Cara memelihara burung hantu celepuk | Drh. Fira Sovica

Burung hantu celepuk atau javan scoop owl memang tergolong mudah untuk merawatnya.

Cara memelihara burung hantu celepuk

tidak memerlukan threatment tertentu. Berikut adalah cara memelihara burung hantu jenis celepuk. Bagi anda yang ingin mengetahui harga burung celepuk, anda bisa membaca artikel saya daftar harga burung hantu di indonesia.
  1. saat akan membeli, pilih burung hantu celepuk yang masih muda. Disarankan membeli yang chick atau yang bulu kapas.
    Burung hantu celepuk yang dipelihara sejak bulu kapas akan menganggap anda sebagai orangtuanya, dan dia akan jinak kepada anda.
    Tentu saja, akan beda kasusnya jika anda berniat untuk menjinakkan burung hantu celepuk dewasa yang liar. perlu ditekankan, burung hantu celepuk yang sudah dewasa agak susah untuk dijinakkan, sama halnya dengan menjinakkan musang pandan dewasa hasil tangkapan liar.
  2. saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.

    beri makan berupa jangkrik stiap 4 jam sekali, dan pindahkan burung hantu celepuk ke tempat pemeliharaannya jika sudah 12 jam di tempat adaptasi.
  3. hal terpenting dalam memelihara burung hantu celepuk adalah jangan menempatkannya dalam sangkar.

    burung hantu bukan pet. seperti halnya burung pemangsa lain, dia lebih senang disebut sebagai partner kita. jadi jangan menempatkannya dalam sangkar. lebih baik jika menggunakan perch (tangkringan) dengan diikat menggunakan angklet dan jesse.
  4. umumnya, makanan utama burung hantu adalah daging, namun anda bisa memberikan jangkrik sebagai makanan utama burung hantu celepuk. berikan jangkrik dengan cara disodorkan ke arah paruhnya, biarkan si celepuk menyambar jangkrik dari jari anda. berikan hingga si celepuk tidak lagi mau menyambar jangkrik di tangan anda.

    daging bisa diberikan seminggu sekali dengan memberikan bayi tikus putih. pindahkan burung hantu celepuk ke dalam kotak/kardus bekas mie instan, lukai si tikus putih sedikit dan taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

Demikian tips

cara memelihara burung celepuk

atau javan scoop owl. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1480 Responses to "Cara memelihara burung hantu celepuk"

  1. Dok, burung celepuk sayaa, diberi makan potongan ayam sama penjual kamren, trus skrg kotorannya jd bau dan dia cuma makan dikit, gmn penanggulangannya, kotorannya putih dan cair kekuningan, seperti mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini, saran saya sebaiknya berikan jangkrik saja sambil terus diobservasi selama 3 hingga 7 hari mendatang. kasih minum setelah dikasih makan jangkrik. dari fesesnya memang ada ketidakseimbangan bakteri di dalam sistem pencernaannya, tapi sepertinya akan baik2 saja.... observasi saja selama 3 atau 7 hari. saya tunggu kabar selanjutnya.... :)

      Delete
  2. Kemudian kotorannya itu seperti minyak gtu cairannya dok, krn saya 3 x kena kotorannya, trus buang kotoran dia , cair kekuningan trus ad padatan putih, dan cairan itu seperti minyak lengket

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja dlu mas... lusa lapor lagi kalau memang masih seperti itu... :)

      Delete
    2. observasi aja dlu mas... lusa lapor lagi kalau memang masih seperti itu... :)

      Delete
  3. Dokter saya mau tanyaa.
    Dua hari yang lalu saya baru beli owl jenis celepuk.
    Klo dikasih makan itu ngg langsung di telen, tapi digigit terus di paruhnya. Akhirnya makananya jatuh.
    Itu kenapa ya . Soale klo ngg makan takut mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dia masih stress, coba taruh dulu di ruangan yang agak sepi selama beberapa menit. ruangan sepi misalnya gudang dan ruangan lain yang sepi. biarkan dia selama 30 menit....
      mas baca juga artikel cara mengobati frounce juga, pastikan dia tidak kena frounce...

      Delete
    2. mungkin dia masih stress, coba taruh dulu di ruangan yang agak sepi selama beberapa menit. ruangan sepi misalnya gudang dan ruangan lain yang sepi. biarkan dia selama 30 menit....
      mas baca juga artikel cara mengobati frounce juga, pastikan dia tidak kena frounce...

      Delete
  4. Dok klo owl saya klo makan itu ngg langsung di telen, tapi digigit terus di paruhnya.
    Itu kenapa ya, saya takut kalo ngg makan nanti dia mati.

    ReplyDelete
  5. DOk owl saya itu kenapa ya. Klo makan mesti ngg langsung di telen, tapi digigit terus di paruhnya. dan akhirnya makananya jatuh.
    Kenapa ya itu dok. Saya takut klo ngg makan nanti dia mati

    ReplyDelete
  6. Pagi dok. salam sejahtera n sehat selalu.
    Saya kmarin baru bli OWL jnis celepuk, nga tau umur brapa.
    pas nyampe di rumah aku baru pratiin tryata parunya udh di potong. itu bisa tumbuh/sempurna lagi nga dok.? trus OWL yg jnis ini umurnya bisa sampe brapa tahn ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dipotongnya parah gak mas? sampai merubah struktur parunya?
      meski bisa tumbuh lagi, membutuhkan waktu lama. kalau tidak sampai merubah struktur paruh, saya kira tidak kenapa2. artinya, tidak dipotong tapi hanya diruncingkan. saya sudah membahas mengenai pemotongan paruh burung hantu di artikel memotong paruh burung hantu, silakan mas search di menu cari artikel...

      umur burung hantu bisa dibaca juga di artikel umur burung hantu...

      Delete
  7. permisi dok, mau tanya nih.
    kalau sistem pemberian makannya pakai pelindung tangan apa itu semakin susah buat jinakinnya.? biasalah efek pemula :p
    satu lagi nih. Apa boleh si burhan dipindahin keluar saat pagio hari? kalau boleh sampe jam berapa.?

    mkasih. Salam Pemula. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngaruh. pakai saja pelindung tangan berupa glove atau sarung tangan kain.
      selagi cuaca hangat (tidak panas dan tidak dingin), boleh saja mas pindahkan si burung hantu keluar.... pindahkan segera jika cuaca terlalu panas atau terlalu dingin.... :D

      Delete
  8. Dok aku punya Burhan Jenis Brown Hawk OWL. Kmarin bulunya sayapnya satu patah. itu masih bisa tumbuh kan dok.? sedih pas liatnya, kasian. Trus burhan yg jenis ini klo di kasi daging segar macam tiku nda papa kan dok biar terbiasa makn tikus.

    ReplyDelete
  9. Salam dok..
    Mau tanya ini celepuk saya beberapa hari ini gk mau makan.. kalo dipaksapun cuma 2 ato 3 ekor jangkrik.. terus kepalanya kayak berat and nahan ngantuk terus..tapi matanya gk terpejam dan masih bisa terbang dekat2.. pup nya sepertinya normal2 aja.. kira2 kenapa ya dok ?
    Seminggu yg lalu kakinya luka karena pake anklet jenis kawat, terus ankletnya saya buka and lukanya saya taburi nebacitin.. sekarang lukanya sdh kering tapi dia malah jadi lesu dan mengantuk... apa ini penyakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih nebacetin?? dengan resep dokter atau tidak? :)

      lebih bagus pakai angklett sebaiknya yang terbuat dari kulit halus, mbak. ada kok yang jual.
      sekarang nafsu makannya gimana? baik? atau menurun?
      saya sih curiga karena nebacetin tadi. coba mbak kasih info selanjutnya ya mbak... :)

      Delete
    2. Thengkyu balesannya Dok..
      Memang kemaren ngasih nebacitinnya inisiatif sendiri, karena pake betadine gk kering2 lukanya, sedih and ngerasa bersalah bgt..
      Subuh ini makin parah dok, lemes, gk mau makan, and bunyi kayak kecekik2, kepalanya pun nunduk2 semakin berat kayaknya..
      Curiga apa kena tetelo ya dok ?

      Delete
    3. iya sebaiknya memang pake betadine aja.
      tetelo biasanya cirinya nafas burungnya agak sesak. coba dengarkan hidungnya, dekatkan kuping mbak ke nafasnya.... baca juga TETELO PADA BURUNG HANTU, search di menu cari artikel...

      Delete
    4. iya sebaiknya memang pake betadine aja.
      tetelo biasanya cirinya nafas burungnya agak sesak. coba dengarkan hidungnya, dekatkan kuping mbak ke nafasnya.... baca juga TETELO PADA BURUNG HANTU, search di menu cari artikel...

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Dok, saya mau tanya. celepuk saya akhir" ini tidak mau makan. tapi kemarin siang dia habis makan -+ 10 ekor jangkrik, kira" kenapa ya dok.? bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  12. kenapa ya dok celepuk saya kok nafsu makanya berkurang, dia cuma mau minum saja. padahal kemarin dia habis 10 ekor jangkrik.
    kira kira kenapa ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna dan bentuk fesesnya gimana??
      apakah dia kelihatan murung/diam saja?? matanya terbuka atau seperti tidur/terpejam?
      coba lebih dijelaskan lagi...

      Delete
  13. Pagi dok.

    Saya punya celepuk yang sudah saya rawat sejak umur 2 bln, sekarang umurnya 1 tahun.

    Tapi, dia sering sakit, kepalanya muter, sudah di vaksin ND, saat ini, sakitnya parah, dari kemarin kepala muter disertai sesak nafas. Sedih ngeliatnya. Diem aja si Woli (nama celepuk saya), kadang bunyi tuk2 gt dari paru2nya.

    Makan masih lahap, kondisi engga bisa berdiri tegak, nyender aja dipojokkan kandang (selama sakit dikandangin krn ga stabil berdirinya, klo sehat dilepas dikamar, sudah jinak bgt, klo dipanggil pasti nyamperin).

    Warna feses, kemarin hitam kekuningan, bau. Sekarang kuning cair dan bau. Dikasih makan jangkrik.

    Mohon sarannya dok, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah menjelaskan mengenai warna fesesnya, mbak. :)
      kemungkinan ada internal bleeding atau masalah di fungsi hatinya. sebelum sakit, pernah lupa kasih makan atau dia makan sesuatu?

      saran saya sebaiknya bawa ke dokter hewan terdekat agar bisa mendapat penanganan lebih lanjut. mbak bisa contact dokter hewan terdekat, list no hp dokter hewan ada di blog ini, silakan search di kolom cari artikel: ALAMAT DOKTER HEWAN.....

      bisa juga beri air seduhan daun sirih untuk antibiotik alaminya. saya tidak menjamin sembuh dengan air seduhan ini, tapi setidaknya bisa membunuh bakteri di dalam sistem pencernaannya....

      semoga sembuh. salam dari errol.... :(

      Delete
  14. Sore dok,

    Terima kasih atas info dan penjelasannya dok. Makan selalu teratur kok dok, makan jangkrik sih terakhir. Tadi, akhirnya saya beli obat Super-N dan beli minyak ikan dok. . Besok saya coba kasih daun sirih deh dok.

    Oh iya, klo burung sakit apa dia jarang membuang kotoran ya dok?
    Saya selalu kasih minum setiap 1jam sekalk dan kasih makan 2 jangkrik tiap 4 jAm sekali. .

    Dok, bahaya engga sih si woli ini penyakitnya? Bisa sembuh ga? :( Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya sih lebih baik bawa ke dokter hewan. tadinya saya kira tetelo (ND) karena memang mirip tetelo, tp kata mbak pernah divaksin. makanya saya minta mbak bawa ke drh terdekat agar jelas.... :)
      air minum pastikan bersih (air mineral lebih bagus). jangan terlalu sering, cukup 2 jam sekali atau setiap abis makan...

      dulu si errol juga pernah begitu. suspect ND, tapi lebih baik bawa ke drh saja....

      sehat terus woli. salam dari errol yg lagi ngambek karena gak bisa keluar karena ujan... :)

      Delete
  15. mau tanya nih, saya baru dapat celepuk katanya umur 3 bulan tapi koq dah gede ya tp gak apalah yg penting jinak :D. yang mau saya tanyakan apakah celepuk itu badannya bau? bagaimana supaya tidak bau? bolehkah dimandikan? dan dikasih bedak seperti anjing dan kucing? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua burung hantu mengeluarkan minyak di lapisan kulitnya agar tidak kering.
      boleh dimandikan, disemprot pakai spray tangan (khusus burung), tapi jangan terlalu basah.... abis disemprot, lap pakai lap kering

      Delete
  16. Sy pny celepuk usia kira2 brancher akhir..apa boleh diberi makan DOQ..klo boleh sbaiknya porsinya pemberiannya gimana ? Trims Dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. DOC/anak ayam? boleh, tapi dipotong dlu, dicabuti bulunya, dikuliti, dagingnya dipisahkan dari tulangnya, baru dikasih ke celepuk...
      lebih praktis sih kasih jangkrik aja mas... :)

      Delete
  17. doc clepuk saya awalnya sehat trus saya taru luar waktu itu ujan awalnya nggak papa trus beberapa jam kemudian nggak mau makan trus kadang kehilangan keseimbangan....itu knpa ya doc ? trus biar sehat lagi dikasih apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jangan sampe kedinginan, mas.... :(
      fesesnya berwarna apa mas? saran saya sih bawa ke dokter hewan...

      Delete
  18. Dok saya baru beli burhan karena pemintaan anak yg msh umur 2th 8bln..
    Skrg ni burhanny msh sy truh di kndang coz sy blm puny perch...dan sy truh dteras rmh dlntai 2...coz sy jg tdk pny gdang ato ruangn kosong...apakah tdk apa2?
    Tolong saranny...

    ReplyDelete
  19. Sekarang ni burhan saya cm diem ja...n matany slalu terpejam...tp msh mau mkn...dan brusan jg dy mntahkn jangkrik yg dmknny 2ekor dok...pdhl saya bru ksh 8ekor n yg 3ekor blm dmkn burhan msh didlm tmpt mkn burhan...
    Apakah itu normal dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih mau makan, sepertinya masih sehat.
      bentuk dan warna fesesnya gimana mas? saya tunggu... :)

      Delete
    2. Maaf dok baru bls...skrg burhan saya dah mati...kmarin stelah saya tulis di blog ini jam 3 pagi dini hari sayaa cek burhan sdah trbujur kaku....fesesny sblm mati saya lihat da caairan putihny n hitam....
      Sblm burhan mati skitar jam 2 saya lihat burhan msh hidup...n saya jg sempat mengelus2 kepalany utk yg prtama coz sblumny burhan slalu melawan klo saya dekati...

      Delete
  20. Dok, si Alpha ni Alhamdulillah sehat...
    Tp, pengen di vaksin biar ga terjangkit penyakit.
    Gmn dok? Ke dokter hewan ngomong gmn, ya intinya biar Alpha daya tahan tubuh fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang aja mau check up burung hantu. :)
      owl mah asal diberi makan teratur juga dia sehat mas.

      oh ya, alamat dan nomor telepon dokter hewan ada di blog ini. silakan search di menu cari artikel... :D

      Delete
  21. mbak mau nanya :)
    1.mbak kan cewek, errolnya cowok
    klo saya cowok bagusnya pelihara yang cowok apa cewek ya?
    2.trus klo celepuk, umur rata2 berapa ya
    makasih :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pertannyaannya mas :)
      1, gak ngaruh. burung hantu jantan atau betina sama saja,,,, :)
      2. silakan baca di artikel umur burung hantu. search di bagian cari artikel

      Delete
  22. Klo burhanku aku lepasin bebas didalem kamar, trus masalah dia pupnya gmna ya dok? Tolong sarannya

    ReplyDelete
  23. Klo misalkan burhanku aku lepas didalem kamar, trus klo dia pup gmna dong? Tolong sarannya ya dok, terima kasih

    ReplyDelete
  24. Klo burhan saya saya lepasin dikamar , klo masalah pupnya gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hewan dasarnya bau. asal kita rajin membersihkan pup-nya, pasti gak bau. saya dulu juga gitu mas, kosan saya kecil. tapi saya pelihara si errol. :)

      taruh saja perch-nya di sudut kamar... :)

      Delete
  25. Saya mau nanya dong kalo burung hantu matanya di tutup tapi tetap mau makan kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tetap mau makan dan tidak ada gejala lain, saya kira masih sehat....
      observasi saja sampai besok mbak... :)
      saya tunggu kabar selanjutnya. :)

      Delete
  26. saya mau tanya apa ciri ciri celepuk yang sakit. terima kasih.

    ReplyDelete
  27. saya mau tanya apa ya ciri ciri celepuk yang sakit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca ciri burung hantu sehat... search aja... :)

      Delete
  28. Kalau burung hantu mata nya tidak mau dibuka tetapi mau makan kenapa ya?

    ReplyDelete
  29. permisi mbak, mau tanya.
    Ketika ngasih makan burung hantu secara langsung itu harus pakai sarung tangan atau tidak ?
    Kalau tidak menggunakan sarung tangan, apa tidak bahaya ?
    Terutama burung hantu yg masih baru dibeli.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  30. permisi mbak, mau tanya.
    Ketika ngasih makan burung hantu secara langsung itu harus pakai sarung tangan atau tidak ?
    Kalau tidak menggunakan sarung tangan, apa tidak bahaya ?
    Terutama burung hantu yg masih baru dibeli.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  31. permisi mbak, mau tanya.
    Ketika ngasih makan burung hantu secara langsung itu harus pakai sarung tangan atau tidak ?
    Kalau tidak menggunakan sarung tangan, apa tidak bahaya ?
    Terutama burung hantu yg masih baru dibeli.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan pake glove pas kasih makan mas....
      tidak bahaya kok. paling juga kegores2 dikit.... :)

      Delete
  32. dok saya baru beli burung hantu celepuk.kisaran umur satubulan setengah.kira kira bisa jinak gk dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. silakan mas baca2 artikel tentang menjinakkan burung hantu di blog saya ini... :)

      Delete
  33. oh iya dok ,kalo celepuk juve di kasi makan anak puyuh kira kira cocok ndak ?

    ReplyDelete
  34. Oh iya dok ,kalo celepuk juve dikasi makan anak puyuh kira kira cocok ndak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau celepuk sebenarnya lebih pas jika dikasih jangkrik mas.
      kalau anakan puyuh kayaknya terlalu ribet karena mas harus potong puyungnya dan menguliti puyuhnya dulu...

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Dok izin bertanya, saya punya celepuk umur juve baru 2 hari dirumah lagi dikarantina digudang, kira2 brp jmlh jangkrik maksimal 1 kali makan dok? Soalnya dia makan udah 20 jangkrik dan ga ada tanda2 mau berhenti nyambar jangkriknya, baiknya di kasih terus atau berhenti ya dok? Soalnya takut kegemukan,
    Lalu baiknya kasih makan jam berapa saja ya dok dalam sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dikasih terus saja hingga dia benar-benar berhenti. :)
      saat dia sudah berhenti menyambar jangkriknya, coba kasih minum. cara memberi minum burung hantu pernah saya bahas di blog ini.

      memberi makan 3x sehari saja. pagi, siang/sore, dan malam. :)

      Delete
  37. dok saya rencana mau pelihara celepuk tapi dirumah ada kucing persia 2 kucingnya sih anteng2 dok tapi kira2 pengaruh ngga ke burhannya?terus satu lagi dok bisa atau ngga burhan kita ajarin biar pupnya ngga sembarangan atau ditempat yg udah disediakan misalnya koran yg dibentang di deket perchnya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. gak masalah kok meski ada kucing di rumah. awal2 bisa dipisahkan dulu hingga si kucing mengerti kalau "makhluk berbulu yang suka berisik di malam hari itu punya tuan saya, jadi saya tidak boleh menyakitinya." kucing termasuk hewan cerdas kok, mereka bisa mengerti kalau tuannya menyayangi hewan lain. pisahkan saja selama beberapa minggu sambil tunjukkan ke kucing kalau ada burung hantu di rumah, tetap berhati2 juga karena naluri tetap naluri. :)
      2. burung hantu yang dirawat atau dipelihara dalam waktu lama dan dibiasakan pup di satu tempat biasakan akan mengerti kalau dia tidak boleh pup sembarangan. si errol juga saya latih begitu mas. dia hanya pup di hamparan koran di lantai. kalau tidak ada koran terhampar dan dia pengen pup, biasanya dia akan menyerang saya. saya biasanya mengerti dan langsung menghamparkan koran di lantai kamar.... :)

      Delete
    2. Okee dokter terimakasih atas jawabannya

      Delete
  38. makasi dok.oia dok burung hantu saya kn umur sebulan setengah.baru di rumah saya 2 hari.saya deketin dia udh mulai gk marah dok,udh mulai mau di elus"saya kasi nama bob burhan saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah. sehat terus bob. salam dari errol yang lagi ngambek karena gak bisa keluar cari tikus... :D

      Delete
  39. bob saya taro di ruang tamu gpp kn dok.soalnya saya gk ada ruangan kosong dok.iya salam balik dok dari bob.kira" bob bisa gk ya yaka errol,jinak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa2. dulu juga si errol begitu, saya taruh di ruang tamu biar dia terbiasa dengan kehadiran manusia. tapi kadang ada orang yang phobia sama burung, maka setiap tamu saya biasanya saya pastikan bebas phobia ini. apalagi kan burung hantu cenderung makhluk yang kerap penasaran dengan orang baru. dulu si errol suka 'menyerang' tamu yang datang mas, tapi sebenarnya dia bukan menyerang. dia cuma ingin kenalan (hinggap di tangan atau jari si tamu). orang yang gak ngerti kan disangkanya menyerang... :)

      waktu saya berangkat tadi si errol masih ngambek ke saya. saya elus2 malah dia gerung2 gitu. artinya 'jangan pegang gua!!' hahahaha.....

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum. Selain perkongsian ilmu haiwan di Blog, saudari ada sebarang perkongsian seperti ini di Facebook? Jika ada saya ingin follow untuk sama-sama berkongsi. Wassalam. -Mohd Badri, Malaysia-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. salam dari saya. saya ada fanpage, pakcik. sila like fanpage saya.

      jika ada hal yang ingin ditanyakan, sila ditulis di sini. saya dengan senang hati membantu... :)

      Delete
  42. heheh lucu si eerol bisa ngambek juga:)
    kira" berapa hari errol ngambeknya.
    si bob tadi pagi udh mulai mau di elus" sama orng rumah dok.alhamdulilah dia mulai gk takut sama keluarga saya.oia dok jangkrik saya abis,tadi ini saya beli ayam mentah.saya kasiin beberapa dok ke si bob boleh gk dok?
    makasi dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangkrik saja mas. ayam boleh tapi pastikan yang bebas bahan kimia dan jangan sering2 dikasih. cukup sekali seminggu saja.

      jangkriknya usahakan yang masih hidup. jangkrik mati kadang suka bikin burung hantu sakit.

      Delete
  43. ok dok.sama satu lagi dok.kn saya beli 2 burung hantunya si bob sama marley dok,sepasang nah kemaren pagi saya bangun si marley ke gantung dok trus sayapnya kaya sakit sebelah.tadi dia gk maj ngebuka sayapnya yg sebelah kiri.cara ngobatinnya gmna dok.gk luka sayapnya kayaknya keseleo deh sayapnya.maksi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara mengobati sayap burung hantu. :)

      Delete
  44. Dok izin bertanya, berapa lama ya kira2 masa karantina untuk celepuk yg sudah juve, ada tidak kriteria yg menandakan burung hantunya sudah bisa dipindahkan dari tempat karantina ke tempat pemeliharaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tidak ada tanda atau kriteria khusus. jika si burung hantu sudah tampang tenang, dia bisa mulai mbak latih. :)
      tenang saja mbak. dulu si errol juga saya dapatnya waktu dia sudah juve, dan dia berkarakter sangat keras. terlebih lagi, barn owl lebih susah dipelihara daripada celepuk.

      kuncinya sabar. silakan baca artikel cara menjinakkan burung hantu. saya sedikit cerita soal si errol juga di sana. :)

      salam dari errol yang baru mau siap2 terbang keluar nyari tikus. dia suka nemenin saya jawab pertanyaan di blog, dan dia liat saya lagi ngetik sambil gigit2 kuping. biasanya errol atau burung hantu lain seperti itu jika sedang kangen atau nanya "kemana aja sih?". maklum seharian di klinik, sementara dia tidur seharian di rumah, di perchnya... :D

      Delete
    2. Celepuk saya masih takut kalau dipegang kakinya dok, masih suka gigit kenceng tapi kalau dielus-elus kepalanya dia merem2gt dok ga gigit,, itu masih harus dikarantina atau sudah bisa dipindah dok?

      Delete
    3. langsung dipindah aja, gak apa2.
      makan rutin, dan mulai dilatih... :)

      Delete
    4. Dok mau tanya lagi, owl saya suka terbang terus nangkring di tempat tinggi, gimana cara pindahin dia ke tangan ya dok biar dia turun? Soalnya saya kalo mau ngasi makan sampe naik2 kursi dulu biar sampe ke owlnya

      Delete
    5. tinggi banget? kalau memang masih bisa diraih dengan cara naik bangku, gak apa2 naik aja. taruh owlnya di jari (suruh nangkring di jari), kemudian turunkan. beri makan di bawah. setelah diberi makan, taruh saja di bawah (jangan dikembalikan lagi ke atas). terus menerus seperti itu, nantinya dia akan menghampiri kita kalau mau makan...

      jangan lupa latih owlnya ya mbak... :)

      Delete
    6. Lumayan tinggi dok, nah itu dia dok gimana cara dia naik ke jari kita/ naruh owlnya kejari? soalnya setiap ada jari yg mendekati kaki dia, dia mulai mundur2 dan siap2 terbang lebih tinggi lagi hehe

      Delete
    7. tangkap aja dulu, terus tangkringin ke jari. :)
      lebih bagus kalau mbak pasangin anklett-jesse, beli aja di grup jual beli burung pemburu (bop) di facebook. bisa juga search di google jual perlengkapan falconry/jual anklett jesse untuk burung hantu. search aja. :)

      errol juga lagi ngambek beberapa hari ini. kemaren sempet gak pulang, tp tadi pagi udah ada di perchnya. sehat, tp kayak lg dongkol ama saya... :(

      Delete
    8. Aduh ga enak ya dok kalo diambekin :")
      Pas mau ditangkep dia marah dok malah di gigit tangan saya, itu gpp ya dok? Ga stres kalo begitu terus? Sekarang dia kalo makan digigit dulu lama baru di kunyah, padahal biasanya dia kalo makan cepet bgt dan banyak bgt :")

      Delete
    9. gak apa2. yang penting makannya bagus meski suka digigit dulu sebelum ditelan... :)

      warna feses burung hantu sehat biasanya terdiri dari 3 bagian: bagian putih, bagian bening, dan bagian hitam/coklat tua... kalau warna feses burung hantu mbak seperti itu, sehat2 aja... :)

      Delete
    10. Dok mau tanya lagi hehe, saya mau pasang anklet tapi owlnya ngegerung marah gt dok kalo ditangkep, jadi ga tega,, Kalo di pasang anklet ga bikin stres kan dok?

      Oh iya dok beberapahari ini owlnya makannya cuma 2x sehari, soalnya kalo pagi dia tidur di tempat yg tinggi dan bisa diraih, tapi kalo sore dia turun ke perchnyanah itu baru bisa dikasi makan dok, apa tidak apa2 ya dok?

      Delete
    11. dikasih makan 2 kali sehari, tidak apa2 asalkan agak banyak. :)

      dari yang saya baca sepertinya owlnya kurang interaksi dengan mbak ya? hehehehe. coba sering2 dielus-elus, sering dikasih makan pakai tangan biarpun hanya 2 kali sehari, dan biarkan dia melihar mbak tidur. tapi saya senang dia akhirnya biasa nangkring di perch kalau sore, alhamdulillah. dia mulai percaya sama mbak.

      tunjukkan saja rasa sayang ke dia, pasti dia paham. si errol juga gitu. silakan baca cara menjinakkan burung hantu....

      salam sayang dari errol untuk owlnya. siapa namanya? :)

      Delete
    12. Iya nih dok, makanya mau saya pasang ankletnya, tapi dia malah gigit dok, lebih baik dipasang skrng apa nunggu dia ga gigit lagi dok? NamanyaDoppa dok ^^

      Delete
    13. coba aja pasang anklettnya, tapi jangan diikat. lepas aja. selain lebih nyaman buat owlnya, mbak juga lebih mudah nangkepnya.... :)

      salam buat doppa... yang punya kayaknya penggemar drama korea ya?? :D

      Delete
  45. dok si bob gk mau makan.makannya cuma 4 jangkrik doang dari siang sampe sekarng gk mau makan dia.trus dia ngeluarin muntahan jangkrik dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah membahas mengenai burung hantu yang muntah.
      jika yang dimuntahkan sisa makanan atau jangkrik, tidak apa2. coba liat fesesnya. selama fesenya terdiri dari 3 bagian (bagian putih, bagian bening, dan bagian hitam/coklat tua) itu bisa dikatakan sehat.
      besok mas bisa kasih daging sapi mentah di tukang sate. cacah aja hingga kecil, kemudian coba berikan ke dia.

      salam dari errol yang baru aja terbang keluar cari tikus... :)

      Delete
  46. iya dok kalo dari fesenya gk apa"dok warnanya item agak ke coklatan dan padet gk encer dok.
    apa mungkin karna saya kasi cicak dok si bob gk mau makan?kalo aktifitasnya masih kaya biasa dok.dia masih bersuara dan gk lesu.tadi pagi saya kasi makan dia udh mulai mau dok.
    salam balik dok dari bob yg mulai mau makan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu saya tekankan, harusnya burung hantu gak dikasih cicak.
      semoga baikan terus bob..

      Delete
  47. dok sya mw tanya... apakah 2 celepuk bisa saya tmpatkan pd 1 perch?

    ReplyDelete
  48. kbar fuko baik dok, si errol gmna dok sehat?... kmarin sya dikasi 1 celepuk sma tman sya, usianya udah mature nemu nyangkut d jaring.... 3 hri gx mw makan, karena sya takut dia mati kelaperan jadi sya paksa dia makan jangkrik 3 ekor prhari dengan cara paruhnya di buka trus disuapin. sudah 1 minggu skarang dah mw makan tp harus di sodorin... o y dok porsi jangkrik ideal untuk celepuk tu brapa ekor y? soalnya si fuko makannya lahap banget 25 ekor bisa habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, syukur kalau fuko sehat saja. errol juga sehat. bali gmn? dingin udaranya? Jakarta masih fluktuatif, kadang panas, seringnya dingin. jadi perchnya si errol saya masukin aja. kalo dibali begitu juga, pindahkan saja fuko ke dalam ruangan. :)

      idealnya hingga dia gak mau makan lagi. jangan lupa kasih minum setelah makan.... :)

      sehat terus fuko. salam dari errol yang lagi bobo... :)

      Delete
    2. sma dok d bali jg cuacanya gx mnentu.. o y dok si fuko suka mandi malam hri dok, pa itu gx mnggangu ksehatanya? fuko mandi 2 hri skali dok

      Delete
    3. lebih baik jangan malam, mas. sore saja kalau cuaca bagus. kasian kalau nantinya fuko sakit... :)

      Delete
  49. salam dokter fira... :) saya mau tanya,
    1. saya ini mahasiswa seni musik di bidang piano yang ingin sekali memelihara burhan celepuk. rencana saya itu ingin memeliharanya di kamar kos saya. tapi saya itu setiap hari butuh latihan piano untuk kuliah saya. kira2 itu mengganggu burhan gak ya dok? apa itu terlalu bising untuk dia? apa akan menyebabkan stres?
    2. saya mahasiswa yang termasuknya sering pulang kampung ke luar kota. kira2 kalau saya ingin membawa2 burung hantu tersebut bagaimana ya dok, bawa dengan kardus atau bagaimana? ketika sampai di tujuan, pastinya itu tempat yg sangat berbeda dengan kamar kos saya kan ya dok, apa itu bisa bikin dia stres juga? jika saya biarkan dia di tempat baru beberapa hari kemudian saya bawa lagi pulang ke kos saya masalah gak dok?
    3. di indonesia terutama di jogja ada ngga ya dok tempat penitipan hewan gitu?

    terima kasih, salam buat errol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak anggita. saya akan coba jawab.
      1. kalau hanya suara2 halus seperti suara piano dan musik biasa, tidak masalah. maksudnya terlalu bising misalnya yang full volume. :)
      2. sebenarnya, bepergian termasuk hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara burung hantu (baca artikel: jangan memelihara burung hantu jika...). opsinya cuma 2: suruh org untuk mengurus burung hantu selama kita pergi, atau membawanya. cara membawanya dengan memakai box (dus) dan ditaruh di ruangan dengan suhu kamar saat diperjalanan (jadi, jangan ditaruh di bagasi). hindari juga guncangan. bawa saja di pangkuan.
      saat tiba di tempat baru, bisa didiamkan dulu selama beberapa jam, lalu coba diberi makan dan minum. begitu pula dengan pulangnya. :)
      3. jogja ada penitipan hewan kok. saya juga dulu di kaliurang... :)

      salam...

      Delete
  50. Mba, emng pertama kali celepuk di pakaikan anklet dya akan terus menggigit anklet nya itu yaa,,

    ReplyDelete
  51. Dok, ini celepuk saya baru saya pasang anklet tapi dya selalu menggigit anklet kyak risih bgtu karena dya jadi tidak bisa terbang bebas, sebaik nya saya harus bagaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, benar sekali mbak. burung hantu memang seperti itu jika dia belum terbiasa.
      biarkan saja. taruh saja burung hantunya di lantai dan biarkan lease (tali angklettnya) tidak diikat hingga dia bisa bergerak bebas kesana kemari. nanti dia akan terbiasa sendiri.... :)

      sehat terus buat owlnya yang lucu. jangan lupa kasih nama. :)

      Delete
  52. ini ngasi komentar/saran berdasarkan apa?? pengalaman pribadi? teori logikalisasi, ato cm nyomot internet aja??

    mana ada ngasi minum BoP pake model gituan,, biarpun kecil, cara minum dy ttp layaknya BoP (Bird of Prey)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarga saya hampir semua pecinta bop, mas. mungkin hanya saya yang fokus ke owlry. kalau mengenai cara memberi minum, ya, saya tau mungkin banyak diantara pecinta falconry yang tidak setuju dengan metode saya, namun selain belajar dr keluarga, saya juga banyak membaca literatur mengenai owlry, serta pengalaman saya sendiri, mas....

      saya sadar kalau banyak yang lebih pintar, lebih berpengalaman, dan lebih hebat dalam memelihara owl dibanding saya. mungkin mas bisa mengajarkan kepada saya caranya, saya akan sangat senang sekali.... :)

      terima kasih banyak atas kritiknya. salam... :)

      Delete
  53. halo dok, saya baru aja memelihara burung hantu celepuk.
    saya mau tanya, apakah burung hantu celepuk ini bisa di beri makan daging ayam mentah atau daging sapi mentah?, atau hanya boleh di berikan anakan tikus putih saja untuk dagingnya?, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas baca di atas, makanan utama celepuk adalah jangkrik. daging2an hanya sebagai makanan tambahan saja, bisa diberikan satu minggu sekali dengan kondisi daging yang masih fresh (masih berdarah). :)

      Delete
    2. jadi tidak harus makan daging anakan tikus putih ya dok?, di ganti daging ayam atau daging sapi tapi yang masih ada darah2nya gpp?.
      iya mksd saya jadi makanan selingan aja gitu dok, kalo utamanya pasti saya kasih jangkrik kok :)

      Delete
    3. iya, bener mas. dicacah dulu.
      kalau memang repot atau tidak ada waktu buat nyarinya, tidak usah dikasih makanan lain selain jangkrik juga tidak apa2... yg masih hidup jangkriknya ya mas. jangan yg udah mati. malah bikin sakit nanti klo yg mati... :)

      Delete
  54. dok saya mau tanya ..
    kmrin sya adop celepuk brancher
    stlah 4 hari nafsu makannya berkurang..
    dan sering matanya tertutup stngah/sprti lesu
    dan pucuk paruhnya berwarna agak putih
    fesesnya berwarna putih&hitam kadang cair kadang krim
    semua itu knp ya..
    dan solusinya apa. .
    sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
  55. kmrin saya kan baru adopt
    celepuk brancher .. stelah 4
    hari nafsu makannya
    berkurang dan setiap saat
    matanya ketutup
    setengah. .
    fesesnya putih&hitam
    kadang cair kadang sperti
    krim..
    dan di pucuk paruhnya agak
    berwarna putih..
    semua itu knp ya
    solusinya yg baik itu gmna
    sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah jawab di pertanyaan mas di post cara mengobati burung hantu lumpuh

      Delete
  56. iya saya kalo ngasih jangkrik selalu yang hidup kok, cm kaki2 belakang dari jangkriknya selalu saya copotin dl, di kasih tau sama papa saya kalo lebih baik di copotin aja.
    soalnya dpt info dr tmn katanya min harus di kasih daging walaupun 1 minggu sekali soalnya biar ga mati burungnya (amit2). tmn saya melihara celepuk 3x sampai mati krn ga di kasih daging sama skali.
    terima kasih ya dok buat infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kalau soal kaki belakang jangkriknya (yang tajam) dilepas dulu.
      kalau jangkrik malah lebih bagus hanya jangkrik saja. bolehlah daging sapi cincang yang masih segar (jangan yang sudah difreezer) diberikan setiap 2 minggu sekali, tapi itu juga tidak harus.

      kalau makanannya benar (jangkrik yang masih hidup) dan diberi makan secara rutin (JANGAN SAMPAI TERLAMBAT), celepuk bisa hidup lama kok. jadi jangan takut...

      dikasih nama siapa celepuknya? salam dari errol yang lg tidur. :)

      Delete
    2. brati lbh bagus kalo semua kakinya di lepasin smua ya dok?.
      nanti saya kasih daging dok, soalnya anggap buat mencukupi gizi yang di terima sama si burungnya gitu.

      Amin, pasti hidup lama. hehe
      saya tepat waktu kok kalo kasih makan sehari 3x, pagi jam 6, siang jam 12, dan jam 6 sore.

      saya kasih nama Mich, salam balik dari Mich ke Errol :)

      Delete
    3. iya, seperti itu bagus.
      salam juga buat mich ya... errolnya lagi bobo.. :)

      maaf lama balesnya, kemarin sempet ganti kolom komentar dan tema.. :)

      Delete
  57. oh ya dok saya mau tanya, akhir2 ini mich cukup sering ngedipin mata kanannya, itu knp ya?.
    apa ada yang salah dengan matanya mich?. soal makan dan minum lancar2 aja si dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngedipin mata pas mas lagi ngomong ama dia gak? :)
      si errol kadang ngedip kalau saya lagi curhat ama dia. mungkin mas harus ngajak dia ngobrol. biasanya burung hantu seperti itu sama ownernya. dan biasanya butuh berbulan2 buat burung hantu agar dia mau percaya ke ownernya hingga dia 'ngajak ngobrol' seperti itu... :)

      biasanya kalau ngedip gitu artinya dia bilang makasih atau 'saya mengerti'. kalau dia matuk hidung atau gigit telinga mas, dia lagi seneng. kalau dia munggungin, biasanya dia lagi marah.... :)

      si errol juga begitu sama saya... :)

      Delete
    2. hahah. pantes aja dok kmrn saya buka kok tiba2 berubah2 gini temanya, ternyata di ganti2.

      ngedipin matanya waktu biasa aja si dok, maksud saya waktu saya liat itu dia ngedip2in mata sebelah. trs di biarin jg ngedip2 jg. itu gpp ya?
      takut knp2 dgn matanya si mich.
      kadang kalo saya tatap jg ngedip2in saya :3

      ternyata burung hantu ini punya kebiasaan yang unik jg yaa. hehe

      Delete
    3. iya, mereka memang seperti itu. coba dicek bagian kelopak atasnya. disentuh lembut, ada benjolan atau apa gitu. tapi kalau dia tidak terlihat menggaruk2 matanya, saya kira tidak kenapa2... :)

      salam nih dari errol yang lagi pamer tikus. :D

      Delete
    4. dia cm kedip2 aja kok dok, ga garuk2 mata gitu kok. dan ga ada benjolan atau apa kok. masih normal2 aja sama ma mata bagian kirinya dia.

      wah si mich blm makan daging ni dok. hahah
      salam balik dr mich buat errol yang lagi bersenandung :D

      Delete
    5. sehat berarti. jaga terus mich ya mas. makannya jangan sampe lupa. jangan lupa dilatih juga. :)

      Delete
    6. Maaf dok baru bls, koneksi lg kacau di rmh entah knp baru bisa bls skrg. Hehe.
      iya dok pasti saya jaga terus, sempet tergiur sama bubo, buffy, atau oriental cm keinget mich batal smua tkut ga keurus smua.
      makan rutin kok dok, cm bingung ngelatihnya dok. Baru bisa fof itu pun jrg2. Lg ngajarin jttf masih blm mau jump smpe skrg. Perlu latian extra kynya dok. Heheh

      Delete
    7. latih burung hantunya pas dia lagi lapar, mas. biar dia gak manja. biasanya kalau lagi kenyang dia manja... :D

      si errol juga gitu dulu, susah diajarin, tapi toh akhirnya bisa... :)

      Delete
    8. hahah. kadang bingung kapan dianya lapar dok, soalnya saya kasih makan rutin pagi siang malam gitu. jadi ga tau kapan dia laparnya. cm mlm ini si saya coba latin FOF smua lancar mgkin krn dia lagi lapar. cm JTTF masih blm bisa, semoga si mich jg bisa deh :)

      Delete
    9. kalau biasa kasih makan pagi, siang, dan malam. coba sekali kasih pagi agak banyak, siang jangan dikasih makan, lalu malamnya latih. pake tidbits yang masih berdarah atau kasih jangkrik juga bisa.... :)
      arti tidbits bisa mas baca di istilah dalam memelihara burung hantu,....

      Delete
    10. maaf dok baru bisa bls soalnya kmrn super sibuk. haha
      hari ini saya coba untuk ngasih makan pagi agak banyak cm nanti siang ga saya kasih makan, trs nanti mlm coba saya latih. semoga berhasil :D

      kmrn iseng2 coba saya latih waktu si mich bertengger di tangan saya coba saya ayunin trs di terbang balik ke perch nya dia. ga selalu gitu si kadang ga balik ke perch nya, tapi kebanyakan balik ke perchnya waktu saya ayunin buat supaya dia terbang gitu dok, itu termasuk mich uda mulai terlatih atau belum yaa?

      Delete
    11. kalau sekedar mengenal lingkungannya, mungkin sudah. kalau terlatih, belum. tapi ini awal yang baik. lanjutkan saja latihannya mas.. :D

      salam buat mich dr errol.. :D

      Delete
    12. maaf dok baru bisa bls lg, baru smpet online soalnya.
      kabar baik untuk hari ini, dan ternyata saran yang di anjurkan dokter berhasil.
      sekarang saya kasih makannya pagi dan malam saja.
      mlm ini bener2 ngejutin uda bisa jump ke tangan saya, ya walaupun jarak antara 5-10cm tapi bener2 kemajuan buat saja dok. hehe
      semoga besok2 mich makin pintar lg dan nanti kalo mlm uda bisa berburu sendiri kaya errol :)

      salam buat errol dari mich yang baru slsai makan mlm :D

      Delete
    13. oh, syukurlah jika mich sudah mulai bisa JTTF. coba terus latih.
      pemberian makan hanya 2x sehari cukup dilakukan saat mas akan melatih mich saja. jika belum masuk ke jadwal latihan, mas masih bisa tetap kasih makan 3x sehari...

      MISALNYA: jadwal latihan mich rabu sabtu. nah, selain hari rabu dan sabtu, mas bisa tetep kasih makan 3x... :)

      Delete
    14. kalo misalkan di latih setiap hari gitu gmana dok?, mksd saya biar cepet pandai jg si mich :)

      pagi ini ada pengingkatan lagi si dok, uda mau JTTF kisaran 20-30cm. ya walaupun ga selalu mau jump tapi uda lmyn kadang 20cm kadang 25cm kadang 30cm mau lompatnya. hehe.

      Delete
    15. bisa sih dilatih tiap hari. lebih bagus sih jangan tiap hari dilatih. :)
      yang penting dari semuanya sih komunikasi. sering dikasih makan pakai tangan, sering diajak ngobrol, dll.... :)

      wah bagus itu. coba dilatih agak jauh, sekitar satu meter setengah... :D
      pandai mich... :D

      Delete
    16. ohh gitu oke deh coba deh dok nanti 1minggu 3x saya ngelatihnya :)
      saya kalo ngasih makan selalu pakai tangan kok, jadi selalu FOF. hehe

      70cm masih gagal dok, mlm ini cm berhasil di posisi 50cm. haha.
      tapi perkembangannya pesat :D

      Delete
    17. kalau saya lihat sih si mich sepertinya ada kemungkinan imprint kepada mas, makanya dia gampang mas latih. dan lagi, kemarin dia sempet ngedip. kalau memang imprint, beruntung banget. mas dan mich bisa jadi pasangan seumur hidup kayak saya dengan errol.

      latih terus mas, jangan lelah. kapan2 kita gath ya... :D
      errol lagi ngambek (lagi) karena ujan terus di sini, gak bisa keluar dia... :D

      Delete
    18. sepertinya si begitu dok. tadi sore si saya coba latih lg si mich iseng2 aja. saya coba JTTF nya lg, tadi sore uda bisa sampai 1,2m. dan mlm ini plg saya dari kerja saya coba lg uda bisa sampai 1,5m. hehe. dan jg setelah dia hinggap di tangan saya begitu makanan habis saya bilang balik dia lgsg balik ke perch.
      semoga emg mich bener2 cocok sama saya, supaya bisa bener2 klop sama saya :)

      pasti saya latih terus, kalo uda kaya gini bener2 semangat saya buat ngelatihnya dok. hehe.
      ayoo kapan2 dok, tapi dokter dmana yaa?, soalnya saya di surabaya :D
      iya di sini jg hujan trs dok, semoga errol ga ngambek lg dan bisa berburu lg :)

      Delete
    19. bagus, mich. :D
      terus tambah jaraknya mas. dan jangan lupa ajak ngobrol terus. semua anggota keluarga saya pecinta BOP, hanya saya saja yang focus ke owlry.

      oh, saya di jakarta. sehat terus mich. :D

      Delete
    20. maaf dok baru sempat balas lg. hehe.
      si mich skrg uda bisa JTTF 2,2m kira2 dok.
      untuk skrg masih di posisi 2meter dl dok. soalnya talinya ga cukup max udahan 2,2m
      ohh gitu, enak ya dok kalo uda sekeluarga gitu smua pasti di support penuh :)

      ini dok, barusan saya liat mich muntah jangkrik, jadi jangkrik yang uda di makan di muntahin. dan di muntahinnya itu masih dlm bentuk jangkrik. kira2 kenapa ya dok?, saya jadi kawatir sama mich :(

      Delete
    21. gak apa2, itu wajar.
      coba mas baca artikel burung hantu muntah.

      latih terus, jangan berenti. salam nih dari errol. oh ya, sekarang mas juga bisa chatting langsung dengan saya.... :)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Dok mau tanya lagi, Doppa kalau tidur itu kok nyender ya dok? Warna fesesnya baik2 aja sih dok hitam putih dan ada beningnya, makannya juga banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kalo cuma nyender. intinya kalau nafsu makannya bagus, berarti dia sehat... :)

      maaf agak lama balesnya ya mbak, soalnya kemaren sempet ganti2 thema biar lebih enak... :)

      Delete
  60. dok hari ini saya baru beli celepuk usia 6 bulan. skrg saya lepas digudang nah untuk makanya gmn ya dok? mau saya kasih jangkrik dianya terbang2an, masih takut sama saya. saya jadi bingung ngasih makannya. dan untuk perawatannya pertama kali gmn ya dok untuk usia 6 bulan?

    ReplyDelete
  61. dok hari ini saya baru beli celepuk usia 6 bulan. skrg saya lepas digudang nah untuk makanya gmn ya dok? mau saya kasih jangkrik dianya terbang2an, masih takut sama saya. saya jadi bingung ngasih makannya. dan untuk perawatannya pertama kali gmn ya dok untuk usia 6 bulan?

    ReplyDelete
  62. dok hari ini saya baru beli celepuk usia 6 bulan. skrg saya lepas digudang nah untuk makanya gmn ya dok? mau saya kasih jangkrik dianya terbang2an, masih takut sama saya. saya jadi bingung ngasih makannya. dan untuk perawatannya pertama kali gmn ya dok untuk usia 6 bulan?

    ReplyDelete
  63. dok hari ini saya baru beli celepuk usia 6 bulan. skrg saya lepas digudang nah untuk makanya gmn ya dok? mau saya kasih jangkrik dianya terbang2an, masih takut sama saya. saya jadi bingung ngasih makannya. dan untuk perawatannya pertama kali gmn ya dok untuk usia 6 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tangkep, lalu taruh di box yang agak besar. bisa bekas tv atau bekas mie instan yang ditumpuk jadi 2 hingga jadi lebih besar. jangan lupa dindingnya dibolongin. taruh owlnya disitu, diamkan kira2 40 menit, lalu kasih makan. emang seperti itu kalau owl umur 6 bulan, jadi dia bisa terbang2an. lain kali, beli yang umur 2 bulan saja, tp udah dibeli ya udah, hehehehe.... dirawat ya... :)

      Delete
  64. Kak maaf saya mau tanya Celepuk harus didalam ruangan???

    terus, makannya lebih baik jangkrik atau tikus putih??

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udara dingin, lebih baik di dalam ruangan.
      makanan utamanya jangkrik. sesekali dikasih bayi tikus putih (pinkies). sesekali aja, 3 minggu sekali misalnya..... :)

      Delete
  65. Dok saya mau tanya lagi, Doppa kan baru dipindah ke kamar sekitar 3 hari dok, selama 3mgg melihara baru 2 hari terakhir dia ngeluarin muntahan sisa2 jangkrik, tapi sekarang makannya jadi agak susah, dikasih makan malah lari2 dok, padahal biasanya langsung disamber, fesesnya saya lihagtt masih normal2 saja dok, kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sisa makanan yang dimuntahkan itu namanya pellets. pernah saya bahas juga di artikel kenapa burung hantu muntah.
      kalau masa pengeluaran pellets emang gitu. selama satu atau dua hari, biasanya dia agak rewel. tetep aja kasih makan atau pancing makan. :D

      sehat terus doppa... :D

      Delete
  66. Dok, mohon bantuan. Burung hantu celepuk ane bernama "Alpha", dia udah manut banget.
    Kalo malem dia keluar rumah, biasanya di atas atap kalo ga dia terbang entah kemana dan pagi dia pulang kerumah.

    Nah tadi pagi, si alpha diserang 2 ayam jago dan 1 ayam betina... Mohon bantuannya gimana ini dok, mata si alpha kaya kena benturan tapi masih bisa melihat.
    Terus kayaknya dia shok banget, gimana cara ngilangin syok si alpha?

    di blog ane bawah ini udah ane tulis lengkap kronologi kejadiannya dok.
    http://bangroyhan.blogspot.com/2015/02/burung-hantu-celepuk-bernama-alpha.html
    Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditaruh di ruangan sepi aja mas biar dia tenang sambil terus diberi makan dan minum. elus2 juga kepalanya biar dia berkurang stressnya... :)

      alpha lagi apa? salam dari errol yang baru mau keluar cari tikus... :)

      Delete
  67. Dok mau tanya, jangkrik kering itu buat diselingin sama jangkrik hidup atau bisa dikasih jangkrik kering aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik kering markel? bisa dijadikan selingan. jadi misal dalam sehari 3 kali pemberian makan. 2 kali diberi jangkrik hidup, satu kali diberi jangkrik kering... :)

      Delete
  68. Misi mau nanya nih, saya ada burung hantu celepuk kalo saya punya dua kandang boleh ga? Jadi yg satu itu kandang besar niatnya untuk menjemur si burung saat pagi hari tapi tidak langsung terkena matahari karna kandangnya cukup teduh, dan yg kedua saya taruh perch didalam ruangan untuk jika malam hari, pertanyaannya boleh tidak burung itu dipindah2 kan gitu? Terima kasih mohon di jawab yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seperti itu kasusnya, masih boleh karena kan perpindahannya tidak tidak terlalu lama (masih di satu area). Kalau kandang teduhnya di ambon dan perchnya ada di jakarta, nah itu yang gak boleh, hihihi....

      salam dari errol buat celepuknya, mas. dikasih nama siapa? :)

      Delete
    2. kalau seperti itu kasusnya, masih boleh karena kan perpindahannya tidak tidak terlalu lama (masih di satu area). Kalau kandang teduhnya di ambon dan perchnya ada di jakarta, nah itu yang gak boleh, hihihi....

      salam dari errol buat celepuknya, mas. dikasih nama siapa? :)

      Delete
  69. Misi saya mau nanya.. Kalo tempat karantinanya itu diganti jadi kandang burung biasa bukan kardus boleh ga? Terus harus berapa lama? Udah gitu burung yg bener buat dikarantina dulu tuh yg usia berapa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. saya coba jawab ya mas.
      1. kalo buat karantina, lebih baik ruangan sepi. bisa di dus, tapi yang besar dan sepi. kandang juga bisa, tapi yang sepi (tidak terlalu gaduh)...... intinya ruangannya jangan terlalu gaduh, itu aja sih intinya mas... :)
      2. lamanya karantina bisa dibaca di artikel di atas.
      3. usia berapapun wajib karantina... :)

      Delete
  70. Misi mau nanya.. Kalo pas baru beli burhan celepuk pas dimasa karantinanya tempatnya diganti sama kandang bukan kardus dulu boleh ga? Terus disimpen dulu dikamar gelap berapa lama?kalo misalkan udah kepalang ditaro ditempat orang lalu lalang gimana?gapapa kan?

    ReplyDelete
  71. Misi mau nanya.. Kalo pas baru beli burhan celepuk pas dimasa karantinanya tempatnya diganti sama kandang bukan kardus dulu boleh ga? Terus disimpen dulu dikamar gelap berapa lama?kalo misalkan udah kepalang ditaro ditempat orang lalu lalang gimana?gapapa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.
      lebih baik di dalam ruangan saja. boleh diganti dus ASALKAN yang besar. lamanya karantina bisa dibaca di artikel di atas. kalau sudah kepalang tanggung ditaruh di tempat ramai, sebaiknya segera pindahkan.... :)

      Delete
  72. permisi dok saya mau tanya,pada waktu pagi hari celepuk saya,saya kasih daging sapi kemudian pada waktu siang hari saya kasih daging sapi lagi ,daging tersebut saya ambil dari lemari pendingin terus saya diamkan sampai dinginya hilang,pada waktu saya kasihkan kecelepuk saya ,dagingnya dibuang..,terus pada saat beberapa lama kemudian celepuk saya muntah,muntahnya seperti daging ,yang saya tanyakan apakah celepuk saya tidak apa2 dok?terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya akan coba jawab:
      1. makanan terbaik bagi burung celepuk tetap jangkrik. daging2an hanya dikasih sebagai camilan seminggu sekali saja... :)
      2. muntah masih normal kalau setelahnya dia masih doyan makan... :)

      Delete
  73. Dok kalo mau memasang equipmentnya itu waktu apa

    ReplyDelete
  74. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi equipment?

    ReplyDelete
  75. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi equipment?

    ReplyDelete
  76. Mau tanya dong. Saya mau adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya? Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi equipment?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk equipt, tunggu 1 hari lg untuk dipasangi equipt. bisa ditaruh di perch (tenggeran).

      Delete
  77. dokter Fira, untuk celepuk yang masih punya bulu kapas dan barusan dibeli sebaiknya ditinggal dalam ruangan kosong selama kurang lebih tiga hari untuk adaptasi. Nah, apabila baby owl ini masih belum bisa terbang, apakah tetap dibiarkan saja ia benar-benar sendirian didalam ruangan tersebut? dia tidak akan merasa bingung atau sumpek kan, Dok? karena rencana nya mau saya taruh di gudang dulu sesudah beli nanti, dan gudang saya benar benar sepi, gelap, tak ada barang sama sekali, hehe. terimakasih banyak dokter Fira:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah 3 hari juga, mas/mbak. cukup 12 jam aja cukup..... :)
      gak kok, mereka memang suka menyendiri. khas burung pemburu... :)

      semoga sehat selalu owlnya nanti... :D

      Delete
  78. Mau tanya dong.
    1. Saya baru aja adopt celepuk masih bulu kapas, kira2 umur berapa ya?
    2. Setelah 12 jam adaptasi, apakah sudah bisa ditaruh tenggeran? Apa sudah harus pakai equipment? Apa mungkin terjadi Escaping?

    ReplyDelete
  79. saya mau tanya dok tentang pakan celepuk itu kalo dikasih makan keong sawah atau katak yg warnanya coklat itu boleh ngga yah?
    kira2 jg kalo dikasih makan selain jangkrik nnti fesesnya jdi lebih bau ngga yah?

    ReplyDelete
  80. Maaf. Kalo bulu kapas boleh di kasi minum gak?

    ReplyDelete
  81. Dokter saya baru beli burhan. Hari pertama dia mau makan banyak tapi saya beri makan hari ini cuman mau 3. Itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya kelihatan sering merem? dia keliatan murung? kalau mas angkat dari perchnya, dia melihat mas atau tetap murung? :)

      warna fesesnya apa mas? warna feses burung hantu sehat biasanya ada bagian putih, bagian bening, dan bagian hitam/coklat.... :)

      Delete
  82. Dok izin berkonsultasi lagi, doppa sempat tidak mau makan selama 3 hari, lalu setelah di pancing dgn daging dia makan lahap sekali, saat diberi jangkrik kembali dia malah menggigit dan melepas jangkriknya, dia hanya mau makan daging dok, ini gimana ya dok? Apa ada kemungkinan kalau makan daging terus bisa defisiensi nutrisi tertentu, mengingat makanan utama untuk celepuk serangga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mbak. gimana kabarnya? :D
      itu hanya sementara saja. tetep harus dibiasakan makan jangkrik. sesekali dikasih makan daging gak apa2.

      kalau abis makan daging dia gak mau makan jangkrik, diamkan selama 10 - 15 menit, lalu coba kasih lagi. kalau tetep gak mau, diamkan lagi 10-15 menit, lalu coba kasih lagi. terus menerus seperti itu sampai dia mau... :)

      sehat selalu buat doppa. awas, iklim dan cuaca lagi tidak bagus buat owl. errol aja kemaren sempet sakit. jaga agar linkungan dan ruangannya tetep hangat ya mbak... :D

      Delete
  83. Engga,engga,ngliat saya trus veses nya warnanya putih hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia tetep mau makan dan warna fesesnya
      ada 3 warna (bening, hitam, putih) itu masih sehat....

      pindahkan saja perch-nya ke ruangan yang agak hangat.
      iklim dan cuaca memang sedang tidak bagus... :)

      Delete
  84. Mohon infonya donk sy pengen melihara burhan yg masih chick..dimna bisa sy dapatkan??? Klo temen2 disini ad yg jual bisa contact ke sy fadlypado.photographer@gmail.com thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya daftar penjual hewan terpercaya.... :)

      Delete
  85. Permisi. Masih bisa dijawab gak ya? Saya punya celepuk nih, udah 2 hari gak makan, dia sekarang sakit:'(udah saya paksa suapin tapi dia kaya ketakutan gitu dok. Saya takut dia jadi stress. Tapi ini udah sakitt aduh saya bingung jadinya harus gimana ini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      iklim memang sedang kurang bagus buat owl, mbak. kemaren owl saya juga sakit.
      coba pindahkan perchnya ke ruangan yang agak hangat. lalu kasih makan seperti biasa. kalau sampai besok dia gak mau makan juga, lebih baik bawa ke dokter hewan.... :)

      Delete
  86. Assalamualaikum Dok,
    saya mw nanya nih ,, kan kata dokter pas beli celepuk yg masih bulu kapas di pindahin ke ruangan kosong ,nah di pindahin ke ruangan kosongnya ituh udh di dalem kardus atw udh di tangkringan dok ?? trus kapan celepuknya bisa di pindahkan ke tempat peliharaan untuk di taruh di tangkringan ???? mohon penjelasannya dok ,,. trims

    ReplyDelete
  87. dok ,kan td kata dokter pas baru beli barung celepuk kapas taro di ruangan kosong , nah ,, naro nya ituh udh di kardus atw udh di tangkringan dok ?? truss ,, kapan tuh bisa di pindahkan ke tempat peliharaan dan di taruh di tangkringan dok ?? mohon penjelasannya dok , trims

    ReplyDelete
  88. dok ,kan td kata dokter pas baru beli barung celepuk kapas taro di ruangan kosong , nah ,, naro nya ituh udh di kardus atw udh di tangkringan dok ?? truss ,, kapan tuh bisa di pindahkan ke tempat peliharaan dan di taruh di tangkringan dok ?? mohon penjelasannya dok , trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. celepuk harus diadaptasikan dulu dengan lingkungan baru dengan mengurungnya di ruangan kosong dan sepi dengan melepasnya begitu saja di ruangan itu selama 12 jam sambil terus diberi makan. biarkan saja dia hinggap di mana saja di ruangan itu, kalau mau langsung dikasih perch selama masa adaptasi juga gak apa2.... :)

      Delete
  89. dok burung hantu saya masih chick, cara memberi minumnya gimana?

    ReplyDelete
  90. dok saya baru beli elepuk nih ... sama pemiliknya biasa di kasi poor
    pemilik lama nya ngerawaatnya kaya burung kicau,mandinya di semprot,di kandangin
    nah saya kasian yaudah saya beli tapi dia kalo di kasi makan jangkirik gk respon , harus di suapin dlu baru mau,saya pernah beli celepuk sebelumnya tapi mati kena tetelo , nah yg pertama itu kalo liat jangkrik pasti ngejer , nah yg baru mah gk ngejer,malah takut , yaudah saya suapain aja tuh 15 jangkrik , trus kalo matanya nuttup terus yg 1 nya gmn ?
    itu stres ato bukan ? kotoranya warna item ada putihnya , trus mau nanya lagi nih
    kalo buat angklet dari gesper smp bisa g? sama kalo di taliin cma 1 kaki boleh ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara prinsip, burung hantu tidak bisa dikasih poor dan mengurus burung hantu jelas tidak bisa disamakan dengan burung kicau. kasian juga soalnya. :(

      soal pemberian pakan, memang seperti itu cara memberikan pakannya mas. yaitu dengan cara disodorkan ke paruhnya. :)

      kalau warna fesesnya seperti itu, bisa dikatakan sehat. mas bisa baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      pembuatan angklett bisa dari gesper TAPI harus sangat hati2, jangan sampe malam melukai kaki owlnya mas. dan sebaiknya 2 kaki yang diikat angklet, kalau hanya 1 takutnya cedera... :)

      Delete
  91. Mau tanya dok, saya baru beli celepuk umur 2-3bln, trus saya taruh di kardus, itu baik tidak ya?
    sudah 2 hari celepuk itu bersama saya tpi setiap saya sodorkan tangan saya(meskipun sambil memegang jangkrik) jari saya diserang dengan paruh dan cakar'a, saya harus bagaimana dok?
    Satu lagi, burungnya masih belum bisa bertengger dan terbangnya pun hanya bisa seperti ayam, terbang sedikit gtu

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.