Jenis Makanan untuk Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Artikel kali ini membahas

jenis makanan musang pandan

peliharaan anda. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya memelihara musang. Perlu anda ketahui bahwa musang pandan yang masih bayi atau musang pandan anakan memiliki jenis makanan yang berbeda dengan musang pandan dewasa. Selain musang pandan, anda juga bisa membaca mengenai cara memelihara musang rase.
Jenis Makanan untuk Musang Pandan
Musang bulan sedang makan
Dan berikut adalah jenis makanan terbaik untuk musang pandan peliharaan anda.
  • Makanan untuk bayi musang pandan (umur 0 hingga 2 bulan)
  • Musang pandan yang masih bayi sangat tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang masih pemula dalam memelihara musang. Ini karena musang yang masih bayi sangat rentan cacat karena kurang gizi dan sangat rentan mati karena kedinginan. Cara memelihara musang yang masih bayi bisa dibaca di cara memelihara musang yang masih merem. Makanan terbaik untuk musang yang masih bayi adalah susu non laktosa, bubur bayi sebagai makanan utama, dan sesekali diberi buah yang diblender. Anda juga bisa memberikan asupan makanan tambahan berupa suplemen makanan seperti scott emulsion. Bila si bayi musang belum bisa makan sendiri, maka mau tak mau anda harus memberikan makanan tersebut dengan cara disepet (dimasukkan ke dalam mulutnya dengan menggunakan pipet). Perlu anda perhatikan bahwa bayi musang sangat rentan cacat akibat kekurangan gizi. Bayi musang sangat rentan kekurangan kalsium yang menyebabkan bayi musang menjadi lumpuh atau pincang. Maka dari itu, selalu cukupi asupan setiap zat gizi untuk bayi musang anda, terutama asupan kalsium yang bisa dipenuhi dengan memberikan scott emulsion dan suplemen kalsium khusus kucing yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing.
  • Makanan untuk anak musang pandan (umur 2 hingga 4 bulan)
  • Makanan terbaik untuk musang berumur 2 hingga 4 bulan adalah makanan yang tinggi protein dan cukup serat. Anda bisa memberikan bubur bayi kental untuk anak musang yang baru belajar makan sendiri dan nasi campur kecap untuk anak musang yang sudah bisa makan sendiri. Kepala ayam rebus juga bisa diberikan tiap seminggu sekali dan buah-buahan seperti pisang dan pepaya bisa diberikan dua kali seminggu. Asupan nutrisi untuk anak musang pandan juga bisa dilengkapkan dengan memberikan suplemen vitamin seperti scott emulsion dan asupan suplemen kalsium untuk kucing.
  • Makanan untuk musang pandan dewasa (umur 5 bulan keatas)
  • Makanan untuk musang pandan dewasa pernah diulas dalam artikel terdahulu tepatnya di artikel cara memelihara musang pandan. Secara garis besar, musang pandan adalah hewan omnivora. Di habitat aslinya, hewan ini tidak melulu makan daging namun sesekali hewan inipun memakan buah-buahan matang. Penulis sendiri lebih memilih memberikan buah-buahan sebagai makanan utama (dari selasa hingga jumat) sambil sesekali diberi kepala ayam rebus (sabtu) dan nasi + kecap (minggu dan senin). Dengan pemberian diet yang terjadwal di atas, musang peliharaan penulis lebih sehat dan lebih tahan penyakit.

Demikian adalah

jenis makanan untuk musang

peliharaan. Penulis terbuka untuk saran dari pembaca sekalian mengenai makanan yang diberikan para pembaca untuk musang peliharaan masing-masing. Pembaca bisa share tentang makanan untuk musang pandan pembaca di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

538 Responses to "Jenis Makanan untuk Musang Pandan"

  1. selamat siang dok..

    saya mau tanya.. saya hari ini baru adop anak musang kira kira umurnya bru bebrapa minggu .. karena baru buka mata.. makanan nya pa ya dok.. say aliat informasi sebelumnya Susu SGM non laktosa.. tp saya pakai SGM ananda soya, Promina pisang, sma scott's.. bagaimana takarannya?? semua di jadi satu kan? dan cair ya dok?? mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  2. Selamat Siang Dok..

    Saya hari ini baru adop musang pandan.. kira kira umurnya baru bebrapa minggu.. karenna baru melek matanya.. sesuai informasi yang saya baca sebelumnya .. untuk memberi makan bayi musang itu dengan susu SGM non laktosa ( tp saya menggunakan SMG ananda soya, Promina pisang susu, dan scott's. untuk takerannya nya berapa ya dok?? apakan scott'nya 1 sendok teh di campur dengan susu dan bubur promina?? mohon bimbingannya dok... terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan utamanya tetep promina bubur bayi. dikasih kalau dia sudah mulai bunyi2 (berisik), tandanya dia lapar. kalau belum bisa makan sendiri, lebih baik disepet aja. scott emulsion dikasih cukup seminggu sekali saja dengan cara dicampur ke makanan. susu bisa diberi sekali sehari. jika ada susu yang tidak diminum, langsung buang..... :)
      oh ya, untuk jumlah pemberian pakan berapa kali, mas bisa baca artikel saya cara memelihara bayi musang yang masih merem... :)

      sehat selalu buat musangnya... :)

      Delete
  3. Dok, musang saya umur 3 bln, kalau dikasih jangkrik boleh gak, karena saya kasih jangkrik langsung di lalapnya dok, dan saya googling Kandungan yang dimiliki jangkrik adalah: protein. asam amino, asam lemak essensial. Protein jangkrik juga terdiri dari protein Omega 3, Omega 6, dan Omega 9. Para pakar nutrisi meyakini kandungan protein jangkrik mencapai tiga kali lipat kandungan protein daging ayam, sapi, dan udang,
    maksudnya sebagai selingan aja misalkan 1 hari hanya diberi 6 jangkrik saja, selebihnya makan buah atau bubur, gpp kan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja kasih jangkrik. kaki belakangnya (yang tajam) gunting dulu ya mas.... ya, untuk selingan aja. selebihnya kasih buah dan bubur sun... :)
      sehat terus untuk musangnya...

      Delete
  4. dok mau nanya nih, baby muspan sy umur 1 bulan lbh, klo sehabis d kasih makan bubur sun trus langsung bab ky mencret gtu... sama sering kecing, it knpa yah?

    ReplyDelete
  5. dok mau nanya nih, baby muspan sy umur 1 bulan lbh, klo sehabis d kasih makan bubur sun trus langsung bab ky mencret gtu... sama sering kecing, it knpa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa? mencretnya hanya sekedar kayak krim (masih berbentuk, tapi menyerupai krim/pasta gigi) atau benar2 tidak berbentuk (kayak cairan)? kalau masih berupa krim, gak apa2.... sering kencing wajar. mas kasih gula/madu di air minumnya?

      Delete
    2. dikasih bubur sun+SGM fruit n vegetable, tp d campur jd satu di dotnya. mencretnya ky krim/pasta gigi dok.

      Delete
    3. oh pantes. SGMnya kasih yang SGM non laktosa atau SGM LLM atau SGM Soya.
      jangan dijadiin satu. bubur sunnya dikasih air saja....

      Delete
    4. oh iya dok, trus misalkan sehabis d beri bubur, langsung di kasih susu atw air putih dlu baru susunya ?

      Delete
    5. kasih air putih + madu aja dulu. abis itu beberapa menit kemudian, baru kasih susu.... :)

      Delete
    6. ok.. makasih dok ats pencerahannya :D

      Delete
  6. Ass ,
    bu saya mau nanya
    saya punya muspan baru dapet umur sekitar 2-3 bulan
    klo mau ngasih susu non laktosa itu dalam satu hari berapa kali yaaa bu dokter

    ReplyDelete
  7. bu dok, kenapa ya musang saya matanya putih pada retinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara mengobati katarak pada musang...

      Delete
  8. Dok mau tanya untuk baby muspan sebaiknya pisang apa dok?

    ReplyDelete
  9. Dok tanya untuk pisangnya yg baik pisang apa? Ato terserah kita?

    ReplyDelete
  10. Dok pisang yg baik untuk baby muspan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang lampung atau pisang sunpride. kalau baby muspannya belum bisa makan pisang sendiri, bisa dijus dulu lalu disepetkan... :)

      Delete
  11. agar pencernaan bagus sebaiknya muspan di kasih makan apa dok. muspan saya umur 5 bulan up? juga susunya make susu apa dok. kalo boleh tau apa merk susunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara menjaga kesehatan pencernaan musang.
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  12. agar pencernaan bagus sebaiknya muspan di kasih makan apa dok. muspan saya umur 5 bulan up?

    ReplyDelete
  13. Susu yang pas untuk baby musang 2 bulan apa ya?

    ReplyDelete
  14. Susu yang pas untuk baby musang 2 bulan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sgm LLM non laktosa... :)
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  15. Susu yang pas untuk baby musang 2 bulan apa ya?

    ReplyDelete
  16. Dok mau tanya saya punya muspan sepasang, popy (popo+pipy) umur 3+
    1. Tadi ber2 mandi yang pertama kali, sampo mungkin ada yang ketelen karena tanganku yang penuh busa di gigit. Ada efek ga dok.
    2. Biasa makan antara jam7-9, tapi abis mandi ga mau makan, apa karena shampo.
    3. Pisang yang bagus pisang jenis apa.
    4. Madu jenis apa yang bagus, maduras bisa ga.
    5. Klo popy di pisah kenapa selalu sing song bikin telinga sakit, apa sudah sejoli kok ga mau di pisah.

    Terimakasih dok, tolong pencerahannya.
    Salam wangi dari popy (popo+pipy) dari jogja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. asalkan cuma sedikit, kayaknya gak bahaya... :)
      2. bsa jadi. masi bisa kasih minum air madu atau air gua banyak2...
      3. sunpride atau pisang lampung.
      4. kalau madurasa kebanyakan gulanya. mending madu TJ.
      5. iya, kayaknya emang keduanya udah bonded... jadi kalau dipisahkan, salahsatunya berisik... :)

      salam wangi juga. :D

      Delete
  17. Dok kalo baby musang dikasih susu sapi murni boleh gak

    ReplyDelete
  18. dok kalau bubur sun beras merah campur telur mentah untuk musang umur 2 bulan boleh ga?

    ReplyDelete
  19. Gk mau makan dia,, udah sya kasih sun di mix susu & scot tetep aja gk mau,, klo sya tro di tempat makan,, di geremutin semut,, karna sya takut dia kenapa2 ,, akhirnya sya paksa pake suntikan kemulutnya,, tpi rada2 rewel dok ,, kadang2 gk mau di buka mulutnyamulutnya,, sya kasih pisang di iris gk mau juga,, gimana yah dok biar dia nafsu makan,, tolong di bales dok,,

    ReplyDelete
  20. Gk mau makan dia,, udah sya kasih sun di mix susu & scot tetep aja gk mau,, klo sya tro di tempat makan,, di geremutin semut,, karna sya takut dia kenapa2 ,, akhirnya sya paksa pake suntikan kemulutnya,, tpi rada2 rewel dok ,, kadang2 gk mau di buka mulutnyamulutnya,, sya kasih pisang di iris gk mau juga,, gimana yah dok biar dia nafsu makan,, tolong di bales dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai suntikan boleh tapi pelan2 aja ya mas....
      umur berapa musangnya? :)

      Delete
  21. Saya mau tanya bu dokter.. Klau musang apakh butuh di vaksin dan berapa biaya yang harus di keluarkan untuk vaksin tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaksin pada musang bisa dilakukan saat umur musang sudah diatas 8 bulan.
      biayanya bervariasi, tergantung dokternya. biasanya gak lebih dari 250rbu. kalau mau murah, gabung ke komunitas pecinta musang yang biasa ngadain acara vaksin massal... :)

      Delete
  22. dok,,mulai umur brapa musang bisa makan sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari bayi sebenernya bisa diajarkan. kalau secara alami (di alam), biasanya mulai umur 3 hingga 4 bulan...

      Delete
  23. dok mau tanya,,musang saya umur 2,5 bulan dia gk mau makan selama 2 hari dia hanya mau minum susu aja,,itu kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama dipelihara, mas?
      bentuk fesesnya gimana? cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  24. dok musang saya udah 2 hari gk mau makan dia cuma mau minum susu aja,,,itu kira2 knapa ya dok??,,soalnya saya takut dia sakit,,umurnya 2,5 bulan

    ReplyDelete
  25. Dok, saya punya muspan umur 1 bulan. Nah pertanyaan saya, makanan apa aja sih yg baik buat musang saya ?

    ReplyDelete
  26. mbak kalo memberi makan musang nya nasi kecap di campur daging ayam tiap hari nambah bagus ngag?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bagus juga, namun sebaiknya minimal seminggu sekali kasih buah agar pencernaannya bagus terus.... minimal loh ya. bagusnya sih lebih dari seminggu sekali... :)

      maaf baru balas, saya sibuk banget beberapa gari ini mas... :)

      Delete
  27. dok mau nanya kalo musang nya di kasih makan nasi kecap di campur daging ayam tiap hari nambah bagus apa ada dampak lain?

    ReplyDelete
  28. Dgn adanya blog ini jd bisa tau cara merawat yg baik n benar,terima kasih dok

    ReplyDelete
  29. Blog yg sangat membantu,terima kasih.
    Oh iya sekalian tanya. Cara jinakin muspan gmana ya dok?
    Dari owner lama jitot,tp sejak jd momongan sndiri kok jd semi?
    Kadang gigit kecil,kdang gigit smpe ganas :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak. blog ini awalnya untuk bahan konsultasi para orangtua asuh hewan yang sering ke klinik. namun karena klinik saya terpaksa harus tutup karena saya lebih sering dibutuhkan di RSH, akhirnya saya buat blog ini... :)

      musang bisa membaca pikiran kita. kalau kita takut atau segan, kadang dia makin berani.mungkin mas diam2 takut dengan dia, makanya dia makin berani.... :)

      Delete
  30. Dok muspan saya (juplee) 3bulan , kok jarang nafsu sama bebuahan klo palyam nafsu , terus dia maunya minum teruss .. apakah si juplee sedang sakit dok , mohon bantuannya dok :(

    ReplyDelete
  31. Dok mohon bantuannya . Muspan aye si (juplee) umur 3 bulan . Ko dia jarang suka buah ya bu dok . Klo palyam dia lahap bener terus seharian ga dikasih palyam menunya pisang dia cuma maunya susu doang .. apa musang saya sudah tidak suka buab lagi dok , bagaiimana caranya biar dia suka buah ... apa dia sedang sakit . Tp dia lincah gigitin apaan aja malahan .. mohon bantiannya bu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja... :)

      Delete
  32. dok kalo musang di kasih makanan kucing gmn? apa bakal cepet besar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya 'cepat besar' apakah cepat obesitas atau cepat dewasa?
      kalau mau musangnya gemuk (obesitas), silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang.

      musang dikasih makanan kucing sebenernya boleh2 aja, hanya saja lebih baik jangan. makanan kucing ya khusus untuk kucing meski boleh juga untuk musang, tapi sebaiknya tidak diberikan.... makanan kucing bisa menyebabkan kanker pada musang.. :)

      Delete
  33. Dok , muspan saya baru adopt 4 hari usianya sekitar ± 1,5 bulan. Baru Diberi makan bubur sun belum susu non laktosa. Takaran bubur sun dan air bagaimana? Kentel atau cair atau sedang.
    Saya spet gak mau ngulet terus kalo di lepas larinya ke pojokan terus , jinak gak gigit cuma kabur kalo saya dekati dan ngumpat. Makannanya saya taruh wadah di jilati tapi sedikit banget kadang saya beri scott emulsion di makanannya.
    Solusinya bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu kental dan jangan juga terlalu encer. tengah2nya dari itu aja mas... :D
      kalau pas mau disepet, dipegangin aja mas biar gak ngabur2an. pegangin aja di kepalanya dalam keadaan terbalik. jangan pakai kain lebih bagus, biar dia bisa tau apa yang mas lakukan lewat tatapan mata dan sentuhan kulit mas. ya, musang bisa tahu perasaan ownernya....

      Delete
  34. Dok , muspan saya baru adopt 4 hari usianya sekitar ± 1,5 bulan. Baru Diberi makan bubur sun belum susu non laktosa. Takaran bubur sun dan air bagaimana? Kentel atau cair atau sedang.
    Saya spet gak mau ngulet terus kalo di lepas larinya ke pojokan terus , jinak gak gigit cuma kabur kalo saya dekati dan ngumpat. Makannanya saya taruh wadah di jilati tapi sedikit banget kadang saya beri scott emulsion di makanannya.
    Solusinya bagaimana dok?

    ReplyDelete
  35. Dok, musang saya umur 2bulan lebih dikit kok ga mau makan apa apa?? cuma maunya telur rebus doang. . sy kasih nasi kecap pepaya pisang bubur sun ngga dimakan.. kenapa ya dok? sy kasih susu bebelac 4 boleh ga dok? bbrapah hari ini saya kasihnya susu itu dia mau minum. tapi fesesnya cair. kasihan micca dok
    Terimakasih Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 sementara dikasih telur rebus aja dulu sampe berumur 3 hingga 4 bulan.
      setelah itu, baru bisa diajari makan selain telur.
      susu bebelac kayaknya mengandung laktosa mas. makanya dia mencret. lebih baik kasih sgm LLM non laktosa aja... :)

      Delete
  36. Kalo vitamin b1 complex dikasih setiap hari , sehari sekali setengah tablet gapapa dok?
    Soalnya baby muspan saya kemarin jalannya nunduk dan gemeteran. Sekarang udah gak nunduk tapi masih suka gemeteran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih agak kebanyakan. mending 1mg per gram berat musangnya... kalau berat musangnya 5gram, vitamin b complexnya cukup 5mg saja....

      Delete
  37. Kalo ngasih vitamin B1 complex setiap haru rutin sehari sekali gapapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sehari sekali mas. cukup 2 hari sekali...

      Delete
  38. Dok, knp muspan sy susah mkan, pdhal sy rutin memberikan musang sy scott!.. gmn y dok biar musang sy makannya lahap, skarang musang sy kurus dok?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab di pertanyaan yang sama ya mas.. :)

      Delete
  39. Dok, knp dok muspan sy susah mkan, pdhal sy rutin memberi musang sy scott!.. gmn y dok spya musang sy bisa lahap lg, sekarang keadaan musang sy kurus banget dok?...

    ReplyDelete
  40. Hallo dok, saya mau konsul ttg musang saya.. umurnya sudah mau 4bln. Tp kok dia masih blm mau makan sendiri ya? Soalnya dr baby saya trus2an dikasih lewat dot.. gimana ya solusinya? Terima kasih dok

    ReplyDelete
  41. Hallo dok, saya mau konsul ttg musang saya.. umurnya sudah mau 4bln. Tp kok dia masih blm mau makan sendiri ya? Soalnya dr baby saya trus2an dikasih lewat dot.. gimana ya solusinya? Terima kasih dok

    ReplyDelete
  42. Hallo dok, saya mau konsul ttg musang saya.. umurnya sudah mau 4bln. Tp kok dia masih blm mau makan sendiri ya? Soalnya dr baby saya trus2an dikasih lewat dot.. gimana ya solusinya? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jangan dibiasakan pakai dot terus mas.
      coba mas baca artikel cara agar musang mau makan apa saja..

      Delete
  43. dok saya baru adop baby musg umur 2 bulan masih nakal, tapi kok di kasih bubur bayi gak mau saya suap gk mau saya taro di wadah gak di makan, saya kasih pisang gk dimakan susu gak diminum, cuma mau minum air putih doang, tpi kadang2 ad juga si makan pisangnya dikit amat, kira kira saya harus gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia maunya makan pisang, coba mas kasih pisang dengan cara disepet atau dipipet. mas tau suntikan mainan kecil yang ada selangnya yang biasa dijual di abang2 di depan sekolahan sd? nah kasih makannya pakai itu. selangnya potong aja, kira-kira 5 - 10cm dari ujung suntikan. lalu mas blender pisang, mas sedot pakai suntikan mainan tadi, lalu mas suntikkan pelan2 ke mulut musangnya. pelan2 aja, jangan sampai musangnya tersedak. jangan lupa bersihkan sisa makanan yang menempel di bulu dan badan musangnya setelah makan.....

      untuk jenis pisangnya, pilih yang ada baunya. recomended sih pisang sunpride atau pisang lampung. :)

      kasih saya kabar ya mas... :)

      Delete
  44. dok saya baru adop muspan umur 2 bulan, nakal dan sangat aktif tapi kok dia mogok makan dok di kasih bubur bayi gak dimakan, susu apa lagi pisang sedikit amat, nafsuny ke air putih doang jadi kira2 saya mesti gimana ya dok

    ReplyDelete
  45. Asslkm mbak Fika,sayapunya musang umur 2,5 bln,mhn saran untk pmberian makann yg baik dan teratur sepetlrti apa ya mba,trs apakah klo tiap pagi saya kasih stok makann untuk siang itu gmn mba,krn saya sendiri kerja sampe sore,jadi gak bisa kasih mknn untk siangnya...mhn sarannya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya udah bisa makan sendiri? kalau udah bisa makan sendiri sebenernya gak masalah kalau mas tinggalkan stok makanan untuk siang hari, dimakan gak mas? soalnya musang lebih banyak tidur kalau siang. mereka justru lebih banyak makan itu malam... :)

      biasa dikasih makan apa? dan berapa kali sehari? :)

      Delete
  46. Dok musang saya kok lebih makanan catfood ketimbang pepaya ato pisang? Malah gak mau sama skali ke pepaya ma pisang, meski saya diam kan hingga 2 hari tp ttep gak mau mkan pisang ato pepaya, giman dok solusinya untuk ini?

    ReplyDelete
  47. dok sya baru punya musang umurnya sekitar 3 bulan lebih,sudah 2 hari gak mau makn biasanya saya kasih makan nesstle dan susu,trus badannya demam dan jadi pendiam gmn ya dok solusinya mhon biimbingannya..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kasih makan nestle apa? susu?
      coba kasih buah aja mas. pepaya saya sarankan. jangan kasih susu dulu karena ada kemungkinan karena susu. pupnya mencret ya?? :)

      Delete
  48. Salam Dok.
    saya Wahyu. Saya mau tanya dok musang saya umur 1 stengah bulan dengan nafsu makan yang sangat RUARRRR BIASA.
    kalo makan di taro di telapak tangan belepotan semua tangan saya. tapi dok dia cuma makan bursun beras merah kalo pake rasa pisang fesesnya encer dok.
    di kasih makan 3-4 sehari dengan takaran 1 sendok makan
    tp kenapa yah dok kok perutnya masih kurus kaya ga pernah makan.
    naaaahhh saya berencana mau kasih susu SGM non Laktosa+ madu. Tapi saya bingung dok susunya di campur sama bursun atau di minum biasa...
    karna sekarang dia minumnya cuma air gula aja.

    trus dok yang kedua untuk pemberian pisang yang di haluskan kira2 di umur berapa yah dok..

    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya 1 sendok makan, hmm, gak kedikitan mas? :)
      coba tambah lagi jadi 2 sendok makan. liat aja dlu. kalau nggak abis, bisa tambahin aja setengah sendok (jadi 1,5 sendok makan).

      selebihnya oke. cuma untuk madu, saya sarankan mending pakai sari kurma. lebih menyehatkan dan lebih aman untuk sistem pencernaan musang... campur ke makanannya oke, ke air minumnya juga oke... :)

      Delete
  49. Salam Dok.
    saya Wahyu. Saya mau tanya dok musang saya umur 1 stengah bulan dengan nafsu makan yang sangat RUARRRR BIASA.
    kalo makan di taro di telapak tangan belepotan semua tangan saya. tapi dok dia cuma makan bursun beras merah kalo pake rasa pisang fesesnya encer dok.
    di kasih makan 3-4 sehari dengan takaran 1 sendok makan
    tp kenapa yah dok kok perutnya masih kurus kaya ga pernah makan.
    naaaahhh saya berencana mau kasih susu SGM non Laktosa+ madu. Tapi saya bingung dok susunya di campur sama bursun atau di minum biasa...
    karna sekarang dia minumnya cuma air gula aja.

    trus dok yang kedua untuk pemberian pisang yang di haluskan kira2 di umur berapa yah dok..

    Terima kasih dok

    ReplyDelete
  50. dok saya melihara musang sekitar 3 bulan tp sekarang g mau makan ,knp yah ? sy takutnya mati,soalnya carinya susah.makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau
      biasa dikasih makan apa?
      bentuk fesesnya gimana?

      sekarang gimana keadaannya? :)

      Delete
  51. dok mau tanya nih..musang sy udah tumbuh gigi...rencana mau dikasih makanan wetfood(whiskas junior rasa tuna) boleh tidak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, mas. saya sibuk bgt akhir2 ini...
      catfood sebenernya kurang bagus untuk musang dan hewan lain (termasuk kucing). beberapa jenis catfood bisa menyebabkan kanker pada hewan yang memakannya.....

      Delete
  52. dok muspan sy udah mulai tumbuh gigi, kalo gigit" pun udh mulai terasa sakit...rencana sy mau coba kasih wetfood whiskas rasa tuna kira" boleh tidak? trims

    ReplyDelete
  53. Dok saya pengen melihara musang, tp tempatnya terbatas di kos an gtu, sebaiknya bagaimana dok? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mas asalkan bebas asap rokok dan jaga kebersihan kandang dan musangnya. :)

      Delete
  54. Dok musang saya umur 1 bln lebih, badan nya kurus banget gimana solusi nya, makanan kesukaan nya pepaya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari makanannya sih dah bagus. dan kalau menurut saya, kalau masih umur sebulan, yang paling penting adalah dia sehat dulu. kalau soal menggemukkan musang, nanti aja di umur 3 bulan ke atas.... soalnya kalau masih anakan/bayi, masih butuh nutrisi lengkap, mas. :)

      Delete
  55. saya mau tanya dok , kalo musang yang masih 1 bulan bisa di kasih huah huahan ga selain makanan bayi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah2an maksudnya? boleh mas. diblender dlu, kalau bisa blender tanpa air. pisang dan pepaya bagus. :)

      Delete
    2. buah2an maksudnya? boleh mas. diblender dlu, kalau bisa blender tanpa air. pisang dan pepaya bagus. :)

      Delete
  56. assalamualaikum dokter fira, saya mau nanya. om saya punya musang jantan namanya romeo kisaran umur 4 bulan. dari umur 1,5 bulan si romeo dikasih makan cuma pakai bubur beras merah dan susu melalui pipet, dan sampai sekarang kalau mau dikasih makanan lain si romeo malah takut. dan yang ada malah mengacak acak makanannya saja tanpa dimakan. gimana ngatasinnya dok supaya romeo bisa makan makanan lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja. :)

      Delete
  57. assalamualaikum dokter fira, saya mau nanya. om saya punya musang jantan namanya romeo umur kisaran 4 bulan. nah, dari umur 1,5 bulan ini romeo biasa dikasih makan dengan bubur beras merah dan susu melalui pipet, yang jadi masalah sekarang romeo malah takut sama makanan yang lain. gimana cara ngatasinnya dok?

    ReplyDelete
  58. Dok, bagus nya untuk makanan musang, di stok dlm kandang, atau bagaimana dok?

    ReplyDelete
  59. Ass dok,met pagi,,maaf dok mau tanya memberi kepala ayam rebus tiap hari pada musang bulan bagus nda dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya makanan terbaik untuk musang.. :)

      Delete
  60. dok kalo usia 2 bulan di kasih susu yg mengandung laktosa gmna dok?
    salam wangi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya penyebab mencret pada musang. :)

      Delete
  61. dok kalo usia 2 bulan di kasih susu yg mengandung laktosa gmna dok?
    salam wangi :)

    ReplyDelete
  62. Dok saya mau nanya, musang saya kalo saya kasih nasi kecap masa gak dimakan ya dok. Tapi giliran pisang dia lahap banget. Kalo dia gak doyan sama nasi kecap apakah boleh kasih pisang setiap hari dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya lebih menyehatkan kalau musang dikasih buah setiap hari, mas.
      namun mas bisa baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja dan artikel polifeed dan monofeed pada musang...

      Delete
  63. Dok musang saya umur nya ud 3 bulan. G mau makan sendri. Skali nya makan sendri, makan ikan mas hidup, rakus bngt makan itu. Yg lain harus d spet dok. Ud d puasakan. Tetep g mau. Dia free room. Saka kos, d kos saya d atas lemari ad akuarium dok. Waktu saya mau kuras. Ikan saya taro bawah pk gayung. Tanpa saya sadar, dia makan ikan saya dengan lahap nya. Jd ampe skarang saya sehari kasi ikan tiap x abis d spet bursun dok. Dan dia kalo lapar, suka naik k atas lmari, tangan nya suka ngobok" akuarium dok. Gimn tuh dok solusi nya. Yg pnting dia mau makan dok. D kasi palyam rebus juga g mau. Tlor rbus g mau. Buah harus d jus, d spet... info ny d tunggu dok.. mks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa? sayangnya mas gak bilang jenis musangnya apa.
      kalau selain musang rase, puasakan aja lagi. kalau udah 3 bulan kayaknya gak apa2 dipuasakan aja.

      kalau musangnya musang rase, emang gitu kok. malah bagus kalau dia makan pakan hidup.

      kasih saya kabar lagi ya mas...

      Delete
  64. Dok musang saya umur nya ud 3 bulan blom bisa makan sendri. Skali nya makan sendri, makan ikan mas hidup, rakus bngt makan itu. Yg lain harus d spet dok. Ud d puasakan. Tetep g mau. Dia free room. Saya kos, d kos saya d atas lemari ad akuarium dok. Waktu saya mau kuras. Ikan saya taro bawah pk gayung ikan ny. Tanpa saya sadar, dia makan ikan saya dengan lahap nya. Jd ampe skarang saya sehari kasi ikan tiap x abis d spet bursun dok. Dan dia kalo lapar, suka naik k atas lmari, tangan nya suka ngobok" akuarium dok. Gimn tuh dok solusi nya. Yg pnting dia mau makan sendri dok. D kasi palyam rebus juga g mau. Tlor rbus g mau. Buah harus d jus, d spet... itu wajar g y dok. info ny d tunggu dok.. mks..

    ReplyDelete
  65. Dok musang saya umur nya ud 3 bulan blom bisa makan sendri. Skali nya makan sendri, makan ikan mas hidup, rakus bngt makan itu. Yg lain harus d spet dok. Ud d puasakan. Tetep g mau. Dia free room. Saya kos, d kos saya d atas lemari ad akuarium dok. Waktu saya mau kuras. Ikan saya taro bawah pk gayung ikan ny. Tanpa saya sadar, dia makan ikan saya dengan lahap nya. Jd ampe skarang saya sehari kasi ikan tiap x abis d spet bursun dok. Dan dia kalo lapar, suka naik k atas lmari, tangan nya suka ngobok" akuarium dok. Gimn tuh dok solusi nya. Yg pnting dia mau makan sendri dok. D kasi palyam rebus juga g mau. Tlor rbus g mau. Buah harus d jus, d spet... itu wajar g y dok. info ny d tunggu dok.. mks..

    ReplyDelete
  66. Dok musang saya umur nya ud 3 bulan blom bisa makan sendri. Skali nya makan sendri, makan ikan mas hidup, rakus bngt makan itu. Yg lain harus d spet dok. Ud d puasakan. Tetep g mau. Dia free room. Saya kos, d kos saya d atas lemari ad akuarium dok. Waktu saya mau kuras. Ikan saya taro bawah pk gayung ikan ny. Tanpa saya sadar, dia makan ikan saya dengan lahap nya. Jd ampe skarang saya sehari kasi ikan tiap x abis d spet bursun dok. Dan dia kalo lapar, suka naik k atas lmari, tangan nya suka ngobok" akuarium dok. Gimn tuh dok solusi nya. Yg pnting dia mau makan sendri dok. D kasi palyam rebus juga g mau. Tlor rbus g mau. Buah harus d jus, d spet... itu wajar g y dok. info ny d tunggu dok.. mks..

    ReplyDelete
  67. Dok bentuk fases muspan yg diberikan bubur sun apakah memang encer?
    Saya berikan bubur sun pup dari si muspan encer, tapi ketika saya kasih pisang atau pepaya padat dan menyerupai yg dimakannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja bubur bayi, namun kalau saya kasih saran, mending kasih pepaya atau pisang aja mas. itu lebih menyehatkan.

      yang penting dia sehat dlu aja. :P)

      Delete
  68. Sama saya mau nanya kalau saya sepet muspan trus brontak saya paksa itu baik atau tidak krn muspannya gak mau makan..

    ReplyDelete
  69. assalamualaikum Dokter Fira, saya baru dpat musang liar, tapi saya belom tau usianya, ada kah ciri fisik si musang untuk mengetahui perkiraan usianya, karena saya bingung menentukan makanannya.. trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah bisa makan sendiri, kasih aja potongan pepaya matang atau pisang. :)

      Delete
  70. Mohon masukan apakah jika gula putih yang dicampurkan ke air minum musang bulan, cocok atau tidak ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. :)
      lebih bagus kalau mas kasih sari kurma ke musang. bisa menambah nafsu makan dan bisa memperkuat daya tahan tubuh musang... :)

      Delete
  71. Sore dok,
    Dok musang saya ga nafsu makan,lemas dan bawaan nya tidur mulu,kadang meringis kesakitan.
    Apa yah obat yang bisa saya beri?
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara untuk tahu musang itu sakit atau tidak (termasuk apa penyakitnya) adalah dengan cara melihat bentuk dan warna tahinya. fesesnya. coba mas baca dulu artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya... :)

      Delete
  72. Dok saya punya musang pandan dulu say beli madih umur 1 bulan, sekarang sudah 2 bulan dok tapi saya kasih makanan belum bisa makan sendiri dok,setiap saya kasih dan bau bubur bayi pasti langsung lari ke spet dok, mohon pencerahannya dok, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. menu makannya pake apa mas? bubur bayi? :)
      Sepet aja sedikit (jangan sampe kenyang), lalu tinggalkan bubur bayi di kandang. Kalau dalam waktu 1 jam dia gak mau makan makanan yang di kandang, sepet lagi sedikit. gitu aja terus... :)

      nanti dia terbiasa... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas... :)

      Delete
  73. Dok saya punya musang 2 ekor. Karakter nya slalu berlawanan. Kalo yg jantan suka d kasih pisang. Kalo betina g suka pisang, jantan suka nasi kecap, betina nasi susu, ud d puasakan. yg betina biar mau makan pisang, sampai 2 hari g juga d makan. Sampai g pup, n kurus badan nya. Gimn dok biar mau makan pisang...??? Buah suka cuma paya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terpenting adalah dia mau makan buah. apapun buahnya, nggak masalah kok.

      atau mas bisa kasih pisang yang aromanya harum kayak pisang sunpride. coba aja sekali, biasanya mereka jadi mau kok... :)

      udah coba kasih sari kurma biar nafsu makannya bagus? coba aja... :)

      kasih saya kabar terus... :)

      Delete
  74. Dok saya punya musang 2 ekor. Karakter nya slalu berlawanan. Kalo yg jantan suka d kasih pisang. Kalo betina g suka pisang, jantan suka nasi kecap, betina nasi susu, ud d puasakan. yg betina biar mau makan pisang, sampai 2 hari g juga d makan. Sampai g pup, n kurus badan nya. Gimn dok biar mau makan pisang...??? Buah suka cuma paya aja.

    ReplyDelete
  75. Dok saya mau tanya,saya kan pelihara musang pandan dr bayi,dr bayi saya ksh makannya pakai botol susu khusu untuk bayi musang/kucing,krn blm bisa mkn sendiri.Dan katanya klo kita pelihata musang dr bayi,itu bakalan jinak & nurut sama kita,krn kita dianggap ibu si musang.Musang saya memang dr bayi jinak & nurut sama saya,sampai2 dia tertidur dipaha saya,klo habis diksh mkn & diajak main.Yg saya mau tanya,knp kok musang saya pas giginya sdh tumbuh semua,dia suka gigit2 ya dok?dan gigitanya terkadang sakit,apalagi pas gigit daun telinga saya,itu terasa sakit sekali.Tp biar dia suka gigit2,musang saya ini msh agak nurut sih,klo saya jalan dia msh mengikuti saya.Dia kadang klo saya jalan atau ada orang lain jalan,kadang suka lngsng gigit kaki,tp abis gigit dia pergi,sembunyi dikolong,tp ga lama kemudian dia dtng & lngsng gigit lg.Musang saya ini knp ya dok?tp klo dia didlm kandang,dia ga mau gigit,walaupun tangan kita dimasukin ke dlm kandangnya,tp klo diluar kandang,klo saya mau tangkap,dia pasti gigit,dan dia ga bisa anteng klo saya taruh dibahu,maunya turun ke lantai trus,dan pasti dia gigit tangan atau kaki.Apakah nanti dia klo sdh besar msh tetap seperti itu dok?kan waktu bayinya dia nurut dsn anteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang umur segitu emang rasa ingin tahunya sedang tumbuh2nya. sama aja kayak manusia, kok. jadi wajar kalau mereka suka gigit2. dan gigitan mereka bukan untuk menyakiti. arti gigitan anakan musang yang kita pelihara dari kecil lebih memiliki arti "ini bisa dimakan nggak ya?" atau "kalau aku gigit ini, dia marah gak ya??". begitu mbak... :)

      caranya gimana biar dia gak gigit? gampang. pertama, kalau dia gigit, jangan merasa takut. elus2 aja dia sambil bilang, "jangan digigit ya. sakit.". mereka ngerti kok meski mereka gak bisa balasnya... :)

      menggigit adalah naluri dasar musang. sejinak apapun musang, mereka pasti gigit meski cuma becanda ataupun serius. yang paling penting adalah membiasakan diri digigit biar kita gak kaget atau gak takut saat digigit. kalau udah terbiasa digigit, maka kita gak takut. kalau kita gak takut, mereka dengan sendirinya berhenti menggigit kita....

      rasa takut kitalah yang membuat mereka jadi suka menggigit. yap, seperti yang saya tulis di beberapa artikel saya di blog ini, musang (dan semua hewan) bisa membaca pikiran kita. :)

      mbak atau mas bisa baca2 artikel saya yang lain mengenai musnag... :)

      Delete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Dokter saya mau tanya, tadi anda ada menyebutkan bahwa musang yang diberi makan catfood kemungkinan akan menimbulkan kanker bagi musang, lalu bagaimana dengan dog food? bukankah dengan pemberian makanan seperti cat food maupun dog food malah terjaga nutrisi dan kebersihan makanan tersebut? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, dogfood dan catfood bisa menyebabkan kanker JIKA diberikan secara berlebihan dan terus menerus. artinya, kalau hanya sesekali (misalnya sebulan sekali) sih boleh2 aja. selebihnya mungkin mas bisa baca di artikel dogfood dan catfood menyebabkan kanker.

      menjaga keseimbangan gizi bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan buah dan protein ke musang. ini jelas lebih baik karena musang bisa makan lebih dari 1 jenis makanan, bukan hanya 1 jenis makanan saja. untuk referensi, mas bisa baca artikel saya monofeed dan polifeed pada musang. :)

      Delete
  78. Dok saya mau Tanya musang sejenis hewan karnivora atau herbivora? Kalau dia termasuk karnivora,bagaimana dengan sistem pencernaannya Karena dia juga suka makan buah . mohon dijawab dok untuk menambah refrensi tugas hehe. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya jawab di artikel Penyakit Pada Musang Yang Bisa Menyebar Ke Manusia

      jujur saya agak bingung kalau ditanya musang itu omnivora atau karnivora. karena begini mbak, hewan karnivora pun kadang makan tumbuhan kalau dia merasa 'nggak enak badan'. semua hewan hampir semuanya kayak gitu, CMIIW. Kucing, anjing, dll. nah, khusus untuk musang, sama kasusnya. secara struktur giginya, musang termasuk hewan karnivora. namun di alam juga kerap kali hewan ini makan buah2an dan sayur2an, meskipun dia merasa 'baik2 aja', nggak 'nggak enak badan'. hihihi..... so, baiknya kita putuskan aja kalau musang adalah hewan omnivora... :) semoga membantu...

      Delete
  79. dok musang saya kok doyannya cuma sama bubur bayi saja ya, dikasi pisang atau pepaya dia tidak mau makan tapi kalo dikasi bubur langsung lahap, sehari2 jdi cuma saya kasi bubur saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 dikasih bubur aja.
      tapi nanti kalau musangnya udah berumur 4 bulan ke atas, harus diajari makan buah.... :)

      Delete
  80. Salam kenal dok

    Mau tanya dok saya punya musang umur 1,5 itu perlu di kasih minum selain susu gak sih dok

    Terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.
      mas kasih susunya susu apa? mas tau kan kandungan laktosa dalam susu bisa menyebabkan musang mencret?
      jadi sebaiknya pilih susu yang non laktosa kayak sgm llm dan sebagainya...

      soal apakah musang baby perlu dikasih minum selain susu, hmm, kayaknya kalau emang dia dah bisa makan selain susu (misal: bubur bayi), mas bisa kasih air madu atau air mineral campur sarikurma.

      Delete
    2. Iya i dok ni tak kasih susu sgm llm tapi seharian ini ngak di minum tapi makan pisang nya lahap dok sama tak kasih telir puyuh biar asupan protein nya terpenuhi tapi malah ngak di sentu sama kayak susu nya..

      Mohon pencerahannya ya dok.
      Terimakasih dok. 😊

      Delete
    3. Kelupaan dok ni mau tak coba di kasih bubur promina yang rasa pisang menurut dokter gimana??

      Delete
    4. coba susunya kasih sari kurma biar terasa agak manis.

      untuk pemberian makanan lain, yang terpenting adalah sekatang dia mau makan aja dlu, mas. soal jenis makanan lain, mas bisa ajari nanti setelah dia berumur diatas 3 bulan. tapi sesekali tetep boleh kasih telur, taruh aja di kandangnya. biasanya nanti juga dimakan.. :)

      Delete
    5. Untuk takaran sari kurma nya dok??

      Delete
    6. kalau sari kurma kan alami, jadi menurut saya dikira2 aja oke kok.

      atau kalau mau aman, samain aja pake dosis scott emulsion. ada kok artikelnya: dosis scott emulsion untuk musang

      Delete
  81. Dok baby muspan saya kalau pee/pipis keluarnya cuma setetes2 doang.. Itu knpa ya, Terus gimana cara mengobatinya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih baby wajar kok begitu... :)
      selama fesesnya bagus, masih bisa dibilang sehat...

      Delete
  82. Nafsu makan berkurang, Feses sama kyk warna makanan nya tapi sedikit lembek, Saya biasa kasih makan pisang, Umur 2 bulan.. Tetap lincah, Hiperaktif malah.. Gimana cara mengobatinya dok ?? 😭😭

    ReplyDelete
  83. Selamat malam Ibu Drh. Fira Sovica , saya ingin ijin bertanya

    apa semua jenis musang khususnya rase (umur 1-1,5 bulan) tidak boleh sama sekali diberikan susu yang mengandung laktosa (sample sgm ananda 6-12 bulan mengandung laktosa). terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, iya. bisa dikatakan 'sebaiknya' jangan dikasih susu non laktosa.

      emang, ada beberapa jenis musang yang emang "perutnya kuat", dalam arti dia nggak mencret saat dikasih susu yang mengandung laktosa, tapi jarang musang yang kayak gitu.... jadi sebaiknya, jangan dikasih susu yang mengandung laktosa...

      apalagi rase. sebaiknya sih jangan dikasih susu samasekali kalau rase... :)

      Delete
  84. Selamat malam Ibu Drh. Fira Sovica , saya ingin ijin bertanya

    apa semua jenis musang khususnya rase (umur 1-1,5 bulan) tidak boleh sama sekali diberikan susu yang mengandung laktosa (sample sgm ananda 6-12 bulan mengandung laktosa). terimakasih

    ReplyDelete
  85. Siang dok, musang saya 4 bulan. Makan nya cept bosenan. Pagi nasi susu, siang d kasih g mau, bikin nasi telur, sore g mau, kasih buah, mlm nasi susu lagi minum nya susu. Itu pun pagi nya g abis. Bgt tiap hari, lama" mkn ny mnurun, pas d kasi CF dia doyan bngt dok. Kalo buat makanan selingn CF itu masalah g ya buat si musang...???

    ReplyDelete
  86. Siang dok, musang saya 4 bulan. Makan nya cept bosenan. Pagi nasi susu, siang d kasih g mau, bikin nasi telur, sore g mau, kasih buah, mlm nasi susu lagi minum nya susu. Itu pun pagi nya g abis. Bgt tiap hari, lama" mkn ny mnurun, pas d kasi CF dia doyan bngt dok. Kalo buat makanan selingn CF itu masalah g ya buat si musang...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. kadang emang ada musang yang bosenan kalo makan. wajar kok. tinggal masnya aja yang harus pintar ngakalinnya...

      CF/df gak masalah buat selingan... :)

      Delete
  87. Dok saya mau nanya barusan kan muspan saya saya bikinin kandang,saya iket make tali rafia kandangnya terus tbtb dia makan tali rafianyaa itu bia mengganggu pencernaannya ga dok?

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. Dok saya mau nanya,tadi kan saya buatkan kandang untuk muspan saya nah kandangnya saya iket make tali rafia,terus tanpa disengaja dia makan tuh tali rafianya,itu bisa mengganggu pencernaannya ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sedikit kayaknya gak apa2.
      namun sebaiknya mas observasi aja selama 2 atau 3 hari. :)

      kabari saya ya mas... :)

      Delete
  90. Dok mau tanya. Musang saya g doyan buah. Skali nya makan sdikit. Tp kalo sayur mentah yg ud d cuci dia suka bngt. Ap lagi kntang. Apa gpp dok kalo makan sayur" an. Kol, wortel, kntang, tomat DLL. Pnjlasan nya dok..?? Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan buah meski sedikit? sayuran tetep boleh dikasih, tapi juga bagusnya buah juga mas kasih aja... :)

      Delete
  91. Dok kalo baby 1bln lebih baik sering di bonding atau di taruh kandang ajh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bonding dan ditaruh kandang nggak nyambung, mas. :)
      mungkin maksudnya mas: "dilepas liarkan di dalam ruangan (istilahnya: freeroom) atau di kandang aja" ya? kalau masih umur 1 bulan mending di dalam kandang aja mas. ntar kalo udah gedean dikit baru bisa difreeroom...

      Delete
  92. Dok minta pencerahan nya kenapa musang saya umur2bl n mau nya nakan telor buahbuahan ki nda suka ya dok tolong dok pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih umur 2 bulan, gak apa2 yang penting dia mau makan aja. nanti kalau dia udah 3 bulan di atas, mas bisa praktekkan artikel cara agar musang mau makan apa saja... silakan baca dulu aja... :)

      Delete
  93. dok saya punya musang pandan dewasa panjang badan 70cm panjang ekor 80cm tinggi 40cm untuk makanan yang bagus apa ya dok? terimakasih

    ReplyDelete
  94. dok saya punya musang dewasa dgn ukuran panjang badan 70cm ekor 80cm serta tinggi 40cm, yg saya mau tanyakan makanan yg baik untuk musang saya apa ya dok?

    ReplyDelete
  95. Dok musang saya telapak kaki nya berwarna kemerah-merahan trus sekarang agak males dia makan sendiri, Maunya handsfeed mulu.. Mohon solusinya dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. luka kaki musangnya? kalau gak luka, gak apa2... mungkin dijaga aja kebersihan kandangnya...

      soal dia yang gak mau makan sendiri, emang biasanya dia mau makan sendiri mas? cuaca emang lagi gak bagus buat musang. banyak banget musang yang sakit akhir2 ini. jadi sebaiknya jaga daya tahan tubuh musang....

      soal handsfeed, hmm, kalau emang dia bener2 gak mau makan sendiri, gak apa2 sementara mas handsfeed aja sambil dikasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya bagus...

      Delete
  96. Saya punya muspan kira kira usianya 2 atau 3 bulan skrng udah mau pintar mkn.dia kan saya taroh dalam kandang tp pas pagi hari selalu nangis minta dkeluarin dari kandangnya n mau nya selalu di badan n main. Kata teman jangan selalu dipegang nanti lambat besar kalo selalu dipegang, apa benar begitu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaco. entah pendapat darimana itu musang selalu dipegang bisa lambat besarnya. :)

      malah menurut saya bagus kalau musang selalu kita pegang. dia jadi bonding sama kita, ownernya... :)

      Delete
  97. Saya punya muspan kira kira usianya 2 atau 3 bulan skrng udah mau pintar mkn.dia kan saya taroh dalam kandang tp pas pagi hari selalu nangis minta dkeluarin dari kandangnya n mau nya selalu di badan n main. Kata teman jangan selalu dipegang nanti lambat besar kalo selalu dipegang, apa benar begitu dok

    ReplyDelete
  98. Dok saya baru beli musang punya temen, Musangnya sih sehat tapi dibelakang kupingnya bulunya tipis, Cara mengobati nya gmna supaya lebat lgi,??
    Dan satu lagi dok.. Umur brpa musang bisa dimandikan full ,, Thanks ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang. dia suka garuk2 bagian itu? umurnya berapa? cukup jaga kebersihan kandang, dan kalau musangnya udah berumur diatas 3 bulan, mas bisa kasih dia minyak kemiri. silakan baca artikel saya cara memberikan minyak kemiri untuk musang....

      Delete
  99. Usia 3 bulan up dok, Udh sya ksi minyak kemiri, Terus dikulitnya kya ada kerak gitu.. Cara hilangin keraknya gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang berkerak? sering dimandikan gak musangnya? yg terpenting jaga kebersihan musangnya. coba baca artikel saya juga cara mengobati scabies pada musang...

      Delete
  100. Nggak dok, Dia jarang garuk2 bagian yg berkerak,, Sy mandiin dia seminggu sekali ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba air mandinya campur dettol cair.... jangan lupa jemur setelah dimandikan... :)

      Delete
  101. dok knp ya musang saya sejak usia nya memasuki 3 bulan dia kok tambah pecicilan, Udh gk mau tidur di dekat saya.. Terus pas sy makani dngn cara handsfeed pasti dia naik ke bahu ?? Udh dua hari ini dia begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kayak manusia yang beranjak dewasa (ABG), mas. musang kerap suka nyoba hal-hal baru. 'pencarian jati diri', sebenernya, mas. musang yang seumuran segitu emang lagi banyak nyoba hal2 baru, kadang malah jadi pemberontak.... :)

      tapi kalau kita sayang sama dia, dia pasti tahu kok. mau gimanapun pemberontaknya, kalau dia tahu kita sayang sama dia, dia akan tetep jadi 'anak baik' kalau di hadapan kita.... :)

      yang penting adalah jangan nyerah dan jangan takut, juga jangan ragu2... :)

      Delete
  102. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  103. slamat malam dok.
    saya mau konsultasi nih,
    semalam saya ngasih makan baby musang saya pakai suntikan yg ujungya di kasi karet pentil,trus baby musang saya ngak sengaja menelan karet pentil itu dok,.
    itu solusinya apa dok.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.... :(
      terus sekarang gimana mas? maaf karena baru balas.... harusnya sih pentil karetnya keluar sendiri lewat feses, mas....

      mohon kasih kabar ya mas. dan maaf banget, banget, karena baru balas.... :(

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    2. ngak apa2 dok,mungkin dokter lagi sibuk.
      oh ya..sampai sekarang pentilnya belum keluar dok. trus kondisi baby muspannya normal kok trus pup nya normal juga dok, tapi pentilnya itu belum keluar dok, makanannya udah saya ganti sama pisang 3x sehari.
      dok apa bisa berakibat fatal dok klo pentilnya ngak keluar. baby musang saya umurnua 2,5 blan dok

      Delete
    3. oh syukurlah kalau dia masih aktif. tapi coba kasih buah2an buat membantu sistem pencernaannya, kayak kasih jus pepaya biar pencernaannya lancar....

      nggak ada salahnya hati2. jadi sebaiknya observasi terus ya mas...

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  104. pagi dok, musang saya umur nya kurng lbih 3 bulan dok. dari awal miara smpe skarang sya kasi susu sgm di cmpur bbur sun dok. udh sebulan ini dia sudah bisa makan sendiri dok, tapi kenapa ya kalo saya kasih makanan lain dia ga mau dok, di kasi pisang sama pepaya dia malah geleng gelengin kepala . solusi nya gimana dok biar bisa makan mkanan yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja.... :)

      Delete
  105. sip dok.. Terimakasih , Maaf banyak tanya ;)

    ReplyDelete
  106. Dok dibagian perut musang saya ada bintik kecil brwarna kemerahan yg berjumlah 6 biji.. Itu apa ya dok dan gmna cara mengobatinya ?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2?
      jaga aja kebersihannya sambil terus diobservasi. musangnya umur berapa?

      kalau menurut saya, kalau dia gak garuk2, kayaknya masih normal...

      Delete
  107. Nggak suka garuk2 dok.. Umur 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia gak suka garuk2 bagian yang bentol, cukup pastikan kebersihan kandang terjaga... :)

      kabari saya kalau ada apa2 ya mas... :)

      Delete
  108. Dok knp ya sejak 2 hari ini musang sya gk ada sya bawa main ke luar rumah.. Nah tadi pas saya bawa keluar rumah dia malah mau kabur2an terus,Ky takut sma orang gtu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab, namun biasanya kalau kayak gitu, awalnya juga emang dia belum terbiasa dengan keramaian. coba taruh kandangnya di tempat yang banyak dilalui orang.... biar dia terbiasa dengan keramaian.... :)

      bagusnya sambil dijemur di halaman rumah yang banyak diliat orang... :)

      Delete
  109. Umur brp ideal ny musang dimandikan full dok ?

    ReplyDelete
  110. Dok knp ya musang saya sekarang sering mangap2 gitu.. Itu knp ya
    Satu lgi dok.. Musang kalo hbs dimandikan apa dihandukin dulu atau langsung dijemur ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih dihandukin dulu abis mandi. itu bagusnya ya mas. mau langsung dijemur juga gak apa2... :)

      mangap2nya kayak gimana? ngiler juga gak? fesesnya gimana? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya... :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.