Cara Memelihara Musang Rase | Drh. Fira Sovica

memelihara musang rase

(viverricula malaccensis atau umum dikenal sebagai small indian civet) sebenarnya sama saja dengan memelihara jenis musang yang lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan secara benar. musang yang sekilas mirip dengan srigala ini memang lebih bagus corak corak bulu ekornya dibanding jenis musang lainnya. Bagi anda yang belum mengetahui bedanya musang pandan dengan musang rase, anda bisa membaca artikel perbedaan musang rase dengan musang pandan.
cara memelihara musang rase
dan berikut ini adalah beberapa tips dalam memelihara musang rase:

1. musang rase yang masih bayi relatif lebih bisa dijinakkan tapi butuh penanganan ekstra.
musang rase yang dipelihara dari bayi (umur 1 atau 2 bulan) akan lebih mudah dijinakkan dibanding memelihara musang rase hasil tangkapan liar yang sudah dewasa. bahkan, dalam banyak kasus, musang rase yang dipelihara sejak bayi pun akan tetap bersifat jumpy (kagetan).

Yang terpenting dalam memelihara musang rase yang masih bayi adalah jangan sampai si musang kelaparan. penulis sendiri pernah memiliki seekor musang rase yang akhirnya mati karena penulis lupa memberi makan. makanan yang utama bagi bayi musang rase adalah bubur bayi atau susu dancow. bersihkan sisa makanan yang menempel di bulu musang rase setelah ia makan. sisa makan yang tidak dibersihkan akan membuat bulu rase menjadi rontoh.

2. berikan wadah minum di dalam kandang serta berikan kain di dalam kandangnya sebagai penghangat.

3. sering-seringlah berinteraksi dan mengajak main si musang.
berilah nama kepada si musang saat anda bermain dengannya. musang biasanya akan mengenali jika dipanggil, terutama oleh mereka yang merawatnya sejak bayi.

4. berikan asupan makanan berupa scott emulsion selain makanan utamanya.
meski di alam musang rase dikenal sebagai karnivora (pemakan daging), makanan utama musang dewasa yang dipelihara umumnya adalah buah-buahan. ada pula beberapa owner musang rase yang memberikan blenderan nasi dan hati ayam rebus kemudian dicampur susu untuk makanan utamanya, dan penulis sendiri menganjurkan menggunakan menu ini sebagai makanan sehari-hari musang rase.

5. beberapa sifat musang rase
a. musang rase rentan stress
dibanding dengan jenis musang lainnya, musang rase rentan stress. musang rase juga tidak terlalu suka keramaian. jadi lebih baik jangan membawa musang rase ke gathering-gathering atau ke tempat lain yang ramai.

b. musang rase sebaiknya tidak diharness
musang rase sebaiknya jangan diikat atau tidak diharness. sebaiknya tempatkan rase hanya di dalam kandang dan ajak main musang rase hanya di dalam ruangan.

6. musang rase perlu dimandikan
poin keenam dalam tips

cara memelihara musang rase

adalah perlu dimandikan, setidaknya saat musang sudah sangat kotor. gunakan air hangat dan sampo bayi untuk memandikannya. setelah dimandikan, keringkan musang rase dengan cara dilap dengan menggunakan handuk kemudian diangin-anginkan di dalam ruangan. jangan menjemur musang rase karena musang rase rentan dehidrasi.

demikian tips cara memelihara musang rase. semoga tips tersebut berguna bagi pembaca yang akan mengadopsi musang rase.

351 Responses to "Cara Memelihara Musang Rase"

«Oldest   ‹Older   1801 – 351 of 351
«Oldest ‹Older   1801 – 351 of 351   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.