Cara Memelihara Lovebird | Drh. Fira Sovica

Memelihara lovebird

sama halnya dengan memelihara burung lain yang sejenis seperti parkit dan lain sebagainya. Tidak dibutuhkan perawatan khusus untuk bisa menernakkan lovebird. Berikut adalah cara memelihara lovebird yang penulis simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam memelihara lovebird. Oh ya, bagi anda yang ingin alternatif memelihara burung lain, anda bisa mencoba memelihara burung parkit atau memelihara kalkun.
Cara Memelihara Lovebird

1. Gunakan kandang dengan jeruji kawat.
Disarankan untuk tidak menggunakan kandang dengan jeruji dari kayu karena lovebird bisa menggigiti jeruji tersebut yang akan menyebabkan lovebird bisa melarikan diri dari kandangnya.

2. Sediakan hiding box khusus lovebird yang bisa dibeli di toko pakan burung terdekat.

3. Satu kandang bisa digunakan lebih dari sepasang lovebird, tergantung seberapa besar kandangnya.
Sediakan satu hiding box untuk masing-masing pasang lovebird.

4. Selalu sediakan pakan dan air minum di dalam kandang lovebird.
Air minum yang diberikan kepada lovebird bisa menggunakan air mineral. Ganti air minum setiap 3 hari sekali atau jika air minum terlihat sudah habis di dalam kandang. Untuk pakan, anda bisa menggunakan pakan lovebird siap makan yang biasanya tersedia di toko makanan burung.

5. Bersihkan kandang lovebird minimal 3 minggu sekali.
Tips cara memelihara lovebird yang kelima adalah membersihkan kandang lovebird secara rutin. Pindahkan lovebird ke kandang lain, cuci bersih kandang dengan air, jemur kandang yang sudah dibersihkan di bawah sinar matahari selama 15 hingga 20 menit untuk memastikan bakteri dan kuman mati, taruh kandang di tempat teduh selama 10 menit, kemudian masukkan kembali lovebird ke kandangnya.
6. Jika diketemukan lovebird yang sakit atau menunjukkan gejala yang tidak biasanya, segera pisahkan lovebird tersebut ke kandang khusus. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit antar burung lovebird. Berkonsultasilah kepada orang yang lebih berpengalaman dalam memelihara lovebird untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

Demikian adalah cara

memelihara lovebird

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Semoga tips diatas bisa membantu anda yang berniat menernakkan lovebird.

20 Responses to "Cara Memelihara Lovebird"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.