Cara Memelihara Kucing Hutan | Drh. Fira Sovica

Tips

cara memelihara kucing hutan

ini ditujukan untuk mereka yang sudah terlanjur membeli atau memelihara kucing hutan dari sejak lama. Kucing hutan sudah termasuk hewan dilindungi menurut Undang-Undang Indonesia, dan segala aktifitas jual, beli, pemburuan, dan pembunuhan kucing hutan bisa termasuk tindakan pidana. Di pasar hewan sendiri sebenarnya masih banyak kucing hutan yang diperjualbelikan secara bebas. Dan harga kucing hutan di pasar hewan tersebut bisa dilihat di artikel harga kucing hutan.
Bagi anda yang terlanjur memelihara kucing hutan, kali ini saya ingin berbagi tips cara memelihara kucing hutan yang baik dan benar. Bagaimana

cara memelihara kucing hutan

? Ini dia tips dan triknya


1. dibanding kucing biasa, kucing hutan lebih rentan sakit dan lebih rapuh daya tahannya.
apalagi jika menilik beberapa kasus, kucing hutan rentan terkena distemper. sebaiknya anda memiliki nomor kontak dokter hewan terdekat untuk menjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. saat kucing hutan sampai di rumah, tempatkan kucing tersebut dalam kandang di dalam ruangan yang sepi, biarkan dia adaptasi dulu.
seperti halnya memelihara sugar glider, akan lebih baik jika kandang dialasi dengan kaus bekas pakai agar kucing mengenali bau tubuh anda. biarkan kucing selama 1 x 24 jam dalam ruangan isolasi hingga ia tenang, beri air madu selama di ruangan isolasi.

3. makanan bisa berupa daging ayam rebus atau wetfood (makanan kucing basah)
Pemberian daging juga masih sangat disarankan. Hal ini dikarenakan kucing hutan hasil tangkapan liar yang diberikan wetfood kadang mengalami masalah pencernaan yang mengakibatkan kematian. tentu saja, ini berkaitan dengan resiko memelihara kucing hutan. sekali lagi, jika anda merasa tidak siap untuk mengambil resiko, sangat disarankan untuk tidak mengadopsi kucing hutan.

4. mandikan kucing hutan minimal 2 minggu sekali.
cukup pakai sampo khusus untuk kucing dan pakai air hangat kuku untuk memandikannya. tempatkan campuran air dan sampo kucing di bak setinggi setengah kaki kucingnya, lalu masukkin kucing ke dalamnya. basahi semua anggota badan, gosok perlahan dengan tangan, lalu bilas dengan air hangat kuku. tiriskan dan keringkan bulu kucing dengan blower.

Demikian

cara memelihara kucing hutan

. diharapkan artikel ini dapat membantu owner yang sudah lama memiliki kucing hutan. sekali lagi saya tegaskan bahwa kucing hutan sudah termasuk dilindungi, dan pemeliharaannya harus dengan izin BKSDA setempat.

250 Responses to "Cara Memelihara Kucing Hutan"

«Oldest   ‹Older   1001 – 250 of 250
«Oldest ‹Older   1001 – 250 of 250   Newer› Newest»

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.