Cara Memelihara Kucing Hutan | Drh. Fira Sovica

Tips

cara memelihara kucing hutan

ini ditujukan untuk mereka yang sudah terlanjur membeli atau memelihara kucing hutan dari sejak lama. Kucing hutan sudah termasuk hewan dilindungi menurut Undang-Undang Indonesia, dan segala aktifitas jual, beli, pemburuan, dan pembunuhan kucing hutan bisa termasuk tindakan pidana. Di pasar hewan sendiri sebenarnya masih banyak kucing hutan yang diperjualbelikan secara bebas. Dan harga kucing hutan di pasar hewan tersebut bisa dilihat di artikel harga kucing hutan.
Bagi anda yang terlanjur memelihara kucing hutan, kali ini saya ingin berbagi tips cara memelihara kucing hutan yang baik dan benar. Bagaimana

cara memelihara kucing hutan

? Ini dia tips dan triknya


1. dibanding kucing biasa, kucing hutan lebih rentan sakit dan lebih rapuh daya tahannya.
apalagi jika menilik beberapa kasus, kucing hutan rentan terkena distemper. sebaiknya anda memiliki nomor kontak dokter hewan terdekat untuk menjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. saat kucing hutan sampai di rumah, tempatkan kucing tersebut dalam kandang di dalam ruangan yang sepi, biarkan dia adaptasi dulu.
seperti halnya memelihara sugar glider, akan lebih baik jika kandang dialasi dengan kaus bekas pakai agar kucing mengenali bau tubuh anda. biarkan kucing selama 1 x 24 jam dalam ruangan isolasi hingga ia tenang, beri air madu selama di ruangan isolasi.

3. makanan bisa berupa daging ayam rebus atau wetfood (makanan kucing basah)
Pemberian daging juga masih sangat disarankan. Hal ini dikarenakan kucing hutan hasil tangkapan liar yang diberikan wetfood kadang mengalami masalah pencernaan yang mengakibatkan kematian. tentu saja, ini berkaitan dengan resiko memelihara kucing hutan. sekali lagi, jika anda merasa tidak siap untuk mengambil resiko, sangat disarankan untuk tidak mengadopsi kucing hutan.

4. mandikan kucing hutan minimal 2 minggu sekali.
cukup pakai sampo khusus untuk kucing dan pakai air hangat kuku untuk memandikannya. tempatkan campuran air dan sampo kucing di bak setinggi setengah kaki kucingnya, lalu masukkin kucing ke dalamnya. basahi semua anggota badan, gosok perlahan dengan tangan, lalu bilas dengan air hangat kuku. tiriskan dan keringkan bulu kucing dengan blower.

Demikian

cara memelihara kucing hutan

. diharapkan artikel ini dapat membantu owner yang sudah lama memiliki kucing hutan. sekali lagi saya tegaskan bahwa kucing hutan sudah termasuk dilindungi, dan pemeliharaannya harus dengan izin BKSDA setempat.

250 Responses to "Cara Memelihara Kucing Hutan"

  1. vaksin harus dilakukan oleh dokter hewan. jangan disuntik vaksin sendiri, mas.

    gak apa2, bawa aja ke dokter hewan, mas. atau gini aja: mas dateng dulu ke dokter hewan, nanya dulu apakah bisa vaksin kucing hutan di situ. kalo boleh, baru mas bawa kucingnya ke sana... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dokter fira nama saya bib.. saya kebingungan dengan usia kucing htan saya,, mata nya sdh terbuka tapi kupingnya baru terbuka setengah..itu umurnya brp dok? kalau 1 jam stlah saya kasih susu di a trbngun dr tdur dan ngeong2 lg itu knp dok ? apakah perlu vaksin dengan kndisi kucing hutan yg sdh sya gmbarkan di atas ?

      Delete
    2. wajar kok mas.
      fesesnya gimana?

      vaksin mending langsung ke dokter hewan aja mas...

      jenis susunya apa mas?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Sebagai saran dan masukan saya aja semoga bermamfaat. Bagi yang belum berpengalaman jika mau mengadopsi kucing hutan disarankan yang sudah berumur 4 bulan ke atas, karena kucing hutan yang dibawah umur 4 bulan butuh perawatan khusus soal pemberian susu, suhu ruangan dan memandikannya, tentang pemberian susu hendaknya diberikan susu yang pas dengan pencernaan sikucing dan hendaknya konsultasikan dulu ke dokter hewan, lalu tentang suhu ruangan hendaklah selalu berada disuhu ruangan yang sejuk, hangat yang jadi permasalahan jika hujan biasanya suhu ruangan bakalan turun dan menyebabkan dingin. dan tentang memandikan sikucing yang masih bayi harus orang yang sudah berpengamanan agar sikucing tidak mengalami stres, kan biasanya klo sibayi bersama induknya cuman dijilati sama induk. jika sudah berumur 6 bulan keatas bisa dikasih daging mentah dan ikan segar untuk protein sikucing, tolong jngn campur dengan nasi dulu agar tidak mengalami masalah pencernaan, soalnya sifat alami kucing hutan makan daging, dan kaliang jangan takut jika kucing hutan bakalan jadi liar karena itu sudah sifat alami dari kucing hutan dan jangan terlalu sering meletakkan kucing dalam ruangan yang terang dan ramai karna dapat menyebabkan kucing hutan mengalami stres karna tidak berada dihabitat aslinya. Catatan saya bagi yang mengadopsi kucing hutan kalian perlu kesabaran, Dan jika bisa jangan kalian lakukan perkawinan silang, karna anak yang lahir biasanya cuman berumur pendek karena tidak kecocokan genetik. Jika Kalian Yang mengadopsi kucing hutan dengan sungguh sungguh, insa'aalah kucing hutan akan jinak tetapi saya berani jamin kucing hutan tidak akan sejinak kucing kucing lainnya. Sekian Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya berterima kasih banyak atas sarannya, mas. berpengalaman pelihara kucing hutan juga mas?

      kalo iya, sering2 aja sharing knowledge di blog ini. saya tunggu tulisan2 mas selanjutnya (y)

      Delete
  4. dokter lebih tau dari pada kita ..
    karna dokter sudah belajar masalh hewan.
    saya salut kepada dokter yang satu ini
    sabar sekali, saya sudah baca dari awal hingga akhir ☺��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga, mbak. saya mungkin tahu teorinya, apa yang harus dilakukan. tapi tetep aja, kadang teori kan gak sesuai sama kasus real di lapangan... jadi saya kadang minta penunjang berupa foto atau sampe feses (tahi) hewan yang sakit... :)

      Delete
  5. tanya donk? kh emang berisik ya? umur 2bln lebih,makan mau minum dikit..ada yang salah ga ya? thanks

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Dok kh saya makan ati sama ayam doyan bgt, saya mau ganti panggan sama mix sama proplan atau rc, menurut dokter gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena komentar mas kelewatan... :(

      boleh aja pake catfood, mas. tapi pilih yang basah (wetfood)..

      Delete
  8. kh plng bagus diadopsi umur dibawah 1bln... kalo diadosi setelah bisa makan sendiri sgt sulit untuk jinak karena kh menganut system one man bonding hihi, perawatanya mudah kok susu beli aja susu kucing kasih setiap 2 jam (nyusuinya dari samping ya... kalo mau ngajarin makan blender aja hati ayam campur susu masukan ke dot :D kalo dah mulai tumbuh gigi mulai kasih hati ayam rebus....susahnya kalo dah besar... makanya byk jd harus siapkan finansial dan luangkan waktu untuk berinteraksi (y)salam dari bwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, terima kasih atas sharing knowledge-nya, mbak. :D
      omong-omong, mbaknya pelihara KH juga?

      sebenernya balik lagi ke karakter atau watak asli kucing hutan itu sendiri sih mbak, karena ada yang emang wataknya keras (susah dijinakkan), ada juga yang emang berkarakter lembut (lebih mudah dijinakkan)...

      kalau susu kucing juga sebenernya gak semua kucing hutan cocok dengan susu. ada juga yang emang sistem pencernaannya kurang bisa menerima laktosa.... :)

      tapi, sekali lagi, terima kasih atas sharing knowledgenya di blog ini. Ditunggu sharing knowledge selanjutnya ya mbak

      Delete
  9. Sekedar sharing aja ya kita sama2 belajar..
    Untuk kh tolong jangan dberi makan nasi atau catfood karna g cocok untuk pencernaannya..
    Baiknya full daging..klo merasa mahal bisa kok makan kepala ayam sama ceker ayam aja.. sekilonya 10k
    Sebaiknya rutin dberi obat cacing 2bulan sekali ya...

    Sekedar info buat bu dokter, dok kh saya udah umur 1tahun 4 bulan ni..alhamdulillah sehat2 aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, terima kasih banyak buat sharing knowledge-nya. Iya, di artikel di atas pun saya sudah tegaskan bahwa makanan utama kucing hutan adalah daging. :)

      mbak bisa terus sharing knowledge di blog ini. saya tunggu. :)

      Delete
  10. Halo dok. Saya punya KH yg masih kecil,tapi saya gak tau usianya karena KH ini kesasar keluar dari hutan terus masuk pemukiman. Kira2 untuk makannya dikasih apa ya dok? Kalo mau dikasih susu khusus anak kucing saya bingung juga soalnya lokasi tempat saya skarang ini jauh dari kota yg ada petshop yg lengkap. KH ini sengaja mau saya pelihara karena saya kasian,disini KH banyak diburu buat dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya: MAKANAN KUCING HUTAN.
      jangan dikasih susu, mas... :)

      kabari lagi

      Delete
  11. Dok... saya udh 2 hari adops kh yang masih belum melek. Minum'a gada masalah saya kasih susu dencow stiap 3-4 jam sekali.. tpi pup nya mencet warna kuning.. kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan. Dikasih. Susu.
      Nggak bagus buat sistem pencernaannya.

      soal makanannya, mending kasih wetfood (makanan kucing yang basah). beli di toko makanan kucing.

      sekali lagi, jangan dikasih susu. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu khusus anak kucing...

      Delete
  12. Seharian ini udah saya ganti pake susu khusus anak kucing.. tpi dia belum pup lagi dari mlm kmarin..
    Memang nya umur di bawah 1bln sudah boleh di kasih makan? Sepertinya belum tumbuh gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja :)
      kasih aja bubur bayi promina, mas...

      Delete
  13. Dok bayi KH saya baru berusia 2minggu cuma di kasih susu khusus kucing saja sepertinya dia tidak pup cuma kencing saja. Normal kah??
    Apa boleh di kasih promina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk susunya sih udah oke.
      untuk makanan bayi kucing hutan, mas bisa kasih wetfood (makanan kucing yang basah), beli aja di toko makanan kucing...

      selain itu, untuk referensi, mas bisa baca artikel saya MAKANAN KUCING HUTAN.

      Delete
  14. Dok saya mau tanya, saya baru saja adopsi KH selama 2 minggu, sebelumnya KH nya diberi susu kambing sama yg punya, setelah saya adopsi KH nya saya kasih susu khusus kucing, tapi KHnya malah mencret, sampai saat ini menurut saya keadaan nya baik" saja walaupun dia mencret krna saya lihat dia masih aktif dan masih sangat kuat dot susu khusus kucing nya, tp saya takut ada masalah utk selanjutnya, jd seharusnya saya kembalikan ke susu kambing saja atau tetap gunakan susu khusus kucing nya ya dok,? Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Dok saya mau tanya, saya baru saja adopsi KH selama 2 minggu, kini usianya baru 1.5bulan.sebelumnya KH nya diberi susu kambing sama yg punya, setelah saya adopsi KH nya saya kasih susu khusus kucing, tapi KHnya malah mencret, sampai saat ini menurut saya keadaan nya baik" saja walaupun dia mencret krna saya lihat dia masih aktif dan masih sangat kuat dot susu khusus kucing nya, tp saya takut ada masalah utk selanjutnya, jd seharusnya saya kembalikan ke susu kambing saja atau tetap gunakan susu khusus kucing nya ya dok,? Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Dok.. kh saya umuran 1.5 dia baru 1 minggu saya adopt. Kata pemilik pertama dia normal2 aja minum susu dari dot/spet cuma blm d kasih makan.. tpi di tempat saya dia gk mau nyusu sama skali jadi harus saya paksa terus .saya coba kasih makan daging mentah, dging rebus, lele, wetfod tetep aja dia gk mau sama sekali gk buka mulut..
    Ini udah 1 minggu. Gimana ya dok?? Kasian dia jadi kurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing hutan umur segitu emang sangat rentan pencernaannya... :(
      anakan kucing hutan masuk di artikel DAFTAR HEWAN PELIHARAAN GAMPANG MATI, mbak...

      aktifitasnya sendiri gimana? dia masuk aktif? gerak2 kesana kemari? atau cuma diem aja?

      saran saya coba kasih wetfood aja. wetfood khusus kitten. dikit2 aja suapin ke mulutnya.

      mbak kasih susu apa?
      coba kasih susu yang khusus anak kucing. minimal, kasih susu non laktosa kayak SGM LLM non laktosa...

      fesesnya gimana? mencret? bisa kirim gambar fesesnya kemari?

      Delete
  17. Salam dok saya melihara nih kucing tapi anehnya dari awal dipelihara samape sekarang gak mau makan.. padahal sudah dibeliin catfood, ikan, sama ayam.. masih aja gak mau makan terus dia meong2 terus kenapa ya donk?

    ReplyDelete
  18. Salam dok. Saya mau nannya saya merawat kucing hutan tapi anehnya dia gak mau makan sama sekali kenapa ya dok padahal sudah saya beliin ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. umurnya pasti masih anakan, bener?

      coba mas baca artikel saya MAKANAN KUCING HUTAN.

      untuk makanannya, kasih daging emprit mentah aja. burung emprit atau burung puyuh mas potong, siangin, ambil dagingnya aja, terus kasih ke dia...

      fesesnya mencret?

      Delete
  19. Susu nya saya kasih susu kucing. Udh coba kasih wetfood tetep aja gk mau. Dia gk mau buka mulut dok.. masukin susu juga saya tetes tetesin..aktifitasnya kalau di kandangin dia diem tapi kalau di lepas d dlm rumah dia aktif manjat manjat..
    Fasesnya sepertinya mencret karna setiap saya bersihin kandang cuma nemu cairan kuning aga kental..
    Gimana ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba untuk makanannya, kasih daging emprit mentah aja. burung emprit atau burung puyuh mas potong, siangin, ambil dagingnya aja, cacah halus, terus kasih ke dia...

      ini kucing hutannya hasil tangkapan liar ya mas?
      bukan hasil ternakan, bener?

      untuk referensi, coba mas baca artikel saya MAKANAN KUCING HUTAN.

      Delete
  20. salam dok.
    sy mau konsultasi, merawat kucing hutan yg baru saja bisa buka mata, cuman hanya di beri susu saja sampai umur 7-8 minggu? sebaiknya brp ml susu yg harus di minum si kucing/tiap jadwal nya dok? mohon bantuanya
    Trmksih.salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, agak riskan sih pelihara bayi kucing hutan yang masih bayi banget. karena gampang mati. :(

      tapi coba aja kasih susu.
      susunya susu khusus anak kucing mas.
      mas kasihnya gimana? pake dot?
      jangan banyak2, cukup 50ml aja. itu juga kadang gak sampe habis.

      Delete
  21. Bu dokter sya mau tanya .. kh sya kok susah bgt makan yah .. sya bru adop 3 hri .. umur 2 bln jln .. sya sudah ksh pakan ayam mentah/ mateng , ati ayam , whiskas basah tuna msh aja ga mau .. feses nya mencret warna gelap .. tlong d bantu donk ...sblm ane ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.... :(
      kucing hutan anakan emang masih sangat rentan, mas. cacah dagingnya, kalo bisa pake daging burung emprit.

      sekarang gimana keadaan KH-nya mas?

      Delete
  22. Kapan dan berapa kali memberi makan kh kesayanganku dok... Apakah harus teratur atau nunggu kh laper dulu...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. teratur aja, mas.
      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  23. Udh bsa makan dok .... Yah gitu tapi hrs bener2 fresh ... maklum bru pelihara kucing ini ... agak susah miara ny .... tapi msh sering hissing defence klo dh d pegNg bru die

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan agak lagi mas, emang susah peliharanya, hehehehe...

      sekarang gimana kucingnya? maaf karena baru balas...

      Delete
  24. Dok baby makar saya gk mau mkn...udh 3 hari...di kasih kepala ayam di rebus gk mau di speet susu pun susah kali....gimna sarannya dok trms😀

    ReplyDelete
  25. Dok, kl kh dikawin silang yg bagus hslnya sm kucing jenis ap ya? Selain sm american short hair jg bengal, ad hibrid lainya yg bagus gk y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, kalo hibrid lain, agak kurang stabil dari segi genetiknya, mas. :)

      Delete
  26. Adaa yang pernah nyoba pelihara kucing kampus ?? kasih makannya apa yah dan perawatannya apa saja?

    ReplyDelete
  27. Dok saya baca ada yg kasih tempe... Apa bisa?

    ReplyDelete
  28. dok, apa benar memberi makan KH bisa dicampur tempe dengan daging atau ikan?

    ReplyDelete
  29. Kalo minum susu. Susu jenis apa ya yang harus saya beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu khusus anak kucing, mas. itupun sebaiknya digunakan dengan pengawasan. kalo setelah diminumkan susu khusus kucing dia malah mencret, sebaiknya stop

      Delete
  30. Sy punya kh umur satu bulan, selama ini menyusui dy kucing kampung biasa. Dan rencananya mau dibawa mudik, terus pengganti susu yang cocok buat kh saya apa ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.