Cara Memelihara Tupai Kelapa | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai kelapa

tidak diperlukan persyaratan khusus yang sulit. Tidak seperti memelihara sugar glider, memelihara tupai kelapa bisa dikatakan lebih mudah. Namun tentu memelihara tupai kelapa pun memiliki beberapa syarat mutlak yang harus dan mau tidak mau dilakukan oleh pemilik. Bagi anda yang masih bingung perbedaan antara tupai kekes dengan tupai kelapa, anda bisa membaca artikel saya bedanya tupai kelapa dengan tupai kekes.

Cara Memelihara Tupai Kelapa
Image taken from id.wikipedia.org
Bagaimana cara

memelihara tupai kelapa

yang baik dan benar? Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips cara merawat dan memelihara tupai kelapa.
  • Saat membeli tupai kelapa, pastikan tupai kelapa yang dibeli sehat.
  • Ciri tupai kelapa yang sehat adalah jika diambil dari kandangnya ia kelihatan aktif dan tidak lesu, nafsu makan baik, bulu terawat dan tidak ada kerontokan bulu di tubuhnya. Tidak seperti sugar glider yang aktif di malam hari, tupai kelapa adalah hewan yang aktif di siang hari. Maka tupai kelapa yang terlihat lemas dan lesu di siang hari bisa dikatakan tidak sehat.
  • Tempatkan tupai kelapa di kandang yang tidak terlalu kecil atau sempit. Jangan lupa untuk memberikan aksesoris berupa ranting-ranting atau batang panjat di kandangnya.
  • Hal ini dikarenakan tupai kelapa adalah hewan yang gemar memanjat dan meloncat dari satu dahan ke dahan lain.
  • 3. Mandikan tupai kelapa jika bulunya sudah terlihat kumal, bersihkan kandangnya jika sudah mulai berbau.
  • Cara memandikan tupai kelapa cukup dilakukan dengan air biasa bersuhu ruangan. Basahi bulu tupai kelapa secara perlahan-lahan, usap perlahan seluruh tubuhnya hingga kotoran fisik yang menempel terlepas, kemudian teteskan satu atau dua tetes sampo bayi yang tidak pedih di mata di bulunya, usap kembali hingga sedikit berbusa. Sebaiknya jangan sampai busa dari sampo bayi tersebut masuk ke mulut tupai. Bilas kembali tubuh tupai hingga bersih, kemudian angin-anginkan di dalam ruangan.
  • Jangan lupa untuk bermain dengan tupai kelapa anda.
  • Meski ini tidak diharusnya, sebaiknya anda bermain dengan tupai kelapa anda. Biarkan tupai kelapa anda memanjat dan bermain-main di tubuh anda. Siapkan tisu basah untuk mengelap kotoran tupai. Kuku tupai kelapa juga bisa menimbulkan baret di kulit anda, jadi sebaiknya pakai baju atau kaus lengan panjang saat bermain dengan tupai.
Demikian adalah tips cara memelihara tupai kelapa. Tips diatas diharapkan bisa membantu anda, para pembaca, dalam merawat tupai kelapa. Oh ya, kritik, saran, dan komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini. terima kasih banyak.

598 Responses to "Cara Memelihara Tupai Kelapa"

  1. sebelumnya dikasih makan apa? sehari2nya dikasih makan apa?
    banyak sebabnya, mas. silakan cek juga fesesnya...

    ReplyDelete
  2. Sama mau tanya lagi dok, kalau baru gitu gpp ga diajak main diluar kandangnya, misalnya dilepas buat main di kamar? Apa sebaiknya jangan di ganggu dulu selama semunggu ini?

    ReplyDelete
  3. iya dok, akan saya coba.. Sama saya mau tanya, kalau masih baru gitu, apa gpp tupainya diajak main (misalnya dilepas di kamar)? atau sebaiknya jangan diganggu dulu selama satu minggu ini?

    ReplyDelete
  4. dok mau tanya, saya punya tupai kelapa tapi bulunya kayak mau rontok gitu dan saya perhatikan seperti ada kutunya. cara mengatasinya gmn ya donk? klo di beri sampo buat ngilangin kutu ada gak y? klo ada samponya apa? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas banyak banget piaraannya, jualan ya mas?? :D
      coba sering2 dilap. atau bisa juga pakai anti tick buat kucing. bisa dibeli di petshop terdekat. silakan baca artikel saya cara mudah mengobati kutuan pada sugar glider

      Delete
  5. dok mau tanya, saya punya tupai kelapa tapi bulunya kayak mau rontok gitu dan saya perhatikan seperti ada kutunya. cara mengatasinya gmn ya donk? klo di beri sampo buat ngilangin kutu ada gak y? klo ada samponya apa? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  6. dok mau tanya, saya punya tupai kelapa tapi bulunya kayak mau rontok gitu dan saya perhatikan seperti ada kutunya. cara mengatasinya gmn ya donk? klo di beri sampo buat ngilangin kutu ada gak y? klo ada samponya apa? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  7. maaf dok mau tanya lagi.. hari ini saya lihat tupai saya yang satunya gemetaran gitu kakinya. Ga ngerti kenapa, saya kira kedinginan. Cuma saya coba kasih makan, tapi pas mau dibalut biar anget gitu dia malah lari.
    Jadi saya taro lagi di kandangnya, keliatan lemes gitu.
    Tapi setelah sekitar 15-20 menit pas saya cek lagi dia udah lincah lagi, lompat2 main sama temennya. Itu dia gemetaran gitu kenapa ya dok? Apa itu normal, atau harus di cek ke vet? Makasih bantuannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dibawa ke vet dlu. kadang emang gitu. selama makanannya masih normal, bisa dikatakan masih sehat...

      Delete
  8. oke, makasih banyak bantuannya dok :D

    ReplyDelete
  9. Pagi dok,.. BK saya umur 4bln, sering kejang2, gemetaran, ga lama, biasa lg,(sehat lg)
    itu knp ya dok? cara mengatasi nya gmn?
    yg betina sudah tewas krn kejang2 itu, makan nya lancar padahal..
    trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya mas. bentuk fesesnya gimana? mencret atau gak?
      biasa dikasih makan apa?

      waktu yang pertama masih hidup, mas gak pisahin ya???
      harusnya pisahin mas...

      Delete
  10. dok saya baru beli bk 2ekor,kayaknya barusan bisa melek dok dia...saya udah 3kali beli anakan tupai mati terus dok..iini yang ke 4...saya mau nanya kalo tupai kecil gak dikasih susu cuma di kasih sun sama pisang di lembekin boleh gak dok? trus tupai saya kayaknya masih kedinginan wlaupun pake kain yang banyak dok..ada gak dok penghangat tambahan buat tupai dok...makasih ya dok..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya, jangan pisang, mas. mending pepaya. pisang mengandung banyak fosfor yang bisa menghambat asupan kalsium kalau asupan kalsiumnya kurang seimbang. boleh dikasih pisang tapi asupan kalsiumnya diberi juga. mungkin karena kekurangan kalsium itu juga BK mas jadi sering kayak gemetar. mending kasih pepaya yang dilembekin atau bubur bayi promina aja....

      silakan mas baca artikel pemberian pisang pada sugar glider, sama aja kok

      Delete
  11. siang dok..maaf dok saya mau nanya kalo tupai kelapa baru bisa melekin matanya dikasih sun sama pisang aja gak dikasih susu apa boleh dok?trus kayaknya dia masih kedinginan dok wlaupun udh dikasih kain banyak dikandangnya..apakah ada alat untuk penghangat buat tupainya dok? makasih ya dok..soalnya saya udah pernah beli tupai 3kali dan mati semua dok..ini udah yg ke 4 kalinya,takut salah nanganin lagi saya dok

    ReplyDelete
  12. malem dok,saya punya tupai 2 yang satunya mencret warna kuning dok, tupainya masih bayi dok kurang lebih 1,5bulan...makanan yang saya kasih sun sama pisang dok..kira kira sebab dia mencret dari makanan yang saya kasih bukan dok? kalo iya harusnya saya kasih makan apa dok..satu lagi dok katanya susu yg bagus buat tupai susu anjing esbilac ya dok..tapi susah dok nyarinya di jogja kira kira ada alternatif susu yg lain gak dok?
    makasih dok mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tupainya masih bayi emang sistem pencernaannya masih rentan banget mas. saran saya, mending kasih pepaya yang dihancurkan. sesekali boleh kasih bubur bayi, saya rekomendasikan promina aja. jangan sun.

      gak usah kasih susu gak apa2 kok.. :)

      Delete
  13. Dok mau tanya,ciri ciri tupai kelapa betina hamil itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian abdomen (perut) biasanya agak membesar,
      mungkin nanti saya buatkan artikelnya.... :)

      Delete
  14. Dok mau tanya kali ciri ciri tupai kelapa hamil itu gmn ya?

    ReplyDelete
  15. Dok. Tupai saya kok batuk -batuk ya tp dia lincah makanya juga masih lahap kenapa kok batuk2 dok apa dia sakit?

    ReplyDelete
  16. Dok tupai saya kok batuk2 padahal makanya lahap dan linca apa dia sakit dok?

    ReplyDelete
  17. Dok tupai saya kok batuk2 padahal makanya lahap dan linca apa dia sakit dok?

    ReplyDelete
  18. Dok tupai saya kok batuk2 padahal makanya lahap dan linca apa dia sakit dok?

    ReplyDelete
  19. Pagi dok, mau tanya kandang ideal buat tupai kelapa itu berapa ya?? P x L x T

    ReplyDelete
  20. sore dok . saya mau bertanya ni ada obat yg bisa di campur ke makan atau minum yg bisa buat bulu bajing kelapa saya jadi lebat. kalo ada nama obat/vitamin nya apa ya ? mphon infonya dok makasih :)

    ReplyDelete
  21. Permisi dok mau tanya. Saya punya tupai kelapa namanya cuplis, tadi pagi saya lihat bagian anus cuplis kelihatan keluar dok, seperti darah menggumpal tapi tidak mau lepas. Kemudian saya beri mangga agar perutnya tidak kosong. Alhamdulilah dok dia mau makan meskipun sedikit2. Kondisi badannya lemas dok. Kira2 penanganannya seperti apa ya dok?. Mohon pencerahannya dok..terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, untuk makanan kasih pepaya.
      jangan dikasih makanan selain pepaya selama 2 minggu ke depan.

      untuk supplemen, kasih sari kurma biar daya tahan tubuhnya bagus. bisa campur air atau kasih langsung.

      lakukan selama 2 minggu ke depan. kabari saya ya mas..

      Delete
  22. Dok kemaren leher tupai saya abis di gigit kucing kenceng bgt tp ga berdarah masih idup sih tp lemes (masih mau makan tapi susah ngunyah) trus kalo jalan tangan sama kaki kirinya sengklek gitu tp ga patah trus susah bernafas kudu di apain yah ? tolong fast respon dok :(
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fast respond, bawa ke dokter hewan terdekat aja mas, hihihi...

      kemungkinan ada luka di organ dalamnya. fesesnya gimana?
      agak bingung juga, soalnya saya gak bisa lihat langsung tupainya. mending bawa ke dokter aja biar lebih jelas sekalian check up.

      dan jangan sesekali membiarkan tupai main sendiri tanpa dijaga ya mas... :(

      Delete
  23. dok leher bajing saya patah kegigit kucing tp makan lancar masih aktip tapi sengklek sebelah, nyembuhinnya gimana yah ?

    ReplyDelete
  24. dok leher bajing saya patah kegigit kucing tp makan lancar masih aktip tapi sengklek sebelah, nyembuhinnya gimana yah ?

    ReplyDelete
  25. Dok maaf numpang tanya, kok Bk saya susah ya buat BABnya, saya jd kasihan ngeliatnya, biasa saya ksh makan bubur sun dan jarang saya ksh minum. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak mas kasih minum?

      coba kasih minum.

      dan silakan baca artikel saya cara mengobati sugar glider yang susah buang air

      Delete
  26. Soalnya saya pikir dengan udh dengan encernya bubur sun serta buah pepaya yg saya berikan sudah cukup untuk kebutuhan minumnya sekalian dok, dan saya takutnya bila saya beri minum dengan menggunakan spetan akan masuk ke hidung si tupainya dok, dan katanya bila air masuk kedalam hidung tupai si tupainya akan menderita radang paru" dan tak lama kemudian dia akan mati.. Maaf bila ada salah dalam pendapat saya, terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dipaksa minum.
      taruh aja wadah minum hamster di kandangnya, isi dengan air mineral campur madu. nanti dia minum sendiri.. :)

      kalau diliatin, emang keliatannya dia gak minum2. karena tupai minumnya kalau gak ada manusia yang melihatnya. yah, sama aja kayak burung hantu, tupai masih kurang percaya sama manusia... :)

      Delete
  27. Terimakasih atas sarannya dok, sama satu lg yg saya tanyakan bila bajing kemasukan air hidungnya langkah apa yg tepat untuk di lakukan agar tidak terjadinya peradangan otak nantinya, terima kasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tupai yang terlanjur kemasukan air dari hidungnya, perlu diobservasi dulu apakah airnya masuk ke paru2 nggak. tandanya, apakah si tupai kelihatan susah bernafas? kalau bernafas suka terengah2? apakah sering keluar air dari hidungnya? kalau iya, kemungkinan masuk paru2 itu. perlu dibawa ke dokter hewan....

      kalau hanya keluar air dari hidung saja, cukup dijemur 5 menit tiap hari dibawah sinar matahari sebelum jam 8 pagi. jangan kena sinar matahari langsung. kasih kain di bagian atas kandang saat penjemuran. sinar matahari yang kena mata tupai bisa menyebabkan kebutaan...

      Delete
  28. Ohh.. Begitu ya dok cukup dengan di jemur saja, terima kasih banyak dok atas ilmu dan sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.
      kalau dalam jangka waktu 1 atau 2 minggu belum baikan juga, mending bawa ke vet terdekat... :)

      Delete
  29. selamat pagi mba dokter :D
    sedikit curhat nih...aku baru aja dapet BK...
    udah gedhe kira2 2blnan.tadi pas dipegang masih gigit tapi cuman sekali...
    trus aku kasih selay strawbery...pas juga aku tadi makan roti pake selay...aku colekin sedikit trus aku todongin ke mulutnya cuma dijilat jilat aja (cuma masukin tangan ke kandang takut lepas... g ppa ya mba...??
    trus g berapa lama aku beraniin ambil dia dari kandang...aku pegang udah g gigit...tapi minta dieus mulu mba...kalo dielus diem...kalo engga dia lari sampe cape nangkepnya...
    eh iya BKnya belom aku kasih nama...ada saran nama apa gitu mba...hehehe

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan sih mending jangan kasih selai. kasih aja pepaya atau pisang. taruh di kandangnya.

      sebelum dikeluarkan dari kandang, usahakan kenalkan bau tubuh mas ke dia. masnya merokok gak? kalau gak merokok, mas bisa taruh kaus bekas pakai ke dalam kandang agar dia bisa kenal bau tubuh mas. kalau mas merokok, mending jangan. cukup handsfeed aja dan sering usap2. lakukan selama 3 hingga 6 minggu ke depan. setelah itu bisa coba lepaskan di dalam ruangan tertutup. :)

      Delete
    2. gitu ya mba..mksih sblmnya...
      lapor lagi...tadi baru aj mw aku pindah kekandang yg lbh gedhe...
      pas dianya masih di tempurung kan takut lepas...aku tutup lubangnya pake tangan... eh dia malah jillat jilat tellapak tanganku gitu sama digigit...tapi gigitnya g sakit...
      udah gitu aj laporan hari ini...
      eh iya...udah aku kasih nama...salam ya mba dari qui... :D
      salam juga buat semuanya...

      Delete
    3. malah bagus kalau begitu.
      coba mas baca artikel saya perilaku sugar glider dan artinya. :)

      Delete
  30. Pagi dokter..saya punya 2 ekor BK umur 1,5 bln. Tadipagi iseng iseng saya lihat lihat di sela2 bulunya saya nemukan kutu kecil berwarna merah saya lihat lagi dibagian lain ternyata ada banyak dok. Saya lihat lagi di BK yg satunya ternyata ada juga di bagian kepala dan badan lumayan banyak. Saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan kutu itu dokter..dan dicampur apakah air mandi BK biar bisa menghilangkan kutu tersebut..kutu nya berwarna merah sepertinya menghisap darah dari BK nya itu ..terimakasih dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau ampuh, mending bawa ke dokter hewan aja sekalian checkup.

      opsi lain, bisa mandikan pakai air hangat campur dettol cair (yang berbentuk cairan warna seperti teh). pisahkan tupainya, jangan disatukan dalam satu kandang dan jangan didekatkan kandangnya.

      opsi lain, mas bisa beli anti-tick spray di dokter hewan terdekat. bilang aja yang buat kucing. namun ini juga gak jamin bisa sembuh loh ya.

      saya sih lebih menyarankan opsi pertama, yaitu bawa ke dokter hewan. :)

      Delete
  31. Pagi dokter..saya mau tanya bagaimanakah cara menghilangkan kutu pada BK? Adakah campuran pada air mandi BK agar kutunya bisa mati dan hilang? Saya lihat kutunya kecil berwarna merah sepertinya kutunya menghisap darah dari BK itu..terimakasih dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau ampuh, mending bawa ke dokter hewan aja sekalian checkup.

      opsi lain, bisa mandikan pakai air hangat campur dettol cair (yang berbentuk cairan warna seperti teh). pisahkan tupainya, jangan disatukan dalam satu kandang dan jangan didekatkan kandangnya.

      opsi lain, mas bisa beli anti-tick spray di dokter hewan terdekat. bilang aja yang buat kucing. namun ini juga gak jamin bisa sembuh loh ya.

      saya sih lebih menyarankan opsi pertama, yaitu bawa ke dokter hewan. :)

      Delete
  32. Pagi dokter..saya mau tanya bagaimanakah cara menghilangkan kutu pada BK? Adakah campuran pada air mandi BK agar kutunya bisa mati dan hilang? Saya lihat kutunya kecil berwarna merah sepertinya kutunya menghisap darah dari BK itu..terimakasih dokter..

    ReplyDelete
  33. Pagi dokter..saya mau tanya bagaimanakah cara menghilangkan kutu pada BK? Adakah campuran pada air mandi BK agar kutunya bisa mati dan hilang? Saya lihat kutunya kecil berwarna merah sepertinya kutunya menghisap darah dari BK itu..terimakasih dokter..

    ReplyDelete
  34. Pagi dokter..saya mau tanya bagaimanakah cara menghilangkan kutu pada BK? Adakah campuran pada air mandi BK agar kutunya bisa mati dan hilang? Saya lihat kutunya kecil berwarna merah sepertinya kutunya menghisap darah dari BK itu..terimakasih dokter..

    ReplyDelete
  35. Sore dok, tadi siang saya baru beli BK usia sekitar 2 bulanan. Pas baru sampe rumah sempet bunyi bunyi dia. Saya coba kasih makan handfeed bubur bayi gamau makan. Terus saya masukin kandang dan selama di kandang dia diem aja terus saya kasih kaos utk selimut dia malah tidur. Feses belum ngeliat dok sepertinya belum ada. Apakah itu normal atau gimana ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya masih stress di tempat baru. tetep observasi selama 3 hari ke depan. kasih makan dan minum teratur. :)

      Delete
  36. oke mba...menuju ke pencarian...
    laporan baru...udah mau makan di tangan ini tapi musti dipancing dulu...kalo udah makan g liat kanan kiri ada apa pokoknya makan ya ini BK.... sama kalo denger suara yg aneh dia masih kaget lari sembunyi di balik lengan baju mba...
    padahal baru 2 hari ini miaranya...
    nangkepnya jg baru kemaren...
    kali lagi makasih bimbingannya...
    moga blognya makin rame...
    salam dri #qui

    ReplyDelete
  37. oh iya mbak...ini susah nyari pisang sama pepayanya...kalo kasih makan apel merah baik g buat si qui...sama tak kasih rambutan... aku kasih di tempat makan di dlm kandang...biar kalo qui aper bisa langsung makan...
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dikasih apel merah atau tambutan. :)

      cek terus fesesnya. kalau masih padat, masih sehat. :)

      Delete
    2. oke mba...makasih...
      fasesnya masih padat tapi jadi kecoklatan...
      kemaren baru dapet fasesnya hitam...
      oh iya...apa g ppa kalo qui aku kasih di tempat yg agak ramai...maunya sih biar g takut sama orang...
      sehari ini baik2 aja mba...tapi kalo untuk jangka panjang...untuk BK yg baru aja dapet...
      makasih...
      kalo dulu di rumah kan tenang dan damai...kalo disini tempatnya agak ramai (di tempat kerja)

      thanks before

      Delete
    3. agak ramai dengan lalu lalang orang2 bagus. namun usahakan jangan terlalu berisik. maksudnya terlalu berisik banyak suara2 mengagetkan dia. atau pasang musik yang terlalu keras. gitu2. kalau ngobrol2 dan setel musik gak terlalu keras sih oke2.

      ama satu lagi. usahakan jangan ada asap rokok di sekitar kandangnya... :)

      Delete
  38. Baiknya dikasih makan apa dok ? Bubur bayi pake pipet ? Atau kalau mau dikasih pepaya gimana caranya ? Soalnya kemarin saya handfeed gamau. Oia btw BKnya namanya robin hehe. Terus dok jDi ceritanya si robin saya taro diatas karena butuh tempat hangat dan sepi, pas saya liat lagi kepalanya udah basah sama air madu :( ekornua juga... Langsung saya handukin, itu akan ada efek ga dok ? Oia trus juga fesesnya coklat tua aga lembek, normal kah ? Sekian pertanyaan saya dok, mohon maaf banyak nanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kalo banyak yang bertanya, mas. :)

      air minumnya (air madu) mas taruh di wadah ya? bagusnya pakai botol minum hamster aja mas. biar gak kena bulunya. :)

      taruh aja di kandangnya. :)

      Delete
  39. oke mba...makasih banyak..
    dicoba dulu semua sarannya...
    nanti kalo ada apa apa lagi laporan lagi...
    selamat pagi dan selamat aktivitas...
    thankyou verymuch

    ReplyDelete
  40. malem mba...
    mba tdi si qui lepas...trus didepan kan banyak laron jatuh...dia makan...apa g ppa BK makan laron...?? tau tau udah ngejar2 laronnya...aku tinggal mandi tadi...
    gimana mbaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di alam, bk juga kadang2 makan serangga kok...
      menurut saya sih gak apa2. :)

      lepas? tapi bisa ketangkep lagi kan?

      Delete
  41. bisa mbaa...pas lagii asik asiknya ngejar2 laron di lantai aku ikutin....
    g ppa ya mba...takutnya kenapa kenapa...
    ini juga lagi tidur siang...gelantungan ga jelas di ranting dalem kandang...
    soalnya kalo siang gini aku lepas batok kelapanya...

    ReplyDelete
  42. iya mba satu lagi...semalem abis makan laron aku bawa masuk...aku elus elus eh malah bobok di telapak tangan...kaya lemes gitu...trus tadi pagi juga masih dalem batok...ini lagi tidur siang abis aku tinggal njagong tadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu tupainya. :)
      hari ini dia masih mau makan? cek fesesnya.
      kasih tau saya mengenai fesesnya. :)

      Delete
    2. makannya mb...cm apel sepotong kecil...ama rambutan 2 buah....
      fasesnya msih padat hitam mb...
      ini lagi abis jalan2 di badan...muterin badanku sambil gigit2...nii agi bobok dipangkuu... :D pdhl baru 3 hari melihara...

      Delete
    3. dari fesesnya sih sehat. dan dia juga kayaknya dah mulai imprint. setau saya sih tupai agak susah buat imprint sama ownernya. untuk tahu apa itu imprint, mbak bisa baca artikel saya imprint pada burung hantu. secara prinsip sama konsepnya...

      pertahankan terus...

      Delete
  43. mba mba...saya cowok mba :)
    iya mba.. ini malah jdi susah makan...apelnya dibuang... rambutannya musti handsfeed...kalo aku kasih kelapa di leb cepet banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. maaf, maaf. :D
      gak coba kasih bubur bayi? coba kasih promina.

      Delete
    2. belum dicoba mba :) coba besok kasih bubur bayi ya :) ini susah banget makannya....milih milih ya mba...musti yg manis...sama sama apel kalo g manis g mau ternyata #ah jadi tukang cicip buat si qui ini hihihi

      Delete
    3. iya, emang gitu kalau tupai. :)
      kalau kurang manis, kasih sari kurma aja sedikit, mas.. :)

      Delete
    4. oke mba...ganti akun ini :D
      mba...ini si qui tadi malem abis muntah...trus dari pagi g mau keluar dari tempurung... kalo diambil masih loncat2 sih mba...tapi kalo masuk tempurung g mau keluar...
      fasesnya padat & keras banget... beda dari biasanya yg padat dan agak berair...
      padaha di kandang tetep aku kasih minum air kelapa...tiap pagi jg aku ganti airnya...
      apa ada tanda2 qui sakit mba...atau cuma kebanyakan makan jadi muntah...??

      Delete
    5. tambah lagi abis muntah langsung aku pegangin aku kasih minum air hangat pake sedotan aqua mba... abis 3 ttetes doang trus dianya masuk saku trus tidur...

      Delete
    6. kemungkinan dehidrasi, itu juga tebakan saya aja.
      coba cek anusnya, apakah berdarah atau tidak.

      untuk makanan, coba kasih pepaya. dijus dlu tanpa air. agar membantu saluran cernanya, mas...

      air kelapa bisa terus diberikan. kasih saya kabar lagi. :)

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. oh...aura ya mba :D kata ayah aku...aku ini orang yang auranya g bisa ditebak...kadang warna merah...kadang biru kadang kuning keemasan...kadang juga putih kalo lagi sembahyang...kata ayah lho mba...aku juga kurang tau soal aura...
    jadi imprint mungkin adalah koneksi emosi antara peiharaan dan yang memelihara...kalo dalam film laga mungkin koneksi pedang dan penggunanya ya mba...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kira2 seperti itu. :)
      mungkin si tupai juga auranya setipe dengan aura masnya. :)

      Delete
  46. dok saya punya tupai umur 2 bulan waktu itu ga sengaja saja lg ngash makan burung pake jangkrik tupai saya,trus jatuh ke kangndang tupai sya ,, trus malah di makan sma dia nah pas kjadian itu dia agak berkurang nafsu makan buah buahannya malah mintanya jangkrik mulu,apakah itu baik atau tidak dok,, dan efek nya apa trmksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama itu mas kaya punya saya... ini masih susah makannya...
      tapi ya tetep tak paksain buat makanan utamanya buah...
      jangan lupa cari yang manis...atau coba kasih bubur bayi...
      kan dia sukanya jiat jiat gitu...
      punya aku juga baru 2-3 bulanan...
      diliat dari ekornya yang masih kecil...dan bulunya masih jigrak2

      Delete
  47. dok saya punya tupai umur 2 bulan waktu itu ga sengaja saja lg ngash makan burung pake jangkrik tupai saya,trus jatuh ke kangndang tupai sya ,, trus malah di makan sma dia nah pas kjadian itu dia agak berkurang nafsu makan buah buahannya malah mintanya jangkrik mulu,apakah itu baik atau tidak dok,, dan efek nya apa trmksh dok

    ReplyDelete
  48. dok saya punya tupai umur 2 bulan waktu itu ga sengaja saja lg ngash makan burung pake jangkrik tupai saya,trus jatuh ke kangndang tupai sya ,, trus malah di makan sma dia nah pas kjadian itu dia agak berkurang nafsu makan buah buahannya malah mintanya jangkrik mulu,apakah itu baik atau tidak dok,, dan efek nya apa trmksh dok

    ReplyDelete
  49. alhamdulilah mba udah lincah lagi...
    semalem aku bawain mangga udah lari lari g sabar makan...
    sebentar udah abis separo...
    padahal abis makan apel...
    kalo aku sembunyiin mesti dikejar kejar...
    takutnya kalo muntah lagi...
    fasesnya normal udah kaya biasa..agak kecoklatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajakin becanda aja kalau lagi makan, mas.. :D

      kabar baik untuk hari ini.. :)

      Delete
    2. iya mba..ini kadang sampe muter2in badan kalo udah dapet dipegang ama dimakan g mau lepas...kecuali kalo kaget dia sembunyi...
      eh iya mba...ini kalo siang kok g mau keluar dari tempurung kelapanya ya... apa karena masih terikat sama rumahnya yang lama...??
      soalnya kadang kalo abis pagi jelang siang gitu aku ambil tempurungnya...tar kalo udah abis dzuhur gitu aku balikin lagi...
      kalo malem sih sering keluar keluar...apa lagi pas pagi aku bangun tidur mesti berisik...

      Delete
  50. Assalamualaikum dok . Saya nemu Bajing kelapa awal oktober kemarin, sampai saat ini msh saya asuh dan alhamdulillah sehat banget dok. Lompat2 terus. Nah saya mau tanya nih klw usia pernikahan bajing di usia brapa ya dok? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya buat artikelnya cara mengawinkan tupai kelapa.

      Delete
  51. oke terima kasih dok . mau tanya lagi dok, 3 hari ini BK saya kasih makan pakai pelet buat ikan mujair dok, karena saya kasih kelapa sudah tidak ada respon. jadi sampai saat ini saya hanya saya kasih pelet sama susu. bagaimana mnurut doker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh. kok bisa?
      coba kasih bubur bayi aja mas. promina. jangan kasih pellet ikan. kasian ginjalnya... :(

      Delete
  52. mba...pagi...laporan nih mb...si qui g mau makan buah...mintanya serangga...ya aku kasih jangkrik 1 sekali makan... bubur bayi sih mau dikit...baru makan dikit aja udah lari lari nyari makan lagi...yg dicari serangga...kalo aku kasih buah cuman di endus trus ditinggal
    oh iya...kemarin ekornya putus mba...tp ini lukanya udah kering...ekornya tinggal separo...
    cara ngatasinnya gimana ya mba biar mau makan buah lagi...takutnya kenapa2 kalo makan serangga terus...?? fasesnya masih normal kaya biasanya...
    makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  53. mba dokter kok g dibales ya komenku...apa masih sibuk...??
    selamat siang mba...ini lagi si qui udah jinak udah mau tidur di kantong juga :D aku kasih makan jangkrik kondisi sampai sekarang masih normal mba...tapi kalo siang masih kabur kalo kaget...kalo malem udah jinak pol...

    trus kemarin aku dapet BK lagi...tapi yang ini sudah dewasa...kemarin aku digigit sampai berdarah...pas mau masukin kandang...
    trus yang mau aku tanyakan...kalo udah dewasa begini cara pertama yang aman buat kita dan dia apa ya mba...kalo mau potong gigi masih mikir dulu...kan dia udah dewasa...takutnya jg stress...jadi langkah awal apa yang harus aku lakukan buat jinakin yang dewasa mba...??
    sekian dulu laporannya...eh iya yang dewasa aku kasih nama taro :D
    salam kenal...salam juga buat errol :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru saya balas. saya sakit 2 hari ini. orang2 pada liburan, saya malah tepar.... :(

      kalau emang dia sedang luka karena ekornya putus, mending hindari pemberian protein kayak serangga dan semacamnya. kasih buah dulu. karena pemberian protein pada tupai yang luka bisa memperlambat penyembuhannya....

      soal BK yang sudah dewasa dan masih galak, cara menjinakkannya sama dengan cara menjinakkan sugar glider. atleast, secara prinsip sama. mending pisahkan dlu dengan bk yang sudah jinak. dempetin aja kandangnya, tapi jangan disatuin...

      Delete
  54. astaghfirullah... gws ya mba...iya ini aku kasih kandangnya sendiri2 mba...
    si qui g mau ni makan buah...susah banget...kadang cuma dicium trus ditinggal pergi...
    kalo taro makannya lahap banget...sukanya rambutan sama pepaya...serangga g mau dia...
    iya mbaa coba dulu..
    makasih sarannya...lekas sembuh ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. malem mba...ini lagi...dateng dateng bawa masalah :D
      tanya mulu g ppa ya mba...??
      mba ini si taro BK yg gede hidungnya luka karna nabrak2 kandang mulu...tiap ada orang lewat kaya panik gitu...
      cara ngobatinnya gimana ya...
      masih g mau disentuh ini...tadi juga pas mau aku pegang malah gigit...tp langsung dilepasin...kalo kemaren di tahan sampe keluar darah tanganku g mau lepas...lepas gigitannya karna aku tetesin air di wajahnya...
      ini bingung mba mau ngobatinnya gimana...kaya lecet gitu...berair...
      makasih sebelumnya...

      Delete
    2. mending pindahkan kandangnya ke ruangan yang jarang dilalui orang dlu agar dia gak panikan dilu. lalu, taruh kaus bekas pakai mas di kandangnya, sehari ganti sehari ganti. itu juga kalau mas gak merokok. kalau mas merokok, jangan. malah bahaya...

      buat apa? biar si tupai kenal dengan aroma tubuh mas. dengan cara begitu dia makin tenang karena udah tau tuannya yang mana... selengkapnya, baca artikel cara menjinakkan sugar glider...

      untuk lukanya, cukup beri buah2an aja kalau dia belum bisa dihandle... jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu karena lukanya akan makin susah kering kalau dikasih protein... :)

      Delete
  55. Dok saya baru punya anakan Bk yg udh melek, kok saya kasih bubur serelac rasa buah gk mau ya? Saya kasih pisang jga gk mau gmna nih dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih bayi banget, emang kudu disepet/dipipet/diloloh, mas.... gak bisa makan sendiri....

      Delete
  56. dok saya punya BK, pas pagi sehat masih nafsu makan dan main main, nah beberapa menit setelah itu tiba tiba lemes dan engga mau makan sampe sekarang (18.00) masih lemes dok
    fasesnya normal warna kuning saya kasih makan pisang
    tapi hari sebelumnya saya kasih makan piaang ambon

    ReplyDelete
  57. dok saya punya BK, pas pagi sehat masih nafsu makan dan main main, nah beberapa menit setelah itu tiba tiba lemes dan engga mau makan sampe sekarang (18.00) masih lemes dok
    fasesnya normal warna kuning saya kasih makan pisang
    tapi hari sebelumnya saya kasih makan piaang ambon

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jangan kasih pisang ambon. coba kasih jenis pisang lain, kayak pisang lampung. airnya bisa kasih sari kurma.

      observasi selama 3 hingga 4 hari ke depan.
      saya tunggu kabarnya ya mas... :)

      Delete
  58. Kalo bajing kelapa yang masih merem harus dikasih susu esbilac??

    ReplyDelete
  59. Perawaran BK yang masih merem gimana dok ??? Apakah harus di kasih lampu biar hangat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih lampu. cukup kasih kain aja di kandangnya biar terasa hangat. nanti dia menyusup ke dalamnya. jangan lupa kasih makan juga... :)

      Delete
  60. siang mba fira...gimana kabar..?udah sehat...??...mba...maaf kalo oot :D kalo tupai kelapa biar nafsu makan atau biar cepet gemuk dikasih apa ya...

    salam dari qui & taro...errol & padma sehat kan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah padma dan errol sehat.. :)
      dah coba kasih sari kurma? :)
      kasih aja biar gemuk.. :)

      Delete
    2. pagi mba...maaf baru sempet baca :D abis g dapet notif...
      oke di coba dulu...
      eh kalo dikombinasi sama bubur bayi boleh g mba...?? atau di kasih sama air minumnya aja...?? tp si taro jarang minum...20ml sehari g abis...apa lg si kecil qui...musti di pipet...gitu aj minumnya pake di buang...

      trus si taro mba...kan masih dikit galak...td aku tangkep mo aku potong kukunya...abis kelar motong kukunya ak g sadar dia diem aja...biasanya berontak2 gitu...aku dikit panik sih...trus aku taruh dikandang masih diem aja...aku ambil g ad detak jantung maupun nafas...udah takut ini akunya...aku taruh di lantai...aku liatin dia diem aj...aku pegang lagi pake handuk...dianya masih diem...dah mw mewek nii akunya...karna kasian...aku cium tuh si taro...malah tiba tiba gigit...ni hidung ampe luka lagi...akunya kaget kan mba...dia lepas...masuk kandang sendiri...
      dia tdi kenapa ya mba...pura pura mati atau apa...kok detak jantung ama nafasnya pun g ada...?? tp tiba tiba bangun trus gigit...padahal abis lemes kek mati gitu...mohon penjelasannya mba...

      Delete
    3. sari kurmanya bisa dicampur ke bubur bayinya atau ke air minumnya. sama aja. :)

      dia masih ketakutan atau shock buat sementara waktu, kalo tupai emang biasa kayak gitu kok. biarin aja. :)

      masnya merokok? kalau nggak, taruh aja kaus bekas pakai mas di kandangnya... :)

      Delete
  61. dok mau nanya..ekor bajing kelapa usia 3bln klo ekor putus bisa tumbuh lg tdk..thx

    ReplyDelete
  62. siang Bu dok . Klw BK menjilat tangan siapa pun yg masuk ke kandang dgn trus mnerus . Itu pertanda knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu normal kok. bukan pertanda apa2. :)
      tapi pastikan orang yang mau memegang bk mas itu nggak merokok dan tangannya bersih. kadang residu rokok yang menempel di tangan bisa mengganggu paru2 bk-nya...

      Delete
  63. jadi g ppa ya mba :) oke makasih sarannya :)
    salam buat errol sama padma...si taro juga udah mulai mau handsfeed...abis kejadian kemaren malah udh g galak ama ownernya :D

    si qui jg udah lincah lagi abis ekornya putus...ini udah sembuh total :) udah bener2 nutup lukanya...udah loncat sana sini... tp bandel juga kalo ampe lepas...

    pokoknya makasih ya mba semua saran dan perhatiannya :) met aktivitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. kabari saya kalau ada yang ingin ditanyakan... :)

      Delete
  64. dok kalo baby bk di kasih susu be*r brand boleh ga ?

    ReplyDelete
  65. Pagi dok..mw tanya lagi hehe
    Saya punya tupai kelapa.. Hari kemaren dia tiba tiba mati waktu paginya.. Matinya kondisinya bulu dikepala habis..mmg waktu mati dkandangnya udh banyak smut..mgkn semut yg buat bulu dikepalanya habis? Cma mw tnya..tba tba mati krna apa ya? Klo makanan biasa dksh pisang atau bubur bayi dok.. Ditunggu jawabannya thx sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf baru balas.
      kemungkinan karena stress karena banyak semut.... sebaiknya sih disekitar kandang digoreskan kapur semut biar gak disemutin...

      Delete
  66. Dok td pas lg ngasih makan si jams tiba" dia kek bersin" gitu kirain keselek saya kasih minum masih aja, buburnya ampe keluar dr idung saya sedot tu idungnya 'kek emak" ngeluarin ingus anaknya' skrng udah ga lg tp si jams lemes, kok gitu yah dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa sampe keselek gitu mas?
      besok coba jemur aja. kandangnya tutup pakai kain sebelum dijemur agar mata tupainya gak kena sinar matahari langsung...

      lakukan selama 10 hingga 15 menit tiap pagi... semoga sembuh... :)

      Delete
  67. ga tau dok prasaan udah teliti bgt ngyapinnya, skrng doi udah lincqh lg dok tp suka kek bersin" gitu, obat tupai flu apa ya dok ? sama khasiat minyak ikan pada BK itu apa ? makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak udah dikasih obat apa2. cukup dijemur aja.

      observasi aja dlu selama beberapa hari sambil dijemur ya mas.. :)

      Delete
  68. dok penanganan kalo tupainya kutuan gimana yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kebersihan kandang, dan coba pake semprotan antitick spray. sering2 juga dibersihkan bulunya, bisa disisir pelan2 pake sisir khusus kucing... :)

      kalau gak mau ribet, bawa aja ke dokter hewan terdekat, hehehe.. :D

      Delete
  69. Siang dok saya baru dapet tupai sepasang tapi masih bayi banget matanya masih ketutup , itu giman cara ngasih makannya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sama kayak di artikel cara handraise sugar glider.
      kasih makannya pakai pipet... :)

      Delete
  70. Pagi dok saya baru dikasih tupai sepasang dok tapi masih bayi banget matanya masih merem belum kebuka mgkin umurnya masih 5 hari dok itu gimana cara ngasih makannya ya dok? Saya takut mati tupainya dok

    ReplyDelete
  71. Pagi dok saya baru dikasih tupai sepasang dok tapi masih bayi banget matanya masih merem belum kebuka mgkin umurnya masih 5 hari dok itu gimana cara ngasih makannya ya dok? Saya takut mati tupainya dok

    ReplyDelete
  72. dok BK temen saya anusnya sering korengan gitu jd nutupin saluran eeqnya pas di kelupasin kettup koreng lg tp normal kok eeqnya sama masih lincah" aja. Penanganannya biar normal lg gimana yah dok kudu dikasih revanol atau obat merah gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya harus diperbaiki itu mas. :)
      selama ini dikasih makan apa? coba kasih buah kayak pepaya, lengkeng, dan sebagainya...

      jaga juga kebersihan badannya, terutama anusnya. jangan dikasih obat apa2 dlu, cukup sering2 dibersihkan badannya aja dan ganti makanannya... :)

      Delete
  73. bubur dok sesekali pepaya sama pisang kandang dah bersi dok, smpe saat ini baru di bersiin pake aer anget aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. seringnya dikasih bubur bayi ya, bener?
      coba lebih sering kasih buah. :)

      saya tunggu kabar selanjutnya....

      Delete
  74. udah dok tp masih sering kering lobang anusnya pas saya basain baru keluar pup nya, bntuknya normal minumnya saya campur madu makanannya skrng cuma buah mesti gimana lg yah ?
    o.iya kalo satu kandang di huni lebih dr satu pasang blh ga dok ? atau malah berantem

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu. jarang mas kasih minum? coba aja taruh madu atau sari kurma di minumannya. tebakan saya sih dia kurang minum itu. atau mas bisa kasih air kelapa sebagai minumannya... bisa aja 1 kandang berisi lebih dari 1 tupai. tapi sebaiknya diobservasi dulu selama beberapa jam setelah disatukan. kalau fight, mending pisahkan untuk sementara dan taruh di 2 kandang yang berdekatan agar mereka 'kenalan' dulu.... setelah beberapa hari, bisa satukan lagi... maaf baru balas ya mas... otewe ke kampung nih, hehehe... :)

      Delete
  75. Malam dok ,tupai saya yg masih bayi matanya bengkak sebelah dok itu gimana ya dok? Soalnya matanya blm kebuka .Sya tkutnya kenapa2 padahal kmrin gak ada apa2 tiba2 tdi saya lihat udah bengkak sebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga. dia masih disusui induknya? kalau masih disusui induknya, biarin aja dlu. takutnya kalau dipegang2 nanti malah direject sama induknya. kalau gak sama induknya, cukup jaga kebersihan kandangnya. dan terus observasi keadaan matanya. soal pakannya, lebih baik kasih buah2an aja dlu. jangan yang lain. caranya sih sebenernya sama seperti cara mengobati sugar glider sakit mata, yaitu jangan dikasih asupan protein dlu, cukup kasih buah aja. :) kabari saya lagi ya mbak..

      Delete
  76. makan minum nya lancar dok eeqnya normal cuma gitu lobang anusnya gede bgt soalnya sekali eeq banyak bgt dia ngeluarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kasih pepaya sebagai makanannya, mas. pernah dikasih salak sebagai makanannya ya? bener? jangan dikasih salak sebagai makanannya mas... :)

      Delete
  77. ga pernah dok, cuma pisang pepaya sama bubur, minumnya di taro di botol buat haster trus aku kasih madu, nanti dikabarin lg kalo ada apa" dok, makasih :)

    ReplyDelete
  78. o.iya dok kalo minumnya di kasih h*dro coco boleh ga ? kalo liat komposisinya sih dr ais kelapa asli "katanya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending kasih air kelapa asli aja mas. hidro coco kan udah dicampur ama pengawet... :)

      Delete
  79. dok tolong tupai saya perutnya kembung, dan sekarang lemas usia tupai saya baru sekitar 3 minggu... bagai mana cara mengobatinya....

    087722111629 / 085311285211

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai umur segitu emang masih rentan banget sakit, mas. mas kasih makan apa? mas kasih susu ya? betul? maaf baru balas, saya sedang sakit skrng...

      Delete
  80. Malam dok, dok saya mau tanya. Kan saya baru saja beli bk umur kira" 2 bulan. Waktu di rumah fesesnya ada yang padat berwarna orange kemerahan. Apa itu normal dok? Kalo tidak bagamana penanganannya? Trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal kok. biasa dikasih makan apa?
      fesesnya mencret? :)

      kasih saya kabar ya mas...

      Delete
    2. maaf dok baru kabarin, notif email ga masuk hehe.
      makannya ganti" dok apel, kauci, pisang, kelapa. nggak mencret kok dok.

      terima kasih dok.

      Delete
    3. bagus sih makannya. mungkin apelnya dikit aja ya mas... :)

      jaga pola makannya ya mas... :)

      Delete
    4. wah, sering saya kasih apel sama kuaci dok. soalnya kalo kasih kelapa nggak mau dimakan, kalo pisang juga nggak selahap kalo dikasih apel.
      dok, kalo mau dikasih vitamin. vitamin apa ya dok bisanya?
      terima kasih dok.

      Delete
    5. kalo kuaci sih gak apa2. :)
      vitaminnya pilih yang alami aja mas, kayak sari kurma... :)

      Delete
    6. oh, oke dok. terima kasih banyak dok:)

      Delete
  81. dok kalo bulu tupai nya di kasih minyak urang aring/kemiri bkg ga ?

    ReplyDelete
  82. Dok solusinya gimana ni kan pas saya bermain sama tupai kelapa,tiba tiba tupai saya loncat loncat dan lari lari gak jelas dan juga berusaha kabur.ini gimana ya dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok kayak gitu. berarti masnya harus jinakkan lagi tupainya. :)
      selama fesesnya normal, dia masih sehat kok.. :)

      Delete
  83. Dok tupai kelapa saya pas diajak bermain tiba tiba lari lari dan loncat loncat gak jelas dan jga brusaha kabur.sblumnya gk prnah seperti ini.gmana ya dok.?

    ReplyDelete
  84. Siang dok .. Saya mau tanya .. Saya punya bajig kelapa masih baby .. Sebelumnya makannya rakus banget .. Saya kasi makan bubur sun beras merah .. Hari ini tupai nya dikasih makan sm ibu saya itu kekenyangan . perutnya sampe buncit bgt .. Dia skrg kondisinya lemas .. Udh poop barusan sm pipis juga udah barusan .. Ini penanganannya gmn ya ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang keadaan tupainya gimana?
      mang dikasih makannya dengan cara gimana? pake suntikan??

      coba kasih buah pepaya. dan kasih minum air kelapa muda....

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  85. dok saya ada tupai lg nih tp kok yg ini aneh baru beli td pagi udah saya karantina smpe skrng ditmpt sepi, tp kok makan nya masih blm di makan ya dok apa dia masih stres ? saya takut dia ga kenapanapa soalnya perutnya kecil keknya blm makan dr tmpt si penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau saya mas kasih dia makan apa? dan mas juga gak tahu umur tupainya berapa?
      coba kasih bubur bayi promina... bisa campur sari kurma sedikit...

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  86. di kasih pepaya, umur blm tau pasti tp bulu ekor udah agak mekar sekar 1,5 bulanan lah dok skrng udah mulai mau makan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur kalau dia udah mau makan, saya ikut seneng... :)
      silakan mas baca artikel2 saya lain mengenai tupai ya mas... :)

      maaf baru balas...

      Delete
  87. Dok saya punya tupai belum melek.suara nafas nya klik" gtu. Trus lama" lemes gmna cara ngatasinnya.? Aku tanya dokter hewan terdekat ngk bisa katanya butuh drh yg khusus hewan eksotis. Trus yg harus saya lakukan apa dok ? ��

    ReplyDelete
  88. Dok saya mau tanya . saya punya tupai baby blum melek. Dia klo nafas bnyi klik" kya pilek. Trus keadaannya trus lemas. Saya brtanya pada dokter terdekat katanya ngk bisa. Hsrus drh spesialis hewan eksotis. Trus apa yg harus saya lakukan. Padahal paginya makan lancar",saja. Saya kasih makan sun bubur yg di encerkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tupai umur segitu emang rentan banget sakit, mas. kenapa mas gak pilih tupai yang agak lebih besar? yang anakan, minimal udah bisa makan sendiri. kemungkinan dia keselek makanannya (makanannya masuk ke saluran nafas)... itu hanya tebakan saya loh ya, karena saya juga gak bisa liat tupainya... kalau mas tiup perlahan lubang hidungnya? pelan2 aja mas, jangan keras.... coba kasih sari kurma ke tupainya untuk penambah daya tahan tubuh...

      Delete
  89. Assalamualaikum dok saya mau tanya, tupai saya tadi sore muntah setelah saya kasih susu, trus sekarang dia jadi lemes. Itu kenapa ya dok? Dua hari yang lalu dia abis digigit kucing apa mungkin berpengaruh dok? Trus cara mengobati biar tupai saya sehat lagi gimana ya dok? Terimaa kasih dok, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, terlalu berat buat tupai. mending kasih sari kurma aja sebagai pengganti susu...

      bisa juga akibat digigit kucing itu mas. setelah digigit kucing dia masih mau makan? masih aktif bergerak?

      Delete
  90. Dok ko pup bk saya berair ya trus warnanya agak kuning gitu ? Itu knapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu doggy, mbak. ntar suaranya jadi guk, guk, guk.... :D
      mungkin bisa jadi juga karena susu anjing itu. mending kasih sari kurma aja. lebih menyehatkan...

      Delete
  91. Umurnya bknya 1 bulanan , makannya saya kasih susu anjing sama saya selingin bubur sun ..

    ReplyDelete
  92. Dok mau tanya,setelah baca artikel ini saya ada ketertarikan untuk memelihara tupai. Saya mau tanya, apa perbedaan antara tupai dan bajing , kalo saya mau melihara lebih recommended yang mana dok. Soalnya saya pernah baca artikel ada bajing 3 warna yang keren abis

    ReplyDelete
  93. Dok mau tanya,setelah baca artikel ini saya ada ketertarikan untuk memelihara tupai. Saya mau tanya, apa perbedaan antara tupai dan bajing , kalo saya mau melihara lebih recommended yang mana dok. Soalnya saya pernah baca artikel ada bajing 3 warna yang keren abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya tupai dan bajing itu sama ya mas?

      di beberapa daerah, tupai ya bajing, di daerah lain sebaliknya, bajing ya tupai hehehe.

      yang paling penting sebenernya pakan, asupan nutrisi yang bagus, kondisi suhu (kandang gak boleh terlalu panas, juga terlalu dingin), dan kesehatannya. parameter kesehatan tupai biasanya diliat dari fesesnya/tahinya...

      silakan mas baca2 dlu artikel saya di blog ini, terutama soal tupai dan sugar glider karena secara prinsip sama...

      maaf baru bisa bales, mas. saya lagi sakit keras sekarang. doakan ya biar bisa sembuh... :)

      Delete
  94. Salam kenal dok, sy mau tanya dok.. sy punya 2BK Movie(Jantan) & Minie(Betina) berumu kisaran 3-4blnan. Kpn ya dok mereka siap kawin..? Trus kenapa Minie wangi bgt dok, apa lg dibagian ekor'y apa karena dia cewe.. hehhehheee...:p

    ReplyDelete
  95. siang mba...hehe baru balik lagi...
    gimana kabar...??
    mba ini nw tanya...bk saya squi kok suka gigitin ranting ya...apa karna giginya abis dipotong...??
    atau merupakan tanda sesuatu gitu ya...
    soalnya biasanya g kaya gitu sebelumnya...

    #nb : giginya aku potong karna kemaren pas dimandiin gigit jariku ampe berdarah :(

    ReplyDelete
  96. Saya mau tanya dok kalo tupai kelapa nangkap jinakinya gimanaya

    ReplyDelete
  97. Saya mau tanya dok kalo, tupai kelapa liar gimana jinakinya soalnya daripada di tembak kasihan jadi saya pelihara

    ReplyDelete
  98. Ahamdulillah bembie masih hidup mpe skrg ,gndut bgt diny dok.

    ReplyDelete
  99. Dok saya punya BK 1 awalnya doyan makan bubur sun.
    Semenjak saya kasih buah dia jd gakmau makan bubur,maunya buah terus, gmna yh dok supaya dia mau makan bubur lg?
    Atau ada dok alternatif makanan racikan yg bisa jd makanan utamanya?
    #Makasihsebelumnya_Dok

    ReplyDelete
  100. Dok saya punya BK 1 awalnya doyan makan bubur sun.
    Semenjak saya kasih buah dia jd gakmau makan bubur,maunya buah terus, gmna yh dok supaya dia mau makan bubur lg?
    Atau ada dok alternatif makanan racikan yg bisa jd makanan utamanya?
    #Makasihsebelumnya_Dok

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  104. Dok saya mau tanya soal nya dari awal saya baca2 seperti nya belum ada yg tanya soal ini .gini dok saya pelihara BK br sminggu ini ,umur 3-4bulan ,nama nya moska :-D .gmn ya dok cara nya biar supaya dia tau siapa owner nya .dan kira2 jarak berapa hari dok bisa di bonding di luar kandang .dengan catatan saya ini perokok aktif dok hehe .mohon pencerahan nya dok terimakasih. Saya tunggu ya dok.

    ReplyDelete
  105. mf agak jauh topiknya tolong comment ya dok, dok mau tanya kucing saya umur 3 bln bernama lambo cacingan udah di kasih obat tp cacingnya kok gk keluar lewat feses atau muntahan itu gmna dok? apa perlu di puasain dulu kucingnya dok? terimah kasih

    ReplyDelete
  106. Dok kalo yang perut nya ada warna putih nya itu tupai jenis apaya?,,terus kenapa ya tupai umur 2bln kurang dia kurang aktif di kandang kebanyakan diem tapi klo di badan saya dia aktif,apakah kandang saya kurang nyaman ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa kirim gambarnya? terutama bagian muka dan tubuh tupainya, mas? kirim aja via chat, hari ini (20 juni 2016) saya online sampe sore kok... terus umur bajingnya berapa? kadang kalau masih anakan, di kandang dia pasif, kalau dikeluarin baru dia aktif bergerak..

      Delete
  107. Dok kalo yang perut nya ada warna putih nya itu tupai jenis apaya?,,terus kenapa ya tupai umur 2bln kurang dia kurang aktif di kandang kebanyakan diem tapi klo di badan saya dia aktif,apakah kandang saya kurang nyaman ya dok?

    ReplyDelete
  108. dok numpang tanya . saya kan abis motong gigi tupai . terus itu gigi nya gigit bibir nya sendiri . bibir yang bawah luka . gimana cara pengobatan nya dok ? dan karna itu tupai nya gak mau makan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas suruh siapa motong gigi tupai?
      yang pasti dia stress karena giginya dipotong. bawa ke dokter hewan sesegera mungkin agar mendapatkan pertolongan....

      dan jangan sesekali lagi motong gigi tupai sebelum mas coba potong gigi masnya sendiri.... :(

      Delete
  109. Askum dok .

    Saya tadi di kasih tupai sama tetanga hasil berburu,masih frees alam liar

    Tupai kurang lebih usia 5bulan ,makan saya kasih jagung / pisang dia makan .

    Masalahnya kaki belakangnya kaya keseleo gitu dok,gmana cara penangananya buat ngobatin kakinya ,tapi karakter tupai masih liar .

    Jawban anda saya tunggu dok ..

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini diamkan aja dlu, mas. karantina dulu: tempatkan kandangnya di ruangan yang bebas suara2 keras. biarin aja dia di ruangan itu selama beberapa hari sambil terus mas kasih makan. tiap kali kasih makan, mas liat kakinya...

      kalau dalam 5 hari dia belum mendingan juga, coba oles minyak tawon di kakinya. tapi hati2, jangan sampe kakinya yang pincang tertekan, usahakan jangan kena kakinya... :)

      masnya merokok? kalau nggak, taruh kaus bekas pakai mas yang masih bau keringat di atas kandangnya, dilebarin. biar dia kenal bau tubuh mas, biar jinak..

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  110. Alhamdulillah ada bu dokter yg baik hati ini membagikan ilmunya. .
    Tupai saya si boy, tiba2 lemas sebelumnya sangat lincah dan aktif..
    Tp masih mau makan dikit, fesesnya kadang keras warna hitam, kadang warna kuning tp engga mencret..
    Dan luar biasa banyak banget kutunya..
    Bingung cara ngilangin kutunya gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering2 mas mandikan dengan air hangat yang dikasih dettol cair dikit. pakai spray aja mas, abis dimandikan, lap pakai handuk kering, dan angin2kan...

      kandangnya juga sering2 dibersihkan. kalau bisa, sediakan 2 kandang, pake secara bergantian seminggu2... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.