Cara Memelihara Musang Rase | Drh. Fira Sovica

memelihara musang rase

(viverricula malaccensis atau umum dikenal sebagai small indian civet) sebenarnya sama saja dengan memelihara jenis musang yang lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan secara benar. musang yang sekilas mirip dengan srigala ini memang lebih bagus corak corak bulu ekornya dibanding jenis musang lainnya. Bagi anda yang belum mengetahui bedanya musang pandan dengan musang rase, anda bisa membaca artikel perbedaan musang rase dengan musang pandan.
cara memelihara musang rase
dan berikut ini adalah beberapa tips dalam memelihara musang rase:

1. musang rase yang masih bayi relatif lebih bisa dijinakkan tapi butuh penanganan ekstra.
musang rase yang dipelihara dari bayi (umur 1 atau 2 bulan) akan lebih mudah dijinakkan dibanding memelihara musang rase hasil tangkapan liar yang sudah dewasa. bahkan, dalam banyak kasus, musang rase yang dipelihara sejak bayi pun akan tetap bersifat jumpy (kagetan).

Yang terpenting dalam memelihara musang rase yang masih bayi adalah jangan sampai si musang kelaparan. penulis sendiri pernah memiliki seekor musang rase yang akhirnya mati karena penulis lupa memberi makan. makanan yang utama bagi bayi musang rase adalah bubur bayi atau susu dancow. bersihkan sisa makanan yang menempel di bulu musang rase setelah ia makan. sisa makan yang tidak dibersihkan akan membuat bulu rase menjadi rontoh.

2. berikan wadah minum di dalam kandang serta berikan kain di dalam kandangnya sebagai penghangat.

3. sering-seringlah berinteraksi dan mengajak main si musang.
berilah nama kepada si musang saat anda bermain dengannya. musang biasanya akan mengenali jika dipanggil, terutama oleh mereka yang merawatnya sejak bayi.

4. berikan asupan makanan berupa scott emulsion selain makanan utamanya.
meski di alam musang rase dikenal sebagai karnivora (pemakan daging), makanan utama musang dewasa yang dipelihara umumnya adalah buah-buahan. ada pula beberapa owner musang rase yang memberikan blenderan nasi dan hati ayam rebus kemudian dicampur susu untuk makanan utamanya, dan penulis sendiri menganjurkan menggunakan menu ini sebagai makanan sehari-hari musang rase.

5. beberapa sifat musang rase
a. musang rase rentan stress
dibanding dengan jenis musang lainnya, musang rase rentan stress. musang rase juga tidak terlalu suka keramaian. jadi lebih baik jangan membawa musang rase ke gathering-gathering atau ke tempat lain yang ramai.

b. musang rase sebaiknya tidak diharness
musang rase sebaiknya jangan diikat atau tidak diharness. sebaiknya tempatkan rase hanya di dalam kandang dan ajak main musang rase hanya di dalam ruangan.

6. musang rase perlu dimandikan
poin keenam dalam tips

cara memelihara musang rase

adalah perlu dimandikan, setidaknya saat musang sudah sangat kotor. gunakan air hangat dan sampo bayi untuk memandikannya. setelah dimandikan, keringkan musang rase dengan cara dilap dengan menggunakan handuk kemudian diangin-anginkan di dalam ruangan. jangan menjemur musang rase karena musang rase rentan dehidrasi.

demikian tips cara memelihara musang rase. semoga tips tersebut berguna bagi pembaca yang akan mengadopsi musang rase.

351 Responses to "Cara Memelihara Musang Rase"

  1. maaf baru dibales, mas. saya sibuk banget nih. :D

    sebaiknya sih jangan dikasih susu, mas. apalagi susu beruang. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu non laktosa kayak sgm non laktosa... itupun saya kurang sarankan.... kalau rase, cukup air putih aja... :)

    umur musangnya berapa mas?

    sekali lagi, maaf karena baru balas.. :(

    ReplyDelete
  2. sebelumnya maaf baru bales. saya sibuk banget 2 hari ini... :(

    sekarang gimana keadaannya mas?

    musang rase kalau terbaring kayak lesu tapi matanya melotot dan dia kejang2 serta keluar cairan di mulutnya biasanya karena mas lupa kasih makan. karena dulu musang rase saya juga gitu mas sekarat. hanya karena dulu saya lupa kasih makan sekali. iya, sekali doang lupa kasih makan. langsung almarhum.

    makanya untuk rase, sebaiknya dijaga bener2 pola makannya. jangan sampe lupa kasih makan. fatal akibatnya....

    kasih saya kabar ya mas...

    ReplyDelete
  3. maaf baru dibales, mas. saya sibuk banget nih. :D sebaiknya sih jangan dikasih susu, mas. apalagi susu beruang. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu non laktosa kayak sgm non laktosa... itupun saya kurang sarankan.... kalau rase, cukup air putih aja... :) umur musangnya berapa mas? sekali lagi, maaf karena baru balas.. :(

    ReplyDelete
  4. umur 3 minggu dok, tapi udah melek matanya dok, jadi gausah dibelikan susu lg dok? air putih cukup? kalo di dotin suka kesedak gitu diaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, air putih aja cukup kok.
      kasih minumnya pake pipet aja kalau emang didotin sering tersedak. sedikit2 dan harus sabar emang... :)

      musras 3 minggu masih sangat rentan, mas. jadi harus ekstra hati2... :)

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  5. Dok, mau tnya klo musang rase makanan utama sehari hari nya cuma dikasih buah buahan aja gimana dok ?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya sih gak masalah, tapi bagusnya tetep dikasih daging2an.... :)

      Delete
  6. Tambahan dok !
    Selain buah buahan klo di selingi bubur sun rasa beras merah dan minumnya air putih gitu gmana dok ?

    ReplyDelete
  7. Dok, mau tnya lg klo musang rase klo makanan utama nya sy berikan bubur sun rasa beras merah / nasi kecap dan nasi sate hati ayam tapi yang sate hati ayamnya belinya dr warung makan gitu dan selingannya buah buahan gk maslah kn dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur bayi oke. :)
      soal hati ayamnya nih yang perlu mas perhatikan. mending beli hati ayam mentah di pasar, pastikan gak ada bahan kimia, lalu mas rebus tiap kali mau kasih makan musangnya.... gitu aja mas... :0

      saya seneng mas kasih makan buah2an sebagai makanan tambahannya. bagus banget. :)

      coba infokan saya mengenai fesesnya, mas... saya tunggu ya... :)

      Delete
  8. Dok mau tanya, makanan untuk musang rase yang umur 1 bulan.an itu apa cukup di kasih susu aja? Atau ada makanan lain??

    Dan gimana dok nyembuhin mata musang rase kalo tiap pagi gak bisa melek karna banyak belek nya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. kasih bubur bayi promina aja, mas. jangan terlalu encer tapi.

      beleknya bersihkan aja pakai cotton bud yang dibasahi air hangat.


      mas udah pernah pelihara musang lain? agak susah mas pelihara rase umur 1 bulan. :)

      Delete
  9. feses nya warna nya cokelat padat;
    Dok, mau tnya jg buah buahan selain pisang dan pepaya apa ya dok yang bagus untuk rase itu ? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Maav baru bales dok, soalnya hp sy error terus
    feses nya warna nya cokelat padat;
    Dok, mau tnya jg buah buahan selain pisang dan pepaya apa ya dok yang bagus untuk rase itu ? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain pepaya dan pisang, hmm, mas bisa kasih jagung manis yang direbus lalu dilepas dari bonggolnya. taruh aja di mangkuk, lalu taruh di kandangnya... :)

      Delete
  11. dok saya baru adopt musrase umurnya sekitar 3-4 bulan, saya masih bingung cara kasih makan nya gimana soal nya saya sudah coba kasih bubur sun ga mau, kasih pisang cuam dimakan sedikt, mungkin ada solusi lainnya dok?makanan yg baik untuk musrase umur segitu.. terimakasih dok, mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Tanya sama owner sebelumnya, biasanya dikasih makan APA. Pisang oke, dikit jg gak apa2,mungkin krn lg adaptasi aja..... Kasih sya kabar lg ya maa

      Delete
    2. oh ia dok, terimakasih info nya, ini saya dapet nya dari sawah dok ditinggalin induknya, terus kalo musang nya teriak teriak dimalam hari itu tandanya apa dok?

      Delete
    3. oh ya. kalau dia teriak2 kayak gitu biasanya lapar.... udah bisa makan sendiri belum musangnya? kalau udah bisa, taruh aja makanan di kandangnya. jangan lupa besoknya bersihkan sisa makanan yang nempel... :)

      Delete
  12. oh gt ya dok, berarti harus siap sedia makanan saya, udah dok bisa makan sendiri, alhamdullah sekarang mau makan pisang, ok dok, thx infonya ya dok :)

    ReplyDelete
  13. Dok mau tanya dong !
    Musang rase saya usianya -+ 2bln, dan biasanya di lincah sekali dok dan suka ngejar cwe yg lewat, namanya LEBOY.

    Tp td sore di gak seperti biasanya dok, dia hanya jalan dan pas saya angkat badanya lemas bgt.

    Dan jam 9an pas saya liat lg trnyata kondisinya semakin melemah dok, dya sama sekali gak bisa berdiri dan dia smakin lemas tak berdaya, tp perutnya masih gendut (makanan td sore).

    Apa dok solusinya biar dia bisa sehat kembali ?
    Saya udh sayang bgt sama dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? biasa dikasih makan apa?
      banyak sebab sih, diantaranya mungkin salah makan (coba cek mulutnya, dia keliatan ngiler nggak). cek juga fesesnya, terutama bentuk dan warnanya. apakah mencret?

      biasa dikasih makan apa mas? coba kasih air kelapa campur sari kurma aja...

      Delete
  14. assalamualaikum dokter saya mau konsultasi
    saya punya musang rase usia sekitar 2 bulanan jantan
    1. rase saya sekarang lebih suka makan bubur sun daripada makan pisang, apakah baik seperti ini terus, bagaimana cara agar dia suka sm pisang?
    2. akhir2 ini kotoran rase saya berbau menyengat, apakah ini berkaitan dengan makanan rase saya yg selalu makan bubur sun?
    3. ketika makan bubur sun, rase saya selalu belepotan sampe ke bulu-bulunya, sehingga saya selalu seka dengan lap basah setiap hari, apakah ini dpat berdampak pada kesehatannya?
    mohon penjelasan dari bu dokter, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau musang rasenya masih kurang 3 bulan, yang paling penting adalah dia mau makan dulu. itu aja. yang penting dia sehat dulu. kalau soal menunya apa, terserah yang penting dia mau makan. kalau soal diversifikasi menu, nanti setelah usia 3 bulan ke atas bisa dicoba kasih jenis makanan lain...
      2. dari dulu begitu (berbau menyengat) atau baru2 ini? kalau baru2 ini aja (artinya, ada perubahan bau feses), mending mas kasih minum air kelapa muda biar sistem pencernaannya bagus lagi. dan juga, coba ganti pake bubur bayi promina campur sari kurma dikit.... buat menu makannya... :)
      3. kalau sisa makanannya mas lap, artinya gak ada sisa makanan yang menempel, kayaknya aman2 aja.... awas, sisa makanan yang menempel dan gak dibersihkan bisa membuat bulu rontok... :)

      Delete
  15. terimakasih atas jawaban dokter,saya mau tanya lagi
    kotorannya bentuk padat berwarna kuning tapi ada bercak seperti kehitaman gitu,apa ada masalah sama sistem pencernaannya?
    saya rasa baru beberapa hari ini berbau menyengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kebersihan pakannya.
      observasi aja dlu selama beberapa hari, sambil dijaga pola makannya. lakukan apa yang saya sarankan ya mas... :)

      Delete
  16. Maaf dok numpang tanya rase saya sampai umur 3 bulan up blm bisa makan sendri.. bgaimana cara agar bisa makan sendri dok ?? Trmksih

    ReplyDelete
  17. Dok saya mau tanya ..sampai umur 3bln up rase saya blm bisa makan sendri..hrus di spet bgaimana cara agar bisa mkn sendri... trmksih ..mohon respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja taruh makanan di kandangnya... gak apa2 dia udah makan juga. mas taruh aja di kandangnya... :)

      Delete
  18. Dok saya punya rase yng masih bayi itu harus nya di kasih makan dan minum apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayi bisa, mas...

      minumnya air mineral... :)

      Delete
  19. Rase ku udah umur 4 bulan tapi body masih kerdil aja...kira2 tingginya kira2 cuman 20 cm.apakah itu normal dok? dan bulunya sangat tipis,masih kayak bawaan baby nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran segitu masih bisa dibilang normal kok... apalagi masih banyak bulu bawaan baby... :)

      Delete
  20. Dok mau tanya dong.. musang rase ane gigi dan kukunya baru mau uda mau tumbuh tapi kenapa ya gak mau makan bubur bayi, pisang, pepaya, sama susu.. gua pernah sepet pake suntukan tpi mala melawan, kepalanya diputerputer. Giliran dikasi roti dia mau cuma sekarang badannya kurusan gara-gara makan roti mulu.. solusinya gimana dok agar mau makan ati ayan ataupun bubur dan susu. Terima kasih dok.. tolong saran dan jawabannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ati ayamnya cacah, terus tumbuk bareng rotinynya... atau gini aja: rotinya dicacah, ati ayam dicacah, terus aduk, baru kasih ke rasenya... :)

      maaf baru balas, mas. komentar mas kelewat... :)

      Delete
  21. bu dokter yg cantik mo tanya donk.. musang rase saya umyr 3 bln jinak bgt tp ga prnh mau di pegang apalagi di gendong cara megang rase yg bnr itu gmna sih dok... mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya rase emang bukan hewan yang aktif di atas pohon... dan menurut saya, yang penting adalah dia jinak. kalau soal dia bisa dipegang, mas bisa membiasakan memegang dia dengan sering mengajaknya bermain...

      Delete
  22. Dok rase saya masih umur 2-3 mingguan, awalnya bab n pipis lancar rutin tiap hari, mulai kmrin kog gk bab sma skali ya,tp pipis berkali2, hari ini td sarapan masih selera bahkan lahap, abis sarapan tidur, biasanya wktunya makan siang dia bangun, tp ini smpai sore kog terus tidur pindah sana pindah sini kaya malas gt dok, mw saya kasih makan gmn? Keadaanya lg tidur,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas. sibuk sekali semingguan kemarin... sekarang gimana keadaannya?

      biasa dikasih makan apa mas? coba kasih bubur bayi promina campur sari kurma sedikit.....

      fesesnya gimana? tahinya? mencret? kabari saya lagi ya mas...

      Delete
  23. Dok saya mau tanya maaf kalau pertanyaan nya tidak masuk akal ya dok. Saya mau tanya apakah baby musang rase boleh minum susu kucing bersama anak anak kucing (susu kucing asli) apakah kandungan susu kucing asli memiliki efek samping buat si baby musang ? Maaf ya dok kalau saya banyak tanya dan pertanyaan saya aneh aneh saya dari dulu juga suka baca semua artikel dokter dari cara merawat burung hantu,otter,musang dan hewan lainya. Salam buat errol dan padma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo... :)
      hmm, kalau mas nanyanya boleh atau nggak, saya sendiri berpendapat boleh2 aja sih. cuma ya itu, efeknya kita nggak tahu kayak gimana. soalnya anakan rase rentan banget sistem pencernaannya.

      ini pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman karena dulu rase saya juga gitu, mereka suka nyusu sama induk kucing.... :)

      Delete
  24. dok saya kan baru beli musang umur 2 bulanan sdh bisa makan sendiri tapi sama pisang yg di penyet ... trus saya mau coba kasih bubur sun campur susu bayi gpp ya dok?? yang ada lactosanya gpp kan dok? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayinya aja mas, promina, jangan sun. dan jangan campur susu, malah mencret nanti... :)

      dan maaf karena baru bales ya mas... kabari lagi...

      oh ya, beli musang pandan aja.

      Delete
  25. Dok musang rase saya umur 1 bulan saya kasih susu beruang . baik gak ya buat si musang rasenya ? . lebih baik musang rase saya dikandangin apa di freroom aja dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia semenjak dikasih susu, fesesnya mencret nggak?
      kalau bisa sih jangan, mas.

      biasa dikasih makan apa? kasih kabar ya mas...

      Delete
  26. dok musang saya umurnya baru 3 bulan, dan kemarin pagi sempat bikin kaget saya karena terbaling lemas di dekat tempat minum dengan muntah cairan berwarna kehitaman, setelah di kasih madu baru segaran dan besoknya sudah membaik, untuk pupnya sendiri saat lemas warnanya hitam tapi setalah mendingan dan makan bubur bayi lg sudah berangsur normal

    kira" musang saya itu keracunan atau apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan keracunan. mungkin bubur bayinya sudah basi? atau dia makan sesuatu?

      bisa kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikelnya.
      jenis musangnya apa mas?

      Delete
  27. dok gimana caranya biar kalo di dot itu gk berontak,soalnya dia kalo dikasih susu suka berontak mulu harus di paksa<umurnya 1,5 bulan dok

    ReplyDelete
  28. dok kenapa musang rase saya sukia berontak kalo di kasih dot

    ReplyDelete
  29. dok gimana caranya biar kalo di dot itu gk berontak,soalnya dia kalo dikasih susu suka berontak mulu harus di paksa<umurnya 1,5 bulan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya agak dipaksa dikit, mas. daripada dia gak makan samasekali. coba kasih bubur bayi, JANGAN dikasih susu.
      Kalo gak dipaksa, ya gak bakalan makan. Atau mas bisa coba taro bubur bayinya di kandang. Syukur-syukur dimakan. Kalo gak dimakan, ya harus disepet. :)

      Delete
  30. Dok musang rase saya itu masih kecil, jalannya pun masih kadang jatoh2, tapi disini masalahnya dia gak mau makan gimana dok? Udah saya kasih bubur sama susu tetep nggak mau
    makan, minta solusinya dok. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayi aja, jangan dikasih susu.
      sekali lagi: jangan dikasih susu.
      kasih bubur bayi promina aja.

      dan coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih setetes atau dua tetes tiap hari. jangan kebanyakan.

      Delete
  31. Dok mau tnya.,.ane kn baru beli musang rase dn Kira2 usia Ny 1,5-2 bulan Kira2 makanan Ny ap ya untuk usia segitu?
    Soal Ny dari Owner yg dlu di kasih makan pisang,bubur cerelak dn jangkrik .,. Tp sering Ny pisang dn cerelak,untuk jangkrik jarang di kasih
    Kira2 gmn dok untuk musang rase saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sementara ini samain aja makanannya, pisang dan cerelac... :)

      Delete
  32. Dok mau tnya.,.rase mandiri it di usia brp?
    Dn cara agar musang rase mandiri it bagaimana langkah2 ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mandiri itu gimana?
      udah bisa cari makan sendiri/udah bisa makan sendiri?
      kalau udah bisa makan sendiri, biasanya usia 3 bulanan dia udah bisa makan sendiri...

      taro aja makanan di kandangnya. kalau dia udah bisa jalan dan makan sendiri, saya kira dia udah cukup mandiri... :)

      Delete
  33. Makan sndri Dok
    Dn usia rase saya 2 bulanan Dok dn ap perlu cuma di kasih bubur sun saja ato harus di tmbah susu? Dn rekomendasi susu Ny ap Dok?
    Oh ya saya kn ingin mengganti bubur sun rasa pisang saya ke bubur promina ati ayam,apakah lgsg di gnti ato pke perbandingan untuk mengganti Ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN dikasih susu. malah terganggu nanti sistem pencernaannya.
      cukup kasih makan bubur bayi promina aja, rasanya terserah. kalo emang udah pake sun, tunggu abis aja. nanti kalo udah abis, baru ganti promina. :)

      Delete
  34. Skrg musang rase saya malah gk mau makan Dok,biasa Ny kl laper saya kasih jari lgsg nyosor Tp skrg rase saya gk mau nypsor kek gk mau makan Dok
    Iy knp ya Dok?
    Dn saya dh kasih susu SGM dn promina di campur sun

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEKALI LAGI, JANGAN dikasih susu. malah terganggu nanti sistem pencernaannya.
      coba mas baca lagi deh komentar saya di atas..

      Delete
  35. Hehe Iy Dok
    Ini saya kasih bubur sun aja.,.
    Dn kek lemes Dok dn makan Ny dkit bngt,Kira2 biar gk lemes lg gmn Dok?
    dn usia ideal musrase maem Ny daging/ati ayam It brp bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, saya baru balik tugas dari luar negeri, mas...

      sekarang gimana keadaan musangnya? coba kasi minum air kelapa. bisa sesekali kasih jus pepaya murni, airnya dikit, dan jangan dikasih susu/es/gula. biar sistem cernanya bagus.
      maksudnya musang mandiri gimana? makan sendiri? taro aja makannya di kandangnya. dia udah bisa makan sendiri, kan?
      lakukan yang saya sarankan ya mas... :)
      dan kabari lagi

      Delete
    2. Dok mau tanya klau murasnya bulunya rontok apa bisa cepat tumbuh lgi . Thakz

      Delete
    3. kebersihannya gimana?
      coba kasih minyak kemiri untuk musang. cek artikel saya: minyak kemiri khusus musang...

      Delete
  36. Dok saya mau tnya lg.,.musang rase saya agar bisa mandiri gmn Dok.,.? Soal Ny tiap saya kasih makan musang rase saya,saya slalu kena gigit Dok dn gigi Ny sekitar -+2 cm Dok dn rasa Ny sakit
    Mohon pencerahan Dn tips Ny Dok agar musang rase saya bisa manditi

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Oh ya Dok saya kn baru beli musang rase sudah mandiri ( yg Maren Dah di jual krna repot tiap hari harus ngasih spet ) Mngkin usia Ny 3-4 bulan.,.nah gmn cara menjinakkan Ny dn membuat doi bonding?
    Dn maem Ny ap ya untuk usia segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf kalo baru balas, mas. :D
      emang biasanya sama ownernya yang dulu dikasih makan apa?
      cara menjinakkan rase kayaknya udah ada artikelnya. :)
      menu makannya samain aja kayak yang diberikan ownernya.

      Delete
  39. Dok musang rase umur 2 -3 bulanan udah bisa makan sendiri dikasih tikus putih hidup boleh kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udah biasa dikasih makan tikus putih, mas? atau baru mau coba aja?
      kalau emang udah biasa dikasih makan tikus putih sih nggak apa2, kasih aja. tapi kalau baru mau coba kasih makan tikus putih, hmm, mending nanti aja pas usianya udah diatas 6 bulan. kalau umur 3 bulanan, yang halus2/gampang dicerna aja dulu....

      emang makanan sehari2nya apa mas? emang biasa dikasih makan daging, ya? :)
      kabari terus

      Delete
  40. Selamat siang dok.. Sy addopt musang rase, ga tau umur berapa bulan..
    Awal sy addopt susah bgt dksh minum, sy ksh minum SGM LLM non laktosa, stlh bbrp lama, mereka mulai bs minum, tp lewat dot, sdh kenal dotnya.
    Sdh 2 hari ini mereka kyk ga selera minum dok, apa yg musti dilakuin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. met sore...
      cek fesesnya, jadi mencret nggak?

      stop dulu susunya. kasih bubur bayi promina aja mas...

      kabari lagi...

      Delete
  41. Dr kalo muspan dan rase bertemu waktu umur 2 bulanan gimana?

    ReplyDelete
  42. Dok, kandang yang baik untuk anakan musang rase gimana ya ? Apakah memggunakan kandang besi,kardus,atau yg gimana dok ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Dok kandang yang baik untuk baby musamg rase apa ya ? Apakan dr kandang besi/kardus/yang gimana ?

    ReplyDelete
  44. Makasih tanggapannya dok.. Selama ini sih mencret klo cm minum susu, tp klo dicampur bubur ga mencret, agak padat teksturnya. Biasa sy campur susu sm sun yg rasa ati ayam dok..
    Oh iya, tempo hari yg waktu sy tanya ke dokter ttg musang yg ga selera minum, bbrp jam stlh post curhatan sy ini musang bs minum sendiri, ga tau knp. Tp keesokan harinya ya mulai, maunya cuma lewat Dot..
    Gmn cara ngelatih musang biar bs minum sendiri dok? Maaf klo sy bnyk tanya..
    Ada pertanyaan lg, musang sy, bulu di bawah leher bnyk yg rontok, pdhl tiap abis minum susu sy bersihin, lalu di kaki depannya juga rontok bulunya, malah kukunya yg kyk menghitam dok. Itu knp ya dok? Musang sy juga sering gesek pantatnya ke kayu 😑 Trus di kumis musang kyk ada bintik2 kyk eeknya lalat.. Maaf panjang ya dokk.. Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sebenernya udah mau minum sendiri. cuma mungkin masnya gak liat. jadi dia minum saat masnya gak liat aja. dulu juga musang rase saya gitu.... emang kadang ada yang kayak gitu....

      soal bulu musang sangat mudah rontok, emang gitu. bulu musang gak boleh lembab sedikitpun, langsung rontok dia. mungkin ada hubungannya dengan musang mas masih anakan, karena musang rase anakan bulunya lebih mudah rontok...

      coba pas dibersihin bulunya, kalo masih basah, lap lagi pake tisu sampe kering.... seenggaknya gak basah2 amat... :)

      kalau soal dia suka gesekkin pantatnya ke kayu, wajar. dia lagi menandai daerah kekuasaannya itu mas... :)

      sekarang gimana rasenya? :)

      Delete
  45. Makasih jawabannya dok ��
    Utk kukunya dok, kukunya ujungnya menghitam gt, itu kenapa ya dok? Kumisnya juga ada bintik2 hitamnya?
    Satu lg, kira2 selain bubur, musang baiknya dikasih makanan oendamping apa ya dok, sy kasian lama2 klo dia cuma nyusu aja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kukunya menghitam gitu ada lukanya?
      kalau gak ada lukanya, dan jalannya normal2 aja, gak apa2. :) atau mas bisa kirim gambar kukunya kemari biar saya bisa analisa... :)

      sementara ini kasih bubur bayi aja mas. jangan di kasih susu.

      coba kirim fesesnya juga. fotonya maksud saya, hehehe. saya tunggu ya. biar saya analisa dari sini

      Delete
  46. Feses : https://postimg.org/image/4qjace6y1/

    Jari kuku : https://postimg.org/image/apqqhy9ch/

    Mohon bantuannya ya dok 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stop susunya, mas... :)
      kasih bubur bayinya aja.

      untuk kakinya, bisa cuci pake air hangat campur dettol cair. jaga kebersihan kakinya ya mas. dia gak sering gigit2 kakinya?

      kabari terus.

      Delete
  47. Baik dok..
    Iya, lmyn gigit sm jilat kakinya sih, kira2 kakinya knp ya dok?
    Ok siap, buburnya bebas bubur apa sj kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia gigit2 kakinya karena dia ngerasa gatal di bagian kakinya, mas. jaga kebersihan kakinya dengan sering2 mencuci dengan dettol cair dan kemudian langsung keringkan kakinya.... :)

      Delete
  48. selamat pagi dok,tgl 18 april kemaren saya baru adop musang rase yg kira2 umurx 1-1,2 bulanan lah dok,nah yang saya bingungkan dok,sebelum2x kan saya biasa adop muspan yg notabenx lebih mudah dan menu makanx lebih gampang,kali ini saya kerepotan memberi makan dan minum musang rase saya dok,menu pertama yg saya kasik bubur sun rasa beras merah,minumx susu dencow,setelah saya kasik makan musangx gak mau dok,akhirx harus bener2 saya paksa dengan membuka paksa mulutx terus saya suapi sedikit2,minumx juga harus di paksa dok,mohon masukanx dok.
    saya kebingungan soalx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. itu yang bikin dia sakit. cukup kasih bubur bayi aja.
      dan notes: susu dancow gak cocok buat musang, apapun jenis musangnya. malah, saya sarankan musang lebih baik jangan dikasih susu. :)

      fesesnya mencret ya?

      sementara kasih makannya pake pipet atau suntikan yang ada selang kecilnya aja. pelan2 kasihnya... :)

      musang rase emang masuk ke list DAFTAR HEWAN PELIHARAAN YANG GAMPANG MATI. udah saya bahas di artikelnya. kabari lagi... :)

      Delete
  49. Musang sy pergi 1 dok 😭 Dr kmrn susah minum, makan. Dipaksa juga maunya cm dikit..
    Kagetnya pas bangun tdr td, 1 musang udah kaku 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      saya ikut sedih...

      buat pelajaran aja ke depannya.

      ada musang yang lain, kan? jaga kebersihan kandangnya

      Delete
    2. Msh ada 1 lg dok. Nyesek td liatnya, musang yg 1nya ini td cium ngambu2 yg udah pergi td, abis ngambu2 gt musangnya lgsg ngeluarin air mata 😭
      Yg sy pgn sampe skrg itu ogn ngajarin gmn musangnya mau makan, susunya klo dicampur sm bubur dikit aja pasti ga mau diminum

      Delete
    3. maaf karena baru balas.
      musang gak cocok dikasih minum susu, mas... bisa terganggu sistem cernanya... :)

      Delete
  50. dok mau nanya nih, apa bener nyuapin musang rase lewat mulu lebih cepet jinaknya/bonding, itu fakta apa mitos?
    trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas.
      itu bisa dibilang fakta. karena hampir semua hewan kalau mau cepet jinak, biasanya pake cara gitu (kasih makan disuapi pake tangan)... :)

      Delete
  51. dok saya mau nanya nih, apa bener nyuapin musang rase lewat mulut lebih cepat jinak/bonding? mitos apa fakta yah dok?
    trimks

    ReplyDelete
  52. Dok musang saya g prnah d kasih minum2,dan dianya jg ga mau...
    Dan mkannya cman pisang doan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa?
      kalau air minumya dikasih madu, dia mau minum? :)

      Delete
  53. Brsn musang saya muntah dok, itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      mas kasih susu? merk susunya apa?

      kalo dikasih susu, mending stop susunya.

      Delete
    2. Bubur rasa hati ayam dok..
      Susunya sgm llm+ dok

      Delete
    3. sekarang gimana? masih muntah?
      iya, sementara stop aja susunya. ganti pake air kelapa + sari kurma.

      pastikan juga bubur sun-nya gak kelamaan. kalau dalam 4 jam masih sisa, mending buang sisanya.

      fesesnya mencret gak?

      Delete
    4. Ini musangnya lemes bgt dok. Barusan saya ksh minum air degan ijo..
      Td jg sy ksh scoots emulsion, abis minum itu dia agak bugar gt dok..

      Delete
    5. boleh kasih scott emulsion meski jangan kebanyakan. ada dosisnya. cek artikel saya DOSIS SCOTT EMULSION UNTUK MUSANG.

      air kelapa tetep dikasih ya mas...

      gimana perkembangan terakhir?
      mas bisa kirim gambar fesesnya?

      Delete
  54. Siang dok,saya baru adop rase 3 bln jantan (coki).
    Bru dtang mau diajak main dlm kndang,gigit bercanda gemes. Stelah 2 hari adaptasi kandang,kluar utk freeroom(pesan dari owner sblumnya). Dy xplore ruangn trus ngumpet. Sruh kluar g mau kl dipaksa digendong nggigit smpe brdarah n bunyi mendesis. Kl dilepasin gitu lagi (ngumpet). Ni bagaimana solusinya?
    Kl makan dy mau smua sih pepaya,ikan tongkol,bubur bayi,sampe voer buat butung juga dimakan. Ni bagaimana mnurut dokter? Makasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sementara di kandang aja mas. jinakin di dalam kandang aja. karena secara mental dia belum siap menghadapi master yang baru, makanya dia masih kabur2 dan ngumpet. mending jinakin aja dulu di dalam kandang. sering elus2, kalau mas gak merokok taro kaos bekas pakai mas (yang masih bau keringet) di dalam kandangnya..

      Delete
  55. Dok,saya digigit rase saya si chiro. Tadi sore plg saya main,saya lgsg elus2 si zorro barn owl saya,trus saya nyamperin si chiro rase saya,saya angkat pintunya dia lgsg loncat,saya kira dia kangen,awal2nua gigit pelan,lama2 dia gigit beneran dia kyk bete iri,lukanya ga brdarah,cm kyk luka ddlm dok,nyut2an,si chiro knp ya? Apa itu indikasi si chiro stress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sedekat apa mas sama si chiro?
      kayaknya sih iya, dia iri karena mas deket/bawa si zorro. si chiro masih anakan ya? bener?

      mending jangan lagi2 bawa si zorro deket2 si chiro, mas... seenggaknya sampe dia terbiasa dengan si zorro... mereka berdua jarang dideketin ya?

      Delete
  56. Iyaaa dok,si chiro usia 2,5bln,masih kira2 aebesar botol aqua. Mereka saya dekatin dok di blkg kosan. Kalo disatuin ga berantem juga kok,cm si chiro agak jail,kyk ngejar zorro tp balik lg,tipenya agak tempramen rase saya yg itu. Kalo indikasi rase yg stress gmn dok? Tkt si chiro sbnrnya stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah kalo musang stress gak seaktif itu.
      musang rase stress lebih sering diem dan nafsu makannya juga turun...

      Delete
  57. tlong di bantu . Saya memelihara musang rase umur 2bulan trus dia strike trus cara hundle musang rase gmn ya trus kasih makan apa umur 2bulan . Trus supaya dia ga kabur supaya ga ngabret gmna ya . Mkasih tlong bantu ya :)

    ReplyDelete
  58. Malam dok,

    Dok, musang rase saya (bira) usia 10 bulanan kok tiba2 lemes. Biasanya kalo saya pulang, langsung ngajakin main dan gigit2. Pas saya pulang saya kerja jam 7 malam saya liat dia sudah habis pisang satu biji yg saya tinggal td siang. Barusan dikasih suami saya pisang satu lngs habis sekulitnya.trs dikasih 1 lagi abis setengah. Saya kasih sayap ayam 1 juga masih mau dimakan tp ga habis. Pas makan itu saya baru sadar klo dia jalannya sempoyongan dan saya pegang perutnya besar bgt. Biasanya jam 9 malam aktif ngajak main. Tp ini bangun aja perjuangan bgt. Knp ya dok? Ga biasanya seperti ini. Seharian ini baru buang kotoran sekali dan tidak lembek (normal) tp warnanya aga abu2. Saya bingung ini sakit apa kekeyangan soalnya perutnya sempat bunyi krucuk2, keras dan besar bgt. Mukanya juga seperti nahan sakit.

    Bira ga pernah saya kandang, jd sekamar dengan saya. Sudah lbh dari Sebulan ini, kalo malam pas aktif-aktifnya sering keluar rumah main, tp subuh balik sendiri masuk kamar ngajakin main trs tidur. Bonding bgt dengan saya. Belum saya apain2 sih ini dok cm saya temenin tidur aja sambil doa. Saya takut dia salah makan. Tp kok masih lahap bgt dikasih pisang dan ayam. Mohon bantuannya ya dok.trimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan emang terlalu banyak diberi makan (overfeeding), mbak.

      sekarang gimana keadaan bubu? :)

      kapan-kapan kalo kejadian lagi, kasih minuam air kelapa muda aja mbak... :)

      Delete
    2. Malam dok, alhamdulillah lemesnya cm 2 malem. Sempet deg2an bgt soalnya ga muntah ga diare. 2 malam ga main di kebon dia, tiduran aja manja dengan muka melas. Malam ke 3 udh normal and usil lagi, jadi saya biarin maen ke luar rumah dan blangsatan entah sampe mana. Biasanya subuh atau malemnya pulang sendiri apalagi denger di panggil2. Dia lngs lari datengin n masuk kamar/rumah and ngajaik main sambil kek joget2 gitu. Kadang kalo pulang subuh udah nongkrong di depan pintu nunggu orang rumah bangun n bukain pintu.

      Semoga Bira sehat terus ya dok, baru tau kalo musang rase bisa pinter bgt and kalo dah bonding, dipanggil lngs dateng padahal entah lagi main di semak2 mana.

      Delete
  59. Malem dok, saya mau tanya kalo musang rase yang baru melek apa sudah boleh di kasih makanan apa tetap di kasih susu dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubur bayi promina... agak encer...
      jangan dikasih susu...

      Delete
  60. Dok mau tanya musang saya gak mau makan bubur sun, mau.a ati ayam mentah mulu, berpengaruh gak sama kesehatan.a dan tiap dikasih makan gigit2 mulu karna kalau ditaro di wadah taw d bawah gak mau, mau.a di taro ditangan mulu ati ayam.a
    Itu gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo direbus dulu gimana mas?
      kalo soal kesehatannya sih, hmmm, gak ngaruh juga. tapi saya sarankan, minimal seminggu sekali kasih buah. pisang atau pepaya. umur musangnya berapa?

      coba mas cek artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja.

      Delete
    2. oh ya, jenis musangnya apa mas?
      kalo rase, nggak apa2 kasih ati ayam mentah aja...

      Delete
  61. dok, saya mau cerita dan minta solusinya nih... Begini kn saya beli rase br bisa banget makan pisang dibenyekin... Nah pas besokannya ga ada pisang dan apapun cuma sisaan semalem, akhirnya br kebeli pas sore. nah dr siang tidur trs akhirnya pas sore tuh br sya ksh makanannya tp ttd tidur akhirnya saya paksa makannya dikit2 ke mulutnya.. Ampe jam 7 mlm msh bgitu trs ttp sya paksa makannya. Kira2 ini knp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tebak, musang rasenya masih bayi ya mas?
      mending stop pisangnya, kasih bubur bayi promina aja...

      Delete
    2. iya msh bayi.. Trs klo pake promina yg kyk gmna? Pemberiannya gmna? Sya skrng ksh pisang mix hati dikit badannya kurus bgt kesian...

      Delete
    3. emang kudu hati2 kalo pelihara rase, apalagi masih bayi... mending mas cek artikel saya, hewan peliharaan gampang mati... di sana ada penjelasan mengenai kenapa musang rase anakan gampang mati....

      bubur bayi promina diseduh pake air mineral. aduk. terus berikan ke musangnya. kalo dia belum bisa makan sendiri, mas beli pipet kecil ke apotik...

      Delete
    4. sekarang udh saya ksh bubur bayi dok merk sun rasa ayam kampung dan bayam, soalnya promina yg ayam campurannya tomat dan wortel ngeri ga doyan... Tp kok sampe skrng sya bingung ya knp rase saya makan tuh kayak orang ga ngeliat makanannya, asal masuk aja palanya ubek2 ketempat makan akhirnya yg kemakan dikit sisanya mental dan nempel blepotan di mukanya... Klo di spet dia ga mau pasti nolak padahal udh pake karet pentil ujungnya

      Delete
    5. sekarang gimana keadaannya mas? lancar? maaf karena baru balas. abis libur panjang, baru bisa bales lagi.... :(

      Delete
  62. Dok baby rase usia 1,5 bulan dikasih makan pisang trus boleh kah ?
    Mau nya cuma pisang, coba dikasih bubur sun / promina gk mau. Udah dipaksa masukin mulut jg dilepeh lg dok
    Tapi kalo pisang lahap bgt makannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya mending kasih bubur bayi promina, mas. tapi kalau emang nggak mau, ya udah kasih pisang aja nggak apa2... kalo pisang dialusin campur bubur promina gimana? taro aja di kandangnya kalau emang dia bisa makan sendiri...

      Delete
    2. Gak mau dok kalau dicampur bubur dipaksa masukin ke mulutnya jg dikecap doang lsg dilepeh.
      Alternatif lain selain pisang apa ya dok ?
      Takut kekurangan gizi kl cm pisang

      Delete
    3. dikit aja campur bubur bayi? jangan sampe merubah rasa pisangnya....

      emang kudu sedikit dipaksa sih mas. atleast, biarin dia nyobain dulu. tiap hari. meski dilepeh nggak apa2. setidaknya dia udah nyoba. nanti terbiasa kok...

      jadi sebelum makan pisang, coba kasih bubur bayi aja dulu. dikit aja biar dia nyobain. lakukan terus sebelum makan pisang... :)

      Delete
  63. Dok...
    Kira-kira kapan baby rase bisa dimandikan secara normal seperti biasa, sementara ini saya selalu membersihkanya dg cara di-lap pake tisu basah. Dan satu lagi, saya selalu memberikan makannya dg cara melunakan catfood yang sudah dibasahi dan ducampur bubur sun, dan dia doyan. Bagaimana menurut dokter?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah dewasa, baru bisa, mas.
      iya, sementara dilap pake tisu basah oke kok.

      itu udah bagus kok. selama ini fesesnya gimana?

      maaf karena baru balas.

      Delete
  64. Dok musang rase saya umur 5 bulan, kakinya tuh pada kaya yg rentan banget dikit2 pincang trus sembuh lg. Pengobatannya gmn ya dok? Itu karna mereka lemes atau sakit ga tau dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang kalsium kayaknya. selama ini dikasih makan apa?
      fesesnya gimana? mencret?

      kabari lagi

      Delete
    2. Iya kayanya kurang kalsium dok. Feses nya normal dok makanan nya saya kasih daging ayam rebus campur nasi dan seminggu sekali saya kasih air kelapa dan buah2an untuk cemilannya dok

      Delete
    3. coba kasih makan bubur bayi promina. kasih aja itu dulu selama seminggu ke depan. :)

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Dok musang nya udah saya kasih bubur promina tp dia ga mau dok, sekarang tambah parah kakinya jalan juga paling satu langkah langsung tidur lg, tp yg lemes entah sakit nya tuh cuma kaki depan yg kanan aja dok ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana kabarnya mbak? maaf karena baru balas.
      udah berapa lama dikasih bubur bayi promina?

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mbak.

      Delete
    2. Kakinya sudah hampir 1 bulan masih sakit dok, sekarang jg masih sakit tp tidak bertambah parah. Waktu bayi saya kasih bubur promina tp merekanya tidak suka, sekarang saya kasih lg sesuai saran dokter tp dia ga suka dok, ga mau makan baru 2 hari di kasih bubur prominanya jd sekarang saya kasih nasi ayam lg dok

      Delete
    3. kalau sekarang masih sama, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja mbak. saya takutnya dia kena hind leg paralysis, penyakit lumpuh akibat kurang kalsium.... :(

      maafkan saya karena baru balas hari ini. beberapa hari ini emang lagi sibuk di luar kota....

      Delete
    4. Sekarang sudah mendingan dok alhamdulillah. Sudah mulai aktif lg, menu makannya saya kasih ceker ayam setiap hari. Tp apa bawa ke vet aja untuk jaga2?

      Delete
    5. fiuh, syukurlah!!
      kalau emang udah mendingan, mending observasi aja dulu mbak... :)

      kabari terus ya...

      Delete
  67. Dok, ini sayaa, owner nya chiro. Skrg chiro udah dewasa dok mgkn ada setaun bbrp bln. Hr minggu lalu sy bawa dia ke gathering owner musang dok. Dari smlm chiro nafsu makannya menurun dok. Dia biasa kok saya bawa ke taman dll, tp sjak gath kmrin makin ksni makannya smkin dikit dok. Dia biasa saya kasih nasi sm telor rrbus atau nasi ati rebus. Selingan pisang. Tp skg gamau dok. Gmna ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya! akhirnya dapet kabar lagi dari chiro. :)
      stress. dia belum terbiasa ketemu crowd manusia dan hewan.
      sementara ini biasakan aja dulu ketemu sama orang rumah. biasakan mereka main dengan orang selain mas, tapi jangan langsung ketemu banyak orang. yah, ajak aja main sama dua atau 3 orang.

      atau bisa ajak gath, tapi jangan langsung gabung sama orang banyak. ketemu aja sama dua atau tiga orang dulu.

      bisa juga dia stress karena di tempat gath banyak suara2 mengagetkan.

      coba mas karantina... :)

      Delete
  68. DI rumah sih di freeroom dok. Sm kluarga dket. Td pagi dia saya kasih makan, siangnya muntah dok. Tp skg mulai aktif lagi. Knp ya dok? Apa chiro perlu saya ksh vitamin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sementara jangan di freeroom dulu mas.
      saya takut pas di freeroom dia makan sembarangan.
      atau boleh di freeroom dengan pengawasan...

      mungkin bisa mas kasih nutriplus gel....

      Delete
  69. Dok, ini kesalahan saya musang rase saya baby umur 1.5 bulan jatuh dari pundak saya ke lantai :(

    Saya pikir dia pegangan kuat ternyata dia mau explore kebawah malah merosot dan jatuh menyamping di tulang rusuknya :(

    Saya coba pegang dia tidak menunjukkan gejala kesakitan sama sekali, tapi karakternya lgs berubah yang tadinya lincah dan jalan2 lgs diam meringkuk, moga2 cuma shock Dok tapi apa yang bisa saya lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum saya ke dokter hewan hari Senin? (minggu tutup yg deket rumah)

    Sekarang dia tidur sama saya didalam travel pouch sugar glider sambil saya elus2, saya ga tau musti gimana lagi Dok :(

    Mohon expert advicenya ya Dok, terimakasih banyak banyak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana kabarnya mas?
      maaf karen baru balas.

      dikasih obat sama dokternya?

      Delete
  70. Dok mau nanya, musang rase sy sktr 3bln, sy adopt dah 2 minggu, tp smp skrg msh blm jinak msh gigit klo sy pegang. Sy sudah praktekan cara2 dr dokter tp msh blm berhasil, knp ya dok? Apa emang genetik dr musangnya ya? Muspan sy seumuran dia tp cpt bgt jinaknya. Mohon pemcerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang rase emang lebih "keras kepala" dibandingkan musang pandan. mereka lebih susah buat jinak, meski kalau sabar juga pasti akan jinak juga. istilahnya, musang rase lebih petakilan dibanding musang pandang.

      tapi, sekalinya jinak, maka musang rase akan selamanya jinak, bahkan jadi one-man (jinak hanya ke pemiliknya saja). beda dengan pandan, yang kalau lama gak dihandle dia jadi galak lagi, kalau rase nggak begitu...

      tapi ya itu tadi, butuh kesabaran ekstra buat menjinakkan rase. jadi mas sabar aja. handling terus...

      soal genetik, gak ada hubungannya dengan sifat asli musang rase, mas. emang ada rase yang kalem, tapi gak ada hubungannya sama genetik kok... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.