anda juga bisa memberikan asupan makanan tambahan berupa suplemen makanan seperti scott emulsion. Bila si bayi musang belum bisa makan sendiri, maka mau tak mau anda harus memberikan makanan tersebut dengan cara disepet (dimasukkan ke dalam mulutnya dengan menggunakan pipet). Perlu anda perhatikan bahwa bayi musang sangat rentan cacat akibat kekurangan gizi. Bayi musang sangat rentan kekurangan kalsium yang menyebabkan bayi musang menjadi lumpuh atau pincang. Maka dari itu, selalu cukupi asupan setiap zat gizi untuk bayi musang anda, terutama asupan kalsium yang bisa dipenuhi dengan memberikan scott emulsion dan suplemen kalsium khusus kucing yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
  • Makanan untuk anak musang pandan (umur 2 hingga 4 bulan)
  • Makanan terbaik untuk musang berumur 2 hingga 4 bulan adalah makanan yang tinggi protein dan cukup serat. Anda bisa memberikan bubur bayi kental untuk anak musang yang baru belajar makan sendiri dan nasi campur kecap untuk anak musang yang sudah bisa makan sendiri. Kepala ayam rebus juga bisa diberikan tiap seminggu sekali dan buah-buahan seperti pisang dan pepaya bisa diberikan dua kali seminggu. Asupan nutrisi untuk anak musang pandan juga bisa dilengkapkan dengan memberikan suplemen vitamin seperti scott emulsion dan asupan suplemen kalsium untuk kucing.
  • Makanan untuk musang pandan dewasa (umur 5 bulan keatas)
  • Makanan untuk musang pandan dewasa pernah diulas dalam artikel terdahulu tepatnya di artikel cara memelihara musang pandan. Secara garis besar, musang pandan adalah hewan omnivora. Di habitat aslinya, hewan ini tidak melulu makan daging namun sesekali hewan inipun memakan buah-buahan matang. Penulis sendiri lebih memilih memberikan buah-buahan sebagai makanan utama (dari selasa hingga jumat) sambil sesekali diberi kepala ayam rebus (sabtu) dan nasi + kecap (minggu dan senin). Dengan pemberian diet yang terjadwal di atas, musang peliharaan penulis lebih sehat dan lebih tahan penyakit.

Demikian adalah

jenis makanan untuk musang

peliharaan. Penulis terbuka untuk saran dari pembaca sekalian mengenai makanan yang diberikan para pembaca untuk musang peliharaan masing-masing. Pembaca bisa share tentang makanan untuk musang pandan pembaca di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

538 Responses to "Jenis Makanan untuk Musang Pandan"

«Oldest   ‹Older   1201 – 538 of 538
«Oldest ‹Older   1201 – 538 of 538   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.