Cara Memelihara Sulcata | Drh. Fira Sovica

Tips dan trik

cara memelihara sulcata

ini ditujukkan untuk orang yang sudah memiliki sulcata maupun baru akan membeli sulcata.
secara garis besar, cara memelihara sulcata tidak sulit tapi juga tidak juga dibilang mudah. ada beberapa pokok hal yang harus ditekankan dalam memelihara hewan yang dinamakan African Spurred Tortoise dalam bahasa inggris atau Geochelone Sulcata dalam bahasa latin. berikut adalah beberapa tips dalam memelihara sulcata. Bedanya kura-kura sulcata dengan pardalis bisa anda ketahui di artikel cara membedakan kura-kura sulcata dan pardalis.

1. sulcata tidak menyukai tempat lembab
hal ini karena memang aslinya sulcata berasal dari afrika yang beriklim kering. sulcata secara alami hidup di Sudan, Togo, Ethiophia, Mauritania hingga Mali. berkenaan dengan ini, maka sediakanlah tempat yang kering dan bebas air karena sulcata memang jenis kura-kura darat. kecuali sulcata yang masih kecil, sulcata juga cukup diberi minum seminggu sekali.

2. gunakan lampu khusus reptil untuk menerangi kandangnya.
lampu khusus untuk reptil sangat disarankan penggunaannya di kandang sulcata. selain untuk asupan vitamin D3 yang baik untuk sulcata, lampu khusus reptil juga bisa menghangatkan kandang sulcata. Tempatkan lampu khusus reptil di satu titik kandang, dan biarkan bagian lain dari kandang tetap teduh agar sulcata bisa meneduh saat ia sudah merasa kepanasan.

3. makanan sulcata
di habitat alamnya, sulcata banyak memakan tumbuhan-tumbuhan yang mengandung air. untuk sulcata penangkaran, para penangkar sulcata biasanya memberikan kaktus centong caisim, wortel, selada, bunga sepatu, daun murbei, alfalfa, bermuda grass, dan fumak. hindari makanan yang berprotein tinggi untuk mencegah pyramiding (bentuk tempurung berbentuk piramid atau munjung ke atas). sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman jika ingin memberikan jenis sayuran yang lain ke sulcata.
sulcata juga perlu diberi asupan kalsium. asupan kalsium bisa diperoleh dari produk suplemen kalsium khusus reptil yang banyak beredar di pasaran atau bisa juga menggunakan tulang ikan sotong yang dihaluskan.

4. menjemur sulcata di bawah sinar matahari
menjemur sulcata di bawah sinar matahari pagi hendaknya dilakukan minimal 1 minggu sekali selama 5 atau 10 menit dibawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9 pagi). selain untuk menyerap vitamin D, penjemuran juga dilakukan untuk membantu menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin saja terdapat pada karapas atau tubuh sulcata.
jangan menjemur sulcata tanpa pengawasan dan segera pindahkan sulcata jika sulcata mulai terlihat gelisah.

5. ciri sulcata yang sehat
ciri-ciri sulcata yang sehat antara lain matanya jernih, hidung kering dan tidak berair, nafsu makan bagus, aktif bergerak, berat badan seimbang, dan tidak adanya luka pada scute (sambungan antarkeping tempurung). anda patut curiga jika salahsatu ciri sulcata yang sehat tersebut tidak terdapat pada sulcata anda.

Demikian artikel tentang

cara memelihara sulcata

. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi orang yang ingin memelihara sulcata maupun yang sudah berpengalaman memelihara sulcata.

172 Responses to "Cara Memelihara Sulcata"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.