Cara memelihara burung hantu celepuk | Drh. Fira Sovica

Burung hantu celepuk atau javan scoop owl memang tergolong mudah untuk merawatnya.

Cara memelihara burung hantu celepuk

tidak memerlukan threatment tertentu. Berikut adalah cara memelihara burung hantu jenis celepuk. Bagi anda yang ingin mengetahui harga burung celepuk, anda bisa membaca artikel saya daftar harga burung hantu di indonesia.
  1. saat akan membeli, pilih burung hantu celepuk yang masih muda. Disarankan membeli yang chick atau yang bulu kapas.
    Burung hantu celepuk yang dipelihara sejak bulu kapas akan menganggap anda sebagai orangtuanya, dan dia akan jinak kepada anda.
    Tentu saja, akan beda kasusnya jika anda berniat untuk menjinakkan burung hantu celepuk dewasa yang liar. perlu ditekankan, burung hantu celepuk yang sudah dewasa agak susah untuk dijinakkan, sama halnya dengan menjinakkan musang pandan dewasa hasil tangkapan liar.
  2. saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.

    beri makan berupa jangkrik stiap 4 jam sekali, dan pindahkan burung hantu celepuk ke tempat pemeliharaannya jika sudah 12 jam di tempat adaptasi.
  3. hal terpenting dalam memelihara burung hantu celepuk adalah jangan menempatkannya dalam sangkar.

    burung hantu bukan pet. seperti halnya burung pemangsa lain, dia lebih senang disebut sebagai partner kita. jadi jangan menempatkannya dalam sangkar. lebih baik jika menggunakan perch (tangkringan) dengan diikat menggunakan angklet dan jesse.
  4. umumnya, makanan utama burung hantu adalah daging, namun anda bisa memberikan jangkrik sebagai makanan utama burung hantu celepuk. berikan jangkrik dengan cara disodorkan ke arah paruhnya, biarkan si celepuk menyambar jangkrik dari jari anda. berikan hingga si celepuk tidak lagi mau menyambar jangkrik di tangan anda.

    daging bisa diberikan seminggu sekali dengan memberikan bayi tikus putih. pindahkan burung hantu celepuk ke dalam kotak/kardus bekas mie instan, lukai si tikus putih sedikit dan taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

Demikian tips

cara memelihara burung celepuk

atau javan scoop owl. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1480 Responses to "Cara memelihara burung hantu celepuk"

  1. dok saya mau tny celepuk saya klo saya kasih djari saya trz aku elus" kpala ny dy biasa ny bunyi 1 sampai 3 kali ,, itu knapa ya dok??

    ReplyDelete
  2. permisi dok saya mau tanya celepuk mandinya seminggu berapa kali ya? trus baiknya pagi atau sore?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca di artikel saya cara memandikan burung hantu.
      cari di bagian cari artikel.. :)

      Delete
  3. permisi dok,saya mau tanya kalo mandiin celepuk itu baiknya berapa kali seminggu? trus pagi siang atau sore?

    ReplyDelete
  4. Dok , aku punya celepuk cewek, dia td hbs aku mkanin trus bbrp mnit kmudian dia kya sempoyongan , trus dia mo terbang mlah jatuh trus kya mo pingsan , hbs itu aku elus2 dya nafas engap2, hbs itu leherx nunduk, tp dya sehat lg hbs aku elus2, trus dya muntahin mkanan2 , bentuknya pasih utuh smua, hbs itu aku minumin dia, dya kyak gt kumat2an .... Kadang fine, kadang tiba2 sempoyongan sndri trus muntah utuh,, dya aku makanin ulat hongkong yg kecil2,, soalx dlu dya aku ksih jangkrik mlah radang , kadang suka di gigit jangkrikx pas ditengorokan dia, kasihan , jd aku ksih ulat hongkong biar ga kecapit lg, halus jg,, nah it suka sempoyongan sma muntah knp ya dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter hewan. takutnya gejala tetelo (NSD)...

      Delete
  5. Dok , aku punya celepuk cewek, dia td hbs aku mkanin trus bbrp mnit kmudian dia kya sempoyongan , trus dia mo terbang mlah jatuh trus kya mo pingsan , hbs itu aku elus2 dya nafas engap2, hbs itu leherx nunduk, tp dya sehat lg hbs aku elus2, trus dya muntahin mkanan2 , bentuknya pasih utuh smua, hbs itu aku minumin dia, dya kyak gt kumat2an .... Kadang fine, kadang tiba2 sempoyongan sndri trus muntah utuh,, dya aku makanin ulat hongkong yg kecil2,, soalx dlu dya aku ksih jangkrik mlah radang , kadang suka di gigit jangkrikx pas ditengorokan dia, kasihan , jd aku ksih ulat hongkong biar ga kecapit lg, halus jg,, nah it suka sempoyongan sma muntah knp ya dok,

    ReplyDelete
  6. Maaf saya mau nanya dok,

    Karna di Balikpapan aga sudah kalau cari celepuk yg masih chick, gimana cara mengetahui umurnya ya? Trust kalu emang udah bukan bulu halus, cara cari tau tingkat kejinakan burhan tersebut gimana ya? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara tahu burung hantu jinak apa nggak: coba mas deketin dia. coba sentuh. kalau dia melebarkan sayapnya sambil buka mulut (defensif), berarti dia belum jinak. kalau dia anteng2 aja, itu artinya dia jinak..

      mengenai umurnya, silakan mas cek artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
  7. Makasih infonya dok, saya banyak baca di blog ini. Bermanfaat banget buat saya. Oiya satu lagi, untuk jenis burhan mini cuman javan scoop owl yah? Makasih sebelumya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan kesulitannya. cari di bagian search... :)

      Delete
  8. dok mau tanya,celepuk saya makannya jadi sedikit,celepuknya sebagian masih ada yg bulu kapas,nah bulu kapasnya juga pada copot2,itu kira kira kenapa ya dok?mohon bantuannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi mabung (moulting, ganti bulu).
      silakan mas cari artikel saya cara merawat burung yang sedang mabung...

      Delete
  9. Dok mau tanya.. Saya pemula untuk melihara burhan.. Namanya Popo..Burhan saya kok nggk nafsu makan ya? Kalau pagi hari d kasih makan cuma d gigit doang nggk mau d telen.. Kadang dilepas makanannya.. Pikir saya sih si popo masih kenyang.. Eh tapi kok keterusan 2 hari ini.. Kalau malamnya sih masih mau nelan makanan meskipun sedikit... Kira" kenapa ya dok? Mohon bantuannya terima kasih..

    ReplyDelete
  10. Dok mau tanya.. Saya pemula untuk melihara burhan.. Namanya Popo..Burhan saya kok nggk nafsu makan ya? Kalau pagi hari d kasih makan cuma d gigit doang nggk mau d telen.. Kadang dilepas makanannya.. Pikir saya sih si popo masih kenyang.. Eh tapi kok keterusan 2 hari ini.. Kalau malamnya sih masih mau nelan makanan meskipun sedikit... Kira" kenapa ya dok? Mohon bantuannya terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilatih, mas.
      silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu.

      bisa juga dijinakkan. baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      Delete
  11. dilatih, mas.
    silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu.

    bisa juga dijinakkan. baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

    ReplyDelete
  12. Hi Dok, sya mau tanya nih dok knapa clepuk sya tidak suka diem di perch? dia malah suka d lantai, takutnya ntar da kucing yg mengintai. mkanya sya taruh dia d dlm kamar. gmna y cara agar dia betah di perchnya? trima ksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu pembiasaan, terutama kalau masih chick.
      bukan masalah besar sebenernya. yang penting owlnya sehat. kalau soal dia nangkring di perch atau dahan, secara insting dia akan bisa sendiri. asalkan instingnya dipertajam aja.. :)

      Delete
  13. Dok, saya kan tinggal di kost sepetak gak ada ruangan lagi kecuali kamar mandi, jadi kalo owl nya datang ke rumah baru nya saya taruh mana ya saran dokter,?
    Kalo di kamar owl stress ga kalo saya lalu lalang,?
    Ato pas baru datang saya taruh di kardus dulu,?
    Dan kalo owl datang langsung taruh di perch boleh kalo masih chick,?
    Karna rencana saya mau beli owl yg masih chick, makasih dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas gak ngerokok, bisa bareng sama masnya di kamar. asalkan kamarnya gak berisik (gaduh), aman kok....
      kalau masnya ngerokok, mending jangan pelihara owl dulu. karena kasian kalau owlnya mati karena residu rokok....

      kalau emang dia udah berdiri, bisa ditaro di perch. kalau mas emang tinggal di kosan, mas bisa bikin owlbox dari kardus besar(bekas kulkas atau bekas tv yang besar, jangan bekas mie) kasih tangkringan di dalam kardusnya, tutup bagian atas, dan dibuka dari bagian sisinya (dicoak pakai pisau)

      Delete
  14. Saya baru beli celepuknya warna putih, bulunya sudah setangah kapas setengah asli, yg mau saya tanya, saya taruh di dalam kandang bekas iguana Dan agak terkena matahari, Dan saya kasih makan kecoa, kalau tidak punya ruang kosong bagaimana dok?? Terima kasih sarannya

    ReplyDelete
  15. Maaf saya mau tanya dok, saya baru beli celepuknya warna putih di pasbur jatinegara, saat ini burhan saya taruh dikandang, Dan mau apabila di handfeed, selain dikandang saya taruh di teras karena tidak ada tempat tertutup, apakah burhan tetap bisa jinak apabila interaksi hanya dimalam hari karena pulang kerja, lalu apakah di siang hari perlu diberi makan, celepuknya kira2 sudah ada bulu aslinya, terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih kecoa. mas kasih jangkrik aja. kecoa banyak bakterinya....

      usahakan jangan ditempat yang kena matahari karena bisa dehidrasi dan kehausan.

      yang penting pas malem mas sempetin ajak main minimal 20 menit setiap malam. hari sabtu dan minggu latih. cara melatih burung hantu ada artikelnya.. :)

      salam dari errol dan padma, burung hantu saya.

      Delete
  16. Saya baru beli celepuknya warna putih, bulunya sudah setangah kapas setengah asli, yg mau saya tanya, saya taruh di dalam kandang bekas iguana Dan agak terkena matahari, Dan saya kasih makan kecoa, kalau tidak punya ruang kosong bagaimana dok?? Terima kasih sarannya

    ReplyDelete
  17. Saya baru beli celepuknya warna putih, bulunya sudah setangah kapas setengah asli, yg mau saya tanya, saya taruh di dalam kandang bekas iguana Dan agak terkena matahari, Dan saya kasih makan kecoa, kalau tidak punya ruang kosong bagaimana dok?? Terima kasih sarannya

    ReplyDelete
  18. dr.Fira, Saya beli celepuk 2 hari yang lalu namanya goodhood & badhood. Saya mau tanya, kenapa si goodhood matanya kaya org lagi "fly" gitu ya? Tp kalo dikasih makan, dia langsung melek & cenderung agresif/napsu. Plus, si badhood td pas jam 19an tiba2 megap2 gitu, tp megap2nya kaya pengen bersuara, tp suaranya ga ada.. kalo manusia tuh kaya lg radang tenggorokan gt dok, pdhl kalo dikasih jangkrik, jangkriknya Saya celup2in dulu di air biar dia bisa sekalian minum. Tolong pencerahannya ya dok, Saya sedih liat hood-hood Saya kaya gitu:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang mas kasih minum ya? bener? :)
      coba kasih minum. pakai sedotan. caranya ada di artikel saya cara memberi minum burung hantu.

      cek juga artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  19. Udah Saya coba kasih minum terus dok dr kemarin, karena Saya jg udah baca2in artikelnya dokter (ttg cara ngasih minum+observasi feses+dll) tp malah tumpah2an dia kaya ga mau minum gituu. Trus fesesnya itu gelap, tp kalo di liat dr sisi lain kadang keliatan ke ijoan gt dok, tp dia gada indikasi penyakit yg ampe susah makan+matanya merem, si badhood justru lincah bgt, ga begitu manja kaya si goodhood. Tadinya mau dibawa ke dokter, tp karena Saya sempet baca komenan dokter yg blg suruh di observasi dulu 2-7 hari kedepan, jd ga jd Saya bawa ke dokter. Dan pada akhirnya semalem si goodhood bunyi2 mulu (kaya lg ngasih tau kalo temennya mau mati), trus Saya keluar buat meriksa. Disitu Saya liat si badhood udah lemes dok, akhirnya Saya bawa masuk ke kamar Saya temenin+elus2, ehh dia malah sakaratul maut di tangan Saya dokkk, kepalanya kebelakang2 gitu+lemes bgt dan akhirnya mati pas di tangan Sayaaa. Saya sedih bgt dokkk, ga tega ngeliatnyaaa, sempet netesin jg karena walaupun baru beberapa hari dirumah, tp Saya udah sayang bgt berasa udah lama sama dia dok:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih mas. soalnya emang dari penjelasan mas, saya yakin juga masih sehat. dan inilah sebenernya kesalahan saya, soalnya saya hanya berpedoman pada penjelasan mas tanpa menyuruh mas langsung bawa ke dokter hewan dulu.....

      memang gak mudah mendeteksi penyakit owl bagi pemula. tapi ya sudahlah, sekarang jaga baik2 owl satu lagi ya mas. kalau saya sarankan, bawa aja ke dokter hewan sekarang, bilang aja mau check up karena temennya baru mati. takutnya ketularan. soalnya saya punya tebakan owl yang satu lagi matinya kenapa.... tapi mending langsung diperiksa aja ama dokter hewan....


      sekali lagi saya ikut sedih... :(

      Delete
  20. Hlo dok...
    Ni saya kan mau beli celepuk dah punya equipmentnya tpi kok klo dipake in mlh terbang ke atas tali jemuran trus nggantung dok...
    Gmn ya biar gk gitu lg?
    Trus klo dikandang cm setiap sy tinggal gmn dok...
    Kandangnya sih besar 60×60×100 kyknya dok itu gmn boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kandangnya sebesar itu, gak apa2 mas pakai aja...
      tapi jelas harus sering2 diajak main ya mas. jangan didiemin aja di kandang... :)

      Delete
  21. Ciri celepuk sakit apa dok?
    Klo siang malam bunyi itu knp dok?
    Dikasih burung emprit/pipit nggak papa kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya ciri burung hantu sehat....

      dikasih burung pipit boleh kok. silakan baca artikel emprit sebagai makanan burung hantu.

      Delete
  22. Dok xiri celepuk sakit apa dok?
    Klo siang mlm bunyi itu knp dok?
    Klo dikasih emprit/burung pipit gapapa kan dok?

    ReplyDelete
  23. Mbak...
    Punya ku kok gamau di kasih equipments ya?
    Usia nya brancher...
    Masih banyak bulu kapasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gak usah dikasih equipt dulu. biar dia lebih percaya sama mas.. :)

      Delete
  24. permisi dok, saya mau nanya2.
    saya baru beli celepuk, masih ada bulu kapasnya sedikit dan lagi mulai belajar terbang.
    pertanyaannya dok, sebaiknya saya taruh celepuk saya dimana dok? soalnya dia ga bisa diem lama2 kalo di perch, kasian kebelit sama talinya.
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperch tapi gak usah diikat apa2. taruh aja perchnya di ruangan.:)

      Delete
  25. dok, kl clepuk chick disarankan gk yah pakai bola lampu biar hangat/inkubator,,,,,,,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak samasekali. bahkan jangan. bisa2 dehidrasi...
      yang penting ruangannya aja dibuat suhu ruangan (tidak pake AC).

      Delete
  26. dok saya kan baru beli celepuk dan masuk juve awal. makannya lahap. ini jinakinnya termasuk susah gak ya?dan saya kan weekday di rawamangun dan weekend di bintaro jaraknya lumayan. skrg saya taro dikosan, lebih baik saya bawa bolak balik rawamangun - bintaro atau sabtu minggu saya tinggalin dikosan tp saya kasih makanan porsi banyak? saya bolak balik naik motor. baiknya gimana ya?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang jinakkinnya. kunci menjinakkan burung hantu cuma 1: yakin dan gak ragu2. itu aja. silakan baca cara menjinakkan burung hantu.

      kedua soal pulang pergi. jangan ditinggal di kosan sendirian. bawa aja pulang. pakai box kardus yang agak besar. sampai rumah, karantina agar dia gak stress. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu. cari di bagian search...

      Delete
  27. Dok mau tanya, makanan lain buat celepuk selain hewan ada gaa? Geli kalo ngasi jangkrik, tahu atau apa gitu selain hewan? Sama satu lagi, celepuk itu gedenya bisa sampe berapa cm dok? please reply😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayi tikus putih bisa buat makanan celepuk.
      bagusnya sih ya jangkrik... saya mah malah gelian ama tikus, mas.. :D

      Delete
  28. Dok, saya skrg melihara bwk namanya Schutz nih, terus orang dirumah pada ngga seneng karena berisik banget bwk aku dok. Jadi orang dirumah mau ngelepas bwk aku.. rencananya kalo beneran dilepas aku pengen miara celepuk, nah yg jadi pertanyaan 1. Kenapa bek aku berisik dok ? Ato mmg bunyi alias teriak2 terus ? 2. Kalo aku miara celepuk, suaranya gede ngga ? Ato teriak2 suaranya besar juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resiko memelihara bop emang kudu siap dengan suara berisik. ciri bop yang sehat antara lain aktif mengeluarkan suara (berisik). kalau bopnya diem aja, perlu dicurigai dia sakit, mas.

      celepuk juga sama. hehehehe. semua bop dan burung hantu kalau sehat pasti bunyi, meski ada juga yang karakternya kalem (gak sering bunyi).


      saran saya, mas beli burung hantu atau bop lain yang emang karakternya kalem. coba gabung ke grup jual beli bop dan burung hantu di facebook. tanya aja ada gak yang jual bop dengan karakter kalem kayak gitu. biasanya ada yang emang lagi butuh uang dan mau jual.. :)

      Delete
  29. Dok saya baru dikasih celepuk sama temen sekitar 1 mingguan , pas saya cek sayap nya ternyata dipotong sayap kanan dan kirinya , kira kira masih bisa tumbuh gak ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya. silakan search di bagian search: apakah bulu burung hantu yang rusak bisa tumbuh lagi

      Delete
  30. Dok, mau nanya, kalau kasih makan celepuk pake jangkrik yg udah disemutin apa bisa nurunin nafsu makan? Soalnya crlepuk saya jadi kurang nafsu gitu pas dikasih jangkrik yg seperti itu, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending jangan dikasih jangkrik yang disemutin dan jangan dikasih jangkrik yang udah mati. 22nya sama bahayanya...

      Delete
  31. Umur berapa bagusnya celepuk dikasih anklet and jesse dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia udah anteng dan kalem. gak kaburan2an lagi...

      Delete
  32. Siang dok. Saya baru adopt celepuk sekitar 1 minggu yg lalu, 4 hari kebelangang dia sakit kayaknya matanya, merem sebelah, terus saya perhatiin juga lama lama merah. Saya juga sempet baca kan obatnya itu cendo xitrol, kebetulan lg susah di cari di daerah saya, terus saya pakein insto untuk sementara. Kira kira aman gak ya kalo pake insto? Udh sedikit mendingan sih, tapi ya masih gitu kadang kadang. Mohon pencerahannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak jamin aman. agak riskan juga mas kalau asal kasih obat.
      yah, do at your own risk aja. saya gak jamin bisa sembuh.. :)

      kalau bisa sih check up aja ke dokter hewan terdekat. murah kok biayanya...

      Delete
  33. Oia dok satu lagi, selama seminggu ini saya kasih makan jangkrik aja, terus pup nya jadi coklat agak kehitaman gitu dok, gak ada putihnya. Kalo gitu sehat gak dok? Oia namanya miko :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ada something wrong. kalau emang gak ada fecalnya mas.
      selama ini ditaruh di luar ruangan ya? bener?
      coba kalau malam, pindahkan ke dalam ruangan...

      Delete
  34. Dok Saya Punya Sepasang Celepuk.
    Saya Pengen Celepuk Nya Kalo Malam Berkeliaran Di Luar Rumah Tapi Kalo Pagi Pulang Lagi.
    Itu Bisa Gak Dok?
    Dan Cara Nya Bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. si errol dan padma udah sejak 1,5 tahun lalu bisa kayak gitu.
      silakan baca artikel saya cara agar burung hantu bisa berburu sendiri

      Delete
  35. Dok , saya baru beli celepuk kemarin. Tdi siang saya kasih makan janggkrik (mungkin 15) tpi sore ini tadi burhannya melorotkan sayapnya
    , matanya juga menutup tpi kadang klo di ganggu di buka tuh matanya. Sekarang nggak mau makan. Itu kenapa ya dok? Apa si burhannya sakit? Klo sakit apa obatnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. celepuknya ditaruh di luar ya mas?
      kalau malam harusnya di dalam ruangan aja kalau lagi musim pancaroba kayak gini... banyak owl sakit karena perubahan suhu...

      coba cek fesesnya. mas baca juga artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  36. tanya dok, celepuk saya usia brancher akhir
    1. saya kasih makan tiput pinkis pagi sama malam apa gpp dok? saya selaing sehari tiput, dua hari jangkrik.. slama ini gk ada masalah,
    2. pup ny creamy putih kl makan pinkis, creamy putih ada itam nya kl makan jangkrik
    3. trus dia gk mau ngejar makanan itu knp ya? maunya di sodorin dl ke dekat paruhnya, kira" 5-10cm masih respon, apa krn belum trllu lapar atau gmn?
    4. biasanya owl jenis celepuk bonding ke masternya berapa lama ya?
    5. ini yg paling saya ingin tahu, apa gpp owl malam di kamar yg kita bawa tidur tp lampu kamar tidak dimatikan? tetapi kondisi kamar sunyi...
    saya narok perch nya di kamar tidur, biar dia punya banyak waktu buat merhatikan saya..
    terimakasih dok... salam kenal saya dari padang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. itu malah bagus. (y)
      2. masih bisa dikatakan sehat. mas kasih minum juga abis makan? coba kasih minum.
      3. kalau kasih makan pinkies gimana? coba taruh aja di depan dia 10 cm, terus tinggalin. biarin aja selama sejam, jangan diliatin. kalau dalam waktu sejam belum dimakan, deketin lagi jadi 5cm dari depan dia. tinggalkan lagi. :)
      emang harus dilatih sih mas biar gak manja.
      4. tergantung karakter owl ama aura si owner. susah jelasinnya kalau soal aura dan chakra, hehehe. silakan mas baca mengenai imprint pada burung hantu.
      namun rata2 kalau bonding, hmm, kurang lebih 3 bulan kalau terus menerus latihan. ini hanya tebakan mentah saja ya, jadi bisa lebih lama atau lebih singkat... :)
      5. itu bagus malah. kalau dia liat mas tidur, dia jadi tau kalau mas gak akan melukai dia. dari situ dia jadi percaya sama mas. soal lampunya, gak masalah dinyalakan atau dimatikan. nyalakan aja lebih bagus...

      nama owlnya siapa mas? :)
      salam dari padma dan errol..

      Delete
    2. terimakasih pencerahan nya dok...
      - saya gk prnah kasih minum, tp kl konsistensi pup nya agak keras/kental, saya akalin aja inject air ke perut jangkrik ny dok, tp kl udh balik creamy gk saya kasih lg.
      - mngkin krn manja ya dok, oke kdepan nya saya coba mancing dia ambil mkanan ny sendiri.
      - sukurlah gpp saya bawa tidur hidup lampu, takut tidur gelap soalnya dok, masih terngiang mitos nya celepuk... wkwkwk..
      tp sprtinya owl nya aman" aj tidur nutupin mata di perch nya dok..
      - owy, nama owl saya krik"... terinspirasi dari suara jangkrik... wkwkwk...
      saya di kasih pasien pas koass d puskesmas kmaren dok, kira" si krik" udh 3minggu saya adopt...
      owy, salam balik buat padma & errol.. semoga krik" cpt bonding ama saya, bisa berburu sendiri malem hari terus paginya di bawain jangkrik kayak owl nya mba dokter,, hehehe...

      Delete
    3. mitos kalo burung hantu bakalan 'ngundang' makhluk halus? saya dan keluarga saya semuanya pecinta BOP, tapi cuma saya dan almarhum kakek saya yang pelihara burung hantu (rata2 elang dan alap2). dan selama puluhan tahun saya dan kakek pelihara burung hantu, gak pernah ada makhluk halus yang datang, huehehehe....

      udah pernah saya bahas kok artikelnya: apakah burung hantu mengundang makhluk halus. dan artikel sisi mistis memelihara burung hantu. :)

      Delete
  37. maaf bertanya lagi dok, saya baru dpt info dri tmn kalo clepuk jngan di kasi daging mentah atau tikus pinkis krn bisa nyebapin si burung jd liar/susah dijinakkan... apa benar? tp yg saya rasakan dari pngalaman sih cara dia mematuk makanan saat disuapin jangkrik jd lebih sedikit kuat dan mulut nya lebih membuka lebar dari sebelum pernah di beri pinkis, oleh karena itu jd saya nyuapin ny agak jauh krn kl agak jauh dia jd kurang lebar buka mulutnya,, terimakasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak benar. sesat itu mas. :D
      si errol saya kasih tikus dan daging dari dulu, malah bagus. insting berburunya malah tajem, nafsu makannya juga naik karena emang burung BOP dan owl suka dengan aroma darah.

      sama aja kayak musang, kalau si musang emang dasarnya udah jinak dan nurut sama kita, mau dikasih daging mentah tiap hari pun tetep aja akan jinak...

      Delete
  38. hai dok...
    saya mau tanya,saya punya celepuk nama nya gendon...itu tiap saya nyodorin tangan koq di gigit ya...dan mau tanya lagi...si gendon koq jarang tidur..kira2 itu normal gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara si gendon?
      kalau baru, wajar kok kayak gitu... bahkan, si errol aja yang udah bonding sama saya, kadang suka gigit2 kuping dan jari saya. wajar kok....

      fesesnya gimana mas?

      silakan baca artikel saya mengetahui kesehatan burung hantu dari tahinya

      Delete
  39. Dok saya baru aja beli celepuk di pasar jatinegara nah pas saya baca artikel di atas saya langsung down soalnya burhan saya udh bukan bulu kapas lagi kira2 ada kemungkinan bisa di jinakan atw di latih skill gak ya dok? Trus burhan saya itu stiap tangan saya di depan mukanya di ngikutin terus dok jadi takut di patok saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu si errol udah tua banget waktu saya pelihara, tapi sekarang bisa jinak. bahkan bonding ama saya. sebenernya tergantung cara mas menjinakkannya aja...

      jangan takut. kalau mas takut, dia malah makin susah jinak. silakan baca artikel saya hal yang salah dalam menjinakkan burung hantu

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Dok ko burung hantu saya kadang suka mkan pupnya sndri knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu? kasus unik sih, tapi kadang ada yang kayak gini. masing2 burung hantu punya karakter unik sendiri2. selama ini sehat2 aja, mas?

      Delete
  44. dok mau tany ko burung hantu saya suka makan kotoranya sendri knp ya ??

    ReplyDelete
  45. Malem dok, mlm ini sy lepas wadah ulat hongkong di kandang si jack, soalnya beberapa hari entah itu feses ato pellet ada bentuk ulat disana, sudah benarkah tindakan sy? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan si jack?
      emang dia bisa makan sendiri dari wadah, mas? kalau bisa sih boleh aja... :)

      kabari saya ya mas. maaf baru balas.. :)

      Delete
    2. kalo yang ulat hongkong, malem kayae dia nangkring dan nyemil ulatnya, tapi takutnya bulu rontok dok katanya kan ulat hongkong panas, jadi gimana baiknya tetep sy kasihkan apa ga? selama sy lepas wadah ulatnya. sy kasih makan jack dengan sy tangkringin di tangan kiri terus suapin jangkrik sampai puas, ga papa kan dok ?
      Terima kasih

      Delete
    3. kalau gak terlalu banyak, gak apa2 dikasih ulhong. mungkin mas boleh coba ulat hongkong kering Markel kalau emang mau coba. kata yang udah pernah pake, gak bikin bulunya rontok... cek aja di extrafoodingmarkel.com

      kabari saya terus mengenai celepuknya... sehat terus jack.. :)

      Delete
  46. selamat malam dok, saya sekedar ingin berbagi cerita bahagia saya sama si krik" partner saya, sekarang dia udh bisa skill fttf respon bunyi peluit... akhirnya... training dan manning selama sebulan yg penuh kesabaran akhirnya terbayar... wkwkwk... respon ny bagus bgt pas peluit bunyi, langsung ngampirin tangan yg tanpa jangkrik, sesaat setelah di tangan, baru saya kasih hadiah jangkrik nya... kl untuk ff saya belum berani krn tkut escape.. tp kl di dalem rumah sih saya lepasin aj, dan si owl gk ada kliatan mau kabur sih, soalnya fentilasi gede malah dijadikan tmpat nangkring... wkwkwk tp kl ff ttep masi taout soalnya owl baru sebulan ama saya.. owy, salam buat padma dan erol nya ya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren! salam juga buat krik2 dari errol dan padma... :)
      errol lagi sakit...

      Delete
  47. Dok mau tanya ko burung hantu saya suka bersin2 gtu knp ya? Trus burungnya kaya lesu gitu? Kira2 sakit ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lesu dan murung (suka merem), kemungkinan emang sakit.
      lubang hidungnya keliatan basah?

      coba sering2 jemur aja kalau pagi. caranya, silakan baca artikel saya cara menjemur burung hantu...

      Delete
  48. Bu dokter celepuk saya murung dan tidak mau makan? Bagaimana cara agar dia mau makan dan tidak murung? Saat ini saya biarkan dia di ruangan tertutup dan sirkulasinya bagus. Saya taruh beberapa jangkring,saya tidak tahu itu dimakan atau tdk. Tapi saya liat dia buang kotoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya. karena kesehatan dan penyakit burung hantu bisa dilihat dari warna dan bentuk fesesnya.

      cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      udah berapa lama murung kayak gitu, mas? kalau udah lebih dari 4 hari, saran saya bawa aja ke dokter hewan, sekalian check up...

      Delete
  49. Dok sayang mau nanya
    Burhan celepuk saya ini kok mau buat makan susah tapi nafsu makan nya dia masih ada itu kenapa ya?

    oh iya umur nya udah 1tahun 1 bulan si celepuk ini

    tolong dijawab dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya nafsu makannya berkurang? masih mau makan tapi dikit (berkurang)? gitu mas?

      coba cek fesesnya. tahinya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    2. nafsu makannya itu biasa dok tapi ini si celepuk kaso di kasih makan dia pas nelen nya itu agak kesusahan dok itu dia kenapa ya ?

      Feses nya dia itu warna putih utuh dok

      Delete
    3. fesesnya warna putih doang? gak ada elemen lain seperti kehitaman dan bening seperti air?

      biasa dikasih makan apa mas?

      observasi aja dlu selama 3 hari ke depan, sambil cari2 info dokter hewan daerah situ yang bisa nangani burung hantu. buat jaga2 aja....

      coba kasih juga bayi tikus yang masih merah (pinkies). taruh aja deket dia, terus tinggalin. jangan diliatin. nanti dimakan sendiri....

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  50. Dok saya kmren baru dapet Burhan jenis Celepuk masuk ke dalam rumah dan saya kasih nama Owen, nah saya mau tanya:
    1. Apakah si Owen bisa makan sendiri? saya kasih jangkrik di dalam sangkar tmpt makanan burung seperti biasa.
    2. Begitu juga dengan minum nya apakah bisa sendiri si owen minum?
    3. Umur si owen kira2 brp yah dok? saya mau share gambar tp bngung bagaimanan share nya ke sini, maaf pemula nih dok.

    Terima kasih, dtunggu bls an secepatnya dok takut si owen kenapa2 karena saya blm paham cara pemeliharaan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Dok saya Share Foto nya di Facebook
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=962244293860378&set=pcb.962244530527021&type=3

      Delete
    2. 1. kalo awal2, dia harus disuapin. jadi jangkriknya harus disodorin ke paruhnya. baru dia makan. ada sih yang bisa langsung makan sendiri, tapi jarang. rata2 begitu (harus disodorin ke paruhnya.
      2. soal minumnya, silakan baca artikel saya cara memberi minum burung hantu.
      3. kalo dari gambarnya, saya kira umurnya diatas 5 bulan ke atas. udah lumayan tua itu mas. dia jinak? nggak sering melebarkan sayapnya kalau mas mendekat? :)

      silakan baca2 dlu artikel saya di blog ini... :)

      Delete
    3. 1.Kalo makan sepertinya bisa makan sendiri dok..Td mlm sy perhatikan dr kaca kamar si owen makan in jangkrik nya di mangkok makanan dan jangkrik nya pun berkurang.
      2.Untuk minum yg sy kurang tau tp ada bekas kotoran di mangkok air minum sepertinya di minum juga.
      3.Kalo jinak sepertinya tidak,karena setiap mau di dekatin dy selalu merentangkan sayap seperti ketakutan. Gimana yah dok cara penanggulangan nya? Biar dy tau dan kenal sma kita? Apakah di suapin makan berpengaruh dengan dy?

      Delete
    4. 1. bagus kalau emang mau makan sendiri. si errol juga awal2 nggak kayak gitu. dia manja banget dlu waktu belum bonding ama saya. sekarang mah saya lempar dari balkon aja tikusnya, dia langsung terbang nyamber tikusnya... :D

      3. cara agar biar jinak adalah lakukan pendekatan terus menerus. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu dan artikel2 lain yang berkaitan tentang cara menjinakkan burung hantu. banyak kok... :)

      yang terpenting adalah jangan takut, jangan ragu, dan sabar. serta tahu caranya... :)

      Delete
    5. Kalo untuk standar nya makan bisa habis brp ekor jangkrik yah dok dlm 1 hari? Maksud nya kl kita ksh makan jangkrik brp ekor biasa nya?

      Delete
    6. ada kok artikel porsi makan burung hantu. silakan baca aja dlu mas.. :)

      Delete
    7. Dok, bagus nya si owen di kasih perch dan di taruh di ruangan kosong ya dr pada di sangkar in seperti foto yg sy kirim?
      Walaupun msh liar Gpp di perch in? Atau gimana?

      Delete
    8. kalau emang dia masih liar, taruh aja di ruangan kosong dan biarkan dia diperch tanpa diikat. pastikan jendelanya udah ditutup. :)

      biarkan ruangan itu sebagai tempat memelihara dia...

      fesesnya gimana mas? silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    9. Sy ga punya ruang kosong lagi dok, ada nya gudang tp bnyak barang2 nti berantakan dengan feses nya :D
      makanya bingung mau taro dimana lg kl bukan disangkar, lg cari solusi tmpt nih dok. untuk waktu lama emang harus lepas dr sangkar yah dok? tidak boleh terlalu lama? kl iya kira2 brp lama dok max nya?

      untuk pendekatan ada kemajuan ko dok dy sudah mau di elus kepalanya dan dy diem aja menunduk dan mata nya langsung mejam. :D :)
      kalo kmren2 kan dy mengigit dan tidak mau di pegang.

      untuk feses nya sih normal kmren2 dok, tp td pagi saya liat feses nya tidak ada putih nya tp hitam smua dan bnyak tidak seperti biasanya. itu kekurangan cairan (minum) yah dok? sy sih tidak pernah ksh minum pake sedotan, st cuma kasih mangkok tmpt minum aja dan waktu itu sy sering liat dy minum sendiri dan bertengger di mangkok minum nya.

      Delete
    10. kalau mau, gini aja mas. jangan di sangkar tapi di kardus bekas. bisa bekas kulkas atau bekas tv.

      opsi lain: kamar mas. :D
      gak apa2 kok asalkan mas menjaga kebersihan kamarnya.

      iya sepertinya sih kurang minum itu mas. tapi kasih minum juga jangan kebanyakan. secukupnya aja. kasih minum setelah kasih makan...

      lakukan terus 'pdkt'nya. coba ajak ngobrol biar dia imprint sama mas... :)

      Delete
    11. Kalo di taro di kardus perlu di ikat atau tidak dok?
      Apa cuma di ksh perch aja?
      Trus sisi mana yg di buka? Atau di buat lubang kardus nya?

      Sy dah punya anak dok umur 2,5 tahun, kl di taro di kamar sy msh sangsi dengan mereka nya.

      Untuk feses nya hari ini msh hitam dok tp ada cairan nya cuma berwarna hitam juga tidak ber warna putih..gimana yah dok? Apa karena jangkrik nya? Karena jangkrik nya ada yg berwarna hitam keling seperti areng..

      Delete
    12. This comment has been removed by the author.

      Delete
    13. kalau udah ditaruh di dus yang besar (inget ya mas, yang besar. jangan yg kecil), gak usah diikat. cukup kasih tangkringan aja dari kayu... :)

      iya, kasih lubang dengan cara dicoak sisinya. jangan dicoak semuanya, jadi bisa dibuka tutup. :)

      oh gitu. ya sudah, pakai dus aja mas. :)

      fesesnya ada bagian cairnya gak? kayak ada bagian airnya. kalau ada, masih bisa dikatakan normal meski gak ada bagian putih susunya. bagian hitam dan bagian bening udah cukup. kalau gak ada bagian airnya, ada kemungkinan mas gak kasih minum soalnya yang bagian kayak air itu urine-nya. coba kasih minum biar dia gak dehidrasi. cukup kasih minum setelah kasih makan..

      Delete
    14. Hari ini feses nya dah ada putih nya dok, dah kembali normal feses nya.

      Td sy coba taro di gudang dok dan sebagian barang sy coba singkirkan, si owen sy buatkan perch, tp dy terbang sana sini kl kita dekati, Tidak mau diam di perch nya. Dan setelah itu sy liat dy seperti ngos2 an mulut nya terbuka, itu karena dy lelah terbang apa karena faktor gudangnya yg panas yah dok?
      Soalnya Kalo menurut badan sy itu gudang panas karna atap nya pakai asbes dan tanpa plafon dan sirkulasi udara nya jg emang kurang.
      Dr cerita sy menurut dokter gimana? Apa tidak udah ditaro di gudang atau di coba dulu? Atau gimana dok?
      Kl pintu gudang di buka sih jd ada sirkulasi udara nya cuma sy sangsi dy Nti malah kabur.

      Delete
    15. iya, kemungkinan emang dia kepanasan. mending ruangan lain aja kalau emang ada... :)

      atau kalau nggak ada, hmm, mending bikin owlbox sederhana pake kardus besar (bekas kulkas). kasih tangkringan didalamnya. coak di salahsatunya hingga bisa dibuka tutup... lalu taruh owlboxnya di kamar mas...

      observasi terus mengenai fesesnya ya mas... dan kasih kabar saya terus...

      Delete
    16. Ohh gitu yah mendingan pake OwlBox?
      kl bgtu saya cari kardus kulkas dlu dok.

      Terima kasih dok info nya.
      mau cari2 kardus dlu, nanti saya kabar in lg.
      Thank u dok.

      Delete
    17. Dok si owen dr td siang sy taro gudang..Tp dy tidak di mau deket in dy terbang sana terbang sini dan m nemplok di atas yg ada kayu2 nya, padahal dah sy buat kan perch dr pipa dan di balut tali..Itu gimana dok? Biar kan saja? Trus ngasih makan nya gmn kl dy nya jauh diatas tidak di perch nya? Gimana cara manning nya yg benar?

      Delete
    18. hmm, gimana kalau mas bikin owlbox sederhana aja? cari kardus yang besar, bekas kulkas misalnya, lalu taruh aja owlnya di situ.

      coak salahsatu sisinya biar bisa jadi jalan keluar masuk owlnya. :)

      jangan seharian ditaruh di owlbox ya mas. kalau mas mau pergi keluar misalnya, baru masukkin ke owlbox.... :)

      Delete
    19. msh nyari kardus nya dok blm ketemu2..
      bisa lebih rinci ga dok penjelasan nya?
      mksud dr mau pergi keluar itu keluar rumah atau keluar kamar dr tmpt si owen di taro?
      si owen sering2 di tangkep dan di keluar dan masukan ke kardus tidak apa2? (soalnya dy ngelawan terus kalau di pegang di genggam sedangkan kl ga di genggam dy tidak mau ke tangan kita.)

      Delete
    20. emang agak susah sih mas carinya, hihihi...

      maksudnya pergi keluar tuh kalau mas mau keluar rumah (pergi main atau jalan2). bukan saat si owl dbawa keluar kamar... :)

      nah, itu dia salahnya. mas memegang si owen, harusnya jangan dipegang, mas. ditangkringkan aja di pergelangan kita. kalau dia kayak mau kabur2an, coba cek lagi: masnya takut ya? atau mas ragu2? kalau mas gak takut atau nggak ragu2, dia pasti anteng di pergelangan masnya... :)

      Delete
    21. Ohhh tidak boleh di pegang atau di tangkep yah?
      Sya pegang karena mau pindah in dy dr sangkar burung ke gudang..Kl ga di pegang dy nya ga mau ketangan kita malah kabur2 an.

      Kmren sempet keluar dr gudang si owen, karena ada lubang, tp untung msh di dalem rumah gudangnya Jd msh bisa sy tangkap lg,,

      Iya dok mau tanya si errol dulu pelihara dr chick ya dok? Apa dah juve?

      Delete
    22. owl paling gak suka kalau badannya ditangkup pake tangan kita... :)

      errol dulu udah tau banget waktu saya baru pelihara dia... :)

      Delete
  51. iyaa dok gak ada cuma warna putih doang fesesnya gak ada warna lain dan bercampur lainnya

    biasa dikasih makan jangkrik sama anakan tikus (mecit)

    ini sudah dua hari dan mulai bertanya tanya pet shop daerah sini malah pada sinis kok burhan dipelihara gak ada peliharaan lain apa digituin malah dok

    dan sekarang nafsu makannya malah berkurang dan kelihatna lesu dan lemas dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, saya banget dah dulu waktu awal2 pelihara owl. pahit emang digituin mas. bahkan saya sempet dikatain, "mahasiswa kedokteran hewan kok nggak bisa ngobati hewan?!" yaaah, saya kan waktu itu masih kuliah semester awal, jadi masih cupu, hihihihi....

      mas udah baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya? coba baca dlu.
      coba baca juga artikel saya cara mengobati frounce pada burung hantu.

      dan gabung ke komunitas pecinta owl/bop di facebook, biasanya mereka punya rekomendasi...

      Delete
    2. alhamdullilah udah sembuh ini si burhan satu ini.
      hari ini sudah makan jangkrik 20 biji, dan sudah mulai terbang terbang lagi di kandang nya si celepuk soalnya gak pernah di kasih perch semenjak di pelihara gak apa apa kan ya?

      oh iya terus kalo di satu kandang ada 2 jenis burhan yang berbeda itu boleh gak ya? (celepuk sama javan owlet)
      ukuran kandang nya 2x2 meter(ini kandang buatan ya dok bukan kandang yg dari besi besi itu)

      Delete
    3. oh, syukurlah. saya ikut senang. :D
      boleh aja sih satu kandang 2 jenis owl, hanya awal2 sebaiknya diawasi aja dlu, mas... takutnya pada fight.. :)

      kalau sekiranya mereka gak fight, boleh satu kandang... :)

      saya tunggu kabar baik selanjutnya...

      Delete
  52. Dok kalau misal si burung hantu itu saya tinggal 2 hari tiap minggu bagaimana ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau kalau terlalu sering saya bawa di kendaraan transport bagaimana dok? terimakasih

      Delete
    2. mending bawa aja di kendaraan transpor, mas. selama perjalanan mas tempatkan di kardus, dan tempatkan kardusnya di pangkuan mas... hindari guncangan....

      dan kalau dah sampe tujuan, tempatkan di ruangan yang sepi suara.... :)

      Delete
  53. Dok mau tanya.. Dosisi pemakaian minyak ikan ada hub dengan usia bop tidak? Atau cukup satu butir/minggu segala usia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak ada batesan namun sebaiknya makin muda umur owlnya, sebaiknya tidak sering range pemberiannya. untuk owl berusia muda, sebaiknya 2 hingga 3 minggu sekali. kalau owl berusia juve, cukup 2minggu sekali.. :)

      Delete
  54. Dok apakah ada cara agar celepuk tidak takut kucing?
    Saya punya 4 kucing, kucing kucing saya tidak pernah mengusik celepuk saya, namanya nott, bahkan jika nott ada di lantai tp nott selalu takut dan kadang terbang ke tempat tinggi bila ada kucing saya. Nott dan kucing saya semuanya saya biarkan berkeliaran di rumah, tp utk nott dia lebih suka bermain di dekat perchnya di bagian tengah rumah. Sebenarnya engga kenapa napa sih dok, cuman nott kalo ada kucing tidak mau FTTF walaupun kucing saya berada agak jauh dari dia, saya bisa train dia kalo ada di kamar saya, tapi kamarnya tidak seluas bagian tengah rumah, jadinya jarak FTTFnya segitu gitu aja.

    Ada beberapa pertanyaan lagi nih dok, apa ciri ciri celepuk yang birahi? Apakah saat birahi mereka berusaha untuk kabur mencari pasangan?

    Owl dibagi dalam kategori chick, brancher, juvenile, dan mature. Nah itu rentang waktu umur masing masing kategori tuh berapa dok? Kaya misalnya owl dikatakan mature ketika sudah setahun. Saya selalu bingung karna biasanya orang orang hanya menyebutkan kategori kategori itu.

    Apakah celepuk ketika dewasa suaranya berubah jadi suara owl umumnya yg hoot hoot?

    Nott pernah kabur dua kali ke pohon pohon di lapangan yg jaraknya sekitar 15 m dari rumah saya, dia pergi lewat lantai 2 rumah saya. Kalo saya tunggu dan panggil dari lantai dua rumah, saya tidak mendengar responnya. Kalo saya yg ke lapangan dan saya panggil panggil, baru dia menghampiri glove saya. Mungkin suara saya tidak terdengar juga sampe lapangan kayanya sih dok hehe. Apakah dia juga harus ditrain untuk tahu jalan pulang? Atau dia akan tahu sendiri lama kelamaan?

    Pertanyaan yang terakhir nih dok, nott sebenarnya mudah untuk ditrain dan dia udah ga takut manusia, bahkan dia kadang suka nemplok di bahu atau kepala orang lain selain saya, nah sebenarnya owl tahu ownernya itu dari apanya dok? Dari suaranya atau wajahnya atau hal lainnya? Waktu itu nott pernah saya bawa ke acara keluarga, di situ nott lebih suka nemplok ke orang orang yg memakai jilbab, bahkan saya jarang ditemplokin dok, kadang dicuekin malah.

    Terima kasih dok, maaf ya pertanyaan saya banyak, abisan saya bingung, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak atas pertanyaannya. saya coba jawab... :)

      1. udah berapa lama pelihara si nott? belum lama ya?
      emang gitu sih kalau belum lama pelihara. cukup dibiasakan aja agar si nott gak takut lagi dengan kucing2 itu. soal melatihnya, saya kira gak masalah sih di kamar. :)

      2. celepuk yang lagi birahi sebenernya agak susah diliat secara visual. karena si errol kadang kalau mau kawin sama si padma, ya kawin aja langsung, hehehe. meski mereka gak mau keliatan ama saya kalau kawin, tau tau kamar saya berantakan diacak2 (mereka tinggal di kamar saya). pernah mereka 'kegep' pas lagi kawin, langsung pisah. si padma langsung munggungin saya kayak malu, si errol langsung ngeliatin saya pake tatapan benci setengah mati, hehehehe. abis itu mereka berdua gak mau deketan kalau ada saya + si errol marah sama saya 2 minggu... :D

      3. soal istilah memelihara owl silakan mas baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu. silakan baca artikel tersebut...

      4. makin tua umur owl, maka suaranya akan makin tebal. kalau masih anakan, biasanya lebih cempreng. :)

      5. wah. hebat itu. si nott kayaknya dah bonding sama mbak, betul? udah imprint. sebenernya sih gak harus ditraining, soalnya dia akan tahu sendiri arah pulang kalau dengar suara mbak jika si owl udah 100% bonding dan imprint. si errol juga gitu. tiap malem saya lepas ke alam biar dia cari makannya sendiri, subuh dah balik lagi ke perchnya...
      latih aja terus, mbak.

      6. oh ya. kayaknya si nott emang auranya mudah 'connect' dengan orang lain. mudah imprint. silakan mbak baca artikel saya imprint pada burung hantu, di sana ada penjelasannya. jarang aja owl yang kayak gini, jaga terus si nott ya mbak...

      kabari saya kalau ada apa2 ya mbak. saya tunggu. salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  55. dok, mautanya. kalau burhan dikasih di tangkringan kotorannya dikasih apa? bingung.. kalo di rumah ada kucing kira2 takut gk ya si burhan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawah perchnya, kasih koran aja. alasi pake koran. jadi lebih mudah dibersihkan (tinggal ganti korannya).... :)

      Delete
  56. Itu kalo mau dikasih anak tikus,harus dilukai dulu tikusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau kasihnya bayi tikus, nggak usah dilukai. taro aja bayi tikus yang masih merah (yang belum ada bulunya) di deket owlnya. terus tinggalin. jangan diliatin....

      dan bagusnya emang yang masih bayi, mas... :)

      Delete
  57. Halo dok...salam kenal.Senin petang 22 feb'16 sy kedatangan burhan abu2,kepala dan dadanya msh bulu kapas,rupanya dia nyasar masuk ke teras mobil sy. Setelah sy lihat google mungkin...burhan ini celepuk.Sy di Minahasa Utara,gak ada yg jual jangkrik,jd keesokkan paginya sy beri burhan ikan teri segar dg cara ditusukkan di tusukan sate dan sy sodorkan ke paruhnya,minumnya sy berikan di plastik tempat ukuran beras pd magic jar. Awalnya burhan kembangkan sayap saat sy beri makan tp setelah sy ajak ngobrol skrg sdh 'baik' pd sy,hanya sy msh meletakkannya di sangkar besar krn sy msh ragu melepaskannya. Skrg makanannya sy ganti dg daging ikan segar. Apa boleh burhan diberi makan kodok/belalang hijau/kumbang/cicak/kecoa? Krn jangkrik susah nyarinya di t4 sy dokter. Fesesnya putih dan hitam. Klo sy menyanyi,si burhan menggoyang kepalanya. Lucu bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih ikan sih sebenernya gak masalah. cuma bagusnya sih kasih jangkrik. kalau jangkrik gak ada, cicak bisa jadi makanannya. belalang bisa dikasih, cuma kaki belakangnya (yang tajam), dibuang dlu dan belalangnya jangan yang besar2. yang kecil aja. kumbang dan kecoak sebaiknya jangan, kodok boleh asalkan pastikan kodoknya bersih....

      silakan baca artikel2 saya mengenai burung hantu di blog ini.

      saya seneng mbak mau ngobrol ama sama owlnya. lanjutkan saja langkah2 penjinakkannya... :)

      nama owlnya siapa?

      Delete
  58. dok kalo letak burungnya di kamar ber ac gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan ruangannya gak terlalu dingin, gak apa2. bagusnya sih mending di ruangan non ac, mas... :)

      burung hantu bulu kapas masih perlu dikarantina...

      Delete
  59. dok kalo masih bulu kapas perlu di karantina?

    ReplyDelete
  60. nama saya fira, bukan gani.. :D
    kalau belum bonding 100%, jangan dilepas di alam.
    dan kalau ada ruangan kosong kayak gudang dll, mending taruh di situ, jangan dikandangin.

    umur celepuknya berapa mas? udah jinak belum?

    silakan baca2 dlu artikel saya mengenai burung hantu di blog ini.... :)

    ReplyDelete
  61. Dok mau tanya, ini kemaren malem hbs nemu burhan kyknya sih celepuk masih lumayan kecil kayaknya tpi udh bisa terbang. Bingung mau diapain dulu, setiap ada saya pasti burhannya kyk takut2 gitu. Ini masih ditaruh di sangkar, takutnya kalo ditaruh di perch ntar ngacir burhannya heheh. Cara biar si burhan cepet jinak gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu...

      Delete
  62. dok saya mau tanya di tempat saya gak ada ruangan kosong apa boleh di taruh di luar rumah ? apakah akan mempengaruhi adap tasinya dok , malam hari saya taruh di dalam kandang yang lumayan gede , terus paginya saya taruh di perchnya , apakah akan mempengaruhi adaptasinya dok ? mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling dibutuhkan dalam adaptasi dan karantina burung hantu adalah ruangan yang bersuhu stabil (tidak terlalu panas atau dingin), serta minim suara (tenang). itu aja. kalau gak ada ruangan atau tempat dengan kriteria macam itu, sebaiknya jangan pelihara owl, mas.... :D

      atau bisa juga numpang di rumah temen, mungkin? :)

      Delete
  63. Dokter.. ollaf pertumbuhannya lumayan juga ya :D semenjak saya adop 10 hari yg lalu dia masih kecil blm bisa apa2, skrg bulu ny udh banyak udh bisa kepakkan sayapnya dll . Tadi dia gosok2 mata nya pake kaki dia, pas aku lihat mata nya ber air, tp saya perhatikan gak ada semut atau apa2. Kalau saya tetes pake insto gapapa dok mata dia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu. observasi aja selama beberapa hari ke depan, kalau masih sama, boleh ditetesin insto. tapi ingat, saya nggak menyarankan ya mbak, hehehe. jadi, do at your own risk... cuma saran saya, biarin aja. sering dijemur gak owlnya? jemur aja kalo libur, mungkin sabtu minggu... jemur sebelum jam 9 pagi, selama 10 hingga 15 menit... :)

      ollaf ada salam nih dari errol. :)

      Delete
  64. Sya baru sja beli owl celepuk .. Kemudian ku beri minum gk mau .. Mlah takut .. Emg owl gk suka minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara memberi minum burung hantu...

      sekarang gimana keadaan owlnya, mas?

      Delete
  65. Sya baru sja beli owl celepuk .. Kemudian ku beri minum gk mau .. Mlah takut .. Emg owl gk suka minum

    ReplyDelete
  66. Sya baru sja beli owl celepuk .. Kemudian ku beri minum gk mau .. Mlah takut .. Emg owl gk suka minum

    ReplyDelete
  67. saya pingin upload foto gmn caranya ya? saya tadi malam nemuin burung hantu, tp ga tau usianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim aja via chat ke saya... :)
      untuk jenisnya, silakan baca artikel saya jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya

      Delete
  68. Assalamualaikum dokter. Ketemu lagi :D. Semoga selalu sehat ya dok.
    Dok mau tanya nih. Temen saya kemarin beli celepuk, usia sekitar brancher awal, tapi kok yang saya heran kepala nya kecil ya dok? Si ollaf dari chick sampe brancher akhir saya perhatiin ukuran kepala dan badan itu seimbang tdk beda jauh. Tapi kok yang temen saya kecil ya dok kepala nya, trs dia udah bisa berdiri, kaki nya keliatan tinggi dibanding ollaf waktu kecil dulu. Takutnya yang temen aku beli itu cacat dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya untuk tahu. mbak bisa share fotonya kemari atau via chat?

      kayaknya sih masih normal, CMIIW. tapi saya butuh gambar buat tahu keadaan sesungguhnya... :)

      saya hari ini full online. :)

      Delete
  69. Cara kirim foto nya gimana dok?

    ReplyDelete
  70. dok fotonya ada di foto profil akun saya. ada namanya 'LUFFY'

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayaknya bukan cebol, mungkin karena bulunya aja nggak selebat ollaf.

      coba tunggu aja beberapa minggu lagi hingga bulunya luffy bisa agak lebat... :)

      ollaf sehat? moga luffy juga... :)

      Delete
  71. Iya dok :D
    Kata temen saya kok celepuk dia gak lucu kayak ollaf, kepala celepuk dia kecil :D trs dia takutnya cacat atau apa. Makanya saya tanya ama dokter hehe
    Ollaf & Luffy sehat dok.
    Saya penasaran sm foto Errol & Padma, pgn lihat :D

    ReplyDelete
  72. dok, saya kan baru beli celepuk, dan msih anakan ini, saya blum pnya angklet, lha skarang ini saya taruh d kardus, itu gmana dok ?
    kalau perch sdah ada, buat sndiri, tpi angklet nya yg blum ada dok, mskipun msih kcil takut klo kabur atau jalan kmana2
    gmana dok baik nya ?

    ReplyDelete
  73. maaf dok kayanya saya yang paling telat baca blog nya, saya mau nanya nih dok, kira-kira ada tidak ya cara yang tepat atau tips kalau mau meninggalkan burhan di rumah untk jangkam waktu yang cukup lama? mungkin seperti saat lebaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya meninggalkan burung hantu di rumah tanpa dijaga gitu mbak? kayaknya gak bisa, kecuali ada yang jaga (pelihara). emang ini resiko pelihara owl. saya aja pas mudik pasti errol dan padma saya bawa. kami mudik pake 2 mobil, satu untuk manusia, satu lagi buat hewan. keluarga saya pelihara hewan semua soalnya, rata2 BOP (burung pemburu)....

      Delete
  74. dok, saya kan baru beli celepuk, dan msih anakan ini, saya blum pnya angklet, lha skarang ini saya taruh d kardus, itu gmana dok ?kalau perch sdah ada, buat sndiri, tpi angklet nya yg blum ada dok, mskipun msih kcil takut klo kabur atau jalan kmana2gmana dok baik nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusan gak usah pake angklett sebenernya. biar dia lebih percaya sama kita ownernya. latih aja baik2.
      si errol aja seumur2 gak pernah pake angklett.

      maaf baru balas, mas. saya lagi sakit sekarang...

      Delete
  75. 1.kak untuk jangkrik nya berapa ekor?

    2.apakah ada pengganti makanan selain tikus putih?

    3.ikan lele boleh di kasih ke celepuk?

    4.boleh gak tempat airnya pake tempat air kaya tempat air ayam?

    5.boleh gak celepuk di kasih pur burung kicau?

    6.anklet jesse dll boleh di pasang semenjak masih umur 6 minggu?

    sekian makasih... fast respon dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. udah ada artikelnya. porsi makan burung hantu.
      2. tergantung jenis burung hantunya. tapi kalau hanya nanya pengganti tikus putih, bisa kasih emprit.
      3. lele sebaiknya jangan buat dikasih buat celepuk.
      4. kalau dia udah bisa minum sendiri dari tempat minum, bisa aja kasih. kalau dia belum bisa minum sendiri sih mau gak mau ya harus dipipet kalau minum.
      5.jangan, burung hantu jangan dikasih pur burung, mas... gak cocok...
      6. boleh aja sih, tapi kenapa harus dipasangi mas?
      bagusnya sih jangan. biar dia lebih percaya sama mas...

      Delete
  76. 1.kak untuk jangkrik nya berapa ekor?

    2.apakah ada pengganti makanan selain tikus putih?

    3.ikan lele boleh di kasih ke celepuk?

    4.boleh gak tempat airnya pake tempat air kaya tempat air ayam?

    5.boleh gak celepuk di kasih pur burung kicau?

    6.anklet jesse dll boleh di pasang semenjak masih umur 6 minggu?

    sekian makasih... fast respon dok..

    ReplyDelete
  77. 1.kak untuk jangkrik nya berapa ekor?

    2.apakah ada pengganti makanan selain tikus putih?

    3.ikan lele boleh di kasih ke celepuk?

    4.boleh gak tempat airnya pake tempat air kaya tempat air ayam?

    5.boleh gak celepuk di kasih pur burung kicau?

    6.anklet jesse dll boleh di pasang semenjak masih umur 6 minggu?

    sekian makasih... fast respon dok..

    ReplyDelete
  78. Dok mau nanya,kalau anakan celepuk ditaro didalam dus mie instan atau dus air mineral gitu buat beradaptasi diperbolehkan atau tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya boleh sih mas. tapi kalo ada kardus yang lebih besar sih pake kardus yang lebih besar lagi aja mas... :)

      Delete
  79. Untuk dikurung didalam dus selama proses adaptasi berapa lama ya dok buat anakannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikurung di dalam box. cukup taruh burung hantunya di dalam box dalam keadaan box terbuka, terus taruh boxnya di tempat atau ruangan yang sepi.

      percuma kalo owlnya mas kurung di dalem box tapi sekitarnya berisik. malah stress owlnya nanti... :)

      Delete
  80. Gak dikurung dok,cuman ditaro sama atasnya diganjel gitu biar gak kabur,soalnya naronya digarasi,gak ada ruangan lagi soalnya hehe,kira-kira aman gak ya dok kalo taro digarasi gitu? Takut owlnya stres aja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung berisik apa nggak garasinya, terus panas gak....
      kalau garasinya gak berisik, gak terlalu panas, juga bebas polusi, kayaknya masih aman...

      Delete
  81. Pagi dok, mw tnya, treatment k burung bubut (dudut) gmn ya? Apa sma seperti k owl? Sya pnya dudut usia 5bulanan, ditaro d kandang 1x0,5 metet, slma ni sya ksih ulat jerman ato jangkrik ato insect lain Kadang d kasih pala aym dpotong2 mau jg. mhon pencerahannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung dudut itu pemakan serangga dan bukan BOP (burung pemburu).
      mas gak takut diciduk BKSDA? karena setau saya, burung dudut itu dilindungi. untuk pakannya, jangkrik aja mas. jangan dikasih kepala ayam.

      dudutnya sehat? saya tunggu kabar selanjutnya

      Delete
  82. dok ada vitamin atau faksin celepuk buat jaga" kalo misalnya sakit? obatnya apa kalo burung sakit?

    fast respons

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca2 dlu artikel saya di blog ini. banyak kok clue-clue mengenai obat dan cara tentang penanganan celepuk yang sakit.
      sebenernya sih harus diketahui sakitnya karena apa. cara mengetahuinya dari fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  83. Dok, mau nanya, saya br aja pelihara celepuk, udh brancher. Mulai terbang2 kecil gitu. Namanya Pico.
    Selama ini sih sehat2 aja, nah pertanyaan saya, saya kasih dia makan pagi jam 8 13ekor jangkrik, jam 6an 13ekor lagi, sama jam 1an 13ekor,tp biasanya disela2 jam makan dia saya kasih lagi 5-6ekor lagi.apakah sdh cukup?

    Yg kedua, pico kan saya bw kemana2(kegiatan saya cm kerja atau dirumah). Kalo pas saya kerja, biasanya sy taruh di perch di loker,nah trakir ini dia mulai bljr terbang, jd kadang pup di brg2 temen sy, krn sungkan, jd saya masukin pico di kardus besar yg sdh saya bikin lubang2 cukup banyak dan agak besar2, tapi sama perchnua jd di dlm kardus. Kira2 gmn ya dok? Bolehkah? (Sy kerja dr jam 3sore-12malam) tapi, selama jam itu, saya kdg ajak dia main2 juga biar nggak stres. Kalau dirumah saya taruh di garasi di perchnya dia tanpa angklet jesse. Sbnrnya sy mau psg angklet jesse ditmpt kerja, cm msh kegedean, tkt berat malah kasian. Dan tmptnya jg agak sempet(maklum loker). Kira2 aman buat pico nggak ya dok kalo gitu? Thx ya dok... Sorry pjg lebar.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo pico. :)
      cara mas dengan menempatkan pico di dalam kardus besar sebenernya udah bagus. cuma sebaiknya ruangannya jangan bising ya mas, jangan berisik. biar dia gak stress.

      soal angklett dan jesse kayaknya gak perlu dipasang dlu, mas. setidaknya sampe dia kenal sama mas. malah, bagusnya menurut saya gak usah dipasang samasekali sampe besar nanti, biar dia bisa percaya sepenuhnya sama mas...

      saya mengapreciate usaha mas memelihara pico meski agak merepotkan. saya juga merasakan kok, hehehe. dulu awal2 saya pelihara si errol juga saya bawa2 ke kampus dlu, hehehe.

      silakan baca2 dlu artikel saya di blog ini, mas. terutama soal burung hantu.

      saya tunggu kabar dari pico selanjutnya...

      Delete
  84. Dok aku punya celepuk namanya scob (ScoopsOwlBirds) hehe:D kata temen si udh brancher ,tpi knapa ya klo stiap d mau d kasih makan gamau nyosor hrus deket mulu atau d suapin kadang dia klo mau d kasih makan malah kaya mau nyerang sambil beberin sayapnya apa emng wajar ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam buat scob dari padma dan errol ya mas.
      udah berapa lama pelihara si scob? kalau baru2, emang gitu mas. harus disuapin deket dlu. coba mas kasih pakan hidup kayak bayi tikus putih yang masih merah/belum berbulu... taruh aja deket kakinya, terus tinggalin... setengah jam kemudian, cek... :)

      Delete
  85. saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk prepare membeli BURHAN (maaf kalau kebanyakan) :
    1.Saat burhan celepuk masih chick baru sampai dirumah , masukan di dalam kardus atau langsung taruh di atas pearch untuk adaptasi dengan lingkungannya??
    2.misalnya dimasukkan di dalam kardus berapa lama hingga burhan bisa di keluarkan dari kardus?
    3.misalnya burhan di taruh di pearch sebaiknya diikat atau tidak? atau di masukkan ke sangkar? (supaya lebih aman)
    4.bagaimana pemberian makan burhan yang masih chick? kapan waktu yang tepat pemberian makannya dalam sehari? sebaiknya makan jangkrik atau burung emprit?
    5.apakah burhan didiamkan terus di ruangan? atau sesekali di keluarkan untuk mencari udara segar? kalau di keluarkan kapan burhan harus di keluarkan dari ruangan? apakah malam hari atau siang hari?


    sebelumnya,TRIMS DOK

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. sebelumnya maaf karena baru balas. saya habis sakit keras semingguan kemaren... :(

      1. masukkan ke dalam dus, tapi jangan ditutup. tempatkan saya dusnya di tempat yang tenang. biar dia bisa beradaptasi di situ... :)

      2. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu

      3. jangan diikat biar dia percaya sama kita. intinya sih sebenernya kepercayaan. setelah melewati masa karantina, mas bisa taruh di perch tapi di ruangan tertutup aja. :)

      4. untuk celepuk, silakan mas baca artikel di atas. :D untuk porsi makannya dan berapa kali makannya, silakan mas baca artikel porsi makan burung hantu

      5. jangan di ruangan terus. yah, sesekali ajak main keluar. :)

      sekali lagi maaf karena baru balas ya mas..

      Delete
  86. saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk prepare membeli BURHAN (maaf kalau kebanyakan) :
    1.Saat burhan celepuk masih chick baru sampai dirumah , masukan di dalam kardus atau langsung taruh di atas pearch untuk adaptasi dengan lingkungannya??
    2.misalnya dimasukkan di dalam kardus berapa lama hingga burhan bisa di keluarkan dari kardus?
    3.misalnya burhan di taruh di pearch sebaiknya diikat atau tidak? atau di masukkan ke sangkar? (supaya lebih aman)
    4.bagaimana pemberian makan burhan yang masih chick? kapan waktu yang tepat pemberian makannya dalam sehari? sebaiknya makan jangkrik atau burung emprit?
    5.apakah burhan didiamkan terus di ruangan? atau sesekali di keluarkan untuk mencari udara segar? kalau di keluarkan kapan burhan harus di keluarkan dari ruangan? apakah malam hari atau siang hari?


    sebelumnya,TRIMS DOK

    ReplyDelete
  87. saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk prepare membeli BURHAN (maaf kalau kebanyakan) :
    1.Saat burhan celepuk masih chick baru sampai dirumah , masukan di dalam kardus atau langsung taruh di atas pearch untuk adaptasi dengan lingkungannya??
    2.misalnya dimasukkan di dalam kardus berapa lama hingga burhan bisa di keluarkan dari kardus?
    3.misalnya burhan di taruh di pearch sebaiknya diikat atau tidak? atau di masukkan ke sangkar? (supaya lebih aman)
    4.bagaimana pemberian makan burhan yang masih chick? kapan waktu yang tepat pemberian makannya dalam sehari? sebaiknya makan jangkrik atau burung emprit?
    5.apakah burhan didiamkan terus di ruangan? atau sesekali di keluarkan untuk mencari udara segar? kalau di keluarkan kapan burhan harus di keluarkan dari ruangan? apakah malam hari atau siang hari?


    sebelumnya,TRIMS DOK

    ReplyDelete
  88. pagii mbaa....gimana kabar...??
    ini aku baru aja dapet celepuk...
    bulu putihnya masih di sekitar kepala sama dada...kalo sayapnya udah kaya bulu dewasa ini kira kira umur berapa ya mbaa...??
    aku googling g nemu yang pas :D
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi, mas... kalau dari deskripsi sih, saya nebaknya sekitar 2 hingga 3 bulanan, belum 4 bulan. cuma tebakan loh ya. bagusnya, mas kirim gambar aja via chatting... :)

      Delete
  89. chat dimana mbak...?? hehe maaf :D
    katanya temen sih juga gitu...
    eh iya mba kalo pake anklet tu umur berapa yaa...apa kalo udah bisa terbang...
    kata temen yg jualan celepuk....mending di biasain sejak kecill...? gimana ya yg bener mbak...
    maaf baru bales...kemaren katanya sakit....??
    udah sembuh ya mba...??
    jangan lupa jaga kesehatan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemaren sakit. sekarang sih udah seger lagi, mas. hehehe. makasih banyak.

      kalau celepuknya masih anakan, mending jangan dipakein angklett, mas. biar dia terbiasa sama masnya, biar dia percaya juga sama masnya...

      saya aja pelihara owl seumur2 gak pernah dipakein angklett..

      beda kasus kalau owlnya udah dewasa. mau dipakein angklett atau nggak, terserah yang punya meski saya lebih menyarankan jangan. boleh dipakein angklett kalau emang udah terbiasa. kalau belum terbiasa, bisa dibiasakan pakai atau bagusnya jangan dipakein aja sekalian... :)

      semoga membantu... :)

      Delete
    2. oke deh mba...kallo umur segini boleh dimandikan g mba...?? abis baunya g enak... hehe
      tapi bulunya masih belum rata...takutnya tar sakit :D
      alhamdulillah kalau udah sehat :)
      salam buat duo barn owl errol sama padma :*

      Delete
    3. semprot aja pake spray air beberapa kali, terus langsung lap, dan jemur beberapa menit (gak lebih dari 7 menit). jangan dicemplungin ke air langsung... :)

      oke. saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  90. Dok burhan saya baru aja ganti bulu tapi dia dah bisa terbang. Kalau hujan kok burung nya sering hujan hujan an apa gak papa dok kok seneng banget main hujan apa itu normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan jangan dibiarin aja, mas. segera pindahkan kalau hujan. :)

      Delete
  91. Dok kok burhan saya sering main hujan hujan an apa normal

    ReplyDelete
  92. dokter, saya punya bayi (masih kecil ) burung hantu . kalo makanannya yang pas apa yah dok ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenisnya.
      silakan mas baca artikel saya makanan burung hantu...

      Delete
  93. iya mba..coba laksanakan...
    maaf mba ini lagi...burhannya kok udah 2 hari g kaya biasanya ya...nafsu makannya g lahap kaya biasanya...
    ceritanya gini kemaren kan burhannya aku taruh di perch...agak tinggi sih...50cm...dia lompat...kan belum bisa terbang mba...
    trus tau tau udah gigitin kaki...g taunya ada cicaknya dia makan....
    jatohnya bunyinya keras mba...plak gitu

    kalo saya amati dari fisik sih g ada yg luka mba...
    cuman nafsu makannya jd turun sama jarang bunyi...
    kira kira kenapa ya mba...

    sementara aku karantina lagi di tempat sepi...
    biasanya aku taruh di perch depan kios...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karantina aja. kalau soal cicak, kayaknya gak masalah.

      coba aja observasi selama 3 hingga 4 hari ke depan, mas... kasih kabar terus...

      oh ya. bagusnya kasih bayi tikus yang masih merah minimal 2 minggu sekali kalau emang bisa... (saran aja) :D

      Delete
    2. malem mba...iya mba...ini sekarang owy ada temennya...selisih sebulan...
      apa karna mau terbang ya mba ini jadi nafsu makannya turun...??
      tadi pagi pas aku keluarin dia langsung terbang rendah lumayan sih 7 meteran gitu...jatuhnya juga udah g bunyi plakkk....

      temennya owy namanya holly...akur banget ini meski yang holly masih sedikit galak...

      barusan diajak main si owy sampe digigit/dipatuk diem aja...

      tapi kalo holly nafsu makannya joss...sekali makan bisa 15 jangkrik...tp 2x sehari...kalo owy sekarang 5 jangkrik sekali makan bisa 4x sehari....

      oh iya mba...kalo pinkiesnya seringan g ppa ya...?? sehari sekali gitu...
      soalnya si owy susah makan kalo emang dia belom teriak teriak...

      tenkyu dah dibalas sama sarannya
      salam buat mba fira errol sama padma dari owy si kecil...holly yg gedean dikit sama bajing kelapa squi...hehehehe

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  94. Malam dok,saya ingin nanya,cara ngasih pertolongan pertama pada kaki celepuk yg patah gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek, apakah waktu kakinya disentuh dia kesakitan? kalau kesakitan, mending bawa ke drh aja mas biar ditangani langsung...

      kalau nggak kesakitan (cuma pincang aja jalannya), banyak sebab. salahsatunya kurang kalsium... coba cek pakannya... silakan baca artikel saya memberikan asupan kalsium untuk burung hantu...

      Delete
  95. mbaa...si owy g mau makan ya....tapi kalo dipaksa masuk paruh sih mau nelen...

    masih lincah loncat sana sini kaya biasanya...
    fesesnya sih ada putih bening sama sedikit hitamnya....baunya jg g bau banget....kaya biasa cuman yg warna hitamnya dikit...

    kira kira owy sakit apa bosen sama jangkrik ya...ak cb kasih cicak juga sama....cuma dimainin aja...dibunuh tinggal pergi...

    takutnya kena pnyumbatan pencernaan itu...kalo aku abis baca artikel burhan mogok makan...

    tq...salam

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.