Cara memelihara burung hantu celepuk | Drh. Fira Sovica

Burung hantu celepuk atau javan scoop owl memang tergolong mudah untuk merawatnya.

Cara memelihara burung hantu celepuk

tidak memerlukan threatment tertentu. Berikut adalah cara memelihara burung hantu jenis celepuk. Bagi anda yang ingin mengetahui harga burung celepuk, anda bisa membaca artikel saya daftar harga burung hantu di indonesia.
  1. saat akan membeli, pilih burung hantu celepuk yang masih muda. Disarankan membeli yang chick atau yang bulu kapas.
    Burung hantu celepuk yang dipelihara sejak bulu kapas akan menganggap anda sebagai orangtuanya, dan dia akan jinak kepada anda.
    Tentu saja, akan beda kasusnya jika anda berniat untuk menjinakkan burung hantu celepuk dewasa yang liar. perlu ditekankan, burung hantu celepuk yang sudah dewasa agak susah untuk dijinakkan, sama halnya dengan menjinakkan musang pandan dewasa hasil tangkapan liar.
  2. saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.

    beri makan berupa jangkrik stiap 4 jam sekali, dan pindahkan burung hantu celepuk ke tempat pemeliharaannya jika sudah 12 jam di tempat adaptasi.
  3. hal terpenting dalam memelihara burung hantu celepuk adalah jangan menempatkannya dalam sangkar.

    burung hantu bukan pet. seperti halnya burung pemangsa lain, dia lebih senang disebut sebagai partner kita. jadi jangan menempatkannya dalam sangkar. lebih baik jika menggunakan perch (tangkringan) dengan diikat menggunakan angklet dan jesse.
  4. umumnya, makanan utama burung hantu adalah daging, namun anda bisa memberikan jangkrik sebagai makanan utama burung hantu celepuk. berikan jangkrik dengan cara disodorkan ke arah paruhnya, biarkan si celepuk menyambar jangkrik dari jari anda. berikan hingga si celepuk tidak lagi mau menyambar jangkrik di tangan anda.

    daging bisa diberikan seminggu sekali dengan memberikan bayi tikus putih. pindahkan burung hantu celepuk ke dalam kotak/kardus bekas mie instan, lukai si tikus putih sedikit dan taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

Demikian tips

cara memelihara burung celepuk

atau javan scoop owl. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1480 Responses to "Cara memelihara burung hantu celepuk"

  1. Mau tanya dok, saya baru beli celepuk umur 2-3bln, trus saya taruh di kardus, itu baik tidak ya?
    sudah 2 hari celepuk itu bersama saya tpi setiap saya sodorkan tangan saya(meskipun sambil memegang jangkrik) jari saya diserang dengan paruh dan cakar'a, saya harus bagaimana dok?

    ReplyDelete
  2. harus dibiasakan makan, mas. :)
    dan harus dibiasakan interaksi biar dia jinak. terus saja beri makan.

    belum bisa bertengger? harusnya umur 2 atau 3 bulan udah bisa. coba mas coba tenggerkan dulu.

    kalau toh ingin ditaruh di kardus, pakai dus yang agak besar seperti bekas tv yang did dalamnya dikasih tenggeran kayu.... :)

    ReplyDelete
  3. Mau tanya dok, saya baru beli celepuk umur 2-3bln, trus saya taruh di kardus, itu baik tidak ya?
    sudah 2 hari celepuk itu bersama saya tpi setiap saya sodorkan tangan saya(meskipun sambil memegang jangkrik) jari saya diserang dengan paruh dan cakar'a, saya harus bagaimana dok?

    ReplyDelete
  4. kalau dia sudah bisa nangkring sendiri lebih baik ditangkringkan saja mas.... :)
    terus kasih makan dengan cara disodorkan ke paruhnya, nanti juga dicaplok...

    ReplyDelete
  5. Permisi mba... saya kan baru adopt celepuk mature mba tapi cuma dikarantina sehari doang mba,kalo begitu boleh ngga mba? Terus kok burhan saya ngga berisik ya mba? Itu normal ngga ya? Thanks mba

    ReplyDelete
  6. pertanyaan mas ini udah pernah saya jawab kok. :)
    coba setiap kali meninggalkan komentar, mas klik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA biar kalau ada jawaban dari saya, mas bisa tau via email....

    ReplyDelete
  7. dok saya mau tanya, burhan rata2 bisa hidup smp brpa tahun ya?

    ReplyDelete
  8. dok cara burhan mau tengger di tangan gimana caranya dok padahal setiap pengen kasih makan si burhannya di taro ke tangan saya dok dan saya panggil panggil namanya dok tapi dia kelihatannya belom mengenal saya dok atau belom mempercayai saya dok sebagai majikannya setiap saya bawa jangkrik dengan jarak satu meter dari dia. dia tidak mau tapi kalo di sodorkan dia mau padahal dia lagi laper dok itu kena dok padahal dia udah tinggal di rumah hampir 1 bulan dong sekarang umur dia 3 bulanan dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemungkinan dia belum mengenal mas atau belum percaya 100% kepada mas. gak apa2. teruskan proses manning. sering2 ajak main, ngobrol, dan latih dia.
      untuk FTTF, sebaiknya jangan langsung 1 meter. hehehe. pertama 10 senti dulu. selengkapnya, baca di artikel cara melatih burung hantu... :)

      Delete
  9. dok, saya baru saja adopt celepuk, kok lehernya kalo muter ada suara "ctack" kaya orang lg streching leher gitu - _ -" itu gimana ya dok. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? bagus?
      kalau nafsu makannya bagus, saya kira dia masih sehat... :)

      Delete
  10. siang dokter fira.. mau tanya dong dok.. saya punya celepuk, usia kira2 udah juve.. udah sama saya kira2 3 mingguan.. selalu saya taro di perchnya.. sebelum tadi malam, nafsu makan bagus (saya kasih makan jangkrik)..tapi semalem dy mendadak ga mau makan dok.. dsodorin pake tangan pun cuma digigit aja jangkriknya,, ga ditelen..tadi pagi saya liat dy udah ga nangkring di perch,, tapi tiduran dibawah dengan kepala nunduk dok.. berdiri aja ga kuat gitu.. trus matanya sebelah kedip2 dok.. oia, sebelumnya sama org rumah saya dy dkasih makan ulet hongkong.. celepuk saya kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih makan ulet hongkong mas?
      saya pernah tulis artikel tentang ulat hongkong tidak baik untuk burung hantu karena terlalu panas untuk sistem pencernaannya. makanan terbaik untuk celepuk tetap jangkrik, boleh sesekali dikasih bayi tikus putih. ulet hongkong sebenernya boleh aja, TAPI jangan kebanyakan....

      fesesnya sekarang gimana? mas bisa cek cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      sehat selalu buat owlnya...

      Delete
  11. Dok saya berminat melihara burung hantu..apa aja yg harus disiapkan...di rumah aaya gada gudang..lalu bisa disimpen dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara burung hantu....

      kalau tidak ada gudang, bisa ditaruh di box besar (bekas tv atau bekas kulkas)....

      Delete
  12. dok, daging sapi atau daging ayam yg lebih aman buat celepuk? urgent nih, gegara tukang jangkrikna tutup :"""
    satu lagi, si pupu (celepuk saya) takut ama tiput :"" gimana cara latih instingnya dok?

    ReplyDelete
  13. dok, daging sapi atau daging ayam yg lebih aman buat celepuk? urgent nih, gegara tukang jangkrikna tutup :"""
    satu lagi, si pupu (celepuk saya) takut ama tiput :"" gimana cara latih instingnya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau takut ama tiput, kasih yang masih bayi mas. bayi tiput. tinggalkan saja si pupu sama pinkies (bayi tikus putih), nanti juga dimakan...

      22nya bagus. lebih bagus sih daging sapi. daging ayam bisa diberikan sesekali. pastikan 22nya bebas bahan kimia... :)

      Delete
  14. Dok saya punya celepuk plihara dari bulu kapas dan skrg sudah tinggal dikit bulu kapas nya, cara melatih si doi agar bisa makan dan minum sendiri gmn ya dok? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba latih dengan latihan dasar dulu. kalau latihan dasar udah lancar biasanya dia bisa untuk makan sendiri. cara melatih burung hantu bisa mas cari di bagian cari artikel...

      Delete
  15. Sy pemula burhan dgn usia clepuk 3bln. Sampai usia brp feeding makan minum dilakukan dok? Apakah perlu regular visit ke drh? Misal utk vaksin dll. Tx dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai usia berapa feeding (pemberian) makan dan minum dilakukan? Ya selama burung hantunya masih ada di mas, tentu harus terus dilakukan.... kalau maksudnya hand-feeding (disuapi) sampai umur berapa, seperti harus selalu disuapi sampai akhirnya dia bisa terlatih makan makanan sendiri. dan untuk mencapai tahap itu (burung hantu bisa makan sendiri) agak lama sebenernya....

      triknya mungkin dengan memberikan pakan hidup yang memiliki darah seperti bayi tikus putih..... itupun sebenernya masih harus dilatih juga, apalagi owlnya masih berusia 3 bulan.... silakan baca artikel jangan memelihara burung hantu jika...

      regular visit drh bisa dilakukan 2 atau 3 bulan sekali untuk cek-up. kalau memang ada kasus khusus (sakit, accident, dll) langsung bawa ke dokter hewan lebih bagus. Vaksin bisa dilakukan saat usia owl menginjak usia 8 bulan keatas... :)

      Delete
  16. dok, celepuk saya kalo saya sodorkan jangkrik kok kadang" malah mundur (kaya ketakutan gitu). kira" caranya supaya dia ngga (ketakutan) gitu gimana ya.?
    maksih dok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas adopt dia umur berapa? kalau mas adopt dia waktu dia umur dewasa memang seperti itu. tapi kalau misalnya dia laper biasanya dia langsung nyaplok... :)

      Delete
  17. dok, mohon bantuan,
    burhan saya jenis celepuk usia masih brancher awal, dia beberapa hari ini nafsu makannya berkurang, dan tadi pagi saya temukan dia tak berdaya ditengah lantai gudang, kayanya dia kedigingan karena semaleman berapa dilantai, sekarang dia malah lemes gitu dok, nafsu makanya juga masih makin berkurang, kepalanya lebih sering tertunduk, badanya lemas, dan berdirinya ngga tegak, saya takut dia kenapa" dok, :(
    menurut dokter, apa yang harus saya lakukan supaya dia kembali seperti semula.. :(
    mohon bantuannya dok. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus darurat, lebih baik langsung bawa ke dokter hewan terdekat agar dapat penanganan lebih tepat. dari kemaren emang mas kemana aja? kok saat keadaan owlnya udah sekarat kayak gini baru konsul? :)
      saya sih punya prediksi kenapa, tapi lebih baik bawa aja ke dokter hewan mas...

      Delete
  18. dok saya mau tanya, kok celepuk saya matanya gede sebelah ya ? itu kenapa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? masih mau makan?
      kalau malem, matanya suka merem? burung hantunya keliatan murung gak?
      kalau jawaban dari pertanyaan itu semuanya jawabannya TIDAK, saya kira masih sehat... :)

      Delete
  19. Maaf mau nanya, kalau burung celepuk yg umurnya masih sebulan setengah, apa bisa dijinakin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan umur sebulan setengah. errol, burung hantu saya, saya dapetnya udah umur setahun, tetp bisa jinak. syaratnya cuma sabar, mas... :)
      silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu. cari di bagian cari artikel... maaf baru bales, saya abis sakit...

      Delete
  20. Maaf mau nanya, kalau celepuk yg masih umurnya sebulan setengah, apa bisa dijinakin?

    ReplyDelete
  21. selamat malam kaka , mau nanyak ni tentang burung hantu , setelah saya baca" artikel tentang brung hantu , cara meemilahara , dll saya rencananya ingin memelihara brung hantu , tapi saya masih bingung karena ada yang masih banyak yang syaa ingin ketahui

    1. perlengkapn apa yang harus di siapkan kak ? misalnya mungkin kandang , atau equip apa gitu , cara penggunannya gimana ?
    2. saya punya peliharaan dirumah , kayak hamster , anjing , dll . kira" kalau saya melihara burung hantu , stres gak kira" dia karena gonggongan anjing ?
    3. menurut kakak , kalau saya pingin meemlihara burng hantu jenis barn owl , terlalu berat gak sih kak ?

    sampai saat ini sih baru itu pertannyaan yang tebayang kak , mohon jawabannya
    kebetulan saya baca artikel"nya disini , banyak banget nambah info , makasi artikelnya kak :)

    ReplyDelete
  22. tambahan dok , kalo misalnya naruh burung hantu di dalam ruangan atau di kamar , misalnya pada malam hari kan kita idupin lampu ni , gak kenapa sama burung hantunya ?? sama kalo pup di ruangan gimana ? di beri alas ya bawahnya dok ?? kalau misalnya suara bissing kayak misalnya kita lagi ngomong" sama kluarga terus ketawa , keras gitu , itu bisa dibilang termasuk bissing gak buat burung hantu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. saya coba jawab ya.
      3. kalau menurut saya, untuk pemula lebih baik oriental bay owl atau celepuk. silakan baca artikel jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya.
      2. iya, lebih baik hindari dari gonggongan anjing. lebih bagus kalau burung hantu punya ruangan sendiri. taruh di gudang juga gak apa2. :)
      1. sementara tidak perlu mikirin mengenai owlbox atau equip. belajar cara memelihara burung hantu, itu yg lebih penting hehehe. mungkin butuh tangkringan aja (perch). bisa dibuat sendiri atau pake barang2 bekas juga bisa. misalnya dari dahan pohon.
      4. itulah kenapa bahwa owl butuh kamar sendiri. owl kurang terlalu suka dengan suara bising. kalau sedikit bising tidak apa2.
      pada dasarnya owl dan bop jenis lain sangat tidak suka suara keras. tapi kita bisa mengakalinya dengan membuat owlbox. kalau mas memelihara celepuk atau oriental bay owl, mas bisa buat owlbox sederhana dengan kardus yang agak besar (bekas tv) yang diberi tangkringan di dalamnya dan dibuka dari samping (tinggal digulingkan saja dusnya hingga pintu keluarnya berada di samping). ini khusus 2 jenis owl itu aja ya mas, artinya kalau barn owl dll gak boleh pake owlbox kardus. :)

      moga membantu.. :)

      Delete
  23. dok, burhan sya gak mau makan, kotoran kapur, lemah banget burhanny, mata merem trus, bola matanya hitam smua

    ReplyDelete
    Replies
    1. kotorannya berwarna putih semua ya mas?
      pernah mas lupa kasih makan? dehidrasi kayanya.... kasih pakan hidup kayak bayi tikus putih mas... :)

      Delete
  24. dok mau tanya. kalo celepuk patok2 tgn terus, pas kepala di usap2 nunduk ky tdur, pas di kandangin malah brisik ky manggil2 saya. itu gpapa dok! trmks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kayak gitu harusnya jangan dikandangin mas... taruh aja di tangkringan..
      dia udah mulai terikat secara emosi dengan mas....

      latih. makin sering dilatih makin bagus. mas silakan baca artikel cara melatih burung hantu. mas juga bisa baca imprint pada burung hantu...

      Delete
  25. Bu dokter, gmn cara meningkatkan nyali Celepuk. Namanya Ped, saya kasih mencit dia ketakutan, trus udh saya bikin si mencit pingsan dia gk mau makan, akhirnya saya paksa trus dimakan jg.
    Trus tanya lg, si Ames. Celepuk saya yg dlu kabur saat ane bawa kerumah, pdhal saat dikost ane lepasin dia bisa kembali lg ke kost

    ReplyDelete
  26. Bu dokter, gmn cara meningkatkan nyali Celepuk. Namanya Ped, saya kasih mencit dia ketakutan, trus udh saya bikin si mencit pingsan dia gk mau makan, akhirnya saya paksa trus dimakan jg.
    Trus tanya lg, si Ames. Celepuk saya yg dlu kabur saat ane bawa kerumah, pdhal saat dikost ane lepasin dia bisa kembali lg ke kost

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saya jelaskan saja agar lebih paham ya mas. begini.
      sama seperti kucing, burung hantu akan membawa mangsa yang didapatnya ke tempat sepi untuk menghindari burung hantu lain yang akan merebut mangsanya. kucing juga gitu kan?
      nah begitu juga dengan pemberian pakan. kalau kita liatin terus, dia gak akan makan. kayaknya beberapa jenis ikan juga gitu deh. kayak ikan gabus dan gurami, kalau ditaruh di akuarium lalu kita beri makan dan kita liatin, dia gak akan makan.
      jadi, mending mas kasih bayi tikus rumah atau bayi tikus putih, lalu mas masukkan owlnya dan bayi tikus itu ke dalam kardus yang agak besar, lalu tutup. tinggalin aja. nanti juga dimakan sendiri.... :)
      nanti saya buatkan artikelnya ya... salam buat ped dari errol. errol baru aja minggat keluar, cari tikus. balik lagi paling ntar jam 1 atau jam 2, kasih makan istrinya si padma, hehehe... :D

      Delete
  27. dok,saya memelihara BO brancher akhir tetapi mata sebelah kiri menutup sebagian? apa yg terjadi dok..
    mohon penjelasannya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana mas? lancar? kalau memang makannya lancar cenderung masih sehat.
      yang matanya nutup udah dicek warna matanya? mungkin kena katarak. cek coba warna matanya mas... :)

      Delete
  28. dok, saya mau tanya nih
    saya ingin pelihara celepuk tapi saya sendiri juga karyawan
    susah buat ngasih makan 4 jam sekali karena harus kerja
    bisa gak ya makanannya ditaruh diwadah gitu biar celepuknya makan sendiri?
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan mas. serius. saya ngerasain banget dulu pelihara si errol sejak semester 2 kuliah, sampe saya bawa ke kampus biar dia gak kelaparan. ampe dimaenin anak2 sefakultas, hehehehehe....

      terserah mas. kalau mas mau, bawa aja ke tempat kerja.... :)
      atau kasih makan sebelum berangkat kerja...

      Delete
  29. pagi mbak, barusan dpet burhan jenis celepuk kaya.a, minta panduanya dong, biar ga dosa :D

    ReplyDelete
  30. Mau nanya nih apakah tidak ada makanan instan utk burung hantu tq....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di barat (UK dan USA) sudah ada makanan siap saji untuk burung hantu.
      kalau di indonesia, belum ada... :)

      Delete
  31. hii Dok..ap masih bisa konsul...

    ReplyDelete
  32. kalau ditaruh tangkringan, burung hantu nya gak akan kabur, dok?

    ReplyDelete
  33. dok, celepuk saya usia +- 3bln jalan, kemarin saya bawa dari surabaya ke malang pake motor, sudah tiga hari ini pub_nya didominasi warna putih itu kenapa ya, makan selama ini jangkrik dan belalang, solusinya bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih minum dan rutin kasih makan juga.
      soalnya kalau diliat dari fesesnya, kemungkinan stress akibat dehidrasi di sepanjang perjalanan. coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  34. celepuk yang masih ada bulu kapasnya bisa diletak di kandang, dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik di dalam ruangan kosong aja mas, kayak gudang. jangan di kandang.
      atau mas bisa bikin owlbox sendiri. silakan baca artikelnya cara membuat kandang khusus burung hantu.

      Delete
  35. dok, saya baru saja punya scoop owl, kira2 umurnya 2 bulanan, ada 2 ekor. sebenarnya saya belum siap merawatnya tapi kakak saya keburu membelikan.
    dia saya taruh di kamar, tidak saya ikat, tapi saya tutup dengan bekas kandang hamster saya dulu. tiap malem mereka emang berisik, dan itu wajar. tapi saya yg jadi stress dok, takut sama owlnya klo dia jalan2 dikamar saya sewaktu saya tidur ato saya tinggal, takut kotorannya kemana2.
    trus kadang2 dia suka defense pas saya pegang. saya jadi takut.
    mohon sarannya ya dok, soalnya setiap owner yg saya tanya perihal burung hantu tak pernah memberikan jawaban yang bagus dan selalu ketus, saya ingin saran aja buat saya yg udah terlanjur memiliki owl dan ga bisa begitu aja menyianyiakan. kata kakak saya yang ngasih, dia ga tega liat burung hantu nya di rawat orang, makanya di beli biar di rawat dengan baik oleh saya.
    terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. sebelumnya maaf kalau baru saya balas... :)
      kalau mau mbak tempatkan saja di dalam dua yang besar, bekas kulkas atau bekas tv. kasih tangkringan dari kayu di dalam dusnya buat tempat nangkring burungnya.
      rasa takut adalah hal yang harus mbak buang saat berhadapan dengan owl. karena mereka selalu tahu kalau mbak takut. semua hewan bisa membaca pikiran kita. kalau kita takut, mereka malah makin berani kepada kita.... jangan ragu2, dan intinya adalah sabar. kadang, owl yang kita pelihara malah mencerminkan diri kita sendiri, si errol seperti itu. silakan mbak baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
  36. bu dok, barusan aku baru beli celepuk yg kata penjualnya berusia 2 bulan, mau nanya nih bu dok, kalo dikasih minumnya gmn ya? dan kira2 usia berapa bisa diajar utk JTTF, FTTF, dan FF. makasih bu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pke sedotan. caranya silakan baca artikel cara memberi minum burung hantu...

      Delete
  37. klo celepuknya di taruh di kamar gitu gpp dok? soalnya gk ada space lagi dirmh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. taruh di dalam box/kardus yang besar aja (bekas kulkas atau bekas tv, jangan yang kecil, nantinya stress), kasih tangkringan di dalam dus/boxnya....

      Delete
  38. Dok, uda seminggu saya ngadopsi celepuk, usia brancher, mash da blu kapasnya tp dah bsa terbang kecil2an kyk lncat gt, nah yg mau saya tnyakan brapa lama tahap FOF it dilakukan? Dia kalo laper agak galak dan kalo pg serg defends kalau di dktin, saya kwatir kaga bisa jinakin dok,ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ragu. semua hewan dasarnya bisa dijinakkan, hanya saja kadang manusianya yang kurang sabar dan gak tepat caranya. dan jangan ragu. kalau ragu2 dan si owl baca pikiran kita (semua hewan bisa membaca pikiran kita), dia malah makin susah dijinakkan... silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu...

      sampai kapan langkah FOF dilakukan? silakan baca artikel saya cara melatih burung hantu,,,,

      Delete
  39. Dok, uda seminggu saya ngadopsi celepuk, usia brancher, mash da blu kapasnya tp dah bsa terbang kecil2an kyk lncat gt, nah yg mau saya tnyakan brapa lama tahap FOF it dilakukan? Dia kalo laper agak galak dan kalo pg serg defends kalau di dktin, saya kwatir kaga bisa jinakin dok,ada saran?

    ReplyDelete
  40. mba, celepuk yg sy bru datang, apakah di simpan dlu di kardus atau langsung di simpan di perch?

    ReplyDelete
  41. mba, celepuk sy udh sampai, yang sy harus lakukan, celepuknya disimpan di kotak dlu atau langsung simpan di perch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh aja di ruangan kosong dulu. biarkan dia adaptasi. kalau udah punya perch, taruh aja perchnya di ruangan itu, biar dia nangkring di situ.... :)

      Delete
  42. Dok saya numpang nanya dong, saya kan baru beli burung hantu celepuk kira2 umurnya brancher awal terus saya karantina di dalam kardus sudah seharian dan saya tempatkan di ruang tamu yang rada bising dan banyak orang lalu lalang, yang jadi pertanyaan saya apa boleh di karantina di dalam kardus ? Dan berapa hari di karantina nya ? Terus apa boleh di taruh di tempat yang rada bising gitu dan banyak orang lalu lalang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kardusnya besar atau tidak. kalau kardusnya besar (bekas tv atau bekas kulkas), sebenernya gak masalah... kalau kecil, biasanya malah bikin stress... :)

      sebaiknya setelah karantina, jangan langsung ditaruh di tempat ramai dulu mas. setelah karantina, mas bisa pendekatan dulu dengan owlnya selama beberapa hari (seminggu misalnya), setelah dia sering mengenal mas, baru mas bisa taruh di tempat yang banyak org TAPI tidak bising. suara keras tetap dihindari karena owl sangat menghindari suara keras, apalagi owl yang baru dateng di suatu lingkungan....

      semoga membantu... :)

      Delete
  43. Misi dok porsi jangkriknya brp dan minumnya berapa ? Barang kali kekenyangan ato kembung trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja terus. biasanya kalau kenyang dia berhenti menyambar jangkriknya... :)
      air cukup 2-3x pemberian... :)

      Delete
  44. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya biarkan saja induknya yang memberi makan. tapi sekali2 boleh juga mbak kasih makan asalkan pastikan induknya gak ada (memberi makan saat induknya tidak ada di tempat). pastikan juga mbak tidak memegang anakan burung hantu itu saat memberi makan. soalnya induk burung hantu kadang tidak mau memberi makan kalau anaknya sudah 'bau tangan' manusia..... sama kayak induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya kalau ada manusia yang sudah memegang anaknya... :)

      Delete
  45. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
  46. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
  47. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
  48. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
  49. mbak fira, saya dpt anakan burhan 2 ekor seminggu yang lalu, tiap malam induknya selalu datang untuk memberi makan si anak, biasanya burung gereja , belalang atau orong orong. baiknya saya pisahkan dari induknya atau dibiarkan saja induknya memberi makan tiap malam, tapi waktu aku suapin pake jangkrik burhan nya jg lahap makanya.

    ReplyDelete
  50. Dok mksdx saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.pa lgsg d taruh d perk tau d dalam kardus dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ruangan kosongnya sepi (gak bising)...
      keluarkan dulu dari dusnya. mau langsung ditaruh di perch (kalau emang dia bisa nangkring di perch) atau tidak, gak masalah.... :)

      Delete
  51. Dok maksudx saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.tu lgsg dtmptkan dtangkringan tau d dalam kardus

    ReplyDelete
  52. dok klo misalkan burungnya d taro d kadang seperti kndang ayam gpp kah dok soalnya sya bru dpat burhan trus krna kndang ayam sya kosong burhannya sya taro d kandang ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, lebih baik jangan mas... taruh di gudang atau di ruangan kosong aja.. :)

      Delete
  53. malem dok.
    ah... akhirnya nemu blog yang masih fungsi dan masi di layani pembacanya.
    keren....
    dok gini. Saya baru beli celepuk umur 3 bulan.
    nah udah sebulan ini dia Aku pelihara di perc.
    ikat dengan tali dari kulit asli.
    nama nya owen.
    dari awal sudah saya kasih makan dengan cara handfeed Berupa jangkrik.
    ya dari awal terkena gigitan nya sekarang dah kebiasa.
    yang saya mau tanyakan dok.
    apa gapapa di kasi bayi tikus?
    (Susah cari bayi tikus nya, saya di surabaya)
    Saya pengen banget masuk di tahap melatih, tapi dia masih sering ga fokus sama latihan. Sering lepas ga beraturan. Sebenarnya berapa lama sih waktu yang di butuhin pada umumnya agar owl bisa anggap kita partner nya?
    Saya agak kasihan ketika dia aku marahin, selesai aku marahin pasti dia kaya ada suara sedih gitu. Hehehehee abis nya sering banget nyoba kabur.
    trus dia aku pelihara berada di kamar saya. Suhu udara dingin karena ada ac. Sering dia mendengar suara tv di kamar, dan sering juga di ajak bicara saudara saya. Apa gapapa dok?
    Terimakasih. Semoga di balas.
    kalo boleh minta kontak nya dong dok biar gampang Tanya tanya nya.
    email aja dok ke saya. maulanakhamdanijuni@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mas maulana...
      gak apa2 sesekali dikasih bayi tikus putih.
      sebenernya agar si owl paham bahwa kita masternya, mas harus lebih dekat lagi sama dia. pahami karakternya. sering2 main sama dia. kalau saya, sering saya ajak ngobrol si errol dan padma, dan percaya atau nggak, mereka kadang ngedip kalau saya ajak ngobrol... mereka sebenernya paham apa yang kita omongkan, cuma gak bisa balas aja.... :)
      silakan mas baca artikel saya cara membaca perilaku burung hantu atau bahasa tubuh burung hantu....

      sebaiknya jangan dimarahin mas, hehehe. mereka pasti tau. kalau soal nyoba kabur, wajar karena memang mereka didesign buat bebas. kalau mas sering marahin malah nantinya dia makin kerasa terkekang dan pengen kabur. dulu si errol juga beberapa kali kabur, pernah sampe 2 minggu, saya udah pasrah, tapi ternyata balik lagi karena memang adanya bonded/ikatan antara saya dan si errol... coba bentuk ikatan seperti itu dengan owen. sering2 interaksi, salahsatu caranya....

      kalau acnya gak terlalu dingin gak apa2. begitu juga suara musik dan suara mengobrol. kalau tidak terlalu bising, gak masalah... :)

      kalau perlu konsul lagi, silakan ke blog ini aja... :)
      semoga owen sehat.. :)

      Delete
  54. Dok saya punya bay owl usia chick. Butuh waktu brp lama ya agar bulu kapasnya bisa hilang semua

    ReplyDelete
  55. Dok saya punya bay owl chik. Saya mau tanya butuh waktu brp lma agar bulu kapasnya bisa rontok semua??

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
  56. Dok, kalau diberi kecoa, boleh tidak? Sekalian basmi hama kecoa. Terima kasih, dok. Mohon tanggapannya =)

    ReplyDelete
  57. Mau nanya saya baru beli celepuk kemarin dan masih bulu kapas... Boleh dimasukkan ke kandang kucing yang besar ga?soalnya saya bingung dia masih buku kapas tetapi udh agresif terbang terbang jadi saya harus gimana?...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik pakai kardus yang agak besar (bekas kulkas atau bekas tv). kasih tangkringan di dalamnya.....

      Delete
  58. Mau nanya nih... Saya kan baru beli celepuk kemarin boleh di kandang kucing ga?soalnya agresif terbang terbang terus solusinya apa ya?...

    ReplyDelete
  59. Dok, celepuk saya berkicau terus, apakah tidak apa-apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan buka artikel saya: burung hantu bersuara terus
      cari aja di bagian cari artikel...

      Delete
  60. Saya mau nanya dong...saya baru beli celepuk nih yang bulu kapas tandanya dia laper atau haus apa ya?tapii pas saya coba lepas udah bisa terbang.. Katanya kalo yang bulu kapas belom bisa terbang... Kalo saya masukin kandang kucing boleh ga? Terima kasih
    Mohon bimbingannya-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulu kapas juga kadang ada yang udah bisa terbang. tapi mungkin gak jauh....
      jujur aja, kalau burung hantunya baru dateng ke rumah atau baru dipelihara, saya agak kurang tau ciri atau tanda dia lapar. makanya dibutuhkan keteraturan dalam pemberian pakan. :)

      khusus untuk haus, biasanya owl cenderung mangap2 kalau kehausan atau kepanasan,

      janga dimasukkin ke kandang kucing. lepas di ruangan tertutup aja. bisa di gudang. atau mas bisa cari kardus yang agak besar, bekas kulkas atau bekas tv, kasih tangkringan di dalamnya, lalu taruh di dalam situ... :)

      Delete
  61. Kak kalau saat malam celepuknya di masukkan di dalam hawkbox gimana soalnya saya kebiasaan begadang dan kalo di idupin lampunya dia lari ke selambu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada ruangan lain? sebenernya kalau hawkboxnya besar gak masalah. atau kalau ada, mas bisa pakai kardus besar aja (bekas kulkas), kasih tangkringan di dalamnya....

      Delete
  62. Dok ini celepuk saya sudah saya beri makan jangkrik sekitar 15 ekor lebih, apakah hal tersebut baik? Atau malah membahayakan untuk si celepuk?
    Sedangkan artikel di atas menjelaskan bahwa diberi makan sampai tidak mau menyambarnya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung usianya. kalau usia dewasa, kira2 segitu ukurannya, bahkan lebih. kalau anakan biasanya antara 5 - 12 jangkrik.... kadang lebih kalau dia memang sangat lapar....

      coba sesekali kasih bayi tikus mas... taruh bayi tikus dan si celepuk di dalam dus besar, tutup dusnya, biarkan aja 20-30 menit... agar instingnya tetep tajam... :)

      Delete
  63. Dok ini celepuk saya sudah saya beri makan jangkrik sekitar 15 ekor lebih, apakah hal tersebut baik? Atau malah membahayakan untuk si celepuk?
    Sedangkan artikel di atas menjelaskan bahwa diberi makan sampai tidak mau menyambarnya lagi

    ReplyDelete
  64. dok, ini lyze emang karakternya penakut kali ya, dikasi tikus putih kecil kabur masa, ketakutan gitu --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bayi tikus putih. jangan anakan tikus putih... :D
      lyze pasti berani kalau dikasih bayi tikus putih... taruh bayi tikus dan si celepuk di dalam dus besar, tutup dusnya, biarkan aja 20-30 menit... agar instingnya tetep tajam... :)

      Delete
  65. dok kok celepuk saya dikasih jangkrik gamau dimakan dok?? Solusinya gimana yah?? Soalnya udah dua hari ga makan2 cuma dikasih minum doang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru beli?
      apakah matanya keliatan terpejam (merem)? umur celepuknya berapa? mas kasih makannya gimana?

      silakan baca lagi artikel cara memelihara celepuk di atas...

      Delete
  66. permisi saya ingin memelihara burung hantu tetapi saya bingung.. sebenarnya burung hantu bener gak sih bisa manggil makhluk halus? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah 10 tahun lebih pelihara owl, gak pernah ada apa2. mitos aja. kembali ke kepercayaan mas sebenernya. kalau mas percaya burung hantu kayak gitu, ya dia bakalan beneran manggil makhluk halus... :)

      analoginya gini: misalnya mas liat rumah. mas yakin banget rumah itu gak ada hantunya. lalu mas bilang ke orang2 kalau rumah itu ada hantunya. makin lama, makin banyak orang percaya bahwa rumah itu ada hantunya. lama2 makhluk halus beneran akan tinggal di rumah itu... :)

      Delete
  67. Dok, saya kan baru beli burhan liar, kalo saya ambil dia buat saya elus2 di tangan dia nya main gigit terus terbang gitu aja dok. Sebaiknya gimana dok? Soalnya kaget juga di gigit

    ReplyDelete
  68. Dok, saya kan baru beli burhan liar jenis celepuk. Kalo saya deketin terus saya pegang untuk dielus2 di tangan saya dia nya main gigit terus terbang. Cara mengatasinya gimana ya dok? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)
      pahami karakternya... :)

      Delete
  69. dok d rumah kn ada burung kenari ,, gk knpa kalo d jadiin satu sama brung celepuk tapi dengan tempat yg berbeda

    ReplyDelete
  70. dok d rumah kn ada burung kenari ,, gk knpa kalo d jadiin satu sama brung celepuk tapi dengan tempat yg berbeda

    ReplyDelete
  71. dok d rumah kn ada burung kenari ,, gk knpa kalo d jadiin satu sama brung celepuk tapi dengan tempat yg berbeda

    ReplyDelete
  72. dok di rumah kan ada burung kenari ,,, gk kenapa kalo d jadiin satu sama burung celepuk tapi tempat yg berbeda

    ReplyDelete
  73. Dok,
    Kalo blm bisa di perch di taruh mana?
    Kalo masih chick apa perlu pake equipment?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih chick dan belum terbiasa pakai equipt, mending dibiasakan dulu. hari in pakaikan 10 menit, lalu lepas. besok coba lagi pasangkan 15 menit, lalu lepaskan lagi. terus2an kayak gitu dengan waktu semakin lama... :)

      kalau belum bisa nangkring di perch, bisa ditaruh di kardus terbuka... :)

      Delete
  74. maaf mau tanya?
    kalau celepuk apa bisa dipelihara dengan tujuan utk mjd predator tikus rumah? di rumah banyak tikusnya. sebetulnya pengen pelihara barn owl, tp saya baca kok tidak cocok utk pemula. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya kalau celepuk nggak bisa. kalau barn owl, bisa. si errol, seneng banget ngerjain tikus di rumah. dia tangkap, dia gigit di paruhnya, terus dia taro. si tikus nyoba kabur, dia serang lagi, dia gigit lagi.... gitu terus.. :D

      oh ya. di beberapa daerah, barn owl juga dipergunakan untuk mengurangi hama tikus sawah..

      Delete
  75. Dok,
    Klo celepuknya blm bisa di perch ditaruh mana?
    Kalo celepuk chick apa perlu di pakaikan equipmnet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih chick, lebih baik jangan dipakaikan equipt dulu. latih aja tanpa equipt.
      kalau belum bisa nangkring sendiri, bisa ditaruh di dus terbuka... :)

      Delete
  76. Saya baru dapat kemarin sore datang kerumah tak tangkap tak kasih sangkar masih kecil di kasih makan apa ya dok burung hantu clepuk

    ReplyDelete
  77. Dok mau tanya,
    Apakah pemakaian anklet dan jesse utk celepuk benar2 yg terbaik dan aman? Bukankah anklet dan jesse terbuat dari kulit dan mudah digigit burung?
    Lalu berapa lama bertahan penggunaan anklet dan jesse?
    Terimakasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak dipasangi angklett dan jesse pun gak apa2. angklett dan jesse bisa dipasang jika owl sudah jinak, minimal gak kabur2an. perlu saya ingatkan bahwa penggunaan ang-jess akan membuat burung hantu susah percaya kepada kita, ownernya. sedangkan kepercayaan adalah hal no 1 dalam menjinakkan dan mastering owl..... :)

      saya belum pernah memakaikan ang-jess kepada errol dan padma, jadi kurang tau juga berapa lama daya tahannya... :)

      Delete
  78. apakah celepuk bisa dikasi daging ayam mentah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan terbaik bagi celepuk tetap jangkrik atau bayi tikus.
      daging ayam mentah boleh dikasih tapi sebaiknya jangan sering2, dan pastikan daging ayamnya segar dan bebas bahan kimia....

      Delete
  79. Salam dok.
    Dok, saya mau konsultasi nih, td saya baru saja diberi celepuk dr tetangga, celepukx hasil tangkapan liar coz celepukx ketangkap jaring , celepukx juga kelihatanx udah dewasa dok. Celepukx udah saya taruh di kardus aqua gede utk sementara trus dilubang-lubangin utk ventilasi udara, jangkrik langsung saya kasih lima di jam 2 siang, coz saya dikasuh clepuk jam 1 siang. Saya blm berani kasi makan lgsung pake tangan jadi saya lemparin aha jangkrikx, clepukx juga saya taruh diruang kosng biar dia tenag dlu, trus klo clepuk dewasa cara memberi minumx gimana dok ?
    Jadi perawatan semntra saya udah bener blm dok ? Coz ini pertma kali saya merawat BOP. Mohon respon dan bimbingan dong dok utk erawat clepuk dewasa, coz yg saya baca clepuk yg masih anakan smw, oia dik tdi clepukx juga udah ngegit jari org yg nangkap loh dok.
    Sekali lagi mihon bimbingax ibu dokter.
    Slam

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saya bertanya dulu? :)
      apakah sudah mas cek dengan memberikan makan dengan cara dilempar ke dalam box gitu, apakah dia mau makan? setau saya sih dia gak akan mau makan kalau caranya dengan cara dilempar kayak gitu mas.
      salahsatu kesalahan dalam memelihara burung hantu adalah mas takut sama dia. Kalau mas takut, dia malah makin berani, akhirnya dia gak jinak2 nantinya. coba kasih makan dengan cara disuapi.
      cara memberi minum burung hantu sudah saya buatkan artikelnya. silakan cari di bagian cari artikel.

      digigit adalah hal normal bagi orang yang memelihara burung hantu. si errol pernah gigit kuping saya sampe berdarah karena dia jengkel sama saya, tapi toh saya oke2 aja... emang udah resikonya begitu... :)

      Delete
  80. Salam dok.
    Dok saya mau konsultasi perihal clepuk, tdi siang jam 1 saya diberi BOP Burhan clepuk, clepuk hasil tangkapan liar, clepukx langsung saya tempati dikardus aqua gede, trus dilubangin utk fentilasi udara, trus siangx jam 2 saya kasih 5 ekor jangkrik, jangkrikx saya blm berani kasih dgn tangan langsung dok, makax langsung saya cemplungin aja ke kardus, kardusx jugasaya tempatin diruang kosong biar dia tenang dlu, oia utk memberi minum clepuk dewasa yg liar gimana ya dok ?
    Trus kira2 kpn clepukx bisa saya taruh di tangkringan, coz saya kasihan klo di kardus, walaupn baru 3 jam sih.
    Jadi perawatan saya

    ReplyDelete
  81. Salam dok.
    Maaf dok saya mau konsultasi perihal clepuk.
    Tdi siang jam 1 saya diberi clepuk oleh tetangga, clepukx hasil tangkapan liar yg kelihatax udah dewasa.
    Kemudian clepukx saya tempati di kardus aqua gede yg udah saya beri ventilasi, jam 2 saya beri lima jangkrik, jangkrikx gk langsung say beri pakai tangan tapi saya cemplungin di kardus, coz kelihatanx clepukx nasih blm bisa tenang, trus saya intip clepukx kog diam aja ya dok jangrikx jga gk dimam.
    Menrut dok. Perawatan awal saya udah bener blm dok ?
    Trus sekiranx kapan clepukx bisa saya taruh di tangkringan, coz saya kasihan klo di kardus.
    Mohon respon dan bimbinganx dok, coz ini pertma kali saya berhadapan dgn BOP burhan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  82. bagaimana ya dok cara mengetauhi umur celepuk?
    kata penjual celepuk yg saya beli umurnya 3/4 bulan apakah masih bisa dijinakan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu

      Delete
  83. bagaimana ya dok cara mengetauhi umur celepuk?
    kata penjual celepuk yg saya beli umurnya 3/4 bulan apakah masih bisa dijinakan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya istilah dalam memelihara burung hantu dan umur burung hantu :)

      Delete
  84. dok bagaimana cara mengetauhi umur celepuk

    ReplyDelete
  85. Dok klo misalnya mau pergi jauh, celepuk bisa di taroh di box ngak, biar bawa nya enak, tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
  86. Selamat malam dokter Fira, saya mau tanya apakah blog ini masih aktif untuk tanya jawab tentang burung hantu ya.
    Makasih saya Budi Leksono dari Trosobo Sidoarjo

    ReplyDelete
  87. Dokter Fira saya budi leksono mau tanya blog utk tanya jawab tentang burung hantu ini apakah masih aktif ya

    ReplyDelete
  88. Doc mau nanya kalo celepuk bulu kpas masih perlu dikarantina gag pas baru dateng....mkasih

    ReplyDelete
  89. apa benar dok klo burung hantu malem2 suka bersuara terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hanya malem, siang juga mereka kadang berisik. :)

      Delete
  90. apa benar dok klo burung hantu malem2 suka bersuara terus?

    ReplyDelete
  91. apa benar dok klo burung hantu malem2 suka bersuara terus?

    ReplyDelete
  92. asslkm Dok salam kenal,saya Bram mau tanya saat ini saya sdh punya Zio,Celepuk usia +/- 1,6th sudah jinak & saya lepas saja dirumah,kadang kalo malam suka tidur di kamar. Saya berencana mau Adopt Bay Owl pny teman,usia Juve belum jinak.Pertanyaannya adalah apakah mungkin nanti Bay Owl nya Fight sama si Zio mengingat mereka berlainan jenis,atau adakah kiat2 khususnya. Itu aja Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya yang judulnya imprint pada burung hantu, di sana saya bahas sedikit tentang aura burung hantu. masing2 hewan (hewan apapun itu) punya aura. nah, masing2 dari burung hantu juga punya aura. kalau aura burung hantu A tidak cocok atau bertentangan dengan aura burung hantu B, bisa jadi keduanya akan fight sampai salahsatunya mati atau sampai dipisahkan oleh manusia...

      namun biasanya owl memiliki aura yang sejenis. artinya, kebanyakan owl akan akur dengan owl lain meski berbeda jenisnya. sebelum saya pelihara si padma juga dulu si errol punya 'saudara' asuhan, buffy fish owl yang saya kasih nama burik. dan keduanya akur (meski kadang si errol disuruh2 ama si burik, misalnya suruh cari tikus di halaman. kalau dapet, langsung kasih ke si burik, hehehe).

      Delete
  93. Saya baru adopt celepuk 2 hri,,saya tari di ruangan ukuran 2,5x2,5 ,kalo mlm sngt gelap karna tdk dilampuin,,,saya sediakan jangkrik dibebasi jangkrikny, trus sya taro air juga di bskom, ad juga tangkringanny....ukuran sedang....maksd sy ini katnya untuk krntina biar adaptasi,, apakah cara saya betul dokt? Sya penge cepet jinak, soalny dy masih defence trus klo sy deketin trus ngsihin jangkrik...kira kira hrus gmn lg ya biar cpt akrab? n brp lama smpe akrab?trus itu karantinanya sebaikny brp lama ya?rumh sy pinggir jalan jd berisik kndraan trus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal karantinanya sudah bener. namun dari cara pemberian makannya mas. kasih makan dengan cara disuapi pakai tangan (jangkriknya disodorin ke paruhnya dia).

      kalau mas mau yang cepet jinak, mending pilih yang anakan. bulu kapas lebih bagus. jangan yang udah dewasa. selebihnya, mas silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.....

      Delete
  94. Saya baru adopt celepuk 2 hri,,saya tari di ruangan ukuran 2,5x2,5 ,kalo mlm sngt gelap karna tdk dilampuin,,,saya sediakan jangkrik dibebasi jangkrikny, trus sya taro air juga di bskom, ad juga tangkringanny....ukuran sedang....maksd sy ini katnya untuk krntina biar adaptasi,, apakah cara saya betul dokt? Sya penge cepet jinak, soalny dy masih defence trus klo sy deketin trus ngsihin jangkrik...kira kira hrus gmn lg ya biar cpt akrab? n brp lama smpe akrab?trus itu karantinanya sebaikny brp lama ya?rumh sy pinggir jalan jd berisik kndraan trus...

    ReplyDelete
  95. Ibu dokter tolong di balas ya, saya punya burung hantu celepuk masih brancher, 2 hari ini kakinya bengkak sudah saya kasih minyak tawon tapi keliatannya dia kesakitan dan sampe sekarang masih bengkak dok, saya harus gimana dok biar kaki burung hantu saya bisa sembuh? terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia memang kesakitan, kayaknya ada fracture atau disposisi di tulangnya. tebakan saya sih ada retakan (Fracture) atau bahkan patah. mending dibawa ke dokter hewan terdekat aja mas biar lebih tepat penanganannya. gak mahal kok. bilang aja mau konsul soal burung hantu......

      atau mas bisa tunggu 1 minggu ke depan sambil kasih asupan kalsium. mas beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus (kayak bedak), lalu taburkan sedikit ke makanan celepuknya (jangkriknya dibasahi dulu dengan air lalu ditaburi bubuk tulang sotong). lakukan hingga seminggu penuh.... jika memang belum seminggu tapi keadaan owlnya sudah memburuk, kayaknya lebih baik langsung dibawa ke drh terdekat aja mas.... :)

      semoga owlnya baik2 saja... saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  96. misi mba fira mw tanya burhan saya kmrin abis di ajak main di kebun mlm2 trus pulang2 matanya ketutup sebelah ud 2 hari g mau di buka2 gmn cara ngobatinya y ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan digigit serangga (nyamuk dll). emang waktu main di kebun itu dia gak banyak gerak mas?
      coba diobservasi aja selama seminggu, biasanya baik sendiri. sembuh sendiri. jangan diajak main di kebun malam2 lagi ya mas. kalau mau ajak main, di sekitar rumah aja, di dalam ruangan. atau di beranda/... :)

      Delete
  97. dok saya baru beli celepuk umur 6bln untuk adaptasinya lebih cepat ditaruh dikardus dulu apa langsung ditenggerkan diperch dok ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting di karantina. dan dikarantina itu bukan ditaruh di dus besar ya mas. dikarantina itu didiamkan di ruangan sepi (jangan ada suara2 mengagetkan) dan suhu udaranya normal (jangan terlalu panas).
      kalau ada ruangan seperti gudang, mending ditaruh di ruangan itu aja tanpa diikat. biarkan bebas. :)

      Delete
  98. Dok..mw tanya smoga masi ada respon (mengingat komen terakhir uda lama bgt)
    Sy ga bs bedain Javan owl ato celepuk, juga ga bs liat apa itu bulu kapas ato bulu sebenernya.
    Karna sy beli d pasar burung dan sepertinya dia kurang paham betul mngenai burhan.
    Sy ceritakan kronologinya dlu ya? h
    1. Hari pertama si burhan seharian cm mw nelen 3 ekor jangkrik dan feses agak cair warna putih dan hitam, tanpa memutahkan pellet.
    2. Hari kedua juga mw nelen cm 3 jangkrik sore hari feses sama. Malamnya sy kasi makan, dipatuk doank trus dijatuhin makanannya (jangkrik).
    3. Klo kgk ad orng si burhan diem doank dan merem (siang&malam) tp klo sy deketin utk kasi makan dia lsg defend (sayap ngembang + mata melotot terbuka lebar)
    Pertanyaan : apa yg sdng terjadi pada burhan sy..
    Trimikisi bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, terima kasih atas penjabarannya yang sangat rinci, saya senang. :)
      javan owlet dan celepuk jelas berbeda. silakan mas baca artikel saya jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya. perbedaan yang paling keliatan biasanya adanya horn (bulu yang mencuat di atas kepala seperti tanduk). javan owlet biasanya tidak punya horn di atas kepalanya...

      kalau saya baca sih kemungkinan masih stress. tapi gak parah (saya lihat dari fesesnya). cuma butuh adaptasi aja. coba mas kasih pakan hidup seperti bayi tikus. taruh aja bayi tikusnya di dekat dia.

      mas belinya yang udah usia tua ya? harusnya beli yang masih anakan, jangan yang udah dewasa. yang masih anakan biasanya bulunya masih bulu kapas. masih berbentuk bulu halus. :)

      silakan baca juga artikel saya cara menjinakkan burung hantu..

      Delete
  99. Assalamualaikum dokter saya mau bertanya. Baru saja saya beli celepuk yang masih Chick, lalu saya bawa perjalanan pulang naik motor 30 menit, nah setelah sampai kos, saya taruh di kardus dan kardusnya saya letakkan di kamar,

    Apakah penempatan yang saya lakukan salah ?

    Dan untuk karantina, apakah selama karantina harus tetap dikasih makan, dan adakah perlakuan khusus selama karantina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada sih mending taruh di ruangan sepi aja mas, jangan di dus. kalau emang gak ada ruangan lagi, bisa di dus tapi dusnya dus yang besar ya mas, bekas kulkas atau bekas tv. jangan dus bekas mie instan. dan jaga agar suhu tidak terlalu panas. tetep kasih makan... :)

      iya, selama karantina harus tetap dikasih makan. kalo gak dikasih makan, ya almarhum mas, hihihi. gak ada perlakuan khusus selama masa karantina kecuali jaga agar suhu tetap sejuk (tidak terlalu panas) dan jangan ada suara2 mengagetkan. makanya saya lebih seneng kalau si owl ditaruh di ruangan aja. jangan di dus... :)

      Delete
    2. terimakasih dokter atas penjelasannya, iya saya tempatkan di kardus yang besar kok

      Delete
  100. Dok, i've a question. Is it oke for baby owl to eat more than 20 circkets a day ? because today, my new celepuk baby owl have eaten more than 20 crickets...

    In your article, you told us that we should feed the owl till they stop eating the cricket.....is there any limitation, i mean the numbers of feeded cricket

    ReplyDelete
    Replies
    1. i think the best answer is no limitation. because appetite of each owl is different, just like us. but if you worry, you can just stop at 20 or 25 crickets. can i know weight of your celepuk? :)

      Delete
  101. Assalamualaikum dok saya punya pertanyaan, apakah kebiasaan burung hantu celepuk suka bersandar di pojokan kardus itu normal?

    Apakah berbahaya kalau tidak mencabut kaki lompat jangkrik sebelum diumpankan ke baby owl ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      selama makannya masih normal (masih mau makan, tidak mogok makan) kayaknya masih sehat. cek juga fesesnya, samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      secara alami, burung hantu akan memuntahkan 'sesuatu' yang tidak bisa dia cerna atau nyangkut di tenggorokannya. jadi ya sebenernya gak masalah. namun akan lebih baik jika kaki belakang jangkrik mas potong lebih dulu. buat jaga2 aja sebenernya... :)

      Delete
  102. salam kenal dok...
    celepuk saya namanya fino... sudah krg lebih 2 bulan sya pelihara...
    awalnya ini adalah peliharaan keponakan saya yg rumahnya beda beberapa blok dari rumah saya.
    saya kdg klo maen ksna suka bantu kasih jangkrik, sya suka elus2 kpalanya sambil ajak ngobrol.
    gak lama ibu sya ngabarin klo burhan na lepas, saya bantu cari kmana2 gak ktemu...
    akhirnya sya pulang krmah, eh burhan (Fino) nya ada di jemuran lantai dua rmah saya...
    padahal jarak rumah ortu ama rmah sya lumayan jauh, kok bsa yah...
    padahal terbang jg blum tinggi, bulunya aja masih setengah2...
    yg sya bingung... Fino ini blum prnah sya ajak krmah sya sbelumnya...
    kok bsa tau rmah sya yah... masih tanda tanya sampe skrg...

    akhirnya ibu sya dan ponakan suruh sya terusin piara...
    sya lepas di lantai 2 yg kebetulan kosong ada perchnya tp sya ikat dgn tali panjang...
    rutin sya kasih jangkrik pagi sore, setelah mkan sya usap punggungnya pke air dri tangan sya yg basah, skalian sya kasih minum dari jari2 sya (di tetesin)... sya cuci paruhnya..
    suka klo lagi usap bagian blakang kpalanya... bsa sampe nungging2 tuw burhan merem2 keenakan...

    skrg sya lepas dalam rumah, gak di ikat lg di perch, pup nya kmana2 sih, tp gak bnyk dan gak bau, paling sya lap pke tissue...
    kadang klo sya lg nonton tv, Fino nangkring di atas tv nya, kya minta di perhatiin sambil goyang2 kepalanya...
    kadang klo sya lg buka laptop, Fino tau2 nemplok di keyboard, menghadap sya dulu, bru menghadap layar laptop, itu bsa lama, wlo sudah sya suruh pergi tetep aja Fino asik di atas keyboard, paling sya pancing pke jangkrik baru nanti Fino pindah...
    bgitulah kira2 burhan sya si Fino..

    yang sya mau tanyakan dok...
    - skrg mkan jangkrik nya sedikit, tp ritme minta mkan nya jd sering, itu normal dok...?
    - klo sya lagi pegang badannya dan menyentuh sayap bagian tulang atasnya, Fino kya gak suka gtu dok, entah sakit ato knp, mknya sya gak prnah pegang lagi, kira2 knp tuw dok...?
    sisa pertanyaan nya sudah trjawab sih dari komen2 di atas dok...

    sebelumnya terima kasih dok
    salam dari Fino buat Errol...

    ReplyDelete
  103. salam kenal dok...
    celepuk saya namanya fino... sudah krg lebih 2 bulan sya pelihara...
    awalnya ini adalah peliharaan keponakan saya yg rumahnya beda beberapa blok dari rumah saya.
    saya kdg klo maen ksna suka bantu kasih jangkrik, sya suka elus2 kpalanya sambil ajak ngobrol.
    gak lama ibu sya ngabarin klo burhan na lepas, saya bantu cari kmana2 gak ktemu...
    akhirnya sya pulang krmah, eh burhan (Fino) nya ada di jemuran lantai dua rmah saya...
    padahal jarak rumah ortu ama rmah sya lumayan jauh, kok bsa yah...
    padahal terbang jg blum tinggi, bulunya aja masih setengah2...
    yg sya bingung... Fino ini blum prnah sya ajak krmah sya sbelumnya...
    kok bsa tau rmah sya yah... masih tanda tanya sampe skrg...

    akhirnya ibu sya dan ponakan suruh sya terusin piara...
    sya lepas di lantai 2 yg kebetulan kosong ada perchnya tp sya ikat dgn tali panjang...
    rutin sya kasih jangkrik pagi sore, setelah mkan sya usap punggungnya pke air dri tangan sya yg basah, skalian sya kasih minum dari jari2 sya (di tetesin)... sya cuci paruhnya..
    suka klo lagi usap bagian blakang kpalanya... bsa sampe nungging2 tuw burhan merem2 keenakan...

    skrg sya lepas dalam rumah, gak di ikat lg di perch, pup nya kmana2 sih, tp gak bnyk dan gak bau, paling sya lap pke tissue...
    kadang klo sya lg nonton tv, Fino nangkring di atas tv nya, kya minta di perhatiin sambil goyang2 kepalanya...
    kadang klo sya lg buka laptop, Fino tau2 nemplok di keyboard, menghadap sya dulu, bru menghadap layar laptop, itu bsa lama, wlo sudah sya suruh pergi tetep aja Fino asik di atas keyboard, paling sya pancing pke jangkrik baru nanti Fino pindah...
    bgitulah kira2 burhan sya si Fino..

    yang sya mau tanyakan dok...
    - skrg mkan jangkrik nya sedikit, tp ritme minta mkan nya jd sering, itu normal dok...?
    - klo sya lagi pegang badannya dan menyentuh sayap bagian tulang atasnya, Fino kya gak suka gtu dok, entah sakit ato knp, mknya sya gak prnah pegang lagi, kira2 knp tuw dok...?
    sisa pertanyaan nya sudah trjawab sih dari komen2 di atas dok...

    sebelumnya terima kasih dok
    salam dari Fino buat Errol...

    ReplyDelete
  104. terimakasih dok telah memberikan kesempatan untuk bertanya.
    dok, celepuk bisa jinak itu berapa lama ya dok?
    Trim's

    ReplyDelete
  105. dok saya mau konsul nihh, celepuk saya matanya sipit satu dan dikelopaknya ada putih putihnya itu kenapa? kasian gara" ada putih putih di kelopaknya jadi meleknya susah..itu bahaya gak dok? cara ngobatinnya gimana? sama mau tanya kalo celepuk tersedak itu gimana? tdi habis kesedak tapi sekarang udah mendingan :)
    makasihh, salam buat errol

    ReplyDelete
  106. Dok, celepuk saya sudah 3 hari engga mau makan, palinh makan cuma 3-5 jangkrik sehari, lebih banyak murung juga dok, celepuk saya masih juve awal, waktu itu pernah dimandiin, habis dimandiin langsung berkurang nafsu makannya, gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimandiinnya salah kali. biasanya kalau dimandiin pas owlnya lagi gak enak badan atau lagi stress emang kayak gitu mas. bisa juga karena udara lagi dingin pas dimandiin.

      fesesnya warna apa sekarang??

      Delete
  107. dok saya mau tanya nie celepuk saya jari kakinya suka nekuk sejak saya pakaikan kaki rantai jadinya dy suka pincang,
    truz saya lepas rantainya mungkin sya pkir dy keberatan tpi sya tinggal lingkar kakinya doang rantainya sya ganti dngan tali kain tpi skrng juga masih pincang dy dok,
    kasian saya gk tega liyadnya,
    gmn dok supaya dy bisa normal makasih

    ReplyDelete
  108. dok saya mau tanya ni celepuk sya jari kakinya suka nekuk gk mau mbuka sejak sy pakek'in rantai kaki, trus sya lepas rantainya tpi sya ninggalin lingkar kakinya doank tpi msih gk mau mbuka jarinya,
    itu knpa ya dok?

    ReplyDelete
  109. dok saya mau tanya ni celepuk sya jari kakinya suka nekuk gk mau mbuka sejak sy pakek'in rantai kaki, trus sya lepas rantainya tpi sya ninggalin lingkar kakinya doank tpi msih gk mau mbuka jarinya,
    itu knpa ya dok?

    ReplyDelete
  110. Halo Bu Dok
    Saya baru saja dari pasar burung dan tertarik dgn salah satu celepuk yg umurnya sekitar 2 bulan tp saya mah ragu dia sehat atau tidak. Adakah tips tips khusus untuk memilih celepuk?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas cek artikel saya ciri burung hantu sehat. cari di bagian cari artikel...

      Delete
  111. Siang dok, saya muhammad iqbal, selama ini saya memberi makanan celepuknya saya ikan, sekarang matanya tertutup terus, mohon solusinyaa dok -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikasih makan ikan, mas?
      jangan dikasih makan ikan, mas. kasih jangkrik aja.

      kalau udah gini, coba aja bawa ke dokter hewan terdekat. saya takut ada masalah di sistem pencernaannya...

      Delete
  112. malam dok, saya mau berkonsultasi tentang celepuk saya, beberapa hari ini matanya sering ketutup tapi nafsu makannya belum ternganngu dan celepuk saya baru seminggu saya pelihara namun dia tidak pernah bersuara,, itu kenapa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      kalau tengah malem sampe pagi, dia aktif gak? kalau dia tetep tidur, mungkin ada yang sakit. fesesnya gimana? coba mas cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya/////

      Delete
  113. dok
    Caranya biar bruno mau makan gimana ya dok
    Soalnya dia baru datang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke owner lamanya, biasa dikasih makan apa.
      kasih minum sari kurma campur air juga. biar nafsu makannya bagus.... :)

      kasih saya kabar...

      Delete
  114. dok saya mau tny kira" brp bln atau thn burhan celepuk bs jinak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa sering masnya mempraktekkan cara menjinakkan burung hantu. silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu... :)

      Delete
  115. Dok si bruno kok pasang sikap defense terus sama saya

    Mohon pencerahanya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.