Cara Memelihara Tupai Kelapa | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai kelapa

tidak diperlukan persyaratan khusus yang sulit. Tidak seperti memelihara sugar glider, memelihara tupai kelapa bisa dikatakan lebih mudah. Namun tentu memelihara tupai kelapa pun memiliki beberapa syarat mutlak yang harus dan mau tidak mau dilakukan oleh pemilik. Bagi anda yang masih bingung perbedaan antara tupai kekes dengan tupai kelapa, anda bisa membaca artikel saya bedanya tupai kelapa dengan tupai kekes.

Cara Memelihara Tupai Kelapa
Image taken from id.wikipedia.org
Bagaimana cara

memelihara tupai kelapa

yang baik dan benar? Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips cara merawat dan memelihara tupai kelapa.
  • Saat membeli tupai kelapa, pastikan tupai kelapa yang dibeli sehat.
  • Ciri tupai kelapa yang sehat adalah jika diambil dari kandangnya ia kelihatan aktif dan tidak lesu, nafsu makan baik, bulu terawat dan tidak ada kerontokan bulu di tubuhnya. Tidak seperti sugar glider yang aktif di malam hari, tupai kelapa adalah hewan yang aktif di siang hari. Maka tupai kelapa yang terlihat lemas dan lesu di siang hari bisa dikatakan tidak sehat.
  • Tempatkan tupai kelapa di kandang yang tidak terlalu kecil atau sempit. Jangan lupa untuk memberikan aksesoris berupa ranting-ranting atau batang panjat di kandangnya.
  • Hal ini dikarenakan tupai kelapa adalah hewan yang gemar memanjat dan meloncat dari satu dahan ke dahan lain.
  • 3. Mandikan tupai kelapa jika bulunya sudah terlihat kumal, bersihkan kandangnya jika sudah mulai berbau.
  • Cara memandikan tupai kelapa cukup dilakukan dengan air biasa bersuhu ruangan. Basahi bulu tupai kelapa secara perlahan-lahan, usap perlahan seluruh tubuhnya hingga kotoran fisik yang menempel terlepas, kemudian teteskan satu atau dua tetes sampo bayi yang tidak pedih di mata di bulunya, usap kembali hingga sedikit berbusa. Sebaiknya jangan sampai busa dari sampo bayi tersebut masuk ke mulut tupai. Bilas kembali tubuh tupai hingga bersih, kemudian angin-anginkan di dalam ruangan.
  • Jangan lupa untuk bermain dengan tupai kelapa anda.
  • Meski ini tidak diharusnya, sebaiknya anda bermain dengan tupai kelapa anda. Biarkan tupai kelapa anda memanjat dan bermain-main di tubuh anda. Siapkan tisu basah untuk mengelap kotoran tupai. Kuku tupai kelapa juga bisa menimbulkan baret di kulit anda, jadi sebaiknya pakai baju atau kaus lengan panjang saat bermain dengan tupai.
Demikian adalah tips cara memelihara tupai kelapa. Tips diatas diharapkan bisa membantu anda, para pembaca, dalam merawat tupai kelapa. Oh ya, kritik, saran, dan komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini. terima kasih banyak.

598 Responses to "Cara Memelihara Tupai Kelapa"

«Oldest   ‹Older   801 – 598 of 598
«Oldest ‹Older   801 – 598 of 598   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.