Cara memelihara burung hantu celepuk | Drh. Fira Sovica

Burung hantu celepuk atau javan scoop owl memang tergolong mudah untuk merawatnya.

Cara memelihara burung hantu celepuk

tidak memerlukan threatment tertentu. Berikut adalah cara memelihara burung hantu jenis celepuk. Bagi anda yang ingin mengetahui harga burung celepuk, anda bisa membaca artikel saya daftar harga burung hantu di indonesia.
  1. saat akan membeli, pilih burung hantu celepuk yang masih muda. Disarankan membeli yang chick atau yang bulu kapas.
    Burung hantu celepuk yang dipelihara sejak bulu kapas akan menganggap anda sebagai orangtuanya, dan dia akan jinak kepada anda.
    Tentu saja, akan beda kasusnya jika anda berniat untuk menjinakkan burung hantu celepuk dewasa yang liar. perlu ditekankan, burung hantu celepuk yang sudah dewasa agak susah untuk dijinakkan, sama halnya dengan menjinakkan musang pandan dewasa hasil tangkapan liar.
  2. saat tiba di rumah, diamkan burung hantu celepuk dalam ruangan kosong, biarkan dia adaptasi dengan lingkungan barunya.

    beri makan berupa jangkrik stiap 4 jam sekali, dan pindahkan burung hantu celepuk ke tempat pemeliharaannya jika sudah 12 jam di tempat adaptasi.
  3. hal terpenting dalam memelihara burung hantu celepuk adalah jangan menempatkannya dalam sangkar.

    burung hantu bukan pet. seperti halnya burung pemangsa lain, dia lebih senang disebut sebagai partner kita. jadi jangan menempatkannya dalam sangkar. lebih baik jika menggunakan perch (tangkringan) dengan diikat menggunakan angklet dan jesse.
  4. umumnya, makanan utama burung hantu adalah daging, namun anda bisa memberikan jangkrik sebagai makanan utama burung hantu celepuk. berikan jangkrik dengan cara disodorkan ke arah paruhnya, biarkan si celepuk menyambar jangkrik dari jari anda. berikan hingga si celepuk tidak lagi mau menyambar jangkrik di tangan anda.

    daging bisa diberikan seminggu sekali dengan memberikan bayi tikus putih. pindahkan burung hantu celepuk ke dalam kotak/kardus bekas mie instan, lukai si tikus putih sedikit dan taruh dalam kotak bersama burung hantu celepuk, lalu tutup kotak tersebut, biarkan si burung hantu belajar berburu sendiri.

Demikian tips

cara memelihara burung celepuk

atau javan scoop owl. semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1480 Responses to "Cara memelihara burung hantu celepuk"

  1. ada satu lagi dok,untuk chick,apa boleh langsung saya taruh di perch?

    ReplyDelete
  2. Gak apa-apa, asalkan masih ada sedikit ruang di gudang tersebut. Pemberian minum bisa dilakukan setiap habis memberi makan. 3 atau 4 kali pemberian sudah cukup. jangan terlalu banyak.
    PENTING: beri nama burung hantu mas, dan sering dipanggil dengan nama tersebut. cara membedakan jenis kelamin burung hantu bisa disearch di menu search di atas.... semoga membantu... :)

    ReplyDelete
  3. dok,cara pemandian burhan terutama chick,itu di bagian mana yang boleh di basahi dan tidak ya? terus,pemberian pakan jangkrik berapa banyak yang harus di kasih untuk sekali pemberian?

    ReplyDelete
  4. dok ada pertanyaan lagi nih,tidak lain agar saya memelihara si burhan dengan perawatan yang asal asalan,maaf sebelunya banyak nanya:
    1.berapa banyak pemberian pakan jangkrik untuk si burhan dewasa/chick untuk sekali pemberian makan?
    2.bagian mana yang harus dibasahi dan tidak boleh dibasahi dalam proses memandikan burhan? (terutama yang chick)
    3.apakah burhan yang masih chick boleh di mandikan seperti di website berikut? : https://www.youtube.com/watch?v=y7ahgklLfys

    sebelumnya TRIMS,dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. pemberian jangkrik untuk burung hantu celepuk sampai dia tidak lagi menyambar makanan yang anda berikan.
      2. cara memandikan burung hantu sebenarnya sama saja dengan cara memandikan burung lain, yaitu menyemprotkan air dengan spray. tapi ingat, tidak semua jenis burung hantu bisa dimandikan dengan spray, jenis burung hantu yang memiliki tingkat stressing tinggi seperti buffy fish owl dan sejenisnya lebih baik hanya di lap dengan lap basah.
      3. kalau masih chick, sebaiknya jangan seperti itu. saya khawatir si chick akan kedinginan jika dimandikan dengan cara seperti itu, saran saya, jika celepuknya masih chick, sebaiknya cukup semprotkan dengan spray beberapa kali (jangan terlalu basah) kemudian lap dengan kain steril, lalu angin2kan burung hantu hingga kering (jangan dijemur, cukup taruh di tempat sejuk dan bersirkulasi udara baik hingga bulunya kering sendiri).....

      Jangan sungkan untuk konsultasi lagi kemari... :D

      Delete
  5. kenapa air minum nya harus di sodorkan kalo gak bisa minum sendiri gimana klo di alam liar nya apa gak minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. di alam sendiri sebenarnya burung hantu bisa mencari minum sendiri, tapi tidak demikian dengan burung hantu yang dipelihara. burung hantu yang dipelihara, terutama jenis burung hantu yang memiliki tingkat stress tinggi, akan menganggap kita musuhnya dan perlu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun agar dia percaya kepada kita, sahabatnya. perlu pembiasaan agar si burung hantu tidak menganggap kita musuhnya agar dia mau minum dengan bebas di tempat yang kita sodorkan. semakin lama seekor burung hantu anda pelihara, maka semakin percaya dia dengan anda. dengan cara itu, dia akan mau minum dari tempat yang anda sediakan.... :)

      Delete
  6. drh.vira sovica kan dokter hewan klo barn owl yg stres kira kira bagaimana cara menyembuh kan nya mohon jwb nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diketahui dulu penyebab stressnya apa. apa karena penyakit, tempat memelihara yang terlalu ramai (bising) atau karena apa... ada banyak sebab... :)
      namun umumnya, cara menyembuhkan barn owl yang stress biasanya dengan memindahkan perch-nya ke tempat yang agar sepi seperti gudang atau kamar kosong, biarkan dia selama beberapa saat/hari di situ sambil terus diberi makan.... semoga membantu... :D

      Delete
  7. Selamat malam dok, ini saya lagi dok.. hehe saya akhirnya beli jg burung hantu celepuk chick, nama ny haku tp jenis kelamin ny belom tau.. heheehe cara bedain jantan sm betina diliat dari apany ya?? Trus boleh gk kalo masih chick dimandiin? Kalo boleh brp x dimandiin nya dok?? Terimakasih :) salam kenal jg buat errol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara membedakan jenis kelamin burung hantu lebih sering disebut sexing, bisa menggunakan kalung perak atau kalung emas, lebih bagus jika menggunakan pendulum. caranya, mas bisa search di menu di atas: cara membedakan jenis kelamin burung hantu

      Salam buat haku dari Errol... :)

      Delete
  8. Permisi dok mau tanya saya baru beli celepuk umur 2 bulanan (kata penjual) jam 2 siang ini. Nyampe rumah langsung dimasukin ruangan kosong gelap. jam 4 sore nyoba Feed On Fist doi ogah, saya deketin jangkriknya deket mulut kepalanya malah ngehindar n noleh kiri kanan. Barusan juga jam 6 sore nyoba masuk ke ruangan n FoF lagi doi tetep gak mau. Apa normal? Jika tidak ane harus bagaimana? Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sekarang kasih makan lagi.... langsung aja sodorin ke paruhnya, jangan FOF dulu... :)
      kalo udah beberapa hari atau beberapa minggu baru bisa dimulai FOF mas... :)

      Delete
    2. Tadi sudah saya coba sodorin ke paruhnya langsung kepalanya langsung nengok ke arah lain dok. kayak gak mau makan gitu. Nah yang jadi masalah, karena saya tadi udah bingung kok gak mau saya coba naruh jangkriknya di deket kaki saya lah malah taunya si doi lgsg lompat n nerkam jangkrik itu -- kira" gpp kah dok? + kira" burhan saya mulai bisa diletakin perch pas udah brp hari ya? Maaf banyak tanya hehe

      Delete
    3. update dok barusan nyoba ngasih makan doi mulai mau makan dari jari saya :D meski pas mau dipegang mesti kabur" terus sih :/ Kira" nanti malam jika saya pindahkan ke perch bisa tidak ya?

      Delete
    4. bisa, langsung aja pindahkan ke perch....

      Delete
    5. oke dok nanti malem saya pindah ke perch hehe. Semalem mau mindah gak berani soalnya saya baca" komen dari atas ampe bawah dokter fira ada komen yang menyatakan dipindah ke perch kalo udah 3 hari yaudah nunggu dulu hehe. Kira" perch diletakkan di dalam kamar deket pintu gpp kah dok? Saya masih ngontrak (kos) soalnya, takute kalo diletakin diluar ruangan ntar kenapa" n kalo didalem ruangan selain kamar saya takute banyak orang lalu lalang.

      makasih sebelume dokter fira dengerin ocehan saya hehe, masih awam soal owl :D

      Delete
    6. oh gak apa2 mas, saya malah seneng jika banyak yang bertanya.

      malah itu bagus, mas. jika si owl sering melihat anda tertidur, maka dia akan makin percaya kepada anda. secara tidak langsung, dia akan semakin dekat dan jinak kepada anda. saya jg dulu pelihara si Errol sejak dari kuliah, sampe diusir dari kosan satu ke kosan yang lain, hehehe. sampe sekarang si errol sudah tua, dia sudah tidak perlu saya kasih makan karena dia bisa mencari makan sendiri dan pulang kalau sudah subuh....

      coba kasih nama dan latih burung hantunya, mas. cara melatih burung hantu bisa mas search di atas.... sehat selalu buat owl dan masnya... :)

      Delete
    7. hehe iya dok terimakasih :D

      oh yaudah bener perkiraan saya berarti hehe. Wah hebat juga si Errol :D semoga Ertwart juga ngikutin jejaknya errol hehe. Oh iya dokter pas kuliah dulu Perch si Errol diletakin disebelah mana ruangan kosan? Dideket pintu gpp kah? Takutnya masih awal gini banyak orang lalu lalang u,u

      iya dok saya kasih nama Ertwart aja, bahasa Jerman dari "Harapan" hehe. Iya semoga dokter fira juga sehat selalu :D

      Delete
  9. Dok, kalo dikasih vita gel bagus gk buat burung hantu? Di pet shop bnyak yg jual kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. vita gel sebenarnya lebih cocok untuk burung pemakan biji dan pemakan pur, sementara untuk burung pemakan daging vita gel tidak cocok.... :)

      Delete
    2. Ohh.. berarti kalo gtu kasih ny minyak ikan aj ya / madu boleh kan dok? :)
      ohh iya dok, kalo yg gelang dikakiny itu nama ny apa ya? Saya mau beli buat persiapan si haku :D

      makasih dok.fira

      Delete
    3. iya, lebih bagus minyak ikan. :)
      bukan gelang itu. itu namanya angklett. bisa dilihat di artikel istilah dalam memelihara burung hantu.... silakan di search... :)

      sama-sama. jgn sungkan buat berkonsultasi di sini... :)

      Delete
  10. Dok fira, mau konsul lg nih.. koq, si haku kalo malem gk berisik ya? Tp kalo saya ngelirik dia.. dia baru bersuara gtu, itu gpp kan ya?? Soal ny kata dok fira kan, kalo burhan ny tiap malem berisik itu bagus..
    tp klo untuk makan & pup ny bagus sih.. ap perlu dipuasain dlu? Atau tidak ya dok?

    oh iy.. saya skrg lg latih si haku loncat ke tangan saya dari tangkringan kecil ke tangan saya.. hehehe tp msih tkut buat loncat ny si haku kadang badan udh mau loncat, tp kaki msih cengkram aj.. heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu si haku, semoga sehat selalu ya. gak apa2, kadang memang begitu. karakter setiap burung hantu memang berbeda, sama seperti kita manusia. mungkin si haku belum sepenuhnya percaya pada anda mas. coba taruh perch si haku di kamar tidur, dan usahakan si haku melihat anda sedang tidur. dengan begitu, si haku akan mengerti jika anda tidak bermaksud jahat kepada anda... :)

      salam buat haku dari Errol... :)

      Delete
    2. Makasih jg dok fira.. tp sedih ny skrg saya lg dinas malam.. hehe mungkin bsk malam saya baru bisa tidur bareng haku lagi :)..

      nanti disampaiin salam ny dok ke haku :)

      Delete
  11. Dok help urgent. Kan tadi saya pindah ke perch + pasang equip, dasarnya anak" kosan yang norak abis nyampe perch owl saya lgsg diliatin 7 org sekaligus. Owl saya panik lgsg terbang kesana kemari bahkan sempet kakinya gantung gara" owl saya terbang ngelebihi tali, padahal tali udah saya buat lebih panjang daripada tinggi perch. Anak" saya suruh keluar dan tinggal saya dikamar ama owl saya. Tapi tetep owl saya terbang kesana kemari dan mulai pasang mode defense + kadang batting seperti awal beli. Karena takut kenapa" saya pindah lagi owlnya ke ruangan kosong sebelum pindah ke perch. +/- 15 menit saya masuk ke kamar itu, owl saya tenang lagi bahkan saya elus" diem aja. Saya kasih jangkrik juga mau. Kira" kenapa ya dok? Kasihan juga kalo dikamar kosong terus.

    makasih sebelumnya dok fira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu owl mas bahkan belum sampe satu bulan di mas. saran saya, memang seharusnya jangan diketemukan sama org lain selain mas dulu. biar dia dekat dengan mas dulu hingga dia benar2 percaya. coba nanti kasih makan. kalau nafsu makannya masih bagus, berarti gak apa2. coba juga taruh/tangkringkan di jari mas, sambil liat kakinya ada luka atau cedera. saya pikir tidak akan kenapa2 kalau dia sudah pakai perch, tapi ini sekedar tahu aja.... :)

      Delete
    2. haduh iya dok, tadi pas dikamar berdua pas pasang mode defense tetep mau makan kok dok tapi ya itu jadi agak mundur" pas didalam kamar. Oke dok besok coba saya cek :) Perch saya letakin didalam kamar dideket pintu gpp kah dok? soalnya hanya dideket pintu yang jauh dari barang" yang gampang jatuh --'

      Delete
    3. gak apa-apa asalkan hati2 kalo ada yang masuk... takutnya yang masuk kaget krn dkt pintu ada owl, hehehe... :D

      dan usahakan jangan masuk secara tiba-tiba, nanti owl-nya kaget... :)

      Delete
    4. haha iya dok temen" udah saya ingetin :D siapp dok

      oh iya mulai tadi siang si erwart udah saya letakin perch didalem kamar deket pintu. Kok dia selalu pengen keluar kamar ya u,u Tinggi perch saya buat 30cm'an panjang leash saya 50cm'an, si ertwart ampir tiap setengah jam kali ya turun dari perch terus pengen keluar kamar lewat pintu. Apa wajar awal" owl diletakin perch masih belom nyaman dok? :/ Tapi dia udah gak se defensif kemarin sih hehe. makasih sebelumnya udah dengerin ocehan saya dok :D

      Delete
    5. itu wajar. latih ya mas si erwart. sehat selalu ertwart.... :)

      Delete
  12. Dokter fira mau nanya nih...
    Aq punya burhan jenis celepuk, namanya owi. aq udah memliharanya sekitar 1 blnan. awalnya burhanq sehat2 ja, setelah 2 minggu yg lalu aq dksih sodaraq kucing, karna drmh g da ruangan lagi akhirnya kucing ama burhannya aq taruh 1 ruangan. tapi kucingnya tetep aq kandang. 3hari setelah kedatangan si kucing owi mulai g mau makan, kalo disodorin makanan cma digigit ja trs dilpas lagi. 2hri kyk gtu trs akhirnya owi aq truh diteras. pas dtruh dteras makannya lahap banget, mgkn dia kelaperan. apa dy g mau makan gara2 ada si kucing y dok? nah pas sore sama pegawaiku dmasukin lagi satu ruangan lagi sma si kucing. eh malamnya aq lihat owi bergelantungan, udah g bertengger lagi. aq taruh ditangkringannya dy jatuh lagi, ternyata dy lemes banget sampe bawa kepalanya ja g kuat. akhirnya aq kasih mnum, aq taruh di kardus 2hari trs jangkriknya aq taruh dikardus jg biar dia makan sndri soalnya pas aq suapin dy g mau. Alhamdulillah 2 hari kemudian owi sehat lagi. akhirnya mulai pagi sampe sore owi aq truh diteras tapi g kena matahari lgsg kq. klo malem aq masuki k dalam rumah. nah tadi pagi dok aq ngecek dy, aq lhat dy bergelantungan lagi, pas aq betulin dy msih bisa bertengger di tangkringannya tapi kepalae agak miring2 gtu, apa dy pusing y cz hbs bergelantungan? trs 3 jam kmdian aq lhat dy semakin lemes dok, pdahal udah dksh mkan. kepalanya semakin merunduk. owi kenapa y dok? klhtannya dy lemes banget, gmn y cara mengatasinya? skrg ini dy aq pindah d kardus, tiap aq deketin dy selalu ketakutan... mohon bantuannya dokter fira. maaf kepanjangan ceritanya

    ReplyDelete
  13. dokter fira mau tanya nih... seminggu yg lalu burung hantuq sakit tapi setelah 2 hari udah sembuh. nah tadi pagi aq cek dy bergelantungan, akhirnya aq bnerin biar dy bisa nangkring lagi. pas udah aq benerin kepalanya agak miring2 gtu, kira2 knp y dok?apa dy pusing hbs bergelantungan. trs 3 jam kemudian aq cek lagi kepalanya merunduk, kyk lemes gtu padahal udah dkasih makan. kira2 gmn y cara mengatasinya? sekarang ni burungnya aq taruh di kardus, dy merunduk trs, lemes banget. tapi matanya tetep lebar klo dilhat org. tapi knl y dok dy jadi penakut banget? disntuh ja kyk ketakutan gtu... aq tunggu balesannya dok... urgent :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sepertinya si owi masih kurang adaptasi, dan salahnya, mbak nadya langsung masukkin kucing satu ruangan ke dia. hewan nocturnal seperti burung hantu memang bisa membaca pikiran kita dan pikiran hewan lain. mungkin dia stress karena ada kucing.... coba pindahkan ke gudang saja si owi, taruh di kardus aja, tapi jangan ditutup. beberapa jam sekali kasih makan dan minum...


      saya harap si owi masih selamat sampai saya komen ini. maaf karena saya lagi menyelesaikan tesis saya. owi dapet salam dari Errol owl saya....

      Delete
    2. iy dok skrg udah aq pisahin kq owi sam si kucing. Alhamdulillah owi masih selamat dok :) tapi y gtu dom msh lemes, kyk burung yg g kuat bawa kepala, merunduk terus. padahal kalo dikasih makan msih doyan lho dok, tapi y gtu g mau disuapin, maunya jangkringnya ditaruh dikardus ntr dy yg nangkap sendiri. kalo disuapin owi ketakutan dok. kira2 kalo kyk gtu sakitnya parah g ya dok? aq sedih lihat owi merunduk terus.

      oia kemarin malem owi aq taruh di deket rak yg baru di cat, apa gara2 bau cat y dok jdi owinya lemes? apa burhan mang sensitif sama bau2 kyk gtu?

      Delete
  14. Kalau kondisinya kuat n normal, tp kepalanya tertunduk pelan2 itu knp ya dok?

    ReplyDelete
  15. Burhan saya kondisinya kuat n normal, tp sminggu ini nfsu makannya naik turun, td pagi nafsu makannya menurun lbh drastis, biasanya pagi disodorin jangkrik bs habis 7-15 jangkrik, pagi ini cuman hbs 4 jangkrik itupun d paksa, n tadi pagi sy liat dy sdh ngluarkan pelet, trs bru pagi ini kepalanya suka nunduk pelan2 spt org ngantuk,spt nggak kuat ngangkat, tp begitu sy deketin kepalanya ngangkat lg ky biasanya, kira2 knp ya dok? khwatir saya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas... burhan saya jga kayak gtu. nunduk pelan2, kyk g kuat ngangkat kepalanya, trs pas sya deketin kepalanya ngangkat sambil ketakutan gitu, spt burung yg trauma... :(

      Delete
  16. Burhanku kyanya positif kena tetelo ini :( makin parah, brusn q temuin udah trgletak dibawah.. Q kasih makan ngg mau, kepalanya turun trs, klo jalan smpoyongan ky mau jatuh gt sayapnya d buka, bs terbang pun natap mulu keplanya, q jejelin dimuntahin lg, alhasil cmn mnum yg bs q msukin pke pipet x_x mana d daerah rumahku sulit cari dokter hewan.. :'( duhh.. Gmn ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo barn owl memang ditujukkan untuk orang yang lebih berpengalaman miara barn owl mas. karena tingkat stress yang lebih tinggi.... :(

      sesegera mungkin dibawa ke dokter hewan...

      Delete
    2. Punya saya celepuk dok, skrg sdh mau makan, tp yg nmanya tetelo ngg ad obatnya kan ya.. Pling ngg dia msih bs survive, klo bs smpe selamat dr virus ini, mskipun kmungkinan brhasilnya1 banding 1000, fesesnya spt air tp ad padatnya, hitam gt, kemarin pagi sy liat fesesnya wrna kuning, skrg putih kapur sm padat hitam itu, cmn berair (mungkin krn kebnyakan sy kasih air madu), n smpe skrg msih nunduk mulu, cman kok makin galak ya, sering matuk tangan gt klo makan udh habis banyak (sekitar 10-15 jangkrik).. Smntara ini cmn q kasih air madu, mimyak jinten hitam, sm sering2 q jemur...

      Delete
    3. iya mas, bener kata mas. dan tetelo sebenernya masih bisa disembuhkan, tapi ya butuh waktu. saran saya mending bawa ke dokter hewan terdekat.... semangat terus mas. si errol burung hantu saya dulu pernah sekarat, tapi bisa bertahan... :)

      Delete
    4. Wah hebat dok, sakit apa si errol dok?, brusan si gembul (owl partner sy) muntahin makanannya dok, bnyk bener yg d kluarin :( jd prihatin + bingung.. Makin sering bersuara kalo d deketin, apa mgkin krn ksakitan ya.. Iya dok mungkin besok baru bisa antar ke dokter..

      Delete
    5. Waktu sekarat dokter ksih apa? Kok bisa selamat dok? :o

      Delete
    6. muntahnya muntahin apaan? kalo sisa makanan berupa bulu atau tulang dan sejenisnya, gak apa2. pokoknya liat muntahannya, kalo bisa colek dikit dengan ujung jari, lalu cium. kalo tidak berbau atau baunya seperti bau air, tidak masalah..... kalau amis atau berbau busuk, mungkin ada infeksi di pencernaannya mas... :)

      Delete
    7. Muntahannya jangkrik dok, tdk tercerna gt.. bkn pellet.. Sy ksih jangkrik lg, kluar lg dok.., kmrin mlam tetelonya parah dok, smpai ngg kuat brdiri, posisinya tidur gt, mgkn krn ngg kmasukan mknan, akhirnya sy ksih bubur susu untk bayi dok, smpet sy campur sm obat flu dok. Trs smpai skrg fesesnya warna kuning, putih n hijau, kdg kuning cair, putih sm hitam apa mgkin kna tetelo/ND yg nyerang pncernaan ya dok? Untk mknannya saat ini sy ksih bubur susu + madu, besok mw sy campur ayam dok, krn tdk kmsukan mknan berat, n pupnya cair trs dok, sy sodorin jangkrik cmn d gigit d paruhnya, trs d lepas dok.. Knp ya dok?

      Delete
    8. Mknan yg sy beri hnya jangkrik kok dok, tpi stelah mmuntahkn smua mknannya, 2 hari yg lalu, celepuk sy ngg mau mkn dok, cmn d gigit d paruh trs d lepaskan gt sj, smpai skrg dok, sy kasih dging ayam mentah jg gt, malah nyari2, trs matuk tangan saya dok, trpksa bubur susu + madu + ayam sy lnjutkan. Kalau 2 hri lalu ngg kuat berdiri, skrg sdh bs berdiri, mskipun kdg spt org lumpuh, cmn klo d dorong sedikit dy sprti mau jatuh, spt org pusing dok, klo feses kuning itu knp ya dok?, n bulunya banyak yg rontok pdhl sdh bulu smpurna, knp ya dok, apa mgkin setres?, trs klo kondisi spt ini sy mandikan sebelum saya jemur boleh tdk dok?, maaf bnyk tnya dok sy bingung soalnya..

      Delete
    9. agar lebih pasti, lebih baik bawa ke dokter hewan terdekat mas. saya tidak bisa memutuskan apa2 jika belum melihat langsung owlnya. kemungkinan memang ada masalah di pencernaannya.
      dan soal makanan, saya agak bingung sebenernya soal mas memberikan bubur susu kepada burung hantu. bubur susu jelas bukan makanan burung hantu, dan jelas membahayakan pencernaan burung hantu..... harap dijelaskan darimana mas mendapatkan info soal bubur susu untuk burung hantu.... :)

      Delete
    10. Memang tdk ad yg mnjelaskan dok, cuman krn tdk mau makan, jadi saya kasih bubur dok, saya ksih jangkrik dan daging ayam malah di buang dok, saya bingung diberi makan apa, krn sdh 2 hari ini dok, kalau tidak mau makan jangkrik dan ayam, lalu bubur membahayakan, apa ya dok makanan yg di anjurkan untuk si gembul?

      Delete
    11. tadinya, saya sendiri lebih menyarankan memancing insting buas si burung hantu dengan menaruh bayi tikus putih yang sedikit dilukai hingga darahnya keluar. dengan cara itu, semoga burung hantu tersebut bisa menerkam si bayi tikus putih yang bau darah.
      tapi kalau sudah kehilangan nafsu makan begini agak susah emang. bawa ke dokter hewan agar tahu lebih rinci apa masalahnya mas. saya sendiri tidak bisa memutuskan apa2 karena tidak melihat langsung owlnya.... :(

      Delete
    12. gak apa2, kalo mas mau bisa dicoba taruh bayi tikus putih yang agak dilukai hingga darahnya keluar, lalu taruh bayi tikus putih itu bersama owl-nya di kardus yang agak besar. tutup kardus itu dan biarkan selama beberapa menit, 25 atau 30 menit. Semoga bayi tiputnya dimakan... :)

      Delete
    13. Burungnya kelihatan sehat dok, cmn lbh galak dri sblm tergeletak lemas 3 hari lalu dok, lbh suka matuk2 tangan, klo soal kotorannya berwarna hijau cair n ada padatnya yg hitam itu dok, itu gmna ya dok?, sdh dri kmrin nggak nunduk2 lemas lg dok..
      ohh gt ya, sy coba deh dok :D

      Delete
    14. dicoba aja mas. semoga sembuh.
      kalo soal mematuk, yah, burung hantu emang burung pemburu, insting berburunya pasti ada terus di dia, sejinak apapun burung itu....

      semoga si gembul baik2 saja.... saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
    15. Sdh saya beri tiput, tanpa memberi luka, dan dimakan dok, cuman stlah sy tnggal 2 jam yg d makan hanya kepalanya saja dok, badannya masih utuh, jadi saya biarkan dulu sampai besok pagi dok, saya hanya siapkan airnya saja... Kalau bulu yang dicabutin smpai gundul bgaimana menumbuhkan lg ya dok?, dan fesesnya masih berair sampai sekarang dok, tapi ada putih2nya dan airnya sedikit kental spt lendir dok.. Sebelumnya hanya air encer dan padat warna hitam kehijau2an, setelah sy beri tetachlor, baru ada putih2nya dok, dan warna hijaunya sedikit pudar agak kekunin2an dok, itu knp ya dok?, mohon penjelasanya ya dokter.. Trims.. :)

      Delete
    16. iya, memang ada infeksi di pencernaannya. bagus kalau mas melanjutkan terus memberi makan dengan tikus putih. kalo udah dibawa ke dokter hewan, lanjutkan saja threatment dari dokter hewan tersebut mas..... sehat terus buat owlnya... :D

      Delete
    17. Memang boleh ya dok, klau d beri tiput trllu sering?, krn sdh mulai sy beri jangkrik lg dok, iya dok.. Aamiin.. :D

      Delete
    18. boleh2 aja untuk kasus2 tertentu, salahsatunya kasus mas ini... :)

      Delete
    19. Ooh gitu, baik dok,trimakasih pnjlasannya.. :)

      Delete
  17. Dok fira.. mau konsul lg dong.. heheehe
    haku udh mau belajar terbang, dia udh banyak ngepak2 sayap ny..
    yg saya mau tnya dok..kapan bisa dipasang angklet + jesse ny dok?? Soal ny saya coba pasang ehh bulu dikaki ny nempel ke angklet ny.. trus pas dicoba pake saya ny kasian kaya gk nyaman gtu.. kira2 kalo dipasang angklet gtu sekitar umur brp bln ya dok?? Makasih dok.fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, anklett-jesse bisa dipakai pada umur berapa saja. mulai dari umur 3 bulan atau 4 bulan lebih bagus. memang, awalnya burung hantu akan merasa tidak nyaman, tapi lama2 dia akan terbiasa.... :)

      Delete
  18. Dokter Fira alhamdulillah owi sekarang sudah sembuh :) sekarang makannya udah lahap n udah seperti biasanya. makasih y dok atas sarannya.. Errol dapat salam kenal dari owi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng owi akhirnya sudah sembuh. latih mbak si owi, cara melatih burung hantu bisa disearch di atas atau diklik di menu related post diatas... :D
      sehat terus owi... :D

      Delete
  19. kalau fesesnya cair tapi pas tadi matanya gak pejam gmana dok?

    ReplyDelete
  20. Permisi dok mau tanya lagi hehe, dari semalem celepuk saya ertwart susah makan :( padahal kemarin sore masih makan lahap bgt. Semalem cuma makan 3 ekor abis itu lgsg lompat ke perch lagi (saya ngasih makan masih FoF), pagi ini malah gk mau makan sama sekali. dia gigit jangkrik dari tangan saya terus dijatuhin lagi, saya suapin gk mau. Saya kasih jangkrik yang lain malah dia lompat balik ke perch. Kenapa ya dok kira"? oh iya FYI malem dia masih aktif, dan pupnya normal seperti biasa dok. Makasih sebelumnya dok fira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dipaksa, mungkin memang dia masih kenyang. saya kira, kalau pupnya masih normal dan tidak basah/berair dan mata si burung hantu tidak memejam terus menerus, mash bisa dikatakan sehat.... coba nanti sore beri makan lagi...

      Delete
    2. loh kalo basah berarti pertanda sakit kah dok? saya pikir kalo pup bermasalah gitu cair seperti pup ayam --' kemarin saya lihat sebelum saya isolasi ke ruangan kosong lagi (takutnya gk mau makan karena stress) pup emg agak basah dok, tapi gak sampe berair bgt. Doi udah hampir 2 hari ini saya masukin ruangan kosong seperti awal adopt. gak saya kasih makan lgsg seperti biasa tapi jangkriknya saya taruh dalam mangkok. dari 15-20 jangkrik yang saya sediain ampe tadi malem cuma dimakan 5-6 jangkrik doang dok. Gpp kah? :/

      Delete
    3. iya. burung hantu yang sehat biasanya fesesnya tidak terlalu basah, warnanya hitam dan ada putihnya dikit.
      untuk pemberian makanan lebih baik disodorkan ke mulutnya mas.
      kalo mau, mas bisa kasih pakan hidup ke dia, terutama bayi tikus putih. jangan lupa kasih nama dan sering2 dipanggil pake nama itu... jangan ragu buat konsultasi lagi... :)

      Delete
    4. errrr dok kalo banyakan putihnya dan hitame dikit kyk bentuk usus jangkrik, ato apalah dok pokok perbandingan hitam ama putih 1:3 dok.
      Saya kasih ke mulut dia gk mau makan dok, defend lg sekarang. Udah 5 hari mungkin saya diemin dikamar. Saya kasih jangkrik gk mau, awal adopt saya lempar jangkrik lgsg nerkam. ini saya tungguin diluar ruangan (pintu tutup, saya cuma pengen dengerin dari luar) gk ada suara dia terbang ato nerkam. Dia masih aktif" aja kyk normal tapi gk mau makan Kemarin sabtu udah beli tikus putih yang masih kecil, saya masukin kardus didalam ruangan kosong itu. terus ertwart saya tempatin dalam kardus (kardus gk ditutup) dia cuma ngliatin tikusnya lari" dalam kardus. semenit kemudian terbang lagi -_- Oh iya, masalah gk mau makan jangkrik. Saya gk tau sih dok dimakan ato enggak lebih tepate soalnya pertama saya letakin jangkrik" saya didalam mangkok. besoke saya cek gak kurang sama sekali -_- Terus saya pikir ertwart gk mau makan di mangkok. saya lepas aja semua jangkriknya dalam kamar :| besoke saya cek tengak tengok udah gk ada antara dimakan ertwart ato nyelinep keluar kamar masih menjadi misteri :/
      iya dok maaf kalo cerita banyak hehe

      Delete
    5. mas, di jawaban sebelumnya saya dah bilang jangan ditaruh di mangkok makanannya. mas sodorin ke depan paruhnya sampe dia sambar. kalau memang jangkrik udah disodorin tapi dia gak mau nyambar, coba pake potongan daging sapi yang masih ada darahnya (daging segar).
      saya harap, kalau emang mas gak mau nyodorin jangkrik atau daging ke mulut owlnya, jangan melihara owl ya mas. owl butuh kepercayaan kita agar dia bisa makan sendiri nantinya. butuh waktu panjang untuk ini, gak hanya waktu satu atau dua bulan, bisa jadi bertahun2 tergantung karakter owlnya.
      sekali lagi: kalau mas tidak mau menyodorkan makanan ke paruh owl, silakan jual aja owlnya ke orang yang lebih mengerti dan mau merawat owlnya dengan baik.... :)

      soal pemberian tikus putih, saya sudah bilang tikus putihnya dilukai dulu sampai ada darahnya. kalo bisa dibanting dulu sampe tikus putihnya pingsan, kemudian dipotong sampe ada darahnya.... :)

      Delete
    6. Iya dok maaf emang saya yang salah, soalnya kan dari beberapa hari yang lalu saya lgsg konsul kesini saya suapain jangkrik ke mulutnya, nyodorin ke paruhnya dia gak mau. Bahkan udah saya gonta ganti jangkrik tetep saya suapin ampe 10-15 menit cuma dia gigit terus dijatuhin lagi jangkriknya akhirnya saya nyerah dan nunggu beberapa waktu kemudian karena dokter dulu bilang mungkin masih kenyang. Ampe detik ini pun saya suapi masih gk mau dok, beda ama pas awal dulu lgsg mau nyambar, entah kenapa tiba" dia yang mulanya patuh n nurut jadi gak mau makan sekali dari tangan saya.
      oke dok, coba abis ini tikus putihnya saya potong bakal ada reaksi gak sama dia. makasih sebelumnya dok :)

      Delete
  21. bagaimana cara memberi minum burung hantu gan ? mohon bantuan nya ya gan
    makasih

    ReplyDelete
  22. mba fira saya mau nanya,saya punya burhan jenis celepuk masih anakan kira" usia(4-5 bulan),kemaren dia gemetar sehabis dikasih makan jangkrik padahal sebelumnya belum pernah seperti itu,apa ini gejala stres atau ada hal lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak sebab, bisa jadi karena stress atau masalah dipencernaannya. dikasih makan seberapa banyak? setelah itu bagaimana makannya? kalau setelah itu nafsu makannya normal, tidak masalah. tapi kalau setelah kejadian itu dia gak mau makan, saya takut pencernaannya luka.... lihat di fesesnya, apakah warnanya normal? ada bagian hitam dan bagian putihnya? saya tunggu...

      Delete
  23. saya kasih biasanya 5-7 jangkrik sih dok,tapi setelah itu normal kok,fesesnya berwarna hitam dan putih,tapi di laen waktu terkadang ada airnya sedikit..apa ini hal yg wajar dok?kalo bagaimana saya pelihara burhannya sendiri, saya taro di gudang tanpa diikat sih dok jd saya beri kebebasan agar tidak stres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bagus. kalau nafsu makannya masih bagus (sekitar 5 hingga 8 jangkrik setiap makan) dan fesesnya sesuai dengan yang mas sebutkan, saya kira dia masih sehat. saya salut soal menempatkan si owl di dalam kandang, bagus. memang seharusnya seperti itu.
      jangan lupa kasih nama, dan sering sebut namanya... salam dari errol... :)

      Delete
  24. saat itu saya pernah nemu celepuksaya ambil dan saya kasih nama egrid tetapi pada awal nya dia tidak bisa terbang saya beri pakan jangkrik.tetapi saya merasa owner paling beruntung karena pada malam hari saya memberikan aba aba dg peluit tapi begitu kaget nya saya si egrid udh bisa terbang saya tidakmenyangka tetapi si egrid gaklangsung kabur tetapi keesok kan hari nya saat saya beri pakan d luar ada kucing yg mendekat dan si egrid kabur karena kaget itulah pengalaman saya mempunyai celepuk tetapi yg ingin saya tanyakan kenapa burung hantu itu bisa terlatih satu malam saja mungkinudh di takdirkan he he he!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih anakan bisa saja terjadi mas. :)
      kalau sudah dewasa dan buas, bisa juga terjadi. seperti halnya kasus imprint pada musang, burung hantu pun bisa imprint ke pemiliknya.
      boleh tahu si egrid umur berapa mas? salam dari errol.. :)

      Delete
  25. Dok.. si haku koq bulu nya pada rontok ya, itu gpp kan??

    ReplyDelete
  26. Mbak fira klau si mellky(burung hantu saya) di beri daging kambing itu boleh tidak?

    ReplyDelete
  27. Mbak klau si errol punya mbak fira udh brapa tahun?

    ReplyDelete
  28. Fix, ertwart saya kena tetelo kyknya dok :( Kemarin sore saya lukain Tikus putih, saya letakin kardus sama erwart didalem ruangan kosong saya tinggal gak dimakan dok setelah saya cek 1 jam kemudian. Saya suapin jangkrik tetep kyk kemarin". Digigit terus dijatuhin lagi jangkriknya. Akhire jangkrik saya letakin kardus + sekalian ertwarnya. Pagi ini saya cek dia udah tergeletak dideket pintu kamar :(( Kepalanya nadep keatas terus, suaranya yang kemarin" masih seperti khas burhan malah kyk tercekik suaranya, Jalan sempoyongan n nabrak", terbang juga gk bisa, kyk kehilangan keseimbangan gitu. Saya suapin tetep gk mau, akhirnya ampe siang ini saya kasih air lewat pipet :( Saya harus gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih jelas sebenarnya bawa burung hantu tersebut ke dokter hewan terdekat mas agar tahu pasti apa penyebabnya..... fesesnya gimana? cair atau normal? tetelo pada burung hantu biasanya ditandai dengan feses yang agak berbau...

      Delete
  29. min kalo beli burung hantu harus sepasang ato seekor bisa?

    ReplyDelete
  30. Gan saya barusan beli owl celepuk terus saya taruh kerdus 3 jam buat adaptasi bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 3 jam kayaknya kelamaan. cukup 45 menit atau 1 jam aja... :)

      Delete
    2. dan kalo adaptasi, sebenarnya lebih bagus di taruh di ruangan tertutup, jangan kardus, taruh aja di gudang yang tertutup, burungnya jangan diikat.biarkan dia di situ selama 1 jam... :)

      Delete
  31. Mbak fira itu kan si mellky bru blajr trbang, kan sya taro d gudang atas kamar sya, lalu si mellky terjun bebas, terjunnya gk tinggi sih, tpi kakinya pincang, harus d gimanain tuh?
    Minta penjelasannya donk soalnya kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makannya masih bagus (rakus) biarin aja dulu mas.
      kalau 2 hari masih pincang dan nafsu makannya berkurang, mas bisa oles sedikit minyak gandapura atau GPU di bagian kakinya..... lebih baik sih saya anjurkan ke dokter hewan, tapi sementara pake minyak aja dlu.... :)
      saya tunggu kabar mellky selanjutnya. salam dari errol, katanya mellky harus cepat sembuh,,,, :)

      Delete
    2. Makanya sih meningkat, rakus banget malah, klau di beri jangkrik
      Berselang 1 jam dia minta makan lgi sma sya skrang dia udh gemuk hehe, tpi kakinya masih pincang :(
      Yaa salam juga dari mellky

      Delete
    3. coba oles aja minyak gandapura atau GPU. 2 kali sehari. cepet sembuh melky... :)

      Delete
  32. Dr.fira, si haku burhan saya bulu ny pada rontok nih, agak banyak sih... itu gmana atasi ny? Di biarin aj ap mungkin faktor bulu kapas ny copot atau gmana nih Dr.fira?? Tolong di bls ya dr.fira, soal ny saya cemas nihh sm si haku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok tolong bales dong, ditambah lagi skrg gk mau makan si haku.. tp kalo minum mau.. saya harus gmna nih dok? Tolong di bls

      Delete
    2. oh, gak apa2 mas.... kalo nafsu makannya masih bagus, gak masalah... :)
      maaf baru bales, saya baru posting artikel baru... sehat terus buat haku. ada salam dari errol. barusan dia abis nunjukkin tikus buruannya ke saya, terus langsung pergi lagi keluar.... sehat terus buat little haku... :)

      Delete
  33. Mbak fira knapa si mellky makannya lebih rakus daripada yang kemarin kemarin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dong mas?
      kakinya gimana? sembuh? coba mas beli tulang ikan sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga benar-benar halus (kayak bedak), taburkan ke jangkrik yang akan diberikan ke si melky.... treatment itu biar tulangnya melky kuat mas.... sehat terus little melky... :)

      Delete
    2. Kakinya lumayan sembuh
      Makasih infonya dok :D

      Delete
    3. alhamdulillah... :)
      sehat terus melky.. L(

      Delete
    4. Mbak si mellky udh bisa FTTF
      Tpi si mellky baru blajar terbang
      Boleh apa tidak si mellky melakukan FTTF?
      Sya gak nyangka si mellky bisa FTTF, Awalnya sih iseng-iseng aja sya kasih jarak satu meter ternyata si mellky bisa heran sya hehe

      Delete
    5. wah, bagus itu. gak apa2, dibiasain biar dia nantinya gak manja.... :D
      sehat terus buat melky... :D

      Delete
  34. Kaki burung hantu bisa berkembang gak dok salam dari Mace burhan ku untuk errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkembang seperti apa misalnya?? :)
      salam balik dr errol... :)

      Delete
    2. Bertambah menjadi agak besar gitu, soalnya dia agak stres dideketin geser trs pingin di perch tp aku bingung gitu makan sih oke feses juga oke

      Delete
    3. saya tidak mengerti bertambah agak besar tuh seperti apa. :)
      dia kelihatan kesakitan tidak? langkahnya pincang? kalau dia tidak kesakitan atau tidak pincang, selama makannya oke dah fesesnya oke, saya rasa masih sehat.... :)
      sehat terus buat Little Mace.... errol kirim salam lagi... :)

      Delete
    4. Bertambah gemuk gitu dok takutnya nanti klo diiket di perch kakinya gak bisa tumbuj dan nanti badannya besar kakinya kecil nanti gak seimbang. Mace tidak kesakitan kangkahnya juga gak pincang. Trs klo perchnya di dalem kamarku nanti klo feses gimana dan burung hantu itu sering feses gak???? Mace baru gak mau makan vitamin maunya jangkrik dan gak mau minum dia masih 2bln

      Delete
    5. gak apa2 berarti, kalau gak kesakitan dan nafsu makannya bagus, berarti masih sehat. :)

      semua hewan pasti fesesnya bau kok mas, apalagi hewan pemakan daging (carnivora), fesesnya lebih bau daripada hewan herbivora. kalo sering dibersihkan dan dibawah perchnya dialasi koran serta korannya sering diganti pasti gak bau...

      sementara kasih jangkrik aja dlu mas. harus rutin. sekali seminggu kasih bayi tikus putih atau daging sapi. lebih bagus sih kasih bayi tikus putih.... semoga sehat terus buat mace. tadi errol baru aja terbang keluar cari tikus sendiri... :)

      Delete
    6. Klo perch ukuran yang bagus brp atas dan bawah???, trs klo buat iketannya di web mana

      Delete
    7. Dok sm satu lagi dokter punya facebook gak namanya apa dan minta nomor hpnya ya dok

      Delete
    8. cara membuat perch bisa dibaca di cara membuat perch.

      soal facebook, saya lebih aktif di blog mas... facebook gak pernah diakses... :)

      Delete
    9. Kalau yang ngiket kakinya burung hantu itu dibuatnya gmn ya dan pakai apa ajah. Tolong jangan panggil saya mas saya masih sd kelas 5

      Delete
    10. Sm panjang dan tinggi perchnya berapa soalnya aku mau beli besok

      Delete
    11. sekira-kira aja... ukuran perch tidak mempengaruhi kesehatan burung hantu kok... :)
      equipt untuk mengikat kaki owl disebut lease, biasanya dijual di toko perlengkapan burung hantu atau elang. bisa juga dibeli di kaskus atau grup jual beli di facebook.... di-search: owl equipt

      Delete
    12. Aku mau cari dulu, klo di klaten mana ya dok

      Delete
    13. Dok kalo burhan gigit jari tandanya apa ya dok? Trs dirumahku klo perchnya di kamar ku gak boleh trs dokter pas di kamar bilangnya gimana

      Delete
    14. wajar kok kalau burung hantu sering ngegigit jari kita. saya punya teori kalau makin sering burung hantu gigit jari atau telinga kita pelan-pelan maka semakin mudah jinak si burung hantu. si errol sering banget ngegigit telinga saya. :)
      seperti yang saya ceritakan di artikel cara menjinakkan burung hantu, sebenarnya makin sering si burung hantu melihat kita sedang tertidur, maka makin mudah dia jinak. jadi perch saya sarankan ditaruh di kamar tidur. sering2 dibersihkan perchnya atau diberi alas berupa koran di bagian bawah perch.....

      Delete
    15. Dok si mace kepalanya muter ke atas menghadap kiblat gak mau makan padaal pagi 10 jangkrik mau tapi tadi 1 gak mau trs gak mau di tangkringan. Dok trs dia bulunya rontok 1 gimana ya dok. Padahal sudah ngerawat baik dok!! Gmn solusinya

      Delete
    16. kalo hanya 1 bulu rontok gak apa2, mas. gak usah panik.
      kalau pagi masih mau makan, nanti malam coba lagi kasih makan lagi... :)

      Delete
    17. Dok si mace masih gak mau makan berdirinya miring ke kiri trs tadi aku coba berdiriin badannya berat trs dia terbang-terbang tapi sama jalan gk terbang. Gmn solusinya dok taku Mace mati huuuuuhuu......

      Delete
    18. kalao saran saya sih mending bawa ke dokter hewan terdekat, bilang saja mau konsultasi sekalian cek kesehatan si Mace. takutnya kena tetelo saja. coba beri minum

      Delete
    19. Tetelo itu apa dok, dia jg gak mau minum sama Mace fesesna ijo cair

      Delete
    20. sepertinya ada infeksi di ususnya, kemungkinan infeksi bakteri.
      coba mas ke apotik terdekat, beli obat yang namanya amoxicillin. tumbuk hingga benar-benar halus, lalu campurkan ke air minumnya burung hantu. dosisnya seperempat sendok teh dengan 10 sendok makan air mineral. berikan air minum itu 2 kali sehari.... saya tunggu..

      Delete
    21. Inalillahi wainnailaihi rajiun Mace meninggal setelah saya rawat 1 minggu lebih 5 hari pada waktu kr-kr jam 1-6 diantaranya. Saya tidak ingin menyerah saya ingin mengembang biakan dan sekarang saya ingin merawat tyto alba piyik.. Sedihnya aku

      Delete
    22. selamat jalan mace :(
      kalo menurut saya, tyto alba malah lebih susah daripada celepuk mas. saran saya, mending adopt oriental bay owl..... tentang oriental bay owl bisa mas baca di jenis burung hantu dan cara memeliharanya.

      Delete
    23. Klo oriental bay owl itu lebih aktif dari pada celepuk gak, trs tempat belinya dimana klaten,jogja,solo

      Delete
    24. oriental bay owl malah lebih anteng dibandingkan celepuk. sebelum pelihara si errol dulu saya pelihara bay owl namanya Hubbo. Dia mati karena sudah tua. sempet bertelur juga, tapi gagal menetas... :)

      gak tahu deh kalo di jawa tengah dan timur, tapi kayaknya banyak di pasar hewan.... semoga dapet.. :)

      Delete
    25. Dok bantuin nyari bay owl dok di google tapi baby atau chick

      Delete
    26. silakan cari sendiri mas... saran saya mending beli di pasar hewan terdekat...

      Delete
    27. Mbedain bay owl jantan dan betina gmn y dok?? Selain sexing. Trs klo membeli burhan dari jarak yang jauh membuat masalah gak pd burhannya jawab ya dok sama apa masalahnya klo ada

      Delete
    28. ada. dengan cara operasi. tapi lumayan mahal.
      cara yang paling efektif dengan cara sexing. cara mengetahui jenis kelamin burung hantu dengan cara sexing bisa dilihat di cara sexing burung hantu

      Delete
    29. Klo gak ada kalung emas? Gmn dok.

      Delete
    30. bisa pakai pendulum perak atau kalung perak....

      Delete
  35. Dr.fira, si haku semenjak di taro perch nafsu makan ny berkurang nih.. solusi ny ap ya dr.fira??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih pakan hidup, bayi tikus putih yang belum berbulu oke... biasanya owl suka ama pakan hidup... :)

      Delete
    2. Dok, untuk pemberian pakan bayi tikus putih itu brpa hari? Apa 1 hari full pagi,siang,malam? Atau seminggu full? Trus untuk di berikan nya pakan bayi tikus putih pagi nya brp anak tikus?siang nya brpa? Malam nya brpa? Makasih dr.fira

      Delete
    3. kalau jenis celepuk, makanan utamanya cukup jangkrik kecuali saat kasus khusus misalnya saat si owl kurang nafsu makan atau hanya sebagai camilan/selingan. jika hanya untuk selingan, diberikan dua kali seminggu. cukup berikan sekali saja. misalnya hari rabu malam diberi sekali, lalu diberikan lagi minggu malam diberi sekali, masing2 satu ekor anak tikus...

      kalau buat haku, cukup diberi sebagai selingan saja mas... :)

      Delete
  36. Dok Apakah Burhan Jenis Celepuk Bisa Di Latih FTTF, JTTF dan FF??, Soalnya Mau Beli Takutnya Gk Bsa di Latih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis burung hantu bisa dilatih kok.
      cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel cara melatih burung hantu.

      Delete
  37. Dok Mau Nanya Nih Apakah Owl Jenis Celepuk Juga Bisa Di Latih JTTF, FTTF dan FF? soalnya mau beli takutnya Gk Bsa Di Latih Kyk gtuan...

    ReplyDelete
  38. Dok Mau Nanya Nih Apakah Owl Jenis Celepuk Juga Bisa Di Latih JTTF, FTTF dan FF? soalnya mau beli takutnya Gk Bsa Di Latih Kyk gtuan...

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. mau nanya nih dok..
    saya punya burung kicauan kenari, sikatan, manyar tapi pas saya ke pasar burung saya liat ada burhan celepuk ini dan saya pngin memeliharanya apakah nanti celepuk ini nntinya ngga nyerang kandang burung kicauannya?????
    terus saya kan masih ngekos dan apabila dtaruh di luar ngga enak sama anak lainnya, apakah tidak apa-apa kalo di taruh di kamar ukuran sekitar 3x3m dan apa tidak menularkan penyakit?????
    terus nanti kalo di taruh di perch kotorannya gmna yah?? apa ngga kemana2 menyebar di kamar terus ngga bau juga??
    terus si errol kalo malem dilepas apa nnti ngga dtangkep orang yah...
    maaf kalo kepanjangan hehe..
    yang terpenting menurut Anda apakah saya bisa memelihara si celepuk ini dengan kondisi seperti ini??
    dan yang terakhir apabila bisa kalo saya pulang ke rumah pake motor dibawanya pake apa yahhh???
    heheee terima kasih kalo mau menjawab. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama kandangnya dipisahkan (tidak satu kandang dengan burung kicau) tidak akan menyerang kok...
      saya juga dulu awal2 pelihara burung hantu saya, si errol, di kosan mas. selama dijaga kebersihannya, gak apa2 kok. rajin2 aja ngebersihin kotoran dll-nya... kalo si errol sih sudah saya latih agar dia terbang agak tinggi. yah agak takut juga sih kadang ditangkep, tapi rata2 orang komplek tahu kalo si errol milik saya. dulu juga si errol sempet nabrak pohon pas terbang, eh ada yang anter ke rumah saya... :)

      Delete
    2. oh gitu yah itu tali pengikat di perchnya kalo pendek apa ngga pa" yah?? takut kotorannya ke karpet sama kasurnya..
      terus brarti bawah perchnya pake alas apa yah biar bersihinnya gampang??
      terus satu lagi nih dok kalo anak kosan itu kan ada istilah mudik lha itu bawanya pake apa yah biar ngga stress soalnya pake motor juga..
      terima kasih atas jawabannya :)

      Delete
    3. iya, perch-nya diksih alas koran aja mas... beberapa hari diikat gak apa2.
      kalo masnya mudik, mas bisa bawa pake motor. masukkin dus aja sementara di motor... :)
      salam...

      Delete
    4. terima kasih dok jawabannya.. :)
      mau tanya lagi hehe
      kalo kamarnya pake pengharum ruangan yang digantung boleh ngga??
      terus kalo cuman bawahnya alas koran/ember penyangga perch di semprot pake pewangi boleh juga atau ngga??
      terus yang terakhir minumnya pake sedotan seberapa yah?? kayanya di kasih minum ngga sampe 1 sedotan penuh tapi kok pupnya kayanya tmbah encer...
      ^_^

      Delete
    5. kalo pengharum gantung masih boleh. kalo yang semprot sebaiknya jangan...
      pakein alas koran malah disarankan mas...
      diberi minum sampai dia gak mau minum lagi....3 atau 4 kali pemberian minum.... :)

      Delete
  41. Alhamdulillah dok Ertwart udah sembuh setelah dikasih obat "Anti Saraf" :D sekarang udah balik normal lagi hehe.
    Oh iya mau tanya dok cara ngelatih burung hantu biar bisa JTTF gmn ya? udah sebulan lebih cuma bisa FoF ertwart. Saya kasih agak jauhan jangkriknya dia cuma nyoba nangkap jangkriknya tp gak beranjak dari tempat. Cuma kepalanya aja yang maju, tapi dia tetep di tempat -_- Kira" gimana ya ngelatih dia? Makasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. latih saat dia sedang lapar. biasanya dia lebih atraktif saat dilatih, bisa lebih cepat terbang ke makanannya... :)

      Delete
  42. Dok Kira" Ngejinakin Celepuk Kira" Brp Hari yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung gimana karakter burung hantunya.... kalo yang kalem kira2 2 hingga 3 minggu. kalau yang karakternya keras, bisa sampe 1 atau 2 bulan.....

      tapi semua burung hantu pasti bisa dijinakkan... cara menjinakkan burung hantu bisa dibaca di cara menjinakkan burung hantu.

      Delete
  43. Dok Kira" Ngejinakin Celepuk Kira" Brp Hari yaa??

    ReplyDelete
  44. Dok, punya kenalan atau tmpat yg jual bubo chick gk dok? Mau nambah lg nih dok.. buat temenin si haku.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas cari di grup jual beli owl di facebook... biasanya banyak... :)

      Delete
  45. Dok, saya udh coba dok cara membedakan jantan / betina pake bandul gtu... nahh koq si haku gk ngerespon gtu ya dok?? Malah ngeliatin jari saya aj.. haha trus gmn dong tuhh dok?? Jantan ap betina?? Heheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diam saja, kemungkinan jantan.
      tapi nanti coba aja lagi, 2x percobaan lagi.... lakukan pada hari yang beda. misalnya hari ini sama besok... :)

      Delete
  46. selamat siang dr fira.
    saya faustine. kmrin saya baru adopt celepuk. tapi saya pikir itu javan scops owl,ternyata kok lebih mirip sunda scops owl. kira2 apa perbedaan keduanya ya?
    trus saya mau menanyakan masalah umur. kata abangnya, umur celepuk saya baru 3 bulan. tapi kok dia sudah bisa terbang dan sering menabrak tembok? tapi hari ini terbangnya lebih stabil. apakah dia ini juve awal atau malah sudah mature? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak faustine.
      sunda scoops lebih besar postur tubuhnya dibanding javan scoop. bagian wahag sunda scoops juga lebih putih/terang dibanding javan scoops. iris mata sunda scoop biasanya coklat atau oren.
      burung hantu mulai belajar terbang antara umur 2 hingga 3 bulan. jadi wajar kalau owl umur segitu masih "nabrak2".... kalau memang dia masih terbang nabrak2, sepertinya dia umur chick akhir atau mendekati early adult.... :)

      Delete
  47. terima kasih dr fira atas jawabannya. sepertinya memang sunda scoops. tapi masih mudah untuk dijinakkan kah umur segini? namanya owly. dia masih suka terbang ke langit2 kamar dan nabrak2 tembok,ventilasi,dsb. tapi hari ini, dia sudah jarang menabrak. dia sudah bisa hinggap. dr kmrin dia ga mau makan. tapi td disodorkan jangkrik ditusuk lidi, dia mau makan 6 biji. soalnya dia tinggi bngt skrng. pemberian makan lewat tangan belum bisa. sayanya ga sampai. apakah gpp seperti ini dlu? kira2 untuk celepuk umur segini, sudah bolehkah dikasih daging sapi? harus daging sapi yg seperti apa?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, lebih baik mbak kasih makan disuapi langsung dr tangan agar dia mengenal "aroma tangan" mbak..... daging sapi boleh saja, dicincang saja kecil2 lalu disuapi. emang ditaruh dimana si owly, mbak? kok bisa tidak terjangkau? cara lengkap menjinakkan burung hantu bisa mbak baca di artikel saya menjinakkan burung hantu.

      salam kenal dari errol buat owly ya..... dah lama dia gak ketemu bangsa celepuk lagi, hehehehe.... :D

      Delete
  48. owlynya ditaruh dikamar. tapi skrng dia ada di atas kipas gantung yg sudah mati. makanya saya ga bisa menjangkaunya. hiks. nanti saya coba turunkan dia. apa pengaruh dia baru bisa terbang makanya dia diatas terus ya?
    salam kenal juga errol. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngaruh kok. coba aja ambil pakai kursi atau meja. kalau ada daging segar (yang masih berdarah), bisa dipancing pake daging segar..... :D

      Delete
  49. mba dokter burung celepuk saya kok di sekitar alis matanya bengkak merah gt yaa..itu knapa mba dokter? di pupil matanya jg kaya sedikit ada lendirnya.. tp makan msh mau, agresif jg,,, saya beli pas udah bsr soalnya sengaja tkt mati kaya yaang dulu lg :'(..
    Tolong infoin ya mba Dokter knapa Burung saya.. Kasian liatnya gak tega :'( pleasee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makan masih mau, coba diobservasi lagi 5 hari lagi. kalau masih kayak gitu juga, lapor lagi ke blog ini ya mas... saya tunggu... :)

      Delete
    2. tp td pagi saya kasih mkan gk mau lg mba.. cba saya masukin d muntahin lg.. tp msh agresif

      Delete
    3. biar aman, coba mas ke apotik, beli amoxicillin tablet. potong jadi 4 amoxicillinnya, tumbuk sampe halus, lalu taruh di wadah kecil, dan beri 6 sendok makan air matang (air mineral). minumkan 2x sehari.....

      Delete
    4. Ok dok saya coba yaa..
      tp beneran kan nanti gak mati klo d minumin obat itu,, kasian burungnya

      Delete
    5. obat yang saya berikan tadi hanya untuk mengobati infeksi pada matanya. saya bukan superhero yang bisa mengobati hewan tanpa melihat hewannya langsung, mas. kalau saja mas mau kasih foto feses hewannya dan menuruti perintah saya untuk mengobservasi terlebih dahulu, itu lebih baik.....

      Delete
    6. saya kirim d hangouts mba potonya..
      bingung upload potonya hee

      Delete
  50. dok, owly kabur lewat jendela. ada cara ga supaya owly bisa balik lg? krna memang terbangnya belum lancar. untung ga dipakaikan equipment apa2 dok. saya sedih bngt. krna dekat rumah saya banyak pepohonan yg mungkin menurut owly memang habitatnya. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bisa kabur? :(
      coba aja lihat di pepohonan di luar, mungkin dia belum jauh.... dan semoga ketemu... :(

      Delete
  51. aku sekeluarga udah cari dikebun,ga ada. semoga dia balik lagi. kalaupun dia ga balik,semoga ga kenapa2. jendela kamarku kebuka dok. dan owly kabur. padahal seingat saya tadi jendelanya ketutup. 10 tahun yg lalu, nenek saya juga pernah nangkep burung hantu kecil kembar. ditaro dikandang. bsknya udah ga ada. apa burung hantu punya kemampuan untuk mengamati sehingga bisa buka sendiri dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap burung hantu memiliki karakter unik sendiri2, sama seperti kita manusia. ada yang manut dengan ownernya, ada yang keras kepala, ada yang cerdik, dan lain sebagainya. tapi kalau saya lihat sih sebenernya ada faktor lain kenapa si owly kabur.
      keluarga saya (yang mayoritas memelihara burung pemburu) percaya kalau semua jenis burung pemburu (termasuk burung hantu) bisa membaca pikiran kita. dan aura mereka bisa terkoneksi dengan aura kita. mungkin kalau mbak pernah denger soal chakra? saya pernah menulis tentang musang buas dan galak yang bisa jinak sendiri tanpa kita latih di artikel tentang imprint pada musang. begitu juga dengan burung hantu. mereka bisa imprint dengan kita. nah kaitannya dengan si owly yang kabur mungkin dia masih terikat secara chakra ke induknya, karena itulah dia kabur. kalau menurut logika saya, owl yang baru belajar terbang pasti tidak akan jauh2 terbangnya. kalau memang kabur, pasti masih bisa ditemukan di sekitar rumah (disesemakan, pohon2an, pagar, dll) kecuali kalau memang owl tersebut "dibimbing" oleh chakra induknya.... :)

      maaf agak sedikit berbau metafisik, hahahaha. saya sering menjinakkan hewan dengan pendekatan seperti itu soalnya. makanya, selain mempelajari ilmu kedokteran (baca: ilmu eksak), saya juga sering meditasi buat memperkuat chakra saya agar bisa berhubungan dengan hewan yang saya periksa.....
      semoga owly cepet ketemu atau setidaknya dia sehat di luar sana...

      Delete
  52. dok saya punya celepuk masih chick saya taruh dikandang mantan B.O saya yang skg escape.klo ngasih minum celepuknya pake pipepet apakah tidak apapa?

    ReplyDelete
  53. Permisi mau tanya ...
    ceritanya gini kemarin minggu pagi nih ane jemur tuh celepuk ane trus agak lumayan lama sih ane angkat deh ke tempat yang gak kena sinar matahari lah truss tiba² kakinya kayak kram gitu dan terbangnya pun miring² tp cuman beberapa saat aja itu kenapa ya?
    trus solusinya gimana ??
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa lama mas menjemur burung hantunya?? gak kelamaan??
      coba mas cek artikel ciri burung hantu kepanasan, apakah ada tanda-tandanya di atas.....

      selain itu, cek juga nafsu makannya. kalo dia tetap rakus, saya kira sehat2 aja... :)

      Delete
    2. 10 menitan dok itupun sinar mataharinya gak terlalu panas soalnya sekitar jam 6'an
      kalo soal makan sih alhamdulilah lancar, :)

      Delete
    3. mas beli tulang sotong di tukang makanan burung, tumbuk hingga benar2 halus, taburkan di makanannya, dan berikan. lakukan tiap minggu sekali... sehat terus... :D

      Delete
    4. Wah apa lagi tuh baru tau :D
      terima kasih dok , mohon maaf kalo postingan dan komentar saya yang kurang sopan
      dan Salam juga buat si errol :D

      Delete
  54. dok fira...
    klo celepuk kena pnyakit tetelo itu gmna ??
    kasih saran dok... :(
    hbya engga pnykt tetelo utk manusia??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetelo itu penyakit unggas, tidak berbahaya untuk manusia...
      celepuk yang kena tetelo sebaiknya dibawa ke dokter hewan terdekat untuk dirawat. hal ini karena penyakit tetelo sebaiknya ditangani oleh ahlinya. :)

      Delete
  55. Saya mau beli celepuk, tdi ad satu ekor, bsk saya fotoin, n bisa dikomentari sehat atau gak, n bsa jinak atau gak??boleh dok?

    ReplyDelete
  56. cara ngasih minumnya gmn dok?kpn aja waktunya?brp kali sehari,,?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memberi minum burung hantu yang bisa mas dimas search di menu cari artikel di atas....

      Delete
  57. Mas.mbak saya saya mau nanya?..... Saya kan pnya burhan celepuk baru 3 minggu beli kondisi masih kapas masih kecil pertama 3-4 hari mau makan saya kasih terus hbis itu saya kasih minum tapi burhan saya gk mau makan sampai sekarang pun burhan saya gk mau makan saya takut mati mas.mbak udh saya kasih air putih seperti saran artikel di atas mohon saran yha mas.mbak kelihatanya burhan saya stres+sakit mohon bantuanya mbak.mas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia terlihat murung? matanya sering tertutup?
      kalau siang memang dia lebih sering tidur, meski kalau disodori dia tetep 'nyaplok'. coba beri makan di malam hari. cek juga fesesnya, warna dan bentuknya kasih tahu ke saya....

      Delete
  58. Salam.. Dok. Fira mw konsultasi.. Kira2 si burhan bisa dilepas jika sudah berumur brapa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dilepas gimana? tidak dipasangi anklett-jesse lagi maksudnya? kalau saran saya sih mending tidak usah dipasangi anklett jesse (ikatan kaki khas burung hantu). ditaruh sama di ruangan tertutup dengan perchnya (tangkringannya). mas bisa baca artikel cara menjinakkan burung hantu, cari di menu search diatas... bisa juga baca2 mengenai hal yang salah dalam menjinakkan burung hantu. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.