Wednesday, January 22, 2014

Cara Memelihara Barn Owl | Drh. Fira Sovica

Tidak seperti burung hantu celepuk, memelihara barn owl (tyto alba) cenderung lebih susah dibanding dengan memelihara celepuk. Level kesulitan memelihara barn owl bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara celepuk, maka barn owl tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang pemula dalam pemeliharaan burung hantu. Burung hantu barn owl gampang sekali stress yang biasanya berakhir kepada kematian.
Cara Memelihara Barn Owl
Image taken from reallywildbirdfood.co.uk

Nah, bagaimana

cara memelihara barn owl

? Berikut adalah tips dan trik cara memelihara barn owl yang penulis rangkum dari pengalaman penulis sendiri.

  • Pilih barn owl yang masih anakan berbulu kapas (chick) saat akan membeli karena lebih mudah dijinakkan. Pastikan pula barn owl yang dibeli sehat
  • Ciri barn owl yang sehat antara lain adalah tidak lesu, aktif, saat dikeluarkan dia aktif bergerak, mata jernih dan terbuka (kelopak mata tidak menutup), serta tidak ada luka fisik di bagian tubuhnya. Memilih barn owl yang masih chick agar barn owl tersebut bisa bonding kepada anda pemiliknya.
  • Saat sampai di rumah, biarkan barn owl sendiri di dalam ruangan tertutup agar ia adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Selama masa adaptasi, beri makan berupa potongan kecil daging sapi yang masih segar. Lebih bagus lagi jika daging sapi yang diberikan masih berdarah.
  • Setelah masa adaptasi, anda bisa memindahkan barn owl tersebut ke tangkringan (perch) yang sudah disediakan.
  • Anda bisa membuat sendiri perch dengan menggunakan pipa PVC, kaleng bekas cat, dan pipa PVC letter T. Cara membuat perch bisa anda baca di artikel saya cara membuat perch sendiri.
  • Jadwal pemberikan makanan untuk barn owl
  • Barn owl adalah jenis burung hantu dengan level pemeliharaan yang lebih susah dibandingkan celepuk, salahsatunya adalah dari segi pemberian pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa bayi atau anakan tikus putih yang terlebih dahulu sedikit dilukai agar aroma darahnya tercium oleh si barn owl. Pemberian makan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari: subuh hari sekitar jam 5 atau setengah 6, siang hari sekitar jam 1 atau jam 2 (opsional), dan awal malam sekitar jam 7 atau 8 malam.
  • Latih barn owl anda dengan berbagai trik. Artikel tentang cara melatih burung hantu sudah ada di blog ini.

Demikian adalah

cara memelihara barn owl

. Semoga tips dan trik memelihara barn owl tersebut bisa membantu anda untuk memelihara dan merawat barn owl. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

1033 comments

«Oldest   ‹Older   201 – 400 of 1033   Newer›   Newest»

Mbak knp yaa BO saya kok bunyi trus ? Padahal udah tk kasih makan rutin
Itu knpa ya mbak ?
Makasih :-)

wajar kok. burung hantu memang suka bunyi terus, apalagi kalau malam. bentuk dan warna kotorannya gimana mas? :)
sehat atau gaknya burung hantu bisa dilihat dari kotorannya... :)

Mbak klau beli anakan BO di bandung di mna?

Mau tnya.
Klo BO mau mkn tp ada sdkt sisa makanan yg dimuntahkan itu knp ya?
Dan itu sdh 3x dlm 3 hari. Muntahkannya pagi hari semua.

This comment has been removed by the author.

Oh y, mau tnya lg.
BO saya kn saya taruh di perch smbil diikat tali di kaki.
Naa klo mlm ini BO terbang2, tp kn msh keikat tali.. jd saya jg kasian.
Tp klo dilepas ikatannya, saya tkut dia lepas. Rmh saya jg g ad ruangan tertutup.
Solusinya bagaimana ?
Trmksh

mau nanya nih dok, barn owl diberi makan anakan puyuh boleh gk..?

ada gk obat/vitamin buat barn agar gak gmpang terserang penyakit..?

lebih baik taruh di ruangan tertutup aja mas kayak gudang dll. kalo toh pake lease (ikatan kaki khusus owl), pastikan talinya panjang..... saya sarankan sih taruh di ruangan tertutup.... jangan ditaruh di kandang ya mas, kasian soalnya barn owl sering stress kalau ditaruh di kandang... :(

boleh. disiangi dulu puyuhnya. dipotong, dikuliti, lalu dagingnya diambil, disodorkan ke owl-nya.... jangan diberikan langsung... :)

ada beberapa obat, tapi tidak bisa diberikan secara sembarangan. harus dengan resep dokter hewan. artinya, diperlukan kasus khusus sebelum memberikan obat2 tersebut... :)

min gimana sih cara kasih makan BO kalo pas lagi adaptasi
di sodorin,di kasih wada apa di tinggal di ruangan bareng BOnya
terus pemasangan angkletnya bagusnya kapanya?
terima kasih....

Min kasih makan bayi tikusnya yang dah berbulu apa yang belom keluar bulu?

pemberian makan barn owl saat adaptasi sebaiknya disodorkan.
pemasangan anklett-jesse bisa dilakukan setelah masa adaptasi... :)

lebih bagus yang belum keluar bulu, benar-benar baru lahir.... :)

Misi dok , mau nanya ciri" BO lapar gimana ? Terus sehari sebaiknya dikasih makan berapa ? ( anak puyuh )
Terus BO saya ( chick ) klo ditaruh di perch ga mau itu ke

Kenapa ? ( lanjutan diatas ) sorry banyak nanya :)

min kalo barn owl sekali kasih makan berapa tikus

Biasanya sampai dia ga mau :v
Kalau anak puyuh biasanya aku kasih 5 - 8

dok tolong saya...baby barn owl yg berumur 1~2 minggu sy ngak mau makan...dan terlihat lesu..semalam sy tempatkan nya diluar rumah,bila pukul 6 pagi nya saya angkt semula masuk ke kamar burhan sy ngak mau makan seperti biasa,,,apa harus sy lakukan

barn owl yang sudah dewasa dan jinak saja susah untuk dipelihara, apalagi yang baby. udah ada bulunya mas?
kalau malam ditaruh di luar? kalau memang masih bulu kapas atau belum berbulu, lebih baik jangan ditaruh di luar kalau malam. taruh saja di ruangan kosong dan sepi soalnya barn owl yang masih bayi sangat rentan stress..... coba sekarang kasih makan, daging sapi cincang atau bayi tikus putih yang sudah dicincang kecil2....

langsung dok...tadi udah di beri daging cincang...tapi aku paksa dia makan dengan membuka mulut nya cara paksa...lantas ku beri minum air..baru 1 kali aku taruh di luar rumah,...sebelumnya aku taruh di dalam rumah...apa yg harus aku buat sekarang

belum tumbuh bulu sepenuhnya...sudah tumbuh sikit²....tapi belum bisa bangun berjalan

cara terbaiknya adalah bawa ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa kesehatannya. bawa secepatnya agar dapat penanganan yang baik.... semoga baby barn owlnya sehat kembali... :)

dr saya abis adop BO gx mau minum terus saya paka buka mulutny saya kasi pake piet(saran dr fira yang kasi minum di tetesin ke paruh gx mau di minum)tapi makan lancar kotoranya warna putih sama encer banget.terus gax mau anteng di perchsolusinya gimana?usia juve tengah

kalo makan lancar, saya pikir sehat... kalo bisa sih jangan dipaksa minum. tetesin aja di paruhnya agak banyak, kalau dia haus pasti dia isap airnya.... kasih minum 3 kali sehari sama abis makan....
udah didiemin biar adaptasi mas??

Dr.fira saya punya partner baru nihh Barn Owl, nama ny Bento.. nahh, si bento makan ny agak susah nih, udh di kasih daging sapi.. gmna cara atasi ny dokter?? Trus kalo saya mau tunjukkin foto ny kirim kmna?? Biar dr.fira liat BO saya..

coba kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih..... taruh burung hantunya dengan bayi tikus putihnya di box kardus yang agak besar seperti bekas tv.... tutup, dan biarkan selama setengah atau 1 jam...

dok FOF itu kan kasih makan pake tangan BO nya kasihin di perch ato di tangan
terus biar gak batting gimana kalo fof di perch ama di tangan dah mau tapi kalo dideketin masih batting terus saya pindahin ke tanganya saya angkat terus saya pindahin ketanga apatidak apa apa
tolong pencerahanya

Kalo saya mau kirim foto ny si bento, biar dokter bisa liat fisik ny jg skalian dmana dok? Saya upload lewat ap? Atau saya kirim via email? Soal ny bulu ny masih jarang2 gitu dok, kalo jln masih sempoyongan gitu...

kalo ditetesin itu jadi kayak pilek keluar air dari hidung

coba mas baca apa itu FOF di artikel CARA MELATIH BURUNG HANTU. cara agar burung hantu tidak batting bisa dibaca di artikel menjinakkan burung hantu. semoga membantu....

bisa di hangout saya di googleplus... :)
atau via wall di grup facebook ini....
selengkapnya tentang cara memelihara burung hantu barn owl di cara memelihara bayi barn owl

dr fira quil kayaknya pilek deh keluar air dari hidung terus apa ada obatnya?

coba mas beli amoxicillin ke apotik. potong 1 tablet jadi 4 bagian sama besar, ambil satu bagian, lalu tumbuk hingga halus dan campur dengan 3 sendok makan air mineral.... minumkan ke burung hantu tiap pagi dan sore....jangan lupa untuk jemur juga 5 menit setiap pagi selama 6 hari berturut2.... semoga quil kembali sehat.... oh ya, kalau dalam 6 hari belum sembuh juga, bawa segera ke dokter hewan terdekat...

Gan , brung hantu pda nti nya mau trbang itu hrs dilatih terbamg dlu atau dia akan trbang pda saat nya ? :D

namanya burung, pasti dia bisa terbang sendiri meski tidak kita latih. naluri dasar burung. tapi kalau owlnya sudah sangat bonding (terikat) dengan kita, dia akan tetap kembali ke rumah kita meski kita lepas liarkan di rumah.... si errol seperti itu. dia kalau malam saya lepas keluar, pas adzan subuh dia udah ada di perchnya.... :)

Trima ksih gan info ny , trus klau memelihara burhan itu drimasa ap ? Chick ? Brancher atau juvenille ? :)

usia berapa, maksudnya? chick karena burung hantu barn owl yang masih chick relatih lebih gampang bonding kepada pemiliknya.... :)

Udah liat blm dok, yg saya kirim foto ny si bento sm si haku..

Ok gan , trus 1 lgi ..
Biasa ny jual owl atau BoP yg lengkap itu daerah mana y gan ?

kalo jakarta, daerah jatinegara. kalo di daerah lain, saya tidak tahu. cari aja di pasar burung terdekat atau di grup jual beli owl di facebook.... :)

Emang nya bisa beli barn owl secra online y gan ? Klau bisa , ad efek smping sma si owl ny tidak ?
Soalnya saya dri wilayah KALBAR krng ad yg jual barn owl gan :)

kalo untuk wilayah kalbar, bisa cari di pasar burung amuntai dan pasar burung martapura. bisa contact2 juga sama pecinta owl di daerah kalimantan barat via grup jual beli owl di facebook..... ada teman saya yang jadi penyiar di radio kita pontianak.... salam buat owlry kalimantan... :)

Hhe , trma ksih gan atas info ny :)
1lgi ni gan pertnyaan dri sya ,. Biasa ny membeli brung BoP scra online itu , scra lwat pngiriman bisa atau tidak gan ? Klau bisa , ad efek smping ny tidak ? Maaf gan trlalu bnyk tnya :D

driera terus di dlm mulutnya ada lendirnya

dr fira kalo mau liatin gambar quil kirimnya gimana?

kalau pengiriman, sebaiknya pilih jasa pengiriman hewan yang berpengalaman. coba search aja di facebook menggunakan kata kunci "jasa pengiriman hewan".... kalau bisa, untuk pembelian BOP sih secara ketemuan (COD, cash on delivery) biar sama2 enak.... sebelum membeli BOP, hendaknya tahu penyakit2 burung hantu/bop apa saja, biar bisa tahu mana bop yang sehat mana yang sakit. silakan mas baca penyakit burung hantu.

cek artikel terbaru saya tentang FROUNCE PADA BURUNG HANTU. bisa kirim gambar lewat googleplus hangout mas... :)

kak saya baru beli burung hantu tipe brown hawk owl, untuk makanan saya masih beri jangkrik aja, apakah tidak apa" ? kmudian untuk pemberian makan tikus atau emprit bagaimana ya ?? apakah nunggu jinak dulu atau langsung diberikan ?

adakah burung ini ada dijual di kedai2 burung ya??

silakan baca artikel makanan burung hantu. langsung aja diberikan, gak usah nunggu jinak dlu....

kalau di indonesia, bisa dibeli di pasar burung (birds market) di kota-kota besar... entah kalau di malaysia... :)

dok sy baru addopt barn owl usia brancher akhir, pertanyaanya apakah usia segitu emng masih blm bisa terbang ya dok?, trs gmn caranya spy badannya ga terlallu kurus & ga lemes, pdhl nafsu makannya bagus, jamur di dlm paruhnya jg gada, warna pupnya sama sprti yg dok jelaskan (item ada putihnya) , sy tkt kl trllu kurus akhirnya meninggal

kalau memang dia sehat dan nafsu makannya bagus, gak apa2 mas. yang penting toh dia sehat. latih aja. cara melatih burung hantu bisa dicari di menu cari artikel dan mengetikkan kata kunci cara melatih burung hantu. semoga membantu

dok mo nanya nih, b.o sy khan pakannya puyuh anakan, nah caranya gmn dok spy puyuh td ga gampang mati, soalnya tiap hr sllu ada aja yg mati dok, apa yg harus diperhatikan buat puyuh anakan spy ga gampang mati, thx dok

puyuh yang anakan memang sangat gampang mati karena daya tahan tubuhnya sangat rentan kedinginan. sebaiknya, tempatkan lampu bohlam di kandangnya jika malam hari, berikan pakan yang cukup dan minum berupa air mineral yang selalu tersedia di kandangnya....

Kak, saya bru beli barn owl, trus saya letakkan dikamar saya, trus dia malah masuk lemari yg gelap, waktu mau disuapin makan berupa daging burung puyuh, blum mau kak, gmn ya caranya biar makan... apa daging burung puyuh dia mau makan? Masih sering mau escape krn baru sehari drmah

umur berapa barn owlnya mas? barn owl yang baru dibeli sebaiknya ditaruh di ruangan sepi dan senyap selama 24 jam terlebih dahulu agar dia adaptasi sambil terus diberi makan dengan cara disuapi atau ditaruh langsung dekat kakinya. makanannya usahakan yang masih segar, kalau bisa agak berdarah agar dia bisa mencium bau darahnya dan memakannya.... :)

Usia kira" juve dan udah bsa terbang kak, tdi saya letakkan di dalam kamar kosong, trus diletakin daging puyuh yg diolesi minyak ikan di ruangan tsb, krn waktu coba disuapi kemaren malah lari dia dan ktakutan, jdi saya letak begitu saja dagingnya, pi blum tau dmkan atau belum

Dok,,saya mau tanya...
BO saya udh bbrp hari g mau makan....
udh saya bawa ke dokter hewan,katanya kena bakteri dr burung puyuh....udh rutin saya kasih obat,tp smpe skrg g mau makan juga...
udah nuruut bgt....
pdh saya pelihara baru sekitar 1bulan,dulu beli umur 2minggu....
Sudah rutin saya kasih obat,tp blm mau makan juga....
kmrn saya paksa makan,sedikit,krn udh bbrp hari g mau makan,pukir saya harus ada sedikit makanan yg masuk,,akhirnya agak saya paksakan....
dan ternyata yg saya kira daging sapi,ternyata itu daging kambing....
apa itu bs nambah parah dok?
Kmrn saya kasih minyak ikan jg,buat isi perut dia,kasihan dia sama sekali g mau makan soalnya...
saya kasih tikus putih (saya bunuh dulu,saya cuci,lalu saya potong2) dia g mau juga...
gmn dok,apa yg harua saya lakukan?
Takut kalo mati,serumah udh sayang bgt sama Tomy soalnya udh nurut bgt....

This comment has been removed by the author.

Dok,,saya mau tanya...
BO saya udh bbrp hari g mau makan....
udh saya bawa ke dokter hewan,katanya kena bakteri dr burung puyuh....udh rutin saya kasih obat,tp smpe skrg g mau makan juga...
udah nuruut bgt....
pdh saya pelihara baru sekitar 1bulan,dulu beli umur 2minggu....
Sudah rutin saya kasih obat,tp blm mau makan juga....
kmrn saya paksa makan,sedikit,krn udh bbrp hari g mau makan,pukir saya harus ada sedikit makanan yg masuk,,akhirnya agak saya paksakan....
dan ternyata yg saya kira daging sapi,ternyata itu daging kambing....
apa itu bs nambah parah dok?
Kmrn saya kasih minyak ikan jg,buat isi perut dia,kasihan dia sama sekali g mau makan soalnya...
saya kasih tikus putih (saya bunuh dulu,saya cuci,lalu saya potong2) dia g mau juga...
gmn dok,apa yg harua saya lakukan?
Takut kalo mati,serumah udh sayang bgt sama Tomy soalnya udh nurut bgt....

dicek aja dimakan atau tidak. saya tunggu kabarnya. :)

barn owl umur 2 minggu memang sebaiknya jangan dipelihara oleh pemula karena barn owl memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan celepuk. coba mbak baca artikel saya cara mengobati frounce. search artikelnya di menu cari artikel diatas....

Gak dimakannya kak, akhirnya saya kasi tiput, total udah 4 ekor ludes dmakan , dan tanpa disuapi, nerkam sendiri waktu tkus nya dibiarin di kamar sama waktu dikotakin .. cuma dia masih sedikit defense gtu

Okee,,makasih dok...
nanti saya update lg dok kabar selanjutnya....

iya itu bagus. kalau defense sih wajar, latih saja sedikit demi sedikit hingga benar-benar lancar. butuh waktu panjang agar burung hantu yang dipelihara dalam usia tua benar-benar percaya kepada pemiliknya..... silakan mas baca artikel cara menjinakkan burung hantu, bisa disearch di menu cari artikel diatas... :)

Dok. Kalo owl yg sering menundukan kepala lalu menggelang-gelengkan kepalanya. Kira sakit apa ya. Lalu di kasih obat apa. Terima kasih banyak dok.

sebaiknya dibawa ke dokter hewan langsung agar lebih pasti apa problemnya.... bisa jadi banyak sebab soalnya... :)

Dok saya mau tanya kalo owl saya sebelum mati kejang kejang .itu kena penyakit apa ya .maaf banyak bertanya

gak apa2, saya malah senang jika banyak yang bertanya. :D
ada banyak sebab, diantaranya keracunan dan tersedak makanan. kalau keracunan biasanya ditandai dengan fesesnya berwarna cerah dan berbau menyegat.

dok saya mua tanya, cara yang aman untuk bawa BO bepergian gmana?? soalnya mau ke luar kota

lebih baik jangan dibawa mas. titipkan saja ke orang rumah dan ajari mereka merawatnya.
barn owl kadang sering stress kalau dibawa bepergian....

mba mau tanya BO saya ko sekarang fesesnya jadi warna keijoan ya terus kalo di kasih tikus putih suka lama di makannya kadang di buang :(

kalau lagi makan tiput, lebih baik jangan diliatin mas. tinggalin aja di tempat yang agak sepi. nanti juga pas diliat lagi udah abis... kasih bayi tiput aja biar dia gampang mencernanya...

soal warna fesesnya, kalau memang tidak ada indikasi kesehatan lain seperti matanya sering terpejam, nafsu makan berkurang drastis, murung, dll, kayaknya gak masalah. coba observasi lagi selama 3 atau 7 hari, kalau warna fesesnya masih sama, mas konsultasi lagi ke mari... :)

dok saya baru nemu BO kira2 usianya 3 mingguan terhitung dari pertama saya dapetnya mungkin usia 2 minggu atau lebih, selama ini saya ngerawatnya baik2 saja di dalam box aqua yang setiap hari saya beri daging sapi sesekali saya kasi pakan hidup tapi kemaren setelah saya kasi tikus hidup dia udh bisa ngeluarin pellet nya, tapi feses nya jadi aneh, yg biasa nya warna putih ada butir2 kehitaman skrg jadi kuning kehijauan teksturnya agak cair dan lengket, jadi berselemak ke badan si BO nya, jadi kemaren saya lap pakai lap basah biar ngga kering di badan nya, terus selepas saya bersihkan saya perhatiin lagi sayap sebelah kiri nya nggak melipat sempurna kaya biasanya, seperti lemas begitu dok itu kenapa ya dok? dan kelopak mata yg sebelah kanan kaya ada bintik merah bendok kecil seperti di gigit nyamuk gitu dok jadinya mata nya kaya sayu2 gitu walaupun kebuka lebar jadinya mata yg sebelah kanan, itu kenapa ya dok? apakah karena digigit nyamuk? apakah saya biarkan saja atau ada tindakan lain dok? terimakasih doj

terima kasih atas penjelasan mengenai fesesnya. itu sangat membantu saya untuk diagnosa penyakit di saluran pencernaannya. sepertinya ada infeksi atau bakteri di saluran pencernaannya. sangat rentan untuk menangani sendiri barn owl dengan usia 2 atau 3 minggu, jadi mas bisa coba bawa ke dokter hewan terdekat agar lebih jelas..
kalau toh mau ditangani sendiri, mas bisa kasih amoxicillin tablet. 1 tablet dipotong jadi 6 bagian sama besar, lalu satu bagian ditumbuk hingga halus, dilarutkan dengan 5 sendok makan air, dan diminumkan tiap pagi dan sore. tapi ingat: do at your own risk. saran saya yang paling utama tetap bawa owl ke dokter hewan terdekat....
mengenai sayapnya, mas bisa cek cara mengobati sayap patah pada burung hantu, search di menu cari artikel diatas.... perawatan untuk matanya, sementara observasi dulu selama 2 hari. kalau tidak ada perkembangan mengenai bintik di matanya, saya tunggu konsultasi selanjutnya...
salam :D

dok, baiknya perch-nya taro didalam ruangan atau kandang yang ukurannya seperti gudang? dan apa berpengaruh terhadap umur si barn owlnya? terimakasih sebelumnya :)

kalau owl dewasa = kalau cuaca dingin, lebih baik taruh di dalam ruangan. kalau hangat, boleh ditaruh di luar.
kalau owl anakan = lebih baik taruh di dalam ruangan. keluarkan sesekali saat cuaca hangat saat akan dilatih...

halo dok, sepertinya saya sudah salah mempercayakan penanganan owl saya yg sayapnya patah kepada dokter hewan terdekat, malahan sayapnya patahnya nambah setelah di tanganin sama dokter dan malahan kakinya juga ikutan patah akibat sang dokter tidak menangani dengan benar doi maksa sih meganginnya, apa mungkin dokter di daerah saya di medan tidak ada yg mampu menangani owl ya dok, skrg owl saya lumpuh total gak tau lagi dok harus diapain, yg tadinya cuma masalah sayap sekarang malah jadi lumpuh, apa yg harus dilakukan lagi dok? nunggu waktu atau saya rawat semampu saya?

coba mas baca cara mengobati sayap patah pada burung hantu, di sana sudah saya tulis triknya. bisa buat kakinya juga.....
jalankan dalam waktu seminggu. kalau dalam seminggu belum baikan, silakan bawa ke rs hewan....

sama-sama. kalau ada masalah, bisa search dlu di blog ini mas. kalau tidak ada, bisa berkonsultasi lagi kemari... :)

Maaf mau tny biar barn owl cpt jinak dan klo dilepas bisa pulang sebaiknya miaranya dr umur brp ya?dan desain kandang barn owl sprt apa? Pgn miara barn owl buat mengurangi populasi tikus di sekitar rmh nih..matur nuwun sblmnya

kalau dipelihara dari chick (bulu kapas) dia bisa jinak seiring usianya. kalau untuk bisa pulang ke perchnya sendiri (ke rumah kita), butuh waktu berbulan2 hingga bertahun2. si errol butuh 6 bulan lebih agar ia jinak dan butuh lebih dari setahun agar ia percaya sepenuhnya kepada saya dan bisa pulang sendiri ke perchnya.... silakan mas baca CARA MENJINAKKAN BURUNG HANTU, search di menu cari artikel....

cara membuat kandang burung hantu bisa mas search di menu cari artikel....

iya, burung hantu memang bisa digunakan sebagai pemberantas hama tikus alami. para petani di kampung saya dulu biasanya sengaja menempatkan satu koloni burung hantu barn owlnya sekaligus dengan kandangnya di tengah ladang.....

dok..BO itu kalo abis beli trus di taruh rumah emang stress dulu ya..??

dok...kalo wktu adaptasi itu di kasih rante ato di taroh di perch smbil di biarin terbang dihruang kosong..?,emang bisa nangkring di perch lagi..??

iya. burung hantu yang baru sampai di rumah sebaiknya ditinggalkan di ruangan kosong yang sunyi/sepi dan agak gelap.
iya, lebih baik lepas begitu saja tanpa diikat kakinya. kalau diikat dia malah tambah stress. biarkan dia di ruangan tersebut sambil coba diberi makan....

kalau barn owl saya kasih percil/kodok boleh atau tidak dok?

meski banyak yang memberikan kodok sebagai makanan burung hantu, tapi saya sendiri tidak menganjurkan... :)
tapi kalau mas mau memberikan kodok untuk makanan owl, silakan saja... :)

Mba dokter, saya mau beli ank burung tyto alba(serak jawa)...
Ada yg jual gak mba?
Dan harganya brapa mba?
Mohon jawabannya lewat sms ke 087836378076 sini atau pin:2BC14125 saya ya mba..
Makasih bnyak mba dokter yg cantik...

Mba saya lagi nyari anak brurung hantu tyto alba (serak jawa), tapi saya gak tau dimana belinya mba...
Tolong cariin mba, dan brapa harga sepasangnya mba dokter...
mohon jawabannya bisa lewat sms ke 087836378076 atau pin:2BC14125 bbm aq ya mba...
Makasih mba dokter yg cantik...

cari aja di pasar hewan terdekat atau gabung ke grup jual beli owl terdekat.
untuk saat ini saya tidak melayani sms...

Dok.
Vino ko' paruhnya suka bergetar ya dok. Seperti orang kalo lg kedinginan gitu.
Vino knapa ya dok.?

kalau nafsu makannya bagus, gak masalah ma... :)

Mau tny dok...sy mau adopt BO yg msh bulu kapas.skrg kan bru musim hujan,apakah boleh diberi lampu 5watt untuk penghangat...

boleh. jangan terlalu dekat mas.
saran saya sih mending tempatkan di ruangan bersuhu hangat aja, gak usah pake lampu... :D

Dok. Mau nanya lagi. td aku liat Vino berendam di dalam baskom.
Emang burung hantu klo mandi semua badannya di rendam ya dok..? kayak orang berenang gitu, atau baskom-nya yg ketinggian.

emang mas taruh baskom di dekatnya dan dia nyemplung sendiri atau memang mas cemplungin dia di baskom?
harusnya sih burung hantu cukup disemprot2 ringan aja pake semprotan tangan, gak usah terlalu basah. karena kadang owl kerap kedinginan, apalagi kan sekarang ujan terus... :)

Engga ko dok. Vinonya langsung nyemplung sendiri.
Aku baru liat Vino mandi sendiri. pas udah aku ganti baskomnya yg agak tinggi dan warna hitam.
Kmarin aku pake talam kue yg besar, vino cuman plototin aja dok. apa ada pengaruhnya di warna wadahnya ya dok, ato mungkin dia lbih suka klo airnya agak dalam.?

kalau di alam sih burung hantu biasanya menyemplungkan diri di genangan air yang tingginya setinggi kakinya (setinggi anus)....

mungkin si vino masih menyesuaikan diri dengan kondisinya di alam... :)

Siang dok..
Dok., Vino makan kadal ga papa kan dok.
td aku liat dia dapat kadal, udah habis stengah dia makan.

gak apa2, tapi pastikan kadalnya tidak mengandung penyakit... :)
mas yang sengaja kasih atau dia menyambar sendiri?

Dia ko' yg nyambar sendiri dok. aku cuman bantu nangkapin.
Di ruma memang kadang masuk kadal atau kodok. Pokonya kalo kpalanya Vino di putar", dia pasti lg liat sesuatu, klo bukan kcoa, tokek, atau kucing. nah pas aku liat ternyata yg di perhatiin itu kadal. nah udah, aku tangkap saja kadalnya tus aku ikat di dkat Vino dok. :)

oh ya udah. pastiin aja kadalnya bersih mas... :)
salam dari errol. dia lagi matukin kuping saya karena barusan saya perban kakinya... *ucapan terima kasih khas burung hantu

Errol emang knapa kakinya dok. moga cpat sembuh kakinya Errol... Salm balik nih dari Vino. :)

Yah,. kalo Vino malah lain dok., dia justru suka datang ke bahu matokin leher ma telinga kalo aku lg motong" daging sapi. ga tau maksudnya minta di kasi ato marh karna kelamaan motong dagingnya.

Saya pnya BO dr tmn yg nangkap.saya panggil pino.baru smlm dirumah,saya taruh kardus besar,td tak kasih 2ekor anakan tikus putih lgsg dilahap.fan sudah bisa terbang.sepertinya sudah dewasa dok.rencananya mau tak latih jd partner saya,apa masih bisa dok??
Minta saran nya..
Terima kasih

intinya sama aja. kalau area yang dipatuk masih sekitar kepala dan leher, dia mau ngucapin makasih.

dari ceritanya dia sih katanya dia sempet diserang kucing pas berburu. sampe ke rumah, kakinya rada luka dan pincang gitu. langsung saya karantina.... :)

bisa, mbak. masih sangat bisa. apalagi kalau saya baca dr keterangan mbak, pino sepertinya berkarakter lembut. silakan baca2 artikel di blog saya ini. search saja burung hantu di bagian cari artikel...

salam dari errol... :)

Selamat siang mbak fira, saya mau tanya utk pakan barn owl diberikan dgn burung emprit yg di sepuh warns apakah baik2 saja apa tidal bail? Terima kasih

*di sepuh warna apakah baik2 saja apa tidak baik?

ini saya Ulin Novie yg diatas dok.
lupa mau tanya,smlm sampai detik ini saya gag pernah dengar suaranya si pino dok..
gmn tu??
apa gag pa2?
atau emang ada kisaran umur untuk BO mulai keluar suaranya dok??

yang disepuh kan hanya luarnya saja. emprit harus dipotong, dicabuti bulunya, dikuliti, baru dagingnya dicacah dan diberikan ke burung hantunya.... :)

jadi selama zat sepuhnya gak termakan oleh si burung hantu, gak apa2. amannya sih mending beli yang gak disepuh. ada di toko burung biasanya... :)

kalau nafsu makannya bagus, saya kira dia masih sehat. :)
warna fesesnya gimana mbak? bisa dikasih tau saya fesesnya warnanya apa aja... :)

Besok saya lihat warna fesesnya dok ini td saya kasih tiput ditangan mau nyamperin,tp habis itu makannya gag tenggeran ditangan,masih pergi menjauh.ini saya lepas dikamar kosong,kedengaran klo mau terbang sana sini dok,ada jendela kacanya besar dan keliatan dari luar dok.tp gag mslah lg ko,pgi ini td sudah tiada(free).seneng+sedih sebenarnya.jendela nya kebuka td pas tak lihat.yasudah semoga cpt beranak pinak dan sehat slalu diluar sana pino..

:(
harusnya dipastikan dulu tidak ada celah atau lubang di dinding.... :(
mungkin nanti errol ama pino ketemu di luar sana.... sabar ya mbak... :)

Kasian Errol, Moga cpat sembuh Errol.
Salm dari Vino.. :)

Mau nanya nih, kalo baru beli BO yang chick adaptasinya boleh di kamar gak? Soalnya gak ada ruangan lagi yang sepi..

boleh di kamar, tapi jangan terlalu bising...

Dok saya punya bo, saya beli dari tangkapan liar, dan skg usia sdh masuk juve tengah.
Ini dia knapa ya dia slalu lompat sana sini, terbang sana sini dan tdk mau diam di perch nya?
Lalu knapa pas saya deketin dia defense, apa perlu di karantina lg? Karna pas saya setelah beli, saya karantina dia cuma sehari di dus mie.
Lalu dia kalo mkn udh mau fof tp saya harus paksa untuk naik ke gloves saya, gmn cara nya biar dia mau naik ke glove ato tgn saya dgn sendiri nya?
Mohon solusi nya, trims :)

Dok saya punya bo, saya beli dari tangkapan liar, dan skg usia sdh masuk juve tengah.
Ini dia knapa ya dia slalu lompat sana sini, terbang sana sini dan tdk mau diam di perch nya?
Lalu knapa pas saya deketin dia defense, apa perlu di karantina lg? Karna pas saya setelah beli, saya karantina dia cuma sehari di dus mie.
Lalu dia kalo mkn udh mau fof tp saya harus paksa untuk naik ke gloves saya, gmn cara nya biar dia mau naik ke glove ato tgn saya dgn sendiri nya?
Mohon solusi nya, trims :)

silakan mas baca artikel saya, cara melatih burung hantu. banyak juga trik memelihara burung hantu yang bisa dibaca di blog ini....
komentar saya sih, iya, mas harus 'pdkt' lagi dengan owlnya. kalo soal fof tadi, bisa mas lakukan dengan cara menambah jarak fof setiap kali satu jarak berhasil. misal: pertama lakukan dalam jarak 5 cm. kalau berhasil, tambah lagi jaraknya menjadi 10cm, terus seperti itu... :)

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

Saya mahu tanya..mintak maaf kalau tidak faham bahasa saya..kerana saya orang malaysia..saya tidak tahu nak tanya siapa tentang burung hantu ni..sbb dekat malaysia tidak ada siapa2 yang pelihara,kerana dimalaysia tidak dibenarkan memelihara burung ini..saya cuma nak tanya kalau di bagi makan isi ikan tidak apa2 tak??sbb disini susah nak cari anak tikus,apatah lagi baby tikus..sebab burung saya baru 1bulan lebih,masih ada lagi bulu kapas dibadan dia..

halo faiz. salam untuk pecinta barn owl malaysia ya.
jika memang tidak ada tikus putih, makanan lain yang bisa diberikan bisa daging sapi segar (fresh beef) yang dicacah/cincang. usahakan agar dagingnya betul2 yang segar ya, yang masih berdarah lagi bagus.

seperti saya bilang di artikel jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya, barn owl memang lebih sukar dipelihara oleh pemula/newbie. burung hantu yang pas/tepat dipelihara oleh pemula adalah burung hantu celepuk. sila baca artikel saya tentang cara memelihara celepuk....

salam dari burung hantu barn owl saya, errol. :)

Asskum...dok mau tanya nie, kalo seumpama BO nya dikasih makan tikus hitam (sawah) gt blh gk? kan dr awal td sya baca smp akhir yg d bhas ksih mkan tikus putih ja. trimakasih....
oh y BO nya msh bulu kapas.

cukup pastikan tikusnya bebas bahan kimia dan bebas bakteri.
kalau masih bulu kapas, saya sarankan tikus putih atau daging sapi cincang yang benar2 segar... :)

Saya punya barn owl klo di kasih makan cicak gk apa-apa ya ??? Mohon jawabannya... Trims...

Saya punya barn owl klo dikasih makan cicak gk apa-apa ya dok ??? Mohon jawabannya.. Terima ksih

meski banyak yang melakukan itu, saya cenderung lebih setuju jika barn owl tidak diberi cicak, mas. boleh mas kasih, tapi do at your own risk.. :)

salam dari errol :)

Klo barn owl chick atau dewasa boleh dikasih daging ayam??

saya lebih menyarankan untuk tidak memberikan daging ayam ke owl.. :)

Bu dokter mau tanya nih... Sudh 3 hari ini BO ku g mau mkan.. Lebih tepatnya sejak saya pindahin perch nya dr kamar kosong ke grasi mobil. Dn tetap kan 2-2 nya tertutup.. Sekarang pup nya jg tidak putih lg, jadi agak hijau. Kira2 kenapa ya dok? Saya buka mulutnya bersih kok.. Kasian nih si jack, jadi lemes dan bis ngapa2in..

paru2nya itu. paru2 burung hantu amat sensitif terhadap polusi. mungkin ada sisa polusi dari knalpot di garasi itu yang membuat si jack jadi sakit..

lebih baik jangan di garasi mas..... dan saran saya buat jack, lebih baik bawa ke dokter hewan saja....

sehat terus jack, salam dari errol... :)

Mau tnya lagi bu dokter.. Kalau si jack yang bermasalah di paru2 nya, ada cara pertolongab pertama ga ya?dikarenakan dokter hewan di daerah saya (mataram-ntb) sangat sulit untuk di cari.. Minimal dia mau makan dulu dah... Saat ini si jack sudah tak masukin ke kamar lagi...

agak susah sebenarnya kalau hubungannya ke paru2, mas. tapi untuk nafsu makannya, mas bisa kasih pakan hidup (yang berdarah). bisa berupa bayi tikus/tikus putih yang dilukai, atau daging sapi segar yang dicacah kecil2.....

sementara ini pindahkan saja si jack ke ruangan yang baru. kasih minum juga.... :)

semoga jack bisa sehat lagi

Kalau burung hantunya barn owl diberi Makan burung emprit tiaphari bagaimana tolong jawabanya

gak masalah. jangan lupa disiangi dulu... :)

mau nanya dong, saya baru dapet barn owl hasil tangkapan liar, terus saya coba kasi makan puyuh tapi ko ga di makan ya?
gimana cara menanganinya?
mohon bantuannya

puyuhnya disiangi dulu mas. dipotong, dicabuti bulunya, dagingnya dipisahkan, dagingnya dicacah kecil2. baru diberikan ke owlnya... :)

klok barn owl brancher boleh gak dikasih makan daging ayam yg udh masuk freezer

daging ayam saja kurang bagus untuk barn owl. apalagi yang sudah masuk freezer. :)
lebih baik kasih daging sapi cincang yang masih segar dan belum masuk freezer atau bayi tikus putih...

Dok, bop saya itu kalo di keluar rumah tanpa tali dia gk mau kabur... apa artinya dia udah percaya sama saya? Dan boleh d lepas ke luar?...

tidak juga seperti itu, mas. :)
diperlukan waktu tahunan sampai si owl dan si owner akhirnya bisa saling percaya. salahsatu cara mengetahuinya adalah dengan melatih. diperlukan latihan yang terus menerus agar owl bisa percaya 100% kepada ownernya.
mas sudah melatih owlnya? semua teknik latihan owl sudah dilewati dengan baik oleh owlnya? pun kalau memang sudah pun sebaiknya hati2 dalam latihan escaping, mas. kadang owl yang sudah dilatihpun akan tertarik untuk kabur saat latihan escaping. saya dulu juga melatih si errol seperti itu. beberapa kali dia kabur dari saya, tapi akhirnya dia balik lagi karena kami berdua memang sudah saling terikat (imprint).... :)

silakan mas baca artikel saya imprint pada burung hantu dan cara melatih burung hantu.... sehat selalu dan salam nih dari errol dan padma... :)

dok,barn owl itu sehari makan tikus berapa?

Dok mau tanya, kira" abis brapa duit yaa buat beli mkan B.O slama 1bulan?? Trus klo slain celepuk dan obay yg ngsih mkanya agak trjangkau apa yaa?? Mksih dok :)

si errol biasanya saya kasih 3 kali sehari. pagi kasih pinkies (bayi tikus putih), siang saya kasih owl treat, malam saya suruh dia keluar cari tikus sendiri....

kayaknya kalau selain celepuk dan oriental bay owl, semuanya butuh biaya yang 'lumayan' mas. saya juga kasih makan si errol sendiri (belum sama biaya pakannya si padma), bisa 1 hingga 2 juta perbulan. mas bisa bayangin, keluarga saya semuanya memelihara falcon (hanya saya aja yang fokus di owlry, selain saya falconer semua) dan mereka rata2 ngeluarin biaya diatas saya....

tapi ya namanya juga udah hobi turun temurun ya mas, jadi gak dirasa. si errol sih enak udah bisa saya lepas ke halaman buat cari tikus sendiri, jadi gak terlalu mahal juga kalau ukuran segitu.... :)

untuk membeli barn owl kisaran berapa sih gan harganya?

visit to http://mobildatsunbandung.com/

dr kalo owl yg msih bulu kapas perlu minum.gk

silakan mas baca di artikel cara memelihara barn owl bulu kapas... :)

Tante dok kmaren aku dikasih barn owl kira2 masih juve tengah tpi wktu aku lihat kok mencret yaa sma klo bernapas kyak pilek gtu
Trus ktanya dlu yg pnya itu sayapnya sma ekornya di gunting ktanya klo bulu digunting itu gk bisa tumbuh bener ya dok sma klo di elus2 itu slalu ngliatin tangan ku gmana solusinya dok ??

Dok aku baru dpet BO kmaren trus aku lihat dia kok mencret yaa trus klo mapas tuh kyak pilek gtu trus syap sma ekornya tuh di gunting katanya klo digunting tuh gk bisa tumbuh bner gk ? Gmana solusinya ?

Saya menemukan barn owl di balkon kamar sya, ukuran tbuhnya sedang. Tpi tdak bsa trbang, saya liat kakinya tidak ada yg luka, melainkan tegang. Apa yg hrs saya lakukan utk merwat burung ini??

untuk susah bernafas, saran saya sih mending bawa ke dokter aja. takutnya tetelo. fesesnya berwarna hijau tidak?

Iya, bulu yang digunting bisa tumbuh lagi. agak lama, tapi pasti bisa... :)

amannya sih bawa ke dokter hewan aja mas. gak mahal kok. :)
tekan engsel bagian kakinya pelan2, apakah dia keliatan kesakitan?

kalo beli daging sapi nya di mana ? tarus kalo pinkis tuh beli di mana ?
sya mau belu cuma bingung soal pakannya aja

Dok, barn owl yg masih chick perlu di kasih minum ga siihh...❓

iya. pastinya, semua hewan butuh minum. :)
cara memberikan minum kepada burung hantu bisa mas cari di bagian cari artikel...

Dok,kan BO gk blh d ksh mkn ikan,trus AKIBAT dari barn owl yg d ksh mkn ikan itu apa,,,???

Gan barn owl brancher itu cocok gak dikasih anakan burung puyuh,, trus kalo brancher itu tingkat pemeliharaanya lebih sulit atau sedang ?

Gan barn owl beancher kalo dikasih makan anakan puyuh gmna ? Trus kalo brancer itu tingkat pemeliharaanya lebih sulit dibanding chick atau sama saha atau cenderung agak mudah ?

dok,kl BO d ksh ikan efek nya apa,,,?

dok,kl BO diksh mkn ikan akibatnya/efeknya apa buat si BO ,,,,?////?

puyuhnya di siangi dulu. yang dikasih hanya dagingnya saja...
brancher menurut saya lebih mudah dibanding yang chick... :)
maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

udah saya balas kayaknya mas... :D
daging ikan saya ibaratkan kayak mie instan buat manusia. boleh sesekali dimakan, tapi jangan kebanyakan. :)
maaf baru bales, saya baru sakit kemaren...

dok mau nanya, saya baru beli anakan barn owl, trus saya nyari pakan tiput di daerah saya gak ada lalu ada salah satu toko nyaranin di kasih br(pakan ayam) di suapin, itu menurut dokter boleh nggak

dok saya baru beli barn owl anakan, saya nyari tiput di daerah saya gak ada, lalu saya diberitahu sama penjual pakan untuk ngasih br(pakan ayam), itu baik gak untuk barn saya

barn owl kasih pakan ayam? pur maksudnya? gak boleh.
barn owl adalah burung pemakan daging, jadi kasih daging2an mas. bisa pakai daging sapi (beli aja di tukang sate, mentahnya).

Dok. saya baru beli barn owl brancher, mau tanya takaran makannya berapa? makasi ,:)

Dok, saya baru beli barn owl brancher, mau tanya takaran makannya berapa dok? makasi :)

sampai dia tidak lagi mau makan dr tangan mas. dikasih makan daging cincang? harus disuapi ya mas, kecuali memang dia mau makan langsung dari tempat makan... :)

saya baru punya barn owl usia brancher awal yg baru tumbuh sedikit bulu sayapnya, lainnya msh bulu kapas. cara perawatannya bagaimana? saya beri mkan anakan burung puyuh tidak apa"? trus mulai ditaruh di perch itu usia brp?
mohon bimbingannya..

cara merawatnya bisa mas baca di artikel di atas.
untuk makanan burung hantu pakai puyuh, silakan baca artikel saya menyiapkan emprit dan puyuh sebagai makanan burung hantu. saran saya sih pakai bayi tikus atau bayi tikus putih saja mas...
bisa mulai ditaruh di perch di usia sekarang. kalau dia sudah bisa nangkring sendiri... :)

assalamualaikum mbak...saya br dpt BO masih bulu kapas..kl masih bulu kapas apa perlu rantai??

tidak perlu. cukup taruh di ruangan kosong. bisa juga taruh di dalam dus yang agak besar, bekas tv atau bekas kulkas... mas kasih tangkringan di dalamnya... :)

Maaf mbak,kalau owl ngrawat dari chick trus kita pindah rumah apa dia nanti kenal sama kita atau harus mulai manning dari awal lagi,??
Trus perchnya harus perch yg dari chickk atau gimana,?

gak. burung hantu akan tetap mengenal kita meski kita pindah rumah atau lingkungan. karena mereka bisa membaca pikiran kita mas. :)
kalau udah ada dan dia bisa nangkring sendiri, bagus ditaruh di perch dari chick.

maaf doc mau nanya... apakah boleh BO dikasih makan daging kambing? makasih

meski banyak pecinta BO yang memberi makan daging kambing, saya sendiri berpendapat lebih baik dihindari. tekstur daging kambing tidak cocok untuk sistem pencernaan burung hantu...

kak, saya baru punya barn owl usia brancher awal. msh byk bulu kapasnya tp sudah tumbuh bulu sayapnya.
gmn cra perawatannya kalau usia segitu?
biasanya saya kasih mkan anakan puyuh. apa tidak apa"? sehari harus saya ksih anakan puyuh brp? soal.nya saya kasih mkan klo dia lapar saja. kira" 6-10 ekor. apa itu uda benar?
selain pakan katanya harus dikasih minyak ikan dan vitamin. itu cara kasihnya gmn? brp skala waktunya?
apa blh BO saya dipasangkan anklet? trus kpan bisa ditaruh di perch? soalnyanya sementara ini saya taruh dikerdus besar di siang hari dan di malam tak lepasin sampe jam 12an trus tak taruh kerdus lagi.
mohon bimbingannya kak... ^_^

cara merawatnya silakan baca artikel di atas, hehehe....
minyak ikan cukup kasih 2 minggu sekali aja. pemberian pakan udah tepat. coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya :)
angklet bisa dipasangkan saat owlnya diajak main di ruangan terbuka saja. selebihnya lepas aja. kalau dia sudah mulai bisa nangkring sendiri, bisa ditaruh di perch. kardus besarnya kasiih tangkringan di dalamnya mas, biar dia bisa nangkring di dalamnya. sesekali kasih bayi tikud putih aja di dalam dus, kemudian tutup. biarkan dia makan bayi tiputnya sendiri... :)

sehat terus buat owlnya. dikasih nama siapa mas? salam dari errol dan padma.. :)

dok kalau takaran makan untuk burung hantu jenis barn owl berapa banyak burung empirit sehari?

makasih kak buat bimbingannya..
BO saya namanya jezz, salam jg buat errol sama padma

2 hari yg lalu si jezz saya kasih puyuh yg hampir mati karna sayang kalo uda mati ntar dibuang mnding tak kasih si jezz.
kmrin si jezz mencret trus saya kasih amoxicillin spt kta kakak
td pagi pup.nya msh byk cairannya.
gmn kak?

mohon bantuannya...

antara 3-4 kali sehari... cara mengolah emprit sebagai makanan burung hantu bisa dibaca di blog ini... :)

sekarang gimana keadaannya?
warna pupnya sekarang gimana?

harusnya kalau memang puyuhnya sakit (hampir mati), jangan dikasih. kecuali kalau puyuhnya memang mau mati karena bukan sakit, misalnya akibat keinjek, atau insiden lainnya....

nanti kalau sudah pulang saya cek lg si jezz
tp tadi saya telp orang rmh katanya jezz sehat. masih berisik spt biasanya kalau dipanggil namanya.
itu pemberian amoxicillinnya kan 1/5 dicampur 6 sendok mkn air 3 hari sekali.
jezz gk suka minum.
gmn solusinya kak?

puyuh yg tak beli kan biasanya 10rb dpt 50 ekor
biasanya bwt 3-4 hari
biar puyuhnya gak gampang mati hrus diapain kak?

mohon bimbingannya..

boleh dikasih amoxicillin dengan dosis segitu...
puyuh 10rbu bisa dpt 50 ekor? murah banget mas. lebih baik beli puyuh satu2 aja mas. :)

biar puyuh gak gampang mati taruh di ruangan yang hangat.

dok tadi saya baru saja memasukan baki tempat minum ke kandangnya george sama creek (Barn Owl) pas jam 10 malem eh pas di liatin mereka malah membasahi diri mereka sendiri kaya mandi gitu, apakah mereka akan baik2 aja mandi malam hari dok? makasih banyak dok

anakan puyuh/DOQ disurabaya 10rb dapet 40-50 kak.

tadi malam jam 11-jam 2 jez tak ajak main dijalan depan rumah diam aja.
tak kasih makan juga gak respon. apa uda kenyang kak ya.. soalnya sebelumnya adek saya kasih puyuh 10.
tapi kalau dipanggil namanya mau teriak" trus diem gitu.
sebelumnya jezz mau jalan pas dikasih mkan jarak 3-4meter sambil dipanggil namanya.

hari ini pupnya jezz ada yang berair ada yg keras juga.
yg berair warna putih, ada hijau dikit sama kuning dikit.
yg keras bentuk gumpalan coklat kehitaman gitu.
uda gak ada coklat encer lagi.

kira" skrg kondisi jezz spt apa kak?
mohon bimbingannya...

iya itu wajar. harusnya sih jangan malam2. pagi2 aja kasih bakinya. silakan mas baca artikel cara memandikan burung hantu. :)
segera lap tubuh creek dan george pakai handuk kering ya mas...

mungkin aja udah kenyang. soal fesesnya, kayaknya sih masih sehat. mungkin sesekali kasih jangkrik juga mas, jangan selamanya kasih puyuh. mas kasih puyuhnya dengan cara disiangi dulu kan? silakan baca artikel saya cara mengolah puyuh sebagai makanan burung hantu dan BOP....

«Oldest   ‹Older   201 – 400 of 1033   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.